KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16878
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Turboman » 07 Aug 2018, 08:09

Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo


farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by farizfsa » 07 Aug 2018, 08:22

Udah lakuin sama apm mercedes ya (inc. smart)

Tp katanya dia buka stand di giias dgn harga yg lebih mahal jdnya
Mercedes Benz E300 W212 2010
Mercedes Benz CLK230K W208 2001
Mercedes Benz 200 W115 1973

Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1482
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz » 07 Aug 2018, 08:22

klo dkasih ke pemerintahan rentan KKN malah, tau sendiri bagaimana

Wholesales'mu mau ta tulis piro, nanti saya publish lebih besar dari aslinya

Lebih yakin dengan swasta yang publish datanya, ga parah2 amat lah, wkwkwk

jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 06 Jun 2012, 21:18

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by jdm86 » 07 Aug 2018, 08:25

Opini On :

Selama ini kayanya Gaikindo cuman GIIAS doank manfaatnya, sisanya ga ada.
Motonya doank yang beyond mobility, tetapi barang yg beyond mobility semua beyond reach ( kemahalan ) or concept.

Seharusnya mereka bisa push government untuk segera menelurkan regulasi mobil listrik, tetapi entah kenapa kaya ga ada tajinya
malah sibuk ngurusin salah satu anggota mereka yg ga mau kasih data penjualan.

Opini Off

marhadiyantodwi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: 31 Jan 2017, 17:21

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by marhadiyantodwi » 07 Aug 2018, 08:27

Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by iwing » 07 Aug 2018, 08:29

klo misal kppu menetapkan batas atas dan bawah harga mobil, misal untuk kelas lmpv, rasanya itu baru bagus. jadi apm gak 'semena2' menetapkan harga. persaingan mungkin lebih sehat

dsign1990
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by dsign1990 » 07 Aug 2018, 08:44

buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by mike22 » 07 Aug 2018, 08:50

Halah itu pabrik motor H yg udh terbukti kartel aja ga ada kelanjutannya, trus isu build quality motornya udah rame kok di yutub.. itu salahnya kl perusahaan asing dibiarkan bebas menguasai pasar, jadi suka2 mereka aja kan, toh barang gw pasti dibeli orang.

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by mike22 » 07 Aug 2018, 08:51

dsign1990 wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:44
buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
Kita gatau lagi itu jangan2 biar mesin/komponen umur sekian rusak trus memaksa orang semakin cepat/sering ganti mobil.

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Rakean » 07 Aug 2018, 08:52

Turboman wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:09
Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansi :mky_02: *mungkin tergantung beres nya juga kali yak
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8592
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ » 07 Aug 2018, 09:15

Turboman wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:09

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
Nah ini nih yang ane paling gatel dengernya... yakali mo nepu konsumen awam... tp konsumen yang dah ngerti mah tau itu product merek sebelah yang di-rebranding aja...

Lama-lama ngisi angin dan air wiper juga mesti di bengkel resmi klo nggak garansi hangus... heran garansi hangus koq dijadiin anceman...
marhadiyantodwi wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:27
Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.
Mungkin indikasi seperti yang dilakukan oleh duo pabrikan sepeda motor Y dan H ?

Harga naik memang bahan baku (Raw materials) dan USD juga naik, cuma yang bikin kesel kan harga naik kualitas malah turun. Di level pabrikan yang seharusnya sudah puluhan tahun bikin mobil seperti T dan H. Denger mobil baru ada minor / major defects rasanya udah terlalu biasa di kuping...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 09 Apr 2008, 16:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by twa » 07 Aug 2018, 09:24

Rakean wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:52
Turboman wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:09
Seru ini

https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi

Dan masi byk berita serupa jika di Gugel

Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana

Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :

- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik

- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM

- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan

- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"

- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??

Mungkin rekan rekan punya opini lain ?

Monggo
kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansi :mky_02: *mungkin tergantung beres nya juga kali yak
iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1810
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by martinnn » 07 Aug 2018, 09:25

:mky_04: justHarus invite om nr... Bahasannya pasti sinking ship , high risk country etc.... Tapi insight beliau sangat dibutuhkan

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8592
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ » 07 Aug 2018, 09:25

twa wrote: ↑
07 Aug 2018, 09:24

iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.
Beberapa beres malah ada yang jual oli merek lain wkwkwkwk...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1482
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Winz » 07 Aug 2018, 09:37

marhadiyantodwi wrote: ↑
07 Aug 2018, 08:27
Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor πŸ˜‚.
Klo harga naik ya wajar gara2 Inflasi, secara Pemerintah kita ga bisa nahan USD

kesalahan kedua ya naikin UMR / UMK semena-mena, toh ujung2nya inflasi juga malah

Bdw ini yang dpermasalahkan kan Data Penjualan kok malah jadi menyangkut Harga diskusinya?

adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by adhika » 07 Aug 2018, 09:41

Sama saja juga untuk sumber daya manusia, ambil training cuma ratusan rebu. Minta naik gaji jutaan. Atau resign, markup gaji di company lama minta gaji di perusahaan baru yang lebih tinggi.

casabalancas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by casabalancas » 07 Aug 2018, 10:05

Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.

User avatar
pradit_d
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 390
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by pradit_d » 07 Aug 2018, 10:14

casabalancas wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
:big_peace:

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by IGedeAmat » 07 Aug 2018, 10:19

pradit_d wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:14
casabalancas wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?

gadjahalphien
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Gojek_Transjak_Angkot_A3

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by gadjahalphien » 07 Aug 2018, 10:48

Jadi inget untuk mobil indo CKD
2013 - ayla agya meluncur, masih rentang 80-110. sekarang??
2015 - RM 3 prestoge 460an. Sekarang dah 500 up

Padahal, Kalo pabrikan eropa naikannya masih wajar. yg paling inget vw Polo,,
Giias 2016 - 259
Giias 2017 - 265
Giias 2018 - 278


IGedeAmat wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:19
pradit_d wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:14
casabalancas wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Transjak - GoJeck - Angkot

larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 25 Mar 2018, 07:14
Location: semarang

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by larakifulgura » 07 Aug 2018, 10:56

IGedeAmat wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:19
pradit_d wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:14
casabalancas wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
2017 Toyota Camry 2.5V

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 736
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by Rundeer » 07 Aug 2018, 11:09

larakifulgura wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:56
IGedeAmat wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:19
pradit_d wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:14


Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
Bener sekitar segitu. Malah saya pernah nemu brosur Xenia first gen yg harga awalnya 60jutaan :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:

User avatar
kramatbatu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 07 Nov 2017, 09:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by kramatbatu » 07 Aug 2018, 12:00

larakifulgura wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:56
IGedeAmat wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:19
pradit_d wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:14


Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an
idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijang :big_childish:
F653RM , XP170 , NCP90 , NCP93

pengendiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by pengendiesel » 07 Aug 2018, 12:03

Beberapa minggu yang lalu sempat cek harga ANF dan ANPS.
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.

Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain? :ngacir:

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8592
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)

Post by ChZ » 07 Aug 2018, 12:05

casabalancas wrote: ↑
07 Aug 2018, 10:05
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.

Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.

Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Kebanyakan yang harganya lumayan stabil mobil-mobil berstatus CBU oom klo menurut pengamatan saya. Korea secara prosentase kenaikan sama tapi karena tax aja. SantaFe CRDi di awal keluar 6 thn lalu 400-an sekarang 500 gede.

Eropa walaupun CKD sifatnya kebanyakan masih SKD... local content nya rendah cm assembling aja.

Ya CKD kayaknya walau local content tinggi tapi ngincer balik modal pabrik dan diler kali ya. blom overhead cost nya juga pasti lebih tinggi jepang si. hal-hal receh seperti gaji sales, bayar iklan, terus transportasi bongkar-muat nya pasti lebih banyak merek jepang si karena volume produksi lebih tinggi, klo diakumulasikan sih lumayan...

Daaaan harus diinget lifespan mobil Jepang gak sepanjang mobil Eropa. Lifespan mobil jepang 4-5 thn, begitu itu mobil ganti mesin ganti transmisi ya mau gak mau pabrik nambah ongkos lagi buat molding baru dll nya. Makanya nilai kenaikannya gak bisa apple to apple. Ibaratnya, dalam jangka waktu 10 thn BMW baru ganti model 1x, CR-V dalam 10 thn udah beda 2 generasi. Kenaikan harga paling tinggi kan waktu ganti model.
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

Post Reply

Return to β€œPublic's Lounge”