Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by iamwewe »

ginting wrote: 10 Apr 2018, 15:40
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16
ginting wrote: 10 Apr 2018, 11:44


Mari kita ambil contoh bisnis Remap.

Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,

Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...

Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.

Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.

Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php

Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.

Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..

Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Ini sih saya tahu jawabannya,...tapi gimana yaa.... tapi karena nyangkut "know-how" dan rezeki dapur orang, saya gak berani jawab oom..

Mungkin bisa kontek ke Bebonk Garage, ReV, atau GA, dan minta info lebih detail...supaya saya tidak salah jelasin "remap itu diapain aja sih".
No telepon mereka ada do google koq.
:big_deal: :big_deal:

@b8099ok
monggo dijelasin mbah...
b8099ok wrote: 11 Apr 2018, 00:15
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16 maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
lehh.. mantap kali mod kita njelasinnya.
@om ginting: no prob om, maksudnya jg saya bukannya sampe nanya daleman gimana, cuma penasaran aja diapain
@b8099: mantap pak mod.. tq bingitz atas penjelasannya, sukses selalu :emo-flowerforyou:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by vipere »

Deket tempat saya car wash bisa ada belasan, tapi semuanya rame banget sabtu minggu. Bingung dah, kayaknya buka 1 lagi juga bakal rame. Alhasil gak pernah cuci mobil di car wash. Kayak diperbudak mobil aja nunggu lama2 antrinya.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by paidjho »

b8099ok wrote:
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16 maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Tumben jelasin nya serious, tanpa embel embel frd oil...

[emoji28] [emoji28] [emoji28] [emoji106] [emoji106] [emoji106]
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Mamang555 »

Sempet tertarik dengan bisnis cuci motor karena merasa lebih berprospek since motor bejibun banget

Ga butuh areal yang besar dan peralatan yang macem2

Kepikirannya lebih menguntungkan daripada cuci mobil.. Ada yang pernah compare itung2nya bisnis cuci mobil vs motor? :D
Dimasdepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 04 Jul 2017, 17:52
Location: Jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Dimasdepe »

dsign1990 wrote: 10 Apr 2018, 09:32
evanbngdor wrote: 10 Apr 2018, 08:52 Betul.

Bisnis yg tidak terlalu terpengaruh sih kalo dunia otomotif ya car wash, pesaing makin banyak, tp kendaraan jg terus bertambah.

Sebagai contoh di deket rumah ogut, dia cuma modal sewa tanah per tahun 40 juta, renovasi&instalasi peralatan cuci sederhana 50 juta. Karyawan sistemnya pakai komisi per mobil, dia buka 24 jam non stop.

Rata-rata dalam 24 jam dia bisa dapet bersihnya 5 juta. Dengan catatan 100 mobil dalam 24 jam, bahkan kalo weekend bisa 150-200an mobil.

Cukup menggiurkan sih memang, tp ya tergantung lokasi yg dipilih juga.
dpt 5jt bersih dr 100 mobil
tarif nyuci 70-75rb / mobil kah

:big_childish:

Di pemukiman di jakarta pusat car wash tarifnya udah segitu om.
Saya pernah cuci di daerah cempaka putih segituan bayarnya
Geser sedikit udah 50 rebu
Di luar jakarta udah 35-40
- Honda Accord CM5 Vti-L A/T K24
- Kia Sportage SL Option A/T Theta II
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by marmut »

cuci mobil selalu rame karena bisa sekalian jadi ajang rekreasi bagi yang punya anak kecil.
sambil mengunggu di dalam kabin, mesin menyala, ac berfungsi, memutar lagu/film favorit si kecil, sambil mobil diguyur disabunin, menjadi suatu kehebohan tersendiri bagi yang mengalami.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

iamwewe wrote: 11 Apr 2018, 07:55
ginting wrote: 10 Apr 2018, 15:40
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16

maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Ini sih saya tahu jawabannya,...tapi gimana yaa.... tapi karena nyangkut "know-how" dan rezeki dapur orang, saya gak berani jawab oom..

Mungkin bisa kontek ke Bebonk Garage, ReV, atau GA, dan minta info lebih detail...supaya saya tidak salah jelasin "remap itu diapain aja sih".
No telepon mereka ada do google koq.
:big_deal: :big_deal:

@b8099ok
monggo dijelasin mbah...
b8099ok wrote: 11 Apr 2018, 00:15
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16 maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
lehh.. mantap kali mod kita njelasinnya.
@om ginting: no prob om, maksudnya jg saya bukannya sampe nanya daleman gimana, cuma penasaran aja diapain
@b8099: mantap pak mod.. tq bingitz atas penjelasannya, sukses selalu :emo-flowerforyou:
@iamwewe
senang rasanya kalau info yang diberikan b8099ok alias bebonk garage alias tukang kobel bermanfaat buat oom dan pembaca SM lain yang butuh mungkin butuh info.

yang namanya sharing ilmu itu berbanding terbalik sama sharing duit.
kalau duit dibagi-bagi malah berkurang, kalau ilmu dibagi malah makin nambah,

@
paidjho wrote: 11 Apr 2018, 08:15
b8099ok wrote:
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16 maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Tumben jelasin nya serious, tanpa embel embel frd oil...

[emoji28] [emoji28] [emoji28] [emoji106] [emoji106] [emoji106]
@paidjho
semua butuh proses, mbah...
mbah sat sekarang (seiring pertambahan usia barangkali) sudah makin dewasa, wise dan bijak dalam menyikapi sesuatu. dan itu terefleksi dalam postingannya juga.
semoga ke depannya terus diipertahankan.

:big_exellent: :big_exellent:
User avatar
civic12
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Apr 2018, 12:57
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Civic FD1 MT

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by civic12 »

Secara general emang persaingan di semua hal termasuk bengkel makin sengit mau bengkel apapun juga. Penyebabnya tentu aja karena makin banyak pesaing. Dulu bengkel belum seberapa banyak, untungnya lumayan, makin kesini makin banyak yang tertarik ikut2an buka, akhirnya makin banyak deh yang buka. Secara kualitas, bisa dibilang bisa aja hampir2 mirip, soalnya jaman teknologi kayak sekarang mau belajar apapun gampang tinggal buka di google, tinggal telpon teman (suhunya), tinggal nyari kursus, dll. Soal cost juga, pengusaha makin gampang nemu cara supaya bisa minimalin cost, tapi ya yang nemu caranya (jalurnya) juga banyak, alhasil sama aja, costnya turun bareng2.

Secara customer, customer sekarang udah ga general lagi. Dengan jaman teknologi sekarang, customer juga bertambah pengetahuannya, ga gampang dikadalin sama bengkel, juga mulai tau ciri2 bengkel yang baik sama ga. Ambil contoh car wash, mostly emang yang penting murah sama mobil bersih. Tapi makin kesini juga makin banyak tuh customer yang mulai peduli contohnya nyari car wash yang pakai micro fiber, yang sabunnya berkualitas, dll meskipun masih minoritas ya kalangan kayak gini.

Jadi bener, menurut ane untuk jaman sekarang sebenarnya yang paling diuntungin itu customer. Pilihan banyak (banyak bengkel yang buka) dan macam2, bisa review atau cari tau dulu bengkelnya kayak gimana (lewat google, forum, mulut ke mulut), akses ke pengetahuan gampang lewat teknologi (ga gampang dikadalin), customer tau juga harga yang masuk akal itu seberapa (gampang bandingin lewat forum, majalah, teman, dll).

Disini yang keteteran pengusahanya. Gimana caranya secara kualitas (pengetahuan dan keterampilan) bisa improve terus, stand out dari yang lain, dan konsisten. Disamping itu gimana caranya cost ga tinggi, dan juga harga yang ditawarin masih bersaing meskipun masuk segmen premium. Pengusaha musti mutar otak.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by liemivan86 »

lemonadelovers wrote:
newrubble wrote: 10 Apr 2018, 20:01 dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control

genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj

ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru

pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8

bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya

dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.

urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
Benar om debunya hitam, bukan debu tanah yb kecoklatan. Memang murni dr polusi udara ya krna acuan saya klo k singapura udaranya bersih tidak berdebu meskipun sama2 tropis
Err... Pake mobil euro 2 dikasih premium dan solar subsidi, gimana mau bersih udara nya?

Selain itu, regulasi asap pabrik, dll, juga masih belum bisa diatur. Kenapa? Karena kalo sampai asap pabrik, dll, diatur, maka biaya akan semakin tinggi. Jadi harga Barang2 akan naik juga.

Paling gampang ya itu, mesin dikasih premium. Kalo kebersihan udara sudah diatur, minimal akan harus pakai pertamax. Apa Indonesia sudah siap?
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: 11 Jan 2016, 12:09

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by mastom »

pernah tinggal di kuala lumpur jg sama kayak singapur, mobil sebulan gak di cuci tetap bersih,
yg saya perhatiin, perawatan jalanan sangat berpengaruh, tiap hari di bersihin jd ga ada debu. ga ada lobang, dan jelas sngt tertata
kedua, semua proyek2 constucrion di pintu keluar mobil2 truck hrs di cuci bersih, jd tdk bawa kotoran debu di jalan

di indo, bebas bas...sering liat truk bawa tanah tumpah2 jg masa bodo,
ingat jaman bangun BKT, kalimalang sangat2 berdebu dan licin
yg lain ya itu, lubang2 isi genanang, dan nyrobot trotoar tanah yah biasa, jdnya jalanan kotor,

positivenya bisnis car wash jd moncer, ....menyerap banyak tenaga kerja
selalu ada hikmah dibalik musibah hehe
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by newrubble »

business yg ada hubungan dgn kawin, n mati ...... masih blm di jarah aborijin ..... mrk masih bs idup di indo

lain nya dah abis di kavling
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Dekyarov »

mastom wrote: 11 Apr 2018, 12:31
di indo, bebas bas...sering liat truk bawa tanah tumpah2 jg masa bodo,
ingat jaman bangun BKT, kalimalang sangat2 berdebu dan licin
yg lain ya itu, lubang2 isi genanang, dan nyrobot trotoar tanah yah biasa, jdnya jalanan kotor,

Dulu 2010-an saya pake jaket putih naik motor pas pergi ke monas bareng temen, jaketnya buluk kecoklatan kena debu proyek BKT.

Buset tuh mobil proyek, debu gak nahan kalo ujan jalan jadi lengket karena tanah.

Sekarang kalo naik motor helm kaca-nya nutup terus kalo siang..

Hidup di je ka te kalo mau keluar kudu make topeng gas kali yak... Kayak di chernobyl...

Hahaha.
Last edited by Dekyarov on 11 Apr 2018, 15:37, edited 1 time in total.
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: 03 Apr 2015, 10:56

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by jwid »

newrubble wrote: 10 Apr 2018, 20:01 dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control

genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj

ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru

pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8

bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya

dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.

urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
ada/banyak orang dari dulu sampai detik ini yang bilang/masih bilang hidup disini enak bisa hidup bebas berbuat apa saja atau hidup bagai raja
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by b8099ok »

Ane msh merasa dosa klo nda bully FRD :(
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by newrubble »

jwid wrote: 11 Apr 2018, 14:24
ada/banyak orang dari dulu sampai detik ini yang bilang/masih bilang hidup disini enak bisa hidup bebas berbuat apa saja atau hidup bagai raja
out of topic......
dulu pertama x tugas mogadishu sy kaget kaget .....

resto owners n waiters serving customers rata rata bawa norinco56 (ak47 copy) atau paling sial di pinggang atau di kaki ada pistol ..... nah mrk idup bagai raja ..... african wildwest ...... kalo mrk tau kita foreigner ya mrk tawarin sewa senjata ..... $ 5 seminggu atau $ 1 per hari ..... gratis peluru 2 magazines
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Dekyarov »

newrubble wrote: 12 Apr 2018, 00:57

resto owners n waiters serving customers rata rata bawa norinco56 (ak47 copy) atau paling sial di pinggang atau di kaki ada pistol ..... nah mrk idup bagai raja ..... african wildwest ...... kalo mrk tau kita foreigner ya mrk tawarin sewa senjata ..... $ 5 seminggu atau $ 1 per hari ..... gratis peluru 2 magazines
Itu senjata dapet dari bandar mana om?? Di film black hawk down senjata dijual kayak dagang ikan di pasar.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by evanbngdor »

Mamang555 wrote: 11 Apr 2018, 09:00 Sempet tertarik dengan bisnis cuci motor karena merasa lebih berprospek since motor bejibun banget

Ga butuh areal yang besar dan peralatan yang macem2

Kepikirannya lebih menguntungkan daripada cuci mobil.. Ada yang pernah compare itung2nya bisnis cuci mobil vs motor? :D
Untungnya lebih gede cuci mobil drpd motor om.

Effort nyuci motor jg lebih besar karena banyak celah-celahnya. durasi nyuci nya jg ngga beda jauh sama nyuci mobil. Harga yg ditawarkan buat nyuci motor cuma 1/2 dari harga nyuci mobil.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Mamang555 »

evanbngdor wrote: 12 Apr 2018, 07:17

Untungnya lebih gede cuci mobil drpd motor om.

Effort nyuci motor jg lebih besar karena banyak celah-celahnya. durasi nyuci nya jg ngga beda jauh sama nyuci mobil. Harga yg ditawarkan buat nyuci motor cuma 1/2 dari harga nyuci mobil.
Hmm... masa sih om?

Untuk kelas cuci mobil / motor pinggir jalan, durasi nyuci motor jelas jauh lebih cepat om. Rata2 kisaran 15 menit sudah include lap
Okelah kalo agak2 teliti ngelap nya bisa 20 menit. Kalo mobil 20 menit mana bisa? Belum vakum nya juga.
Mobil mungkin butuh waktu kisaran 40-60 menit tergantung niat dan ketelitian si tukang cuci. Hehehe

Untuk harga yang ditawarkan mobil memang lebih mahal, tapi ingat, 1 areal cuci mobil bisa digunakan nyuci 2 motor lho. Mungkin malah bisa 3 motor
Dan areal lahan yang dibutuhkan juga ga seluas mobil.

Just imo
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Gasoline24 »

ginting wrote: 10 Apr 2018, 11:44
Winz wrote: 10 Apr 2018, 08:46
Turboman wrote: 10 Apr 2018, 08:34 Yup seleksi alam sedang berjalan skg

Byk yg jadi stress
yang stress kebanyakan yang tua2, tetap pakai sistem lama nunggu Bola

Klo yang muda2 sekarang lagi gesit jemput Bola, padahal pasar ada, cuma dimakan yang lain

jadi seolah-olah ekonomi lesu, padahal yang salah nahkoda bisnis'nya terlalu santai di zona nyaman

Mari kita ambil contoh bisnis Remap.

Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,

Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...

Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.

Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.

Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php

Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.

Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..

Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
oooo gitu yah......si Bironk mesti ketemu om nescafe nih, xixixixixi biar licinnn anti lumpur
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by kenop »

evanbngdor wrote: 12 Apr 2018, 07:17
Mamang555 wrote: 11 Apr 2018, 09:00 Sempet tertarik dengan bisnis cuci motor karena merasa lebih berprospek since motor bejibun banget

Ga butuh areal yang besar dan peralatan yang macem2

Kepikirannya lebih menguntungkan daripada cuci mobil.. Ada yang pernah compare itung2nya bisnis cuci mobil vs motor? :D
Untungnya lebih gede cuci mobil drpd motor om.

Effort nyuci motor jg lebih besar karena banyak celah-celahnya. durasi nyuci nya jg ngga beda jauh sama nyuci mobil. Harga yg ditawarkan buat nyuci motor cuma 1/2 dari harga nyuci mobil.
Masa sampe bs selama mobil om?
Kl cucian motor 15rb-an ngga kyk nya om..
Sy pernah iseng cuci di cucian mobil 30rb, motor 15 rb
Mobil sy dr mulai cuci smpe vacuum itu kira2 30 menit yg kerjain 2 org
Motor yg kluar masuk uda 3, kira2 10 menit per motor..
Semprot hi pressure, snow foam, gosok pake spons sekena nya,bilas, semprot2 angin, lap sekena nya, selesai..
Oiya dan ini motor yg kerjain cm 1 org..
Bersih ngga bersih lah, yg punya motor kayak nya ga peduli, si tukang cuci lebi ga peduli lagi :wkkk:
rwi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 04 Jan 2018, 09:53
Daily Vehicle: honda

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by rwi »

Kalau gw sih bukan gak peduli, cuma pasrah aja.
Dalam pikiran saya yang penting kelihatan gak kotor banget :)
Apalagi musim ujan kaya sekarang, jumat malem dicuci. sabtu/minggu dikandangin. senin dah kena ujan lagi :(
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by newrubble »

Dekyarov wrote: 12 Apr 2018, 06:58
newrubble wrote: 12 Apr 2018, 00:57

resto owners n waiters serving customers rata rata bawa norinco56 (ak47 copy) atau paling sial di pinggang atau di kaki ada pistol ..... nah mrk idup bagai raja ..... african wildwest ...... kalo mrk tau kita foreigner ya mrk tawarin sewa senjata ..... $ 5 seminggu atau $ 1 per hari ..... gratis peluru 2 magazines
Itu senjata dapet dari bandar mana om?? Di film black hawk down senjata dijual kayak dagang ikan di pasar.
dari sesama negara negara susah trmsk sierra leone n congo n rwanda burundi (masuk via south african smugglers yg landing di unregistered airstrips pake chartered flights)...... dijual ke local dealers secara kiloan .... peluru juga dijual kiloan

negara sudan (bukan south-sudan) yg se level indo itu udah dianggap kaya ...... lbh dr itu udah dianggap syurga dunia n selalu refer to as 'dubai'

senjata di somali harga nya lbh murah dr harga makanan .... sepatu trmsk sneakers itu barang mewah n harga lbh mahal dr harga henfon (bekas, tdk ada henfon baru di somali, sudan n negara susah lainnnya)

mrk sebut org laki yg terliat kaya itu .... dubaiman (singular) atau dubaimen .... kalo perempuan : dubai-madame ..... org dari eropa mrk sebut .... from dubai in europe ..... mobil mahal mrk sebut : dubaicar (bukan liat dr mobil apa tapi dr plaat nomor nya dr mana ..... mobil mobil kita tdk dianggap krn plaat UN)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

newrubble wrote: 12 Apr 2018, 14:29
Dekyarov wrote: 12 Apr 2018, 06:58
newrubble wrote: 12 Apr 2018, 00:57

resto owners n waiters serving customers rata rata bawa norinco56 (ak47 copy) atau paling sial di pinggang atau di kaki ada pistol ..... nah mrk idup bagai raja ..... african wildwest ...... kalo mrk tau kita foreigner ya mrk tawarin sewa senjata ..... $ 5 seminggu atau $ 1 per hari ..... gratis peluru 2 magazines
Itu senjata dapet dari bandar mana om?? Di film black hawk down senjata dijual kayak dagang ikan di pasar.
dari sesama negara negara susah trmsk sierra leone n congo n rwanda burundi (masuk via south african smugglers yg landing di unregistered airstrips pake chartered flights)...... dijual ke local dealers secara kiloan .... peluru juga dijual kiloan

negara sudan (bukan south-sudan) yg se level indo itu udah dianggap kaya ...... lbh dr itu udah dianggap syurga dunia n selalu refer to as 'dubai'

senjata di somali harga nya lbh murah dr harga makanan .... sepatu trmsk sneakers itu barang mewah n harga lbh mahal dr harga henfon (bekas, tdk ada henfon baru di somali, sudan n negara susah lainnnya)

mrk sebut org laki yg terliat kaya itu .... dubaiman (singular) atau dubaimen .... kalo perempuan : dubai-madame ..... org dari eropa mrk sebut .... from dubai in europe ..... mobil mahal mrk sebut : dubaicar (bukan liat dr mobil apa tapi dr plaat nomor nya dr mana ..... mobil mobil kita tdk dianggap krn plaat UN)
Halo oom NR, sy pernah tonton film Bruce Willis "Tears of The sun" dan Blood Diamond-nya Leonardo DeCaprio.
Ada dialog bahwa Tuhan sudah lama meninggalkan wilayah ini...
Maksudnya merujuk ke kawasan chaos dan susah itu.

Nah, pertanyaan saya, apakah memang negara yang oom sebut negara susah itu secara natural memang susah, atau gara gara salah urus jadi susah...
selanjutnya, kalau diurus dengan bener bisa gak menjadi negara yang baik / swasembada aja deh..gak usah muluk-muluk.

Terima kasih sebelumnya,



https://id.wikipedia.org/wiki/Tears_of_the_Sun
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 16 Dec 2015, 09:27

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by mobilkutu »

Gw lebih susah cuci motor deh tangan selalu lecet2 pas cuci bagian roda belakang, ada aja yg nyangkut. Dan gak bs bersih2 banget
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by marmut »

Mamang555 wrote: 11 Apr 2018, 09:00 Sempet tertarik dengan bisnis cuci motor karena merasa lebih berprospek since motor bejibun banget

Ga butuh areal yang besar dan peralatan yang macem2

Kepikirannya lebih menguntungkan daripada cuci mobil.. Ada yang pernah compare itung2nya bisnis cuci mobil vs motor? :D

kalau cuci sistem kebut dan asal bersih, memang motor lebih menjanjikan.
tapi kalau beneran cuci yang serius, kebutuhan sabun/shampo jauh lebih banyak untuk motor dan dari segi waktu, bisa dibilang beda tipis dengan cuci 1 unit mobil.
info ini saya dapat sewaktu iseng ngobrol dengan kru bengkel cuci 24 jam di beberapa tempat.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post