Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

rendr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by rendr » 08 Mar 2019, 10:15

epinjose wrote: ↑
08 Mar 2019, 06:36
RollinBoss5009 wrote:
rendr wrote: ↑
07 Mar 2019, 19:32


PPF For 2 or 3 years is fine.. lebih dari itu clear coat bakal butek..
Ppf lbh masalah convinience ama peace of mind aja, ama ekonomis. Kl soal butek siy itu relatif yah, krn blm ngalamin sendiri. Paling ekstrim, kmrn taon baru pas tengok kk.. toyota tundra dia 5taun pake xpell masih ok banget kondisi cetnya. Pdhl parkir outdoor, baik dirumah ato dikantor dia. Dan texas weather juga. Kl disurabaya sempet pake suntek 3 taun sblm ganti bpkb masih ok cetnya. Balik lagi, faktor installer ama quality ppfnya. Kl coating, buat show sih oke banget.. tp jadinya ribet ngerawatnya.. kl buat mobil harian diindo.. bisa stress nganggur. Tp tiap org beda perspective yah. Ada yg waktu luang banyak buat cari carwash bagus dan rute hariannya ama parkiran rumah ramah thd cet mobil. Ada yg ah masa bodo toh cicilan lunas lsg ganti bpkb, ngapain repot2 buang duit. Ada juga yg kaya saya, krn ocd acute.. jd ppf lbh preferable ImageImageImage
Hmm.. Boleh jadi pertimbangan ni.

Sorry out topic.
Om, boleh tau estimasi DM dan tempat yg ahli laminate stiker ini?

Dan kalo boleh share, merk laminate yg paling minim rusak cat untuk jangka panjang apa?

Thanks
Yg saya tau, PPF self healing vkool punya untuk compact sedan di kisaran 4x mil.. kalo ziebart punya jauh lebih murah.. tp entah bisa dpt coating paul dalton sepertinya.. warranty 10 taun pula
:mky_01:
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 03 Jun 2016, 04:52

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by RollinBoss5009 » 09 Mar 2019, 13:40

rendr wrote: ↑
08 Mar 2019, 10:15
epinjose wrote: ↑
08 Mar 2019, 06:36
RollinBoss5009 wrote:
Ppf lbh masalah convinience ama peace of mind aja, ama ekonomis. Kl soal butek siy itu relatif yah, krn blm ngalamin sendiri. Paling ekstrim, kmrn taon baru pas tengok kk.. toyota tundra dia 5taun pake xpell masih ok banget kondisi cetnya. Pdhl parkir outdoor, baik dirumah ato dikantor dia. Dan texas weather juga. Kl disurabaya sempet pake suntek 3 taun sblm ganti bpkb masih ok cetnya. Balik lagi, faktor installer ama quality ppfnya. Kl coating, buat show sih oke banget.. tp jadinya ribet ngerawatnya.. kl buat mobil harian diindo.. bisa stress nganggur. Tp tiap org beda perspective yah. Ada yg waktu luang banyak buat cari carwash bagus dan rute hariannya ama parkiran rumah ramah thd cet mobil. Ada yg ah masa bodo toh cicilan lunas lsg ganti bpkb, ngapain repot2 buang duit. Ada juga yg kaya saya, krn ocd acute.. jd ppf lbh preferable ImageImageImage
Hmm.. Boleh jadi pertimbangan ni.

Sorry out topic.
Om, boleh tau estimasi DM dan tempat yg ahli laminate stiker ini?

Dan kalo boleh share, merk laminate yg paling minim rusak cat untuk jangka panjang apa?

Thanks
Yg saya tau, PPF self healing vkool punya untuk compact sedan di kisaran 4x mil.. kalo ziebart punya jauh lebih murah.. tp entah bisa dpt coating paul dalton sepertinya.. warranty 10 taun pula
:mky_01:
Vkool emang mahal yah g kaca pelem g ppfnya 🀣🀣🀣
Ziebart itu udah lumayan banget kl nguber garansi yah. Enaknya sekalian anti karat dll.
Ini cerita lucu ya, dulu dius, jaman rantau.. awal pake car bra trs ppf gen awal.. taun 90 akhir 2000 awal. Ini coating2an belum trend. Masih wax. Lbh prefer car bra ato partial ppf, jd ppf dulu g langsung cover satu body.. masih daerah2 yg rawan ajah. Nah krn tinggal dan keluarga juga banyak diseputeran texas.. itu kl luar kota, musuhnya bugs/belalang/wereng. Itu biasanya abis luar kota, muka mobil ama kaca depan isinya bangkai ama sisa2 isi badan mereka. Itu bersihinnya amit2.. ini hampir kaya kena aspal levelnya. Belum roadkills macem rusa,jackrabbit, armadillo yg nyebrang jalan dadakan (dr perspektif kita dadakan yah πŸ˜‚).
Nah balik ke surabaya, yg pertamakali ada ppf itu csII tp itu amit2 kl ditanya soal ppf.. sotoynya trs lebih Niat jualan coating titaniumnya. Alesannya banyak ajah.. baru kali ini ada marketing yg jelek2in barang dagangannya. Jd kaya g ikhlas kl kita maunya pasang ppf aja.
Trs beli ppf 3m meteran.. minta pasangin kenalan yg dulu kerjanya cutting sticker ama wrapping. Cmn 3m krn murah.. yah setaun awetnya.
Oracal oragard blm coba.. cmnn pernah tanya, kualitasnya kaya wrapping oracal premium gitu. Biaya plus minus juga kaya oracal wrap. Cmn kl g salah, cmmiw, dia lbh kaku jd g semua permukaan bisa dilapis. Ga tau kl skrg, lebih tebel sih emang.
Nah suntek ama xpell ini merek lama, kl diluaran banyak yg kompetitornya tp diindo g banyak. Baru vkool aja yg liat gurihnya market crazy rich indonesian.. makanya harganya selangit. (Kl g selangit g dipercaya ntar βœŒοΈπŸ˜…βœŒοΈ).
Kl detailer traditional, mereka rada bias ke coating dan 3 steps wash dogma. No offense yah. G nyalahin juga, krn coating mau murah mau mahal.. itu kaya detailing traditional yg pake wax. Perawatannya hrs rajin dan scr g langsung maksa user utk rajin2 nyalonin mobil. ✌️☺️✌️ Apalagi kondisi medan yg hrs diterima ama kendaraan kita diindonesia yah begitulah πŸ˜….
Ini anti thesisnya ppf.. pasang ppf, kl bener.. dicuci tiap hari ama pembantu/supir pake spon piring ato kanebo mah g bakal baret2. Kl ada baret ketomprokan kucing, keserempet motor, dibuat nyender tukang parkir ato satpam.. tinggal jemur udah ilang baretnya. Tp dent/dekok/mblesek/peyangnya masih 😁. Tapi cet utuh. Dan scr teori.. bodi mobil dan cat mobil jaman now kan lentur banget, jd kl impact bisa absorb banyak energy.. ngurangin resiko baik penumpang maupun pedestrian. Nah coating2an itu kan kaya hardened extra layer of clear coat.. macem dikasi tempered glass kl hape. Jd lbh resiko getas kl ketowel.
Kl dijakarta pilihannya banyak dr ziebart ampe suntek, xpell, dan vkool. Blm wrapping specialists.. mereka pasti punya preference utk ppfnya.
Dan skrg ppf pilihan banyak, g cuman merek tp jenis juga.. mau doff/matte ato shining ada. Harga juga dr yg murmer ampe mahal ada.
Tergantung pilihan masing2.
Kl skrg siy.. mau dicoating bagus ato dippf di vkool.. pas dijual lagi, ngga ngaruh keharga jugal kok.
Ini realitanya yah. Dan g kaya velg ato audio.. ini g bisa ikut ke bpkb baru πŸ˜‚πŸ€£

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2036
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by kunaskun » 09 Mar 2019, 20:58

PPF = Paint Protection Film ini dari dulu banget sudah ada. sempet rame untuk stiker body hape. malah ada satu merek di USA sana pake bahan yang dipake buat baling2 helikopter militer.

kalau di europe dan USA, PPF ini alternatif coating dan rame karena tentu seiring zaman sudah bisa bikin lebih tahan cuaca, anti yellowing, anti cracking, daya tahan super lama, dsb. nah selain itu ada faktor lain: labor cost disana kan mahal, kalau coating pasti lebih lama daripada PPF. toh PPF ga butuh sampe gimana2 banget, karena nantinya akan ketutup PPF. kalau coating tentu mesti maksimal surface prepnya.

coating mobil baru sekarang saja booming di indo, karena jadi murah, jadi banyak yang masukin untuk jualan. padahal ini barang lama. Meguiars saja sudah ada belasan tahun lalu, baru sekarang di bikin lebih canggih, karena seiring maju jamannya udah bisa lebih praktis lagi. paling terkenal dulu coating pake bahan Titanium, tapi mahal dan aplikasi susah malah sempat ada yang mesti pake UV lah ga boleh panas lah dsb, sekarang murah karena pake bahan dasar SiO2 yang sudah bisa dikadalin biar gampang diaplikasikan. dulu ada juga alternatif murah coating. bisa pakai sealant. tapi daya tahan paling hitungan bulan dengan cuaca indo.

nah sekarang makin maju zaman selain murah SiO2 itu bisa di perkaya dengan filler. jadi biarpun itu detailer ngaco di satu step paint prep, bisa di cover dengan ginian. dan customer awam akan wow. padahal true detailer rata2 males dengan coating, kenapa? karena bayangin aja coating itu keras, tapi susah nantinya buat lakukan perbaikan. misal ada baret marring dsb di satu bidang, alhasil setelah perbaiki baret dsb idealnya mesti coating ulang semobil biar ga belang2. makanya perhatiin saja garansi coating itu hanya on paper. dan well mau seberapa kuat pun coating kalau kena sabun cuci piring dan kanebo ala org indo ya bubar.

tapi ya ini kan bagusnya Indo, jual saja mahal kasih bonus produk perawatan dan cara cuci yang benar, kalau masih rusak ya tinggal bilang saja kenapa ga pake produk perawatan saja, atau mesti berapa kali balik ke aplikator. cuma memang menakjubkan kan si coating zaman sekarang, sakti bener, dulu pakai sealant paling hitungan bulan sudah buyar, sekarang bisa berbulan2, malah kalau iseng bisa aplikasikan sendiri di rumah.

rendr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by rendr » 10 Mar 2019, 00:22

RollinBoss5009 wrote: ↑
09 Mar 2019, 13:40
rendr wrote: ↑
08 Mar 2019, 10:15
epinjose wrote: ↑
08 Mar 2019, 06:36


Hmm.. Boleh jadi pertimbangan ni.

Sorry out topic.
Om, boleh tau estimasi DM dan tempat yg ahli laminate stiker ini?

Dan kalo boleh share, merk laminate yg paling minim rusak cat untuk jangka panjang apa?

Thanks
Yg saya tau, PPF self healing vkool punya untuk compact sedan di kisaran 4x mil.. kalo ziebart punya jauh lebih murah.. tp entah bisa dpt coating paul dalton sepertinya.. warranty 10 taun pula
:mky_01:
Vkool emang mahal yah g kaca pelem g ppfnya 🀣🀣🀣
Ziebart itu udah lumayan banget kl nguber garansi yah. Enaknya sekalian anti karat dll.
Ini cerita lucu ya, dulu dius, jaman rantau.. awal pake car bra trs ppf gen awal.. taun 90 akhir 2000 awal. Ini coating2an belum trend. Masih wax. Lbh prefer car bra ato partial ppf, jd ppf dulu g langsung cover satu body.. masih daerah2 yg rawan ajah. Nah krn tinggal dan keluarga juga banyak diseputeran texas.. itu kl luar kota, musuhnya bugs/belalang/wereng. Itu biasanya abis luar kota, muka mobil ama kaca depan isinya bangkai ama sisa2 isi badan mereka. Itu bersihinnya amit2.. ini hampir kaya kena aspal levelnya. Belum roadkills macem rusa,jackrabbit, armadillo yg nyebrang jalan dadakan (dr perspektif kita dadakan yah πŸ˜‚).
Nah balik ke surabaya, yg pertamakali ada ppf itu csII tp itu amit2 kl ditanya soal ppf.. sotoynya trs lebih Niat jualan coating titaniumnya. Alesannya banyak ajah.. baru kali ini ada marketing yg jelek2in barang dagangannya. Jd kaya g ikhlas kl kita maunya pasang ppf aja.
Trs beli ppf 3m meteran.. minta pasangin kenalan yg dulu kerjanya cutting sticker ama wrapping. Cmn 3m krn murah.. yah setaun awetnya.
Oracal oragard blm coba.. cmnn pernah tanya, kualitasnya kaya wrapping oracal premium gitu. Biaya plus minus juga kaya oracal wrap. Cmn kl g salah, cmmiw, dia lbh kaku jd g semua permukaan bisa dilapis. Ga tau kl skrg, lebih tebel sih emang.
Nah suntek ama xpell ini merek lama, kl diluaran banyak yg kompetitornya tp diindo g banyak. Baru vkool aja yg liat gurihnya market crazy rich indonesian.. makanya harganya selangit. (Kl g selangit g dipercaya ntar βœŒοΈπŸ˜…βœŒοΈ).
Kl detailer traditional, mereka rada bias ke coating dan 3 steps wash dogma. No offense yah. G nyalahin juga, krn coating mau murah mau mahal.. itu kaya detailing traditional yg pake wax. Perawatannya hrs rajin dan scr g langsung maksa user utk rajin2 nyalonin mobil. ✌️☺️✌️ Apalagi kondisi medan yg hrs diterima ama kendaraan kita diindonesia yah begitulah πŸ˜….
Ini anti thesisnya ppf.. pasang ppf, kl bener.. dicuci tiap hari ama pembantu/supir pake spon piring ato kanebo mah g bakal baret2. Kl ada baret ketomprokan kucing, keserempet motor, dibuat nyender tukang parkir ato satpam.. tinggal jemur udah ilang baretnya. Tp dent/dekok/mblesek/peyangnya masih 😁. Tapi cet utuh. Dan scr teori.. bodi mobil dan cat mobil jaman now kan lentur banget, jd kl impact bisa absorb banyak energy.. ngurangin resiko baik penumpang maupun pedestrian. Nah coating2an itu kan kaya hardened extra layer of clear coat.. macem dikasi tempered glass kl hape. Jd lbh resiko getas kl ketowel.
Kl dijakarta pilihannya banyak dr ziebart ampe suntek, xpell, dan vkool. Blm wrapping specialists.. mereka pasti punya preference utk ppfnya.
Dan skrg ppf pilihan banyak, g cuman merek tp jenis juga.. mau doff/matte ato shining ada. Harga juga dr yg murmer ampe mahal ada.
Tergantung pilihan masing2.
Kl skrg siy.. mau dicoating bagus ato dippf di vkool.. pas dijual lagi, ngga ngaruh keharga jugal kok.
Ini realitanya yah. Dan g kaya velg ato audio.. ini g bisa ikut ke bpkb baru πŸ˜‚πŸ€£
saya pribadi setuju bgt sama statement yg saya bold diatas..

Memang analoginya mirip bgt sama tempered glass di layar hape... tp ga sedikit juga yg menerjemahkan kalo panel sudah di coating itu bebas perawatan,baret dll..

Karena saya sendiri punya pengalaman buruk sama wrapping.. jd ke PPF ini masih agak sangsi..
:mky_01:
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 31 Jul 2007, 15:07

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by speedfreak » 10 Mar 2019, 06:40

Abis baca thread ini trus nonton youtube ada om fitra lagi nge ppf in miatanya di SCBD. Kaget juga harga nya 50juta. Kalau ppf lainnya di kisaran harga berapa ya?
Klo coating kan harganya gak sampai 5jt or 10jt..
Baru mempertimbangkan coating atau ppf utk ignis karena cat nya seperti nya tipis dan gampang kegores..

epinjose
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by epinjose » 10 Mar 2019, 19:46

speedfreak wrote:Abis baca thread ini trus nonton youtube ada om fitra lagi nge ppf in miatanya di SCBD. Kaget juga harga nya 50juta. Kalau ppf lainnya di kisaran harga berapa ya?
Klo coating kan harganya gak sampai 5jt or 10jt..
Baru mempertimbangkan coating atau ppf utk ignis karena cat nya seperti nya tipis dan gampang kegores..
Atau ngga double siram clearcoat lagi ya.. tetangga ada juga yg siram ulang clearcoat di livinanya jd lumayan deep sih warnanya, 10an jt kata dia.

User avatar
Asfur
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by Asfur » 27 Mar 2019, 10:16

Ane jg sempet liat vlog nya om fitra, klo mnrt ane sih terlepas dr kesanggupan ekonomi, mgkn akan lbh worth di lapis film gitu kalo yg mobilnya bakal jadi item collector yah kayaknya, macam mobil om fitra. Kalo mis alphard atau mercy sekalipun yg dijadiin kuda harian, dan lepas 10 taon (apalagi cuman dipake 5 taonan) kayaknya kita hanya spt sayang2 ngerawat mobil kita, emang sih mgkn sepanjang 10 taon liatnya kinclong, tp yg lbh nikmatin mah yg beli sekennya nanti msh dpt cat ori, harga tentu ngk beda2 jauh ama yg ngk dilapis film.

xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2080
Joined: 31 Dec 2005, 11:16

Re: Sharing Cuci mobil tempat umum dgn resiko baret minimal

Post by xtr40rd1n4rym4n » 27 Mar 2019, 10:39

Asfur wrote: ↑
27 Mar 2019, 10:16
Ane jg sempet liat vlog nya om fitra, klo mnrt ane sih terlepas dr kesanggupan ekonomi, mgkn akan lbh worth di lapis film gitu kalo yg mobilnya bakal jadi item collector yah kayaknya, macam mobil om fitra. Kalo mis alphard atau mercy sekalipun yg dijadiin kuda harian, dan lepas 10 taon (apalagi cuman dipake 5 taonan) kayaknya kita hanya spt sayang2 ngerawat mobil kita, emang sih mgkn sepanjang 10 taon liatnya kinclong, tp yg lbh nikmatin mah yg beli sekennya nanti msh dpt cat ori, harga tentu ngk beda2 jauh ama yg ngk dilapis film.
Masoek PakGub...
Lama tak bersua nih.. :mky_03:

Post Reply