Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

haristk7 wrote: Thu Jul 06, 2017 10:44 Jepang Garap Kereta Kencang JKT-SBY, Luhut: Pilihan yang Bagus, selasa 04 Jul 2017
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus

Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu

Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut

berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?

lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
Kalo dicampur dgn kereta biasa ya agak susah om. Gk bs full speed...
Ibarat jalan, walaupun nyetir mobil supercar, tp begitu di dpn ada tronton ya terpaksa ikut ngerem smp ada kesempatan buat nyalip

CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

BSD mau punya LRT ?

http://megapolitan.kompas.com/read/2017 ... .jalan.tol

mudah2 bukan sekedar pepesan kosong
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

coklatMetalik wrote:
haristk7 wrote: Thu Jul 06, 2017 10:44 Jepang Garap Kereta Kencang JKT-SBY, Luhut: Pilihan yang Bagus, selasa 04 Jul 2017
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus

Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu

Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut

berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?

lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
Kalo dicampur dgn kereta biasa ya agak susah om. Gk bs full speed...
Ibarat jalan, walaupun nyetir mobil supercar, tp begitu di dpn ada tronton ya terpaksa ikut ngerem smp ada kesempatan buat nyalip

CMIIW
HST (High Speed Train) harus ada jalur dedicated.....bagusnya jalur melayang........bahaya kalo jalurnya di atas tanah.......u know lah

Btw udah saatnya Pemerintah bikin edukasi khusus warga sekitar rel agar menghentikan hobby orang iseng yg demen nimpuk / nyambit kereta

spt nya hal itu hanya terjadi di Indonesia ?

entah kenapa kok kereta gak salah apa2 ditimpukin
Last edited by Turboman on Fri Jul 07, 2017 2:30, edited 1 time in total.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Nemu foto unik

Ngangkut jembatan di atas jembatan :mky_03:
Image

Sumber : http://searail.malayanrailways.com
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Fri Jul 07, 2017 2:30
coklatMetalik wrote:
haristk7 wrote: Thu Jul 06, 2017 10:44 Jepang Garap Kereta Kencang JKT-SBY, Luhut: Pilihan yang Bagus, selasa 04 Jul 2017
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus

Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu

Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut

berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?

lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
Kalo dicampur dgn kereta biasa ya agak susah om. Gk bs full speed...
Ibarat jalan, walaupun nyetir mobil supercar, tp begitu di dpn ada tronton ya terpaksa ikut ngerem smp ada kesempatan buat nyalip

CMIIW
HST (High Speed Train) harus ada jalur dedicated.....bagusnya jalur melayang........bahaya kalo jalurnya di atas tanah.......u know lah
Kalo gk salah jalur HST di Jepang ttp di tanah tp dipasang pagar beton supaya steril, dan supaya efek kejut krn tekanan udara dr kereta yg ngebut itu gk mengganggu warga. CMIIW

Kalo disini sih pasti ada ntar aja yg jebol pagernya dgn alasan supaya gampang nyebrang, jembatan penyebrangan jauh...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

naik kereta api tut tut tut...siapa hendak turut naik ke puncak gunung :big_grin: :big_grin:










emang bener superpower kereta peti kemas di amrik :big_exellent: :big_exellent:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

train transporter for brand new ford fiesta

mobil fresh dari pabrik menuju pelabuhan utk diexport ke sluruh dunia
hitung berapa total unit diatas nya , pasti mumet :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

di Indo mah gak usa ngimpi banyak laa

spt yg ane pernah tulis, ane pernah usul ke Pemda ttg rencana proyek jalan tol tertentu, ane usul gimana kalo proyek tsb diubah menjadi jalur transportasi massal

dan yg usul gak cuman ane doang, ada bbrp badan dan juga forum diskusi transportasi yg lebih memilih agar project tsb utk dibangun jalur transportasi massal instead of jalan tol

at the end tetap jalan tol yg dipilih oleh Pemda

so I smell something fishy there.......

(kalo mau tahu itu proyek apa, PM ane aja )
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

to master turboman: bener, nama nya jg status quo itu sangat kuat skale, sperti grand master nr yg sering bilang
salut utk usaha anda :big_exellent: :big_exellent:


======================================================================================================================
auto train audi dan mercedes, BMW ga ketemu :big_biglaugh: :big_biglaugh:








fresh from the oven :big_love: :big_love:
Don't Imageate
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

HST (High Speed Train) harus ada jalur dedicated.....bagusnya jalur melayang........bahaya kalo jalurnya di atas tanah.......u know lah

Btw udah saatnya Pemerintah bikin edukasi khusus warga sekitar rel agar menghentikan hobby orang iseng yg demen nimpuk / nyambit kereta

spt nya hal itu hanya terjadi di Indonesia ?

entah kenapa kok kereta gak salah apa2 ditimpukin
Kalo gk salah jalur HST di Jepang ttp di tanah tp dipasang pagar beton supaya steril, dan supaya efek kejut krn tekanan udara dr kereta yg ngebut itu gk mengganggu warga. CMIIW

Kalo disini sih pasti ada ntar aja yg jebol pagernya dgn alasan supaya gampang nyebrang, jembatan penyebrangan jauh...
HST Jepang tracknya ada yang elevated, ada yang dipermukaan tanah tapi dipasang pagar beton, dan ada 2 section khusus Yamagata dan Akita Shinkansen yang dipermukaan tanah dan sama sekali tidak ada pembatas beton (serta ada grade crossing), tentu saja Yamagata dan Akita dikenai speed limit untuk section tersebut dan desain keretanya juga dibuat lebih "kurus".

Yamagata Shinkansen
Image

Akita Shinkansen
Image


btw untuk jalan tol vs jalur kereta, dulu saya belajar di Jepang, ada sensei saya lebih setuju prioritas utama itu jalan tol antar kota, karena itu multifungsi, bisa digunakan untuk intercity highway bus dan truk kargo juga, selain itu buat yang ingin pergi ke suatu tempat tapi transportasi umum agak susah juga jadi lebih mudah dengan memakai kendaraan pribadi via jalan tol.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

haristk7 wrote: Fri Jul 07, 2017 6:35
HST (High Speed Train) harus ada jalur dedicated.....bagusnya jalur melayang........bahaya kalo jalurnya di atas tanah.......u know lah

Btw udah saatnya Pemerintah bikin edukasi khusus warga sekitar rel agar menghentikan hobby orang iseng yg demen nimpuk / nyambit kereta

spt nya hal itu hanya terjadi di Indonesia ?

entah kenapa kok kereta gak salah apa2 ditimpukin
Kalo gk salah jalur HST di Jepang ttp di tanah tp dipasang pagar beton supaya steril, dan supaya efek kejut krn tekanan udara dr kereta yg ngebut itu gk mengganggu warga. CMIIW

Kalo disini sih pasti ada ntar aja yg jebol pagernya dgn alasan supaya gampang nyebrang, jembatan penyebrangan jauh...
HST Jepang tracknya ada yang elevated, ada yang dipermukaan tanah tapi dipasang pagar beton, dan ada 2 section khusus Yamagata dan Akita Shinkansen yang dipermukaan tanah dan sama sekali tidak ada pembatas beton (serta ada grade crossing), tentu saja Yamagata dan Akita dikenai speed limit untuk section tersebut dan desain keretanya juga dibuat lebih "kurus".

Yamagata Shinkansen
Image

Akita Shinkansen
Image


btw untuk jalan tol vs jalur kereta, dulu saya belajar di Jepang, ada sensei saya lebih setuju prioritas utama itu jalan tol antar kota, karena itu multifungsi, bisa digunakan untuk intercity highway bus dan truk kargo juga, selain itu buat yang ingin pergi ke suatu tempat tapi transportasi umum agak susah juga jadi lebih mudah dengan memakai kendaraan pribadi via jalan tol.
Apa Pertimbangannya 2 section itu tdk dipasang pagar & ada grade crossing?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

coklatMetalik wrote: Fri Jul 07, 2017 6:48
Apa Pertimbangannya 2 section itu tdk dipasang pagar & ada grade crossing?
karena konsep operasi kedua service tersebut, Tsubasa Super Express (Yamagata Shinkansen) dan Komachi Super Express (Akita Shinkansen) adalah through-running service dari jalur Shinkansen biasa ke jalur normal. Yang pasti existing track jalur biasa yang 1,067mm diupgauge ke 1,435mm.

Menurut pandangan saya pribadi pembuatannya juga jauh lebih murah daripada harus bikin dedicated track buat kedua jenis Shinkansen mengingat profil track keduanya menembus pegunungan dan kota yang dilayani keduanya juga tidak begitu besar. Bisa dibandingkan Yamagata dan Akita Shinkansen dengan Shinkansen Service JR East lainnya seperti Hokuriku, Joetsu, dan Tohoku Shinkansen yang rutenya banyak melewati kota2 dengan ukuran sedang/besar.

Kedua jenis Shinkansen juga rentan terhadap rintangan. Dulu pernah liat di papan pengumuman "Train Service Information" di Tokyo Yamanote Line, isinya:
"Yamagata Shinkansen, Suspension of Service, reason: a train hit a deer", kemudian pas musim dingin yang cukup sering itu "Akita Shinkansen, Suspension of Service/Delay, reason: snow"

edit reason: typo
Last edited by haristk7 on Fri Jul 07, 2017 8:37, edited 1 time in total.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by lemonadelovers »

tiap weekdays rutin naik KRL, saya salut sama orang jepang bisa bikin kereta dgn built quality yg bagus.. menurut pabrikan umur kereta bisa sampai 50tahun tp di jepang pakainya cukup 20-25tahun saja..

Btw untuk jumlah penduduk yg banyak KRL memang solusinya, jgn bikin yg tanggung kayak monorel cuma angkut sedikit
Last edited by lemonadelovers on Fri Jul 07, 2017 8:00, edited 1 time in total.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

haristk7 wrote:
coklatMetalik wrote: Fri Jul 07, 2017 6:48
Apa Pertimbangannya 2 section itu tdk dipasang pagar & ada grade crossing?
karena konsep operasi kedua service tersebut, Tsubasa Super Express (Yamagata Shinkansen) dan Komachi Super Express (Akita Shinkansen) adalah through-running service dari jalur Shinkansen biasa ke jalur normal. Yang pasti existing track jalur biasa yang 1,067mm diupgauge ke 1,435mm.

Menurut pandangan saya pribadi pembuatannya juga jauh lebih murah daripada harus bikin dedicated track buat kedua jenis Shinkansen mengingat profil track keduanya menembus pegunungan dan kota yang dilayani keduanya juga tidak begitu besar. Bisa dibandingkan Yamagata dan Akita Shinkansen dengan Shinkansen Service JR East lainnya seperti Hokuriku, Joetsu, dan Tohoku Shinkansen yang rutenya banyak melewati kota2 dengan ukuran sedang/besar.

Kedua jenis Shinkansen juga rentan terhadap rintangan. Dulu pernah liat di papan pengumuman "Train Service Information" di Toko Yamanote Line, isinya:
"Yamagata Shinkansen, Suspension of Service, reason: a train hit a deer", kemudian pas musim dingin yang cukup sering itu "Akita Shinkansen, Suspension of Service/Delay, reason: snow"
safety record Sinkansen mmg sgt baik sekali ya

yg aneh malah JR nya pernah kecelakaan yg sampe masuk acara second from disaster

konon beban kerja masinis kelewat berat......harus selalu on time dll.....akibatnya pas ada sedikit delay si masinis ngebut sampe tikungan pun disabet terus .......alhasil kereta tiguling.......
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

lemonadelovers wrote: Fri Jul 07, 2017 7:58 tiap weekdays rutin naik KRL, saya salut sama orang jepang bisa bikin kereta dgn built quality yg bagus.. menurut pabrikan umur kereta bisa sampai 50tahun tp di jepang pakainya cukup 20-25tahun saja..

Btw untuk jumlah penduduk yg banyak KRL memang solusinya, jgn bikin yg tanggung kayak monorel cuma angkut sedikit
untuk kereta Commuternya bisa tahan 40-50 tahun bahkan lebih kalau terawat, tapi untuk HST nya yang buatan 1990an keatas service life nya didesain hanya 20an tahun saja (menurut wawancara dari dokumenter NHK)

untuk LRT dan Monorel baiknya jadi feeder line si KRL kalo di kereta besar, LRT juga oke untuk dibuat di daerah yang lahannya lumayan terbatas
Turboman wrote: Fri Jul 07, 2017 7:58
safety record Sinkansen mmg sgt baik sekali ya

yg aneh malah JR nya pernah kecelakaan yg sampe masuk acara second from disaster

konon beban kerja masinis kelewat berat......harus selalu on time dll.....akibatnya pas ada sedikit delay si masinis ngebut sampe tikungan pun disabet terus .......alhasil kereta tiguling.......
safety record memang terbukti bagaus, fatality ada karena ada yang bunuh diri dan "ngajak" penumpang lain di Nozomi Super Express Service..derailment juga ada, itu pas lagi proses sedang emergency braking karena gempa kuat dan ada satu karena salju

JR East 200 series, Joetsu Shinkansen, Oktober 2004
Image

JR Kyushu 800 series, Kyushu Shinkansen, April 2016
Image

JR East E3 series, Akita Shinkansen, March 2013
Image

yang saya suka karena Jepang itu negara gempa, proteksi shinkansen dari gempa cukup bagus.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

E4 Series MAX Yamabiko Super Express Service, berhenti darurat ketika gempa fukushima (tohoku) 2011
Image

kalo saya penasaran China HST seperti apa sistemnya dan sistem apa yang akan dipake di Indonesia nanti

video dokumentasi seseorang onboard E2 Series Tohoku Shinkansen aftermath dari gempa Tohoku 2011, dan keretanya force stop...dan apesnya berhenti di terowongan..



hebatnya nyaris semua orang tetap tenang...kalo disini udah rusuh kali ya..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

lemonadelovers wrote: Fri Jul 07, 2017 7:58 tiap weekdays rutin naik KRL, saya salut sama orang jepang bisa bikin kereta dgn built quality yg bagus.. menurut pabrikan umur kereta bisa sampai 50tahun tp di jepang pakainya cukup 20-25tahun saja..

Btw untuk jumlah penduduk yg banyak KRL memang solusinya, jgn bikin yg tanggung kayak monorel cuma angkut sedikit
https://m.detik.com/finance/ekonomi-bis ... a-bangkrut
Yup, kalau monorel jelas bukan solusi. Secara yang di KL, Malay dan Sydney juga tutup bangkrut sejak tahun 2013. Padahal jumlah commuter sana pasti masih jauh dibawah Jakarta. Selain hanya bisa angkut sedikit, jangkauan rute monorel juga sangat terbatas.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Michaelktp wrote:
lemonadelovers wrote: Fri Jul 07, 2017 7:58 tiap weekdays rutin naik KRL, saya salut sama orang jepang bisa bikin kereta dgn built quality yg bagus.. menurut pabrikan umur kereta bisa sampai 50tahun tp di jepang pakainya cukup 20-25tahun saja..

Btw untuk jumlah penduduk yg banyak KRL memang solusinya, jgn bikin yg tanggung kayak monorel cuma angkut sedikit
https://m.detik.com/finance/ekonomi-bis ... a-bangkrut
Yup, kalau monorel jelas bukan solusi. Secara yang di KL, Malay dan Sydney juga tutup bangkrut sejak tahun 2013. Padahal jumlah commuter sana pasti masih jauh dibawah Jakarta. Selain hanya bisa angkut sedikit, jangkauan rute monorel juga sangat terbatas.
Monorel Central - Bukit Bintang di KL tetap exist
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Tahun Depan, Jakarta-Surabaya Tersambung Tol Trans-Jawa

http://a.msn.com/r/2/BBDXDLC?a=1&m=ID-ID



Kalo sudah begini. Siapa yg msh mau naek argo bromo? :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by ndro »

abis liat liat website http://searail.malayanrailways.com/PJKA/PJKA.htm jadi malu sendiri, orang belanda planningnya bagus banget ya. semua kota ada jaringan kereta api, bahkan pulau madura ternyata sudah punya jaringan kereta (baru tahu .. hehe)

kenapa gak dilanjutkan saja ya yang sudah di bangun belanda? sayang sekali :big_childish:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

ndro wrote:abis liat liat website http://searail.malayanrailways.com/PJKA/PJKA.htm jadi malu sendiri, orang belanda planningnya bagus banget ya. semua kota ada jaringan kereta api, bahkan pulau madura ternyata sudah punya jaringan kereta (baru tahu .. hehe)

kenapa gak dilanjutkan saja ya yang sudah di bangun belanda? sayang sekali :big_childish:
jadi puluhan tahun sejak 1945 jumlah panjang rel di Indo bukan bertambah tapi malah berkurang yah......sedang negara2 lain menambah jalur rel.....hebat hebat hebat.......memang

Skg mau bangun jalur rel baru aja susah bgt.....baru dikerjakan dikit aja udah mangkrak.....

sama spt disain tata kota.......bandingkan dah Jakarta skg dengan Batavia waktu tahun 1900 an dulu........bagus mana tata kota nya.......juga kota2 lain di Indo

sampe akhirnya di Indo lahir kota2 baru yg well planned spt di Serpong.....itu pun konsultant2 nya juga dari luar negeri......
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

yang penting sudah ada semangat (dan melaksanakan) perbaikan, tinggal dikawal aja bakal beneran diperbaiki apa cuman judulnya saja yang diperbaiki

anw tetep gak ada yang terlihat progress lapangan HSR selain foto ilustrasi dan judul2 berita yang bombastis? Entah kenapa saya pesimis proyek ini beneran dikerjain secara masih ada tol Japek Layang, Japek 2, dan Bocimi (yang bakal ditarik ke padalarang) yang juga dikerjain bareng di rute yang relatif sama dengan kampeni kontraktor yang sama pula.

Mending fokus di Jakarta-Surabaya aja deh,, mumpung medannya lebih banyak datarnya daripada ini bergunung-gunung (even DT cikampek-bandung aja gak selesai2 sampe sekarang).

:mrgreen:
Last edited by Izark on Sat Jul 08, 2017 1:40, edited 1 time in total.
mau nulis apa ya...
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by iwidiyanto »

ndro wrote: Fri Jul 07, 2017 23:40 abis liat liat website http://searail.malayanrailways.com/PJKA/PJKA.htm jadi malu sendiri, orang belanda planningnya bagus banget ya. semua kota ada jaringan kereta api, bahkan pulau madura ternyata sudah punya jaringan kereta (baru tahu .. hehe)

kenapa gak dilanjutkan saja ya yang sudah di bangun belanda? sayang sekali :big_childish:
rel jogja magelang sudah habis dikubur skrg..... inget di akhir2 th 80an....semua rel di pinggir jln magelang dikubur buat pelebaran jalan atau untuk dibuat jalan baru...
ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by ndro »

Turboman wrote: Sat Jul 08, 2017 0:54
ndro wrote:abis liat liat website http://searail.malayanrailways.com/PJKA/PJKA.htm jadi malu sendiri, orang belanda planningnya bagus banget ya. semua kota ada jaringan kereta api, bahkan pulau madura ternyata sudah punya jaringan kereta (baru tahu .. hehe)

kenapa gak dilanjutkan saja ya yang sudah di bangun belanda? sayang sekali :big_childish:
jadi puluhan tahun sejak 1945 jumlah panjang rel di Indo bukan bertambah tapi malah berkurang yah......sedang negara2 lain menambah jalur rel.....hebat hebat hebat.......memang

Skg mau bangun jalur rel baru aja susah bgt.....baru dikerjakan dikit aja udah mangkrak.....

sama spt disain tata kota.......bandingkan dah Jakarta skg dengan Batavia waktu tahun 1900 an dulu........bagus mana tata kota nya.......juga kota2 lain di Indo

sampe akhirnya di Indo lahir kota2 baru yg well planned spt di Serpong.....itu pun konsultant2 nya juga dari luar negeri......
setuju om turbo, indo semenjak merdeka spt gak punya blue print mo dibikin gimana. contoh ini http://searail.malayanrailways.com/PJKA ... ay/SSS.htm itu jalur kereta sumatera barat yg sudah dibikin & dirancang sejak tahun 1800an (wowwww!!)

soal tata kota, coba lihat tata kota padang tahun 1800an, satu kata "beautiful!"
Image

apa perlu indo di jajah belanda lagi.... hehhe [emo-yesno]
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Itung aja jumlah lokomotip uap yg dimiliki PNKA dulu. Bandingkan sm jumlah diesel yg dimiliki KAI skrg. Kalah....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

Mana mau londo balik lg ke Indo.. sudah sejak 1949 dia ngelihat "masa depannya di Indo" bakal suram & malah bisa bikin bangkrut (berkali2) ke depan atw lbh parah lagi dilikuidasi kyk VOC".. trakhir yg msh dilihat "masa depan cerah" cuma di papua barat, tp akhirnya "malas" nerusin krn mesti ngadepin "situasi (ngelola wilayah/bangsa) yg kelihatannya bakal (tetap) nyusahin ke depan".. dan itu terbukti smpi skg kan? he.. cmiiw..