Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

IGedeAmat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by IGedeAmat » 25 May 2018, 07:59

alvin23 wrote:
24 May 2018, 23:25
nugroho bagor wrote:
20 May 2018, 19:38
Kalau pas trit begini,ingat si NR,ayo om,balik,jangan baper
Yang baper kan lawan bicaranya :( trus main keroyokan

sangat disayangkan sih
ngarep si Om NR nongol lagi sambil nyapa..
"Piye kabare... ?? lebih uenak ada aku tho....??"

Dogies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Dogies » 25 May 2018, 10:53

IGedeAmat wrote:
25 May 2018, 07:59
alvin23 wrote:
24 May 2018, 23:25
nugroho bagor wrote:
20 May 2018, 19:38
Kalau pas trit begini,ingat si NR,ayo om,balik,jangan baper
Yang baper kan lawan bicaranya :( trus main keroyokan

sangat disayangkan sih
ngarep si Om NR nongol lagi sambil nyapa..
"Piye kabare... ?? lebih uenak ada aku tho....??"
:big_smile]

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1597
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by coklatMetalik » 25 May 2018, 13:50

IGedeAmat wrote:
25 May 2018, 07:59
alvin23 wrote:
24 May 2018, 23:25
nugroho bagor wrote:
20 May 2018, 19:38
Kalau pas trit begini,ingat si NR,ayo om,balik,jangan baper
Yang baper kan lawan bicaranya :( trus main keroyokan

sangat disayangkan sih
ngarep si Om NR nongol lagi sambil nyapa..
"Piye kabare... ?? lebih uenak ada aku tho....??"
Kira2 begini
hoe gaat het? jij mist me toch?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Michaelktp » 26 May 2018, 13:02

jwid wrote:
24 Feb 2018, 09:32
mengapa depresiasi mobil setiap taun turunnya banyak ... misal mercy tiap taun mau jual sudah turun 100juta ... tapi stnk taunannya turun paling 50rb kadang malah naik ya? hanya nimbrung topik dan iseng iseng tanya siapa tau ada yang punya info valuasi mobil di pajak lebih tinggi mana dengan valuasi second hand market
Depresiasi mobil Jepang brand mainstream sekarang juga tinggi banget. Perang diskon dan juga apalagi yang beredar isu defect terutama di MId sized MPV dan SUV ladder frame yang berharga antara IDR 400-500 juta. Semakin ambrol juga malah bisa-bisa setara atau malah mengalahkan depresiasi Mercedes hahaha.

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Michaelktp » 26 May 2018, 13:53

pcx wrote:
20 May 2018, 10:20

CUT

Asli horor, sampe era Imora Motor pun berakhir menjadi HPM per Februari 99 :e-snooty:
Begitu pula ATPM mobil lainnya :e-wall: :frm_bang_head:

CMIIW
ATPM Honda (2W) juga berubah dari PT. Federal Motor menjadi PT. AHM.
ATPM terbesar Indo DM: PT. AI juga jatuh ke tangan JM Group (UK) pasca 1998.
Hmm...jadi teringat nasib ATPM mobil dan motor (2W) Indo DM pasca krisis 1998. Pertumbuhan ekonomi -13% dan pasar mobil ambrol hanya total 50K unit yang terjual sepanjang 1998. ATPM mobil dan motor (2W) Indo DM bergelimpangan. Ini mengakibatkan HQ prinsipal dari Japan dan German harus turun tangan "menyelamatkan" bisnis dan mitra lokal mereka di Indo DM dengan membailout dan menjadi pemegang saham mayoritas pasca 1998.
Bahkan sekelas Daihatsu Japan juga kolaps karena krisis Asia 1997-1998. DMC quit dari Thai DM. Di Indo DM hanya menjual Feroza dan Espass PSD. Taft yang menjadi backbone dan produk legendaris 4x4 Daihatsu berakhir tragis karena harga terlalu mahal. DMC desperate dan give up jatuh ke tangan TMC Japan. Ngenes.
Kalau DMC tidak kolaps, mungkin tidak akan ada duet AvXen, RusTer, AgAy dan CalSig di Indo DM saat ini.

User avatar
bero89
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 15 Oct 2016, 19:19

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by bero89 » 26 May 2018, 16:28

Michaelktp wrote:
pcx wrote:
20 May 2018, 10:20

CUT

Asli horor, sampe era Imora Motor pun berakhir menjadi HPM per Februari 99 :e-snooty:
Begitu pula ATPM mobil lainnya :e-wall: :frm_bang_head:

CMIIW
ATPM Honda (2W) juga berubah dari PT. Federal Motor menjadi PT. AHM.
ATPM terbesar Indo DM: PT. AI juga jatuh ke tangan JM Group (UK) pasca 1998.
Hmm...jadi teringat nasib ATPM mobil dan motor (2W) Indo DM pasca krisis 1998. Pertumbuhan ekonomi -13% dan pasar mobil ambrol hanya total 50K unit yang terjual sepanjang 1998. ATPM mobil dan motor (2W) Indo DM bergelimpangan. Ini mengakibatkan HQ prinsipal dari Japan dan German harus turun tangan "menyelamatkan" bisnis dan mitra lokal mereka di Indo DM dengan membailout dan menjadi pemegang saham mayoritas pasca 1998.
Bahkan sekelas Daihatsu Japan juga kolaps karena krisis Asia 1997-1998. DMC quit dari Thai DM. Di Indo DM hanya menjual Feroza dan Espass PSD. Taft yang menjadi backbone dan produk legendaris 4x4 Daihatsu berakhir tragis karena harga terlalu mahal. DMC desperate dan give up jatuh ke tangan TMC Japan. Ngenes.
Kalau DMC tidak kolaps, mungkin tidak akan ada duet AvXen, RusTer, AgAy dan CalSig di Indo DM saat ini.
Andai Honda r2 masih federal motor, body honda nggak gampang rompal mungkin yah Image

herp
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: 09 Aug 2015, 07:58

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by herp » 26 May 2018, 18:00

Michaelktp wrote:
26 May 2018, 13:53

...
ATPM terbesar Indo DM: PT. AI juga jatuh ke tangan JM Group (UK) pasca 1998.
Astra bukannya dijual buat ngebayarin ganti rugi bank summa ya, dan gak lsg dijual ke JM Group

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 821
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by batumakam » 26 May 2018, 21:03

Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2219
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by sintoni » 26 May 2018, 21:28

batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Serius nih om. Ngeri banget ya.

Pas pulang dari RS maksudnya kena rampok motornya om?

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 821
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by batumakam » 27 May 2018, 04:13

sintoni wrote:
26 May 2018, 21:28
batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Serius nih om. Ngeri banget ya.

Pas pulang dari RS maksudnya kena rampok motornya om?
Iya kena todong, akhirnya saya n bokap 'menyerahkan' secara 'cuma-cuma' si astrea kwkwkw
Untung ga bawa mobil,waktu itu bokap pake volvo ntah seri apa saya ndak begitu inget....
Jadi inget tu volvo sampe diumpetin rapi+ndlesep banget didalam 'garasi' sama bokap wkwkkw
Saya jalan dari Kartasura sampe Boyolali, ngeri ngeri sedap waktu itu kwkwkw.....
Begitu nyokap udah baikan langsung caw ke aussie sampe alm gusdur lengser baru balik lagi ke indo....
Balik ke indo starting dari 0 lagi, sisa rumah sama beberapa petak tanah n sawah.....
*yg pake ontel bokap, beli dari orang dipinggir jalan...
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by richard t » 27 May 2018, 06:27

Omnibus wrote:
21 May 2018, 02:35
kenapa ya pada banyak yg hafal waktu era e36 keluar? apa krn banyak yg berkesempatan punya atau gimana? idaman setiap org ketika itu?

rasanya kl era yg lain, misalnya e90 org pada ga gitu hafal kan. jangankan e90, e46 jg rasa2nya ga seterkenang e36.

Ada kemungkinan model e36 ini agak lama bertahan Om. Kalau ga salah dari th 91-98. Th 98 keluar model e46 dgn transmisi steptronik pertama.
E36 th 97 versi lokal kalau ga salah ada seri 318 m43 , 323 biasa juga ada limited ed. Rentang harga rp 110- 150.
Mungkin jg dgn harga bersaing vs mid sedan jepun. Jd byak org ambil versi e36 m43 nya Om.

User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 02 Aug 2017, 11:51

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by NewMarine » 27 May 2018, 07:00

batumakam wrote:
sintoni wrote:
26 May 2018, 21:28
batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Serius nih om. Ngeri banget ya.

Pas pulang dari RS maksudnya kena rampok motornya om?
Iya kena todong, akhirnya saya n bokap 'menyerahkan' secara 'cuma-cuma' si astrea kwkwkw
Untung ga bawa mobil,waktu itu bokap pake volvo ntah seri apa saya ndak begitu inget....
Jadi inget tu volvo sampe diumpetin rapi+ndlesep banget didalam 'garasi' sama bokap wkwkkw
Saya jalan dari Kartasura sampe Boyolali, ngeri ngeri sedap waktu itu kwkwkw.....
Begitu nyokap udah baikan langsung caw ke aussie sampe alm gusdur lengser baru balik lagi ke indo....
Balik ke indo starting dari 0 lagi, sisa rumah sama beberapa petak tanah n sawah.....
*yg pake ontel bokap, beli dari orang dipinggir jalan...
Betul Om. Malah nenek saya jalan kaki dari kota sukoharjo sampai boyolali karena ga ada bus / angkutan umum yg jalan. Tapi sodara yg dosen di UMS dan UNS udah kasih saran ke semua family utk tidak bepergian. Jadi di keluarga saya simpan bahan makanan dll d rmh. Cuma jaga2 aja di depan gang. Kasian ya nenek saya itu. Karena niat mo pulang malah ga bisa.

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 596
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Omnibus » 27 May 2018, 16:26

richard t wrote:
27 May 2018, 06:27

Ada kemungkinan model e36 ini agak lama bertahan Om. Kalau ga salah dari th 91-98. Th 98 keluar model e46 dgn transmisi steptronik pertama.
E36 th 97 versi lokal kalau ga salah ada seri 318 m43 , 323 biasa juga ada limited ed. Rentang harga rp 110- 150.
Mungkin jg dgn harga bersaing vs mid sedan jepun. Jd byak org ambil versi e36 m43 nya Om.
kalo life cycle kan memang rata2 setiap generasi 6-7 thn. tp yg e36 "rasanya" lbh terkenang, menurut sy krn di forum ini banyak yg termasuk generasi yg menjalani masa itu (thn kelahirannya sebelum thn 2000), bnyk keluarga yg ekonominya bagus jd bisa punya, mungkin jg krn diujungnya keluar 323i yg ccnya diatas 2000cc yg sesuatu bgt pada jamannya, mungkin krn sering lihat dipake abg dijalan yg diceperin celup mirip mobil btcc.

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5225
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by nugroho bagor » 27 May 2018, 19:12

batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Wah,baru tahu saya,Boyolali rusuh juga ya,kirain kota2 besar saja

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 821
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by batumakam » 27 May 2018, 20:36

nugroho bagor wrote:
27 May 2018, 19:12
batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Wah,baru tahu saya,Boyolali rusuh juga ya,kirain kota2 besar saja
Boyolali ga begitu parah om, yg parah mah di Kartasura
Semua diobong :glodak:
Ngeri dah kalo di inget inget... Lewat kandang menjangan kopassus ga bisa, semua akses ditutup....
Untung sebelum rusuh masih sempat evakuasi nyokap, sempat kepikiran dibawa ke jogja tapi udah ga kuat...
Yg rada aman ya Boyolali....
Inget pas lewat matahari singosaren sore sore udah ga karuan bentuknya,.... :ungg:
Oh ya waktu mau pindah ke aussie tu sedan volvo ga laku dijual (efek ekonomi carut marut?)
Ditinggal aja ngejogrok sampe balik dari aussie, sekitar th 2002 diperbaiki bokap lalu dijual ke kawan...
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 02 Aug 2017, 11:51

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by NewMarine » 27 May 2018, 20:41

Tapi ngeri juga Om. Gudang indofood n gudang garam habis dijarah+dibakar. Termasuk toko2 sepanjang jalan raya. Toko yg dijaga kopassus yg lumayan agak aman.

User avatar
bero89
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 15 Oct 2016, 19:19

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by bero89 » 27 May 2018, 21:16

batumakam wrote:
nugroho bagor wrote:
27 May 2018, 19:12
batumakam wrote:
26 May 2018, 21:03
Pas tanggal 15 mei, nyokap mau lahiran semua rs penuh plus stok obat menipis, nyari alkohol kassa dll yg diminta rs ga dapet (Boyolali)
Keliling solo, klaten, Sukoharjo apotek semua pada tutup
Ga berani bawa mobil waktu itu, keliling sama bokap naik motor suasana udah menggila, mana ane 'tergolong' salah satu 'étnis' yg 'diburu' waktu itu... (nyokap ada keturunan jepang) takut diburu+rampok, alhamdulillah dapet barang yg dicari plus masih 'utuh' sampe di rs...
Walau berangkat bawa astrea, pulang pake onthel (kena todong di Kartasura)
Sampe sekarang ga pernah berhenti bersyukur masih diberi umur panjang sama allah, ga akan pernah lupa akan peristiwa mengerikan 98
Alm bokap sempat menyesal ga bawa keluarga ke Aussie saat itu, ga nyangka akan separah ini kondisi di Indo....
Wah,baru tahu saya,Boyolali rusuh juga ya,kirain kota2 besar saja
Boyolali ga begitu parah om, yg parah mah di Kartasura
Semua diobong :glodak:
Ngeri dah kalo di inget inget... Lewat kandang menjangan kopassus ga bisa, semua akses ditutup....
Untung sebelum rusuh masih sempat evakuasi nyokap, sempat kepikiran dibawa ke jogja tapi udah ga kuat...
Yg rada aman ya Boyolali....
Inget pas lewat matahari singosaren sore sore udah ga karuan bentuknya,.... :ungg:
Oh ya waktu mau pindah ke aussie tu sedan volvo ga laku dijual (efek ekonomi carut marut?)
Ditinggal aja ngejogrok sampe balik dari aussie, sekitar th 2002 diperbaiki bokap lalu dijual ke kawan...
Aduh, serem yah kertasura sampe begitu. Baru kenal juga sama daerah ini baru-baru ini, secara camer asli situ & tinggal disana sekarang. Gak kebayang sewaktu kerusuhan bagaimana, cukup dekat juga dengan markas kopasus padahal.

Yang saya inget tank & kendaraan berat dari cijantung sudah parkir disekitar pasar rebo

User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 821
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by batumakam » 27 May 2018, 23:03

bero89 wrote:
27 May 2018, 21:16
batumakam wrote:
nugroho bagor wrote:
27 May 2018, 19:12
Wah,baru tahu saya,Boyolali rusuh juga ya,kirain kota2 besar saja
Boyolali ga begitu parah om, yg parah mah di Kartasura
Semua diobong :glodak:
Ngeri dah kalo di inget inget... Lewat kandang menjangan kopassus ga bisa, semua akses ditutup....
Untung sebelum rusuh masih sempat evakuasi nyokap, sempat kepikiran dibawa ke jogja tapi udah ga kuat...
Yg rada aman ya Boyolali....
Inget pas lewat matahari singosaren sore sore udah ga karuan bentuknya,.... :ungg:
Oh ya waktu mau pindah ke aussie tu sedan volvo ga laku dijual (efek ekonomi carut marut?)
Ditinggal aja ngejogrok sampe balik dari aussie, sekitar th 2002 diperbaiki bokap lalu dijual ke kawan...
Aduh, serem yah kertasura sampe begitu. Baru kenal juga sama daerah ini baru-baru ini, secara camer asli situ & tinggal disana sekarang. Gak kebayang sewaktu kerusuhan bagaimana, cukup dekat juga dengan markas kopasus padahal.

Yang saya inget tank & kendaraan berat dari cijantung sudah parkir disekitar pasar rebo
NewMarine wrote:
27 May 2018, 20:41
Tapi ngeri juga Om. Gudang indofood n gudang garam habis dijarah+dibakar. Termasuk toko2 sepanjang jalan raya. Toko yg dijaga kopassus yg lumayan agak aman.
Saya masih inget tu, satu deret dari per4an kts sampe luwes atau mitra ya? Yg depan terminal lama kts dibakar semua.... Harusnya saya muter lewat colomadu tapi ga berani (waktu itu masih ex lahan tebu) ngeri mana saya baru pindahan ga ngerti jalan daerah sono...
Eh bener, di tugu kts kena todong segerombolan orang..
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5225
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by nugroho bagor » 28 May 2018, 07:00

Kota yang "aman" cuma Magelang,sepertinya,ada Akabri di situ,saya lihat sampai sekarang Pemkot masih dibackup,kalau misal,ada yang "nakal",jadi tertib kotannya

kerlinsia
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 01 Feb 2017, 17:03

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by kerlinsia » 28 May 2018, 16:36

Hohoho, selesai juga ngebaca dari bener bener awal sampe sekarang :3 banyak banget ilmu yang ane dapet dari baca semua di thread ini, sampai capek screenshot tulisan tulisan yang nambah ilmu btw, baru tau W210 pas barunya bisa naik jadi 410jt waktu krismon. Di Faktur W210 E230 Classic M/T digarasi, "cuma" 126jt :"3

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Michaelktp » 28 May 2018, 17:56

bero89 wrote:
26 May 2018, 16:28

Andai Honda r2 masih federal motor, body honda nggak gampang rompal mungkin yah Image
Dulu sewaktu Honda 2W masih dibawah PT. FM, banyak yang merasa motor Astrea Prima jauh lebih bagus dan awet dari Astrea Grand. Secara blok mesin dan komponen Astrea Prima memang masih banyak yang Made in Japan. Lihat saja perbedaan blok mesin Astrea Prima dan Grand.
herp wrote:
26 May 2018, 18:00
Michaelktp wrote:
26 May 2018, 13:53

...
ATPM terbesar Indo DM: PT. AI juga jatuh ke tangan JM Group (UK) pasca 1998.
Astra bukannya dijual buat ngebayarin ganti rugi bank summa ya, dan gak lsg dijual ke JM Group
Yup, Astra memang sudah lepas dari Om Willem sejak Bank Summa dilikuidasi akhir tahun 1992. Jauh sebelum krisis 1998 dan jatuh ke tangan JM Group (UK)

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by Michaelktp » 28 May 2018, 18:27

Omnibus wrote:
27 May 2018, 16:26
richard t wrote:
27 May 2018, 06:27

Ada kemungkinan model e36 ini agak lama bertahan Om. Kalau ga salah dari th 91-98. Th 98 keluar model e46 dgn transmisi steptronik pertama.
E36 th 97 versi lokal kalau ga salah ada seri 318 m43 , 323 biasa juga ada limited ed. Rentang harga rp 110- 150.
Mungkin jg dgn harga bersaing vs mid sedan jepun. Jd byak org ambil versi e36 m43 nya Om.
kalo life cycle kan memang rata2 setiap generasi 6-7 thn. tp yg e36 "rasanya" lbh terkenang, menurut sy krn di forum ini banyak yg termasuk generasi yg menjalani masa itu (thn kelahirannya sebelum thn 2000), bnyk keluarga yg ekonominya bagus jd bisa punya, mungkin jg krn diujungnya keluar 323i yg ccnya diatas 2000cc yg sesuatu bgt pada jamannya, mungkin krn sering lihat dipake abg dijalan yg diceperin celup mirip mobil btcc.
Faktor di luar faktor nostalgia.
Saya juga lebih demen pada bentuk BMW E36 daripada E46 apalagi E90. Design exterior lebih timeless dan kalau dimodifikasi ala mobil BTCC atau DTM lebih matching daripada E46 yang sudah mengapsul. Evolusi body total dari BMW E30 ke E36 juga salah satu poin mengapa E36 lebih dikenang daripada E46 yang sudah mengapsul. Bahkan awalnya bentuk rear lamp E46 agak aneh karena mirip Hyundai Elantra first generation. Juga mungkin karena E36 meluncur saat BMW masih the real "Ultimate Driving Machine". Seperti masa keemasan MB di era Bruno Sacco.

User avatar
pcx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by pcx » 29 May 2018, 12:12

octafiantos wrote:
20 May 2018, 23:07
mpvlover wrote:
pcx wrote:
20 May 2018, 12:53

Kalo seri 320i baru start diatas 130 juta bahkan ada seri limited edition yang hanpir 150 juta. sedan BMW yang merebak di jalanan masa itu dan lebih laku dari 318i dan big sedan Jepang walopun harga jauh lebih mahal :frm
Bro mksdnya 325i dan 325i limited edition mungkin ? Jaman 318 kan berarti belom ada 320i ya ?

E36 318 dan 323
E46 318 dan 325 , juga CBU nya ada 323ci dan 328ci

Terus 325 jadi 330, 323ci jd 325ci dan 328ci jadi 330ci

Kalo ga salah inget ?.
E36 versi awal 318i/320i/325i(CBU) keluar satu generasi pake grill lebar (pre facelift) pake mesin M40, M50B20 vanos dan M50B25 non vanos.

Dilanjut upgrade keluar sebentar 323i pre facelift non ASC M52B25. 320i M52B20 dan 318i M43 pre facelift side skirt dan lower bumper sekeliling warna abu abu.

Baru keluar facelift grill jenong. 318i/323i pake M43B18/M52B25. Entah 320i grill jenong ada atau engga karena belum pernah liat.
Ooo..ic bro :frm_salut:

Perbedaan grill jenong dan lebar itu di mana nya ya? Grill E36 dulu bagus jika diganti yg krom :frm_tumbright:

Seingat nubie kok ga ada versi 325i di model E36 dan juga E46 yg beredar di Indo walopun CBU

Masa itu pemerintah masih ketat pada mobil CBU dan mengharuskan produsen untuk CKD dalam negeri, mungkin nubie terlewatkan jg sih :shrug:

Mesin terbesar 2500 ada di model 323i baik E36 maupun E46, kalo ga salah inget dan 323i E36 juga ada versi limited edition seperti di 320i E36

Tampilan luar E36 Ltd Edition memang lebih bagus dengan body kit BMW M3 dan logo di mobil bukan baling2 khas BMW, tapi logo BMW M

Kalo yang versi E46 udah ga ada versi Ltd Edition karena udah ada E46 import CBU Jerman

E46 CKD cunan 318i AT harga 350 juta taon 99

CMIIW
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

User avatar
pcx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by pcx » 29 May 2018, 12:52

Omnibus wrote:
25 May 2018, 04:06
coba sekali2 buka google map trus zoom out paling luar. disitu bisa kelihatan kl secara geografis indo ga akan menang cost competitiveness dgn negara lain yg letaknya lbh strategis (dkt dgn pusat dunia). sama deserted nya dgn oz n nz, sama2 jg ekonomi ditopang oleh domestic consumption bedanya disana better governance.

jd kl product-based battle tdk competitive di international arena, maka hrs mengedepankan service industry. apa coba jagonya? training (pencegahan) korupsi atau dakwah.

tp tenang aja, hidup dimana2 sama ada enaknya ada engganya.
Agreed

Dulu di sekolah slalu diajarkan letak Indonesia itu strategis diapit 2 benua dan dilewatin 2 samudera, bro :mrgreen:

Jika sampe Terusan Kra di Thailand benar2 jadi kenyataan apakah akan membunuh jalur sibuk Selat Malaka yang melewati Indonesia, Malaysia dan terutama Singapura yg jadi salah satu port tersibuk dunia ?

Sehingga berdampak pada PDB 3 negara di atas

Image
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini

Post by octafiantos » 29 May 2018, 13:59

pcx wrote:
29 May 2018, 12:12
Ooo..ic bro :frm_salut:

Perbedaan grill jenong dan lebar itu di mana nya ya? Grill E36 dulu bagus jika diganti yg krom :frm_tumbright:

Seingat nubie kok ga ada versi 325i di model E36 dan juga E46 yg beredar di Indo walopun CBU

Masa itu pemerintah masih ketat pada mobil CBU dan mengharuskan produsen untuk CKD dalam negeri, mungkin nubie terlewatkan jg sih :shrug:

Mesin terbesar 2500 ada di model 323i baik E36 maupun E46, kalo ga salah inget dan 323i E36 juga ada versi limited edition seperti di 320i E36

Tampilan luar E36 Ltd Edition memang lebih bagus dengan body kit BMW M3 dan logo di mobil bukan baling2 khas BMW, tapi logo BMW M

Kalo yang versi E46 udah ga ada versi Ltd Edition karena udah ada E46 import CBU Jerman

E46 CKD cunan 318i AT harga 350 juta taon 99

CMIIW
Grill pre-facelift itu lebar dan simetris.
Grill facelift itu asimetris, menyudut di bagian atas luar dan pinggiran grillnya besar seperti pinggiran pizza yang ada isinya jadi keluar dari dudukan grillnya. Gril bawaan aslinya memang krom pinggirannya, atau maksudnya krom semua sampe ruas grillnya? E36 325i CBU transmisi otomatik hanya di pre-facelift pake mesin M50B25 non vanos, bagian depan mesinnya yang deket radiator rata tanpa jendolan. Facelifnya di sini yang masuk 323i dengan mesin M52B25 tapi intakenya beda untuk reduksi power. Bagian dalem intakenya lebih kecil daripada mulutnya untuk mencekik pasokan ke ruang bakar. Jadi banyak yang cari intakenya 325i punya M50B25 buat dipasang ke mesin baru.

Limited Edition sebetulnya ngga hanya bodikit.
Ada opsi interior sampe ke jeroan mesin pake stroker kit dan cam. Bisa custom terbatas, makanya banyak model karpet, jok dan rear shelf warnanya beda beda. Ada mobil ijo dalemnya standar, tapi ada yang full ijo dari karpet, jok, door trim sampe rear shelf/deck. Kalo yang ambil opsi MST, jeroannya pake street-legal tune up kit ada grafir MST dengan buku sertifikat. Banyak yang ngaku MST tapi udah ngga punya sertifikat, kalo yang begini sih ga dijamin. Mestinya diperlakukan seperti Benz Masterpiece tanpa jam. Klaim soalnya murah, tinggal ngaku. Secara sejarah menurut saya E36 itu mobil paling mbingungi kombinasi eksterior, interior dan jeroan mesinnya. Banyak yang udah jadi gado-gado sekarang, hilang nilai sejarahnya tinggal sisa label dulu pernah jadi BMW.

E46 325i masuk dari pre-facelift sampe facelift pake mesin yang sama.
Pake M54B25 sudah dual vanos dengan drive by wire. Yang agak aneh, saya belum pernah cek langsung karena ga dapet info VIN, E46 318i ada yang masuk versi non triptonik. Pake tuas transmisi sequential model E36 (P-R-N-D-3-2). Tapi saya ga dapet detail informasinya, hanya dapat gambar mobil dan konsol transmisi. Sebagai gimmick pernah keluar juga E46 limited edition dengan emblem kecil. Beda di rear parking sensor, udah built-in di 318i. Entah di trim lain pernah ada atau engga karena kaya ngga serius bikin gimmicknya. Cmiiw.
Kavling kosong, bisa dikridit.

Post Reply

Return to “Public's Lounge”