Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
edward wrote:
Utk jalur luar kota,hati2 dg marka jalan yg lurus/yg putus2 dan jalur nya menikung,hati2 jangan mendahului dr kanan melewati marka garis lurus itu,saya sudah dua kali kena jebakan betmen-apalagi klo depannya ada mobil yg sengaja berjalan pelan-begitu di dahului dr kanan -bbrp meter kemudian tau2 ada prittt polisi (di ngawi kemaren saya dan 5 mbl lain udah ngasih 500rb buat makan siang pak plokis)..
kalo di ngawi sih jangan coba2 om, kebetulan sebulan sekali lewat situ,, sering lihat polisi sembunyi di antara pohon jati sambil pegang HT ngasih tau temennya mana2 mobil yang ngelanggar marka, begitu sukses nyalip beberapa meter kemudian langsung priitt
kalo lewat situ marka lurus biarpun depan sepi & pandangan jelas saya juga ga mau nyalip, kadang ada mobil2 belakang yg ga ngerti ngedim2 (maksudnya nyuruh saya nyalip buka jalan) tapi tetep saya biarin aja.
lemonadelovers wrote:Dr pengalaman pribadi n baca2 postingan disini khususnya posisi nyalip n dr arah lawan ada kendaraan lain dan kita posisi kejepit klo dipikir2 kenapa dr arah lawan ga ngasih jalan ya n ngurangin kecepatan, ini kayak sengaja mau adu banteng.. dan itu urusan sama nyawa
Padahal klo lg d jalan masing2 pihak males ngurusin kejadian senggolan/ kelakaan apalagi sampe ke Polisi
Kira2 faktor apa ya? Psikologis kah?
soalnya posisi mereka ngerasa emg bener.
seharusnya aturan nyalip yg bner kan dari arah berlawanan harus kosong, minimal jaraknya cukup bwt nyalip dan kembali lg ke jalur semula dgn aman.
kebanyakan yg diajak "adu kambing" itu kan nyalip nya grusak grusuk dan itung2an nya ga pas.
nyusahin yg disalip ama yg dr arah berlawanan. cmiiw
Nambah lagi, kejadiannya malem minggu...
Lagi jalan di tol dalkot ke arah pluit, krn di angke gk tau knapa di smua jalur ada Lane hogging berjamaah (kiri ampe kanan jalannya 70 smua gk tau napa), ane ambil bahu jalan... Nah, pas mau exit angke tb tb ada crv yng ngesen mau kluar trs tb tb langsung belok, ya ane yng gk nyadar udh jalan 120 Hard Braking, udh waktu itu abis ujan gede lg (msi gerimis jg), eh pas ngerem malah aquaplanting pas mau belok ngindarin dia... untung ada VSC, klo gk ane udh nabrak crv ato gk pembatas jalan.... Abis itu ane stop trus doa dan ikutan jadi Lane hogger.....
ngeri2 ya pengalamannya, kalo sy cuma nyaris, dan semoga itu udah maksi. ada dua kali nyaris kena accident, dua2nya di alas roban.
1) siang2 pas mendung dan gerimis, baru keluar dr kota batang arah semarang. di ruas ini kan jalannya berliku2 banyak tikungan, situasi jalan banyak bertebaran truk yg melaju lambat baik dilajur kiri maupun kanan, jd kita harus zig zag. sampai pada ruas jalan yg memutar, sy melambat dr 80 ke 60 kpj, krn visibilitas ke depan agak terbatas, posisi sedang di lajur kiri. nah saat itu ada L300 station yg melaju cepat menyalib dr sisi kanan. gak salah sih, tp segera setelah memasuki putaran, terdapat dua truk besar melaju lambat berdampingan mem-block semua lajur. si L300 panic breaking, berdecit2, sampe miring 30%-an, dua roda sebelah kiri terangkat, meluncur tak terkendali ke lajur kiri, lajur dimana sy berada. segera injak rem kuat2, ndak berani lgsg banting setir kanan krn ragu2 pergerakannya yg liar dan juga takut kesundul mobil yg mungkin melaju kencang dr belakang. sy berhasil berhenti sekitar 2 meteran saat mobil itu melintas menari di depan mata, untunglah di belakang sedang kosong, segera nyalain lampu hazard... surprisingly, dia gak jd ngguling, kedua roda kiri turun, sempat geol2 bentar, lalu stabil...
2) sedang cruising sekitar 80 kpj dr arah semarang, jam 8 malam. sy biasanya kalo cruising malam, lbh suka ambil lajur kiri, akibat mata kurang awas menangkap batas jalan, dan gak suka ngebut2 amat, jd tahu dirilah... tp krn masih agak sore, lajur kiri masih banyak motor, dan kondisinya kebetulan lajur tengah dan kanan lebih mulus. maka sy melaju di tengah2, bukan lajur tengah ya, krn cuma ada dua lajur... untung sy ambil lajur tengah2, saya sedikit mepet kanan saja, kejadian dach, menghajar panther tua yg mau menyeberang. jd ceritanya, u-turn di alas roban itu kan banyak yg tidak dirancang dg proper, jd kalo mau putar balik, atau menyeberang, either bokong mobil masih berada di jalur asal ato moncong udah mongol di jalur satunya. yg saya alamin, itu panther mau menyeberang (kemungkinan, dilihat dari sudut mobilnya, dan disitu ada per3an), tp posisi masih di tengah2 dan masih berhenti, jd bokongnya masih di lajur saya. parahnya lagi, head lamp-nya redup, sedangkan tail lamp-nya gak kelihatan karena arah mobil sudah mengarah ke saya, jalanan memutar dan sekitar u-turn minim penerangan, sebuah kombinasi yg nyaris sempurna untuk sebuah bencana. kondisi jalan yg gelap dan agak memutar membuat sy melihat bahwa itu panther adalah mobil di jalur sebelah, sementara lajur depan saya aman sentosa... sy baru menyadari saat sudah berada berada bbrp meter didekatnya, gara2 siluet bokongnya kelihatan akibat sorot lampu mobil lain. sy injak rem dan putar setir ke kiri, tp gak berani banyak2, krn di kiri juga ada motor tengah melaju. alhamdulillah selamat, tp abis itu kaki terasa lemas semua...
edward wrote:Kita sisipkan juga sedikit urun rembug buat kita semua buat lebih safety lagi baik di jalan tol maupun jalan biasa:
1.Klo saya lagi di jalur plg kanan jalan tol which is jalur utk mendahului,klo depannya lelet biasanya saya hanya sekali dim atau dua kali dim buat ngasih tau dia klo kita mau mendahului,klo ga di respon biasanya saya langsung kasih sein kiri dan mendahului dr kiri....
saya malah lbh apreciate klo yg didepannya suka ngasih sein kanan pas di dim-berarti dia akan tetap di jalur kanan...berarti saya akan lbh aman mendahului dr sebelah kiri.
Yg dibold, biasanya mobil plat TNI atau yg pake stiker TNI
Buat saya ini malah menunjukan arogansi
edward wrote:Utk jalur luar kota,hati2 dg marka jalan yg lurus/yg putus2 dan jalur nya menikung,hati2 jangan mendahului dr kanan melewati marka garis lurus itu,saya sudah dua kali kena jebakan betmen-apalagi klo depannya ada mobil yg sengaja berjalan pelan-begitu di dahului dr kanan -bbrp meter kemudian tau2 ada prittt polisi (di ngawi kemaren saya dan 5 mbl lain udah ngasih 500rb buat makan siang pak plokis)..
Denger2x di tol semarang juga gitu om. Yg tanjakan panjang pake marka garis lurus warna kuning. Gak tau persisnya di daerah mana/km berapa.
edward wrote:Hati2 juga dg motor dr arah lawan kalo pas mendahului-ada satu dua motor yg sinting,udah tau kita lagi mendahului eh bukannya minggir plg kanan malah sengaja berhenti di tengah2 jalan seolah gak ngijinin kita mendahului...
Saya pernah kasih pelajaran ke motor model gini-seolah2 lurus mau nabrak dia lalu dg ngegas lbh kencang mepet semepet2nya lalu lewatin tanpa bunyiin klakson sampe orang nya megangin helm nya krn dikira akan di tabrak hahaha (need skill-not recommended buat dicoba2)
Kalau soal lane hogger imo sptnya indo mesti ikuti UK punya aturan. Mereka hapus yg namanya lane for slower, slow, fast, and faster instead ganti dengan lane 1, 2, 3, dst biar driver ndak saklek dgn aturan lama.
BTT, near death experience kejadian sekitar 2 tahun lalu di jagorawi arah jkt, karena pagi itu traffic relatif sepi sy pacu kendaraan (swift st non-abs) 140kmh di lajur 3. Tiba2 dari lajur 2 depan sy truk ukuran sedang (biasa warna kuning) masuk lajur saya utk nyalip truk didepannya. Saat itu mobil isi 3 orang (2 orang berbadan besar) dan rem udah panas stlh saya bawa kebut2 sebelumnya.
Sontak sy downshift dan rem dalam, namun tetep tdk bisa menahan momentum mobil. Di kanan sy tau ada mobil melaju, menyisakan lajur 1 yang sy tidak tahu ada kendaraan atau tidak. Tidak pikir panjang saya mencoba peruntungan banting setir ke lajur satu, itu pun kalo mobil tidak tergelincir dan tidak ada kendaraan lain. Ban sampai berdecit dan pantat mobil ngebuang tp puji Tuhan kecelakaan terhindarkan.
carlzeiss wrote:Ga smua sih bisa di judge " atas angin " . Pribadi saya kalo emg ada yang nyalip , saya lihat dulu cara nyalipnya sopan atau memaksakan, kalo sopan , saya kasih lewat, tapi kalo cara nyalipnya dia yang ngedim ngedim panjang , nyilauin mata , pasti saya adu sama dim lagi sama kecepatan konstan .
Jadi beretikalah dalam menyalip
pesan Kakek saya pas saya mau balik dari mudik
"...di jalan jangan cari kebenaran, yang dicari keselamatan..."
irfan135 wrote:
setelah baca pelan pelan dari page satu ini nih yang sangat horror.
ngeri betul liat mobilnya, gak kebayang nih betapa shocknya.
kalo dah ringsek kek gini mobilnya apa masih bisa diperbaiki?
mobil dinyatakan total loss oleh pihak asuransi..itu pihak Toyota aja ampe geleng2 kepala ngeliat mobilnya..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
irfan135 wrote:
setelah baca pelan pelan dari page satu ini nih yang sangat horror.
ngeri betul liat mobilnya, gak kebayang nih betapa shocknya.
kalo dah ringsek kek gini mobilnya apa masih bisa diperbaiki?
mobil dinyatakan total loss oleh pihak asuransi..itu pihak Toyota aja ampe geleng2 kepala ngeliat mobilnya..
Itu kalo udh total loss, unit mobilnya diganti atau gmn om?
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
lemonadelovers wrote:Dr pengalaman pribadi n baca2 postingan disini khususnya posisi nyalip n dr arah lawan ada kendaraan lain dan kita posisi kejepit klo dipikir2 kenapa dr arah lawan ga ngasih jalan ya n ngurangin kecepatan, ini kayak sengaja mau adu banteng.. dan itu urusan sama nyawa
Padahal klo lg d jalan masing2 pihak males ngurusin kejadian senggolan/ kelakaan apalagi sampe ke Polisi
Kira2 faktor apa ya? Psikologis kah?
Sudah tau dari arah lawan nggak bebas tapi masih maksa nyalip? Dan berharap mobil yg berlawanan yang ngerem? Plus masih bisa berpikir lawan yang ngajak adu banteng?
Kok ane agak bingung sama logika di atas.
Dimana2,nyalip itu gampanggg. Yg susah adalah memastikan 100% pasti bisa masuk kembali ke jalur. Kalo cuma yakin 99% aja, ini mah namanya judi modal nyawa
irfan135 wrote:
setelah baca pelan pelan dari page satu ini nih yang sangat horror.
ngeri betul liat mobilnya, gak kebayang nih betapa shocknya.
kalo dah ringsek kek gini mobilnya apa masih bisa diperbaiki?
mobil dinyatakan total loss oleh pihak asuransi..itu pihak Toyota aja ampe geleng2 kepala ngeliat mobilnya..
Itu kalo udh total loss, unit mobilnya diganti atau gmn om?
Setau saya sih...dinilai harga mobil tsb pada waktu kejadian harga pasarannya brp...cmiiw...belom pernah kejadian dan amit2 deh..
Ini peringatan bgi saya sekaligus masukan buat yg lain, kalau tdk kenal daerah yg dilalui jgn ngebut.
Terakhir sebulan lalu hampir bikin tewas orang. Habis subuh, ngantuk. Nyetir sendirian dr jatim masuk kota tegal arah jkt. Sdkt ngebut. Gak hafal dlm kota. Ternyata ada lampu merah gak keliatan. Tiba2 motor & kendaraan lain berhenti krn merah.Rem habis2an dan banting kanan menghindari motor. Mbl berhenti hampir ditengah perempatan dijalur berlawanan. Hbs itu deg2an lutut lemes. Tapi mata berbinar2 krn ngantuk ilang seketika..
irfan135 wrote:
setelah baca pelan pelan dari page satu ini nih yang sangat horror.
ngeri betul liat mobilnya, gak kebayang nih betapa shocknya.
kalo dah ringsek kek gini mobilnya apa masih bisa diperbaiki?
mobil dinyatakan total loss oleh pihak asuransi..itu pihak Toyota aja ampe geleng2 kepala ngeliat mobilnya..
Itu kalo udh total loss, unit mobilnya diganti atau gmn om?
iya om, saya juga penasaran nih. belum pernah make asuransi soalnya.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
Mamang555 wrote:Soal lane hoggers sih harus diliat juga lho kasus nya..
Beberapa nyetir di jalur kanan itu speed nya udah 90-100 which is udah speed tertinggi yang diijinkan secara "tertulis" di rata2 tol sini (tol kanci pajagan / tol bakrie malah cuma ngijinin maks 80 kpj karena permukaan jalan tidak rata - yg sering lewat tau lha).
Saya beberapa kali di tol lari paling kanan sudah konstan kisaran 100-120, tapi adaa aja dari belakang mobil2 arogan (umum nya mobil2 cc besar atau mungkin alay2 kali) yang bolak balik kasih dim plus berkali2 klakson minta jalan dengan arogan nya. Mungkin dia speed 140 kpj up kali. Kadang saya kasih jalan, tapi kadang saya kerjain juga dengan sengaja ga kasih jalan. Biar doi tau diri juga. Kadang dia mau nyalip dari kiri, ane tancap gas aja..Hehehe
Sepengalaman saya sih, jarang ngeliat mobil bawa pelan2 di tol luar kota. Sepelan2 nya mereka, saya yakin larinya (di speedo) sudah kisaran 90-100 kalo jalanan kosong... dan itu sebenarnya sudah sesuai aturan lho (hihihi). Cuman aja kita kadang kalo tol kosong gatel lari 120 kpj up.. ya jelas aja kelihatan mereka lanehoggers kayak siput yang ganggu jalan kita..
Just imo
Sorry ot
ya betul, saya setuju dengan om ini.
kalau misal pas saya lagi cruising di toll dengan speed 130-140an lalu didepan saya ada yg pelan (let say 110kmh-an).. biasanya saya tahu diri dengan ikuti speed mobil depan saya itu, atau nyalip dia di lajur kedua secara aman..
yang nyebelin kan lanehoggers yg speednya under 80kmh.. malah kasus saya dulu pas momen hampir celaka, si lanehogger itu speednya cuma 60kmh (dan depannya kosong melompong)..
sori OOT ya.
pengalaman pribadi memang guru yang paling manjur.. near death experience memang membuat kita kedepannya lebih waspada dan hati2.
om om, maaf ya, mari sepakat untuk tidak sepakat.
Betul ada aturan Max Speed di Tol (sudah disebut diatas, ada yang 80, ada yang 100), tapi ingat juga ada aturan yang menyatakan lajur paling kanan adalah lajur untuk mendahului. Ya saya juga gak mau berdebat mana yang benar dan mana yang salah ya.. Toh statement om @Mamang555 juga bilang, kadang2 mobil blakang mau nyalip dari kiri, om mamang malah tancap gas, yang artinya speednya udah melebihi aturan yang berlaku kan?
btw, kalo untuk om @PRBS 60kpj itu juga sesuai aturan speed minimal loh di beberapa tol :-p hihihi... jadi gpp dong dia 60 walopun depannya kosong? hahaha
back to topic, near death saya ada di mobil dan motor..
1. motor, di depan pasar Blok A tahun 2010an. Ane dari arah fatmawati menuju blok M, setelah antri mobil yang bergerak sangat lambat, ane langsung ambil kanan pas Satu Arah di depan Blok A sambil agak nge-gas. mungkin speednya baru sampe 50-60an, tiba2 ada motor lawan arus yang baru kelihatan karena sebelumnya ketutupan mobil di depan. dan terjadilah adu banteng. ane terbang melayang entah brapa meter, tapi pas instingnya jalan untuk ngelemesin badan aja ngikutin gaya dorongnya.... motor lawanpun jatuh tapi tidak terlempar karena dia agak lambat (mau belok ke arah kanan --udah lawan arah, motong jalur pula). ane cidera lecet2 cukup banyak, motor lawan jari kelingking kanan patah, tuas rem kanan patah. mungkin kalo gak pake helm, tiada juga ane..
2. mobil di cipularang, baru bisa nyetir +/- 2 bulan, malem, arah bandung, lagi cruising di lajur 1 (konstan 90) dan pas lagi turunan, tiba2 ternyata ada truck besar yang berjalan sangat lambat dan lampu yang nyala hanya 1 buah di kiri bawah dan redup..... pas sadar (mungkin lebih kurang 50m dari truck), agak kagok karena baru bisa nyetir waktu itu.. ke kanan, diklakson panjang banget sama mobil di kanan.. alhasil cuma ngerem aja ngandelin ABS, dan sukur bisa brenti tepat sebelum nyerusuk ke bawah trucknya.. mungkin selamat juga karena pas lagi turunan jadi trucknya majunya cukup cepat..
ane lebi demen blg nya near miss aj dehh... kl death agak gmana gt...
btw kl ane, beberapa bulan silam (ckup lama jg sehh)... kejadian nya di jalan trans sulawesi, ke arah parigi..
kondisi lg mendung siang2, traffic jg lg lenggang dan berkelok2 ala initial D (tipikal jalan propinsi sulawesi)... krn traffic lenggang dan jalanan ckup mulus, nyetir nya ane jg jd sdkit ngebut.. apalagi lg dapet jatah mobilio..
mendadak ad kambing 3 ekor lompat ke tengah jalan... reflek liat spion blakang ad mobil, banting setir jg ga mungkin krn dijamin kandas tuh mobil dan akhirnya coba manuver ke jalur berlawanan... kambing 1 dan 2 lolos, kambing 3 kehajar bemper depan ckup kenceng... kejadian nya jg beberapa detik... pengen berhenti tp liat di spion,... lah tuh kambing ke 3 bsa berdiri trus lari lg walaupun pincang2... yowes lanjut jalan... walaupun ntuh tangan ama kaki masi lemes...
pas stop di pom bensin, liat bemper, sukses bkin retak krom foglamp beserta bulu2 tuh kambing kejepit di foglamp, cat bemper deket plaat nomor retak dan ngelotok sdikit...
art3m1s wrote:
-- cut --
om om, maaf ya, mari sepakat untuk tidak sepakat.
Betul ada aturan Max Speed di Tol (sudah disebut diatas, ada yang 80, ada yang 100), tapi ingat juga ada aturan yang menyatakan lajur paling kanan adalah lajur untuk mendahului. Ya saya juga gak mau berdebat mana yang benar dan mana yang salah ya.. Toh statement om @Mamang555 juga bilang, kadang2 mobil blakang mau nyalip dari kiri, om mamang malah tancap gas, yang artinya speednya udah melebihi aturan yang berlaku kan?
btw, kalo untuk om @PRBS 60kpj itu juga sesuai aturan speed minimal loh di beberapa tol :-p hihihi... jadi gpp dong dia 60 walopun depannya kosong? hahaha
-- cut--
om, maaf ya.. mungkin om baca cerita saya kurang teliti ya..
di kasus saya itu.. dia cruising di speed 60kmh, di lajur cepat dan lajur cepat itu max memang 100kmh
which is, dia menyetir dengan batas ijin speed terendah yang ada di toll.... dilajur paling cepat
oiya ditambah depannya dia kosong (yaiyalah kosong,, lah wong dia ngeblock mobil2 dibelakangnya).. jadi menurut saya ya jelas salah lah..
kalau dia mengerti aturan, dia menyetir dengan speed 60 ya di lane 2 (kecepatan sedang) atau malah di lane 3.. (kecepatan rendah bersama truck etc)
jangan malah dia nyetir/ cruising 60kmh di lajur cepat (yang notabene lajur untuk mendahului dengan max speed til 100kmh)
itu point yang saya jengkelin.. karena buat orang lain jadi rem mendadak.. dan itu berbahaya sampai membuat saya hampir mati (rem mendadak, ban selip digenangan) gara2 oknum ini
peace om PRBS, mungkin benar saya kurang teliti baca post2 sebelumnya. thx ni uda dipakein bold dan sizw besar di beberapa point, jadi lebih teliti terbaca.
nah berhubung ini thread ttg nearmiss, mari kita akhiri diskusi ttg lanehogger dan aturan2nya (never ending discussion).
itungannya gimana tuh kalo 80% dari harga mobil, misalkan masih periode kredit leasing terus kena kecelakaan hebat diitung Total loss , rugi dong berarti yang punya mobilnya ?
art3m1s wrote:peace om PRBS, mungkin benar saya kurang teliti baca post2 sebelumnya. thx ni uda dipakein bold dan sizw besar di beberapa point, jadi lebih teliti terbaca.
nah berhubung ini thread ttg nearmiss, mari kita akhiri diskusi ttg lanehogger dan aturan2nya (never ending discussion).
mangga lanjutttt.. maap oot om TS & om mod...
Di tol kita mah sebenernya aturannya sdh gak jelas om, udah gak ada yang perduli dgn aturan (entah sengaja, atau memang tdk tahu).
Btt
Dilanjut lagi, ceritanya pada seru seru banget