Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by iamwewe »

ginting wrote: 10 Apr 2018, 11:44
Winz wrote: 10 Apr 2018, 08:46
Turboman wrote: 10 Apr 2018, 08:34 Yup seleksi alam sedang berjalan skg

Byk yg jadi stress
yang stress kebanyakan yang tua2, tetap pakai sistem lama nunggu Bola

Klo yang muda2 sekarang lagi gesit jemput Bola, padahal pasar ada, cuma dimakan yang lain

jadi seolah-olah ekonomi lesu, padahal yang salah nahkoda bisnis'nya terlalu santai di zona nyaman

Mari kita ambil contoh bisnis Remap.

Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,

Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...

Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.

Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.

Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php

Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.

Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..

Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Winz »

ginting wrote: 10 Apr 2018, 11:44
Winz wrote: 10 Apr 2018, 08:46
Turboman wrote: 10 Apr 2018, 08:34 Yup seleksi alam sedang berjalan skg

Byk yg jadi stress
yang stress kebanyakan yang tua2, tetap pakai sistem lama nunggu Bola

Klo yang muda2 sekarang lagi gesit jemput Bola, padahal pasar ada, cuma dimakan yang lain

jadi seolah-olah ekonomi lesu, padahal yang salah nahkoda bisnis'nya terlalu santai di zona nyaman

Mari kita ambil contoh bisnis Remap.

Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,

Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...

Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.

Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.

Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php

Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.

Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..

Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
iya, saya juga salah satu pengusaha bisnis sekarang pakai sistem jemput bola

banyak konsumen yang sibuk kerja jadi mau'nya sistem transfer terus kirim, atau DP dulu

cukup melalui whatsapp atau telpon saja, spek barang lihat di internet, langsung kirim dah

di saat pengusaha lain pada bingung cari pasar, kita sudah mulai menerapkan marketing online
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by saridin »

beres cap S sudah bbrp saat lalu ada survey index kepuasan pelanggan, SA-nya sampe benar2 minta agar kalo ada sms dijawab, ane gak jawab.... kalo yg ngisi quisioner di bengkel ya ane isi. Dan sekarang mereka sediakan layanan antar-jemput mobil yg mau diservis....
|ertelu gx 13||miras glx 14|
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by evanbngdor »

iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:14
evanbngdor wrote: 10 Apr 2018, 11:37
Nah makanya skg banyak carwash2 yg sederhana, ngga pake hidrolik, cuma bolongin tengahnya aja jd orangnya yg masuk kolong. peralatan jg cuma selang aja per slot sama 2 tandon air besar, ngga pake snow wash dll gitu.

investasi ngga besar, menetapkan harganya jg ngga mahal, jd konsumen banyak yg lebih seneng kesitu.

dulu carwash ortu punya jg ngga pake hidrolik, bolongin aja tengahnya biar orang bs bersihin kolong.
gimana dgn cuci mobil yang robotik?

trus kalo misal gaji 1jt/bulan all in gitu.. brt tukang cuci nya 'cuma' andelin tips dari kita nya aja gitu?
Robotik malah BEP nya lebih lama, maintenance nya tinggi soalnya.

Gaji 1jt/bulan sih cukup tinggi ya om waktu itu tahun 2014an, kerja 9 jam, libur di hari raya aja.

Memang harusnya berapa gaji yg layak untuk yg jobdesk nya nyuci mobil? :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 01 Oct 2017, 19:40

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by imanoff »

Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by riisesky »

imanoff wrote: 10 Apr 2018, 14:14 Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
buka macem FJ Company di indo ada pasarnya gak ya kira2 :big_childish:
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by newrubble »

yg jadi problem di indo itu bangke makin lama makin mahal ..... ijin juga makin susah (kalo ga mau di bilang mahal) ....... buruh makin galak (kalah tuh anjing yg jaga bengkel) ...... pinter dikit mrk colong alat atau brani bukan sendiri hijack pelanggan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by martinnn »

hahaha pengusaha kena luar dalem...

di dalem dirongrong buruh sendiri... diluar dirongrong palakan sana sini pemerintah dan ormas ya sama aja :lol:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by daftar »

newrubble wrote: 10 Apr 2018, 15:05 ...... pinter dikit mrk colong alat atau brani bukan sendiri hijack pelanggan
nah ini yg terjadi pada temen ex montir salah satu bengkel resmi,,
awalnya nawarin ke customer buat home service diluar kerjaan., terus resign & bikin bengkel spesialis sendiri untuk merk tsb bareng temen2nya., bahkan sering dapet spare part limbah ex beres buat dikanibal. Ujung2nya, sekarang si beres malah minta bantuan ke dia kalo pas bengkel lagi penuh kerjaan dilempar ke dia., hahaha.
:ngacir:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by arfs »

Turboman wrote:as subject

Spt nya persaingan bisnis bengkel kian hari kian sengit ?

Baik bengkel umum / bengkel modif / bengkel ReMap / salon mobil dll

Kalo bengkel modif misalnya ReMap gitu, skg ini trend nya tiap komunitas / klub punya langganan masing2 / sendiri2
Wkk, ati ati om ntar ada yg tersinggung lg bahas soal bengkel RiMep kyk di sebelah... :big_peace:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16
ginting wrote: 10 Apr 2018, 11:44
Winz wrote: 10 Apr 2018, 08:46

yang stress kebanyakan yang tua2, tetap pakai sistem lama nunggu Bola

Klo yang muda2 sekarang lagi gesit jemput Bola, padahal pasar ada, cuma dimakan yang lain

jadi seolah-olah ekonomi lesu, padahal yang salah nahkoda bisnis'nya terlalu santai di zona nyaman

Mari kita ambil contoh bisnis Remap.

Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,

Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...

Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.

Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.

Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php

Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.

Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..

Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Ini sih saya tahu jawabannya,...tapi gimana yaa.... tapi karena nyangkut "know-how" dan rezeki dapur orang, saya gak berani jawab oom..

Mungkin bisa kontek ke Bebonk Garage, ReV, atau GA, dan minta info lebih detail...supaya saya tidak salah jelasin "remap itu diapain aja sih".
No telepon mereka ada do google koq.
:big_deal: :big_deal:

@b8099ok
monggo dijelasin mbah...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

riisesky wrote: 10 Apr 2018, 14:36
imanoff wrote: 10 Apr 2018, 14:14 Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
buka macem FJ Company di indo ada pasarnya gak ya kira2 :big_childish:
sangat sangat prospective.
tinggal masalah perizinan saja yaitu import mobil bekas (bahan baku) kan dilarang government...
kalau ngarepin bangkai FJ/BJ yang ada sih - sedikit ya...
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1552
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by lemonadelovers »

Ngomong2 bengkel cucian, paling laris yg hrg 30ribuan, seminggu 1x cuci rutin ga harus cuci klong krna sebulan sekali cukup lah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3137
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by walid_007 »

Klo bisnis poles sih org poles /coting nya aja bilang.. iklim indo cat apa mo diselamatkan?, debu asap dmn2..
Sedengkan obat coting ny dideaain utk iklim korea/tw yang bersih
engine roaring!
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1552
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by lemonadelovers »

walid_007 wrote: 10 Apr 2018, 17:54 Klo bisnis poles sih org poles /coting nya aja bilang.. iklim indo cat apa mo diselamatkan?, debu asap dmn2..
Sedengkan obat coting ny dideaain utk iklim korea/tw yang bersih
Btw kenapa ya negara kita terutama d kota besar sangat berdebu, apakah krna iklim tropis atau krna polusi udara yg buruk? BBM euro 2 mesin jg euro 2 dgn tingkat CO dlm gr/KM yg tinggi, krna d singapura tidak berdebu dan sama2 tropis
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

lemonadelovers wrote:
walid_007 wrote: 10 Apr 2018, 17:54 Klo bisnis poles sih org poles /coting nya aja bilang.. iklim indo cat apa mo diselamatkan?, debu asap dmn2..
Sedengkan obat coting ny dideaain utk iklim korea/tw yang bersih
Btw kenapa ya negara kita terutama d kota besar sangat berdebu, apakah krna iklim tropis atau krna polusi udara yg buruk? BBM euro 2 mesin jg euro 2 dgn tingkat CO dlm gr/KM yg tinggi, krna d singapura tidak berdebu dan sama2 tropis
karena banyak tanah yg gak tertutup aspal. lengket di ban, jatuh di jalan, terbawa angin, jadi debu.

ada juga dari tanah yg gak tertutup pohon, terbang kena angin.

ada juga bekas bawaan hujan, becek, lalu kering jadi debu.

muddy country

makanya ban MT laku keras

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by newrubble »

dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control

genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj

ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru

pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8

bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya

dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.

urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3137
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by walid_007 »

Haha ngomong2 debu jadi ingat nenek saya.. setiap hari semua bohemia. Vas pada turun.. ngepel juga 3x. (Dari subuh ..Koreden 3 bulan sekali copot n cuci (ada serep nya). .. lampu gantung ga luput

Kata org klo lantai bersih dah biasa, klo diatas buffet (yg paling tinggi) bersih sih sih.. baru jarang..


Singapore klo ga salah disel ada umurnya(termasuk gensst pers.).. 5 thn pake ga dipake harus ganti ..cmiiw
engine roaring!
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by b8099ok »

iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:16 maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sih
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by liemivan86 »


b8099ok wrote: Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Eh, mumpung master nya keluar. Sekalian tanya om, X-trail T32 standar, kalo diisi pertamax turbo perlu di remap nda sih supaya lebih maksimal gitu? Kalo mesin turbo, di remap kan berubah nya banyak, naik in boost turbo sedikit aja tenaga uda berubah banyak, nah kalo mesin NA gimana? Apakah berguna mesin standar pabrik di remap lagi?

Tujuan nya hanya untuk efisiensi saja sih, bukan kejar performa.

Thanks.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by b8099ok »

liemivan86 wrote: 11 Apr 2018, 00:23
b8099ok wrote: Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.

Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Eh, mumpung master nya keluar. Sekalian tanya om, X-trail T32 standar, kalo diisi pertamax turbo perlu di remap nda sih supaya lebih maksimal gitu? Kalo mesin turbo, di remap kan berubah nya banyak, naik in boost turbo sedikit aja tenaga uda berubah banyak, nah kalo mesin NA gimana? Apakah berguna mesin standar pabrik di remap lagi?

Tujuan nya hanya untuk efisiensi saja sih, bukan kejar performa.

Thanks.
NA bisa di tune walau cm standar mesinnya. Bisa gain walau dikit. Tp drivability meningkat. Cvtnya sih emang agak maho gitu,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by liemivan86 »


b8099ok wrote: NA bisa di tune walau cm standar mesinnya. Bisa gain walau dikit. Tp drivability meningkat. Cvtnya sih emang agak maho gitu,...
Siap om. Berarti gain efisiensi nya tidak banyak juga ya? CVT T32 ini sih menurut saya agak mendingan dibanding CVT Nav1. CVT T32 masih agak agresif dan tarikan lebih ringan, CVT Nav1 lemot banget, dan nguuuuuuung gitu deh. Memang di setting untuk ke halus an sih, jadi ya gitu deh.

Setelah diperhatikan ternyata memang pengaruh setting CVT ini lumayan banyak. CVT T32 kalo di gas, dia naik ke 2500-3000 rpm dulu, setelah mobil jalan, baru turun ke 2000. CVT Nav1, dari awal uda 2000 dan ditahan di sana terus. Jadi nya ya tarikan lemot banget..

Plus pakai pertalite di Nav1 dan pertamax turbo di T32. Kebalik ya... *tepok jidat*
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by impactful »

ternyata banyak yg buka/pernah buka carwash ya...
jd inget carwash di kampung yg udah lulusin S2...
gaji karyawan 900nett + THR itu bbrp thn yang lalu (u/ukuran Madiun kayanya cukup gede ya)
buka jam 7 pagi - 5 sore (kadang sampai jam 7 malam)
turnover karyawan tinggi buat yg muda2 aja, yg udah ikut di atas 15-20 tahun masih lbh banyak drpd yg datang dan pergi... anak karyawan disekolahin... kasih makan gratis

model kolong tanpa hidrolis, snowwash, vacuum, semir ban, all in 35K...ga tau skrg brp ya, trakhir pulkam 2014

krn deket banget sama markas AU, seringkali yg dicuci mobil personnel, troops carrier truck, sampai anti air strike cannon...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1552
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by lemonadelovers »

newrubble wrote: 10 Apr 2018, 20:01 dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control

genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj

ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru

pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8

bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya

dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.

urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
Benar om debunya hitam, bukan debu tanah yb kecoklatan. Memang murni dr polusi udara ya krna acuan saya klo k singapura udaranya bersih tidak berdebu meskipun sama2 tropis
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by iamwewe »

evanbngdor wrote: 10 Apr 2018, 13:46
iamwewe wrote: 10 Apr 2018, 12:14
evanbngdor wrote: 10 Apr 2018, 11:37
Nah makanya skg banyak carwash2 yg sederhana, ngga pake hidrolik, cuma bolongin tengahnya aja jd orangnya yg masuk kolong. peralatan jg cuma selang aja per slot sama 2 tandon air besar, ngga pake snow wash dll gitu.

investasi ngga besar, menetapkan harganya jg ngga mahal, jd konsumen banyak yg lebih seneng kesitu.

dulu carwash ortu punya jg ngga pake hidrolik, bolongin aja tengahnya biar orang bs bersihin kolong.
gimana dgn cuci mobil yang robotik?

trus kalo misal gaji 1jt/bulan all in gitu.. brt tukang cuci nya 'cuma' andelin tips dari kita nya aja gitu?
Robotik malah BEP nya lebih lama, maintenance nya tinggi soalnya.

Gaji 1jt/bulan sih cukup tinggi ya om waktu itu tahun 2014an, kerja 9 jam, libur di hari raya aja.

Memang harusnya berapa gaji yg layak untuk yg jobdesk nya nyuci mobil? :mky_01:
kirain robotik malah less cost dibanding cost SDM

icic.. 1jt/bulan 2014 yoo... tq om sharingnya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post