Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by epinjose »

Halo rekans..

Diskusi santai yuk di dunia penerbangan..

Ceritanya belakangan sering dinas lukot dan ambil flight malam dari CGK, kira2 1900 ~ 2200.. kadang dapat flight yang t/o dari runway L, kadang juga dari runway R.. Saya perhatikan di jam2 ini cukup padat traffic nya.

Anggap lah (dan memang sering nya) boarding on-time, pushback on-time.. tapi di jam2 segini biasa suka antri untuk take off, karena rame sekali yang pada mau landing.. nggak dari Runway L maupun R.. kadang pernah sampai dapat antrian ke 12 (informasi dari kepten nya) yang nunggu nya bisa 45 menit sendiri.

Sambil nunggu, saya jadi wondering sendiri.. CGK ini kan punya 2 Runway yang heading course nya sama. both L & R juga dipake untuk T/O dan land. Kenapa kok ngga dibuat dedicated aja ya? semisal yang R buat land aja lalu yang L buat T/O, atau sebaliknya.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by alvin23 »

epinjose wrote:Halo rekans..

Diskusi santai yuk di dunia penerbangan..

Ceritanya belakangan sering dinas lukot dan ambil flight malam dari CGK, kira2 1900 ~ 2200.. kadang dapat flight yang t/o dari runway L, kadang juga dari runway R.. Saya perhatikan di jam2 ini cukup padat traffic nya.

Anggap lah (dan memang sering nya) boarding on-time, pushback on-time.. tapi di jam2 segini biasa suka antri untuk take off, karena rame sekali yang pada mau landing.. nggak dari Runway L maupun R.. kadang pernah sampai dapat antrian ke 12 (informasi dari kepten nya) yang nunggu nya bisa 45 menit sendiri.

Sambil nunggu, saya jadi wondering sendiri.. CGK ini kan punya 2 Runway yang heading course nya sama. both L & R juga dipake untuk T/O dan land. Kenapa kok ngga dibuat dedicated aja ya? semisal yang R buat land aja lalu yang L buat T/O, atau sebaliknya.
Kalo dedicated tmbah macet om, frekuensinya pasti lbh tinggi kl paralel to and landing.

Saya gatau kl di soetta, tp frekuensi turnover bandara 2 runway plg tinggi itu di heathrow, dan benchmarknya soetta pgn kyk heathrow buat handle frekuensi penerbangannya
Rocky R ADS CVT 2021
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by epinjose »

alvin23 wrote: Wed Mar 28, 2018 16:21 Kalo dedicated tmbah macet om, frekuensinya pasti lbh tinggi kl paralel to and landing.

Saya gatau kl di soetta, tp frekuensi turnover bandara 2 runway plg tinggi itu di heathrow, dan benchmarknya soetta pgn kyk heathrow buat handle frekuensi penerbangannya
Di ground nya mungkin lebih sibuk yah.. jd banyak yang silang.. misal pesawat dari T3 mo t/o di runway L, musti muter dulu..

Cuma pemikiran awam aja sih. Kadang juga mau t/o nunggu mungkin 3-4 pesawat landing kalau lg rame banget.. Apa lg kalo ketambahan pesawat kita lg di antrian paling bontot. hehe
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by newrubble »

sy bukan juru terbang tapi kalo google dgn keywords......what detemines runway direction...... nah jwp ada disitu bs pilih
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by andrijet »

Justru untuk memaksimalkan kapasitas traffic, sengaja tiap runway dipake buat takeoff landing.
Justru kl dedicated kyk yg TS bilang malah bikin traffic, hehehe..
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by epinjose »

newrubble wrote: Wed Mar 28, 2018 16:51 sy bukan juru terbang tapi kalo google dgn keywords......what detemines runway direction...... nah jwp ada disitu bs pilih
Betul ternyata om NR.. Memang ada bbrp opsi, dan buanyak juga ya faktor2 nya.
Paling menentukan dari alur taxiway nya memungkinkan ato ngga kalo pake dedicated runway.

Referensi:
www.skybrary.aero/index.php/Parallel_Runway_Operation
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by Omnibus »

sebetulnya apakah sdh pernah dilakukan operations research tentang kemungkinan hal tsb diterapkan? mungkin saja feasible, tergantung hasilnya apa. tp dlm implementasi pasti beresiko tinggi apalagi kondisi highly congested. hrs teliti sekali

mungkin pilihan maintaining status quo jalan terbaik dgn kondisi yg ada dan sdh experience
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by adrevolution »

Nah... saya sepemikiran dgn TS...

Beberapa waktu lalu saya lg hobi nonton youtube orang main game tower 3D, simulator ATC. Kalo main di bandara yg punya 2 runway biasanya memang 1 runway utk takeoff & 1 runway utk landing (agak kacau antriannya biasanya kalau runway takeoff & landing sama). Nah karena tiap hari lewat perimeter CGK, saya jd merhatiin flow runway CGK, lha kok 1 runway dipake buat takeoff sama landing macem bandara yg runwaynya 1 :big_think:
Tapi memang bisa jadi cara ini yg plg efisien, krn frekuensi flight dr T1 di selatan dgn T2 & T3 di utara sama2 banyak, jd gak hrs nyebrang ke sisi yg satunya.

CMIIW ya
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by mastom »

topik menarik, krn setiap bulan pergi ke lukot juga

mmg bikin gemes, berangkat siang agak mendingan, 3-4 pesawat ngantri, ttp aja 1/2 jam...

sy dengar mau bngn runway ketiga,
bandara KL 3 runway, smooth, dan dg KLIA 2, itu belalai bejibun, gak pernah turun naik bis
klo lsg ke belalai, saving 15 menit compare to bis,
singapore kyknya terlalu jauh comparenya

dulu parah lagi...nunggu bagasi bisa another 1/2 jam, plus deg2an di korek2 ama tikus bandara
sekarang kayaknya lbh cepet

klo pulang malam, lewat terminal 2 deg degan lagi, soalnya taxi blue bird dan express habis
yg ada tinggal gading, alamat borongan dan di cekok habis hehe

sekian bnyk keluhan, yg tdak di temui di airport tetangga...mudah2an segera di benahi,

satu lagi keluhan ringan, kenapa bikin skytrain di luar airport yah,
harusnya di dalam kaya di airpotr lain, soalnya another 10 menit lg bt naik tangga, dan scan bagasi lagi,

dan saya pikir kerta bandara di basement terminal 3, ternyata terpisah jauh di sana, pake skytrain lg yg durasinya 5 -10 menit,

di acumulasikan, dari pesawat berhenti, turun naik bis, jalan , antri imigrasi, nunggu bagasi lama, naik skytrain, sampe ke kereta,
terasa lama bt frequent flyer

curhat saja hehe
Ajo Ori
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Jun 23, 2013 2:17

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by Ajo Ori »

Ikut menyimak om, .... Curhat gate 23 di T3 yang jauhhh sekali menurut saya kalau datangnya mefet..hehehe, Keluar jakarta saya biasanya prefer halim kebetulan dekat rumah dan kadang antrian T/O cengkareng juga lama.
Tapi kalo balik prefer cgk, landasan lebih panjang jadi lebih smooth dan bagasi lebih cepat keluar dari pada halim
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by Zaxis »

Bikir runway 1 lg di utara
Traffic di t2 dan t3 kan bakal tinggi
Soal nya ntar t1 khusus liong doang
Citiling dan batix migrasi ke t2
Yg inter dari t3 semua
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by epinjose »

Omnibus wrote: Wed Mar 28, 2018 19:07 sebetulnya apakah sdh pernah dilakukan operations research tentang kemungkinan hal tsb diterapkan? mungkin saja feasible, tergantung hasilnya apa. tp dlm implementasi pasti beresiko tinggi apalagi kondisi highly congested. hrs teliti sekali

mungkin pilihan maintaining status quo jalan terbaik dgn kondisi yg ada dan sdh experience
adrevolution wrote: Wed Mar 28, 2018 22:24
Tapi memang bisa jadi cara ini yg plg efisien, krn frekuensi flight dr T1 di selatan dgn T2 & T3 di utara sama2 banyak, jd gak hrs nyebrang ke sisi yg satunya.

CMIIW ya
Iya mungkin kondisi saat ini sudah win-win solution ya antara jumlah in/outbound traffic dengan kapasitas taxiway dan slot gate/parking CGK saat ini.

Yg saya belum tahu, rw3 yg baru nanti ada terminal baru ndak yah? atau sementara cuma buat nambah kapasitas in/outbound dari rw1 dan 2.
karena yg rw3 ini besar kemungkinan taxiway nya akan motong rw2.
menurut saya jg kalaupun taxiway nya nggak motong, tetep harus hold short dulu karena motong path nya pesawat yg lagi final approach yang (setau saya) harus clear dari apapun itu..

*mohon koreksi nya*
*hanya logika awam*
Ajo Ori wrote: Thu Mar 29, 2018 1:14 Ikut menyimak om, .... Curhat gate 23 di T3 yang jauhhh sekali menurut saya kalau datangnya mefet..hehehe, Keluar jakarta saya biasanya prefer halim kebetulan dekat rumah dan kadang antrian T/O cengkareng juga lama.
Tapi kalo balik prefer cgk, landasan lebih panjang jadi lebih smooth dan bagasi lebih cepat keluar dari pada halim
Kalo sudah dapat gate 20 ke atas, mending tunggu shuttle aja dah.
pernah coba jalan ke gate paling ujung, itu shuttle sempat lewatin saya Pergi-pulang-pergi lagi.. wkwkwk
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by anrico17 »

Masalahnya itu mindahin macet di taxiway.... Yang ada antrean juga lebih panjang... Apalagi yng terminal 1 mesti nyebrang ke terminal 2 and kalo kebaikan nya lebih parah..... Ibarat nya kayak macet mau masuk gerbang tol..... Contoh gerbang tol Tanjung duren ke arah senayan.....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by haristk7 »

Knp gak dibuat dedicated T/O dan Landing per runway ? simpel, gak efisien..

yang saya tau begini..

ROT di CGK (Runway Occupancy Time) memang cukup tinggi, penambahan 1 runway juga gak akan menyelesaikan masalah secara keseluruhan dan itu cuma kesempatan buat nambah "proyek", dan pengamat penerbangan professional pun juga bilang "buat apa nambah runway ? perbaiki slot saja, itu yang paling penting". LGW (London Gatwick) dan BOM (Mumbai) yang hanya punya 1 runway tapi statistik pergerakan trafficnya sibuk kyk CGK tp bisa handle traffic lebih oke daripada CGK.

CGK 2 runway ops: 380,129 movements (2015)
BOM 1 runway ops: 305,465 movements (2016-2017)
LGW 1 runway ops: 280,666 movements (2016)

Mau CGK lebih efisien ? beberapa rekomendasi yang pernah saya denger dari teman2 saya di dunia penerbangan dan bbrp pengamat professional:
1. Layout taxiway perlu dibenahi, terutama rapid exit taxiway
2. Interaksi kedua runway (07L/25R dan 07R/25L) masih kurang, saat ini hanya dihubungkan taxiway WC1 dan WC2 (yang deket area Garuda Sentra Operasi)
3. Tambahin parkiran pesawat
4. Sistem ATC harus diupgrade
5. Minimum Traffic Separation dibuat lebih mepet tapi tetap dikasi jarak minimum kalo traffic yang didepan lebih "heavy". Tapi point no 4 harus dibenahi dulu

Berdasarkan charts JEPPESEN yang saya liat (saya ambil yang paling baru yang saya bisa pegang, expired 25JAN2018) untuk WIII/CGK, separasi sekarang per pesawat ada 6NM (nautical miles) dalam radius 10NM tp bisa diperpendek lagi menjadi 3NM dengan catatan:
a. The leading aircraft's wake turbulence category is the same or less than the category of the aircraft following it
b. Reduced separation does not apply, when following Heavy Aircraft
c. When traffic conditions permits
setau saya, LHR (London Heathrow) standard traffic separationnya 3NM dan minimumnya di 2.5NM. Hanya saja gap akan diperpanjang ke 5-6NM jika ada traffic yang sedang rolling for take off..tp ya itu tadi, peralatan ATC nya memadai untuk itu dan mereka berani untuk dibuat semepet mungkin.

yah antrian take off nya CGK masih lumayan "normal" kok, belom 2 jam kan ? belom pernah denger "pushback approved you're number 40 in sequences for take off"..HEHEHE
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by Dogies »

Kayaknya GA udah nambahin jarak jam/menit tempuh yang tertulis di tiket... mungkin untuk antisipasi ini kali ya...
MrBalloon
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jan 27, 2016 4:01

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by MrBalloon »

haristk7 wrote: Thu Mar 29, 2018 9:08 yah antrian take off nya CGK masih lumayan "normal" kok, belom 2 jam kan ? belom pernah denger "pushback approved you're number 40 in sequences for take off"..HEHEHE
profresi nya pilot ya om? kejadian dmn om dpt nomor urut 40? heheh

sebagai pilot meja cmn pernah ampe 5-6, itu jg udah males nunggu giliran om...
kagum liat penjelasan om, cmn jdi ada pertanyaan saya om. misal sudah upgrade atc sistem cgk, lalu jd 3nm apa ga mepet banget om, apalagi klo lg kedapetan 7L/R (kalau ga salah) misal naik lagi traffic nguler dr utara serem juga ya msk barisan lg.... apa mesti nambah airways lgi...
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by haristk7 »

MrBalloon wrote: Thu Mar 29, 2018 14:37
profresi nya pilot ya om? kejadian dmn om dpt nomor urut 40? heheh

sebagai pilot meja cmn pernah ampe 5-6, itu jg udah males nunggu giliran om...
kagum liat penjelasan om, cmn jdi ada pertanyaan saya om. misal sudah upgrade atc sistem cgk, lalu jd 3nm apa ga mepet banget om, apalagi klo lg kedapetan 7L/R (kalau ga salah) misal naik lagi traffic nguler dr utara serem juga ya msk barisan lg.... apa mesti nambah airways lgi...
hahaha bukan (or belom) om, kejadiannya dari kenalan saya di salah satu airport tersibuk di USA, evening rush hour

3nm cukup kok, nih final approach di London Heathrow, tp ya itu, butuh layout rapid exit taxiway yang bagus, begitu landing roll bisa langsung cepet2 kosongin runway..

btw ini screenshot LHR approach dari video asli di youtube
Image



kalo ini video single ops runway di LGW, keren





ATC tinggal koordinasi dengan pilot untuk maintain speed atau reduce speed to minimum (or very minimum) :mrgreen:

saya kalo denger frekuensi ATC di Eropa dan USA suka denger: "reduce speed to minimum", "vacate runway when able, traffic behind 3 miles", "continue your approach, expect very late landing clearance, traffic is still on the runway"..kalo di JFK atc nya beneran teges tuh, bisa dimarahin kalo terlalu lambat, flownya harus selalu cepat..

airways yang saya dengar memang kudu dibenahin, arrivals and departures flow runway 25L/R sih udah oke, tp yang saya denger 07L/R itu masih kurang
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by biznatch »

Solusi : jangan berangkat dari CGK, dari HLP aja :D

Ane frequent flyer dinas palembang - jakarta. Tiket dari kantor defaultnya pake garuda. Kalo palembang - jakarta sih masih nyaman pake garuda. Tapi kalo jakarta - palembang ane udah muak sama antrian take off dan gate ujung yg jauhnya minta ampun. Solusinya ya special request ke kantor minta batik atau citilink yg berangkat dari halim. Hehehe
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by octafiantos »

HLP kan kebaikan militer bantu padetnya flight Jakarta.
Ga semua flight ada di situ, jadi cuma bisa buat solusi ke kota tertentu doang. International flights ga da di situ.
Kavling kosong, bisa dikridit.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by ginting »

Kemaren saya arisan RT di rumah orang yg kerjanya sebagai air trafic controler.
saya tanya, kenapa sih itu runaway gak dibikin dedicated aja,..1 buat naek, 1 lagi buat turun ???
dia jawab bahwa dulu pernah dicoba tapi kurang efektif, karena kalo dari terminal 2 misalnya untuk naek musti muter ke terminal 1, itu akan nambah waktu untuk proses di taxiway....jadi mereka pertahankan seperti sekarang ini...(masing2 runaway ada untuk naik dan turun)
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by rito »

jadi kepikiran, bagaimana kalau pesawat nya aja yang dibuat bisa terbang dan mendarat secara vertikal. prosesnya dilakukan di runway. jadi sekali t/o bisa beberapa pesawat.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by ginting »

rito wrote: Thu Aug 16, 2018 7:49 jadi kepikiran, bagaimana kalau pesawat nya aja yang dibuat bisa terbang dan mendarat secara vertikal. prosesnya dilakukan di runway. jadi sekali t/o bisa beberapa pesawat.
secara teori bisa oom, dan sdh ada pesawat Osprey yg bisa VTOL (vertical take off and landing).
Tapi kalau untuk pesawat gede penumpang belum ada.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by dizco »

VTOL itu untuk aplikasi non-militer rada susah, itungan stress & fatigue, kemampuan mesin dkk CMIIW jauh lebih sulit dibanding fixed wing biasa

dornier-31 yang kelahirannya ikut dibantu pak habibie saja nggak sukses kok
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by SPH »

rito wrote: Thu Aug 16, 2018 7:49 jadi kepikiran, bagaimana kalau pesawat nya aja yang dibuat bisa terbang dan mendarat secara vertikal. prosesnya dilakukan di runway. jadi sekali t/o bisa beberapa pesawat.
Belum ada mesin jet yang bisa menghasilkan gaya dorong sampai 100 ton di kecepatan nyaris 0 om masalahnya sekarang, osprey aja kalau MTOW harus rolling take off kok rasanya
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: Paralel Runway di CGK, kenapa nggak dedicated buat T/O atau Land aja?

Post by rito »

SPH wrote: Thu Aug 16, 2018 10:20
rito wrote: Thu Aug 16, 2018 7:49 jadi kepikiran, bagaimana kalau pesawat nya aja yang dibuat bisa terbang dan mendarat secara vertikal. prosesnya dilakukan di runway. jadi sekali t/o bisa beberapa pesawat.
Belum ada mesin jet yang bisa menghasilkan gaya dorong sampai 100 ton di kecepatan nyaris 0 om masalahnya sekarang, osprey aja kalau MTOW harus rolling take off kok rasanya
Hmmm belum ada ya oom. :mky_01:
Soalnya saya suka kagum liat drone yang bisa terbang itu. Dan membayangkan, kalau pesawat masa datang bisa terbang vertical spt itu.
Cuman ya... Bener sih, harus dipikirkan juga gaya angkatnya, apalagi kalau pake drone, itu teknologi baling baling nya sudah ada atau belum ya :big_think: