KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Turboman »

Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by farizfsa »

Udah lakuin sama apm mercedes ya (inc. smart)

Tp katanya dia buka stand di giias dgn harga yg lebih mahal jdnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz »

klo dkasih ke pemerintahan rentan KKN malah, tau sendiri bagaimana

Wholesales'mu mau ta tulis piro, nanti saya publish lebih besar dari aslinya

Lebih yakin dengan swasta yang publish datanya, ga parah2 amat lah, wkwkwk
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by jdm86 »

Opini On :

Selama ini kayanya Gaikindo cuman GIIAS doank manfaatnya, sisanya ga ada.
Motonya doank yang beyond mobility, tetapi barang yg beyond mobility semua beyond reach ( kemahalan ) or concept.

Seharusnya mereka bisa push government untuk segera menelurkan regulasi mobil listrik, tetapi entah kenapa kaya ga ada tajinya
malah sibuk ngurusin salah satu anggota mereka yg ga mau kasih data penjualan.

Opini Off
marhadiyantodwi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by marhadiyantodwi »

Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by iwing »

klo misal kppu menetapkan batas atas dan bawah harga mobil, misal untuk kelas lmpv, rasanya itu baru bagus. jadi apm gak 'semena2' menetapkan harga. persaingan mungkin lebih sehat
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by dsign1990 »

buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by mike22 »

Halah itu pabrik motor H yg udh terbukti kartel aja ga ada kelanjutannya, trus isu build quality motornya udah rame kok di yutub.. itu salahnya kl perusahaan asing dibiarkan bebas menguasai pasar, jadi suka2 mereka aja kan, toh barang gw pasti dibeli orang.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by mike22 »

dsign1990 wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:44 buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
Kita gatau lagi itu jangan2 biar mesin/komponen umur sekian rusak trus memaksa orang semakin cepat/sering ganti mobil.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Rakean »

Turboman wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:09 Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansi :mky_02: *mungkin tergantung beres nya juga kali yak
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ »

Turboman wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:09
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
Nah ini nih yang ane paling gatel dengernya... yakali mo nepu konsumen awam... tp konsumen yang dah ngerti mah tau itu product merek sebelah yang di-rebranding aja...

Lama-lama ngisi angin dan air wiper juga mesti di bengkel resmi klo nggak garansi hangus... heran garansi hangus koq dijadiin anceman...
marhadiyantodwi wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:27 Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.
Mungkin indikasi seperti yang dilakukan oleh duo pabrikan sepeda motor Y dan H ?

Harga naik memang bahan baku (Raw materials) dan USD juga naik, cuma yang bikin kesel kan harga naik kualitas malah turun. Di level pabrikan yang seharusnya sudah puluhan tahun bikin mobil seperti T dan H. Denger mobil baru ada minor / major defects rasanya udah terlalu biasa di kuping...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by twa »

Rakean wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:52
Turboman wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:09 Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansi :mky_02: *mungkin tergantung beres nya juga kali yak
iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by martinnn »

:mky_04: justHarus invite om nr... Bahasannya pasti sinking ship , high risk country etc.... Tapi insight beliau sangat dibutuhkan
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ »

twa wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 2:24
iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.
Beberapa beres malah ada yang jual oli merek lain wkwkwkwk...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz »

marhadiyantodwi wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 1:27 Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.
Klo harga naik ya wajar gara2 Inflasi, secara Pemerintah kita ga bisa nahan USD

kesalahan kedua ya naikin UMR / UMK semena-mena, toh ujung2nya inflasi juga malah

Bdw ini yang dpermasalahkan kan Data Penjualan kok malah jadi menyangkut Harga diskusinya?
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by adhika »

Sama saja juga untuk sumber daya manusia, ambil training cuma ratusan rebu. Minta naik gaji jutaan. Atau resign, markup gaji di company lama minta gaji di perusahaan baru yang lebih tinggi.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by casabalancas »

Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by pradit_d »

casabalancas wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
:big_peace:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by IGedeAmat »

pradit_d wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:14
casabalancas wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by gadjahalphien »

Jadi inget untuk mobil indo CKD
2013 - ayla agya meluncur, masih rentang 80-110. sekarang??
2015 - RM 3 prestoge 460an. Sekarang dah 500 up

Padahal, Kalo pabrikan eropa naikannya masih wajar. yg paling inget vw Polo,,
Giias 2016 - 259
Giias 2017 - 265
Giias 2018 - 278


IGedeAmat wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:19
pradit_d wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:14
casabalancas wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by larakifulgura »

IGedeAmat wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:19
pradit_d wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:14
casabalancas wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
2017 Toyota Camry 2.5V
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Rundeer »

larakifulgura wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:56
IGedeAmat wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:19
pradit_d wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:14

Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
Bener sekitar segitu. Malah saya pernah nemu brosur Xenia first gen yg harga awalnya 60jutaan :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by kramatbatu »

larakifulgura wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:56
IGedeAmat wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:19
pradit_d wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:14

Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijang :big_childish:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by pengendiesel »

Beberapa minggu yang lalu sempat cek harga ANF dan ANPS.
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.

Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain? :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ »

casabalancas wrote: ↑Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Kebanyakan yang harganya lumayan stabil mobil-mobil berstatus CBU oom klo menurut pengamatan saya. Korea secara prosentase kenaikan sama tapi karena tax aja. SantaFe CRDi di awal keluar 6 thn lalu 400-an sekarang 500 gede.

Eropa walaupun CKD sifatnya kebanyakan masih SKD... local content nya rendah cm assembling aja.

Ya CKD kayaknya walau local content tinggi tapi ngincer balik modal pabrik dan diler kali ya. blom overhead cost nya juga pasti lebih tinggi jepang si. hal-hal receh seperti gaji sales, bayar iklan, terus transportasi bongkar-muat nya pasti lebih banyak merek jepang si karena volume produksi lebih tinggi, klo diakumulasikan sih lumayan...

Daaaan harus diinget lifespan mobil Jepang gak sepanjang mobil Eropa. Lifespan mobil jepang 4-5 thn, begitu itu mobil ganti mesin ganti transmisi ya mau gak mau pabrik nambah ongkos lagi buat molding baru dll nya. Makanya nilai kenaikannya gak bisa apple to apple. Ibaratnya, dalam jangka waktu 10 thn BMW baru ganti model 1x, CR-V dalam 10 thn udah beda 2 generasi. Kenaikan harga paling tinggi kan waktu ganti model.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7