Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1452
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by alvin23 » 29 May 2018, 15:02

pcx wrote:
29 May 2018, 12:52
Omnibus wrote:
25 May 2018, 04:06
coba sekali2 buka google map trus zoom out paling luar. disitu bisa kelihatan kl secara geografis indo ga akan menang cost competitiveness dgn negara lain yg letaknya lbh strategis (dkt dgn pusat dunia). sama deserted nya dgn oz n nz, sama2 jg ekonomi ditopang oleh domestic consumption bedanya disana better governance.

jd kl product-based battle tdk competitive di international arena, maka hrs mengedepankan service industry. apa coba jagonya? training (pencegahan) korupsi atau dakwah.

tp tenang aja, hidup dimana2 sama ada enaknya ada engganya.
Agreed

Dulu di sekolah slalu diajarkan letak Indonesia itu strategis diapit 2 benua dan dilewatin 2 samudera, bro :mrgreen:

Jika sampe Terusan Kra di Thailand benar2 jadi kenyataan apakah akan membunuh jalur sibuk Selat Malaka yang melewati Indonesia, Malaysia dan terutama Singapura yg jadi salah satu port tersibuk dunia ?

Sehingga berdampak pada PDB 3 negara di atas

Image
Ya pasti berpengaruh sih.
Cuma masalahnya, motong waktu di kra canal itu kan gaseberapa, sementara sandar di singapore dapat benefit dekat dengan 2 market besar (Malay + Indo). Mungkin logicnya Kra canal itu, buat meringankan traffic di selat malaka yang sempit tp padat.

Beda kasusnya sama Suez Canal dan Panama Canal, signifikan bedanya sebelum dan setelah ada kanal, yang tadinya harus muterin benua ke selatan jauh, sekarang motong di tengah.
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Omnibus » 29 May 2018, 16:08

pcx wrote:
29 May 2018, 12:52

-cut

Jika sampe Terusan Kra di Thailand benar2 jadi kenyataan apakah akan membunuh jalur sibuk Selat Malaka yang melewati Indonesia, Malaysia dan terutama Singapura yg jadi salah satu port tersibuk dunia ?

Sehingga berdampak pada PDB 3 negara di atas

Image
menurut ogut sih yg lewat jalur existing ttp besar traffic nya soalnya negara2 disitu jml penduduknya banyak n import volume jg pasti besar. tambah jg exportnya.

kl yg via jalur baru yg khusus ke asia timur. perlu ditunggu apakah banyak vessel yg isi angkutannya utk destinasi sana semua (direct flight), atau bisa jg sebagian hrs drop cargo di spore or malay port.

belum lg harga bbm n quality of service yg sulit menandingi benchmark threshold existing spore port.

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5325
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by nugroho bagor » 29 May 2018, 21:20

Dan juga lewat mallaca strait factor pirate,masih jadi momok,walau sudah menurun banyak

User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 02 Aug 2017, 11:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by NewMarine » 30 May 2018, 03:19

Kra Channel bisa mengurangi waktu tempuh sekitar 2 - 3 hari utk berlayar dari SCS ke Andaman Sea. Secara perhitungan fuel consumption betul mengurangi, tapi kompensasi ada musti bayar port fees, channel service, pilot n mooring service, etc. Shortage 2 hari masih bisa tercover kalo kapal load n discharge di S'pore. Sebab S'pore sedang bikin Tuas Mega Port dgn latest technology automation system.
Malaysia (dgn china) juga sedang mengembangkan proyek ECRL double track yg menghubungkan Kuantan dgn Port Klang tanpa lewat Spore.

Persaingan semakin seru dan negara kita cuma bisa jadi penonton..

imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: 01 Oct 2017, 19:40

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by imanoff » 30 May 2018, 03:59

Kalau kita bisa ambil kesempatan, seandainya Kra canal jadi dibuka, Sabang punya potensi untuk dikembangkan jadi pelatihan transit guna “menggantikan” Singapura.

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Omnibus » 30 May 2018, 04:19

NewMarine wrote:
30 May 2018, 03:19
cut-

Persaingan semakin seru dan negara kita cuma bisa jadi penonton.. ImageImageImage
biarin aja mrk bersaing jd service cost utk client pengguna jasa jd murah, logistic costs jd rendah. buat apa bersaing di arena yg sama. competitive advantage indo lahan dan manpower di indo berlebih, justru manufacturing yg hrs digenjot.

teoriii .....

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 939
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by lemonadelovers » 30 May 2018, 06:13

imanoff wrote:
30 May 2018, 03:59
Kalau kita bisa ambil kesempatan, seandainya Kra canal jadi dibuka, Sabang punya potensi untuk dikembangkan jadi pelatihan transit guna “menggantikan” Singapura.
Dulu sebelum krismon 98 udah mau dibangun, tp batal krna krismon, kalau skg mau bangun better kerjasama dgn china buat pendanaan kan china mau buat jalur sutra modern, jd kerjasam china-ina-thai, hasil galian tanah terusan kra buat reklamasi pulau sabang supaya pelabuhannya sekelas singapura

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by martinnn » 30 May 2018, 09:38

Omnibus wrote:
30 May 2018, 04:19
NewMarine wrote:
30 May 2018, 03:19
cut-

Persaingan semakin seru dan negara kita cuma bisa jadi penonton.. ImageImageImage
biarin aja mrk bersaing jd service cost utk client pengguna jasa jd murah, logistic costs jd rendah. buat apa bersaing di arena yg sama. competitive advantage indo lahan dan manpower di indo berlebih, justru manufacturing yg hrs digenjot.

teoriii .....
manpower berlebih tapi demanding, tukang demo dan output rendah.... untuk apa
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 784
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by IGedeAmat » 30 May 2018, 10:26

martinnn wrote:
30 May 2018, 09:38

manpower berlebih tapi demanding, tukang demo dan output rendah.... untuk apa
karena ada yang ngilik2 juga,
kalo gak ada yg ngompor2in mah cenderung adem ayem aja..

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Omnibus » 30 May 2018, 16:14

martinnn wrote:
30 May 2018, 09:38

manpower berlebih tapi demanding, tukang demo dan output rendah.... untuk apa
bicara ttg itu di northern europe lbh parah. demanding iya bgt sebab tingkat kesejahteraan adlh segala2nya, di setiap industri yg sama employer hrs ikut kesepakatan gaji yg disepakati union industri yg bersangkutan. jd ada union utk setiap profesi yg ada. jd indo msh menang dlm manpower cost (yg murni tanpa extra2)

demonstrasi itu hal lumrah juga krn itu mmg hak menyuarakan aspirasi yg dilindungi konstitusi

bedanya hanya di output. outputnya jgn dibandingin deh. tapi kan output sebetulnya bisa ditraining. jd training systemnya yg hrs dibuat betul spt vocational school yg berkualitas. sy sdh lihat di oz dan di finland, yg namanya vocational school system, guru dan fasilitasnya yg bagus itu. bisa ditiru.


Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Zaxis » 20 Jul 2018, 20:37

Dolar segitu kan yg pusing pedagang brg import
Kalo exporter mah ketawa gede
Tiongkok aja turunin harga yuan biar jd murah

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by martinnn » 20 Jul 2018, 20:52

itu yg komen detikers mah uda pasti iq jongkok pengangguran lah.... kalo orang intelek mana ada waktu nyinyir jadi netizen..... indon in a nutshell
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17751
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Turboman » 20 Jul 2018, 20:54

Zaxis wrote:Dolar segitu kan yg pusing pedagang brg import
Kalo exporter mah ketawa gede
Tiongkok aja turunin harga yuan biar jd murah
Masalahnya produk manufaktur apa dr Indo yg semua bahan baku nya benar2 murni 100% dr dalam negeri ??

Kecuali :
- CPO
- MiGas
- Batubara
- Nickel konsentrat
- Hasil2 tambang
- Hasil laut
- Hasil perkebunan
- Wallet

ya itu murni dr dalam negeri

wkwkwkwkwk

Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Zaxis » 20 Jul 2018, 22:40

Turboman wrote:
20 Jul 2018, 20:54
Zaxis wrote:Dolar segitu kan yg pusing pedagang brg import
Kalo exporter mah ketawa gede
Tiongkok aja turunin harga yuan biar jd murah
Masalahnya produk manufaktur apa dr Indo yg semua bahan baku nya benar2 murni 100% dr dalam negeri ??

Kecuali :
- CPO
- MiGas
- Batubara
- Nickel konsentrat
- Hasil2 tambang
- Hasil laut
- Hasil perkebunan
- Wallet

ya itu murni dr dalam negeri

wkwkwkwkwk
Maaf nih om,yg jadi masalah nya dimana yah?
Harap maklum otak nya kecil jd ga nyambung nih butuh pencerahan

Produk export bahan baku dalam negri?
-Ban
-Baju
-Sepatu
-Furnitur
-Rokok
-F&B
Itu sih menurut pendapat pribadi sotoy aja

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by mike22 » 21 Jul 2018, 06:41

martinnn wrote:
20 Jul 2018, 20:52
itu yg komen detikers mah uda pasti iq jongkok pengangguran lah.... kalo orang intelek mana ada waktu nyinyir jadi netizen..... indon in a nutshell
Ga cuman di detik sih, di fesbuk ama ig juga ga kalah mencengangkan. Tong kosong nyaring bunyinya memang petuah abadi. Orang yang ga bisa mengerjakan apa-apa, mulutnya yang bekerja 😙

hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by hafizh » 21 Jul 2018, 07:58

Zaxis wrote:
20 Jul 2018, 22:40
Turboman wrote:
20 Jul 2018, 20:54
Zaxis wrote:Dolar segitu kan yg pusing pedagang brg import
Kalo exporter mah ketawa gede
Tiongkok aja turunin harga yuan biar jd murah
Masalahnya produk manufaktur apa dr Indo yg semua bahan baku nya benar2 murni 100% dr dalam negeri ??

Kecuali :
- CPO
- MiGas
- Batubara
- Nickel konsentrat
- Hasil2 tambang
- Hasil laut
- Hasil perkebunan
- Wallet

ya itu murni dr dalam negeri

wkwkwkwkwk
Maaf nih om,yg jadi masalah nya dimana yah?
Harap maklum otak nya kecil jd ga nyambung nih butuh pencerahan

Produk export bahan baku dalam negri?
-Ban
-Baju
-Sepatu
-Furnitur
-Rokok
-F&B
Itu sih menurut pendapat pribadi sotoy aja
maksud om turbo itu yg murni dalam negeri, klo yg om sebutkan diatas setahu saya belum murni dlm negeri. Ada teman yg gawe di industri furnitur, masih ada yg impor, bahkan kayunya pun masih ada bbrp yg impor tergantung pesanan dr luar...

muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 05 Dec 2015, 16:25

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by muvaed » 21 Jul 2018, 10:36




User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17751
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Turboman » 22 Jul 2018, 09:12

Zaxis wrote:
Turboman wrote:
20 Jul 2018, 20:54
Zaxis wrote:Dolar segitu kan yg pusing pedagang brg import
Kalo exporter mah ketawa gede
Tiongkok aja turunin harga yuan biar jd murah
Masalahnya produk manufaktur apa dr Indo yg semua bahan baku nya benar2 murni 100% dr dalam negeri ??

Kecuali :
- CPO
- MiGas
- Batubara
- Nickel konsentrat
- Hasil2 tambang
- Hasil laut
- Hasil perkebunan
- Wallet

ya itu murni dr dalam negeri

wkwkwkwkwk
Maaf nih om,yg jadi masalah nya dimana yah?
Harap maklum otak nya kecil jd ga nyambung nih butuh pencerahan

Produk export bahan baku dalam negri?
-Ban
-Baju
-Sepatu
-Furnitur
-Rokok
-F&B
Itu sih menurut pendapat pribadi sotoy aja
Produk

1. Ban :
Silica nya dr Brenntag
Carbon Black - Cabbot
Sintetik Rubber - Lanxess
Dll

Yg murni lokal cuman Karet alam, Sulphur (maybe) & Tenaga kerja ??

2. Textile
Kapas katun dari mana tuh ?
DyeStuff - DyStar / other Global brand
Atau misal ada DyeStuff buatan lokal, bahan baku Pigment nya dari mana tuh ?

Yg bahan baku dr lokal mungkin Viscose fibre (Linen) ?
Dan Tenaga kerja Indonesia tentu-nya

3. Sepatu
Branded shoes merek2 besar apalagi, wong semua bahan2 baku-nya di Nominate ama si Pemberi order, gak boleh pake sembarang merek

Yg murni lokal mungkin ya sebagian bahan baku utk Outer sole spt Karet alam / CaCO3 (sport shoes) dan Tenaga Kerja Indonesia tentunya

Ya itulah sebagian gambaran-nya

Industri manufaktur di Indonesia umumnya sgt bergantung dgn supplier2 dari Luar Negeri

CMIIW


Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Zaxis » 22 Jul 2018, 22:32

Kan beli nya pake dolar om
Jual lg juga itung dolar
Kalo itung rupiah baru pusing

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17751
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Turboman » 22 Jul 2018, 22:38

Zaxis wrote:Kan beli nya pake dolar om
Jual lg juga itung dolar
Kalo itung rupiah baru pusing
Ya itu dia

maksudnya dgn kenaikan USD impact nya juga gak banyak utk yg export hasil manufakfur apabila banyak pake bahan baku dr luar

lain halnya yg export hasil Tambang / hasil laut / perkebunan / Sarang wallet......cuan-nya lgs menggelegaarrrrrrr.........wkwkwkkwkwkwk


User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by pcx » 23 Jul 2018, 15:41

Perforna ekonomi Amerika sedang kinclong sekali walaupun terlepas dari tingkah laku Trump yang sering kontroversial :mrgreen:

Salah satu indikator paling utamanya adalah tingkat pengangguran dalam negeri Amerika yang terendah sepanjang sejarah. Belum lagi melihat indikator yang lain memang harus diakui ekonomi Amerika terus membaik :frm_salut: :frm_tumbright:

Ini yang menjadikan mayoritas USD balik kampung dan negara lain mulai kekeringan likuiditas USD sementara demand USD terus meningkat.
Sehingga diprediksi sepanjang taon ini kalo value mata uang regional seperti Rupiah cenderung akan terus tertekan melawan hegemoni USD :e-snooty:

Just IMO and CMIIW
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by iwing » 25 Jul 2018, 13:55

kalo import, kan ada 'biaya' yang harus dikeluarkan. nah jika barang import tersebut di olah lagi disini untuk kemudian di export lagi, maka 'biaya' tersebut akan dikembalikan lagi

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1999
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Winz » 25 Jul 2018, 14:14

pcx wrote:
23 Jul 2018, 15:41
Perforna ekonomi Amerika sedang kinclong sekali walaupun terlepas dari tingkah laku Trump yang sering kontroversial :mrgreen:

Salah satu indikator paling utamanya adalah tingkat pengangguran dalam negeri Amerika yang terendah sepanjang sejarah. Belum lagi melihat indikator yang lain memang harus diakui ekonomi Amerika terus membaik :frm_salut: :frm_tumbright:

Ini yang menjadikan mayoritas USD balik kampung dan negara lain mulai kekeringan likuiditas USD sementara demand USD terus meningkat.
Sehingga diprediksi sepanjang taon ini kalo value mata uang regional seperti Rupiah cenderung akan terus tertekan melawan hegemoni USD :e-snooty:

Just IMO and CMIIW
Mungkin inilah cara Trump mengatur USA, gak butuh banyak pencitraan, walau dihujat

Dia memimpin USA seperti memimpin sebuah perusahaan bisnis, yang ga mau sampai rugi

hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by hafizh » 25 Jul 2018, 14:33

iwing wrote:
25 Jul 2018, 13:55
kalo import, kan ada 'biaya' yang harus dikeluarkan. nah jika barang import tersebut di olah lagi disini untuk kemudian di export lagi, maka 'biaya' tersebut akan dikembalikan lagi
nunggu setahun baru bisa kembali... :off_sleep:

Post Reply