Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by omenRoo »

sucahyo wrote: Mon Sep 17, 2018 1:49 Ayla. Waktu masih pakai oli bawaan sama istri di olor olor ganti olinya sampai 12 ribu km. Ditambah minyak goreng sejak km 2000 an. di 12 ribu km oli masih lumayan bening. Tapi memang kalau di mobil nggak berat kerjanya. Cruising 3 ribu rpm sih.

Menurut saya jauh lebih masuk akal daripada yang 15% olinya kecampuran engine flush yang mereknya nggak jelas. (oli di drain kan nyisa 15%).
wah.. oli bekasnya masih bening.. lumayan buat dijual ke tukang pecel lele nih...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut »

Puffy wrote: Mon Sep 17, 2018 14:39 Waduh, ngmg" masalah oli mesin bening, ane ngalami di kuda besi harian ane stlh diganti oli merk r***ol ud dipake 2.[cencored] km(dlm waktu tdk smpe 2bln) pas di cek it oli masih bening cuy.
Ane curiga it oli ada yg ga beres..
*smpe yg pny bengkel bingung..
oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman »

marmut wrote:
Puffy wrote: Mon Sep 17, 2018 14:39 Waduh, ngmg" masalah oli mesin bening, ane ngalami di kuda besi harian ane stlh diganti oli merk r***ol ud dipake 2.[cencored] km(dlm waktu tdk smpe 2bln) pas di cek it oli masih bening cuy.
Ane curiga it oli ada yg ga beres..
*smpe yg pny bengkel bingung..
oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Nah bener tuh

kalo warna jeroan mesin jadi coklat emas ya wes dah.......
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Puffy »

Turboman wrote: Tue Sep 18, 2018 1:49
marmut wrote:
Puffy wrote: Mon Sep 17, 2018 14:39 Waduh, ngmg" masalah oli mesin bening, ane ngalami di kuda besi harian ane stlh diganti oli merk r***ol ud dipake 2.[cencored] km(dlm waktu tdk smpe 2bln) pas di cek it oli masih bening cuy.
Ane curiga it oli ada yg ga beres..
*smpe yg pny bengkel bingung..
oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Nah bener tuh

kalo warna jeroan mesin jadi coklat emas ya wes dah.......
Justru it om, ane ngerasa ada yg ga wajar..
Mohon pencerahannya.
Fyi,, ini casenya di motor sy om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman »

Puffy wrote:
Turboman wrote: Tue Sep 18, 2018 1:49
marmut wrote: oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Nah bener tuh

kalo warna jeroan mesin jadi coklat emas ya wes dah.......
Justru it om, ane ngerasa ada yg ga wajar..
Mohon pencerahannya.
Fyi,, ini casenya di motor sy om
ya coba aja ganti olinya pake merek lain

pastikan olinya asli aja
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by b8099ok »

marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 1:47
Puffy wrote: Mon Sep 17, 2018 14:39 Waduh, ngmg" masalah oli mesin bening, ane ngalami di kuda besi harian ane stlh diganti oli merk r***ol ud dipake 2.[cencored] km(dlm waktu tdk smpe 2bln) pas di cek it oli masih bening cuy.
Ane curiga it oli ada yg ga beres..
*smpe yg pny bengkel bingung..
oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Jgn dikasi tau donkkkkkkkkk :big_dunno:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut »

b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:18
marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 1:47
Puffy wrote: Mon Sep 17, 2018 14:39 Waduh, ngmg" masalah oli mesin bening, ane ngalami di kuda besi harian ane stlh diganti oli merk r***ol ud dipake 2.[cencored] km(dlm waktu tdk smpe 2bln) pas di cek it oli masih bening cuy.
Ane curiga it oli ada yg ga beres..
*smpe yg pny bengkel bingung..
oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Jgn dikasi tau donkkkkkkkkk :big_dunno:
justru musti dikasi tau..... supaya mereka bisa nambahin rinso/daia/atack/sebangsanya biar bersih.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman »

marmut wrote:
b8099ok wrote: Tue Sep 18, 2018 6:18
marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 1:47 oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Jgn dikasi tau donkkkkkkkkk :big_dunno:
justru musti dikasi tau..... supaya mereka bisa nambahin rinso/daia/atack/sebangsanya biar bersih.
clean with FRD oil
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut »


sucahyo wrote:
tulalit wrote: Mon Sep 17, 2018 4:07ayla pake 15w-50 ?

parameter om bilang kasar apa om ? berapa db ? standard halusnya seperti apa ? karena suara mesin banyak parameter, suara fan, belt, sampai kotoran di kuping juga berpengaruh :mky_07:
Ho oh. 15W50. Mobil bisa jalan tuh. Dipakai rpm maksimal juga masih mau. Toh nggak hobi lewat tol.

Parameter suara kasar itu kalau Ayla yang 3 silinder di jejerin sama mobil bensin 4 silinder. Orang orang kan pada bilang suara mesin 3 silinder kasar. Atau di parkiran terbuka mall kaca sedang ditutup nggak sadar mesin sudah menyala terus di starter lagi.

Kalau suara kipas AC mau diapain juga ya tetap seperti itu.

Untuk kekentalan, sebagai referensi:
kekentalan kinematik di suhu 100 derajat fastron techno 5W30 vs 10W40 vs 15W40:
10,76 vs 14,35 vs 17,52

Beda 22%.
ini difoto dari manual book daihatsu ayla.
20180918_134133.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman »

marmut wrote:
sucahyo wrote:
tulalit wrote: Mon Sep 17, 2018 4:07ayla pake 15w-50 ?

parameter om bilang kasar apa om ? berapa db ? standard halusnya seperti apa ? karena suara mesin banyak parameter, suara fan, belt, sampai kotoran di kuping juga berpengaruh :mky_07:
Ho oh. 15W50. Mobil bisa jalan tuh. Dipakai rpm maksimal juga masih mau. Toh nggak hobi lewat tol.

Parameter suara kasar itu kalau Ayla yang 3 silinder di jejerin sama mobil bensin 4 silinder. Orang orang kan pada bilang suara mesin 3 silinder kasar. Atau di parkiran terbuka mall kaca sedang ditutup nggak sadar mesin sudah menyala terus di starter lagi.

Kalau suara kipas AC mau diapain juga ya tetap seperti itu.

Untuk kekentalan, sebagai referensi:
kekentalan kinematik di suhu 100 derajat fastron techno 5W30 vs 10W40 vs 15W40:
10,76 vs 14,35 vs 17,52

Beda 22%.
ini difoto dari manual book daihatsu ayla.
20180918_134133.jpg
perusahaan oli semua bohong katanya

Feeling is numero uno

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by andyez86 »

ayla dikasi 15w50 ky gmna lari nya itu wkwkwkwkkww.........ud paling bner 5w30 lah kalau ayla 1.0......kalau skrg yg 1.2 kynya minta 0w20 ya CMIIW...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut »

Turboman wrote: Tue Sep 18, 2018 8:36 perusahaan oli semua bohong katanya

Feeling is numero uno

Feelings, nothing more than feelings,
Trying to forget my feelings of love.
Teardrops rolling down on my face,
Trying to forget my feelings of love.
Feelings, for all my life I'll feel it.
I wish I've never met you, girl; you'll never come again.
Feelings, wo-o-o feelings,
Wo-o-o, feel you again in my arms.
Feelings, feelings like I've never lost you
And feelings like I've never have you again in my heart.
Feelings, for all my life I'll feel it.
I wish I've never met you, girl; you'll never come again.
Feelings,…
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by pengendiesel »

Buset, jadi panjang juga ya thread ini.....gak sekalian dicoba kasih campuran MIeGOReng 10%? Sapa tau jadi bisa terbang.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by michaelgiri93 »

pengendiesel wrote: Tue Sep 18, 2018 9:37 Buset, jadi panjang juga ya thread ini.....gak sekalian dicoba kasih campuran MIeGOReng 10%? Sapa tau jadi bisa terbang.
Bener tu, kalo laper nanti parkir tinggal tab oli dapet mie goreng.
:big_exellent:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by P47hos »

Sudahlah.. secara saya sarkasme saja dia jg tidak paham, jd ya cukup tau aja ya org nya bagaimana. Ayla pake 15w-50 jelas berat, apalagi 15w-50 Shell itu setau saya masih oli mineral, begitu ditambahin migor ya jelas jd halus mesinnya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sintoni »

Ini mah sampe mau 100 page pun debat sama diskusi ga selesai2.

Parameter atau indikator yang digunakan berbeda standardnya.

Yang satu pakai angka dan fakta, yang 1 pakai parameter feeling.

Kalo disuruh ketemuan untuk kita ngerasain sendiri atau diminta contoh sample aja susah.

Kalo beneran bisa jadi aditif oli, ngapain dong beli oli mahal2 atau beli aditif oli yang mahal kayak LiquiM*ly Ceratec, tinggal tambahin aja minyak goreng.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo »

Memang sih alasan saya pakai minyak goreng itu karena over sensitive. Memutuskan oli pakai perasaan dan nggak pakai kilometer. Dan over sensitive pula yang membuat saya berpikir bahwa banyak merek oli yang nggak sesuai bungkusnya.

Yang saya pergunakan sebagai acuan:
- kalau habis dibuat kencang suara jadi kasar = temporary viscosity loss = aditif (VI improver) nya jelek
- kalau besoknya suara lebih kasar = permanent viscosity loss = bahan olinya jelek (grup I vs II vs III+ vs PAO)
- kalau tenaga terasa teredam = mesin jadi berkerak = sulphated ash terlalu tinggi, contoh: banyak mengandung molybdenum

Entah apa ada oli yang menyertakan data itu atau tidak.

Kalau yang disini lebih suka pakai kilometer ya silahkan. Lebih suka pakai aditif aftermarket yang model MoS2 atau WS2 atau nano ya silahkan. Saya enggak.
Turboman wrote: Mon Sep 17, 2018 15:37]hehhehe

namanya kecapan di label.......semua pasti nulis kecap saya no 1 di dunia dengan sejuta khasiat

Lebih baik melihat PDS / std ACEA - LongLife Automakers ada apa aja dan sukur2 ada VOA / UOA nya baik di BiTog / Club Oil.ru / forum lain
ok.
marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 7:42 ini difoto dari manual book daihatsu ayla.
Image
Terima kasih om. Kalau mobil ada masalah saya akan share.

38 derajat itu suhu kap saat mesin menyala atau suhu kabin setelah parkir lama dibawah terik matahari ya?

marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 1:47oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Itu malah jadi penyemangat saya untuk pakai minyak goreng dan oli group I. Perbandingan bahan oli dari sisi polaritas (bikin oli nempel ke logam) dan daya larut aditif:
Image

Image



Tapi iya, oli bening itu harus curiga.


btw, untuk yang coba coba, jangan campur oli mesin dengan minyak jarak atau castor oil ya. Castor oil itu beda sendiri. Nggak cocok untuk mesin bensin atau solar.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut »

sucahyo wrote: Tue Sep 18, 2018 17:20

38 derajat itu suhu kap saat mesin menyala atau suhu kabin setelah parkir lama dibawah terik matahari ya?


38° celsius itu batas suhu yang membuat seseorang menjadi merasa kedinginan atau meriang dan bisa mempengaruhi kesadaran apabila tidak segera dilakukan tindakan seperti minum obat penurun panas. tetapi apabila tidak ada, dapat juga dilakukan kompres air dingin di sekitar kepala dan diulang sampai suhu badan turun.
apabila dalam 3 hari tidak ada perubahan, segera hubungi percetakan terdekat untuk memesan surat yasin.

semoga lekas sembuh.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by lemonadelovers »

Yo wes lah biarin aja, anggap aja ybs lagi riset, btw klo emang bagus apa om sucahyo akan meningkatkan persentase migor terhadap oli mesin? b20 misalnya?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman »

sucahyo wrote:Memang sih alasan saya pakai minyak goreng itu karena over sensitive. Memutuskan oli pakai perasaan dan nggak pakai kilometer. Dan over sensitive pula yang membuat saya berpikir bahwa banyak merek oli yang nggak sesuai bungkusnya.

Yang saya pergunakan sebagai acuan:
- kalau habis dibuat kencang suara jadi kasar = temporary viscosity loss = aditif (VI improver) nya jelek
- kalau besoknya suara lebih kasar = permanent viscosity loss = bahan olinya jelek (grup I vs II vs III+ vs PAO)
- kalau tenaga terasa teredam = mesin jadi berkerak = sulphated ash terlalu tinggi, contoh: banyak mengandung molybdenum

Entah apa ada oli yang menyertakan data itu atau tidak.

Kalau yang disini lebih suka pakai kilometer ya silahkan. Lebih suka pakai aditif aftermarket yang model MoS2 atau WS2 atau nano ya silahkan. Saya enggak.
Turboman wrote: Mon Sep 17, 2018 15:37]hehhehe

namanya kecapan di label.......semua pasti nulis kecap saya no 1 di dunia dengan sejuta khasiat

Lebih baik melihat PDS / std ACEA - LongLife Automakers ada apa aja dan sukur2 ada VOA / UOA nya baik di BiTog / Club Oil.ru / forum lain
ok.
marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 7:42 ini difoto dari manual book daihatsu ayla.
Image
Terima kasih om. Kalau mobil ada masalah saya akan share.

38 derajat itu suhu kap saat mesin menyala atau suhu kabin setelah parkir lama dibawah terik matahari ya?

marmut wrote: Tue Sep 18, 2018 1:47oli tetap bening saat sudah waktunya diganti, bisa jadi karena kadar deterjen yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada (seperti racing oil).
bangga dengan oli seperti ini di mobil harian? silahkan buka valve cover dahulu, dan putuskan mau ketawa ngakak atau nangis guling-gulingan.
Itu malah jadi penyemangat saya untuk pakai minyak goreng dan oli group I. Perbandingan bahan oli dari sisi polaritas (bikin oli nempel ke logam) dan daya larut aditif:
Image

Image



Tapi iya, oli bening itu harus curiga.


btw, untuk yang coba coba, jangan campur oli mesin dengan minyak jarak atau castor oil ya. Castor oil itu beda sendiri. Nggak cocok untuk mesin bensin atau solar.
Saya ingin tahu nih om Cahyo kalo misal pergi ke Dokter trus Dokter menyuruh test darah ke Lab kira2 gimana reaksinya ya

Lebih percaya feeling daripada hasil test lab darah mungkin yah

Juga lebih percaya feeling daripada :
- Alat Tensi Meter
- EKG
- X Ray
- CT Scan
- MRI

wkwkwkwk

User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by bensinsolar »

Wew, kalau mengenai mesin menurut newbie jangan pakai feeling Om e.g humidity, kualitas bahan bakar, temperatur etc. Sama kalau Om belum di "servis" malemnya, mkgn bsk paginya bawa mobil terasa berat, kuping lebih gaq sensitive etc :big_deal:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by andyez86 »

sering pake feeling sih orgnya baper an pasti......wwkwkwkkwk....
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by tulalit »

andyez86 wrote: Wed Sep 19, 2018 4:09 sering pake feeling sih orgnya baper an pasti......wwkwkwkkwk....
terlalu banyak pake perasaan... dimana faktor sugesti tuh berperan sangat super duper banyak sekali.
tapi yah gitu deh :big_dunno:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by b8099ok »

andyez86 wrote: Wed Sep 19, 2018 4:09 sering pake feeling sih orgnya baper an pasti......wwkwkwkkwk....
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo »

lemonadelovers wrote: Tue Sep 18, 2018 21:53 Yo wes lah biarin aja, anggap aja ybs lagi riset, btw klo emang bagus apa om sucahyo akan meningkatkan persentase migor terhadap oli mesin? b20 misalnya?
Tidak merasa perlu. dari 5% ke 10% mungkin terasa. Tapi dari 10% ke 20% kok nggak banyak bedanya.

Dari penelitian penambahan aditif stearic acid dan oleic acid (ada di minyak kelapa sawit) juga terlihat rasio lebih tinggi peningkatan nggak banyak:
Image

Berikut keunggulan pelumas nabati:
i. Higher lubricity leading to lower friction losses, yielding more power, and better fuel economy.
ii. Lower volatility resulting in decreased exhaust emissions.
iii. Higher viscosity indices.
iv Higher shear stability.
v. Higher detergency eliminating the need for detergent additives.
vi. Higher dispersancy.
vii. Rapid biodegradation and hence decreased environmental/ toxicological hazards.
Pengaruh mereka ke hambatannya oli PAO:
Image

terlihat 1% saja sudah mempengaruhi.

Sementara itu kandungan stearic acid di minyak kelapa sawit dua kali penyaringan (palm super olein) sekitar 3%. Oleic acid sekitar 50% atau lebih.
Image
bensinsolar wrote: Wed Sep 19, 2018 4:01 Wew, kalau mengenai mesin menurut newbie jangan pakai feeling Om e.g humidity, kualitas bahan bakar, temperatur etc.
Oli jelek gampang ketahuan kalau mesinnya tenaganya lemah. Bisa kelihatan di top speednya. Sama suara mesin waktu sedang top speed itu.

Untuk saya top speed dan suara mesin itu bisa dipakai sebagai acuan oli mesinnya bagus apa jelek. Untuk soal ketahanan ya tinggal di lihat apakah top speed masih sama dengan hari pertama.

Tapi repot juga kalau kendaraannya tenaganya berlebihan. Nggak bisa lihat top speed.


Di sisi lain, suara mesin itu sering banget dipakai pembuktian baik tidaknya oli. Lihat saja iklannya oli mesin atau aditif oli mesin. Kalau sampai nggak bisa bedakan ya jadi gampang ketipu.
Turboman wrote: Wed Sep 19, 2018 1:43Saya ingin tahu nih om Cahyo kalo misal pergi ke Dokter trus Dokter menyuruh test darah ke Lab kira2 gimana reaksinya ya

Lebih percaya feeling daripada hasil test lab darah mungkin yah
Pakai hasil uji lab saja dokter pun bisa salah diagnose. Apalagi uji oli untuk motor itu kan hanya sebagian sifat saja yang diuji. Yang butuh diketahui itu rasio molekulnya. Tapi kalau lihat hasil uji oli, yang kelihatan adalah unsurnya.

Yang di spek oli juga didominasi kekentalan. VI Improver pakai apa, rasio aditif berapa, kandungan persis bahan oli berapa pada nggak jelas.