Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by NewMarine »

ImageImageImageImageImage

Jalur kereta yg hilang.. Padahal kalo direaktifasi malah bagus. Jalan raya sekarang banyak macet.
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by mobilkutu »

Bbrp kali naik serpong tanah abang, suka banget saving time, 40 menit. Tapi ya itu, berdiri. And sy perhatiin kereta nya dr depan ada tulisan JR ditimpa cat. Bekas jepang hehehe. Ac dingin, gak kyk yg arah bekasi, ac gak dingin ditambah kipas angin. And last, super cheap. 3500 apa 4000 rupiah.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

terliat jelas kan

mana yg namanya managing (dulu) n mana yg namanya administering (skrg) power ...... mmg byk yg bilang

"skrg beda loh dimana mana dibangun" (kan under current state presidency) nah kalo nanti (future state president) org yg lain lg kan blm tentu .....
sedangkan dulu (jauh sblm soekarno n jpn dateng) yg pimpin indo gantiganti tapi tetap indo di bangun infrastructure itu network bases

bekas bekas nya masih terliat bgmn indo jaman dulu itu grote zweden van het oosten .... tdk / blm ada listrik ya pake kuda (tapi rel di pake n yg pake byk org) at least jauh lbh baik drpd di bikin elevated pedestrian crosswalk tapi tdk ada yg pake

(trlalu modern apa trlalu byk wang tapi kurang skolahan itu org org di indo jaman skrg ..... atau skolahan jadi kurangbagus )
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

newrubble wrote: Fri Nov 10, 2017 7:26 kereta api (skrg pake listrik, api nya ga ada lg n kalo di indo masih byk yg diesel powered krn apa apa stand alone bases) mmg ga kenal macet tapi

kalo di indo (yg listrik powered) sering mati listrik atau (krn pake yg space aged level) sering tabrak mobil, motor, bus, truck n org jadi sama sj spt kena macet di tempat normal

lambat juga n jalan cuma skitar 30 km/h
memang skrg sharus nya udah ndak pake kata2 api lage gm newruble :mky_03: :mky_01:
ini hny karna udah kebyasaan nyebut nama nya pake api yah jadi lha begono
kalo ndak pake itu kata kok rasa nya ada sesuatu yg kurang :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

http://properti.kompas.com/read/2017/11 ... ik-merosot

Akibat MRT Tabrakan, PM Singapura Sebut Kepercayaan Publik Merosot
KompasProperti – Insiden tabrakan kereta mass rapid transit ( MRT) Singapura terus bergulir. Perdana menteri negeri singa ikut berkomentar terkait peristiwa memalukan itu.

Untuk diketahui, dua rangkaian MRT bertabrakan pada Rabu (15/11/2017) lalu di stasiun Joo Koon. Kala itu, sedikitnya 28 orang mengalami luka-luka dan mesti mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Menurut Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, ada pelajaran penting dari insiden tabrakan MRT dan juga rentetan kasus-kasus sebelumnya. Akar permasalahannya perlu segera dibenahi agar kejadian serupa tak terulang.

"Kami telah membuat kemajuan, tetapi ada juga kemunduran," kata Lee di Jurong, Minggu (19/11/2017) seperti dilaporkan Channel News Asia.

Ia merujuk bahwa sebelum peristiwa kereta bertabrakan, MRT Singapura juga sempat lumpuh 20 jam pada Oktober lalu akibat terowongan banjir. Hal itu dipandangnya menggerus kepercayaan publik terhadap keandalan MRT.

“Warga menjadi frustrasi serta khawatir dengan rangkaian peristiwa tersebut dan hal itu bisa dipahami,” imbuhnya.

Lee mengakui bahwa peningkatan layanan MRT merupakan masalah rumit. Meski begitu, penguatan organisasi mesti terus dilakukan untuk mendorong kepuasan publik.

“Menteri Perhubungan Khaw Boon Wan dan timnya amat kecewa dengan kasus demi kasus MRT. Sekali pun usaha memperbaiki layanan membuahkan hasil, namun hal itu belum tentu dirasakan warga. Kepercayaan publik telah sedemikian merosost,” paparnya.

Lebih lanjut, Lee mengklaim, sistem transportasi massal di Singapura tetap sebagai “kelas satu” meski tengah dilanda guncangan layanan.

Dia mengutip artikel New York Times bahwa Singapura merupakan empat kota teratas dunia dalam hal keandalan jaringan kereta, selain Hongkong, Taipei, dan Los Angeles.

"Kami memang bukan yang terbaik. Hongkong lebih baik, Taipei lebih baik," pungkas Lee.
mrt spore sedang diguncang berbagai cobaan shingga kepercayaan publik merosot :big_chicken: :big_slap:
jika di bulan lalu ada trowongan yg banjir shingga stasiun tutup dan stop 20 jam, skarang di bulan ini ada kembali kecelakaan yg melukai 25 penumpang nya :big_sorry: :big_sorry:
sperti nya rekor jepang sbagai operator shinkansen yg nol accident sejak beroperasi 50 taon lebih yg lalu memang ruar byasa :big_exellent: :big_exellent:
padahal negara nya rawan gempa dan tsunami
Don't Imageate
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

Padahal di banyak artikel terkait metro, Singapore selalu diatas Tokyo peringkatnya yak

Sample :
http://edition.cnn.com/travel/article/w ... index.html
https://jalopnik.com/these-ten-cities-h ... 1610824583
mau nulis apa ya...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

trainset mrt spore bikinan jpn ...... trainset jpn blm ada yg beli dr shopping mall spore

susahnya negara sebesar shopping mall itu
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by nylekamin »

Seriusan kereta api Indonesia itu udah improve banyakk..skrg stasiun bs lebih bersih dr bandara..petugas keamanan dan kebersihan banyak,sistem ticketing jauh lbh baik..
Mgkn banyak yg ga ngerasain naik kereta/krl 10 taun lalu..saya masih,didalemnya ada yg gelar topeng monyet dan ngamen pake bas betot..jumlah yg naik diatas gerbong bs lbh byk dr yg didalem..soal jam karet jgn ditanya,sering tabrakan pula..pilihan terakhir lah naik krl dulu mah..
Naik KA Ekonomi jarak jauh pun begitu,jumlah tiket yg dijual jauhh melebihi kapasitas seat,jd ada orang yg ngampar dilantai gerbong bahkan berdiri dikamar mandi. Yg plg buruk pas musim mudik,keluarlah kereta inhuman yg bernama Sapujagat..manusia ditaro di gerbong barang yg ga ada tempat duduk,persis kaya mau dibawa ke kamp kerja paksa.
Skrg naik kereta ekonomi pun sudah ada ac,tempat duduk sesuai seat, bersih,harga makanan terjangkau,ada colokan listrik lg..jd tinggal nikmati aja perjalanan sambil makan,ngopi atau main gadget..
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

sy malah alamin naik kreta di indo awal 1970s ...... sy ingatdi stasiun gambir ada bar yg resmi jualan liqueurs ..... ada tempat titip jas / jas ujan (persis di samping ruang hoofd station ..... ice cream ragusa punya booth di samping cargo storage persis sebelahan ruang tunggu husus

di station beos n jatinegara ..... di tempat jualan karcis kita bs pinjam telfon ....... fastfood mmg tdk ada tapi resto nya tdk cuma jualan makanan padang (jual gudek juga ) ..... ada mesin dingdong ( di jatinegara ada 3 units) ..... jualan majalah n koran itu resmi (bukan berbentuk lapak)

hoofd station sering check kebersihan toilet (flush water masih yg tarik ke bawah)

yg paling sy suka ..... tukang beca mangkal di dpn itu ada yg bisa bicara londo (meski tulis n baca blm tentu bisa)

thn 1976 sy ingat itu inauguration of jabotabek rail system di layani dua jenis trainsets (bukan dua units ya):
yg twotone merah-n-krem itu listrik (dari beos lewat gambir masuk cikini terus via pegangsaan ke manggarai jatinegara n bekasi);
yg twotone ijo-n-krem itu diesel (dari beos ke tenabang trus ke pasar rumput mampir manggarai ke kalibata n depok

thn 1977 di buka yg via sta.senen

karcis jaman itu jauh dekat rp 300 n sampai thn 1978 terliat tertip n tukang dagang mmg ada yg naik tapi tdk brani jualan in-cabin krn polsuska (?, sy cuma liat tulisan di lengan kiri kanan) tdk bs kompromi (n jaman itu sy fikir inilah polisi yg tdk mau wang dari jalanan) ..... pintu pintu masih bisa buka n tutup n sy blm pernah alamin kreta mogok (supir sy ada yg dpt rumah di depok n sy sering jalan jalan ke depok sore sore)
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by imsan »

Tumben di SM nemu trit lokomotif :) di Page 6

Saya di Pati, Jawa Tengah.
Dan di sini ada beberapa pabrik Gula, yang saya tahu ada di Kudus ada 1, di Pati ada 2 (Trangkil dan Pakis). Awalnya masih menggunakan loko dengan bahan bakar bongkahan sepah tebu kering. Tapi itu dulu, saat tahun 90-an. Sekarang, yang milik PG Trangkil, rel nya sudah dicopotin. Denger-denger, loko nya dibawa balik ke Londo. Bule-nya sampe poto2, pontang-panting di sawah mengabadikan last ride-nya.
Mesin loko ini sekali angkut, bisa sampai dua puluhan lori, kasarnya sama dengan 20 truk. Kalo nanjak, harus ancang-ancang dulu. Dan itupun dibantu dengan dua orang tabur pasir di rel depan lokonya.

Btw, jalur KAI Semarang-Pati di Atlas jaman dulu (bukan google map), bakalan kelihatan ularnya rel, yang sekarang rel tersebut jadi harta kirun dan lahannya pun kalo mau diambil lagi sudah susah. Aktivasi ya mikir pembebasan lahan dulu. Belum lagi urusan dengan PO bus Semarang-Surabaya yang bakalan tersaingi, belum lagi PO bus Semarang-Lasem yang makin berkurang penumpangnya. Lahan mata pencaharian bakal berkurang. Mass Transportation >< Lapangan Pekerjaan.

Tapi, kepengin naik Jakarta-Pati naik kereta, tanpa berhenti di Semarang lebih dahulu. Kalo bisa, dalam kota pun ada kereta, kepenginnya dulu jalur loko itu ada yang ngubah jadi jalur trem atau apa gitu. Di sini motor dan mobil sudah banyak sangat. Nyeberang jalan yang 2 jalur saja susah, karena konvoi motornya ga berhenti-berhenti.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

imsan wrote: Thu Mar 22, 2018 1:45 Tumben di SM nemu trit lokomotif :) di Page 6

Saya di Pati, Jawa Tengah.
Dan di sini ada beberapa pabrik Gula, yang saya tahu ada di Kudus ada 1, di Pati ada 2 (Trangkil dan Pakis). Awalnya masih menggunakan loko dengan bahan bakar bongkahan sepah tebu kering. Tapi itu dulu, saat tahun 90-an. Sekarang, yang milik PG Trangkil, rel nya sudah dicopotin. Denger-denger, loko nya dibawa balik ke Londo. Bule-nya sampe poto2, pontang-panting di sawah mengabadikan last ride-nya.
Mesin loko ini sekali angkut, bisa sampai dua puluhan lori, kasarnya sama dengan 20 truk. Kalo nanjak, harus ancang-ancang dulu. Dan itupun dibantu dengan dua orang tabur pasir di rel depan lokonya.

Btw, jalur KAI Semarang-Pati di Atlas jaman dulu (bukan google map), bakalan kelihatan ularnya rel, yang sekarang rel tersebut jadi harta kirun dan lahannya pun kalo mau diambil lagi sudah susah. Aktivasi ya mikir pembebasan lahan dulu. Belum lagi urusan dengan PO bus Semarang-Surabaya yang bakalan tersaingi, belum lagi PO bus Semarang-Lasem yang makin berkurang penumpangnya. Lahan mata pencaharian bakal berkurang. Mass Transportation >< Lapangan Pekerjaan.

Tapi, kepengin naik Jakarta-Pati naik kereta, tanpa berhenti di Semarang lebih dahulu. Kalo bisa, dalam kota pun ada kereta, kepenginnya dulu jalur loko itu ada yang ngubah jadi jalur trem atau apa gitu. Di sini motor dan mobil sudah banyak sangat. Nyeberang jalan yang 2 jalur saja susah, karena konvoi motornya ga berhenti-berhenti.
Nah memang yg bikin susah sejak dulu adalah, jalur2 cabang di pantura itu sejak awal didesain sebagai trem. Jalurnya sebagian besar ngikutin pinggiran jalan aspal. Akibatnya gk bs ditingkatkan kecepatannya kyk jalur rel yg modern krn alasan keamanan. Sehingga kalah cepat dgn mobil & keretanya jd gk laku. Akhirnya Tutup deh...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by imsan »

Lha iya dulu lawannya andong [emoji4]
Tapi, secara tata kota di daerah biasanya ndak ada mindset jalur kereta kan? Transportasi massal macam bus saja, belum tentu terpikirkan. Model transjakarta hanya ada di kota besar.

Karena kebiasaan liat krl di Jakarta, pengin nya di daerah jg bisa begitu. Terutama buat anak sekolah, smp wae sudah naik motor di sini. Ndak pake helm pula. SIM, apalagi.

Jadi ingat berita "Last passenger" di suatu desa pinggiran Jepang, yang stasiun nya tutup karena penumpang satu-satunya pindah kuliah ke Tokyo. Sampai segitunya.
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by fabreguz »

https://www.cnbcindonesia.com/news/2018 ... t-di-asean

Malaysia Batal, Hanya RI yang Punya Kereta Cepat di ASEAN?
Jakarta, CNBC Indonesia - PM Malaysia Mahathir Mohamad membatalkan proyek kereta cepat Malaysia - Singapura senilai US$ 17 miliar. Alasan pemimpin tertua di dunia itu adalah utang Malaysia yang sudah terlalu tinggi.

Kereta itu sejatinya melayani perjalanan masyarakat mulai dari Jurong East Terminus (Singapura) ke Bandar Malaysia Terminus (Kuala Lumpur), dan sebaliknya, dengan total jarak tempuh 350 km dan berdurasi 90 menit perjalanan.

Total, ada delapan titik keberangkatan di sepanjang perjalanan: satu titik di Singapura yakni Jurong East, dan sisanya di Malaysia yakni Iskandar Puteri, Batu Pahat, Muar, Melaka, Seremban, Sepang-Putrajaya dan Bandar Malaysia Terminus.


Sejumlah konsorsium pun sudah memasukkan proposal untuk pembangunan jalur kereta cepat itu.

Namun, proyek mercusuar itu rupanya akan tinggal kenangan karena dibatalkan Mahathir.

Apa yang terjadi di Malaysia soal kereta cepat, berbanding terbalik dengan yang ada di Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki proyek kereta cepat Jakarta - Bandung yang dikerjakan oleh konsorsium dengan salah satu anggotanya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Proyek ini memang sempat terkendala pencairan dana pinjaman dari China Development Bank.

Pada April lalu, Menteri BUMN Rini Soemarno juga langsung terbang ke Beijing bertemu dengan pihak China Railway Corporation untuk menegaskan komitmen bersama.

Kini, proyek KA Cepat Jakarta - Bandung sudah mendapat titik terang seiring dengan cairnya pinjaman tahap pertama dari China Development Bank sebesar US$ 170 juta atau setara Rp 2,28 triliun.

Proyek yang digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo ini sendiri membutuhkan total investasi Rp 81 triliun di antaranya untuk membangun rel sepanjang 143 km dengan empat stasiun yaki Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar di Bandung. (ray/ray)
proyek kreta cepat malesia spore kmungkinana besar batal [emo-police] [emo-police]
kalo bner nanti nya hanya endonesya yg punya kreta high speed di asean, wow war byasa tenan :big_exellent: :big_exellent:
:big_smoking:
Don't Imageate