Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 10:58 jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy

tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)

grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)

dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
Kalo dulu pekerja kereta api (masinis, kondektur, pramugari, petugas stasiun dll) itu kebanyakan pribumi atau orang belanda om?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Valkyr10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Valkyr10 »

y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 11:37
Valkyr10 wrote:
y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..

http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html

dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
wahh cakep jg keretanya ya. mudah2an bagus n awet.

ga kyk mobilnya..... 5 taun piara, 2x turun mesin. dipake buat nguber panther turbo sama ipah........ :ngacir:

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Hahaha.. kalo awet ngganya sih balik lagi k mslh maintenance service.. kalo awal tahun ini sih saya msh optimis.. tapi skr udh mulai ga yakin sejak si bapak itu ga ada.. :big_childish:

Ga usah jauh2.. liat aja kondisi kualitas layanan kelurahan, pasukan warna ma kinerja karyawan transjakarta.. [emo-mark-F]
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 11:40
newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 10:58 jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy

tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)

grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)

dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
Kalo dulu pekerja kereta api (masinis, kondektur, pramugari, petugas stasiun dll) itu kebanyakan pribumi atau orang belanda om?
masinis ada bbrp yg pribumi
treinconducteur pribumi
mrk tinggal di (bekas) komplek pjka manggarai sebelahan dgn komplek garuda (dulu komplek KLM/KNLM) skitar sman delapan bukit duri

kuli kuli kereta api dulu di bukit duri ..... jalan bukit duri raya dulu small air strip u dutch navy air logistics
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 5:19 Image

Ternyata Trem pernah ada di UPG

Kalo baca di atas jadi makin keki ama Jipango Bageroooo.........memang pantas dulu taun 45 Jipango Bagero dapat kado Fat Man - Little Boy send by Enola Gay
Wah tidak menyangka ternyata dulu ada train network juga di Sulawesi, tapi sudah almarhum.
Ternyata bukan hanya UPG, jalur double track Solo - Jogja juga dipretelin satu oleh Jepang dibawa ke Burma. Ckckck... yang track UPG dibawa ke mana itu? Hahaha

https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... bang-pesat
Banyak jalur kereta itu mati setelah longsor, kemudian sampai sekarang dibiarkan. Beberapa lainnya hilang karena relnya dibawa Jepang ke Burma (Myanmar) untuk membangun rel di sana. Dulu Yogyakarta-Solo zaman Belanda sudah double track, tapi diambil satu relnya dibawa ke Burma," kata Djoko.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk

* mencoba berpikir positip *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Kisah kereta dan rel ex Belanda di Indo jadi kayak film dokumenter "Who killed the electric car"

ini "Who killed the Railway"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Kota2 di dunia yg akan segera menjadi kota bebas mobil

http://www.businessinsider.com/cities-g ... ree-2016-8

Paling depan is Oslo........2 tahun lagi menjadi kota bebas mobil.......
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Dekyarov »

Saya sering baca tuh kisah sejarah kereta api di Kompas yg judul liputannya susur rel.

Pas baca baru tau Chaplin ama paulette goddard pernah ke Garut.

Garut dulu dibilang Swiss Van java loh.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk

* mencoba berpikir positip *
sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......

tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by martinnn »

newrubble wrote: Thu Jul 06, 2017 0:40
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk

* mencoba berpikir positip *
sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......

tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
kalo uda end up in failure tinggal tunjuk komunis, cina , cia, mossad , fbi , pancasila...

jawabannya : khilafah :mky_02:
:big_biglaugh:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....
Dan mesti ditarik 2 CC201 :mky_08:
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by jwid »

cia fbi: ga keliatan wujudnya (kalo keliatan jg paling bungkuk2 sambil cengengesan tangan hadap atas)

mossad: mitos tak terbukti ada wujudnya juga

komunis/pancasila: cocok jadi bahan bahasan di tivi tivi berlarut larut

cina: nah ini paling gampang ada dimana mana tinggal ganyang bakar bunuh

sudah terjadi berulang ulang dari dulu sampai sekarang
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 1:43
coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....
Dan mesti ditarik 2 CC201 :mky_08:
Dulu awal2 pake BB301 & BB304. Ya pokoknya lokomotip terbaik di zamannya deh...

Kalo bener kasurnya dihilangkan krn alasan asusila. Brarti orang Indonesia mesum bgt ya. Begitu liat kasur dimanapun langsung pengen "tidur" :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

newrubble wrote:
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk

* mencoba berpikir positip *
sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......

tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
Yeeee......itu cuman tulisan becanda om......serius amat.....wakakkakaka

yah ane tahu lah industri baja di sana ada Nippon steel / Kobe steel / JFE dll kapasitas jauh bingit lebih besar drpd industri baja Indo

cuman jengkel aja dgn tabiat mrk ngerusak jaringan rel peninggalan Belanda di Indo
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:51
adityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 1:43
coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....
Dan mesti ditarik 2 CC201 :mky_08:
Dulu awal2 pake BB301 & BB304. Ya pokoknya lokomotip terbaik di zamannya deh...

Kalo bener kasurnya dihilangkan krn alasan asusila. Brarti orang Indonesia mesum bgt ya. Begitu liat kasur dimanapun langsung pengen "tidur" :mky_03:
Yg saya naikin sih ditarik 2 CC201 :D
AFAIK, loko BB dulu dipakai di jalur pantura Cirebon-Surabaya dan Surabaya-Banyuwangi. Konon krn track jalur ini tidak bisa menahan beban loko CC yg lebih berat.
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

denmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama US

suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....

makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya

mesin pake CAT

pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:47
denmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama US

suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....

makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
kl yg sy tahu, delegasi itu sengaja dikirim sbg taktik kamuflase/brgkl jepun msh dianggap sekutu - buat jaga2 vs russia. tyt us under estimate kemampuan gigitan jepun.. mgk krn dia tahu banget kemampuan militer jepun wkt itu & yakin bs melemahkannya cukup dgn mengembargo sj.. bukankah us py peranan - jualan senjata ketika angkatan perang jepun dimodernkan/restorasi- smpi diangkat cerita 1/2 fiksinya di the last samurai..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:49 Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya

mesin pake CAT

pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
Mesin CAT
Transmisi hidraulik Voith
Rem Angin WABTEC
Controller Woojin
Boogie (Chassis) BT Barata Indonesia


Sayang gk narik kereta reguler, jd gk ketahuan gmn durabilitynya

Kalo dulu sih denger2 bbrp KRL buatan INKA tuh banyak penyakitnya.... :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

denmas8 wrote:
Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:47
denmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama US

suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....

makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
kl yg sy tahu, delegasi itu sengaja dikirim sbg taktik kamuflase/brgkl jepun msh dianggap sekutu - buat jaga2 vs russia. tyt us under estimate kemampuan gigitan jepun.. mgk krn dia tahu banget kemampuan militer jepun wkt itu & yakin bs melemahkannya cukup dgn mengembargo sj.. bukankah us py peranan - jualan senjata ketika angkatan perang jepun dimodernkan/restorasi- smpi diangkat cerita 1/2 fiksinya di the last samurai..
betul.....itu taktik yg ngelabuin

oo kalo negara yg itu mah itu dah dari dulu.......sampe waktu Tora2 itu si Winston Churcill demen bgt dia, krn selama itu si U cuman jualan senjata / BBM ke negara2 yg perang......dia sendiri aman2 aja

ya kalo dirunut lebih jauh mah dalem bgt......soal gimana konsorsium kreditor di sono ngasi dana ke 3rd reich dll dll en intinya perang adalah bisnis besar en better ga usah dibahas di sini......wkwkwkwk

BTT to Train
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Di Indonesia sini petugas pemeriksa rel bener2 periksa rel secara manual, jalan kaki dr stasiun ke stasiun, memasuki semua terowongan, menyeberangi semua jembatan, memeriksa apakah ada gangguan pada rel & infrastruktur lainnya....

Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:58 Di Indonesia sini petugas pemeriksa rel bener2 periksa rel secara manual, jalan kaki dr stasiun ke stasiun, memasuki semua terowongan, menyeberangi semua jembatan, memeriksa apakah ada gangguan pada rel & infrastruktur lainnya....

Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
Pengalaman saya untuk kereta commuter, kalo di Jepang mereka ngerjain manual pas tengah malem pas udah gak ada kereta. Saya kadang terima selebaran isinya:

"Mohon Maaf, kami akan melakukan pengecekan dan perbaikan jalur kereta pada tanggal sekian dari pukul sekian hingga sekian, kami mohon maaf telah mengganggu waktu istirahat anda. ttd Keio Corporation"

tp kalo JR East, mereka punya inspection train sendiri untuk jalur biasa, pengerjaan 2 kali..akan saya jelaskan nanti (sama kayak HST)
Image
E491 "East-i" EMU

Kalo untuk high speed train, pengerjaan ada 2 kali, pertama mereka akan mengecek dengan "kereta dokter", contohnya "Dr Yellow" yang beroperasi di Sanyo-Tokaido Line
Image

kereta ini akan mengecek track dan power supply, apakah ada bagian yang harus diperbaiki semua akan ketahuan melalui peralatan yang ada di dalam kereta ini. Kedua, ketika tau spot mana yang harus diperbaikin, maka ketika kereta sudah berhenti jam operasi, akan ada tim turun ke lapangan yang akan memperbaiki spot yang dimaksud.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

demen tu liat rel bisa lurusss gitu yak

kalo rel di sini diliat dr jauh bergelombang.......wkwkwkkw