KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

adriangaut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: Baleno

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by adriangaut » 07 Aug 2018, 12:36

Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya

Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine

Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya

Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI

User avatar
lonely1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: 18 Jun 2014, 10:07

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by lonely1999 » 07 Aug 2018, 12:45

pengendiesel wrote:
07 Aug 2018, 12:03
Beberapa minggu yang lalu sempat cek harga ANF dan ANPS.
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.

Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain? :ngacir:
ane setuju banget sama pendapat agan
atpm pada janjian mungkin
yang repot ane , makin kagak kebeli itu mobil he he...

gadjahalphien
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Gojek_Transjak_Angkot_A3

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by gadjahalphien » 07 Aug 2018, 13:29

adriangaut wrote:
07 Aug 2018, 12:36
Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya

Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine

Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya

Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
Wah kalo masih grup T brand,, mending yg produk globalnya um. Lebih jelas kapan FL, FMC nya, ya macem camry dan corolla lah.

jangan lihat yg CKD om. Planning lifespannya enggak jelas
Avanza - xenia : 2004 - 2011 - (2018 ??) yg jelas tahun ini enggak ada FMC, cuma minor FL.
Rush - Terior : 2006 - 2017
Innova : 2004 - 2016
Padahal dlm kalender planningnya, masing2 unit ini memiliki lifespan 7-8 tahun aja.

Memang kalo enginenya japan, sepertinya lebih panjang di banding eropa.

Kalo eropa masih agak mending. Dari lifespan 7-8 tahun. Ketika FL pasti ada ganti engine.
Transjak - GoJeck - Angkot

casabalancas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by casabalancas » 07 Aug 2018, 13:42

ChZ wrote:
07 Aug 2018, 12:05
casabalancas wrote:
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Kebanyakan yang harganya lumayan stabil mobil-mobil berstatus CBU oom klo menurut pengamatan saya. Korea secara prosentase kenaikan sama tapi karena tax aja. SantaFe CRDi di awal keluar 6 thn lalu 400-an sekarang 500 gede.

Eropa walaupun CKD sifatnya kebanyakan masih SKD... local content nya rendah cm assembling aja.

Ya CKD kayaknya walau local content tinggi tapi ngincer balik modal pabrik dan diler kali ya. blom overhead cost nya juga pasti lebih tinggi jepang si. hal-hal receh seperti gaji sales, bayar iklan, terus transportasi bongkar-muat nya pasti lebih banyak merek jepang si karena volume produksi lebih tinggi, klo diakumulasikan sih lumayan...

Daaaan harus diinget lifespan mobil Jepang gak sepanjang mobil Eropa. Lifespan mobil jepang 4-5 thn, begitu itu mobil ganti mesin ganti transmisi ya mau gak mau pabrik nambah ongkos lagi buat molding baru dll nya. Makanya nilai kenaikannya gak bisa apple to apple. Ibaratnya, dalam jangka waktu 10 thn BMW baru ganti model 1x, CR-V dalam 10 thn udah beda 2 generasi. Kenaikan harga paling tinggi kan waktu ganti model.
Nahh iya bener juga Om, dibalik ekspansi diler yg agresif pasti butuh overhead cost yang tinggi juga, apalagi kita tau sendiri bisnis di Indonesia tiap minggu atau bahkan tiap hari ada aja oknum2 pungli yang sowan ke kantor/pabrik/dealer.

Mungkin yang jadi highlight dari KPPU kenapa tiap2 produsen mobil menyesuaikan harganya di tanggal yang mirip2, mungkin KPPU curiga, " masa sih beda perusahaan tapi tanggal tutup bukunya sama jadinya tanggal naik harganya sering di minggu yang sama."

Tapi CKD jepang walaupun banyak komponen biaya, tapi kan mereka volume maker Om, walaupaun margin kecil tiap mobil pun tapi margin keseluruhan per tahunnya besar, bisa puluhan Milyar-ratusan Milyar, bahkan mungkin Triliyun seperti grup As*ra. Tapi kenapa tidak pernah diinvestasikan untuk mendevelop mobil yang lebih nyaman dan anti Sunatan. Terkadang pemikiran ekstrem saya, apakah karena di Indonesia mayoritasnya Muslim dan Sunat merupakan kewajiban seorang laki-laki muslim, maka mobil yang beredar di Indonesia pun sampai wajib disunat fiturnya ? :big_childish:

Bersykurlah ada produsen China yang bisa mejual seribuan unit mobil per bulannya sehingga saat FMC Rushter, dan facelift Yaris tidak ada penyesuaian harga yang berlebihan, Seandainya Produsen tersebut sudah jual ribuan unit mobil perbulannya dari 2015, mungkin harga Innova V sekarang masih 200 jutaan :mky_01:

pengendiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by pengendiesel » 07 Aug 2018, 15:15

Caya 150jt.
Venturer 450jt.
Saya sering bertanya2, apa yang bikin 1 venturer bisa dapat 3 calya?
Sama2 4 roda dan 7 seater.
Apakah blok mesin, sistem penggerak, dll dari venturer 3x lipat dari calya?

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 420
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by kendibocor » 07 Aug 2018, 15:42

Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8524
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ » 07 Aug 2018, 15:53

gadjahalphien wrote:
07 Aug 2018, 13:29
adriangaut wrote:
07 Aug 2018, 12:36
Hahahaha kalo saya malah ngerasanya lifespan mobil jepang lebih tinggi dari eropa, terutama engine-nya

Tuh avanza-xenia setelah 12 tahun baru ganti NR engine

Kijang innova malah masih pakai TR buat gasoline-nya

Merc malah ganti terus hahaha, 204 C200 aja ada yg kompressor ada yg CGI
Wah kalo masih grup T brand,, mending yg produk globalnya um. Lebih jelas kapan FL, FMC nya, ya macem camry dan corolla lah.

jangan lihat yg CKD om. Planning lifespannya enggak jelas
Avanza - xenia : 2004 - 2011 - (2018 ??) yg jelas tahun ini enggak ada FMC, cuma minor FL.
Rush - Terior : 2006 - 2017
Innova : 2004 - 2016
Padahal dlm kalender planningnya, masing2 unit ini memiliki lifespan 7-8 tahun aja.

Memang kalo enginenya japan, sepertinya lebih panjang di banding eropa.

Kalo eropa masih agak mending. Dari lifespan 7-8 tahun. Ketika FL pasti ada ganti engine.
Jgn lupa beberapa model BMW dan M-B ganti engine justru saat facelift atau 1-2 taun setelah mobilnya keluar. Jadi kalo Jepang ganti generasi sekalian ganti engine, Eropa justru overlapping. Makanya buat identify model Eropa lebih susah ketimbang Jepang...

Tp jujur sih bikin engine kalo kita liat costnya sendiri gak mahal kok... karena 1 engine bisa dipake berbagai model, dan dari old engine ke new engine masih bisa pake blok yang sama ganti beberapa hardware, jarang sih skrg yang 100% new.

Desain suspensi, sasis baru, body baru, kayaknya jauh lebih mahal skrg... walaupun ya kalo untuk kasus IMV okelah, tp avanza dari 2003 apa sih yang bener-bener di redesign ulang selain body :ngacir:
casabalancas wrote:
07 Aug 2018, 13:42

Nahh iya bener juga Om, dibalik ekspansi diler yg agresif pasti butuh overhead cost yang tinggi juga, apalagi kita tau sendiri bisnis di Indonesia tiap minggu atau bahkan tiap hari ada aja oknum2 pungli yang sowan ke kantor/pabrik/dealer.

Mungkin yang jadi highlight dari KPPU kenapa tiap2 produsen mobil menyesuaikan harganya di tanggal yang mirip2, mungkin KPPU curiga, " masa sih beda perusahaan tapi tanggal tutup bukunya sama jadinya tanggal naik harganya sering di minggu yang sama."

Tapi CKD jepang walaupun banyak komponen biaya, tapi kan mereka volume maker Om, walaupaun margin kecil tiap mobil pun tapi margin keseluruhan per tahunnya besar, bisa puluhan Milyar-ratusan Milyar, bahkan mungkin Triliyun seperti grup As*ra. Tapi kenapa tidak pernah diinvestasikan untuk mendevelop mobil yang lebih nyaman dan anti Sunatan. Terkadang pemikiran ekstrem saya, apakah karena di Indonesia mayoritasnya Muslim dan Sunat merupakan kewajiban seorang laki-laki muslim, maka mobil yang beredar di Indonesia pun sampai wajib disunat fiturnya ? :big_childish:

Bersykurlah ada produsen China yang bisa mejual seribuan unit mobil per bulannya sehingga saat FMC Rushter, dan facelift Yaris tidak ada penyesuaian harga yang berlebihan, Seandainya Produsen tersebut sudah jual ribuan unit mobil perbulannya dari 2015, mungkin harga Innova V sekarang masih 200 jutaan :mky_01:
Ya tapi bisa jadi memang tadi , yang mahal di mobil Jepangan itu overhead costnya...

Tapi ya gak salah juga krn mobil-mobil outdated yang dijual dengan harga sedemikian mahal ini kan cash cow baik ATPM maupun prinsipal... :mky_01:
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz » 07 Aug 2018, 16:04

kendibocor wrote:
07 Aug 2018, 15:42
Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumah

padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai

ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai

tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah

teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by teppey » 07 Aug 2018, 16:26

Emang apa efeknya kalo data penjualan diserahkan ke asosiasi?

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 21 Jan 2016, 18:01

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Koddy » 07 Aug 2018, 16:27

Harga naik kan wajar, karena kena inflasi, bahan baku juga naik semua.

Tol aja udah puluhan tahun, naik terus kok. Alasannya inflasi.... Kan aneh....
Harusnya harganya tetap atau kalau perlu turun setelah masa konsesi habis donk....

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1721
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by martinnn » 07 Aug 2018, 17:12

Winz wrote:
07 Aug 2018, 16:04
kendibocor wrote:
07 Aug 2018, 15:42
Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumah

padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai

ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai

tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah
sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor mereka :mky_04:

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 847
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by farizfsa » 07 Aug 2018, 17:19

martinnn wrote:
07 Aug 2018, 17:12
Winz wrote:
07 Aug 2018, 16:04
kendibocor wrote:
07 Aug 2018, 15:42
Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumah

padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai

ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai

tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah
sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor mereka :mky_04:
es krim nya sederhana, tp enak om dan murmer :frm_tumbleft:
Mercedes Benz E300 W212 2010
Mercedes Benz CLK230K W208 2001
Mercedes Benz 200 W115 1973

Nugrohonug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 10 Sep 2016, 23:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Nugrohonug » 07 Aug 2018, 17:29

Iyaa bener banget skrg produsen otomotif naikin harga tiap semester dgn alasan bbn naik,pdhl nanti ujung ujungnya jg pembeli yg dibebankan bbn

Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz » 07 Aug 2018, 17:31

martinnn wrote:
07 Aug 2018, 17:12
Winz wrote:
07 Aug 2018, 16:04
kendibocor wrote:
07 Aug 2018, 15:42
Selama dinaekin harganya tetep masi laku ya bakal naek trus. Justru wuling masuk menurut saya disaat yg tepat. Kalo mbl jepun naek trus pasti ad 1 titik masyarakat berpikir "that's it, uda ga worthed beli mbl Jepang. Mending gw gambling beli wuling" nah titik itu bentar lg bakalan dicapai menurut ane.
wooleng cukup gila invest habis2an, saya terkejut saat melihat tiba2 ada d dekat rumah

padahal posisi rumah saya di bukan kota besar, yang dmana cuma ada sijuki, atoyot dan dai

ahond ma mitsu aja belum masuk, walaupun dekat k denpasar hanya 20-30 menit ud sampai

tapi ini merk berani invest service di daerah-daerah macam tempat saya tinggal, luar biasa dah
sama kayak eskrim merek Aice, eskrim china yang menggoyang market eskrim di indon ... sampe ke pelosok kupang aja uda bercokol tuh freezer dan distributor mereka :mky_04:
Merk china paling gila menurut saya ya oppo vivo, niat banget gusur marketleader samsung d hape, dan mmg terbukti berhasil ga salah, promosi’nya gila2an, pasang boneka2 balon segede gaban, tiap toko dari yg kecil sampai besar dsponsori banner

Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Zaxis » 07 Aug 2018, 17:53

Harga naek kan krn demand nya tinggi
Kalo ga laku mana mungkin naek trus

Org sini kan cari RV nya bagus salah satu cara nya naekin harga tiap taon jd harga bekas nya ikut naek juga

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2788
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by walid_007 » 07 Aug 2018, 18:14

Sy kok agak kebalik mikirnya, mobil hari ini kok rasa2 ny lebih murah terutama tipe tertentu/berdasar yg sy coba/sodara pake

Mari ambil contoh crv rm . Awal keluar juga udah si prestong kepala 4, now masi kepala 5, tp coba lihat kopongnya rm pas awal, lampu aja halogen, now udah lumayan la gimick juga boleh

Innova v 13 to innova v. 18.duku sekitar 330an, now pricelist sih 400an kecil tp after diskon masi kepala 3 paling tp at least airbag nambah. Immob, engine, transmisi 6sp.. lampu putih.. hmm yg lama kelihatan jadul

Ini blm bicara nvh ya rata2 mobil now yg harganya "melambung" juga lebi enak , ex: pajero. Vrz ..blm ditambah external sprt rate, usdidr, inflasi

Klo bicara mobil murah, rata2 mobil yg dulunya "murah" ya memang kopong airbag aja ngak ada, skrg rata2 juga udah balon an semua, rem juga bbrp udah abs

At least nyawa lebih mahal drpd sekedar nominal.. mungkin ?hehehee
Image

LGX
the legend of toyota

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Pugman » 07 Aug 2018, 18:27

teppey wrote:
07 Aug 2018, 16:26
Emang apa efeknya kalo data penjualan diserahkan ke asosiasi?
Saya pernah dapat training dari HQ group di perusahaan saya. Perusahaan saya dulunya pemerintah pernah pegang saham tapi dilepas dan saat ini dimiliki oleh perusahaan Jerman.

Salah satu training adalah mengenai Price Agreement,
Di perusahaan saya, pengertian price agreement adalah beberapa badan usaha yang memiliki output produk serupa lalu secara terselubung melakukan pengaturan harga, kenaikan harga, pengendalian penjualan secara bersama sehingga terbentuk harga yang seolah itu adalah harga pasar. Di industri saya juga ada Asosiasi seperti AISI atau Gaikindo.
Price Agreement ini
saja dibagi menjadi beberapa kategori
1. Fixed price Agreement
Secara bersama perusahaan2 menetapkan harga jual suatu produk dalam range harga tertentu selama jangka waktu tertentu dan menaikkan harga dengan nilai tertentu secara beriringan.
2. Price area and stock agreement
Ini adalah kesepakatan antar perusahaan dalam penentuan harga di area tertentu mengatur jumlah stok pada satu waktu. Bisa jadi para perusahaan sepakat untuk area 1 perusahaan A menjual lebih banyak dan harga lebih tinggi dari perusahaan B tapi berlaku sebaliknya di area 2.
3. Cost Agreement
Ini berkaitan dengan raw material dan labor price.

Pemberian data kepada Asosiasi tidak akan memberi direct efect, karena bisnis automotif itu long term dan low respon maka lebih kepada indirect efect seperti
Perencanaan kenaikan harga, jadwal rilis model baru dll.
Kalau mau lebih dalam lagi, tinggal kita lihat saja harga mobil berbagai brand dikelas yang sama, check harga di TPT, OFR dan OTR


Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak?

Toh nyatanya Mitshuboy dan Vauksvvagen pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?

:big_smile]

User avatar
alvin23
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1257
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by alvin23 » 07 Aug 2018, 19:05

Pugman wrote:
07 Aug 2018, 18:27

Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak?

Toh nyatanya Mitshuboy dan Vauksvvagen pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?

:big_smile]
kasus seperti ini emang yang sulit membuktikannya apalagi make praduga tak bersalah
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: 25 Mar 2018, 07:14
Location: semarang

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by larakifulgura » 07 Aug 2018, 19:38

Dulu sekitar 2006 BMW E90 harganya mulai 30,000 USD MSRP. Sekarang 320i mulai 35,000 MSRP, standar fiturnya juga lebih lengkap.

Di indo E90 seingat saya 320i 500-600jutaan. Sekarang 800jutaan dengan standar fitur yg lebih baik juga cmiiw 🤔🤔🤔
Last edited by larakifulgura on 07 Aug 2018, 20:17, edited 1 time in total.
2017 Toyota Camry 2.5V

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8524
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ » 07 Aug 2018, 19:47

walid_007 wrote:Sy kok agak kebalik mikirnya, mobil hari ini kok rasa2 ny lebih murah terutama tipe tertentu/berdasar yg sy coba/sodara pake

Mari ambil contoh crv rm . Awal keluar juga udah si prestong kepala 4, now masi kepala 5, tp coba lihat kopongnya rm pas awal, lampu aja halogen, now udah lumayan la gimick juga boleh

Innova v 13 to innova v. 18.duku sekitar 330an, now pricelist sih 400an kecil tp after diskon masi kepala 3 paling tp at least airbag nambah. Immob, engine, transmisi 6sp.. lampu putih.. hmm yg lama kelihatan jadul

Ini blm bicara nvh ya rata2 mobil now yg harganya "melambung" juga lebi enak , ex: pajero. Vrz ..blm ditambah external sprt rate, usdidr, inflasi

Klo bicara mobil murah, rata2 mobil yg dulunya "murah" ya memang kopong airbag aja ngak ada, skrg rata2 juga udah balon an semua, rem juga bbrp udah abs

At least nyawa lebih mahal drpd sekedar nominal.. mungkin ?hehehee
Sy setuju 100% dengan oom walid... Kalo secara "kelas" memang harga naik, tapi secara equipment, Agya paling standar aja skrg lebih lengkap dari Avanza G 2003 yang gak ada balon dan remnya ABS Asal Bisa Setop.

Yang pd bilang innova overprice apa nggak sadar yak dulu innova G semiskin apa... Wkwkkw... Skrg innova G basicnya dah lebih lengkap daripada V lama.

Saya sempet tulis di blog saya jg mengenai ini.
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1433
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by grandscenic » 07 Aug 2018, 20:19

ChZ wrote:
07 Aug 2018, 09:15

Harga naik memang bahan baku (Raw materials) dan USD juga naik, cuma yang bikin kesel kan harga naik kualitas malah turun. Di level pabrikan yang seharusnya sudah puluhan tahun bikin mobil seperti T dan H. Denger mobil baru ada minor / major defects rasanya udah terlalu biasa di kuping...
sekalipun harga naik kualitas turun, brand new car ada major/minor defect.. tp konsumennya ttep pada loyal lho.. bahkan boleh dibilang super loyal :mky_01:
Etme Bulma Dünyası

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Bulgogi » 07 Aug 2018, 20:47

Kalo harga naik resale value ikutan naik rasa2nya jadi "impas". Harga 250jt jual lagi 210jt kan berarti kita cuma beli mobil seharga 40 juta.

Buat merk mainstream kelas avanza kebawah paling rata2 depresinya <50 juta.

Ini asumsi cash ya, kalo kredit ya derita anda, hahaha..

User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1433
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by grandscenic » 07 Aug 2018, 20:57

kramatbatu wrote:
07 Aug 2018, 12:00
idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijang :big_childish:
wow.. 2004 to 2017, ada yg pernah baca artikel "Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini"?, mungkin ini salah satu alasan kenapa kejayaan Avanza blm bisa diruntuhkan hingga hari ini, dan utk produk yg namanya Avanza Xenia ini, diawal kemunculannya boleh dibilang strategi marketingnya Sukses Besar, saya ingat betul produk pertama dari Avanza Xenia ini.. dibandrol dg harga yg sangat terjangkau, kapasitas penumpang muat banyak, dan produknya terbukti tahan banting (sekalipun ada yg bilang penumpangnya yg kebanting2), ini benar2 meresap di benak konsumen otomotif Indonesia bahwa ini mobil emang murah dan reliable, jd disaat keluarin versi facelift atau all new, dg harga yg terus dikerek naik, naik dan teruuusss naik,, memory bahwa ini mobil harganya terjangkau terus terngiang. Dalam ilmu marketing ada satu hal yg namanya "Kesan Pertama", apapun produknya itu.. ketika sentuhan pertama yg dirasakan konsumen bahwa produk itu memuaskan, sekalipun kedepannya produk tsb mulai terasa ada kekurangan (apapun bentuknya itu), mostly.. konsumen akan cenderung mentolerir hal tsb dan bikin susah utk move on.. hihihihihi :mky_01:
Etme Bulma Dünyası

Andhyka
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Andhyka » 08 Aug 2018, 02:08

Kebetulan ada mobil memang tiada duanya tipe tertinggi matik diesel yang dipakai sehari-hari. Sepertinya sudah jadi rahasia umum kalo nilai riil mobil ini cuma separuhnya dari harga on-the-road.

Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta

Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).

User avatar
alvin23
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1257
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by alvin23 » 08 Aug 2018, 05:49

Andhyka wrote:Kebetulan ada mobil memang tiada duanya tipe tertinggi matik diesel yang dipakai sehari-hari. Sepertinya sudah jadi rahasia umum kalo nilai riil mobil ini cuma separuhnya dari harga on-the-road.

Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta

Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).
Lha ini yg sering dibahas om NR dulu, kita beli mobil itu mahal di pajak, mknya dulu sering kosongan fiturnya
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

Post Reply

Return to “Public's Lounge”