Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DokterMobil2000
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 10, 2016 7:50

Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by DokterMobil2000 »

Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya. Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.

Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.

Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.

1. Kompressor AC

Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.

2. Kondensor

Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.

3. Filter atau Dryer

Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil

Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.

Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.

Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by b8099ok »

Ini si lung² atau ricky? :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by grandis_GT »

Jangan" kloningan si FRD mbah :ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by daftar »

mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
:ngacir:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by 3mul »

daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
Bisa banget!
Pake genset :ngacir: :ngacir:

Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by snoepje »

daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
Seperti di kapal yang buat larung abu di ancol om, pake Sharp, LG, Panasonic model buat rumah :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by marmut »

daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by Turboman »

marmut wrote:
daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...
sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumah

Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang

harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by daftar »

Turboman wrote:
marmut wrote:
daftar wrote:mungkin gak AC rumah Sharp dipasang di mobil atau bus
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...
sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumah

Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang

harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang

tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?
:ngacir:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by didietkeren »

Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by marmut »

didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
kalo disiram air cara primitif itu. yg paling kekinian dioles pake kuas dan air sabun.

sent from Ericsson R310s
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by didietkeren »

marmut wrote:
didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
kalo disiram air cara primitif itu. yg paling kekinian dioles pake kuas dan air sabun.

sent from Ericsson R310s
11-12 dong Om.... Alias beda tipis primitifnya.. [emoji12]

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by marmut »

[emoji1]

sent from Ericsson R310s
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by Turboman »

daftar wrote:
Turboman wrote:
marmut wrote:
saya malah pengen pasang AC mobil di dalem kamar...
sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumah

Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang

harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang

tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?
dimensi evap nya om

lalu putaran kompressor AC mobil naik turun
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by adityabp »

Turboman wrote:
daftar wrote:
Turboman wrote: sistem AC mobil lebih mahal drpd AC split rumah

Kompressor AC Ipah 2KD harga udah 3 jt, baru kompressor doang

harga 3 jt utk AC rumah udah dapat AC split komplit set termasuk pasang

tapi kenapa rasanya AC rumah lebih adem ya.
coba AC rumah 1pk anginnya disemburin ke dalam mobil pasti mengigil, sementara AC mobil dayanya mulai 4pk suhunya gitu2 aja, apa satuan ukurannya beda?
dimensi evap nya om

lalu putaran kompressor AC mobil naik turun
Satu lagi, kompresor AC mobil + pipa freon kena panas mesin.
polarbear
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sun Sep 01, 2013 13:49

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by polarbear »

Yg jelas kaleng & jendela mobil lebih tipis daripada genteng/beton dan dinding
slnga
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sat Feb 08, 2014 20:26

Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by slnga »

didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.

Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by didietkeren »

slnga wrote:
didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.

Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
Bentuk alatnya kayak gimana?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
slnga
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sat Feb 08, 2014 20:26

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by slnga »

didietkeren wrote:
slnga wrote:
didietkeren wrote:Adakah alat yang bisa mendeteksi lokasi kebocoran freon di mana? Cuma lihat bengkel ac pake cara siram air sabun di komponen/jalur ac.. Apa gak ada cara yang lebih akurat/canggih?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
ada namanya leak detector, modelnya macam HT punya antena, diujung antena tersebut ada sensor yg sensitif buat mengendus letak kebocoran AC, klo sekedar mengetahui apakah sistem AC bocor atau tidak bisa menggunakan metode vacuum (make pump vacuum) jarum indicator vacuum akan menunjukkan dibawah nol / minus, kemudian matikan pump, diamkan beberapa saat klo indicator bergerak menuju angka nol bisa dipastikan sistem AC mengalami kebocoran.

Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
Bentuk alatnya kayak gimana?

Sent from my Panasonic T21 using Seraya Motor mobile app
Image

Ralat namanya Leakscan

Sent from my SM-T231 using Seraya Motor mobile app
User avatar
L4WU
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Jan 26, 2016 5:03

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by L4WU »

di Kereta api sekarang lbh byk yang pakai AC rumah, satu gerbong dipasang dua unit. mereknya kebanyakan Panason*c atau LG.
Belum punya mobil... :frm_bang_head:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by Pugman »

Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by pernahmiskin »

Pugman wrote: Sat Oct 28, 2017 12:51 Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
Di cucikan / servis aja om, biasanya berjamur..
DIY jg bisa, beli air conditioner cleaner dan jangan lupa filter ac d cek...
lebih bagus lagi yg mengandung carbon....

Kalau sy buat hindari jamur sebelum matikan mesin, aktifkan blower angin thok aja sebentar dlm kondisi ac mati...buat hilangkan embun di dlm sistim n jalur ac yg biasanya jd penyebab jamur
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by Vicvic »

Suhu saya mau tanya mengenai ac double blower apakah kerja kompresor lebih berat apabila ac belakang di nyalakan atau sama saja?
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by akbrn »

Pugman wrote:Suhu-suhu saya mau tanya, AC mobil saya pakai digital control yang punya 8 step blower. Saat mobil jalan, AC setelah 2 jam akan timbul bau apek kenapa ya? Biasanya timbul kalau blower saya posisikan dipaling rendah atau pelan saat mobil jalan siang tapi lancar/malam hari/saat hujan, kalau kecepatan Blower saya naikkan maka baunya tidak terlalu terasa. Masalahnya saya kedinginan kalau blower ada step ke 2 atau 3.
Evap nya udh kotor kynya, coba di service evap nya (dibersihkan, entah itu dgn alat endoskopi / bongkar dashboard) & ganti filter cabin dgn yg baru.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Post by Herman7103 »

DokterMobil2000 wrote:Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya. Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.

Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.

Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.

1. Kompressor AC

Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.

2. Kondensor

Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.

3. Filter atau Dryer

Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil

Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.

Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.

Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.
Nice share [emoji3], dari pengalaman maintenance sendiri AC Lx 3/4 PK di rumah dgn setiap bulan nya, saya bersihkan sendiri filter AC nya dan bersihkan dgn kuas bagian indoor nya dan semprotin dgn air tekanan sedang utk kipas dan kisi kisi di outdoornya AC merk korea yg saya pake dari th 2003 sampe skrg msh sejuk cuma tambah freon 2 X saja oleh teknisi AC selama itu dan prinsip tsb juga diterapkan utk maintenance AC ANGL 2014 dgn bedanya filter kabin kalau kotor saya ganti baru dan setiap cuci mobil selalu saya semprotin bagian kodensernya yg berupa kisi kisi atau sirip sirip dgn air tekanan rendah sehingga dari awal beli sampe skrg kodensernya bersih dari kotoran dan AC ANGL cukup stel di angka 1 dan putaran biru yg utk thermostat kalau gak salah cukup 3 klik kalau kami sekeluarga ber 5 jalan krn row 3 ngak pernah di pake, tapi bila ada ortu atau mertua atau saudara, atau teman dll ikut baru row 3 di tempati anak anak baru di stel di angka 1 dan putaran biru yg max karena kalau di stel angka 2 suaranya mulai berisik nganggu kenikmatan saya mendengar musik dr usb yg berisi lagu lagu pilihan saat lg nyetir dan sayanya masuk angin.. Udah 3 1/2 AC Mobil masih OK [emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014