Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

jika slama ini udah ada tret sm ttg pesawat dan kapal laut yg mengagumkan, juga boleh tho ya jika dibikin tret kereta api yg mengagumkan :mky_03: :big_smile] :big_peace:

apalagi rencana penghidupan kembali rel2 mati di indo smakin byk diberitakan media2, mengingat jalur rel yg skrg masih beroperasi masih sangat kurang dan ndak bisa mendukung lagi :mky_06: :mky_05:
walopun utk aktivasi jg ndak mudah karna rel byk yg udah jadi bermacam2 tempat (pemukiman penduduk, ruko bahkan halte bis, saking lama nya ndak digunakan :big_grin: :big_grin:
kalo gitu mending bikin jalur rel baru jg, sperti rencana stasiun kereta di destinasi2 wisata populer sperti borobudur , danau toba dan laen2 utk mendorong pariwisata maju pesat :big_exellent: :big_exellent:
jalur rel baru jg sulit, slain biaya lebih tinggi karna lahan negara kepulauan padat populasi. bukan daratan maha luas sperti amrik, aussie dan cungkwo yg itungan per km pasti lebih murah :big_think: :big_think:
infrastruktur kereta api adalah yg paling penting untk moda transportasi darat . karna lebih efisien, murah, minim polusi, hemat bbm dan kapasitas angkut barang dan manusia yg lebih besar drpd moda transportasi darat lain nya
jepang yg produsen otomotif kelas wahid juga lebih tergantung pada moda transport kereta
sy pernah ndak sengaja liat acara national geographic yg mengulas bagaimana kereta mengantarkan amerika menjadi negara adidaya dari awal pendirian nya hingga detik ini :big_exellent: :big_exellent:
sama sekali bukan jalur highway pantai timur ke barat nya :big_chicken: :big_slap:
stelah itu newbie thok jadi penasaran, jikalau dulu indo lebih tergantung pada kereta utk di darat, bisa jadi kondisi ekonomi negara jauh lebih baik :big_think: :big_think:
biaya logistik bisa ditekan karna ndak macet di jalan yg buang2 bbm, tenaga dan waktu, sehingga investor asing pasti minat menanamkan modal nya, harga kebutuhan pokok lebih stabil dan ndak roller coaster [emo-police] [emo-police]
belom lagi wisman2 juga pasti membanjiri destinasi wisata indo sperti di negara2 tetangga asean
ya wes lha wong waktu kan ndak bisa diulang kembali :big_grin: :big_grin:
penting skrg smoga rencana jadi kenyataan karna jalan dalam dan luar kota yg smakin padet sesak
sperti sharing2 teman2 dan sodara yg berlibur barusan seminggu ini, smakin mengeluh karna habis waktu di jalan tok :big_bored: :big_dunno:
paling solusi nya ya wes jangan bepergian saat high season. nahhh ini jg susah lha wong pasti ndak byk orang yg bisa liburan sakarepe waktu nya sendiri :mky_07: :wkkk: :big_biglaugh:
sehingga ber andai2 jika saza ada jalur kereta, enakan naik kereta dan turun di stasiun. tinggal rent car ato naek taxi online ke destinasi. cara yg pasti lebih hemat waktu, biaya dan tenaga, sehingga kluarga tetap bisa refreshing full time

skalian newbie thok mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin kpada master2 serayamotor yg merayakan nya. juga selamat beraktivitas kembali stelah long holiday
:big_deal: :big_okay: :off_good_job: :thanks:
Don't Imageate
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

indo itu anti colonialism (timor leste was one single exception) smua ex colonials hrs diancurkan trmsk (1960) electric tremway network..........ganti dgn bus

bgitu juga railway network (firaun jawa bilang bbrp x) yg lambat n inefficient diganti dgn road based truckings spt juga sealines yg di antar-pulau kan sehingga bs focused on airbridge

ini negara modern n (kata nya) nationalistic
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by pendoli »

Tuh KAI memang udah beberaa tahun ini sibuk reklaim jalur relnya yang udah lama mati walau hanya berdasarkan grondkart, padahal dah berkali-kali itu perusahaan kereta dr jaman belanda asetnya diserahkan atau dibagikan - terakhir waktu jadi BUMN dia punya aset cuma diitung yg masi aktif tu sedangkan yg dah mati (banyakan yg mati) di keep dephub. Dalam berbagai ndisi banyak rel lama yang udah mati dan ditimpa pembangunan lain-lain dan baru aekarang aja si KAI tiba tiba minta duit sewa ke siapapun yang udah membangun diatasnya.
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

kecepatan rata2 kereta express penumpang di Indo bahkan masih di bawah India.......

Rel Gauge Indonesia yang 1076 kapasitas beban - nya gak sebesar gauge 1435

Kalo serius membangun railway network utk utiilitas tinggi spt angkut kontener / high speed railway, harus bangun track dgn 1435 mm Gauge
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by martinnn »

awas copet [emo-police] [emo-police]
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by piko25 »

kemarin ngobrol2 ringan dengan rekan2, kita sama2 heran, pembangunan jalan secara masif baik tol maupun jalan nasional dengan berbagai skema (APBN murni, loan, dll) yg dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan nilai yg tidak sedikit di seluruh indonesia.

kenapa jalur kereta tidak bisa seperti itu ya? sebenernya yg kurang greget Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi? atau PT KAI selaku BUMN?
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: 29 Dec 2015, 08:59

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Mrvin »

Kemarin lebaran sy naik kereta api dr semarang ke bandung..... saya bbrp kali cek top speed kereta pakai gps satellite lwt hp sekitar 88 kph (di jalur utara jawa), begitu sampai di cikampek, rel kereta berpindah ke jalur selatan menuju arah bandung, top speed cuma 66 kph (mgkn di jalur selatan kereta krg berani jalan cepat?).

But selama lebaran jadwal kereta PP selalu on time lah tanpa delay ketika sampai ke tempat tujuan.


Masih berharap kapan ya jalur kereta ke selatan, misal dr "semarang ke ambarawa" or ke "solo atau jogja" di aktivasi kembali... mengingat jalur itu sangat padat sekali waktu lebaran.


Selain jln tol baru, sebaiknya pemerintah jg memperhatikan jalur transport spt kereta... tp sy apresiasi lah usaha pemeritah yg sdh digarap

*Pengalaman 7 th yg lalu dr jogja ke semarang waktu lebaran makan waktu 5 jam sendiri, ga tahu skrg makan waktu brp jam... udah kapok kalau lebaran nyetir mobil sendiri. Capek nya ga sepadan sama seneng nya
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Turboman wrote: 03 Jul 2017, 08:14 kecepatan rata2 kereta express penumpang di Indo bahkan masih di bawah India.......

Rel Gauge Indonesia yang 1076 kapasitas beban - nya gak sebesar gauge 1435

Kalo serius membangun railway network utk utiilitas tinggi spt angkut kontener / high speed railway, harus bangun track dgn 1435 mm Gauge
semi high speed "limited express" 160km/h bisa dioperasikan komersial di 1067mm gauge, kalau jalurnya banyak belokan bisa mengadopsi tilting-train agar mampu melibas tikungan tajam dengan kecepatan 130km/h. Untuk high speed "super express" railway 170km/h keatas ya memang kudu standard gauge 1435mm.

kereta di Indonesia kalau dikembangkan secara serius bisa meningkatkan perekonomian daerah, terutama ketika reaktivasi jalur mati sekalian menghilangkan perlintasan sebidang. Kemudian elektrifikasi di jalur2 yang gemuk seperti Jakarta - Surabaya, Jogja - Solo commuter line, dan commuter line sekitaran Surabaya,menggantikan kereta diesel dengan electric multiple unit. Kalau bisa sih listriknya, terutama commuter line pakai 1500V DC sehingga train set CL Jakarta bisa dipakai juga di daerah.

Mengangkut kargo dengan kereta kargo listrik juga diharapkan bisa lebih banyak sehingga meringankan beban jalan raya yang padat dengan truk overload. Saya harap jalur kereta Trans Jawa dan Trans Sumatera akan mempunyai jaringan Freight Line yang mumpuni.

Saya harap pulau Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, dan Irian Jaya punya network kereta yang bagus suatu saat sehingga bisa merangsang pertumbuhan ekonomi daerah..

Kalau saya lagi tertarik dengan kereta commuter untuk di kota besar, terutama jika stasiunnya menerapkan konsep TOD. Tapi sekarang saya sedang menunggu proses double tracking dan elektrikasi jalur kereta pantai utara, kemudian jalur elektrifikasi jalur Jogja-Solo (saya harap ini pakai 1500V DC) untuk menggantikan KRD Prambanan Express, pengen liat suatu saat JR205 series lalu lalang di jalur Jogja - Solo dengan headway 5-15 menit...kalo gak salah si tiang listriknya nya memang sebagian sudah terpasang..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Herdy999 »

di sulawesi pake trak 1435, jqdi bisa hispeed. di kalimantan rencananya 1435 juga.

Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

kalo liat jalur yg di aceh
reaktivasi rel mati malah jd bikin jalur baru (pembebasan lahan lg).
bukan pakai jalur yg dulu pernah ada, krn udh ditimpa jalan & pemukiman padat yg kalo digusur berpotensi jd rusuh, sehingga PT KAI & dephub tdk mau ambil resiko...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

piko25 wrote:kemarin ngobrol2 ringan dengan rekan2, kita sama2 heran, pembangunan jalan secara masif baik tol maupun jalan nasional dengan berbagai skema (APBN murni, loan, dll) yg dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan nilai yg tidak sedikit di seluruh indonesia.

kenapa jalur kereta tidak bisa seperti itu ya? sebenernya yg kurang greget Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi? atau PT KAI selaku BUMN?
Kalo jalanan kayaknya lebih banyak investor yg tertarik (jalan Tol)

Kan dulu pernah ada yg usul, drpd bangun HSR lebih baik utk bangun jaringan rel kereta biasa, bisa lebih luas / lebih jauh

Kalo menurut saya sih trek Jkt - Bdg juga HSR gak akan bisa full speed sepanjang jalan.......HSR bisa full speed dr Jkt menuju koridor Timur (trek Pantura), begitu dr Pantura ke selatan menuju Bandung, kita liat aja Max speed paling brp

kalo misal Jkt - Sby Nah itu HSR mungkin bisa full speed sepanjang rute (Pantura)

Yg pernah naik Bulletrain pasti paham kalo jalur kelok2 Bulletrain juga gak bisa kenceng2 banget

Tapi sebetulnya utk Indo, pake Loko listrik konvensional yg bisa lari 160 - 190 kpj aja udah cukup banget & biaya bisa jauh lebih murah / harga tiket lebih murah / biaya pemeliharaan kereta juga lebih murah drpd HSR

Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: 17 May 2012, 23:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

Waktu masih PP GMR-BD x 2 weekly emang kerasa banget sih kalo perlu naik speed, tapi IMO HSR belum perlu lah, mending beresin dulu proyek2 DT DDT, trus upgrade kwalite rel/kereta existing supaya speed bisa naik ketimbang buang2 duit bangun HSR yang perlu waktu + dana pembebasan lahan yang gak sedikit (apalagi rutenya gitu2 doang)
mau nulis apa ya...
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by piko25 »

Turboman wrote: 03 Jul 2017, 10:24
Kalo jalanan kayaknya lebih banyak investor yg tertarik (jalan Tol)

Kan dulu pernah ada yg usul, drpd bangun HSR lebih baik utk bangun jaringan rel kereta biasa, bisa lebih luas / lebih jauh
--cut--
APBN murni untuk jalan dengan ke ekonomian rendah juga banyak om, triliunan

investor pun untuk kereta juga ada kan? PT. MRT Jakarta contohnya.

nah saya setuju, kenapa gk bikin kereta yg biasa2 aja lebih murah tp jaringan sampe mana2, kyk thomas :big_grin:

ada saudara sy yg rumahnya di atas bekas rel kereta, dia gk pegang sertifikat lho. benere kalo mau keras2an, itu rel2 mati yang mau di aktifkan kembali, mereka2 ini gk berhak atas tanah tersebut. tp seperti indonesia pada umumnya, nanti ada yg jualan HAM dan rakyat kecil
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

pake Loko kayak gini aja........inipun gerbong2 juga mesti disesuaikan.......jangan sampe nanti pas lari 160 - 180 kpj Gerbong nya kayak mau rontok

LOL

Image
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

sy bbrp x dari geneve ke paris naik tgv lyna itu cuma tiga jam sepuluh menit ..... tdk tau speed brapa tapi yg jelas diatas tiga ratus km/h ...... tapi di indo train di ganti trucks itu sama pintar nya dgn becak di ganti bajaj n ojek ...... apapun yg penting off network off line ..... move anywhere independently ...... bebas aktif ...... merdeka
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

ABB Loko di India.......walaupun Loko tua



Don't mess with da Elektrik Powah Loco........
:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:

:big_love:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

newrubble wrote: 03 Jul 2017, 12:05 sy bbrp x dari geneve ke paris naik tgv lyna itu cuma tiga jam sepuluh menit ..... tdk tau speed brapa tapi yg jelas diatas tiga ratus km/h ...... tapi di indo train di ganti trucks itu sama pintar nya dgn becak di ganti bajaj n ojek ...... apapun yg penting off network off line ..... move anywhere independently ...... bebas aktif ...... merdeka
Train ganti Truck

Becak gowes kaki ganti Becak 2 roda yg penariknya angkat 2 bars di depan

LOL
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Di Indonesia boleh banyak mobil mewah / Supercars hingga ada yg pake Koenigsegg dll

Tapi sebetulnya kemewahan yg bisa dirasakan oleh masy banyak adalah Transportasi massal yang bagus

negara dgn manajemen baik biasanya membangun Transportasi massal yg bagus

Image

Image
Siemens
Image

Image
PESA GAMA
Image

Saya memimpikan ada pameran Kereta di Indonesia yang bisa sekeren & sebesar GIIAS

Cheers

* HO model train lover, masih simpan bbrp Loco Marklin tua + Gerbong2-nya *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: 21 Jan 2008, 22:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by MitshuToyo »

Indonesia sudah akut parah untuk urusan trnsportasi massal.. kemarin nyoba mudik on time nyesuaikan jadwal liburan.. capek banget.. ada tol tapi gak bantu banyak.. jalur biasa jg merah membara.. semoga nanti jalur kereta ditambah seperti jalur tol.. jadi kota2 kecil tersinggung dgn jalur kereta.. ingat dulu suka lari2 lihat loko uap di jalur kereta pinggir jalan raya antara ponorogo madiun.. tapi akhirnya mati.. sekarang sudah tertimbun tanah.. sayang banget..
Lagi nginjek rem..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga

Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua

itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta

Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong

Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu

Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++

Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali

Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)

* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*

Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: 17 May 2012, 23:30

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

piko25 wrote: 03 Jul 2017, 11:49 ada saudara sy yg rumahnya di atas bekas rel kereta, dia gk pegang sertifikat lho. benere kalo mau keras2an, itu rel2 mati yang mau di aktifkan kembali, mereka2 ini gk berhak atas tanah tersebut. tp seperti indonesia pada umumnya, nanti ada yg jualan HAM dan rakyat kecil
ini tetangga2 paling ujung di komplek mertua pun rumahnya berdiri diatas bekas rel semua, even disitu ada kantor pemerintah dan uni swasta yang halaman depan dan belakangnya pun bekas rel. Saya sampe sekarang gak paham bagaimana orang2 ini bisa pasang meter listrik resmi PLN. Padahal setau saya mereka semua ini gak punya sertifikat (kecuali mungkin si kantor pemerintah dan uni swasta)

Menurut mertua sih, dulu cuman berani bangun gubuk2, ntah sejak kapan jadi bangun permanen smua sampe gak ada wujudnya lagi tuh rel (di halaman si kantor pemerintah anehnya malah masih ada jejaknya, malah layout taman n bangunan mereka diatur kaya udah siap2 kalo sewaktu2 rel itu dipake lagi)

:e-think:
mau nulis apa ya...
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: 17 May 2012, 23:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

Turboman wrote: 03 Jul 2017, 12:43 Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga

Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua

itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta

Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong

Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu

Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++

Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali

Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)

* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
Surabaya sini nih yang lagi siap-siap bangun trem lagi (di lapangan udah ada progress), dari 0 tapi :mrgreen:
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Izark wrote: 03 Jul 2017, 12:52
Turboman wrote: 03 Jul 2017, 12:43 Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga

Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua

itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta

Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong

Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu

Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++

Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali

Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)

* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
Surabaya sini nih yang lagi siap-siap bangun trem lagi (di lapangan udah ada progress), dari 0 tapi :mrgreen:
SEmoga benar2 terlaksana
:big_exellent:
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Herdy999 »

dulu pernah ada ka di ciwidey. pas lewat kok seperti rel kereta, ternyata bener pernah ada. lumayan ke sana naik kereta, pemandangan indah bebas macet

Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

BBrp lokomotip diesel yg saat ini ada di Indonesia sbnrnya bisa lari sampe 120 kmpj (Ingat taun 90an ketika awal munculnya kereta argo?) namun akhirnya speed limit diturunkan krn alasan keamanan....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post