Page 1 of 4

Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 14:05
by haristk7
Halo semua

gw bikin thread ini karena setelah gw ngobrol dengan beberapa orang nemuin hal yang sama pas ke booth Hyundai, scope nya di pameran besar seperti GIIAS, dan kebetulan gw udah ngalamin di tahun ini dan tahun lalu yang bikin gw eneg ke booth nya, gw ke booth nya cuma bentar doang ngeliat sekilas abis itu ngacir karena udah keburu males..

1. GIIAS tahun 2017, kebetulan penasaran ama Hyundai Santa Fe CRDI, kebetulan bareng temen yang lagi nyari SUV juga, ya udah lah mampir ke booth nya, liat produknya, pengen nyicip test drive...trus dapet respon gak enak "kalo mau TD harus spk dulu", kok anjing sih ? gimana mau tau produknya layak dibeli apa gak kalo gak bisa nyicip ? niat jualan gak sih sales ? gw doain tu sales penjualannya ampe akhir tahun 0 (nol) ! Akhirnya temen bungkus SUV H tegak karena udah keburu ilfeel juga ama pelayanan sales H miring..

2. GIIAS tahun 2018, gw ama temen, sekedar iseng aja liat booth Hyundai karena juga udah yakin paling salesnya kayak tahun lalu..eh bener aja pas ditanya ama temen ada unit test drive nya gak ? salesnya cuma jawab "langsung ke meja test drive yang diujung aja ya pak", lha kesana kan kudu ama sales yang nemenin, ya kali kucuk kucuk dateng ke meja TD, mau TD Hyundai ntar ditanyain "salesnya mana ?", beberapa hari kemudian gw nemenin atasan tempat gw nguli ngeliat pameran, lewatlah booth Hyundai..gak pake lama salesnya pd "yaa silahkan pak, kita ada unit test drive nya juga", ada sales yang kemaren pula, gw yang di belakang langsung samperin atasan cuma ngomong "jadi gimana pak ? yang tadi aja ya buat kantor ?"..dah semua langsung diem tu sales pd..

gw gak bilang semua sales Hyundai tu males ngelayanin orang, ada juga yang ramah dan antusias kayak gw nyicip Tucson, itupun gak ada niatan, pas pameran di mall tiba2 disamperin dan ditawarin test drive yang diesel, pas gw lagi gak ada mood TD, akhirnya nyerah pas salesnya tetep bilang, "cobain aja mas, itung2 biar tau dieselnya Korea"..

tp jujur ini yang bikin gw males main ke booth nya Hyundai di pameran gede, sales nya males ngelayanin, walaupun penampilan rapih sekalipun..gw pribadi suka banget dengan produknya, Tucson diesel, Santa Fe diesel, H-1 diesel, dan Sonata..tp sales personnya aja kayak begitu, ooi HMI, lo baca nih thread, yakin gw ada kemungkinan 10-30% orang HMI baca ini thread, perbaikin tu kelakuan sales lo, front line perusahaan lo tu yang mempengaruhi citra brand Hyundai..gw main ke brand lain mulai dari Honda sampe DFSK ngelayaninnya masih lebih enak dari Hyundai..

gw pengen tau siapa aja disini yang udah ke GIIAS 2017-2018 dan main ke booth Hyundai, gw rasa ada 1-2 orang juga yang punya pengalaman sama..

udah ah ngedumelnya..

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 14:21
by mike22
Hah serius itu mau test drive disuruh spk dulu? Lah itu merk S aja jargon di tvc nya “test drive yuk” padahal itu mobil cukup umum.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 15:30
by hackers11
ikutan nambahin ah, GIIAS 2016 rasanya rata2 gt. yg keinget mau TD harus spk kalo ga salah chevy, hyundai/KIA(lupa yg mana tp waktu itu lg demen sama hatchnya) sama vw. Gara2 mereka males ke GIIAS lg hahaha.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 16:30
by Nugrohonug
Makanya ane males om kayak beli mobil disaat event giias atau semacamnya lah,karna rata rata sales pd sombong dipikiran mereka event gede psti banyak spk pdhl ngga jg.rata rata sales yg sombong itu sales sales baru om yg cuma tau menjual tanpa tau siapapun org yg mampir ke boothnya itu sebagai prospek di masa depan,triknya kalo beli mobil anti mainstream diakhir tahun atau jgn di event gede karna si sales yg dikejar target mencari spk,kmrn ambil santi dm crdi brand new sih alhamdulilah salesnya baik dan walaupun diskonnya std tapi si sales sanggup push bonus yg lumayan dan buat ane,kasian sih sebenrnya sama sales mobil anti mainstream sebulan laku 1 aja udh bersyukur

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 16:46
by pernahmiskin
Sengakin/Mentahin aja kalau ktm sales kek gt..

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 16:48
by KielConstantine
Wkwkwkwkwk bro haris, kemaren ane jg ngalamin di booth hyundai tp kg parah2 amat sih.
Jadi ceritanya kan display santa-fe didepan di kerubutin orang gitu. Ane cari yg posisi kg di kerumunin, ada 1 santa-fe di belakang yg kosong kg ada sales yg jaga, pengunjung jg kg ada yg liat.
Kebetulan liat emblemnya CRDI tp lupa type XG atau yg biasa.

Trus ane kan penasaran sama layout mesin dieselnya, pengen liat langsung pake mata kepala sendiri. Jadi ane maen masuk aja ke dalem kabin, trus buka sendiri kap mesin tuh santi. Enggak lama ntah dari mana ada 1 sales (batangan) dateng nyamperin.

Terjadilah percakapan didepan kap mesin santi diesel:
Sales: "Lagi cari mobil apa pak?" (langsung males bener gw dengernya)
Gw: "oh, ini santa-fe baru yah? Mesin sama tranmisinya baru yah mas?"
Sales: "Iya betul pak, sambil langsung nyodorin Price list sama kartu nama. :wkkk:
dalam hati gw: anjir orang gw penasaran sama produk baru, teknologi baru, malah langsung ditodong price list.
Gw: "oh yg ini 500 jutaan ya harganya, lumayan jg yah. Saya sih masih lihat2 dulu mas".
Sales: "......" kg ngomong apa2, trus jalan pelan2 kedepan dan hilang :mrgreen:

Ga lama ane cabut dari booth hyundei & kartu nama n price list yg doi kasih ane buang ke tong sampah deket situ. wakakaka

Klo kata om NR mah, barang sejelek apapun klo pelayanan bagus, masih bisa diterima masyarakat.
Moga2 aja ditraining lg behavior tuh beberapa oknum sales. Kasian produknya bagus2 pdhl.



------
Btw, beda banget sama 2 tahun lalu (GIIAS 2016) berkunjung ke booth Lexus. Pengalaman yg luar biasa.

Masuk ke GS 200t F Sport. Enggak lama salesnya dateng samperin, kita ngobrol2 sbntr ttng teknologi mobil ini (mesin turbo trbaru Lexus, tenaga setara BMW, rivalnya serie-5, tanpa nge-bash produk kompetitor), kemudian dy permisi sebentar ke belakang ane kira pergi gitu aja.

Suprisingly, dy balik bawain konci mobil display si GS 200t ini. Dikasih konci mobilnya ke gw, trus dia kasih nyalain audio Mark Levinson u didengerin, dicobain segala macem fitur disana (head unit, Mid spedometer, Electric seat, kekedapan kabin).
Sampe2 dy muterin film Iron man didalem mobil (ane lupa via usb / dvd player waktu itu).
Semua demi ngasih tau kualitas audio Mark levinson itu + layar head unitnya yg jernih. Gila bener.
Udah gitu dibawain Brosur itu mobil + price list + goodie bag lexus for free. Tutur katanya jg bagus. Dan ane enggak kerasa sudah hampir 1 jam ngobrol2 sama tu sales didalem mobil. Top banget servicenya. Pdhl SPK aja kaga, cuman dimintain no hp u masuk ke data follow up saja.

Dy nganggep orang yg sekedar lihat itu bisa jd potential buyer di masa depan. Salute.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 17:19
by Rizkifn3105
KielConstantine wrote: Wed Aug 15, 2018 16:48 Wkwkwkwkwk bro haris, kemaren ane jg ngalamin di booth hyundai tp kg parah2 amat sih.
Jadi ceritanya kan display santa-fe didepan di kerubutin orang gitu. Ane cari yg posisi kg di kerumunin, ada 1 santa-fe di belakang yg kosong kg ada sales yg jaga, pengunjung jg kg ada yg liat.
Kebetulan liat emblemnya CRDI tp lupa type XG atau yg biasa.

Trus ane kan penasaran sama layout mesin dieselnya, pengen liat langsung pake mata kepala sendiri. Jadi ane maen masuk aja ke dalem kabin, trus buka sendiri kap mesin tuh santi. Enggak lama ntah dari mana ada 1 sales (batangan) dateng nyamperin.

Terjadilah percakapan didepan kap mesin santi diesel:
Sales: "Lagi cari mobil apa pak?" (langsung males bener gw dengernya)
Gw: "oh, ini santa-fe baru yah? Mesin sama tranmisinya baru yah mas?"
Sales: "Iya betul pak, sambil langsung nyodorin Price list sama kartu nama. :wkkk:
dalam hati gw: anjir orang gw penasaran sama produk baru, teknologi baru, malah langsung ditodong price list.
Gw: "oh yg ini 500 jutaan ya harganya, lumayan jg yah. Saya sih masih lihat2 dulu mas".
Sales: "......" kg ngomong apa2, trus jalan pelan2 kedepan dan hilang :mrgreen:

Ga lama ane cabut dari booth hyundei & kartu nama n price list yg doi kasih ane buang ke tong sampah deket situ. wakakaka

Klo kata om NR mah, barang sejelek apapun klo pelayanan bagus, masih bisa diterima masyarakat.
Moga2 aja ditraining lg behavior tuh beberapa oknum sales. Kasian produknya bagus2 pdhl.



------
Btw, beda banget sama 2 tahun lalu (GIIAS 2016) berkunjung ke booth Lexus. Pengalaman yg luar biasa.

Masuk ke GS 200t F Sport. Enggak lama salesnya dateng samperin, kita ngobrol2 sbntr ttng teknologi mobil ini (mesin turbo trbaru Lexus, tenaga setara BMW, rivalnya serie-5, tanpa nge-bash produk kompetitor), kemudian dy permisi sebentar ke belakang ane kira pergi gitu aja.

Suprisingly, dy balik bawain konci mobil display si GS 200t ini. Dikasih konci mobilnya ke gw, trus dia kasih nyalain audio Mark Levinson u didengerin, dicobain segala macem fitur disana (head unit, Mid spedometer, Electric seat, kekedapan kabin).
Sampe2 dy muterin film Iron man didalem mobil (ane lupa via usb / dvd player waktu itu).
Semua demi ngasih tau kualitas audio Mark levinson itu + layar head unitnya yg jernih. Gila bener.
Udah gitu dibawain Brosur itu mobil + price list + goodie bag lexus for free. Tutur katanya jg bagus. Dan ane enggak kerasa sudah hampir 1 jam ngobrol2 sama tu sales didalem mobil. Top banget servicenya. Pdhl SPK aja kaga, cuman dimintain no hp u masuk ke data follow up saja.

Dy nganggep orang yg sekedar lihat itu bisa jd potential buyer di masa depan. Salute.
Wah experience yang kayak gini nih yang bikin semangat buat beli mobi dari brand tsb. Bisa aja di bbrp tahun ke depan saat kitanya udah siap dan mampu ga pake pikir lama karena pernah dapet impresi pertama lansung spk itu mobil. Good job lexus. Bmw pun ane pernah liat2 di showroom(iseng aja penasaran kayak apa sih bau mobil jerman barunya) karena ga ada niatan spk mobil barunya(hehehe masih kuliah) tiba2 udah ditawarin test drive f30 facelift walaupun jaraknya hanya muter2 daerah sekitaran dealer tsb. (Bukan sales bmw karena ane mahasiswa yang hanya make nissan)

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Wed Aug 15, 2018 17:49
by Swedeppon
Kejadian ini berlaku sama saya tapi buat saya ,beberapa attitude sales H miring ini ngga lebih parah dari H tegak, ya pengalaman mungkin beda2

Saya di giias salah satu highlight yg mau sy lihat adalah santafe, setelah td tiguan,mazda 6 dan cla, saya liat2 hyundai dan bincang dikit sama salesnya, ada beberapa sales

Sales 1 nolak td lebih pada alasan : td tutup jam set5, saya disitu kebetulan jam 4 sore (sampai jam 5 masi banyak yg ngantri)
Sales 2 nolak alasan : udh spk?
Sales 3 nolak alasan : bapak kalau mau td, ke booth td aja yg diujung hall 5
(Lah td kan harus sama salesnya???)
Akhirnya saya muter akal, inisiatif pergi ambil struk pendaftaran test drive santafe dan pergi ke tempat hyundai

Saya tunjukin itu struk daftar kebeberapa sales, rata2 kicep dan akhirnya ada satu mau ikut saya td, (yg ini cewek, sales cibubur)
Itu juga sampai tenda mobilnya antri 4 orang

Dapet juga td santafe biar cuma 1 putaran karena dah sore dan banyak antrian tambahan( saya tiguan sampai 4x putaran), singkat cerita mobilnya beneran enak, matic 8atnya cukup pinter, dieselnya sama sj, tetap enak, mending ini buat saya drpada dakar, ya beda lah monokok sama ladder, tp harga mepet, dakar 4x2 non ultimate otr jkt 522 sekarang

Ni hyundai kalo bukan karena h1 ckd sama santafe banyak penggemar, udh mau nyusul kia kali, menjelang collaps

Tapi masi mending, ada satu merk H non miring, mentang2 laku, salesnya songong,
saya mau minta brosur doang dikonter boothnya, kata mbanya : kesales aja langsung
Saya : ok, *kucuk2 ke sales

Sampai sales

Saya: mas boleh minta brosur *rvnya?
Sales : *ngasi daftar harga cicilan dan cap nomor hp dibawah
Saya : maaf mas maksud saya brosur beneran yang full
Sales : maaf mas cuma buat customer aja
Saya :(dalem hati: terus saya siapa? Kaleng krupuk? Mentang2 laku seenak jidat, kalo perilaku kaya gitu ke orang yang mungkin bisa jadi calon customer atau spk lebih dari 2, ya siap2 aja deh)

Udh produk kualitas kacrut, sales songong, laku menang logo doang

Makin antipati saya sama itu merk

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 2:00
by antekakio
Rizkifn3105 wrote: Wed Aug 15, 2018 17:19
KielConstantine wrote: Wed Aug 15, 2018 16:48 Wkwkwkwkwk bro haris, kemaren ane jg ngalamin di booth hyundai tp kg parah2 amat sih.
Jadi ceritanya kan display santa-fe didepan di kerubutin orang gitu. Ane cari yg posisi kg di kerumunin, ada 1 santa-fe di belakang yg kosong kg ada sales yg jaga, pengunjung jg kg ada yg liat.
Kebetulan liat emblemnya CRDI tp lupa type XG atau yg biasa.

Trus ane kan penasaran sama layout mesin dieselnya, pengen liat langsung pake mata kepala sendiri. Jadi ane maen masuk aja ke dalem kabin, trus buka sendiri kap mesin tuh santi. Enggak lama ntah dari mana ada 1 sales (batangan) dateng nyamperin.

Terjadilah percakapan didepan kap mesin santi diesel:
Sales: "Lagi cari mobil apa pak?" (langsung males bener gw dengernya)
Gw: "oh, ini santa-fe baru yah? Mesin sama tranmisinya baru yah mas?"
Sales: "Iya betul pak, sambil langsung nyodorin Price list sama kartu nama. :wkkk:
dalam hati gw: anjir orang gw penasaran sama produk baru, teknologi baru, malah langsung ditodong price list.
Gw: "oh yg ini 500 jutaan ya harganya, lumayan jg yah. Saya sih masih lihat2 dulu mas".
Sales: "......" kg ngomong apa2, trus jalan pelan2 kedepan dan hilang :mrgreen:

Ga lama ane cabut dari booth hyundei & kartu nama n price list yg doi kasih ane buang ke tong sampah deket situ. wakakaka

Klo kata om NR mah, barang sejelek apapun klo pelayanan bagus, masih bisa diterima masyarakat.
Moga2 aja ditraining lg behavior tuh beberapa oknum sales. Kasian produknya bagus2 pdhl.



------
Btw, beda banget sama 2 tahun lalu (GIIAS 2016) berkunjung ke booth Lexus. Pengalaman yg luar biasa.

Masuk ke GS 200t F Sport. Enggak lama salesnya dateng samperin, kita ngobrol2 sbntr ttng teknologi mobil ini (mesin turbo trbaru Lexus, tenaga setara BMW, rivalnya serie-5, tanpa nge-bash produk kompetitor), kemudian dy permisi sebentar ke belakang ane kira pergi gitu aja.

Suprisingly, dy balik bawain konci mobil display si GS 200t ini. Dikasih konci mobilnya ke gw, trus dia kasih nyalain audio Mark Levinson u didengerin, dicobain segala macem fitur disana (head unit, Mid spedometer, Electric seat, kekedapan kabin).
Sampe2 dy muterin film Iron man didalem mobil (ane lupa via usb / dvd player waktu itu).
Semua demi ngasih tau kualitas audio Mark levinson itu + layar head unitnya yg jernih. Gila bener.
Udah gitu dibawain Brosur itu mobil + price list + goodie bag lexus for free. Tutur katanya jg bagus. Dan ane enggak kerasa sudah hampir 1 jam ngobrol2 sama tu sales didalem mobil. Top banget servicenya. Pdhl SPK aja kaga, cuman dimintain no hp u masuk ke data follow up saja.

Dy nganggep orang yg sekedar lihat itu bisa jd potential buyer di masa depan. Salute.
Wah experience yang kayak gini nih yang bikin semangat buat beli mobi dari brand tsb. Bisa aja di bbrp tahun ke depan saat kitanya udah siap dan mampu ga pake pikir lama karena pernah dapet impresi pertama lansung spk itu mobil. Good job lexus. Bmw pun ane pernah liat2 di showroom(iseng aja penasaran kayak apa sih bau mobil jerman barunya) karena ga ada niatan spk mobil barunya(hehehe masih kuliah) tiba2 udah ditawarin test drive f30 facelift walaupun jaraknya hanya muter2 daerah sekitaran dealer tsb. (Bukan sales bmw karena ane mahasiswa yang hanya make nissan)
untuk BMW, Mini dan Lexus emang juara sih pelayanannya di GIIAS padahal saya cuma pake kaos, celana pendek dan sendal doang. kemaren lihat2 seri 5 touring di samperin sama sales bmw ngobrol dikit ditawarin test drive padahal di awal sudah dijelasin cuma mau lihat2 doang dapat test drive m2 dan x5 :mky_02: . pun begitu dg mini dapat td cooper baru. dan ada kali 1 jam ngobrol2 sama tu sales bmw dan yg mengakhiri obrolan itu saya krn gk ada tanda2 dari itu sales mw mengakhiri obrolan.

di lexus experience nya jg sama, lagi lihat rx diajak ngobrol lalu diajak masuk ke rx, dia acc tu lexus rx lalu dia nyalain audio, kasih lht fitur hud, blind spot, ventilated seat dsbnya, dan salesnya dengan baik hati bilang datang aja ke lexus gallery untuk mengetahui lebih ttg lexus walaupun saya sudah bilang kalau saya kaga mampu beli lexus.

utk hyundai no comment dah.. karena dicuekin habis

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 2:25
by ChZ
Wkwkwkwkwkwkkw cerita bro harist ini mengingatkan ane dengan trid review Tucson kontroversial ane... dan good ol' days bashing mobil bareng medket... Dan otomatis bikin gw auto kesel ama H miring untuk tempo beberapa saat... termasuk medket dan om sukribo ikutan kesel, sampe ngeluarin statement keras "bland product, bland marketing".

Kedua kali ke diler tsb didatengin sales konter yang sama nyoba Grand i10, kita berempat (ane, medket, om bimo_s, sandal) tp ama salesnya dibilang "aturan diler maksimal nyoba 2 orang aja ko" HAH :mky_05: oke keselnya waktu coba Tucson belom ilang, ini lebih ngeselin pake sok-sok aturan. :mky_05: akhirnya gw ama sandal ngalah, dan mood langsung turun ngasih jatah ke medket "dah mod elu aja deh, mood gw ilang klo gini".

Urusan serpis pun gak kalah konyol nya... tar jadi satu bab skripsi kalo ane ceritain. mungkin H miring kalo merek gede ceritanya kayak H lurus kali aftersalesnya... gak profesional blas. Saking merek jarang yang pake aja jd komplen jarang terdengar. Tapi gabung di SOCI, dah isinya ngomel semua tuh klo ngomong BeRes H miring. Gak ada yang sugarcoating, kesel semua.

Tp ya ada terakhir ketemu 1 sales H miring yang ramah dan ngeladenin meskipun cm tanya-tanya, malah diundang ke event defensive driving mereka... so me being the only H tegak user there , zaman masih pake Civic FB, mungkin tu seles klo ketemu gw lg bakal kaget kok tau-tau dah bawa santi.

Owh ya yang kurang lebih sama ngeselinnya itu Renault sih... TD Koleos kok disuruh ndampingin males-malesan, isinya jelek-jelekin merek pesaing terus, ya cuma bisa mbathin "makane barangmu ora payu mas mas..."
Swedeppon wrote: Wed Aug 15, 2018 17:49
Saya : maaf mas maksud saya brosur beneran yang full
Sales : maaf mas cuma buat customer aja
Saya :(dalem hati: terus saya siapa? Kaleng krupuk? Mentang2 laku seenak jidat, kalo perilaku kaya gitu ke orang yang mungkin bisa jadi calon customer atau spk lebih dari 2, ya siap2 aja deh)

Udh produk kualitas kacrut, sales songong, laku menang logo doang

Makin antipati saya sama itu merk
Dari pengalaman di bbrp diler H tegak, klo brosur full (katalog lengkap) memang untuk customer *yang beli* aja oom... klo ngga beli paling leaflet yang 2 lembar aja. Di pameran kecil maupun gede mrk memang jarang bawa brosur banyak cm bawa PL aja... klo brosur langsung ke diler ambil di rack nya aja lengkap, ane biasa nyolong banyak klo pas serpis atau mampir aja.

Ya masalahnya ke diler klo ngga minat beli itu agak gimana juga :mky_01: krn imej nya seles konter klo orang ke diler "wah calon pembeli neh mesti di follup" ...

Tp ya pengalaman di autoshow di indonesia itu gini lah, jadi autoshow-room... Namanya juga "show" ya wajar dong orang liat-liat... knp malah jadi ajang promo dan jual-jualan... :mky_05: hrsnya di GIIAS itu cukup dijaga espege aja mayan bwt cuci mata ... :big_love:

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:20
by sintoni
Sabar dong om haris, dimarahin sama master aviation ini.

:big_peace:

Emang dari pengalaman cupu ane, malah sales2 dari ATPM yang kurang mainstrim yang rasanya emang ga niat jualan.

Apa karena sering di PHP ya di TD tapi akhirnya beli merk yang lebih mainstrim?

Jadnya males jualan, mungkin mikir orang kalo sudah naksir merk ini mau TD atau kagak pasti beli lah. Hahhaahah.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:28
by Koddy

ChZ wrote:
Urusan serpis pun gak kalah konyol nya... tar jadi satu bab skripsi kalo ane ceritain. mungkin H miring kalo merek gede ceritanya kayak H lurus kali aftersalesnya... gak profesional blas. Saking merek jarang yang pake aja jd komplen jarang terdengar. Tapi gabung di SOCI, dah isinya ngomel semua tuh klo ngomong BeRes H miring. Gak ada yang sugarcoating, kesel semua.
Walau agak OOT, tapi urusan servis dari merk T yang terkenal itu di jaringan beres ternama se Jateng & DIY juga sama aja ga beres kok....
Di mulut aja manis sekali dan sok meng-edukasi. Namun kerjaan teknisi di lapangan parah.....
Sedikit cerita:
Gw claim disc brake yang bergetar, baru 2.5 bulan abis terakhir dibubut, udah geter lagi.
Katanya rem mau di cek dan dibersihkan dahulu, dan gw nunggu 2.5 jam di beres. Lalu setelah 2.5 jam dibilangin ntar diganti disc brake baru. Gw tanya, itu dari tadi ngapain, katanya dibersihkan dulu rem nya.
Ok .... Saya kira selesai perkara....
2 minggu kemudian balik ke tuh beres, buat pasang disc brake baru.
Waktu dibukain ikut cek dan ternyata itu brakepad kotor bener (padahal 2 minggu cuma jalan nambah 120km an). Berarti 2 minggu yang lalu itu ga diapa²in dan sia² 2.5 jam nunggu.... (Bring back my 2.5 hours [emoji29] )
Minta brakepad di-amplas supaya bersih dulu, mekaniknya asal²an amplas nya....
Udah speechless lah sama kerjaan mereka.....
Merk mainstream T di jaringan bengkel monopoli terkenal dan ternama di Jateng & DIY aja kerjaan nya kaya gitu.....

Intinya mau bilang bahwa servis di beres merk apapun ya kualitas nya gitu lah, jangan ngarep istimewa ....
Daripada mulut manis SA, ngomongin ini baiknya gini gitu.... Tapi teknisi dan mekanik yang kerjain di lapangan parah.... Lebih baik SA ga perlu bermulut manis dan meng-edukasi, namun kerjaan teknisi dan mekanik mantap.


Sori, OOT yah... Back to merk H miring aja lagi...

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:43
by ChZ
sintoni wrote: Thu Aug 16, 2018 3:20 Sabar dong om haris, dimarahin sama master aviation ini.

:big_peace:

Emang dari pengalaman cupu ane, malah sales2 dari ATPM yang kurang mainstrim yang rasanya emang ga niat jualan.

Apa karena sering di PHP ya di TD tapi akhirnya beli merk yang lebih mainstrim?

Jadnya males jualan, mungkin mikir orang kalo sudah naksir merk ini mau TD atau kagak pasti beli lah. Hahhaahah.
Sebenernya yang liat mobil TD TD doang kek di SM gini itu kecil banget loh secara persentase... cm ya sales brand kecil, tingkat "ngarep" nya lebih tinggi dibanding toyota misalnya...

Makanya penggunaan istilah PHP sebenernya kurang tepat, lah si konsumen udah bilang minat beli belom? Klo baru ngomong "liat-liat" atau "penasaran aja" ya jangan merasa ter-PHP dong... bahkan nurut saya nanya program cicilan atau indent pun gak menentukan si orang ini bakal beli atau enggak.

Ibarat cewek, deket blom tentu ngasih harapan... FRD paham banget soal ini :ngacir:

PHP itu kalo udah ngomong SPK tau-tau dibatalin nah loh... Itu ibarat udah tunangan tau-tau kepincut cewek lain lebih cakep...

Mbak-mbak SPG di m*t*h*r* aja gak pernah baper merasa ter-PHP karena bajunya cm dicoba-coba aja di kamar pas sama nonik nonik zaman now buat poto terus gak jadi beli...

Bangkit/redupnya image suatu merek keliatan kok dari attitude sales nya... Mazda contohnya. 10 taun lalu nih merek gak dipandang, skrg jadi salah satu pemain kuat... Salesnya konsisten jualan experience gak sekedar kejar angka... setidaknya itu yang ane rasakan.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:48
by sintoni
ChZ wrote: Thu Aug 16, 2018 3:43
sintoni wrote: Thu Aug 16, 2018 3:20 Sabar dong om haris, dimarahin sama master aviation ini.

:big_peace:

Emang dari pengalaman cupu ane, malah sales2 dari ATPM yang kurang mainstrim yang rasanya emang ga niat jualan.

Apa karena sering di PHP ya di TD tapi akhirnya beli merk yang lebih mainstrim?

Jadnya males jualan, mungkin mikir orang kalo sudah naksir merk ini mau TD atau kagak pasti beli lah. Hahhaahah.
Sebenernya yang liat mobil TD TD doang kek di SM gini itu kecil banget loh secara persentase... cm ya sales brand kecil, tingkat "ngarep" nya lebih tinggi dibanding toyota misalnya...

Makanya penggunaan istilah PHP sebenernya kurang tepat, lah si konsumen udah bilang minat beli belom? Klo baru ngomong "liat-liat" atau "penasaran aja" ya jangan merasa ter-PHP dong... bahkan nurut saya nanya program cicilan atau indent pun gak menentukan si orang ini bakal beli atau enggak.

Ibarat cewek, deket blom tentu ngasih harapan... FRD paham banget soal ini :ngacir:

PHP itu kalo udah ngomong SPK tau-tau dibatalin nah loh... Itu ibarat udah tunangan tau-tau kepincut cewek lain lebih cakep...

Mbak-mbak SPG di m*t*h*r* aja gak pernah baper merasa ter-PHP karena bajunya cm dicoba-coba aja di kamar pas sama nonik nonik zaman now buat poto terus gak jadi beli...

Bangkit/redupnya image suatu merek keliatan kok dari attitude sales nya... Mazda contohnya. 10 taun lalu nih merek gak dipandang, skrg jadi salah satu pemain kuat... Salesnya konsisten jualan experience gak sekedar kejar angka... setidaknya itu yang ane rasakan.
Owalah, kalo km ga pengalaman kayak FRD jg ta Chris?

:ngacir:

Nah, kalo ga ngmg mau SPK atau mau liat2 aja gimana?

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:48
by ChZ
Koddy wrote: Thu Aug 16, 2018 3:28
Intinya mau bilang bahwa servis di beres merk apapun ya kualitas nya gitu lah, jangan ngarep istimewa ....
Daripada mulut manis SA, ngomongin ini baiknya gini gitu.... Tapi teknisi dan mekanik yang kerjain di lapangan parah.... Lebih baik SA ga perlu bermulut manis dan meng-edukasi, namun kerjaan teknisi dan mekanik mantap.


Sori, OOT yah... Back to merk H miring aja lagi...
:mky_07: :mky_07: :mky_07:

BeRes manapun sih, cm peduli duid duid dan duid... :mky_05:

Di H miring nyaris ditipu puluhan juta suruh ganti part yang kagak rusak kok... :mky_07: untung milih ganti di luar ajah. Habis cm 8juta dan masih normal sampe skrg.

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:51
by Angelpesek
Koddy wrote: Thu Aug 16, 2018 3:28
ChZ wrote:
Urusan serpis pun gak kalah konyol nya... tar jadi satu bab skripsi kalo ane ceritain. mungkin H miring kalo merek gede ceritanya kayak H lurus kali aftersalesnya... gak profesional blas. Saking merek jarang yang pake aja jd komplen jarang terdengar. Tapi gabung di SOCI, dah isinya ngomel semua tuh klo ngomong BeRes H miring. Gak ada yang sugarcoating, kesel semua.
Walau agak OOT, tapi urusan servis dari merk T yang terkenal itu di jaringan beres ternama se Jateng & DIY juga sama aja ga beres kok....
Di mulut aja manis sekali dan sok meng-edukasi. Namun kerjaan teknisi di lapangan parah.....
Sedikit cerita:
Gw claim disc brake yang bergetar, baru 2.5 bulan abis terakhir dibubut, udah geter lagi.
Katanya rem mau di cek dan dibersihkan dahulu, dan gw nunggu 2.5 jam di beres. Lalu setelah 2.5 jam dibilangin ntar diganti disc brake baru. Gw tanya, itu dari tadi ngapain, katanya dibersihkan dulu rem nya.
Ok .... Saya kira selesai perkara....
2 minggu kemudian balik ke tuh beres, buat pasang disc brake baru.
Waktu dibukain ikut cek dan ternyata itu brakepad kotor bener (padahal 2 minggu cuma jalan nambah 120km an). Berarti 2 minggu yang lalu itu ga diapa²in dan sia² 2.5 jam nunggu.... (Bring back my 2.5 hours [emoji29] )
Minta brakepad di-amplas supaya bersih dulu, mekaniknya asal²an amplas nya....
Udah speechless lah sama kerjaan mereka.....
Merk mainstream T di jaringan bengkel monopoli terkenal dan ternama di Jateng & DIY aja kerjaan nya kaya gitu.....

Intinya mau bilang bahwa servis di beres merk apapun ya kualitas nya gitu lah, jangan ngarep istimewa ....
Daripada mulut manis SA, ngomongin ini baiknya gini gitu.... Tapi teknisi dan mekanik yang kerjain di lapangan parah.... Lebih baik SA ga perlu bermulut manis dan meng-edukasi, namun kerjaan teknisi dan mekanik mantap.


Sori, OOT yah... Back to merk H miring aja lagi...
Ga heran klo ini, menang nama besar aja. Pernah jg kejadian sama saya. Perkara sekring bisa pindah beres 2 x di a2k

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:54
by ChZ
sintoni wrote: Thu Aug 16, 2018 3:48

Owalah, kalo km ga pengalaman kayak FRD jg ta Chris?

:ngacir:

Nah, kalo ga ngmg mau SPK atau mau liat2 aja gimana?
Setidaknya gak sampe ditikung vespa... :ngacir:

Klo ngomong mau liat2 aja biasa habis dikasih pricelist gak diladenin lg sih... Atau gak diladenin sama sekali...

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 3:56
by vp920b
Hehehe.. Sama dong..

Kemarin ane juga test drive ga ditemenin salesnya. Alhasil malah disuruh nunggu Salesnya dateng dan jadinya ngantri. Padahal ane dateng jumat pas Jumatan dan ane nomor satu harusnya..

Malah jadinya TD Wuling Cortez 1.5 yang cukup impresif karena walaupun tidak independen, bantingannya tetep nyaman dan kedap tu mobil..

Saya juga TD Santa Fe baru akhirnya, tapi karena ramai cuma 1x puteran which is bete banget dah.. Bantingan lebih baik, jok row 2 lega banget kaya naik beemer 7 series keatas leganya(mungkin row 2 di mundurin pol), transmisi kalau comfort masih sedikit bingung, tapi sport agresif bener..

Lain kali kalau pada songong bilang aja nti saya laporin pak Mukiat loh.. Biasanya pada jiper kalau uda begitu..

Untungnya santa fe baru kalau ga salah sudah di SPK 250 unitan, jadi antusiasnya lumayan bagus.. Oh ya malah kemarin manager yang jadinya jualan/nemenin saya.. Wakakakakak..

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 4:02
by martinnn
sales hyundai rata rata uda burn out di pekerjaannya.... they dont care anymore

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 4:05
by fizrmen
KielConstantine wrote: Wed Aug 15, 2018 16:48 Wkwkwkwkwk bro haris, kemaren ane jg ngalamin di booth hyundai tp kg parah2 amat sih.
Jadi ceritanya kan display santa-fe didepan di kerubutin orang gitu. Ane cari yg posisi kg di kerumunin, ada 1 santa-fe di belakang yg kosong kg ada sales yg jaga, pengunjung jg kg ada yg liat.
Kebetulan liat emblemnya CRDI tp lupa type XG atau yg biasa.

Trus ane kan penasaran sama layout mesin dieselnya, pengen liat langsung pake mata kepala sendiri. Jadi ane maen masuk aja ke dalem kabin, trus buka sendiri kap mesin tuh santi. Enggak lama ntah dari mana ada 1 sales (batangan) dateng nyamperin.

Terjadilah percakapan didepan kap mesin santi diesel:
Sales: "Lagi cari mobil apa pak?" (langsung males bener gw dengernya)
Gw: "oh, ini santa-fe baru yah? Mesin sama tranmisinya baru yah mas?"
Sales: "Iya betul pak, sambil langsung nyodorin Price list sama kartu nama. :wkkk:
dalam hati gw: anjir orang gw penasaran sama produk baru, teknologi baru, malah langsung ditodong price list.
Gw: "oh yg ini 500 jutaan ya harganya, lumayan jg yah. Saya sih masih lihat2 dulu mas".
Sales: "......" kg ngomong apa2, trus jalan pelan2 kedepan dan hilang :mrgreen:

Ga lama ane cabut dari booth hyundei & kartu nama n price list yg doi kasih ane buang ke tong sampah deket situ. wakakaka

Klo kata om NR mah, barang sejelek apapun klo pelayanan bagus, masih bisa diterima masyarakat.
Moga2 aja ditraining lg behavior tuh beberapa oknum sales. Kasian produknya bagus2 pdhl.



------
Btw, beda banget sama 2 tahun lalu (GIIAS 2016) berkunjung ke booth Lexus. Pengalaman yg luar biasa.

Masuk ke GS 200t F Sport. Enggak lama salesnya dateng samperin, kita ngobrol2 sbntr ttng teknologi mobil ini (mesin turbo trbaru Lexus, tenaga setara BMW, rivalnya serie-5, tanpa nge-bash produk kompetitor), kemudian dy permisi sebentar ke belakang ane kira pergi gitu aja.

Suprisingly, dy balik bawain konci mobil display si GS 200t ini. Dikasih konci mobilnya ke gw, trus dia kasih nyalain audio Mark Levinson u didengerin, dicobain segala macem fitur disana (head unit, Mid spedometer, Electric seat, kekedapan kabin).
Sampe2 dy muterin film Iron man didalem mobil (ane lupa via usb / dvd player waktu itu).
Semua demi ngasih tau kualitas audio Mark levinson itu + layar head unitnya yg jernih. Gila bener.
Udah gitu dibawain Brosur itu mobil + price list + goodie bag lexus for free. Tutur katanya jg bagus. Dan ane enggak kerasa sudah hampir 1 jam ngobrol2 sama tu sales didalem mobil. Top banget servicenya. Pdhl SPK aja kaga, cuman dimintain no hp u masuk ke data follow up saja.

Dy nganggep orang yg sekedar lihat itu bisa jd potential buyer di masa depan. Salute.
Sales Lexus ya, mereka di GIIAS itu ga jualan mobil, mereka jualan citra brand dan experience, even sales Lexus aja paham sejarah lexus, sampai2 ane nguping ada sales yg cerita soal sejarah lexus ke calon customer, dan sales lexus memang gapernah bash produk laen.... *bukan antek lexus, hanya orang yg puas dengan pelayanan lexus

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 4:55
by marama
Saya ke GIIAS kmrn baru duduk di cortez langsung ditawarin test drive , salesnya nawarin juga test drive dtg ke kantor saya hahaha ini sptnya masalah di training SDM masing2 ATPM

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 5:08
by fizrmen
Swedeppon wrote: Wed Aug 15, 2018 17:49 Kejadian ini berlaku sama saya tapi buat saya ,beberapa attitude sales H miring ini ngga lebih parah dari H tegak, ya pengalaman mungkin beda2

Saya di giias salah satu highlight yg mau sy lihat adalah santafe, setelah td tiguan,mazda 6 dan cla, saya liat2 hyundai dan bincang dikit sama salesnya, ada beberapa sales

Sales 1 nolak td lebih pada alasan : td tutup jam set5, saya disitu kebetulan jam 4 sore (sampai jam 5 masi banyak yg ngantri)
Sales 2 nolak alasan : udh spk?
Sales 3 nolak alasan : bapak kalau mau td, ke booth td aja yg diujung hall 5

(Lah td kan harus sama salesnya???)
Akhirnya saya muter akal, inisiatif pergi ambil struk pendaftaran test drive santafe dan pergi ke tempat hyundai


Makin antipati saya sama itu merk
INI KEJADIAN DAN EMG BIKIN KESEL BANGET, MASA BELI KUCING DALAM KARUNG KAN GILA KALI

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 5:34
by lonely1999
ane sampai saat ini setiap ke pameran besar mobil kagak pernah ditawari TD

mungkin penampilan ane tidak seperti orang yang ada duit he he.. [emo-yesno]

nasib muka miskin

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 5:35
by dizco
Koddy wrote: Thu Aug 16, 2018 3:28
ChZ wrote:
Urusan serpis pun gak kalah konyol nya... tar jadi satu bab skripsi kalo ane ceritain. mungkin H miring kalo merek gede ceritanya kayak H lurus kali aftersalesnya... gak profesional blas. Saking merek jarang yang pake aja jd komplen jarang terdengar. Tapi gabung di SOCI, dah isinya ngomel semua tuh klo ngomong BeRes H miring. Gak ada yang sugarcoating, kesel semua.
Walau agak OOT, tapi urusan servis dari merk T yang terkenal itu di jaringan beres ternama se Jateng & DIY juga sama aja ga beres kok....
Di mulut aja manis sekali dan sok meng-edukasi. Namun kerjaan teknisi di lapangan parah.....
Sedikit cerita:
Gw claim disc brake yang bergetar, baru 2.5 bulan abis terakhir dibubut, udah geter lagi.
Katanya rem mau di cek dan dibersihkan dahulu, dan gw nunggu 2.5 jam di beres. Lalu setelah 2.5 jam dibilangin ntar diganti disc brake baru. Gw tanya, itu dari tadi ngapain, katanya dibersihkan dulu rem nya.
Ok .... Saya kira selesai perkara....
2 minggu kemudian balik ke tuh beres, buat pasang disc brake baru.
Waktu dibukain ikut cek dan ternyata itu brakepad kotor bener (padahal 2 minggu cuma jalan nambah 120km an). Berarti 2 minggu yang lalu itu ga diapa²in dan sia² 2.5 jam nunggu.... (Bring back my 2.5 hours [emoji29] )
Minta brakepad di-amplas supaya bersih dulu, mekaniknya asal²an amplas nya....
Udah speechless lah sama kerjaan mereka.....
Merk mainstream T di jaringan bengkel monopoli terkenal dan ternama di Jateng & DIY aja kerjaan nya kaya gitu.....

Intinya mau bilang bahwa servis di beres merk apapun ya kualitas nya gitu lah, jangan ngarep istimewa ....
Daripada mulut manis SA, ngomongin ini baiknya gini gitu.... Tapi teknisi dan mekanik yang kerjain di lapangan parah.... Lebih baik SA ga perlu bermulut manis dan meng-edukasi, namun kerjaan teknisi dan mekanik mantap.


Sori, OOT yah... Back to merk H miring aja lagi...
Ane ke "N" cuma buat beli parts aja, pasangnya di luar hahaha

Hyundai harusnya bisa niru wuling, banyak yang bilang kalau pelayanannya cukup bagus walau kena stigma miring dan dipandang murahan. Mau barang sebagus apapun kalau jualannya bapuk ya susah, apalagi kekuatan word of mouth itu luar biasa di era media sosial

Re: Keluh kesah mengenai sales Hyundai di pameran besar

Posted: Thu Aug 16, 2018 5:43
by sendguruh
nah sya jg berbagi pengalaman pas ke giias 2018... dateng bareng temen (pake kaos dan jins) ane pake kemeja dan jins... tujuan utama ane cm 2 mazda (new mazda 6) dan hyundai (santa fe)...

mazda dari 3 tahun lalu mmg sudah top banget salesnya, waktu itu yg gk terlupakan ane dikasih minum sambil nunggu test drive disiang hari bolong pas mmg kita kehausan, pengetahuan salesnya jg bagus... kmrn jg dilayani dgn baik pas nanya diskon dan ready stok mazda vin 2017. sales masih ok

hyundai, waktu gw lg liat2 santa fe disamperin sales, awalnya agk ogah2an, trus lgs ane todong aja test drive santa fe, sempet dia mondar mandir ke belakang 2x, trus bilang ke ane klo bs test drive, nah pas ke lokasi mobil dia nyelonong aja ampe ditegur halus sm petugas test drive spy daftar dulu sblm ke mobil. mobilnya top, enak banget... jd kmrn impresi sama sales hyundai cukup baik ya, bbrp kali nanya via wa jg ditanggapi dgn baik..