Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

hehehe

pan ane udah cerita di page sebelumnya......mengenai saran ke Pemda yg pernah ane lakukan......antara Transportasi massal vs jalan tol.....at the end jalan tol yg menang

well, ga heran banyak yg curiga di Indo ini spt nya peranan industri otomotif sgt kuat thd pilihan pembangunan infrastruktur

coba kita lihat di Thailand, di Bangkok, jalan layang nya juga luar biasa.......jalan2 ke luar kota nya, walau mmg BKK punya BTS dan MRT, tapi kalo ane kasi score ya jaringan jalan nya masi lebih byk drpd jaringan mass transport nya

coba kita lihat Singapore & HK yg gak punya industri otomotip .......liat MRT & MTR nya

Tapi herannya itu di kandangnya sendiri, jaringan kereta nya juga luar biasa (si J)

makanya ane kadang suka ketawa geli aja liat usulan2 JICA........kayak setengah hati dibandingkan dgn manuver automotive giants nya.......yg 1 hanya pandai bicara, yg satunya lgs action / Just Do It kalo kata Nike

CMIIW





User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Sptnya kalo grup astra & indomobil mau jd ATPM lokomotip jg, keadaan akan berbeda jauh ya :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

http://www.kemenperin.go.id/artikel/138 ... i-Nasional

Mudah2 an lah ada negara yg benar2 berniat utk membangun jaringan rel kereta di Indo

walau mmg ujung2-nya jualan, tapi jualan barang yg berguna bagi masy banyak

Negara tsb harus bebas dr kepentingan lobby2 industri otomotif.....

kalo negara yg jago soal per kereta an tapi kebijakan utk di negara lain kena pengaruh sepik sepik iblis kapitalis ya susah juga...........wkwkwkkwkwk
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by ginting »

coklatMetalik wrote:Tahun Depan, Jakarta-Surabaya Tersambung Tol Trans-Jawa

http://a.msn.com/r/2/BBDXDLC?a=1&m=ID-ID



Kalo sudah begini. Siapa yg msh mau naek argo bromo? :ngacir:
Oom ada info gak skrg brp kilometer lagi toll jkt to sby yg msh blm tersambung ?

Ada 300 km lagi gak ??



Sent from my K012 using Tapatalk

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

MRT Singapore kereta2 nya buatan Kawasaki HI - CSR Sifang yah

kolaborasi spt ini harusnya sgt prospektif.......teknologi kereta Japun, dibuat di Cungkuo......en siapa tahu project di negara lain di support oleh pemerintah RRC ?

Inverter pake FUJI electric......IGBT VVVR

di Singapore mrk mengalahkan Hyunde Totem

LRT di Indo Hyunde Totem yg menang yah........mungkin mrk belajar dr pengalaman singapore

moga2 KOICA agressip utk "ngomporin" Pemr Indo utk terus genjot perluasan LRT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Top Ten IGBT modul producer :

http://powermodules.skyrock.mobi/303157 ... urers.html

Buat barang ini memang Japan jago-nya, rata2 produsen transistor Japan bikin

Toshiba (famous one), Hitachi, Sanken, Fuji etc

ada merek SANKEN di situ......ya SANKEN itu produsen transistor di Japan (dan mereknya ditiru di lokal sini)

Saya tahu transistor merk Sanken ini dari dunia home audio........dimana banyak amplifier high end utk home buatan US / Europe menggunakan transistor2 buatan Japan

Toshiba IGBT itu bahkan juga ada yg gunakan utk Power amplifier home high end......kalo gak salah JEFF ROWLAND dr USA

IGBT ini transistor penting utk controller motor listrik......baik utk kereta / mobil EV

CMIIW

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

About IGBT

The IGBT transistor takes the best parts of these two types of transistors, the high input impedance and high switching speeds of a MOSFET with the low saturation voltage of a bipolar transistor, and combines them together to produce another type of transistor switching device that is capable of handling large collector-emitter currents with virtually zero gate current drive.


The Insulated Gate Bipolar Transistor, (IGBT) combines the insulated gate (hence the first part of its name) technology of the MOSFET with the output performance characteristics of a conventional bipolar transistor, (hence the second part of its name). The result of this hybrid combination is that the “IGBT Transistor” has the output switching and conduction characteristics of a bipolar transistor but is voltage-controlled like a MOSFET.

IGBTs are mainly used in power electronics applications, such as inverters, converters and power supplies, were the demands of the solid state switching device are not fully met by power bipolars and power MOSFETs. High-current and high-voltage bipolars are available, but their switching speeds are slow, while power MOSFETs may have higher switching speeds, but high-voltage and high-current devices are expensive and hard to achieve.

http://www.electronics-tutorials.ws/pow ... istor.html
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

ginting wrote: Sat Jul 08, 2017 4:36
coklatMetalik wrote:Tahun Depan, Jakarta-Surabaya Tersambung Tol Trans-Jawa

http://a.msn.com/r/2/BBDXDLC?a=1&m=ID-ID



Kalo sudah begini. Siapa yg msh mau naek argo bromo? :ngacir:
Oom ada info gak skrg brp kilometer lagi toll jkt to sby yg msh blm tersambung ?

Ada 300 km lagi gak ??



Sent from my K012 using Tapatalk
Yg blm jadi
Brexit - semarang 146 km
Semarang - surabaya 227 km

Tp sy gk tau progress masing2 udh smp mana
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

ini ane muter2 Sby sama sekali gak terlihat ada tanda2 pembangunan Trem

jangan2 cuman wacana nih
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

kalo progress fisik rel sih belom ada, approx september baru mulai. Yang ada sekarang baru ngepras2 separator di tengah jalan buat persiapan pasang rel disitu

kalo wacana mah kayanya udah dari before 2015 deh, waktu itu proyeknya masih under pemkot n udah (hampir) dapet kontraktor sebelum diambil alih sama kemenhub.

:mrgreen:
mau nulis apa ya...
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Nemu akun flickr yg mengandung banyak foto2 kereta jaman PJKA
https://www.flickr.com/photos/42309484@ ... ums/page13

Juga ada foto2 kereta tebu pabrik gula
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bulan ini

http://a.msn.com/r/2/BBDXwQi?a=1&m=ID-ID
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

soal pengembangan HSR ini juga, ada pendapat lebih baik relnya lewat kota-kota yang udah established tapi masih kecil, supaya merangsang pertumbuhan di kota-kota tersebut. Misalnya dari Jakarta (manggarai) bikin stop di Cikarang (Meikarta/Deltamas) dan Purwakarta (Kota) trus lanjut Bandung. Ato Jakarta-Karawang-Bandung. daripada maksa bikin kota baru di antah berantah yang bergunung-gunung dan jauh dari mana-mana(walini).

Kayanya dulu HSR Jepang juga ngembanginnya model begini supaya kota-kota yang kecil bisa tumbuh, CMIIW

Tapi kalo mo pake strategi diatas sih, pembebasan lahannya bisa jadi jauh lebih horor dan lama, ngalah2in pembebasan lahan jalan tol

:ngacir:
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

ya kan mmg bakal ada stasiun2 di kota2 yg dilewati
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

maksudnya sih posisi track dan stasiunnya jadi lebih di tengah kota, bukan di pinggir kaya yang skarang proposed.

Image

Tapi kalo stasiunnya banyak gini apa bakal sampe kecepatan maksimum tuh kereta, kayanya mending dikurangi jadi 3 aja. Jakarta, Karawang, Bandung.

:e-think:

IMO, Cikarang itu ga butuh HSR secara posisinya masih 30 kilo dari jakarta. Udah ada DDT, ada CL, ada Tol. Mungkin perlunya perluasan CL ato bikin Cireks (Cikarang Express), haha
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Ckarang ke depannya akan jadi kota sgt ramai

jadi traffic Jkt - Ckg or Ckg - Bdg pasti akan ramai

Karawang juga......
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by dieselman228 »

Izark wrote:maksudnya sih posisi track dan stasiunnya jadi lebih di tengah kota, bukan di pinggir kaya yang skarang proposed.

Image

Tapi kalo stasiunnya banyak gini apa bakal sampe kecepatan maksimum tuh kereta, kayanya mending dikurangi jadi 3 aja. Jakarta, Karawang, Bandung.

:e-think:

IMO, Cikarang itu ga butuh HSR secara posisinya masih 30 kilo dari jakarta. Udah ada DDT, ada CL, ada Tol. Mungkin perlunya perluasan CL ato bikin Cireks (Cikarang Express), haha
Nah betul, kebetulan tiap hr PP cikrg - manggarai pake mobil tembus max 3 jam...


Dengan adanya kereta yg jamnya jelas, muat byk dan cepet sangat ngebantu nih
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Stasiun Walini itu kondisinya gmn ya? Apa ada pemukiman/pedesaan disana atau bener2 di tengah kebon teh?


Jangan smp ntar jd kyk di cina ini....
http://www.re-digest.web.id/2017/05/sta ... i.html?m=1
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Btw untuk HST Jakarta - Bandung, kalo via Cipularang itu 149km ya..dengan kondisi menanjak ya..

Jaraknya sih 149km itu masih oke ditempuh dengan HST, mungkin speednya saja dilimit ke 240km/h..149km itu sama seperti jarak:

1. Jōetsu Shinkansen, TANIGAWA All Station Shuttle Service, Tokyo --> Echigo-Yuzawa. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Jōmō-Kōgen saja (150,4km), 1 stop sebelum Echigo-Yuzawa. Untuk service nya sendiri dilayani dengan E4 series (max speed 240km/h) dan E2 series (max speed 275 km/h, limited to 240km/h on Jōetsu Shinkansen).

Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --36,6km--> Kumagaya --20,1km--> Honjō-Waseda --20,6km--> Takasaki --41,8km--> Jōmō-Kōgen --32,3km--> Echigo-Yuzawa

Saya pernah 2x naik TANIGAWA, jarak tempuh dari ujung ke ujung itu sekitar 90an menit, tapi lumayan juga bisa bikin kedua kota one-day trip, pergi pagi dengan kereta pertama, kalo urusan dah beres tinggal naik kereta jam 1an siang..jam 3 sudah sampai rumah lagi..

2. Tōhoku Shinkansen, NASUNO All Station Shuttle Service, Tokyo --> Oyama/Nasu-shiobara/Kōriyama. Jarak -+ 150km itu hanya sampai Nasu-Shiobara saja (152,4km). Untuk NASUNO dilayani oleh E2 series (max speed 275km/h), E3 series (max speed 275km/h), E5 series (max speed 320km/h), dan E6 series (max speed 320km/h). Operating speed semua kereta kena limit 240km/h.

Service Pattern dengan jarak antar stasiun:
Tokyo --3,6km--> Ueno --27,7km--> Ōmiya --49,3km--> Oyama --28,4km--> Utsunomiya --43,4km--> Nasu-shiobara --26km--> Shin-Shirakawa --35,3km--> Kōriyama

Mungkin HST Bandung bisa dibuat 2 tipe service, pertama limited stop service dan kedua all station shuttle service. Kalo begini sih mungkin aja ada yang kerja di Jakarta tapi tinggal di Walini dan bisa pulang pergi tiap hari..atau kerja di Bandung tp tinggal di Karawang dan bisa pulang pergi tiap hari..

hahaha..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by ransyah1234 »

kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng

#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

ransyah1234 wrote: Sun Jul 09, 2017 11:25 kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng

#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
Sy jg khawatir dgn nasib kebon teh yg dilalui. Sayang sekali jika nanti hilang jd rumah & pabrik
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Sun Jul 09, 2017 12:39
ransyah1234 wrote: Sun Jul 09, 2017 11:25 kereta cepat jkt-bdg, menurut saya sih bisnis utamanya adalah developer
bukan keretanya itu sendiri
banyak lahan2 kosong yang akan dilewati stasiun bisa digoreng

#CMIIW
#Random_thought
#No_data_involved
Sy jg khawatir dgn nasib kebon teh yg dilalui. Sayang sekali jika nanti hilang jd rumah & pabrik
hal seperti itu lagi-lagi kembali ke penguasa setempat, mau terima duit apa enggak untuk keluarken ijin tebang kebon teh untuk dijadiin perumahan dll? semoga aja nggak sampe seperti itu.
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

AFAIK kebun teh walini udah di state sebagai tidak produktif, makanya ada wacana ditebas untuk jadi ibukota baru Jabar. (yang sekarang rame diwacanain lagi setelah HST mau berenti disini)

kalo dari jalan tol sih yang kliatan cuma perkebunannya doang. Aslinya ada beberapa pemukiman kecil. dan medannya berbukit2.
Last edited by Izark on Mon Jul 10, 2017 1:02, edited 1 time in total.
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

kok wacana-nya aneh ya

utk ibukota baru JaBar kenapa gak bikin di Kertajati aja scr udah ada erport baru di sana

Kebun teh Walini harus tetap jadi jalur hijau / green belt area
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Dekyarov »

pake beginian lebih presisi.


[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=R1Ieog_dNRE[/youtube]

:mky_02: