KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Andhyka »

Iya makanya agreement price fixing jika memang ada (susah dibuktikan) akan menguntungkan pemerintah pusat dan samsat juga. Jadinya ada insentif untuk diam saja tutup mata toh setoran pajak akan meningkat jika harga mobil naik terus tiap tahun.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by quyquy »

Ikut nimbrung ah.

Ini sekedar tambahin info2 aja.

Ane masih inget bener, beli xenia 1.3 tipe paling standar di tahun 2009 dapetnya 130juta (harga Jatim)

Sekarang katakanlah xenia 2009 lalu ditambah fitur ->
Double airbag: 10 jt
Double blower: 7 jt
Plafon lebih bagus: 3jt
Doortrim lebih bagus: 5jt
Per dan shok lebih bagus: 2jt
Kasih peredam: 1jt
Mesin gress: 15jt

Total 43jt -> ini dengan catatan masih pake bodi lama..

Sekarang Great xenia 2018 tipe paling std di harga 185an juta (harga jatim)

Berarti ada selisih harga 55 jt (185-130) dengan bodi lebih baru dibanding xenia gen 2009. Betilah antara 43 jt dng 55 jt..

Jadi kemungkinan besar yang membuat mobil di Indonesia lebih mahal adalah penambahan fitur (dan pajak).

Lha trus, bagaimana dengan wuling?
Ane nggak tahu kalo masalah ini.
Pertama, bisa jadi cost riset mesin nggak ada. TInggal ambil blueprint yang sudah ada.
Kedua, grade kelas plastiknya utk interior, bisa jadi dibawah jepang. Tapi ya nggak tahu juga.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sorri, OOT..

Tentang branding hape cina yg lagi viral di pasar indonesia pernah di test bule di youtube (di googling aja). Di tes kayak dibengkokin pake tangan dan sebagainya. Dan hasilnya mengecewakan. Jadi bener fitur oke tapi kelas material yang dipakai bisa beda.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz »

alvin23 wrote: Tue Aug 07, 2018 22:49
Andhyka wrote:Kebetulan ada mobil memang tiada duanya tipe tertinggi matik diesel yang dipakai sehari-hari. Sepertinya sudah jadi rahasia umum kalo nilai riil mobil ini cuma separuhnya dari harga on-the-road.

Harga DPP Manufaktur: 220 juta
PPnBM: 44 juta
PPN: 36 juta (10% Harga DPP Dealer)
BBN: 40 juta
Total Pajak: 120 juta
Harga DPP Dealer: 360 Juta
Harga OTR: 360 juta + 36 juta + 40 juta = 436 juta
Selisih Dealer & Manufaktur: 436 Juta - 220 Juta - 120 Juta = 96 Juta

Ada pihak satu lagi yang diuntungkan dari kenaikan harga mobil tiap tahun. Untuk 1 mobil rakyat dengan nilai 220 juta, potensi penerimaan pajaknya sebesar 120 juta (separuh lebih dari nilai mobil tsb).
Lha ini yg sering dibahas om NR dulu, kita beli mobil itu mahal di pajak, mknya dulu sering kosongan fiturnya
Apalagi pajak 4x4 ma sedan yg ga masuk diakal :ngacir:

Sebenar’nya pajak gpp besar asal beneran dpkai buat negara, jangan aja diembat tikus2 berdasi, coba berani tegas hukuman mati koruptor, barusan viral sel mewah papa setnov juga :e-doh:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz »

quyquy wrote: Tue Aug 07, 2018 23:41 Ikut nimbrung ah.

Ini sekedar tambahin info2 aja.

Ane masih inget bener, beli xenia 1.3 tipe paling standar di tahun 2009 dapetnya 130juta (harga Jatim)

Sekarang katakanlah xenia 2009 lalu ditambah fitur ->
Double airbag: 10 jt
Double blower: 7 jt
Plafon lebih bagus: 3jt
Doortrim lebih bagus: 5jt
Per dan shok lebih bagus: 2jt
Kasih peredam: 1jt
Mesin gress: 15jt

Total 43jt -> ini dengan catatan masih pake bodi lama..

Sekarang Great xenia 2018 tipe paling std di harga 185an juta (harga jatim)

Berarti ada selisih harga 55 jt (185-130) dengan bodi lebih baru dibanding xenia gen 2009. Betilah antara 43 jt dng 55 jt..

Jadi kemungkinan besar yang membuat mobil di Indonesia lebih mahal adalah penambahan fitur (dan pajak).

Lha trus, bagaimana dengan wuling?
Ane nggak tahu kalo masalah ini.
Pertama, bisa jadi cost riset mesin nggak ada. TInggal ambil blueprint yang sudah ada.
Kedua, grade kelas plastiknya utk interior, bisa jadi dibawah jepang. Tapi ya nggak tahu juga.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sorri, OOT..

Tentang branding hape cina yg lagi viral di pasar indonesia pernah di test bule di youtube (di googling aja). Di tes kayak dibengkokin pake tangan dan sebagainya. Dan hasilnya mengecewakan. Jadi bener fitur oke tapi kelas material yang dipakai bisa beda.
Memang kualitas bahan’nya tipis bener, tapi tinggal dbelikan casing yg bagusan sudah sangat aman, toh 90 persen yg pakai smartphone pasti pakai casing tambahan, jrg yg enggak pakai
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by kramatbatu »

grandscenic wrote: Tue Aug 07, 2018 13:57
kramatbatu wrote: Tue Aug 07, 2018 5:00 idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijang :big_childish:
wow.. 2004 to 2017, ada yg pernah baca artikel "Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini"?, mungkin ini salah satu alasan kenapa kejayaan Avanza blm bisa diruntuhkan hingga hari ini, dan utk produk yg namanya Avanza Xenia ini, diawal kemunculannya boleh dibilang strategi marketingnya Sukses Besar, saya ingat betul produk pertama dari Avanza Xenia ini.. dibandrol dg harga yg sangat terjangkau, kapasitas penumpang muat banyak, dan produknya terbukti tahan banting (sekalipun ada yg bilang penumpangnya yg kebanting2), ini benar2 meresap di benak konsumen otomotif Indonesia bahwa ini mobil emang murah dan reliable, jd disaat keluarin versi facelift atau all new, dg harga yg terus dikerek naik, naik dan teruuusss naik,, memory bahwa ini mobil harganya terjangkau terus terngiang. Dalam ilmu marketing ada satu hal yg namanya "Kesan Pertama", apapun produknya itu.. ketika sentuhan pertama yg dirasakan konsumen bahwa produk itu memuaskan, sekalipun kedepannya produk tsb mulai terasa ada kekurangan (apapun bentuknya itu), mostly.. konsumen akan cenderung mentolerir hal tsb dan bikin susah utk move on.. hihihihihi :mky_01:
Betul om & 1 lg nama besar Toyota di Indonesia yg terkenal handal , murah perawatan , gampang dijual lagi. menurut ortu sy avanza udh kebukti tahan banting & mbl siap di ajak kerjakeras makanya bapak sy termasuk org yg kekeh gamau pindah ke merk lain utk gantiin avanza. padahal, skrg bnyk yg mulai "worth to buy" ketimbang avanza. mgkin nanti calya naek kelas ke harga avanza & avanza naek kelas ke harga innova reborn :mky_04: sorry kalo oot :big_okay:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Joehard30 »

quyquy wrote: Tue Aug 07, 2018 23:41 Ikut nimbrung ah.

Ini sekedar tambahin info2 aja.

Ane masih inget bener, beli xenia 1.3 tipe paling standar di tahun 2009 dapetnya 130juta (harga Jatim)

Sekarang katakanlah xenia 2009 lalu ditambah fitur ->
Double airbag: 10 jt
Double blower: 7 jt
Plafon lebih bagus: 3jt
Doortrim lebih bagus: 5jt
Per dan shok lebih bagus: 2jt
Kasih peredam: 1jt
Mesin gress: 15jt

Total 43jt -> ini dengan catatan masih pake bodi lama..

Sekarang Great xenia 2018 tipe paling std di harga 185an juta (harga jatim)

Berarti ada selisih harga 55 jt (185-130) dengan bodi lebih baru dibanding xenia gen 2009. Betilah antara 43 jt dng 55 jt..

Jadi kemungkinan besar yang membuat mobil di Indonesia lebih mahal adalah penambahan fitur (dan pajak).

Lha trus, bagaimana dengan wuling?
Ane nggak tahu kalo masalah ini.
Pertama, bisa jadi cost riset mesin nggak ada. TInggal ambil blueprint yang sudah ada.
Kedua, grade kelas plastiknya utk interior, bisa jadi dibawah jepang. Tapi ya nggak tahu juga.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sorri, OOT..

Tentang branding hape cina yg lagi viral di pasar indonesia pernah di test bule di youtube (di googling aja). Di tes kayak dibengkokin pake tangan dan sebagainya. Dan hasilnya mengecewakan. Jadi bener fitur oke tapi kelas material yang dipakai bisa beda.
Perbedaan paling mendasar dari merk nihong sama chugoku itu imo besarnya merka ngeluarin uang untuk tenaga kerja, baik tenaga kerja RnD design, ato tenaga kerja assembly. Di samping itu, karena mereka newbie pasti nekan cuan biar kompetitif, beda sama merk2 establish yang pasti udah matok cuan lumayan tinggi untuk sekedar bilang layak terjun ke pasar tertentu. Contohnya kalo di industri pasti ada S-Curve, selama design dan promotion itu ya puasa dg nekan ato malah buntung, tapi buntung diawal bukan berarti gagal,naah, kalo udah lewat point rapid growth baru deh lebaran n parti2.

Kita liat boil chugoku bisa lewatin fase rapid growth ato ga, semoga aja bisa. Walo setelah rapid growth nantinya harganya juga ga bakal sekompetitif sekarang, baik boil nihong ataupun kankoku yang awalnya lebih murah daripada petahana, lama2 harnya bakal jadi mirip. Tapi boil nihong masih laku karena badaknya, n mobil kankoku bener2 jeli liat selera key market mereka walo ditunjang dg strategi fully loaded juga sih di harga yang sama dg kompetitor dg fitur standar. Entah apa nanti yang ditawarin sama boil chugoku.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang