Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
as subject
akankah suatu hari nanti mesin2 ICE tergeser oleh Electro Motor pada dunia Sports Car ?
Utk mobil2 yg bukan utk Daily drive & mengutamakan performa, spt nya EV powerplant adalah sangat menarik
Sedangkan utk mobil perang sehari2 mungkin sampai saat ini kita tetap menggunakan ICE karena pertimbangan berbagai faktor
Bagaimana menurut rekan2 ?
ICE = Internal Combustion Engine
akankah suatu hari nanti mesin2 ICE tergeser oleh Electro Motor pada dunia Sports Car ?
Utk mobil2 yg bukan utk Daily drive & mengutamakan performa, spt nya EV powerplant adalah sangat menarik
Sedangkan utk mobil perang sehari2 mungkin sampai saat ini kita tetap menggunakan ICE karena pertimbangan berbagai faktor
Bagaimana menurut rekan2 ?
ICE = Internal Combustion Engine
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
imo, masih dilema.
dari sisi tenaga, saya jelas pilih EV. sedari awal sudah peak torque, beda dengan ICE.
kalau dari sisi kepuasan mendengar engine note, ya sudah barang tentu ICE ngga ada tandingannya.
ibarat tuna rungu naik supercar.
dari sisi tenaga, saya jelas pilih EV. sedari awal sudah peak torque, beda dengan ICE.
kalau dari sisi kepuasan mendengar engine note, ya sudah barang tentu ICE ngga ada tandingannya.
ibarat tuna rungu naik supercar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Saya ntah kenapa masih seneng ice, terutama yang m/t.
Suaranya terutama sangat menyenangkan.
Tapi harus diakui, ev memang mengerikan sekarang, power dan torsi yang dasyat, efisiensi, kepraktisan (bagasi lebih besar dll), tapi sekali charging lamaaaaaa.
Hybrid? Hmmmm no comment dah.
Oh iya selama belum ditemukan cara charging cepat dan daya tahan baterai yang lama dan baterai alternatif (udah bukan rahasia lagi betapa susah dan mahalnya membuat baterai mobil), kayaknya ice masih akan tetap merajai.
Suaranya terutama sangat menyenangkan.
Tapi harus diakui, ev memang mengerikan sekarang, power dan torsi yang dasyat, efisiensi, kepraktisan (bagasi lebih besar dll), tapi sekali charging lamaaaaaa.
Hybrid? Hmmmm no comment dah.
Oh iya selama belum ditemukan cara charging cepat dan daya tahan baterai yang lama dan baterai alternatif (udah bukan rahasia lagi betapa susah dan mahalnya membuat baterai mobil), kayaknya ice masih akan tetap merajai.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
- Location: pekanbaru riau
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Yang SUV three pointed star EV ny bukan ny cuma colok 1 jam udah full.. Kapan waktu liat di yutub atau baca dimana gitu Om.. Kalo gak salah inget sih..michaelgiri93 wrote: ↑Thu Sep 06, 2018 14:28 Saya ntah kenapa masih seneng ice, terutama yang m/t.
Suaranya terutama sangat menyenangkan.
Tapi harus diakui, ev memang mengerikan sekarang, power dan torsi yang dasyat, efisiensi, kepraktisan (bagasi lebih besar dll), tapi sekali charging lamaaaaaa.
Hybrid? Hmmmm no comment dah.
Oh iya selama belum ditemukan cara charging cepat dan daya tahan baterai yang lama dan baterai alternatif (udah bukan rahasia lagi betapa susah dan mahalnya membuat baterai mobil), kayaknya ice masih akan tetap merajai.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Iya oom, yg saya denger punyanya tesla juga superchargingnya bisa 1 jam udah dapet 90%an kalo gak salah.deddytok wrote: ↑Thu Sep 06, 2018 14:49Yang SUV three pointed star EV ny bukan ny cuma colok 1 jam udah full.. Kapan waktu liat di yutub atau baca dimana gitu Om.. Kalo gak salah inget sih..michaelgiri93 wrote: ↑Thu Sep 06, 2018 14:28 Saya ntah kenapa masih seneng ice, terutama yang m/t.
Suaranya terutama sangat menyenangkan.
Tapi harus diakui, ev memang mengerikan sekarang, power dan torsi yang dasyat, efisiensi, kepraktisan (bagasi lebih besar dll), tapi sekali charging lamaaaaaa.
Hybrid? Hmmmm no comment dah.
Oh iya selama belum ditemukan cara charging cepat dan daya tahan baterai yang lama dan baterai alternatif (udah bukan rahasia lagi betapa susah dan mahalnya membuat baterai mobil), kayaknya ice masih akan tetap merajai.
Tapi 1 jam charging, belum antrinya masih jauh lebih lama daripada isi bensin di spbu.
Kecuali infrastrukstur sudah memadai, di hampir semua mall udah tersedia charging station, charging dari 0% ke full hanya butuh waktu 15-30 menit itu baru matilah ice om.
Cmiiw
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
akankah suatu hari nanti mesin2 ICE tergeser oleh Electro Motor pada dunia Sports Car ? Ya suatu hari bisa tergeser, karena skrg pun di overseas sudah mulai relatif cukup banyak sports car dgn electro motor digunakan di Europe dan US karena performanya yg mumpunin dan harga baterai nya sdh mulai competitive serta infrastruktur charging yg mulai mendukung di sana. Contoh mobil Tesla dll.Turboman wrote:as subject
akankah suatu hari nanti mesin2 ICE tergeser oleh Electro Motor pada dunia Sports Car ?
Utk mobil2 yg bukan utk Daily drive & mengutamakan performa, spt nya EV powerplant adalah sangat menarik
Sedangkan utk mobil perang sehari2 mungkin sampai saat ini kita tetap menggunakan ICE karena pertimbangan berbagai faktor
Bagaimana menurut rekan2 ?
ICE = Internal Combustion Engine
HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Belum, masih butuh puluhan tahun untuk bisa menggantikan ICE secara penuh
1. Teknologi baterai dan penggerak masih butuh penyempurnaan
2. Harga parts masih relatif lebih mahal dibanding mesin ICE
3. Infrastruktur pengisian masih belum merata
4. After sales service masih belum merata
Untuk masa sekarang palingan masih main di hybrid dulu sambil menunggu 4 poin di atas siap
1. Teknologi baterai dan penggerak masih butuh penyempurnaan
2. Harga parts masih relatif lebih mahal dibanding mesin ICE
3. Infrastruktur pengisian masih belum merata
4. After sales service masih belum merata
Untuk masa sekarang palingan masih main di hybrid dulu sambil menunggu 4 poin di atas siap
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
deBukannya sudah Ada formula e ........ Tunggu saja Alan Ada Moto gp e dll
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
kalo disini, aman nyemplung genangan gak tuh..?? nanti pas banjir tiba2 pada kesetrum semua. gede kan itu ampere nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Sebenarnya dari sisi reliability dan maintenance cost ane juga pilih EV. Umur oli jadi super panjang. Wear item lebih minim. Kalo ga salah penghematan biaya bisa sampe 80 persen dalam jarak 100 ribu km. Belum biaya charging lebih murah. Ini sudah dibuktikan di kereta listrik vs diesel.
Yang menghambat EV sekarang cuma jarak tempuh baterai dan durasi recharge.
Yang menghambat EV sekarang cuma jarak tempuh baterai dan durasi recharge.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Pasti tergeser. Tapi personal preference untuk pure sports car lebih ke ICE. Gaq ada yang bisa ngalahin sensasi NVH ICE yang menambah experience berkendara. Formula 1 aja dari segi sensasi menonton menjadi tidak menarik karena terus downsized cylindernya. The best era F1 waktu V10, suara mesinnya dari jauh so sweet buat didengar, pas downsized ke V8 uda kedengeran banget bedanya. Sekarang pakai 4cylinder no comment, karena uda gaq pernah denger langsung.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Feb 01, 2018 3:27
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Kalo ga salah udh ada video tesla ngelibas banjir
Tapi kalo baca ini serem jg kalo kecelakaan
"Pemadam kebakaran yang tiba di lokasi tidak bisa melakukan investigasi lebih jauh karena menemukan paket baterai yang sudah rusak dan sel baterai tergeletak di lantai dan mereka takut berisiko tersetrum bahkan terbakar. Hal ini memaksa petugas untuk sementara hanya bisa melihatnya dari jauh. "
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3295897 ... kan-korban
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Mumpung topiknya ev, hybrid & ICE.
Saya pernah baca, ev bertujuan agar lingkungan lebih green ya (tidak ada polusi). tapi kenyataannya, produksi mobil ev lebih merusak lingkungan dibanding ketika produksi kendaraan ICE.
Saya nemunya lampiran berita dalam negri (dulu pernah lihat web portal luar yg sama sih topiknya) :
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3710839 ... lusi-udara
Untuk performa, tidak bisa dipungkiri ev jauh diatas ICE.. untuk masalah eargasm, sebetulnya bisa saja dibuat artificial sound di kabin yg mengeluarkan suara seperti engine note ICE (plus gearchangenya).. contoh renault megane RS250, ada opsi ganti2 suara muffler dari berbagai mobil lewat HU nya..
Saya pernah baca, ev bertujuan agar lingkungan lebih green ya (tidak ada polusi). tapi kenyataannya, produksi mobil ev lebih merusak lingkungan dibanding ketika produksi kendaraan ICE.
Saya nemunya lampiran berita dalam negri (dulu pernah lihat web portal luar yg sama sih topiknya) :
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3710839 ... lusi-udara
Untuk performa, tidak bisa dipungkiri ev jauh diatas ICE.. untuk masalah eargasm, sebetulnya bisa saja dibuat artificial sound di kabin yg mengeluarkan suara seperti engine note ICE (plus gearchangenya).. contoh renault megane RS250, ada opsi ganti2 suara muffler dari berbagai mobil lewat HU nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
saya juga pernah membaca (lupa link nya), kalo saat ini china juga mengalami polusi/kerusakan lingkungan yang lebih tinggi akibat EV dibanding mesin konvensional. padahal china saat ini penggunaan EV sudah pesatPRBS wrote: ↑Fri Sep 07, 2018 2:52 Mumpung topiknya ev, hybrid & ICE.
Saya pernah baca, ev bertujuan agar lingkungan lebih green ya (tidak ada polusi). tapi kenyataannya, produksi mobil ev lebih merusak lingkungan dibanding ketika produksi kendaraan ICE.
Saya nemunya lampiran berita dalam negri (dulu pernah lihat web portal luar yg sama sih topiknya) :
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3710839 ... lusi-udara
Untuk performa, tidak bisa dipungkiri ev jauh diatas ICE.. untuk masalah eargasm, sebetulnya bisa saja dibuat artificial sound di kabin yg mengeluarkan suara seperti engine note ICE (plus gearchangenya).. contoh renault megane RS250, ada opsi ganti2 suara muffler dari berbagai mobil lewat HU nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
performa mobil listrik emang joss tp kan butuh baterai yg rusak lingkungan, kecuali pembangkit listrik pakai energi panas bumi, menurut saya:
bus lokal dan kereta full listrik karena bisa tanpa baterai dan listrik ambil dr overhead wires
mobil, truk dan bus jarak jauh pakai Bahan Bakar Gas aja bisa LNG atau CNG, lokasi tanki di bagian tengah kendaraan antara sumbu roda depan dan belakang sehingga aman dr ledakan jika terjadi kecelakaan
bus lokal dan kereta full listrik karena bisa tanpa baterai dan listrik ambil dr overhead wires
mobil, truk dan bus jarak jauh pakai Bahan Bakar Gas aja bisa LNG atau CNG, lokasi tanki di bagian tengah kendaraan antara sumbu roda depan dan belakang sehingga aman dr ledakan jika terjadi kecelakaan
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Dari artikel yg saya baca perkembangan EV relatif cukup berkembang di luar negeri apalagi saat harga minyak lagi tinggi tingginya.
https://www.houstonchronicle.com/busine ... 633407.php
https://www.houstonchronicle.com/busine ... 633407.php
HR15DE 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Banyak berita / artikel yg dibuat oleh "pihak2 tertentu"
Masi ingat Film "Who Killed the electric Car ?"
Semua jenis mobil baik ICE / EV bahan baku nya semua didapat dr bahan tambang
Jadi kalo mau benar2 100% gak merusak lingkungan itu ya jalan kaki......karena material frame sepeda pun dibuat dari bahan tambang & proses produksi nya juga menghasilkan emisi CO2........
he he heeee
Masi ingat Film "Who Killed the electric Car ?"
Semua jenis mobil baik ICE / EV bahan baku nya semua didapat dr bahan tambang
Jadi kalo mau benar2 100% gak merusak lingkungan itu ya jalan kaki......karena material frame sepeda pun dibuat dari bahan tambang & proses produksi nya juga menghasilkan emisi CO2........
he he heeee
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Perkembangan sistem pendinginan untuk EV bagaimana?
Terakhir saya baca, EV unggul performa di atas kertas atau drag race jarak pendek doang.
Begitu muterin sirkuit, kena masalah panas langsung drop performanya.
CMIIW
Terakhir saya baca, EV unggul performa di atas kertas atau drag race jarak pendek doang.
Begitu muterin sirkuit, kena masalah panas langsung drop performanya.
CMIIW
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Kalau menggantikan iya, tapi belum dalam waktu dekat menurut saya karena masalah baterainya. karena untuk jangka panjang performa baterai dropnya bisa sangat jauh dibandingkan penurunan performa mobil ice
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Menurut ane perkembangan ICE sudah maksimal.
Paling cuman main di kapasitas sama Force Induction doang.
Mungkin teknologinya juga sudah maksimal. Apalg sudah kena isu polusi / lingkungan
Emang sudah harusnya cari teknologi mesin yang pakai sumber daya lain.
Paling cuman main di kapasitas sama Force Induction doang.
Mungkin teknologinya juga sudah maksimal. Apalg sudah kena isu polusi / lingkungan
Emang sudah harusnya cari teknologi mesin yang pakai sumber daya lain.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Masuk akal sih.. untuk penggiringan opini.Turboman wrote: ↑Fri Sep 07, 2018 6:11 Banyak berita / artikel yg dibuat oleh "pihak2 tertentu"
Masi ingat Film "Who Killed the electric Car ?"
Semua jenis mobil baik ICE / EV bahan baku nya semua didapat dr bahan tambang
Jadi kalo mau benar2 100% gak merusak lingkungan itu ya jalan kaki......karena material frame sepeda pun dibuat dari bahan tambang & proses produksi nya juga menghasilkan emisi CO2........
he he heeee
Btw, jepang selangkah lebih maju lagi, target prototype flying car to be done in 2020.. ini keren sih hehe.
https://www.google.co.id/amp/s/gadgets. ... =undefined
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Menurut saya EV ini paling tepat di implement di sports car, karena:
1. harga
harga sports car dari sananya udah mahal jadi ga gitu sensitif terhadap rebate dsb
2. performance
3. bensin
umur bensin optimalnya seminggu, tiap minggu sebelum run mesti isi bensin dulu, EV sports car yang cuma jadi weekend car tepat banget lah, enak cuma colok di rumah.
minusnya cuma suara doang, buat saya yang ga suka suara keras keras si not a big minus
1. harga
harga sports car dari sananya udah mahal jadi ga gitu sensitif terhadap rebate dsb
2. performance
3. bensin
umur bensin optimalnya seminggu, tiap minggu sebelum run mesti isi bensin dulu, EV sports car yang cuma jadi weekend car tepat banget lah, enak cuma colok di rumah.
minusnya cuma suara doang, buat saya yang ga suka suara keras keras si not a big minus
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Kayaknya untuk sports car, larinya akan ke hybrid ketimbang pure EV. Dua hal yg krusial di mobil sport dan EV kecil kemungkinan bisa handle itu di suara dan sensasi pas shifting gigi nya (wong CVT di banyak tempat aja dihujat krn droning, padahal dipake di econobox, apalagi di sports car). Mesin ICE masih akan bantu lah walaupun cuma buat sensasinya doang ketika motor listrik udah bisa powerful. Sbg contoh bisa lihat akselerasinya koenigsegg regera sama agera, buat ditonton sih seruan nonton agera
Makanya buat saya sendiri, balapan Formula E masih bikin ngantuk padahal aksinya banyak, karena gak ada noisenya. Malah lebih seneng balap endurance skrg walaupun aksi di trek gak banyak tapi suaranya asik.
Imho, justru mobil2 commuter yg larinya ke pure EV. Didukung regulasi kota2 besar yg makin gak logis buat ICE. Politik mungkin bermain disini. Jujur sih kalau saya bukan yg suka dgn mobil EV karena walaupun kenceng, hemat, tapi kok kayaknya bikin bosen ya.
Just my 2 cents
Makanya buat saya sendiri, balapan Formula E masih bikin ngantuk padahal aksinya banyak, karena gak ada noisenya. Malah lebih seneng balap endurance skrg walaupun aksi di trek gak banyak tapi suaranya asik.
Imho, justru mobil2 commuter yg larinya ke pure EV. Didukung regulasi kota2 besar yg makin gak logis buat ICE. Politik mungkin bermain disini. Jujur sih kalau saya bukan yg suka dgn mobil EV karena walaupun kenceng, hemat, tapi kok kayaknya bikin bosen ya.
Just my 2 cents
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
Untuk saat ini sih belum, mungkin 10 tahun lagi bisa..
Kelemahan dari EV adalah dari daya tahan baterai, memang daya tahan baterai bisa ditambah tapi ya wakt charging makin lama serta mobil yang makin berat.. Saya kalau disuruh pilih EV tetap akan pilih teknologi dari Hydrogen karena Hydrogen sendiri jauh lebih efisien saat pengisian maupun produksi nya (bisa menggunakan tenaga angin atau air terjun misalnya)..
Memang ada Tesla bisa ngisi 90% dalam waktu 1 jam, tapi itu ada konsekuensi, baterai jadi jauh lebih cepat rusak dan perlu diingat baterai bisa tahan lama kalau di charge paling tidak sebelum dayanya mencapai 50% mau itu dari fast charging atau charging biasa.. Artinya memang belum se efisien itu..
Teknologi saat ini kalah dengan waktu, dikejar tapi waktu terus berjalan sendangkan pengganti ICE harus segera ditemukan...
Kelemahan dari EV adalah dari daya tahan baterai, memang daya tahan baterai bisa ditambah tapi ya wakt charging makin lama serta mobil yang makin berat.. Saya kalau disuruh pilih EV tetap akan pilih teknologi dari Hydrogen karena Hydrogen sendiri jauh lebih efisien saat pengisian maupun produksi nya (bisa menggunakan tenaga angin atau air terjun misalnya)..
Memang ada Tesla bisa ngisi 90% dalam waktu 1 jam, tapi itu ada konsekuensi, baterai jadi jauh lebih cepat rusak dan perlu diingat baterai bisa tahan lama kalau di charge paling tidak sebelum dayanya mencapai 50% mau itu dari fast charging atau charging biasa.. Artinya memang belum se efisien itu..
Teknologi saat ini kalah dengan waktu, dikejar tapi waktu terus berjalan sendangkan pengganti ICE harus segera ditemukan...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kedahsyatan performa mobil listrik & masa depan ICE sports car
satu hal lagi yang bikin saya bertanya2 dari dulu. kalo misal pakai EV trus terjadi kecelakaan, bagaimana penanganan nya..?? baca2 berita kalo kecelakaan melibatkan mobil tesla, itu gak cepet2 ditolong karena yang mau nolong sendiri takut. mereka nunggu pihak pembuat mobil datang untuk menangani nya. kalo kayak gini kan bisa mati duluan (misal kritis)
kalo soal menghadapi genangan/banjir, disekitar kita kan banyak yang pakai motor sampe bener2 trondolan/kelihatan rangka. yang penting masih gelinding. nah kalo misal motor tersebut motor EV, apakah tetep aman..??
kalo soal menghadapi genangan/banjir, disekitar kita kan banyak yang pakai motor sampe bener2 trondolan/kelihatan rangka. yang penting masih gelinding. nah kalo misal motor tersebut motor EV, apakah tetep aman..??