Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

QnetiC wrote:Mobil EV murni ini, kalau dari regulasi pajak Indo bagaimana ya?
Apakah kena pajak import yang sama dengan mobil regular (ICE) dan lebih murah dari mobil hybrid?
Soalnya EV kan bukan termasuk dual powertrain...
ya itu pajak Tesla masi ga bersahabat

belum ada reformasi pajak utk EV cars selama "kebebalan" masih mengalahkan akal sehat
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by armann »

adrevolution wrote: Sat Jul 08, 2017 22:39
armann wrote: Sat Jul 08, 2017 16:12 sienta di jepang ada gasoline nya jg kok, cmn penjualannya kalah jauh sm hybridnya
Yg tipe terbawah mungkin ya om? Soalnya klo liat di foto2 atau di TV kok cm liat yg ada logo hybridnya atau logo toyota biru :mky_01:
iy yg low spec om, makanya org juga ogah belinya, manual ac, jok tanpa handrest di baris kedua kyk di indo & bbrp safety sense hilang
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by armann »

OLAF wrote: Sun Jul 09, 2017 1:13
armann wrote: Sat Jul 08, 2017 16:10
coklatMetalik wrote: Fri Jul 07, 2017 3:15

Kalo di jepang sendiri mobil ramah lingkungan spt prius apakah cukup laku?
prius sih itungannya kalo di jepang penjualannya ga gitu wah soalnya hampir smua model toyota ada hybridnya & modelnya ga se nyeleneh prius, harrier ada hybrid, alphard juga, camry, estima, crown, sienta, chr, noah. skrg kalo liat di jepang kyknya banyakan crown hybrid malah daripada prius, ga tau kalo di kota2 kecilnya gmn
Masa sih ngga gitu wah padahal hampir tiap bulan masuk top 5 penjualan di sana si Prius dan Aqua. :e-think:
aqua yg pasti lebih bnyk sy liatnya dibanding prius, tp sy disana liatnya sih crown hybrid banyak bener ya, harrier hybrid juga, camry malah ga ada, utk taksi pun ga ada yg mau pake camry, malah corolla axio, kalo ga crown or mark x
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by alexdonovan »

teretenteng wrote: Sat Jul 08, 2017 17:27
alexdonovan wrote: Fri Jul 07, 2017 13:02 Saya termasuk yang skeptis dengan mobil listrik. Instead of market driven / regulation driven, ini (IMHO) hype-driven.

Why?
1. Rechargeable battery will always have limited lifetime. The capacity decreases over that lifetime
2. Energy density of the battery, tetep ga sepadat gasoline untuk volume sama. It implies that the range cannot be made equal to ICE cars
3. Fast charging... Secepat apapun ga akan lebih cepat dari 5 menit (waktu iso full tank plus gesek CC)
4. EV is not as clean as it's perceived to be. Rare earth mining di Africa itu saat ini masih highly unregulated. Massive environmental damage are happening there. Also, rare earth metal are exactly that... They are very rare

Kendala yang saya tulis diatas semuanya teknis. Then again, sebagai orang teknik saya mesti tahu bahwa ada batasnya kita bikin suatu improvement. Saya yakin 4 item diatas bisa solved, but I won't hold my breath... And they won't be cheap

Kurangi green house emission yang paling feasible saat ini di Indonesia ya eliminate coal-fired powerplant... Wind cuma bisa dipasang di NTB. Solar power is no longer cute when oil is at USD 40 / barrel
kenapa cuman di NTB Om? anginnya kencang2 emang Om?? parameternya apa?

klo visibilitas di NTB pasang kincir angin, tepatnya di daerah mana itu. sp tau dapat durian runtuh, bisa bikin kincir+generator buat mining energi listrik. hehehe
Sorry typo. Maksud saya NTT. Cuma disitu yang anginnya selalu ada sepanjang tahun.

Syaratnya bikin wind powerplant, angin consistently ada sepanjang tahun dengan minimum speed tertentu (saya lupa angkanya). Contoh, north sea, scotland, etc.

Iceland punya geothermal. Dia turbine blade-nya aja dari emas. Iceland can afford it, but not us.

Fuel cell based on H2 kelemahannya... H2 is not readily available in pure state. Mostly in H2O. Misahinnya energy extensive

Lebih masuk akal methanol-based (atau produk renewable lainnya). Kalo di ITB yang fokus disini ibu Isdiriayani dari Tekim.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by teretenteng »

alexdonovan wrote: Sun Jul 09, 2017 7:10
teretenteng wrote: Sat Jul 08, 2017 17:27
alexdonovan wrote: Fri Jul 07, 2017 13:02 Saya termasuk yang skeptis dengan mobil listrik. Instead of market driven / regulation driven, ini (IMHO) hype-driven.

Why?
1. Rechargeable battery will always have limited lifetime. The capacity decreases over that lifetime
2. Energy density of the battery, tetep ga sepadat gasoline untuk volume sama. It implies that the range cannot be made equal to ICE cars
3. Fast charging... Secepat apapun ga akan lebih cepat dari 5 menit (waktu iso full tank plus gesek CC)
4. EV is not as clean as it's perceived to be. Rare earth mining di Africa itu saat ini masih highly unregulated. Massive environmental damage are happening there. Also, rare earth metal are exactly that... They are very rare

Kendala yang saya tulis diatas semuanya teknis. Then again, sebagai orang teknik saya mesti tahu bahwa ada batasnya kita bikin suatu improvement. Saya yakin 4 item diatas bisa solved, but I won't hold my breath... And they won't be cheap

Kurangi green house emission yang paling feasible saat ini di Indonesia ya eliminate coal-fired powerplant... Wind cuma bisa dipasang di NTB. Solar power is no longer cute when oil is at USD 40 / barrel
kenapa cuman di NTB Om? anginnya kencang2 emang Om?? parameternya apa?

klo visibilitas di NTB pasang kincir angin, tepatnya di daerah mana itu. sp tau dapat durian runtuh, bisa bikin kincir+generator buat mining energi listrik. hehehe
Sorry typo. Maksud saya NTT. Cuma disitu yang anginnya selalu ada sepanjang tahun.

Syaratnya bikin wind powerplant, angin consistently ada sepanjang tahun dengan minimum speed tertentu (saya lupa angkanya). Contoh, north sea, scotland, etc.

Iceland punya geothermal. Dia turbine blade-nya aja dari emas. Iceland can afford it, but not us.

Fuel cell based on H2 kelemahannya... H2 is not readily available in pure state. Mostly in H2O. Misahinnya energy extensive

Lebih masuk akal methanol-based (atau produk renewable lainnya). Kalo di ITB yang fokus disini ibu Isdiriayani dari Tekim.
saat ini belum ada yang implement turbin angin dsana dengna skala besar Om? atau sudah ada rencana. berarti prospek NTT untuk turbin angin bisa di manfaatin dong ya. tinggal cari founding saja.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by alexdonovan »

teretenteng wrote: Sun Jul 09, 2017 7:24
saat ini belum ada yang implement turbin angin dsana dengna skala besar Om? atau sudah ada rencana. berarti prospek NTT untuk turbin angin bisa di manfaatin dong ya. tinggal cari founding saja.
NTT saat ini fokus masih di solar. Itupun megap megap dengan crude 40 dollar. Silakan saja kalo mau invest wind turbine disana. Saya jujur pengen lihat juga kalo sudah dalam skala besar
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Koddy »

alexdonovan wrote:
teretenteng wrote: Sat Jul 08, 2017 17:27
alexdonovan wrote: Fri Jul 07, 2017 13:02 Saya termasuk yang skeptis dengan mobil listrik. Instead of market driven / regulation driven, ini (IMHO) hype-driven.

Why?
1. Rechargeable battery will always have limited lifetime. The capacity decreases over that lifetime
2. Energy density of the battery, tetep ga sepadat gasoline untuk volume sama. It implies that the range cannot be made equal to ICE cars
3. Fast charging... Secepat apapun ga akan lebih cepat dari 5 menit (waktu iso full tank plus gesek CC)
4. EV is not as clean as it's perceived to be. Rare earth mining di Africa itu saat ini masih highly unregulated. Massive environmental damage are happening there. Also, rare earth metal are exactly that... They are very rare

Kendala yang saya tulis diatas semuanya teknis. Then again, sebagai orang teknik saya mesti tahu bahwa ada batasnya kita bikin suatu improvement. Saya yakin 4 item diatas bisa solved, but I won't hold my breath... And they won't be cheap

Kurangi green house emission yang paling feasible saat ini di Indonesia ya eliminate coal-fired powerplant... Wind cuma bisa dipasang di NTB. Solar power is no longer cute when oil is at USD 40 / barrel
kenapa cuman di NTB Om? anginnya kencang2 emang Om?? parameternya apa?

klo visibilitas di NTB pasang kincir angin, tepatnya di daerah mana itu. sp tau dapat durian runtuh, bisa bikin kincir+generator buat mining energi listrik. hehehe
Sorry typo. Maksud saya NTT. Cuma disitu yang anginnya selalu ada sepanjang tahun.

Syaratnya bikin wind powerplant, angin consistently ada sepanjang tahun dengan minimum speed tertentu (saya lupa angkanya). Contoh, north sea, scotland, etc.

Iceland punya geothermal. Dia turbine blade-nya aja dari emas. Iceland can afford it, but not us.

Fuel cell based on H2 kelemahannya... H2 is not readily available in pure state. Mostly in H2O. Misahinnya energy extensive

Lebih masuk akal methanol-based (atau produk renewable lainnya). Kalo di ITB yang fokus disini ibu Isdiriayani dari Tekim.
Selama bukan jadi tenaga listrik utama, wind powerplant bisa dimana saja, asal anginnya mencukupi. Di lahan gunung2 yang diisi tower2 BTS saja bisa diisi wind power plant kok. Hanya saja tau sendiri, di Indonesia pada ga mau susah dan juga pada ga bisa merawatnya.
Lihat saja di Jerman, mereka bikin powerplant dari tenaga angin dimana-mana, tapi lebih sebagai backup power plant. Main power plant mereka itu menggunakan coal. Lihat saja RWE Power, mereka menghidupi listrik hampir seluruh Jerman.
Coal Power Plant itu sebenarnya lebih efisien dibanding dengan solar.
Indonesia itu sebenarnya kaya akan SDA, yang semua bisa dimanfaatkan sebagai power plant. Hanya saja regulasi dan "kebebalan" yang membuat di Indonesia ini tidak mau explore menggunakan yang sebenarnya, namun mau proyek gampangnya saja.
Jujur saja, itu lahan coal di Kalimantan kalau dibuat coal power plant di Kalimantan sana, saya yakin cukup2 untuk memenuhi kebutuhan listrik dari Sabang sampai Merauke. Realitanya? No comment
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by alexdonovan »

Coal di Indonesia sangat banyak. Problemnya ada di emisi. Saya ga terlalu hafal aturan dari KLH mengenai coal-fired powerplant.

Cleanest fossil fuel untuk powerplant masih LNG.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

Coal Bed Methane Powerrplant

konon cadangqn CBM Indonesia juga luar biasa

CBM is Methane ......kayak Natural Gas
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by alexdonovan »

CBM cadangannya di Kalimantan. Pakai hydraulic fracturing untuk memperoleh methane. Teknologi relatif terjangkau harganya. Saya surprised, fracking industry di US masih bisa survive di crude 40 USD...
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by coklatMetalik »

Jalankan perintah Jokowi, Jonan mau SPBU jual baterai mobil listrik
http://a.msn.com/r/2/AAoqV88?a=1&m=ID-ID

Jonan: PLN bisa jual baterai mobil listrik di SPBU
http://a.msn.com/r/2/AAoqA4G?a=1&m=ID-ID

Cerdas jg nih idenya om jonan. Mobil yg baterainya sekarat dibawa ke SPBU, ditukar dgn baterai yg penuh. Jd konsumen beli listrik di dlm baterai itu. Persis spt beli elpiji, tabung kosong ditukar dgn tabung penuh...

Cuma masalahnya apakah semua mobil pake baterai yg sama. Kalo kompor kan apapun bentuk&merk kompornya ttp pake tabung gas yg sama....

Jangan sampe ntar cuma baterai toyota yg stoknya banyak...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by kunaskun »

listrik aja byar pet.. masih minta subsidi.. pembangunan power plant susah banget, ada aja masalahnya. daripada pusingin ginian mendingan cari cara gimananya itu listrik beres dulu. uda listrik beres baru d pikiran EV cs.

tapi emang EV ini evolusinya cepat si, apalagi biangnya si Tesla relatif sukses banget.
tensorflow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Jul 21, 2017 8:53

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by tensorflow »

IMHO, mobil listrik ini adalah masa depan. rasanya percaya atau ngga percaya, setuju ataupun ngga setuju, arahnya ya ke situ.

keliwat banyak kelebihannya dari mobil ice:
akselarasi lebih cepat, bobot lebih ringan (ga perlu blok mesin yg tahan ledakan), utk tempat pengisiannya (a.k.a. spbu) gampang dibuat (omong gampangnya: modal colokan listrik aja, ngga kayak spbu minyak yg kudu gali lobang segala), distribusi energi juga gampang (modal kabel aja, ga usah dibawa pakai mobil tanki), lebih irit biaya (nantinya), lebih ramah lingkungan dan lebih sehat, ga berisik, satu produsen motor listrik bisa dipakai ke macam2 mobil (maintenance lebih sederhana), sangat cocok untuk self-driving car (mobil yg ga pakai sopir lagi), dan masih banyak lagi.

yg jadi masalah: mobil ice yg sekarang segitu banyaknya bakal obsolete, kadaluarsa. perubahannya terlalu besar, mobkas bisa ga laku. produsen mobil yg kurang lincah bakal tergusur. kita sebagai konsumen ya kudu rajin mengamati perkembangan, jangan sampai terjebak.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

Dgn EV gak akan ada lagi masalah BBM Euro2 an, mobil gak masuk gara2 BBM jelek dll

Di Eropa negara2 yg bergerak cepat "membasmi" ICE = negara2 yg gak punya industri mobil

Kita liat coba negara2 yg hidup dr industri mobil seberapa cepat akan bergerak

di sisi lain :
Mungkinkah pembasmian ICE ini juga adalah taktik menghambat mobil import ?

Kita lihat coba si Japun spt nya masih "susah move on" dr ICE (Hybrid dibuat agar ICE masi tetap dipake)

Big 3 di US juga spt nya masi mengedepankan ICE

CMIIW

tensorflow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Jul 21, 2017 8:53

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by tensorflow »

Turboman wrote: Sat Jul 22, 2017 4:01 Dgn EV gak akan ada lagi masalah BBM Euro2 an, mobil gak masuk gara2 BBM jelek dll

Di Eropa negara2 yg bergerak cepat "membasmi" ICE = negara2 yg gak punya industri mobil

Kita liat coba negara2 yg hidup dr industri mobil seberapa cepat akan bergerak

di sisi lain :
Mungkinkah pembasmian ICE ini juga adalah taktik menghambat mobil import ?

Kita lihat coba si Japun spt nya masih "susah move on" dr ICE (Hybrid dibuat agar ICE masi tetap dipake)

Big 3 di US juga spt nya masi mengedepankan ICE

CMIIW
iya oom turbo, japan investasinya sudah sangat besar di ice, baik infra maupun sdm. mungkin mereka masih bingung bgmn melakukan transisi yg paling menguntungkan (atau tidak merugikan).

kalau untuk indonesia, mungkin memang sudah saatnya. toh kita kan sudah jauh ketinggalan untuk ice, nah mumpung mobil listrik masih sama2 baru, ini kesempatan bagi kita untuk ikutan mulai (walau tetap agak telat, tapi ga terlalu). kalau yg satu ini lolos, ya tamatlah sudah. keburu semua patent dan atau pasar dipegang orang lain.

pemerintah sekarang sudah cukup antisipatif, barusan ada berita kalau mobil listrik bisa ga perlu bayar pajak PPnBM (http://otomotif.kompas.com/read/2017/07 ... -indonesia).
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by silentIm2 »

coklatMetalik wrote:Jalankan perintah Jokowi, Jonan mau SPBU jual baterai mobil listrik
http://a.msn.com/r/2/AAoqV88?a=1&m=ID-ID

Jonan: PLN bisa jual baterai mobil listrik di SPBU
http://a.msn.com/r/2/AAoqA4G?a=1&m=ID-ID

Cerdas jg nih idenya om jonan. Mobil yg baterainya sekarat dibawa ke SPBU, ditukar dgn baterai yg penuh. Jd konsumen beli listrik di dlm baterai itu. Persis spt beli elpiji, tabung kosong ditukar dgn tabung penuh...

Cuma masalahnya apakah semua mobil pake baterai yg sama. Kalo kompor kan apapun bentuk&merk kompornya ttp pake tabung gas yg sama....

Jangan sampe ntar cuma baterai toyota yg stoknya banyak...
Teorinya sih bagus. Prakteknya baterai mobil listrik itu sangat berat. Google singkat beratnya baterai mobil listrik mulai sekitar 54kg untuk hybrid sampai sekitar 540 kg untuk tesla model S. Blom lagi tempatnya biasa di kolong mobil, atau bahkan sebagai member chassis mobil. Artinya tenaga 1 orang ga cukup,harus pake hidrolik. Belum lagi perlu terminal power yg robust namun mudah dipasang/dilepas oleh orang non teknisi. Dan orang tersebut harus mampu melihat kalo insulator rusak biar ga resiko terbakar. Penggantiannya ga bakal bisa secepat isi bbm, kecuali kalo mungkin sudah pake sistem robot. Rata2 baterai mobil listrik blom dirancang untuk user replacable.

Sent from my ASUS_X008DA

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by gobale »

EV di indonesia ? serahkan saja pada cucu dan cicit kita nanti....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

si Jo ?

ingat gak dulu kasus QZ 8501 si Jo mau bikin kebijakan aneh2.......sampe pakar IF om Ger nulis dgn keras di twitter nya......juga opini2 dari banyak pilot........akhirnya si Jo batalin.......wakakakkakakka

User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by grandis_GT »

Mobil listrik di Indonesia bakalan booming di tahun 2150 :ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by martinnn »

coklatMetalik wrote: Thu Jul 20, 2017 9:23 Jalankan perintah Jokowi, Jonan mau SPBU jual baterai mobil listrik
http://a.msn.com/r/2/AAoqV88?a=1&m=ID-ID

Jonan: PLN bisa jual baterai mobil listrik di SPBU
http://a.msn.com/r/2/AAoqA4G?a=1&m=ID-ID

Cerdas jg nih idenya om jonan. Mobil yg baterainya sekarat dibawa ke SPBU, ditukar dgn baterai yg penuh. Jd konsumen beli listrik di dlm baterai itu. Persis spt beli elpiji, tabung kosong ditukar dgn tabung penuh...

Cuma masalahnya apakah semua mobil pake baterai yg sama. Kalo kompor kan apapun bentuk&merk kompornya ttp pake tabung gas yg sama....

Jangan sampe ntar cuma baterai toyota yg stoknya banyak...
dulu garansindo dan viar juga idenya seperti ini... pakai indomaret alfamart... tapi motornya viar aja smpe skrg blom keliatan di jalanan
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by iwing »

pakai model seperti kompor gas aja. gimana pun bentuk kendaraan, bentuk baterai dan terkait baterai harus seperti 'itu'. udah titik. gak usah kebanyakan ide.

btw klo menurut saya yang bagus untuk diutamakan itu ya kendaraan komersial, seperti bus. itu israel masih ngembangin bis listrik wireless charger. kerennn walaupun ketinggian mimpi nya (klo di negeri ini) wkkwkwkw
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by silentIm2 »

Sebenarnya ada bbm yang teknologinya sudah mature penngganti bbm konvensional, dan hijau juga, yaitu LNG.
LNG juga bisa diproduksi lewat pembusukan sampah organik.

Kalau kita lewat daerah migas kayak di cepu atau cilacap, terpukau sama api abadi, itulah natural gas yg dibuang(dibakar), mungkin karena byproduct dari pengeboran minyak, namun yg diserap pasar lebih rendah dari yg dihasilkan.

Emisi LNG 30% lebih rendah dari petrolium, dan tidak menghasilkan partikulat. Apalagi kalau dipakai di mesin diesel. Nilai kalor LNG lebih tinggi 5 MJ/kg dibanding solar. Belom lagi harganya per kg lebih murah kalo ga salah.

Tapi di Indonesia penggalakan LNG panas2 tahi ayam. Juga ga ada insentif buat pabrikan untuk produksi mesin LNG.

Sent from my ASUS_X008DA


Last edited by silentIm2 on Tue Jul 25, 2017 5:51, edited 1 time in total.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

silentIm2 wrote:Sebenarnya ada bbm yang teknologinya sudah mature penngganti bbm konvensional, dan hijau juga, yaitu LNG.
LNG juga bisa diproduksi lewat pembusukan sampah organik.

Kalau kita lewat daerah migas kayak di cepu atau cilacap, terpukau sama api abadi, itulah natural gas yg dibuang(dibakar), mungkin karena byproduct dari pengeboran minyak, namun yg diserap pasar lebih rendah dari yg dihasilkan.

Emisi LNG 30% lebih rendah dari petrolium, dan tidak menghasilkan partikulat.

Tapi di Indonesia penggalakan LNG panas2 tahi ayam. Juga ga ada insentif buat pabrikan untuk produksi mesin LNG.

Sent from my ASUS_X008DA
kalo yg dari sampah itu gas Methan / CH4 spt CNG

Kalo flare gas di kilang itu bukannya itu LPG ya (jumlah atom karbon lebih banyak)

kalo Methane juga ada dari CBM aka Coal Bed Methane

cuman tetap pembakaran menghasilkan CO2

sedang EV kan gak ada CO2
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by silentIm2 »


Turboman wrote: kalo yg dari sampah itu gas Methan / CH4 spt CNG

Kalo flare gas di kilang itu bukannya itu LPG ya (jumlah atom karbon lebih banyak)

kalo Methane juga ada dari CBM aka Coal Bed Methane

cuman tetap pembakaran menghasilkan CO2

sedang EV kan gak ada CO2
iya om turbo makasih koreksinya.

Sent from my ASUS_X008DA

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil bensin & Diesel pelan2 akan hilang dr berbagai negara

Post by Turboman »

Jokowi Berkomitmen Kembangkan Mobil Listrik http://nasional.kompas.com/read/2017/07 ... il-listrik