Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by adrevolution »

Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.

Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes :weekk:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15536
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Thu Aug 02, 2018 7:39 Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.

Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes :weekk:
200kg itu bobot sasis nya ya oom? selisih bobot GNKI vs ANKI yang bensin sama 200 kg juga om?

Krn bisa jadi yang 2GD lebih berat akibat mesin dieselnya. Penasaran sih dari dulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by adrevolution »

ChZ wrote: Thu Aug 02, 2018 8:01
adrevolution wrote: Thu Aug 02, 2018 7:39 Kalau generasi ANKI sih diesel deh... dari GNKI bobot nambah 200+ kg soalnya. GNKI bensin AT aja kan tau sendiri, dan cuma nambah dikit doang itu improvement mesin 1TR. Kalo manual mungkin masih ok. Lain cerita kalo diesel, putu jedug issues aside, 2GD dibanding 2KD non VNT sama2 standar ya jauh even though dgn penambahan bobot segitu.

Fun fact, media sini setau saya gak ada yg ngetes performa & keiritan ANKI bensin matic (tahun lalu nyari2 soalnya krn mau compare sama GNKI). Kalo bensin paling manual, ngga tau memang gak ngetes atau gak berani ngetes :weekk:
200kg itu bobot sasis nya ya oom?

Krn bisa jadi yang 2GD lebih berat akibat mesin dieselnya.
Sepertinya begitu, sempat liat2 bbrp brosur ANKI dr negara2 lain yg nyantumin bobotnya, even yg 1TR sekitar 1.7 ton sedangkan GNKI 1TR masih sekitar 1.5 ton. Yg 2GD 1.8 ton, tapi torsinya kan juga gede 350an Nm, naik dr GNKI 2KD AT di 260an Nm.

Ya panjangnya juga melar sih, bisa jd salah satu faktor kenapa curb weightnya naik lumayan.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15536
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Thu Aug 02, 2018 8:05
Sepertinya begitu, sempat liat2 bbrp brosur ANKI dr negara2 lain yg nyantumin bobotnya, even yg 1TR sekitar 1.7 ton sedangkan GNKI 1TR masih sekitar 1.5 ton. Yg 2GD 1.8 ton, tapi torsinya kan juga gede 350an Nm, naik dr GNKI 2KD AT di 260an Nm.

Ya panjangnya juga melar sih, bisa jd salah satu faktor kenapa curb weightnya naik lumayan.
wuik ngeri jg bobot sasis nambah 200kg... :big_chicken: itu kya GNKI diisi 3-4 penumpang dewasa sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by marama »

kalau mikir resale value dan irit diesel aja om

tp kalau sensitif sama bau solar, sama getaran diesel dan suara yg sedikit lbh kasar, vote bensin aja (walaupun power mesin nya kalah sama diesel)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by ginting »

sintoni wrote: Thu Aug 02, 2018 7:18
nyotsaeba wrote: Thu Aug 02, 2018 7:16
sintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.

Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?

Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel ya
Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.

Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.

Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.

Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
Feeling saya sih kalau ntional wide, Anki bensin masih lebih tinggi angka salesnya dari Diesel.
Diesel itu buat orang di kota besar, melek forum internet, tukang modif, raja kobel, dll

Tapi kalau orang awam, mobil dinas, mobil fleet, larinya ke bensin.

Kalau kita lakukan quicksurvey ngider parkiran Plaza Senayan yng bawah pohon, banyakan bensin..
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by mike22 »

Yang jelas 2.4 tenaganya lebih besar, jadi kl buat disetir sendiri pasti lebih enak.
Kecuali kl pemakaian buat macet2an ya memang mending bensin sekalian aja, lebih murah 30jt lebih dan bisa pertalite.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by grandis_GT »

Untuk di Riau Rata" Travel akdpnya pake anki diesel , dengan keiritan dan harga solar yg cuma 5 ribuan untungnya sekali trip lumayan .
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by nyotsaeba »

sintoni wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Aug 02, 2018 7:16
sintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.

Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?

Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel ya
Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.

Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.

Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.

Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
Harus nya sih gitu, di kota kecil yg jalan sehari 20-30km doang sih ga terlalu berasa boros nya kijang bensin..
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by paidjho »

ginting wrote:
quyquy wrote: Thu Aug 02, 2018 3:35 Konsumsi bahan bakar irit diesel

Nah, skr running cost:

A. Cost bahan bakar
Bensin bisa pakai pertalite. Asumsi pakai 100km, dng perbandingan 1:7. Jd butuh dana 111.438nan.
Diesel pakai dexlite. Asumsi pakai 100k., dng perbandingan 1:10. Jadi butuh dana 90rb.

B. Cost filter2..
Filter bensin bisa dipakai long lasting. Sampai km 100rb pun gak ganti.
Filter solar sampai km 100rb kira2 sudah ganti berapa kali ya? maklum belum pernah pakai diesel.

C. Cost oli mesin
Utk bensin tiap 5000km ganti oli 5-6 literan.
Kalo yg diesel saya kurang tahu??

d. Cost busi
Utk bensin idealnya tiap 20rb gnt busi (pake busi biasa) walau toh sampi km 50rb pun msh oke.
Utk diesel free.

Nah silahkan para suhu diesel, tolong saya dibantu utk menginfokan point b dan c nya..
bantu jawab.

B. Cost Filter.
Untuk Mux sebagai perbandingan. harga filter buatan Thai (import) di Astra Isuzu 3 pcs (filter solar 2 biji (atas bawah), filter oli1 biji) kena sekitar Rp. 670 rban after disc). Tapi kalau mau murah, cari filter merek ASTRA ISUZU (ini kayak Aspira, kalo di motor) harganya 60,000 doang di JCO motor. Bentuk dan fungsi sama saja.

Kalau ANKI Diesel seingat saya filter solar cuma 1 dan harganya juga gak mahal.

Ini penggantian tiap 20,000 km (max)

D. Busi
Diesel gak punya busi, kalo glow plug internal sih lama banget tahannya...sama ajalah anggapannya kayak periodically ganti injector..

Jadi running cost menang diesel totally.
FC anki diesel kayaknya selalu diatas 1 : 10 dalkot, dan 1 : 12-13 lukot berdasarkan kawan kawan SM

Kalau acquisition cost, diesel lebih mahal.
Tapi lebih nanti setelah 5 thn maka selisih RV antara diesel dan bensin juga akan sebanding kok..
contoh GNKI diesel vs GNKI bensin AT, pasti bedanya jauh...
jadi anggap saja itu bukan expenses, tapi investment yg nanti masih bisa kembali.
Nambahin dikit:
B. Filter ada 2 harga 1jt an yg bawah, yg atas 300rban dan plus 2 screener di fuel tank ama crdi pump, screener jarang ganti.
Filter atas biasanya 30-40rb an, kalau nunggu fuel indicator di dadhboard.

C. Oli diesel 7.5 - 8 liter, biasa pake semi synth atau synthetic, 300 jam atau 8500 km

InnovaSirion wrote:Terima kasih banyak atas sarannya. Cukup membantu dalam mengambil keputusan.

Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.

Sekali lagi, terima kasih banyak.

Sedikit mengenai SM ini, saya sebetulnya sudah lama sekali menjadi silent reader di sini.
Ini post pertama saya.
Setiap ada nanya seperti itu, saya selalu balik nanya...
Kalau dari sisi cost dan simple...
Setahun dipakai berapa km?
Kalau di bawah 15k km, mending ambil bensin.

Kalau dah nagih dan butuh ama torsi besar, ambil diesel...

Kenceng2 jg mau kemana sih...
[emoji16] [emoji16] [emoji16]


Tertanda
User diesel...
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by stealthy »

halooo wrote: Thu Aug 02, 2018 4:20 Sy jg lagi nyari anki at. Pengen diesel tapi selisih harganya sama bensin jauh banged. Ambillah selisih 50 jt utk type g at antara bensin dan diesel. Dgn asumsi pemakaian sehari cuma maks 20 kl harusnya selisih 50 jt tsb bisa menutupi ongkos bensin 5 th? Dan krn rencananya beli 2nd dan mau di finance kan harusnya lebih murah cicilan yg bensin drpd diesel......

Utk ts kadang ada yg pilih bensin krn ngga suka bau solar yg lebih menyengat dibanding bensin
Saya rasa lebih bijak jangan compare harga.....tapi compare cost.

Harga baru sekarang beda 30jt misalnya, nanti harga jual bekas nya gimana?

Pengalaman dulu 2011 ambil Innova diesel jual di 2016 cuman rugi 50-60 jt. (jual ke pedagang)
Kalo yang bensin tahun yang sama saya liat bisa rugi sekitar 60-70jt.

Belum lagi "mungkin"jualnya yang bensin akan lebih lama laku nya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15536
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by ChZ »

paidjho wrote: Thu Aug 02, 2018 23:09
Kenceng2 jg mau kemana sih...
[emoji16] [emoji16] [emoji16]

Tertanda
User diesel...
Statement kontradiktif dari pengguna ANKI yang sudah disentuh ama dokter bebonk...

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by syafimsa »

kalo pilihannya ada di trim yg sama sih ya dijel aja ya asal ga masalah sama bau dijelnya. kalo keheningan sih 1TR tu termasuk brisik utk mesin bensin menurut saya. ditempat saya kerja ada ANKI matic bensin itu lemot sih boros pula cuma dpt 1:6-7 dalkot itu juga injek gasnya toel2 manja
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by KielConstantine »

InnovaSirion wrote: Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.

Sekali lagi, terima kasih banyak.
Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.

Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by aipiesblue »

KielConstantine wrote: Fri Aug 03, 2018 7:27
InnovaSirion wrote: Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.

Sekali lagi, terima kasih banyak.
Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.

Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
bener om, mesin 2GD ini walaupun diisi solar goceng tapi tetep bisa ngacir kok, saya sempet menyentuh 170kph di tol surabaya-mojokerto.

msh ada nafasnya sampai lbh 180kph, tapi sayanya gak berani, rasanya kaya bawa speedboat, ngeri terbang...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by ginting »

KielConstantine wrote: Fri Aug 03, 2018 7:27
InnovaSirion wrote: Thu Aug 02, 2018 7:01 Sudah diskusi sama istri, sepertinya kami akan ambil yang 2.4V AT.
Harga kebetulan tidak menjadi faktor di sini.

Sekali lagi, terima kasih banyak.
Selamat akhirnya om TS pilih yg diesel. Moga2 awet yah, spertinya kluaran skarang udah enggak ada masalah turbo kue putu sama jedag jedug transmisi lagi.

Mobil ini trmasuk kenceng jg kok walaopun engine Standart, pake power mode trus pedal to metal, lari sampe 150 km/h trmasuk cepet.
Isi solar goceng jg langsung ngacirr.
Selamat buat oom TS atas mobil barunya.
Tsaaahhhh keracunan SM.. :emo-big_love: :emo-big_love:
wh3rs
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:41

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by wh3rs »

Selamat ya...mau ngikutin nih.Info om...kena brp v at nya?di daerah mana nih...
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by bryan_miner »

Bbrp waktu yg lalu ada nonton youtuber Bandung ambil ANKI V a/t gasoline utk menggantikan VRZ yg dijual di dealer Wijaya Toyota Dago. Alasan ambil TR engine karena yg 2GD all type habis stock dan hrs inden 3 bulan tentative krn 400 unit stock ready diborong untuk Asian Games. Udh keliling dealer di bandung raya dan sekitarnya memang tidak ada stock katanya.
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
korzlet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by korzlet »

sintoni wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Aug 02, 2018 7:16
sintoni wrote:Gini aja deh kalo menurut pandangan sotoy nubie.

Kalo yang bensin secara umum lebih baik daripada yang diesel, kok yang diesel dijual jauh lebih mahal?

Ini asal bunyi loh ya, pandangan sotoy aja. Jangan dianggap serius. Haahahahaha.
Jd kepikiran, sebenernya dr sales nya tuh lakuan yg mana sih? Bensin or disel ya
Kalo menurut ane tergantung jualnya dimana om.

Kalo masih di luar pulau kayak Kalimantan, ane rasa masih jauh larisan yang bensin, di pedalaman susah Solar soalnya.

Kalo di Jawa mungkin sudah agak berimbang deh, tapi mungkin masih tetp larisan bensin.

Kebanyakan mobil kantor pake ANKI pasti ambil yag bensin, jarang yang diesel.
Karena kantor itu ngebatasin di harga dan CC mobil. Tidak memperhatikan lagi cost2 turunannya Hehe
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by geofreyap »

2.4 lebih enak sih. Tapi ya kembali lagi ke pribadi masing².
Test drive saja dulu :)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
afareyzi256
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by afareyzi256 »

InnovaSirion wrote: Thu Aug 02, 2018 2:57 Maap langsung saja, saya minta saran para SM-ers bila harus memilih antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT.

Saya kebetulan pemakai Kijang sejak tahun 2004 (LGX 1.8 MT generasi terkahir sebelum generasi Innova hadir). Tahun 2007 ganti ke Innova 2.0G MT facelift pertama (sudah ada rear spoiler with brake lamp). Tahun 2013 ganti lagi ke Innova 2.0G AT sampai sekarang.

Dari serial waktu di atas, praktis saya belum pernah merasakan berkendara dengan mesin diesel.

Nah untuk ANKI ini, yang 2.4 diesel katanya sudah bagus dalam artian suara mesinnya sudah lebih halus, dan karena kekedapan kabin, suara mesin tidak begitu mengganggu. power juga lebih tinggi.

Masalahnya saya sudah terlalu nyaman dengan mesin bensinnya Kijang dari waktu ke waktu.

Sekali lagi mohon sarannya, karena bulan Agustus ini saya akan realisasikan ganti GNKI 2.0G AT saya ke ANKI V series.

Terima kasih.
saran mending ambil yang 2.0 bensin aja , lebih murah dan suara mesin nya halus , dan lebih rendah getaran nya yah
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Antara ANKI 2.0V AT dan 2.4V AT

Post by pernahmiskin »

afareyzi256 wrote: Mon Dec 24, 2018 10:02
InnovaSirion wrote: Thu Aug 02, 2018 2:57 Edited/ Cut
saran mending ambil yang 2.0 bensin aja , lebih murah dan suara mesin nya halus , dan lebih rendah getaran nya yah
Om ts sdh ambil diesel..

Btw ga perlu tiap thread harus post full quote koq om..
:big_peace:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent: