Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Kiprah brand Peugeot di Indonesia
kalo ngeliat data penjualan si Pug lately miris ya
mengingat zaman dulu mrk pernah jaya di Indonesia
Mungkin hal2 spt ini juga yg membuat Duo Korea ogah2 an utk invest gede2-an di Indo ?
Sumber : Dapurpacu
mengingat zaman dulu mrk pernah jaya di Indonesia
Mungkin hal2 spt ini juga yg membuat Duo Korea ogah2 an utk invest gede2-an di Indo ?
Sumber : Dapurpacu
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Yang MENABUR dengan mencucurkan air mata, akan MENUAI dengan bersorak-sorai
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Sat May 25, 2013 0:49
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Bahkan penjualannya dibawah renault, apalagi itu periode januari-agustus renault blm meluncurkan kwid n all new koleos. Semoga cpt bangkit lagi n banyak produk baru, bosen jg liat di jalan mobil itu2 aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Pertama kali punya peugeot di rumah tipe 206 jaman masih sd akhir n blm bisa nyetir pastinya. Murah dulu, lebih murah drpada daihatsu yrv tapi lupa harganya. Abis itu diganti ama papa ke 307 wagon biar muat banyak, cuman sebentar aja pakenya karena pengen ganti ke suv. Tp berasa bgt dulu ama skrg beda bgt pemasarannya. Dulu iklan dimana2, sering bgt lah liat iklan 206, 307, 406 di majalah, koran, yellow pages, bahkan tv nasional. Sekarang sepi, produk2 apa yg dipasarkan aja ga tau.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2612
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Dulu keluarga sempet sering punya pug
Ortu pake 405 sri, sti lemans ini mbl enak empuk bgt tp dulu kayanya ga banyak yg bs troubleshoot problem pug. Akhirnya ganti 306 n5 di paralel sama montera. Jd serasa kecil 306.
Skip bertahun2 ga pakai pug. Sy disuruh cr mbl dulu pas sma, dulu pgnnya city z aja ga macem2. Tiba2 diberi 406 d9 matic, tp syukurin aja meski ga cocok sama anak sma haha.
Beli seken 406 d9 matic, ini mbl enak bgt bantingannya. Sedan medium jepang jauh lah di banding ini. Tenaga mayan 220 masih bisa. Problemnya dulu cuma idle regulator sering error dan oli matic ga bisa atf biasa harus 4al, mahaal. Softpad dimana2 kualitas interior oke bgt
Ortu pake 405 sri, sti lemans ini mbl enak empuk bgt tp dulu kayanya ga banyak yg bs troubleshoot problem pug. Akhirnya ganti 306 n5 di paralel sama montera. Jd serasa kecil 306.
Skip bertahun2 ga pakai pug. Sy disuruh cr mbl dulu pas sma, dulu pgnnya city z aja ga macem2. Tiba2 diberi 406 d9 matic, tp syukurin aja meski ga cocok sama anak sma haha.
Beli seken 406 d9 matic, ini mbl enak bgt bantingannya. Sedan medium jepang jauh lah di banding ini. Tenaga mayan 220 masih bisa. Problemnya dulu cuma idle regulator sering error dan oli matic ga bisa atf biasa harus 4al, mahaal. Softpad dimana2 kualitas interior oke bgt
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Kl baca ini, jadi ingat dg apa yg dikatakan om NR. Kebijakan pajak final membuat produsen mobil non mainstream u jor-joran dg pemasaran di Indonesia.
Padahal kl pemerintah lebih "pengertian", kl pajak non final, harga lebih bisa ditekan, masyarakat bakal seneng gonta ganti mobil, apalagi didukung dengan budaya mayoritas masyarakat yg senang pamer. Ujung-ujungnya income govt jg minim sama atau bahkan lebih.
Padahal kl pemerintah lebih "pengertian", kl pajak non final, harga lebih bisa ditekan, masyarakat bakal seneng gonta ganti mobil, apalagi didukung dengan budaya mayoritas masyarakat yg senang pamer. Ujung-ujungnya income govt jg minim sama atau bahkan lebih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Oct 25, 2016 15:46
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
jadi inget dulu bokap selalu compare peugeot vs accord (405 non injection vs maestro, 405 injection vs cielo dan terakhir 406 FL vs Accord VTiL), yang 406 FL overall bokap bilang peugeot enak banget dbanding accord walaupun beda 300cc cuma tarikannya ga sespontan accord katanya. well ujung2nya belinya accord dengan masih mempertimbangkan aftersales service. setelah pakai lama yaa ada benernya sih, accord mulai rewel setelah 9-10 tahun, sebelum itu, perawatan berkala doank... dan akhirnya taun lalu dia nyerah ngerawatnya soalnya ada D4D yang lebih badak lagi...
menurut ane, operational cost dan availability ratio masih jadi pertimbangan utama user mobil disini, servis susah, sedikit mahal dan barang indent aja udah langsung dicap jelek sama konsumen abis itu berimbas ke RV yang anjlok dan sales yang anjlok pula...
menurut ane, operational cost dan availability ratio masih jadi pertimbangan utama user mobil disini, servis susah, sedikit mahal dan barang indent aja udah langsung dicap jelek sama konsumen abis itu berimbas ke RV yang anjlok dan sales yang anjlok pula...
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Sejak pasar otomotif Indo ramai oleh mobil2 yg didisain sesuai "local recipe" spt MPV 1500 cc / below dan pasukan LCGC, maka semakin menggerus pasar mobil2 "Global model".....apalagi yg sedan
ini kayaknya yg bikin Duo Korea juga ogah2 an, krn kalo mau sukses besar mrk hrs bikin sebuah model baru en gak bisa pake model2 yg mereka udah bikin skg....itupun juga gak jaminan (kasus Spin keok)
ini kayaknya yg bikin Duo Korea juga ogah2 an, krn kalo mau sukses besar mrk hrs bikin sebuah model baru en gak bisa pake model2 yg mereka udah bikin skg....itupun juga gak jaminan (kasus Spin keok)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Trakhir k beres pug...en ngobrol"
Mbl nya CBU semua...plus kena tax policy...hrgnya jd ngga kompetitive....dg hrg yg mirip konsumen lbh mili bmw ato mercedes
Dl bs b' jaya mungkin krn CKD..ada panel rakitan astra motor company d bbrp plat pug kita.
Mbl nya CBU semua...plus kena tax policy...hrgnya jd ngga kompetitive....dg hrg yg mirip konsumen lbh mili bmw ato mercedes
Dl bs b' jaya mungkin krn CKD..ada panel rakitan astra motor company d bbrp plat pug kita.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
dulu rakitan Astra Mobil yahjivos wrote:Trakhir k beres pug...en ngobrol"
Mbl nya CBU semua...plus kena tax policy...hrgnya jd ngga kompetitive....dg hrg yg mirip konsumen lbh mili bmw ato mercedes
Dl bs b' jaya mungkin krn CKD..ada panel rakitan astra motor company d bbrp plat pug kita.
kayak BMW CKD juga duli dirakit di Astra Mobil plant
lama2 Astra fenomena jadi mirip Indomobil yah
Indomobil skg udah identik dgn Suzuki, yg lain jadi pelengkap penggembira aja
Astra identik dgn T grup, yg lain pelengkap oenggembira aja
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Iya om ...rakitan astra tercinta
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Oot dikit
Peugeot udh bangun showroom di bsd bersebelahan dengan grup astra lainnya bmw,toyota,daihatsu
Showroomnya cukup besar dan bagus
Sepertinya astra mau mulai seriusin peugeot
Peugeot udh bangun showroom di bsd bersebelahan dengan grup astra lainnya bmw,toyota,daihatsu
Showroomnya cukup besar dan bagus
Sepertinya astra mau mulai seriusin peugeot
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1966
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
yes setuju...Turboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 3:38 Sejak pasar otomotif Indo ramai oleh mobil2 yg didisain sesuai "local recipe" spt MPV 1500 cc / below dan pasukan LCGC, maka semakin menggerus pasar mobil2 "Global model".....apalagi yg sedan
ini kayaknya yg bikin Duo Korea juga ogah2 an, krn kalo mau sukses besar mrk hrs bikin sebuah model baru en gak bisa pake model2 yg mereka udah bikin skg....itupun juga gak jaminan (kasus Spin keok)
dan sayangnya, sebenernya kualitas model global biasanya lebih bagus, dan fitur2nya lebih detail. (contoh: Seatbelt height adjuster, seat height adjuster dll.)
faktor kayak gini juga yg kayaknya bikin Ford angkat kaki, gak cocok sama strategi One Ford dia haha
Rocky R ADS CVT 2021
-
- SM Specialist
- Posts: 15611
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Kinda agree... Makanya ane bingung kenapa Astra Group ini seakan "worshipped" better dari Indoboil... Brand (mobil) under Astra yang terkatung-katung nasibnya banyak...Turboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 4:40 dulu rakitan Astra Mobil yah
kayak BMW CKD juga duli dirakit di Astra Mobil plant
lama2 Astra fenomena jadi mirip Indomobil yah
Indomobil skg udah identik dgn Suzuki, yg lain jadi pelengkap penggembira aja
Astra identik dgn T grup, yg lain pelengkap oenggembira aja
CMIIW
Tapi at least to be fair... Yang terkatung-katung itu nasibnya di belahan bumi lain juga sama aja terkatung-katung... Kecuali Isuzu...
Indoboil? Merek nomer 2 paling laku di dunia jadi salah satu merek dengan penjualan terburuk... Hahaha...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Ini brand menurut gw kalo niat jualan bisa turut meramaikan pasar, terutama 3008 dan 5008 nya yang harusnya jadi senjata andalan Pug Indo (crossover, gc tinggi, orang indo juga suka itu)
508 bisa lah buat meramaikan pasar Accord Camry Teana Mazda6
508 bisa lah buat meramaikan pasar Accord Camry Teana Mazda6
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
si Singa nyakar sejak disuntik dana oleh Dong Feng skg mulai mengaum2 lagi di luar sana
Rally Dakar
kalo di Cungkuo sih jualannya ueleh ueleehhhhhhh.......ya Dong Feng emang kuat si
Rally Dakar
kalo di Cungkuo sih jualannya ueleh ueleehhhhhhh.......ya Dong Feng emang kuat si
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Ternyata ada yg nasibnya lebih buruk dari isuzu ya om
ap kt nt aj
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
pernah punya merk ini.. dulu sportage 1 bawaan nyokap sehari hari diminta sama kakak saya jadi deh warisan kakak saya, akhirnya bokap nyari gantinya.. saya saran ke bokap untuk ambil jazz atau sx4..
eh tiba tiba sebuah 307 hatchback warna biru nongkrong digarasi.. kesan pertama, keren, cantik, futuristik, gila canggih banget, semua semuanya udah full elektrik, airbag 6.. mantap..
tapi ternyata durabilitas ancur lebur, transmisi matiknya fault terus terutama kalo mesin masih dingin, mesin dikasih pertamax plus pun masih ngelitik, udah bersihin total jeroan mesin sampai turun 1/2, klep piston sampe mengkilat tetap aja ngelitik, aki tiap tahun selalu ganti, konsumsi bbm juga ga terlalu hemat.. tiap jalan selalu aja ada elektrikal fault
cuma tahan 2,5 tahun dijual lagi, ganti tucson xg tahun 2007, sampe sekarang masih dipelihara..
eh tiba tiba sebuah 307 hatchback warna biru nongkrong digarasi.. kesan pertama, keren, cantik, futuristik, gila canggih banget, semua semuanya udah full elektrik, airbag 6.. mantap..
tapi ternyata durabilitas ancur lebur, transmisi matiknya fault terus terutama kalo mesin masih dingin, mesin dikasih pertamax plus pun masih ngelitik, udah bersihin total jeroan mesin sampai turun 1/2, klep piston sampe mengkilat tetap aja ngelitik, aki tiap tahun selalu ganti, konsumsi bbm juga ga terlalu hemat.. tiap jalan selalu aja ada elektrikal fault
cuma tahan 2,5 tahun dijual lagi, ganti tucson xg tahun 2007, sampe sekarang masih dipelihara..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Dec 15, 2015 23:46
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Baru mau buka showroom baru tuh deket aeon mall bsd , kesemsem sama allnew 3008 and 208 faceliftnya mudah2an masuk sini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Pug... merk dibawah astra yg terkatung2 penjualannya padahal qualitynya bagus banget.
Denger2 kata om sy (dulu ex orang astra), pug ttp dipertahanin sama astra walaupun nasibnya gitu krn astra kuatir kl dilepas ke APM lain morat marit nasibnya.
Jadi keinget era2 206,406 lumayan banyak di jalan, terutama 406 yang timeless banget modelnya
Denger2 kata om sy (dulu ex orang astra), pug ttp dipertahanin sama astra walaupun nasibnya gitu krn astra kuatir kl dilepas ke APM lain morat marit nasibnya.
Jadi keinget era2 206,406 lumayan banyak di jalan, terutama 406 yang timeless banget modelnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1564
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Klo logikanya dibalik gmn, sengaja ga dilepas k APM lain coz klo dilepas k pihak lain terbuka kemungkinan menggerus market salah satu merek yg jg dipegang sendiri, padahal salah satu merek yg dipegang itu bisa hasilin cuan gede banget (downspec / fitur kopongan)
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Ya, gak apa2 juga, Om. Setidaknya buat kami2 yg berdompet lokal bisa punya mobil, rasa lokal brand global, hehehe...Turboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 3:38 Sejak pasar otomotif Indo ramai oleh mobil2 yg didisain sesuai "local recipe" spt MPV 1500 cc / below dan pasukan LCGC, maka semakin menggerus pasar mobil2 "Global model".....apalagi yg sedan
ini kayaknya yg bikin Duo Korea juga ogah2 an, krn kalo mau sukses besar mrk hrs bikin sebuah model baru en gak bisa pake model2 yg mereka udah bikin skg....itupun juga gak jaminan (kasus Spin keok)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11045
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
cukup masuk akal.lemonadelovers wrote:Klo logikanya dibalik gmn, sengaja ga dilepas k APM lain coz klo dilepas k pihak lain terbuka kemungkinan menggerus market salah satu merek yg jg dipegang sendiri, padahal salah satu merek yg dipegang itu bisa hasilin cuan gede banget (downspec / fitur kopongan)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kiprah brand Peugeot di Indonesia
Kenapa Peugeot hari ini menjadi terpuruk di Indonesia?
Menurut Opini saya, selain aturan/kebijakan pemerintah
mengenai pajak dan juga adanya kerjasama pemerintah
RI dan Jepang (IJEPA) dalam ekspor impor ada beberapa faktor
lain yang memicu Peugeot menjadi redup di Indonesia,
karena jika kita tengok negara tetangga Malaysia, Brand ini
masih eksis disana. faktor tersebut adalah
1.Faktor Astra
Kenapa demikian? Ok, di Eropa sendiri sebenarnya Peugeot tidak dikenal
sebagai brand premium car melainkan berada 1 level dengan Toyota. Jika
kita buka review mobil-mobil peugeot disana nilai jualnya terletak
pada Harga terjangkau, Irit BBM dan less CO2 sehingga Pajak dan asuransi yang
lebih rendah. Di Indonesia, oleh Astra dibentuk image Peugeot merupakan
Brand yang ada di atas Toyota sehingga harga jualnya menjadi tidak kompetitif.
Kembali ke masa jaya Peugeot di kisaran tahun 2000-2005, kita tahu saat itu
model yang menjadi hits adalah HB 206 dan 307, sedan 306 dan 406, MPV 807.
Kuncinya saat itu adalah Toyota. Kenapa?
Lihat HB 206 dan 307, model 206 adalah era kembalinya tren mobil HB di Indonesia
sedang Toyota belum memiliki model ini direntang waktu tersebut dan hanya ada
Honda jazz yang ikut menjadi tren. Untuk sedan, saat itu mobil jenis sedan
masih cukup besar pasarnya dan bandingkan 306 dengan corolla. difirensiasinya
sangat jelas berbeda, lalu bandingkan 408 dengan Corolla hari ini. selain kenyamanan
maka hampir semua hal yang ada pada 408 ada pada corolla. Untuk 406 dan Camry,
model camry belumlah sepopuler 406. Camry mulai berbicara saat resmi dijadikan kendaraan
dinas anggota DPR pada 2004 dan sejak saat itu kepopulerannya terus berlanjut.
Big MPV toyota di masa itu adakah yang sudah sepopupler keluarga 806 atau 807?
kalau masih berfikir model apa, berarti memang saat itu Toyota belum serius
di pasar Big MPV.
Pernah terdengar kabar bahwa Garansindo sempat berminat mengelola Brand ini
namun tidak dilepas oleh Astra. Banyak line up Peugeot hari ini yang berbenturan
dengan model Toyota seperti Yaris dan 208 maupun corolla dan 408. Namun seperti
tidak ingin pasar Toyota terganggu maka harga peugeot membuatnya menjadi tidak worth to buy
ditambah image yang sudah terlanjur turun. contohnya versi 4 pintu 208 tidak dimasukkan
sementara 308 dihargai mirip dengan Golf??? Bagaimana dengan 408 seharga Corolla?
ya diawal cukup diminati karena pernah terjual hingga 400-an unit dalam setahun.
namun dengan makin kecilnya market sedan, tidak masuknya model baru dan NIK mobil
yang hari ini bahkan masih NIK 2012 dan 2013 siapa mau?
2. Faktor Peugeot dan Ekonomi Global
Yap, pabrikan mobil eropa ini umumnya memiliki idealisme yang tinggi atas produk mereka
dan suatu waktu, idealisme itu tidak sejalan dengan kondisi market. pada periode 2003-2008
Peugeot sangat percaya diri dengan bahasa desain mereka, krisis global 2008 dan telatnya mereka
merespon membuat mereka terpuruk. Saat itu juga mereka hanya fokus untuk pasar Eropa.
Asia dianggap bukan pasar penting dan sebagaimana yang terjadi pada Volvo dan Jags,
suntikan dana dari pemilik baru membuat mereka mulai bangkit. sayangnya di Indonesia masih stagnan.
Menurut Opini saya, selain aturan/kebijakan pemerintah
mengenai pajak dan juga adanya kerjasama pemerintah
RI dan Jepang (IJEPA) dalam ekspor impor ada beberapa faktor
lain yang memicu Peugeot menjadi redup di Indonesia,
karena jika kita tengok negara tetangga Malaysia, Brand ini
masih eksis disana. faktor tersebut adalah
1.Faktor Astra
Kenapa demikian? Ok, di Eropa sendiri sebenarnya Peugeot tidak dikenal
sebagai brand premium car melainkan berada 1 level dengan Toyota. Jika
kita buka review mobil-mobil peugeot disana nilai jualnya terletak
pada Harga terjangkau, Irit BBM dan less CO2 sehingga Pajak dan asuransi yang
lebih rendah. Di Indonesia, oleh Astra dibentuk image Peugeot merupakan
Brand yang ada di atas Toyota sehingga harga jualnya menjadi tidak kompetitif.
Kembali ke masa jaya Peugeot di kisaran tahun 2000-2005, kita tahu saat itu
model yang menjadi hits adalah HB 206 dan 307, sedan 306 dan 406, MPV 807.
Kuncinya saat itu adalah Toyota. Kenapa?
Lihat HB 206 dan 307, model 206 adalah era kembalinya tren mobil HB di Indonesia
sedang Toyota belum memiliki model ini direntang waktu tersebut dan hanya ada
Honda jazz yang ikut menjadi tren. Untuk sedan, saat itu mobil jenis sedan
masih cukup besar pasarnya dan bandingkan 306 dengan corolla. difirensiasinya
sangat jelas berbeda, lalu bandingkan 408 dengan Corolla hari ini. selain kenyamanan
maka hampir semua hal yang ada pada 408 ada pada corolla. Untuk 406 dan Camry,
model camry belumlah sepopuler 406. Camry mulai berbicara saat resmi dijadikan kendaraan
dinas anggota DPR pada 2004 dan sejak saat itu kepopulerannya terus berlanjut.
Big MPV toyota di masa itu adakah yang sudah sepopupler keluarga 806 atau 807?
kalau masih berfikir model apa, berarti memang saat itu Toyota belum serius
di pasar Big MPV.
Pernah terdengar kabar bahwa Garansindo sempat berminat mengelola Brand ini
namun tidak dilepas oleh Astra. Banyak line up Peugeot hari ini yang berbenturan
dengan model Toyota seperti Yaris dan 208 maupun corolla dan 408. Namun seperti
tidak ingin pasar Toyota terganggu maka harga peugeot membuatnya menjadi tidak worth to buy
ditambah image yang sudah terlanjur turun. contohnya versi 4 pintu 208 tidak dimasukkan
sementara 308 dihargai mirip dengan Golf??? Bagaimana dengan 408 seharga Corolla?
ya diawal cukup diminati karena pernah terjual hingga 400-an unit dalam setahun.
namun dengan makin kecilnya market sedan, tidak masuknya model baru dan NIK mobil
yang hari ini bahkan masih NIK 2012 dan 2013 siapa mau?
2. Faktor Peugeot dan Ekonomi Global
Yap, pabrikan mobil eropa ini umumnya memiliki idealisme yang tinggi atas produk mereka
dan suatu waktu, idealisme itu tidak sejalan dengan kondisi market. pada periode 2003-2008
Peugeot sangat percaya diri dengan bahasa desain mereka, krisis global 2008 dan telatnya mereka
merespon membuat mereka terpuruk. Saat itu juga mereka hanya fokus untuk pasar Eropa.
Asia dianggap bukan pasar penting dan sebagaimana yang terjadi pada Volvo dan Jags,
suntikan dana dari pemilik baru membuat mereka mulai bangkit. sayangnya di Indonesia masih stagnan.