Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by ginting »

marhadiyantodwi wrote: Wed May 02, 2018 8:52
sintoni wrote: Sat Apr 28, 2018 11:28
Wih, kalo boleh tau daerah mana om?
Di Jalan Percetakan, Jakarta Selatan.
tolong info nama dan no HPnya oom.
biar warga SM lain jadi dapat faedah, karena hari gini kita harus bisa kontrol cost dengan ketat, supaya ada dana buat roadtrip wkwkw
kalau rahasia, tolong PM saya saja.
Terima kasih sebelumnya.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by alvin23 »

Or4cle wrote:Survivor the fittest berlaku di sini ... ini jamannya berebut makan

Di jaman keterbukaan informasi, hanya yang memberikan kualitas dan service terbaik yang akan bertahan.
Bukan jamannya lagi mengecewakan customer awam dengan tipu sana-sini, harga selangit karena informasi hanya sebatas jari.
Dan saya merasa BeRes suatu saat akan tinggal sejarah, kalau tidak berubah mind set dan efisiensi struktur organisasi yang terlalu gendut (CMIIW)
Justru opini saya kebalik om.
Bengkel umum yg gapunya spesialisasi yg bakal punah, apalagi kl skillnya biasa biasa saja.

Mungkin jd kyk diluar, dr baru smpe periode garansi selesai di bengkel resmi, trus selanjutnya rawat di bengkel spesialis merk masing2

Dan setuju, bengkel umum yg modal getok harga kedepan gaakan laku, krn era keterbukaan gini, review gampang banget diakses, malah tinggal liat google maps mana yg udh terkenal dan reviewnya bagus, langsung kesitu, gaberani gambling ke bengkel yg baru/review sedikit
Rocky R ADS CVT 2021
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by tulalit »

evanbngdor wrote: Fri Apr 27, 2018 1:50
Angelpesek wrote: Thu Apr 26, 2018 7:05 Saya pengen nih buka carwash gini.
Masalahnya gaji karyawan enakan mana yaper bulan/komisi tiap mobil?
Trus perijinan gimana/apa saja yg diurus?
Terimakasih klw ada yg bersedia jawab.
car wash nya yg cuma modal lahan dikasih atap aja atau mau yg komplit pake hidrolik, mesin semprot high pressure, dll?

skg sih era nya cucian mobil yg sederhana, lebih cepet BEP nya. Pakai sistem komisi aja karyawannya.

Perijinan sih paling ijin lingkungan aja.

BTW kalo bisa sih jangan pake PAM, ngga akan nutup pasti biaya operasionalnya.
om kl komisi buat tukang cuci berapa % yah ? misal untuk harga cuci mobil 50rb , misal untuk 2 hidrolik + 1 kantor (ruang tunggu) kira2 butuh brp meter yah ?
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by slowipah »

alvin23 wrote: Wed Aug 15, 2018 5:42
Or4cle wrote:Survivor the fittest berlaku di sini ... ini jamannya berebut makan

Di jaman keterbukaan informasi, hanya yang memberikan kualitas dan service terbaik yang akan bertahan.
Bukan jamannya lagi mengecewakan customer awam dengan tipu sana-sini, harga selangit karena informasi hanya sebatas jari.
Dan saya merasa BeRes suatu saat akan tinggal sejarah, kalau tidak berubah mind set dan efisiensi struktur organisasi yang terlalu gendut (CMIIW)
Justru opini saya kebalik om.
Bengkel umum yg gapunya spesialisasi yg bakal punah, apalagi kl skillnya biasa biasa saja.

Mungkin jd kyk diluar, dr baru smpe periode garansi selesai di bengkel resmi, trus selanjutnya rawat di bengkel spesialis merk masing2

Dan setuju, bengkel umum yg modal getok harga kedepan gaakan laku, krn era keterbukaan gini, review gampang banget diakses, malah tinggal liat google maps mana yg udh terkenal dan reviewnya bagus, langsung kesitu, gaberani gambling ke bengkel yg baru/review sedikit
setuju bgt... bgkl umum deket rumah.. uda lama bgt, ane taunya aja ud belasan taon, lmyn gede, dulu rame bener, skrg miris liatnya, weekend aja kosong.. dl msh pake mbl2 2nd kijang kapsul dll, masih ke sana, tp sejak kl ganti mbl beli mbl baru mau ga mau ke beres.. kesana paling buat spooring.

kl mnrt ane sih bgkl umum mati (di jakarta sekitar) karna org selalu ganti mbl baru/turnover mbl cepet dmn di doktrin warranty void kl ga servis di beres. ditmbah skrg beres jg uda all in, ada balancing & spooring. sedangkan mbl2 yg uda > 3 - 5 taon bergeser ke daerah..

issue skill & knowledge mbl baru jg bener2 jd pertimbangan, montir2 di bgkl umum apalagi yg uda berumur msh tau nya teknologi mbl kijang/panther.. bykan belajar dr otodidak ato dr montir senior yg belum tentu bener.. montir di beres walopun kyk robot tp at least hasil training dan tau hrs ngapain utk mbl yg beda2.

tp tetep ane bw ke bgkl umum or ganti oli diluar sih kl warranty uda abis hehehe, dr dl jg servis di beres slalu bw oli sdr.. cuma ya itu hrs cari bgkl yg mmg sudah terbukti either lgnan komunitas ato bgkl2 modif/tuning
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by evanbngdor »

tulalit wrote: Thu Aug 16, 2018 6:55
evanbngdor wrote: Fri Apr 27, 2018 1:50
car wash nya yg cuma modal lahan dikasih atap aja atau mau yg komplit pake hidrolik, mesin semprot high pressure, dll?

skg sih era nya cucian mobil yg sederhana, lebih cepet BEP nya. Pakai sistem komisi aja karyawannya.

Perijinan sih paling ijin lingkungan aja.

BTW kalo bisa sih jangan pake PAM, ngga akan nutup pasti biaya operasionalnya.
om kl komisi buat tukang cuci berapa % yah ? misal untuk harga cuci mobil 50rb , misal untuk 2 hidrolik + 1 kantor (ruang tunggu) kira2 butuh brp meter yah ?
Komisi per mobil max 20%. Kalo 50rb, 20% nya berarti 10rb. Nah 10rb itu terserah deh pembagiannya gimana, kalo yg ngerjain 2 orang ya bagi 2 aja langsung biar enak. Biasanya kan kalo cuci hidrolik gitu ngga cuma 1 orang yg ngerjain dari awal sampe akhir, paling ngga yg nyuci sendiri, yg ngelap sendiri.

Untuk 2 hidrolik + 1 ruang tunggu minimal sih 200 meter om. Itu dengan catatan proses ngeringin mobilnya ngga ditaroh di tempat terpisah alias di tempat hidroliknya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by tulalit »

evanbngdor wrote: Thu Aug 16, 2018 9:19
tulalit wrote: Thu Aug 16, 2018 6:55
evanbngdor wrote: Fri Apr 27, 2018 1:50
car wash nya yg cuma modal lahan dikasih atap aja atau mau yg komplit pake hidrolik, mesin semprot high pressure, dll?

skg sih era nya cucian mobil yg sederhana, lebih cepet BEP nya. Pakai sistem komisi aja karyawannya.

Perijinan sih paling ijin lingkungan aja.

BTW kalo bisa sih jangan pake PAM, ngga akan nutup pasti biaya operasionalnya.
om kl komisi buat tukang cuci berapa % yah ? misal untuk harga cuci mobil 50rb , misal untuk 2 hidrolik + 1 kantor (ruang tunggu) kira2 butuh brp meter yah ?
Komisi per mobil max 20%. Kalo 50rb, 20% nya berarti 10rb. Nah 10rb itu terserah deh pembagiannya gimana, kalo yg ngerjain 2 orang ya bagi 2 aja langsung biar enak. Biasanya kan kalo cuci hidrolik gitu ngga cuma 1 orang yg ngerjain dari awal sampe akhir, paling ngga yg nyuci sendiri, yg ngelap sendiri.

Untuk 2 hidrolik + 1 ruang tunggu minimal sih 200 meter om. Itu dengan catatan proses ngeringin mobilnya ngga ditaroh di tempat terpisah alias di tempat hidroliknya.
noted om . thanks info2
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by tulalit »

evanbngdor wrote: Thu Aug 16, 2018 9:19
tulalit wrote: Thu Aug 16, 2018 6:55
evanbngdor wrote: Fri Apr 27, 2018 1:50
car wash nya yg cuma modal lahan dikasih atap aja atau mau yg komplit pake hidrolik, mesin semprot high pressure, dll?

skg sih era nya cucian mobil yg sederhana, lebih cepet BEP nya. Pakai sistem komisi aja karyawannya.

Perijinan sih paling ijin lingkungan aja.

BTW kalo bisa sih jangan pake PAM, ngga akan nutup pasti biaya operasionalnya.
om kl komisi buat tukang cuci berapa % yah ? misal untuk harga cuci mobil 50rb , misal untuk 2 hidrolik + 1 kantor (ruang tunggu) kira2 butuh brp meter yah ?
Komisi per mobil max 20%. Kalo 50rb, 20% nya berarti 10rb. Nah 10rb itu terserah deh pembagiannya gimana, kalo yg ngerjain 2 orang ya bagi 2 aja langsung biar enak. Biasanya kan kalo cuci hidrolik gitu ngga cuma 1 orang yg ngerjain dari awal sampe akhir, paling ngga yg nyuci sendiri, yg ngelap sendiri.

Untuk 2 hidrolik + 1 ruang tunggu minimal sih 200 meter om. Itu dengan catatan proses ngeringin mobilnya ngga ditaroh di tempat terpisah alias di tempat hidroliknya.
noted om . thanks info2
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Persaingan bisnis bengkel makin sengit ?

Post by Or4cle »

alvin23 wrote: Wed Aug 15, 2018 5:42
Or4cle wrote:Survivor the fittest berlaku di sini ... ini jamannya berebut makan

Di jaman keterbukaan informasi, hanya yang memberikan kualitas dan service terbaik yang akan bertahan.
Bukan jamannya lagi mengecewakan customer awam dengan tipu sana-sini, harga selangit karena informasi hanya sebatas jari.
Dan saya merasa BeRes suatu saat akan tinggal sejarah, kalau tidak berubah mind set dan efisiensi struktur organisasi yang terlalu gendut (CMIIW)
Justru opini saya kebalik om.
Bengkel umum yg gapunya spesialisasi yg bakal punah, apalagi kl skillnya biasa biasa saja.

Mungkin jd kyk diluar, dr baru smpe periode garansi selesai di bengkel resmi, trus selanjutnya rawat di bengkel spesialis merk masing2

Dan setuju, bengkel umum yg modal getok harga kedepan gaakan laku, krn era keterbukaan gini, review gampang banget diakses, malah tinggal liat google maps mana yg udh terkenal dan reviewnya bagus, langsung kesitu, gaberani gambling ke bengkel yg baru/review sedikit
Nahhhh itu maksud aku, bengkel spesialis yang pengalaman dengan kualitas dan service terbaik yang bertahan.
Sebenarnya BeRes itu suatu ironi, mereka ditraining langsung secara periodik tetapi saat customer service di BeRes masih banyak keluhan tentang kualitas kerja.