maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sihginting wrote: ↑10 Apr 2018, 11:44
Mari kita ambil contoh bisnis Remap.
Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,
Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...
Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.
Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.
Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php
Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.
Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..
Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini
Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1043
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
- Winz
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: 16 Aug 2017, 15:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
iya, saya juga salah satu pengusaha bisnis sekarang pakai sistem jemput bolaginting wrote: ↑10 Apr 2018, 11:44
Mari kita ambil contoh bisnis Remap.
Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,
Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...
Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.
Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.
Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php
Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.
Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..
Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini
banyak konsumen yang sibuk kerja jadi mau'nya sistem transfer terus kirim, atau DP dulu
cukup melalui whatsapp atau telpon saja, spek barang lihat di internet, langsung kirim dah
di saat pengusaha lain pada bingung cari pasar, kita sudah mulai menerapkan marketing online
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: 17 Oct 2014, 10:36
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
beres cap S sudah bbrp saat lalu ada survey index kepuasan pelanggan, SA-nya sampe benar2 minta agar kalo ada sms dijawab, ane gak jawab.... kalo yg ngisi quisioner di bengkel ya ane isi. Dan sekarang mereka sediakan layanan antar-jemput mobil yg mau diservis....
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Robotik malah BEP nya lebih lama, maintenance nya tinggi soalnya.iamwewe wrote: ↑10 Apr 2018, 12:14gimana dgn cuci mobil yang robotik?evanbngdor wrote: ↑10 Apr 2018, 11:37
Nah makanya skg banyak carwash2 yg sederhana, ngga pake hidrolik, cuma bolongin tengahnya aja jd orangnya yg masuk kolong. peralatan jg cuma selang aja per slot sama 2 tandon air besar, ngga pake snow wash dll gitu.
investasi ngga besar, menetapkan harganya jg ngga mahal, jd konsumen banyak yg lebih seneng kesitu.
dulu carwash ortu punya jg ngga pake hidrolik, bolongin aja tengahnya biar orang bs bersihin kolong.
trus kalo misal gaji 1jt/bulan all in gitu.. brt tukang cuci nya 'cuma' andelin tips dari kita nya aja gitu?
Gaji 1jt/bulan sih cukup tinggi ya om waktu itu tahun 2014an, kerja 9 jam, libur di hari raya aja.
Memang harusnya berapa gaji yg layak untuk yg jobdesk nya nyuci mobil?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: 01 Oct 2017, 19:40
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: 06 Aug 2015, 13:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
buka macem FJ Company di indo ada pasarnya gak ya kira2imanoff wrote: ↑10 Apr 2018, 14:14 Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7351
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
yg jadi problem di indo itu bangke makin lama makin mahal ..... ijin juga makin susah (kalo ga mau di bilang mahal) ....... buruh makin galak (kalah tuh anjing yg jaga bengkel) ...... pinter dikit mrk colong alat atau brani bukan sendiri hijack pelanggan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2898
- Joined: 17 Aug 2015, 13:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
hahaha pengusaha kena luar dalem...
di dalem dirongrong buruh sendiri... diluar dirongrong palakan sana sini pemerintah dan ormas ya sama aja
di dalem dirongrong buruh sendiri... diluar dirongrong palakan sana sini pemerintah dan ormas ya sama aja
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
- daftar
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: 09 Nov 2014, 22:35
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
nah ini yg terjadi pada temen ex montir salah satu bengkel resmi,,
awalnya nawarin ke customer buat home service diluar kerjaan., terus resign & bikin bengkel spesialis sendiri untuk merk tsb bareng temen2nya., bahkan sering dapet spare part limbah ex beres buat dikanibal. Ujung2nya, sekarang si beres malah minta bantuan ke dia kalo pas bengkel lagi penuh kerjaan dilempar ke dia., hahaha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: 25 Jan 2016, 18:40
- Location: Jakarta
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Wkk, ati ati om ntar ada yg tersinggung lg bahas soal bengkel RiMep kyk di sebelah...Turboman wrote:as subject
Spt nya persaingan bisnis bengkel kian hari kian sengit ?
Baik bengkel umum / bengkel modif / bengkel ReMap / salon mobil dll
Kalo bengkel modif misalnya ReMap gitu, skg ini trend nya tiap komunitas / klub punya langganan masing2 / sendiri2
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: 08 Dec 2013, 23:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
- Contact:
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Ini sih saya tahu jawabannya,...tapi gimana yaa.... tapi karena nyangkut "know-how" dan rezeki dapur orang, saya gak berani jawab oom..iamwewe wrote: ↑10 Apr 2018, 12:16maaf om pertanyaan awam nih. remap dgn tuner dateng ke tempat kita...... apa tuner ini cuma dateng ke rumah kita 'modal' bawa laptop aja? lalu colok ecu dsb gt? kalo berkenan tlg dijelasin om.. remap ini diapain aja sihginting wrote: ↑10 Apr 2018, 11:44
Mari kita ambil contoh bisnis Remap.
Dulu orang datang ke Bengkel, sekarang sudah bisa si tuner yang datang ke kota tenpat customer berada.contohnya Bebonk garage,
Bahkan bengkel di Bandung bisa remap ke rumah juga, home service. saya pernah baca di IG atau FB ya...
Ada juga yang remap terhadap ECU yang dikirim via kurir. Disini oom @FMEAKD sudah pernah coba di bebonk, copot sendiri ECU (DIY) kirim pake JNE.
Makanya sekarang ngacir terus bolak balik Pkn. Baru - Palembang naek VNT resing.
Mengenai service dan balancing turbo,
Nah, kalau untuk kerjaan kecil (untuk turbo mobil) saya juga belum pernah ketemu.
Tapi kalau gede, ada sih PT Nusantara Turbin dan Propulsi.
Coba aja hub oom, siapa tahu mereka mau job order kecil kecil.
Ini link web-nya,
http://www.umcntp.co.id/industrial-turbine-services.php
Btw, waktu ada dulu kerusakan turbine,saya pernah ikut ngecek prosesnya, proses machining sempat dilakukan di Siemens workshop, coba aja hub ke sana, mau gak mereka untuk melakukan repair kecil.
Poles body juga sekarang banyak improvement yaitu datang ke rumah jemput bola..
Tapi paling oke sih tukang poles kebanggan warga SM yaitu oom @Nescafe (baca : orang bawa mobil untuk dipoles dia malah nyodorin kopi gratis, padahal poles gratis, pulangnya dikasih makan).
Pokoknya warga SM Roadtrip cinta bangetz deh sama tukang poles kita ini
Mungkin bisa kontek ke Bebonk Garage, ReV, atau GA, dan minta info lebih detail...supaya saya tidak salah jelasin "remap itu diapain aja sih".
No telepon mereka ada do google koq.
@b8099ok
monggo dijelasin mbah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: 08 Dec 2013, 23:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
- Contact:
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
sangat sangat prospective.riisesky wrote: ↑10 Apr 2018, 14:36buka macem FJ Company di indo ada pasarnya gak ya kira2imanoff wrote: ↑10 Apr 2018, 14:14 Usaha bengkel restorasi menurut saya masih prospektif, misalnya khusus Toyota FJ, Suzuki Jimny, Mercy Tiger, Mini Cooper, VW, dan sejenisnya. Pehobinya makin banyak. Biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga. Pokoknya kerjaan bagus dan sesuai keinginan customer.
tinggal masalah perizinan saja yaitu import mobil bekas (bahan baku) kan dilarang government...
kalau ngarepin bangkai FJ/BJ yang ada sih - sedikit ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1552
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Ngomong2 bengkel cucian, paling laris yg hrg 30ribuan, seminggu 1x cuci rutin ga harus cuci klong krna sebulan sekali cukup lah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3137
- Joined: 30 Mar 2013, 07:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Klo bisnis poles sih org poles /coting nya aja bilang.. iklim indo cat apa mo diselamatkan?, debu asap dmn2..
Sedengkan obat coting ny dideaain utk iklim korea/tw yang bersih
Sedengkan obat coting ny dideaain utk iklim korea/tw yang bersih
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1552
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Btw kenapa ya negara kita terutama d kota besar sangat berdebu, apakah krna iklim tropis atau krna polusi udara yg buruk? BBM euro 2 mesin jg euro 2 dgn tingkat CO dlm gr/KM yg tinggi, krna d singapura tidak berdebu dan sama2 tropis
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: 08 Dec 2013, 23:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
- Contact:
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
karena banyak tanah yg gak tertutup aspal. lengket di ban, jatuh di jalan, terbawa angin, jadi debu.lemonadelovers wrote:Btw kenapa ya negara kita terutama d kota besar sangat berdebu, apakah krna iklim tropis atau krna polusi udara yg buruk? BBM euro 2 mesin jg euro 2 dgn tingkat CO dlm gr/KM yg tinggi, krna d singapura tidak berdebu dan sama2 tropis
ada juga dari tanah yg gak tertutup pohon, terbang kena angin.
ada juga bekas bawaan hujan, becek, lalu kering jadi debu.
muddy country
makanya ban MT laku keras
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7351
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control
genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj
ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru
pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8
bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya
dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.
urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj
ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru
pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8
bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya
dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.
urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3137
- Joined: 30 Mar 2013, 07:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Haha ngomong2 debu jadi ingat nenek saya.. setiap hari semua bohemia. Vas pada turun.. ngepel juga 3x. (Dari subuh ..Koreden 3 bulan sekali copot n cuci (ada serep nya). .. lampu gantung ga luput
Kata org klo lantai bersih dah biasa, klo diatas buffet (yg paling tinggi) bersih sih sih.. baru jarang..
Singapore klo ga salah disel ada umurnya(termasuk gensst pers.).. 5 thn pake ga dipake harus ganti ..cmiiw
Kata org klo lantai bersih dah biasa, klo diatas buffet (yg paling tinggi) bersih sih sih.. baru jarang..
Singapore klo ga salah disel ada umurnya(termasuk gensst pers.).. 5 thn pake ga dipake harus ganti ..cmiiw
engine roaring!
- b8099ok
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: 18 Nov 2009, 11:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
- Contact:
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.
Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
FWD + RWD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: 24 Jun 2017, 22:39
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Eh, mumpung master nya keluar. Sekalian tanya om, X-trail T32 standar, kalo diisi pertamax turbo perlu di remap nda sih supaya lebih maksimal gitu? Kalo mesin turbo, di remap kan berubah nya banyak, naik in boost turbo sedikit aja tenaga uda berubah banyak, nah kalo mesin NA gimana? Apakah berguna mesin standar pabrik di remap lagi?b8099ok wrote: Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.
Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Tujuan nya hanya untuk efisiensi saja sih, bukan kejar performa.
Thanks.
- b8099ok
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: 18 Nov 2009, 11:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
- Contact:
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
NA bisa di tune walau cm standar mesinnya. Bisa gain walau dikit. Tp drivability meningkat. Cvtnya sih emang agak maho gitu,...liemivan86 wrote: ↑11 Apr 2018, 00:23Eh, mumpung master nya keluar. Sekalian tanya om, X-trail T32 standar, kalo diisi pertamax turbo perlu di remap nda sih supaya lebih maksimal gitu? Kalo mesin turbo, di remap kan berubah nya banyak, naik in boost turbo sedikit aja tenaga uda berubah banyak, nah kalo mesin NA gimana? Apakah berguna mesin standar pabrik di remap lagi?b8099ok wrote: Remap adalah suatu kegiatan yg merubah data ecu. Adapun data tersebut antara lain:
1. Map. Isinya adalah bagaimana si ecu memerintah mesin bekerja, apa saja yang dirubah tentunya yang berhubungan dengan kinerja mesin spt fuel, throttle, ignition, boost, dll.
2. Emission control. Dibagian ini biasanya dirubah apabila ada request utk delete egr/dpf/adblue.
3. Limit control. Berhubungan dengan speed limiter, rpm limiter, torque limiter, dll.
4. Injecting code. Dalam data ecu, bisa ditambahkan control utk memperlengkap dan mengamankan mesin apabila terjadi hal-hal diluar kemampuan fisik mesin tsb.
Remap pada intinya dilakukan untuk memperoleh hasil optimal dari suatu mesin. Baik dalam bentuk kenaikan tenaga, torsi, top speed, fuel efficiency, ataupun penyesuaian apabila telah dilakukan modifikasi spec yang diluar toleransi map standar.
Tujuan nya hanya untuk efisiensi saja sih, bukan kejar performa.
Thanks.
FWD + RWD + 4WD =
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: 24 Jun 2017, 22:39
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Siap om. Berarti gain efisiensi nya tidak banyak juga ya? CVT T32 ini sih menurut saya agak mendingan dibanding CVT Nav1. CVT T32 masih agak agresif dan tarikan lebih ringan, CVT Nav1 lemot banget, dan nguuuuuuung gitu deh. Memang di setting untuk ke halus an sih, jadi ya gitu deh.b8099ok wrote: NA bisa di tune walau cm standar mesinnya. Bisa gain walau dikit. Tp drivability meningkat. Cvtnya sih emang agak maho gitu,...
Setelah diperhatikan ternyata memang pengaruh setting CVT ini lumayan banyak. CVT T32 kalo di gas, dia naik ke 2500-3000 rpm dulu, setelah mobil jalan, baru turun ke 2000. CVT Nav1, dari awal uda 2000 dan ditahan di sana terus. Jadi nya ya tarikan lemot banget..
Plus pakai pertalite di Nav1 dan pertamax turbo di T32. Kebalik ya... *tepok jidat*
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: 09 Jan 2018, 08:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
ternyata banyak yg buka/pernah buka carwash ya...
jd inget carwash di kampung yg udah lulusin S2...
gaji karyawan 900nett + THR itu bbrp thn yang lalu (u/ukuran Madiun kayanya cukup gede ya)
buka jam 7 pagi - 5 sore (kadang sampai jam 7 malam)
turnover karyawan tinggi buat yg muda2 aja, yg udah ikut di atas 15-20 tahun masih lbh banyak drpd yg datang dan pergi... anak karyawan disekolahin... kasih makan gratis
model kolong tanpa hidrolis, snowwash, vacuum, semir ban, all in 35K...ga tau skrg brp ya, trakhir pulkam 2014
krn deket banget sama markas AU, seringkali yg dicuci mobil personnel, troops carrier truck, sampai anti air strike cannon...
jd inget carwash di kampung yg udah lulusin S2...
gaji karyawan 900nett + THR itu bbrp thn yang lalu (u/ukuran Madiun kayanya cukup gede ya)
buka jam 7 pagi - 5 sore (kadang sampai jam 7 malam)
turnover karyawan tinggi buat yg muda2 aja, yg udah ikut di atas 15-20 tahun masih lbh banyak drpd yg datang dan pergi... anak karyawan disekolahin... kasih makan gratis
model kolong tanpa hidrolis, snowwash, vacuum, semir ban, all in 35K...ga tau skrg brp ya, trakhir pulkam 2014
krn deket banget sama markas AU, seringkali yg dicuci mobil personnel, troops carrier truck, sampai anti air strike cannon...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1552
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
Benar om debunya hitam, bukan debu tanah yb kecoklatan. Memang murni dr polusi udara ya krna acuan saya klo k singapura udaranya bersih tidak berdebu meskipun sama2 tropisnewrubble wrote: ↑10 Apr 2018, 20:01 dust level di jkt tinggi krn tdk ada effective emission control
genset tiap fabriek trmsk yg utk public electricity bebas spt tanpa multi filter cukup simple muffler sj ...... blm lagi mobil mobil n motor motor ...... trus bengkel lasch sama sj
ini satu yg bikin sy putuskan u jauh jauh sj dr indo (selain makin hari makin susah u minum air mineral) ...... dulu rumah rumah sy selalu tertutup dgn air cond.idup terus n sehari 3x di vacuum n pel ..... lap pel sebulan skali di buang n ganti baru
pagi jam 8 mulai vacuum dan jam 9 klaar pel; siang jam 2 mulai vacuum dan jam 3 klaar; malam jam 7 vacuum dan klaar jam 8
bersih nya tdk lama ..... kira kira 1.5 jam abis ritual bersih bersih itu debu mulai ada lg n itam itam warna nya
dulu ada 10 org yg kerja di tiap rumah urusan itu ......kalo lebaran sy sewa 1 bus bigbird (54 seats) u antar n jemput mrk smua di tiap rumah n mampir mampir dr rangkas trus tasik n tegalombo di jawa timur sono ..... yg dr lampung sy kasih ticket pesawat v.v.
urusan org org yg kerja di rumah sdh (kata teman teman sy dulu) mirip fabriek n tdk mgkn sy bs bayar mrk smua kalo rejeki seret sampe satu wkt sy capek sendiri
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1043
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?
kirain robotik malah less cost dibanding cost SDMevanbngdor wrote: ↑10 Apr 2018, 13:46Robotik malah BEP nya lebih lama, maintenance nya tinggi soalnya.iamwewe wrote: ↑10 Apr 2018, 12:14gimana dgn cuci mobil yang robotik?evanbngdor wrote: ↑10 Apr 2018, 11:37
Nah makanya skg banyak carwash2 yg sederhana, ngga pake hidrolik, cuma bolongin tengahnya aja jd orangnya yg masuk kolong. peralatan jg cuma selang aja per slot sama 2 tandon air besar, ngga pake snow wash dll gitu.
investasi ngga besar, menetapkan harganya jg ngga mahal, jd konsumen banyak yg lebih seneng kesitu.
dulu carwash ortu punya jg ngga pake hidrolik, bolongin aja tengahnya biar orang bs bersihin kolong.
trus kalo misal gaji 1jt/bulan all in gitu.. brt tukang cuci nya 'cuma' andelin tips dari kita nya aja gitu?
Gaji 1jt/bulan sih cukup tinggi ya om waktu itu tahun 2014an, kerja 9 jam, libur di hari raya aja.
Memang harusnya berapa gaji yg layak untuk yg jobdesk nya nyuci mobil?
icic.. 1jt/bulan 2014 yoo... tq om sharingnya
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 4 Replies
- 601 Views
-
Last post by vicioussss
-
- 7 Replies
- 1738 Views
-
Last post by NovaCammy
-
- 7 Replies
- 802 Views
-
Last post by marmut
-
- 45 Replies
- 5693 Views
-
Last post by zylo14
-
- 5 Replies
- 560 Views
-
Last post by lorensiuswlt
-
- 22 Replies
- 2916 Views
-
Last post by MrRichardhn
-
- 3 Replies
- 391 Views
-
Last post by peterming77
-
- 20 Replies
- 836 Views
-
Last post by kendibocor
-
- 2 Replies
- 272 Views
-
Last post by nyotsaeba
-
- 14 Replies
- 563 Views
-
Last post by DOHC