Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Turboman »

IU dan APM mobil mahal kayaknya pada ogah ikut GIIAS

udah sewa booth muahal......yg datang beli belum tentu ada.......

Jag Land Rov aja sampe bikin pameran sendiri di BSD



kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by kompresorz »

saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...

udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...

undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...

saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...

btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by teretenteng »

kompresorz wrote: ↑Sat Aug 19, 2017 13:30 saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...

udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...

undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...

saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...

btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
aje gile om ini, keputusan ruar biasa,masuk akal n logis juga sih Om..... lain cerita klo kita punya rencana mw ambil unit ya.... hehe
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Chevyman »

kompresorz wrote: ↑Sat Aug 19, 2017 13:30 saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...

udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...

undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...

saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...

btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
Salut om :big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Turboman »

kompresorz wrote:saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...

udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...

undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...

saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...

btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
Lebih seru ke Anugerah ya
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by POS VETT »

Trend mobil untuk macam2 demographics memang berbeda, tapi yang pasti, peminat mobil2 yang ke arah sport/performance selalu sedikit sekali jumlahnya. Kalau di China masalah ruang kaki jok belakang, di Indonesia trendnya bagaimana supaya mobil bisa angkut orang sebanyak mungkin; kalau bisa satu kelurahan terangkut semua entah ke mana tujuannya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
jeepTruck
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by jeepTruck »

We don't need car....
We need mass RAPID transit....
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by bryan_miner »

Iya, Pajak perolehan nya memang salah satu yg gila di Indo, jadinya harga mobil bisa jadi salah satu yg tertinggi, tapiiiii biaya utk maintain/keep nya (harga bbm, pajak tahunan, pajak emisi yg ga ada, progresif) termasuk yg paling termurah jadinya ga karu karuan kondisi di jalan. CMIIW..
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Penikmat_Kopi »

Mungkin karena sedan harganya lebih mahal dan muatnya lebih sedikit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7365
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by newrubble »

hrs nya indo jadi global heaven of

low(spec) sedan
low(spec) minitruck
low(spec) minibus
low(spec) small motorbike
low(spec) living
low(spec) safety
low(spec) edu
low(spec) everything else

jadi kalo ada (dmn pun) yg sebut negara indo, yg pops up duluan itu ya low(spec) nya itu
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Koddy »

Sedan tuh di Indonesia sekarang ga laku karena:
1. Pajak mahal, berakibat harganya jadi mahal dibandingkan mpv/suv
2. Jalanan banyak yang rusak & banjir

Coba bandingkan tahun 80-90-2000, yang rame pasar sedan. Pasar MPV SUV ga gitu banyak.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Michaelktp »

Pra 1998 sedan saloon displacement 1.6L-2.0L memang yang merajalela di Indo DM.
SUV jika tidak 4x4 masih disebut "Jip Banci" (Escudo-Sidekick-Feroza)
MPV ?? Masa itu mobil seperti Kijang-Panther-Kuda masih dianggap mobil niaga termasuk yang versi PU. Sekarang sudah keren, ada istilah LMPV dan Mid MPV sejak Avanza-Innova launching.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by g4ndalf »

POS VETT wrote: ↑Sat Aug 19, 2017 22:27 Trend mobil untuk macam2 demographics memang berbeda, tapi yang pasti, peminat mobil2 yang ke arah sport/performance selalu sedikit sekali jumlahnya. Kalau di China masalah ruang kaki jok belakang, di Indonesia trendnya bagaimana supaya mobil bisa angkut orang sebanyak mungkin; kalau bisa satu kelurahan terangkut semua entah ke mana tujuannya.
Peminat mobil sport / performance banyak... cuma kantongnya yg gak kuat. Peminat sedan juga banyak, cuma kondisi jalan yg jelek aja, punya sedan biasanya punya mobil lain yg tinggi. Kalau bicara ride quality sedan jauh lebih baik daripada mobil sekelas yg lebih tinggi, center of mass tinggi artinya lebih limbung - itu hukum alam ga bisa dilawan... hehehe. Misal c class vs glc meskipun sama2 mercy ride quality c class jauh lbh baik.

Kondisinya mungkin mirip dgn motor, keinginan utk naik motor sport cukup besar... tapi kantong gak kuat.
Paling kentara di sportbike kelas 150cc, rata2 milih itu karena harga lbh miring & lebih irit bbm. Kalau faktor2 tsb nggak masalah tentu pilih yg 250, 600 atau 1000 cc sekalian.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by marama »

Mgkn g kalau memang pasar otomotif indonesia memang real nya sdh mentok di 1jt unit spt skrg? kl digenjot lagi NPL nya yg bermasalah
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by g4ndalf »

Turboman wrote: ↑Fri Aug 18, 2017 7:25 As subject

semakin menurunnya daya beli masyarakat Indonesia dan harga2 terus membubung tiap tahun krn inflasi

Mungkinkah ke depannya bisa2 pameran mobil akbar tahunan di Indo lebih tepat disebut "National LMPV & middle MPV - SUV show' ketimbang International autoshow ?
....
Mungkinkah suatu hari nanti entah kapan.......Avanza masuk kategori mobil "lumayan mahal" dan Innova menjadi benar2 mobil mahal ?

CMIIW
Sudah terjadi dan TAM menyadari itu, maka tipe tertinggi innova dipasarkan sebagai 'toyota venturer' dan bukan 'innova tipe venturer' (per website TAM sendiri) ini gimmick marketing saja, bagaimanapun venturer itu = innova + printilan, wong mesin, chassis, suspensi nya sama semua. CMIIW sama dengan veloz. Fenomena ini ada di semua lini di semua merk pabrikan. CRV skrg sudah 'dipandang' SUV 'mewah' (entry level di BRV dan medium di HRV). Tahun 2010 - 2014 alphard vellfire booming, bahkan sampai sekarang populasinya banyak. Bandingkan kondisi sekarang, dilihat persentase tidak sebanyak zaman itu.

Di sisi lain, memang ada trend mengangkat produk lama lbh tinggi dan buat produk baru di bawahnya, misal toyota kijang/innova - posisinya dulu seperti posisi avanza skrg, dan bukan tidak mungkin 10 tahun ke depan - avanza bisa sekelas innova, sementara calya sekelas avanza dan ada tipe baru di bawahnya lagi.

Mungkin yg terjadi adalah middle income trap (pernah diulas ekonom). Jadi ada peluang bagi masyarakat bawah utk memajukan taraf hidup, tapi sampai di titik tertentu mentok. Sampai di titik tsb utk meningkatkan pendapatan sudah sangat amat susah. Makanya dalam hal pilihan kendaraan juga tercermin dari angka penjualan.. Tarafnya sampai di harga kisaran 200-400jt mungkin? Setelah itu terasa semakin berat dan berat... segmen harga mobil 500jt ke atas semakin sedikit. Efeknya ya kondisi di mana wajah otomotif kita didominasi mobil sejuta (mungkin sekarang belasan juta umat), sementara segmen atas hanyalah ribuan. Dalam kondisi tsb, wajar kalau APM terkesan ogah2an pameran mobil kelas2 atas. Buat apa susah2 pameran toh penjualan kecil sekali, cost ratio nggak masuk... toh utk mobil2 kelas atas datang sendiri (mending campaign lewat sosmed online - murmer).
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Omnibus »

wkwkwkwk low(spec) everything else

yg high(spec) matahari - - panas,
high(spec) polusi asap knalpot
sm high(spec) emosi di jalanan
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by Pboyz97 »

Koddy wrote: ↑Sun Dec 10, 2017 15:34 Sedan tuh di Indonesia sekarang ga laku karena:
1. Pajak mahal, berakibat harganya jadi mahal dibandingkan mpv/suv
2. Jalanan banyak yang rusak & banjir

Coba bandingkan tahun 80-90-2000, yang rame pasar sedan. Pasar MPV SUV ga gitu banyak.
Setuju om, ditambah lagi harga jual kembalinya lebih jatuh jika dibandingkan dengan mobil SUV / MPV
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by calonjenazah »

Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by josomba »

calonjenazah wrote: ↑Mon Jan 01, 2018 17:09 Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.
Kalo argumen subjektif ogut, ATPM keknya lebih main aman ya om menurut saya (?). Selama demand lmpv masih nanjak tinggi, yaaa atpm gamau ribet2 dan keluarin dana R&D untuk jenis lain seperti estate. Mungkin ketika market mulai jenuh karena kebanyakan pemain d lmpv, nanti atpm macem toyota baru coba model lain.
Image
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by g4ndalf »

calonjenazah wrote: ↑Mon Jan 01, 2018 17:09 Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.
Mungkin masalah selera dan belum terbiasa aja. Karena bentuk wagon mmg tidak seindah sedan. Nanggung juga bentuknya spt suv / mpv tapi kok pendek. Tapi kalau bicara value for money, di LN biasanya wagon lebih mahal dari sedan (krn materialnya juga perlu lbh banyak).
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by liemivan86 »

Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.

Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by alvin23 »

liemivan86 wrote: ↑Tue Jan 02, 2018 0:53 Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.

Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
yes, karena bikin station wagon jadi 7 seat itu gamudah secara desain. ada keterbatasan pada tinggi body, jd kalo dipaksain bisa2 headroom sempit, atau legroom ke bawah gacukup.

padahal market sini mikir, ya kalo gede segitu mah harus muat 7 hehe.
Rocky R ADS CVT 2021
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by racho »

alvin23 wrote: ↑Tue Jan 02, 2018 1:49
liemivan86 wrote: ↑Tue Jan 02, 2018 0:53 Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.

Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
yes, karena bikin station wagon jadi 7 seat itu gamudah secara desain. ada keterbatasan pada tinggi body, jd kalo dipaksain bisa2 headroom sempit, atau legroom ke bawah gacukup.

padahal market sini mikir, ya kalo gede segitu mah harus muat 7 hehe.
plus satu lagi masalah utama dimari: ground clearance.
ga lucu kan kalo liat station wagon dengan GC tinggi? pasti cukring pisan.
bisa bertujuh, tapi ga bisa jalan keluar kota dengan tenang, ya... rasanya bikin gak worth the money.

even Honda pun bertaubat setelah bertahun2 membuat Odyssey RB series...
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?

Post by calonjenazah »

Sebenarnya estate/wagon bukan untuk menyasar pasar MPV tetap ini pasarnya sedan, seenggaknya bisa jadi alternatif untuk yg memang ingin merasakan sedan tapi budget tidak mampu karena sedan di indo udah kelewat mahal, kebijakan pajak yg aneh disini juga bisa di manfaatkan buat pabrikan untuk masukin model estate, karena dianggap berkapasitas 7 penumpang dan lebih dari 4 pintu jadi lebih murah, padahal cost produksinya mungkin sedikit lebih mahal ketimbang versi sedannya (nambah kaca,pintu,atap dll). Tinggal edukasi ke konsumen sedannya aja dikencengin tentang estate, mungkin bisa naikin gairah pasar sedan&estate hehe.

Untuk kapasitas sih sebenarnya beberapa estate itu bisa 5+2(anak anak) tapi sepertinya ini opsi dari pabrikan saya kurang paham, seperti yg pernah saya lihat di estate benz TE milik teman saya s210 & s202 bagian row ketiga bisa untuk 2 seat anak anak hadap ke belakang tapi ya mengorbankan sebagian kapasitas bagasi. Tinggal pasang roof box di atas estate seperti audi di foto bawah ini IMHO jadi lebih estetik. Dan ini basis pure sedan tetep jauh lebih nyaman dibanding MPV/SUV.

Image

Ground clearence juga ga bisa dibandingin sama MPV/SUV estate ini kan basis sedan, pasarnya sedan tetep ada dan beda referensi dengan orang yg ingin beli MPV/SUV hehe. Kalau menurut selera saya sih beberapa sedan versi estatenya jauh lebih menarik ketimbang sedannya ini subyektif, yg paling cakep ya benz CLS estate hahaha