Near Death Experience ( while driving ) ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by adityabp »

JukeJoken wrote:Dulu ane pernah lagi di Ramp parkir gedung ITC BSD lagi turun. Turunnya itu yang turunannya melingkar terus gitu sampe bawah dan turunan lumayan curam. Di depan ane ada Agya , lalu ane , dibelakang ada Fortuner atau apa gitu. Nah si Agya ini turun lumayan kenceng , ane jarak sekitar 4-5 meter ke mobil dia. Emang dari kaca belakang awalnya ane liat ada anak kecil di tengah" antara kursi supir sama kursi penumpang depan. Ane mikir bahaya amat kalau si supirnya rem mendadak. Bbrp detik setelah ane mikir gitu , tiba" si anak kecil kayaknya kepeleset atau jatuh , lalu si supir mungkin panik lalu si Agya ini naik ke pembatas kayak semacam trotoar dan nabrak besi pelindung pipa di kiri turunan parkiran melingkar itu. kenceng banget nabraknya. Ane rem mendadak , berenti bener" sekitar 1-2 cm dr si agya. Eh tiba" si Agya ini tetep jalan dan ngegesek bodinya ke tembok pembatas sebelah kirinya lalu akhirnya berenti. Pas ane rem mendadak , si Fortuner berasa kayaknya nabrak bemper belakang ane tapi bempernya gak apa-apa. jadi akhirnya ane dan bokap ane dan ada org dr mobil belakang liat keadaan dan cek si supir Agya. Ternyata Ibu-Ibu pengemudinya , dan si anak katanya kepeleset lalu tarik setir mobilnya dan akhirnya nabrak. Akhirnya karena si ibu shock dan anaknya nangis lalu mobilnya nyangkut , bokap ane yang setirin mobilnya sampe ke area keluar parkir. Mobilnya penyok dari fender sampe pintu kiri mobilnya. Gak near death tapi cukup menakutkan buat ane dan ane sadar jaga jarak ke mobil depan dimanapun itu penting , karena bisa aja kalau ane gak hati hati ane malah nabrak Agya itu.
Saya selalu membiasakan pake gigi 1 kalo turun parkiran spiral kayak gini. Engine brake bener2x membantu pengereman.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by bivanos88 »

Mamang555 wrote:Soal lane hoggers sih harus diliat juga lho kasus nya.. :D

Beberapa nyetir di jalur kanan itu speed nya udah 90-100 which is udah speed tertinggi yang diijinkan secara "tertulis" di rata2 tol sini (tol kanci pajagan / tol bakrie malah cuma ngijinin maks 80 kpj karena permukaan jalan tidak rata - yg sering lewat tau lha).

Saya beberapa kali di tol lari paling kanan sudah konstan kisaran 100-120, tapi adaa aja dari belakang mobil2 arogan (umum nya mobil2 cc besar atau mungkin alay2 kali) yang bolak balik kasih dim plus berkali2 klakson minta jalan dengan arogan nya. Mungkin dia speed 140 kpj up kali. Kadang saya kasih jalan, tapi kadang saya kerjain juga dengan sengaja ga kasih jalan. Biar doi tau diri juga. Kadang dia mau nyalip dari kiri, ane tancap gas aja..Hehehe

Sepengalaman saya sih, jarang ngeliat mobil bawa pelan2 di tol luar kota. Sepelan2 nya mereka, saya yakin larinya (di speedo) sudah kisaran 90-100 kalo jalanan kosong... dan itu sebenarnya sudah sesuai aturan lho (hihihi). Cuman aja kita kadang kalo tol kosong gatel lari 120 kpj up.. ya jelas aja kelihatan mereka lanehoggers kayak siput yang ganggu jalan kita..

Just imo

Sorry ot
Setuju banget dengan yang ini.. yang penting sudah sesuai kl jalur kanan itu adalah jalur untuk mendahului, bukan untuk cruising santai.. :big_peace:
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Wed May 27, 2015 5:07

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by stiffler »

Kejadian : Nabrak orang pas nyetir motor
Lokasi : di jalan lurus di samping RS pindad (jalan alternative soekarno hatta bandung)
Waktu : hari jumat, jam 12 malam
Kejadian : selesai ikut turnamen futsal di kampus, saya pulang malam2 pake motor suzuki satria fu. Pas di jalan samping pindad itu, karena jalannya lurus, mulus, dan sepi, saya terpancing untuk sedikit ngebut. Lagipula sudah capek dan pengen cepet2 istirahat di rumah. Motor dipacu sampai kecepatan 100 doang. Saya inget bgt sesaat setelah lirik speedo digital yg sudah nunjukin angka 100 saya fokus ke jalanan krn ga pengen lbh ngebut lagi. Tiba2 gatau datang dari mana ada bapak2 jalan di tengah jalan dan jarak dia dng motor saya mugkin cuman 20 motor. Alhasil, saya ga sempat ngerem sama sekali dan cuman bs menghindar ke kanan sedikit supaya ga mutlak ketabrak roda depan. Bapak2 itu kena stang kiri dan saya beserta motor jatuh berputar2 di jalan. Saya aja sampai putar2 menghadap langit mungkin sekitar 3 putaran. Jaket bagian belakang sama tas punggung habis kegesek sama aspal (untung pake kaos futsal, kemeja, sweater, dan jaket kampus sekaligus jd ga kena punggung langsung). Setelah dipikir2 untung jatuhnya ga menghadap bawah, kalau sampai begitu pasti muka saya habis krn waktu itu cuman pake helm half face. Setelah ortu dateng nolongin, korban dibawa ke rs pindad dan panggil satpam sbg saksi kalau saya dan keluarga sudah bertanggung jawab bayar pengobatan sbg antisipasi siapa tahu bapak itu besok2 nuntut saya. Kata dokternya bapak itu patah kaki dan pas di-rontgen banyak bekas patah kaki juga, dan konon modus menabrakan diri buat jd sumber penghasilan sudah sering dilakukan bapak itu. Sampai skrg ada bekas luka di tangan yg keliatan jelas dan gamau saya tutupi supaya jd pengingat untuk hati2 di jalan


Terkait lanehogger, sering bgt nemu di tol jkt bandung. Kadang2 sih emang drivernya yg dablek, pengen nyaman sendiri tp ga peduli orang lain. Tp kadang2 ada jg driver yg udh bener. Kecepatan udh sesuai aturan cuman ya gabisa ke jalur lain gara2 jalur 2-3-dst sudah penuh sama bus dan truk. Bus ama truk ini sih yg bikin kacau perjalanan. Jelas2 aturannya mereka harus di jalur paling kiri tp tetep aja ngotot salip sana sini (apalagi bus PJ, sering bgt curi2 jalur mobil kecil lainnya). Krn jalur 2-3-dst ga rapi ya mau ga mau mobil kecil numpuk di jalur 1 /jalur paling kanan
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by slapnuts »

Mamang555 wrote:Soal lane hoggers sih harus diliat juga lho kasus nya.. :D

Beberapa nyetir di jalur kanan itu speed nya udah 90-100 which is udah speed tertinggi yang diijinkan secara "tertulis" di rata2 tol sini (tol kanci pajagan / tol bakrie malah cuma ngijinin maks 80 kpj karena permukaan jalan tidak rata - yg sering lewat tau lha).

Saya beberapa kali di tol lari paling kanan sudah konstan kisaran 100-120, tapi adaa aja dari belakang mobil2 arogan (umum nya mobil2 cc besar atau mungkin alay2 kali) yang bolak balik kasih dim plus berkali2 klakson minta jalan dengan arogan nya. Mungkin dia speed 140 kpj up kali. Kadang saya kasih jalan, tapi kadang saya kerjain juga dengan sengaja ga kasih jalan. Biar doi tau diri juga. Kadang dia mau nyalip dari kiri, ane tancap gas aja..Hehehe

Sepengalaman saya sih, jarang ngeliat mobil bawa pelan2 di tol luar kota. Sepelan2 nya mereka, saya yakin larinya (di speedo) sudah kisaran 90-100 kalo jalanan kosong... dan itu sebenarnya sudah sesuai aturan lho (hihihi). Cuman aja kita kadang kalo tol kosong gatel lari 120 kpj up.. ya jelas aja kelihatan mereka lanehoggers kayak siput yang ganggu jalan kita..

Just imo

Sorry ot
Sebenarnya ga masalah mau cruising 90-100 di lajur kanan tapi sekiranya ada yang membutuhkan untuk mendahului ya sebaiknya diberi jalan karena peruntukan lajur kanan kan untuk mendahului, jadi kalau sudah mendahului ya balik lagi ke lajur kiri walau cruising 90-100an (beda kasus kalau tolnya cipalu di mana kiri isinya truk siput dan kanan pembalap semua :big_peace: )

Image
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by reza martiyas »

adityabp wrote:
reza martiyas wrote:-cut-
begitu papasan pas nyalip eh si penumpang keluarin kepala sambil maki2, merasa gak terima, saya coba kejar walapun sempat mikir (mana sanggup taruna ini ngejar mobilio gress) karna udah terlanjur emosi, saya gas terus sampai red line n mesin meraung2, saya beruntung gak berapa lama jlanan udah masuk tanjakan2 panjang, dan mobilio itu udah mlai nampak berkurang kecepatannya, disitulah saya kembali sukses nyalip dan selanjutnya betul2 nggak saya kasih jalan.
-cut-
Yg saya bold itu yg saya maksud gak ngerti torsi :mky_03:
saya juga gak ngerti bro kenapa, yang jelas mobil itu melambat, bisa jadi jg krna traffic lumayan rame dan jalan menanjak dan banyak tikungan.
dan saya sukses nyalip dibantu krna ngekor travel,
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by Shonen »

mo berbagi pengalaman aja seputar lane hoggers sbenernya klo di luar dibanding ama disini tu aturannya cuman satu si tenggang rasa aja... sama pengguna jalan lain... saya pernah nyetir di bbrp negara ada yg mbl teman dan ada yg mobil rentalan...bbrp yg mirip kayak kondisi disini sbenernya italy jadi ceritanya waktu itu ane naek mbl temen ane dan ane sbg drivernya...jalur kiri di italy itu jalur plg cepet pdhl semua tol di italy itu 120 maks tp banyak yg lari lebih dr itu banyak yg 150 up palagi supercar jg banyak yg nyetirnya di atas speed limit jarang yg anteng2 dan disana itu kejemnya mereka ga mau susul org dr jalur sebelah klo ga mau minggir jg mereka bakal spit kendaraan kita atau lempar sesuatu tergantung drivernya parahnya lg klo mrk kesel bisa call police meskipun mereka salah pokonya serem de klo uda deket yg lagi speeding mending nyingkir.. ga usa di italy di california sf pun jg begitu cuman ga segila italy yah ada baiknya klo org lebih cepet kasi jalan lah toh ga ada salahnya jg
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by Mamang555 »

slapnuts wrote:
Sebenarnya ga masalah mau cruising 90-100 di lajur kanan tapi sekiranya ada yang membutuhkan untuk mendahului ya sebaiknya diberi jalan karena peruntukan lajur kanan kan untuk mendahului, jadi kalau sudah mendahului ya balik lagi ke lajur kiri walau cruising 90-100an (beda kasus kalau tolnya cipalu di mana kiri isinya truk siput dan kanan pembalap semua :big_peace: )

Image
Memang mental supir beda2 sih.. baik si tukang cruising, maupun si tukang salib :D

Intinya kalo saya sih.. kalo pas lagi jalan di kanan dan ada yang minta dengan sopan (dim 1x / klakson 1x) pasti saya kasih
Kalo dari belakang sudah kelihatan manuver kanan kiri dan pas di belakang saya minta jalan sambil dim / klakson berkali2.. jangan harap saya kasih jalan.. yang ada malah saya pelanin aja sekalian (jangan salah, speed juga masih 100 kpj up lho)

Yang enak itu yang nyetir nya nge-flow aja. Ikutin arus lalin aja
Tengah untuk nyantai, kanan kencang.. kiri truk :p
stiffler wrote: Terkait lanehogger, sering bgt nemu di tol jkt bandung. Kadang2 sih emang drivernya yg dablek, pengen nyaman sendiri tp ga peduli orang lain. Tp kadang2 ada jg driver yg udh bener. Kecepatan udh sesuai aturan cuman ya gabisa ke jalur lain gara2 jalur 2-3-dst sudah penuh sama bus dan truk. Bus ama truk ini sih yg bikin kacau perjalanan. Jelas2 aturannya mereka harus di jalur paling kiri tp tetep aja ngotot salip sana sini (apalagi bus PJ, sering bgt curi2 jalur mobil kecil lainnya). Krn jalur 2-3-dst ga rapi ya mau ga mau mobil kecil numpuk di jalur 1 /jalur paling kanan
Kalo tol cikampek kondisi ramai truk2 besar, ya mau ga mau numpuk cruising di kanan semua memang. Itupun speed pasti sudah lari lumayan tuh
Yang agak susah justru yang dua jalur semisal cipali atau purbaleunyi karena truk lambat di kiri sementara jalur kanan nya michael schumacher semua.. hahaha.. makanya kalo ada yang lelet di kanan bakal di dim / klakson ratusan kali (kalo kondisi kosong)
bivanos88 wrote:
Setuju banget dengan yang ini.. yang penting sudah sesuai kl jalur kanan itu adalah jalur untuk mendahului, bukan untuk cruising santai.. :big_peace:
Yup..

Cuma kalo di cikampek sih banyakan kanan buat cruising kalo lajur kiri-tengah padet truk gede2.. hehehe
adityabp wrote: Krn tol luar kota kebanyakan cuma 2 lajur. Coba dibikin 3 lajur, pasti banyak lanehogger-nya. Contohnya : Tol Cikampek :mky_03:
Jangan salah, di Cipali atau Cipularang juga banyak tuh yang kadang lelet di kanan, tapi kalo kondisi kosong sih gampang aja nyalipnya

Btw, Cikampek itu kan tol luar kota bro :mky_01:

Sori lagi2 OT

====================================================

BTT,

Ada temen yang pernah bilang bahwa : kecelakaan saat sedang mengendarai sepeda motor itu adalah pengalaman hampir mati sesungguhnya karena biasanya pilihan akhirnya cuma 2 = CEDERA (ringan/berat) dan MATI

Imho bener juga sih
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by satrialiar69 »

reza martiyas wrote:
adityabp wrote:
reza martiyas wrote:-cut-
begitu papasan pas nyalip eh si penumpang keluarin kepala sambil maki2, merasa gak terima, saya coba kejar walapun sempat mikir (mana sanggup taruna ini ngejar mobilio gress) karna udah terlanjur emosi, saya gas terus sampai red line n mesin meraung2, saya beruntung gak berapa lama jlanan udah masuk tanjakan2 panjang, dan mobilio itu udah mlai nampak berkurang kecepatannya, disitulah saya kembali sukses nyalip dan selanjutnya betul2 nggak saya kasih jalan.
-cut-
Yg saya bold itu yg saya maksud gak ngerti torsi :mky_03:
saya juga gak ngerti bro kenapa, yang jelas mobil itu melambat, bisa jadi jg krna traffic lumayan rame dan jalan menanjak dan banyak tikungan.
dan saya sukses nyalip dibantu krna ngekor travel,
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
bold
gak banyak yang paham ini
dan di tiap2 daerah bisa saja berbeda pemahamannya
:big_think:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by vp920b »

Hehe.. ini alesan saya ga bisa datang ke GIAS kemarin karena abis kecelakaan motor.

Gara gara taksi main ngerem ke kiri dan makan jalur saya. Saya lagi lari 110KM/H ga cukup jarak buat ngerem.. akhirnya motor nabrak tuh taksi dan saya kelempar 100M kira kira. Helm saya ga pecah merek nolan tp patah tulang di pundak jd skg pke besi di tangan membuat saya jd iron man.. wkwkwkwk..

Ga enaknya adalah sebulan saya ga bs kerja dan ngapa2in. Muka saya cuma ke facial ama aspal dan skg makin mulus dr sblmnya. Jerawat ilang. Wkwkwkwk..

Kalau mau naik motor pke full gear jangan lupa helm full face. Saya kmrn pke helm half face jdnya ya kefacial deh .

Untungnya motor gpp krn sudah full engine guard dan cuma minor scratch aja. Skg uda kjual n skg msh hidup saya..

Dibilang takut mati ya gak juga lah. Kalau uda saatnya mati, mati aje.. hahaha.. jeleknya adalah calon bini marah dan nyokap uda ga kasih sy naik motor lg.. emang sih naik motor di jakarta tuh bahaya. Jd saya mau plan utk europe bmw motorrad tour biar puas..

Thats my near almost death experience
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by anrico17 »

Mamang555 wrote:Soal lane hoggers sih harus diliat juga lho kasus nya.. :D

Beberapa nyetir di jalur kanan itu speed nya udah 90-100 which is udah speed tertinggi yang diijinkan secara "tertulis" di rata2 tol sini (tol kanci pajagan / tol bakrie malah cuma ngijinin maks 80 kpj karena permukaan jalan tidak rata - yg sering lewat tau lha).

Saya beberapa kali di tol lari paling kanan sudah konstan kisaran 100-120, tapi adaa aja dari belakang mobil2 arogan (umum nya mobil2 cc besar atau mungkin alay2 kali) yang bolak balik kasih dim plus berkali2 klakson minta jalan dengan arogan nya. Mungkin dia speed 140 kpj up kali. Kadang saya kasih jalan, tapi kadang saya kerjain juga dengan sengaja ga kasih jalan. Biar doi tau diri juga. Kadang dia mau nyalip dari kiri, ane tancap gas aja..Hehehe

Sepengalaman saya sih, jarang ngeliat mobil bawa pelan2 di tol luar kota. Sepelan2 nya mereka, saya yakin larinya (di speedo) sudah kisaran 90-100 kalo jalanan kosong... dan itu sebenarnya sudah sesuai aturan lho (hihihi). Cuman aja kita kadang kalo tol kosong gatel lari 120 kpj up.. ya jelas aja kelihatan mereka lanehoggers kayak siput yang ganggu jalan kita..

Just imo

Sorry ot
Kalo gitu justru gw gpp... Itu bukan Lane hogger namanya, itu namanya orang tau diri dan tau aturan (gk kyk gw)

Beda ceritanya sama keseharian gw lewat tol karang tengah, yang Lane hogger nya bener bener pengen gw tabrak, disana kan maks 100kmh,ada 4 jalur, jalur kanan pada jalan 70-80, jalur kanan tengah orang jalan dibawah 70 dan kiri dan kiri tengah truk smua....
Klao gitu namanya gak tau diri... And sorry to say (and no offense), kebanyakan orang yng kayak gitu tuh makenya LCGC ato gk LMPV....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by keong »

Mengenai cipali, 2 bulan ini saya kebetulan sering PP jogja jkt buat ngurusin urusan di kampus, dan selalu via cipali pejagan

gak tau kenapa lanehogger yg di cipali itu kebanyakan malah plat selain B dan D, kebanyakan sy liat mbil yg di kotanya gada tol (AB / AD paling sering, no offense, bgitulah yg terekam di dashcam) yg stay di kanan padahal kiri kosong dan kecepatan cm 100kmh bahkan kurang ini yg bikin sy emosi krn dikasi lampu sampe klakson gak minggir2, jd saya yg harus salip dr kiri
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by Mamang555 »

reza martiyas wrote:
saya juga gak ngerti bro kenapa, yang jelas mobil itu melambat, bisa jadi jg krna traffic lumayan rame dan jalan menanjak dan banyak tikungan.
dan saya sukses nyalip dibantu krna ngekor travel,
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
Hati2 om untuk tanda2 lampu sein (khusus perjalanan lukot)

Ada juga (umum nya bis malam) yang ngasi sein kanan itu tanda nya jangan nyalip karena di depan ada kendaraan lawan arah
Kalo lampu nya sein kiri berarti dia kasih kita jalan untuk nyalip
Dan hanya orang gila saja yang ngidupin lampu hazard sambil ngebut :big_dunno:
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by reza martiyas »

Mamang555 wrote:
reza martiyas wrote:
saya juga gak ngerti bro kenapa, yang jelas mobil itu melambat, bisa jadi jg krna traffic lumayan rame dan jalan menanjak dan banyak tikungan.
dan saya sukses nyalip dibantu krna ngekor travel,
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
Hati2 om untuk tanda2 lampu sein (khusus perjalanan lukot)

Ada juga (umum nya bis malam) yang ngasi sein kanan itu tanda nya jangan nyalip karena di depan ada kendaraan lawan arah
Kalo lampu nya sein kiri berarti dia kasih kita jalan untuk nyalip
Dan hanya orang gila saja yang ngidupin lampu hazard sambil ngebut :big_dunno:
kalau diperhatikan, mereka (travel) itu nggak ngebut2 bgt om (terutama panther), hanya cepat dan cenderung stabil kecepatannya
beda cerita kalau travel nya avanza, xenia, luxio, grand mex, apv, innova, cenderung ngebut dan ugal2an
makanya yang agak bisa jadi patokan cm kalau travelnya panther aja, selain itu ngeri2 sedap,
penggunaan lampu sein, hazard itu nggak semua orang tau, saya kebetulan diceritain temen yg kerjanya itu (mereka anggap kita temen konvoi, dia buka jalan kita tinggal ngikut, tetap hati2 pastinya). kalau misalnya udah nggak mau ngekor lagi dim aja, si supir akan langsung ngerti dan stop kasih isyarat2 tadi.

kalau bus, truk, kendraaan lain selain yg saya ceritain diatas, ya dimana2 sama lah



gak banyak yang paham ini
dan di tiap2 daerah bisa saja berbeda pemahamannya
:big_think:[/quote]

betul om, mungkin di daerah lain kebiasaanya beda
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by adityabp »

Mamang555 wrote: -cut-
Jangan salah, di Cipali atau Cipularang juga banyak tuh yang kadang lelet di kanan, tapi kalo kondisi kosong sih gampang aja nyalipnya

Btw, Cikampek itu kan tol luar kota bro :mky_01:

Sori lagi2 OT
-cut-
Cipularang kasus khusus krn tolnya full tanjakan/turunan. Selain banyak truk keong krn tanjakan, mayoritas lanehogger disini adl mereka yg gak ngerti torsi. Kenapa saya bisa bilang gitu? Lha wong saya bisa nyalip mereka semua di tanjakan panjang hanya dgn kecepatan 80 kpj saja :mky_07:
Tol CIkampek awalnya juga 2 lajur om *ngeles* :big_weee:
BTW, saya kira lanehogger masih relevan di topik ini, krn mrk salah satu biang kerok tabrakan beruntun di lajur kanan, terutama kalau sdh membentuk antrian panjang.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by daftar »

reza martiyas wrote:
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
betul ini, dijawa juga gitu, mobil travel sama biasanya mobil box memang baik2, kalo ada yang ngikut tailgating dibelakang dia buka jalan n minggir ke kirinya agak lama supaya yg dibelakang ada jalan n gak kaget, ngasih sein dan hazard mereka juga rajin. kadang kalo keluar kota saya juga ngikutin cara nyetir mereka (sering ngasih sein & hazard, ngasih tanda mobil dibelakang kalo sama2 lagi nyalip)
sopir truk yang baik juga banyak, dia ngasih sein kanan yang artinya mobil belakang jangan mendahuli, karena memang tidak aman

ini untuk jalan antarkota non tol ya.
:ngacir:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by hackers11 »

daftar wrote:
reza martiyas wrote:
(Note: udah jadi kebiasaan mungkin bagi supir2 travel di sini, kalau dia liat ada yg ngekor dibelakang, maka otomatis dia akan terus jadi pembuka jalan buat mobil yg nempel dibelakangnya. dan mereka ini sangat2 nekat dan sangat hafal jalan. kita yang ngekor tinggal perhatiin isyarat lampu sein yang dia kasih. misal, jika dia motong mobil di depan, maka travel ini akan kasih aba2 :
- dia akan tetap di jalur kanan trus kasih sein kiri, sampai kita yg ngekor masuk
- sein kanan hidup, silakan ikut motong tapi hati2
- kalau hazard nya yang hidup, jangan coba2 ikutan masuk karna pasti ada lawan)
betul ini, dijawa juga gitu, mobil travel sama biasanya mobil box memang baik2, kalo ada yang ngikut tailgating dibelakang dia buka jalan n minggir ke kirinya agak lama supaya yg dibelakang ada jalan n gak kaget, ngasih sein dan hazard mereka juga rajin. kadang kalo keluar kota saya juga ngikutin cara nyetir mereka (sering ngasih sein & hazard, ngasih tanda mobil dibelakang kalo sama2 lagi nyalip)
sopir truk yang baik juga banyak, dia ngasih sein kanan yang artinya mobil belakang jangan mendahuli, karena memang tidak aman

ini untuk jalan antarkota non tol ya.
betul, negrasain juga pas di sumatra pdg pku. di sana jalan antar provinsi yg 2 jalur biasanya truk/travel bantu kasi aba2 pk sein apa boleh motong ato ga. enak sih.
dan for some reason kalo jkt bdg akhir2 ini truk/bus mulai kurang ajar rasanya. ga mau lagi di kiri. ada beberapa kali bus dan truk malah jadi lanehogger, terutama di padalarangnya. :big_slap: :big_slap:
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by mamat »

keong wrote:Mengenai cipali, 2 bulan ini saya kebetulan sering PP jogja jkt buat ngurusin urusan di kampus, dan selalu via cipali pejagan

gak tau kenapa lanehogger yg di cipali itu kebanyakan malah plat selain B dan D, kebanyakan sy liat mbil yg di kotanya gada tol (AB / AD paling sering, no offense, bgitulah yg terekam di dashcam) yg stay di kanan padahal kiri kosong dan kecepatan cm 100kmh bahkan kurang ini yg bikin sy emosi krn dikasi lampu sampe klakson gak minggir2, jd saya yg harus salip dr kiri
Kemarin waktu melintas di cipali juga ngalamin seperti om keong ceritain. Para lonehogger itu ketika di dim dan klakson tetap di jalurnya tanpa ada rasa risih sedikitpun, padahal kebanyakan kecepatan mereka sekitar 80km/jam. Pernah ada linehogger di cipali dengan kecepatan 60km/jam saya dim dan klakson tetap saya tidak memberi jalan, ketika dipacu dengan jalur kiri malah marah marah ke saya karena saya dim dan klakson mobilnya.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by carlzeiss »

oot dikit nih ...
kalo pas tanjakan panjang macem tol cipularang tuh cara jaga torsinya gimana ya ?
saya pake freed, ge8 dan hrv selalu ngos ngosan, padahal pedal gas udh mentok tp tetep ga bisa dapet speednya, jadinya pindah jalur deh ke kiri
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
kodokngesot99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 24, 2015 12:46

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by kodokngesot99 »

Pake PS Dakar, aquaplaning pas lagi cruising yang padahal gak kenceng2 amat, +/-100kph, kondisi memang lagi hujan di tol arah bandara soetta. jalanan lurus padahal tapi tiba2 aja mobil kepuntir ke kanan sendiri (pantat ngebuang ke kiri), refleks kaget, gw lepas gas dan sedikit ngerem sambil coba banting setir lagi ke kiri sampe mobil stabil. fyuh, thanks god lg gak ada mobil di kiri atau pun gak ngelibas pembatas di kanan krn mobil masih bisa dikendalikan. Mana lagi bawa nyokap, bokap, dan ponakan. lemes, langsung nyetir 60 kph aja di jalur tengah hahaha.

pake innova bensin, lari sekitar 140kph di cipali arah cikampek, gw di jalur paling kanan, tiba2 dipotong mobilio dari kiri (sambil panik kayaknya) gara2 ada perbaikan jalan di sebelah kiri. refleks gw cuma ngerem sekuat nya aja untung mobil gak muntir.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by 3mul »

near death alhamdulillah blm pernah tapi kalo kejadian konyol sih pernah. ceritanya saya lagi nyetir diahasut zebra sendiri di jalan pertambangan. kecepatan sesuai speed limit 60 kpj lalu entah kenapa saya ketiduran. mobil nyosor ke kiri yg posisinya beberapa cm lebih rendah. saya langsung sadar dan untungnya ga panik dan bisa ngerem pelan2. kalo panik ga tau ceritanya dah, lha wong jalan penuh pasir n mobil abs (asal berhenti senang)...
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by Mamang555 »

carlzeiss wrote:oot dikit nih ...
kalo pas tanjakan panjang macem tol cipularang tuh cara jaga torsinya gimana ya ?
saya pake freed, ge8 dan hrv selalu ngos ngosan, padahal pedal gas udh mentok tp tetep ga bisa dapet speednya, jadinya pindah jalur deh ke kiri
Kuncinya di putaran mesin aja.
Kita harus tau torsi mobil kita keluar dikisaran RPM berapa

Justru kesalahan besar kalo mentokin pedal gas dalam2 saat sudah dalam kondisi nanjak


CMIIW
prayuda4846
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Tue Jan 26, 2016 16:07

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by prayuda4846 »

Mamang555 wrote:
carlzeiss wrote:oot dikit nih ...
kalo pas tanjakan panjang macem tol cipularang tuh cara jaga torsinya gimana ya ?
saya pake freed, ge8 dan hrv selalu ngos ngosan, padahal pedal gas udh mentok tp tetep ga bisa dapet speednya, jadinya pindah jalur deh ke kiri
Kuncinya di putaran mesin aja.
Kita harus tau torsi mobil kita keluar dikisaran RPM berapa

Justru kesalahan besar kalo mentokin pedal gas dalam2 saat sudah dalam kondisi nanjak


CMIIW
Oh gitu toh om mamang....
Kalo ane biasanya langsung downshift ke 4-3 pas 50-70 meter mulai pendakian...
paling di jaga rpm 3.5-5k di ge8 metik...
kecepatan antara 60-70an....
kelambatan gak tuh...... :big_think:
pas lgi cruising rpm 2.5-3 gear 5 di 100-120kmh


Ngomongin soal topik:
1. Pake ge8 at pas belokan turun kiri panjang arah cipularang-cikampek 140kmh.... body dah goyang dan wind noise naujubileh.... hampir lost of control langsung rem-lepas-rem begitu sampe turun ke 90an....
2. Pake avanza mt, banyak pr suspensi goyang2 gak karuan... lewat tanjakan kecil antara tol bubat ke cilny 120an... mobilnya kerasa terbang dan goyang2 kek perahu... isi full load.... akhirnya kapok deh pake avnza kecepatan diatas 100
Boil berisik?.... Kencengin aja lagunya - My Honda Car's
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by PRBS »

Mamang555 wrote:Soal lane hoggers sih harus diliat juga lho kasus nya.. :D

Beberapa nyetir di jalur kanan itu speed nya udah 90-100 which is udah speed tertinggi yang diijinkan secara "tertulis" di rata2 tol sini (tol kanci pajagan / tol bakrie malah cuma ngijinin maks 80 kpj karena permukaan jalan tidak rata - yg sering lewat tau lha).

Saya beberapa kali di tol lari paling kanan sudah konstan kisaran 100-120, tapi adaa aja dari belakang mobil2 arogan (umum nya mobil2 cc besar atau mungkin alay2 kali) yang bolak balik kasih dim plus berkali2 klakson minta jalan dengan arogan nya. Mungkin dia speed 140 kpj up kali. Kadang saya kasih jalan, tapi kadang saya kerjain juga dengan sengaja ga kasih jalan. Biar doi tau diri juga. Kadang dia mau nyalip dari kiri, ane tancap gas aja..Hehehe

Sepengalaman saya sih, jarang ngeliat mobil bawa pelan2 di tol luar kota. Sepelan2 nya mereka, saya yakin larinya (di speedo) sudah kisaran 90-100 kalo jalanan kosong... dan itu sebenarnya sudah sesuai aturan lho (hihihi). Cuman aja kita kadang kalo tol kosong gatel lari 120 kpj up.. ya jelas aja kelihatan mereka lanehoggers kayak siput yang ganggu jalan kita..

Just imo

Sorry ot
ya betul, saya setuju dengan om ini.
kalau misal pas saya lagi cruising di toll dengan speed 130-140an lalu didepan saya ada yg pelan (let say 110kmh-an).. biasanya saya tahu diri dengan ikuti speed mobil depan saya itu, atau nyalip dia di lajur kedua secara aman..

yang nyebelin kan lanehoggers yg speednya under 80kmh.. malah kasus saya dulu pas momen hampir celaka, si lanehogger itu speednya cuma 60kmh (dan depannya kosong melompong)..

:big_cry: :big_cry:

sori OOT ya.

pengalaman pribadi memang guru yang paling manjur.. near death experience memang membuat kita kedepannya lebih waspada dan hati2.
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by iwidiyanto »

kalau ada mobil patroli yg jalan pelan2 banget di lajur kanan, apa yg akan om om lakukan? pernah mau nabrak itu mobil patroli di cipali, malem2 sepi g ada mobil sama sekali, dpn jauh ada kedip2, makin lama terasa aneh, kok pas di arah depan bukan sisi kiri. akhirnya sya yg harus ngepot ambil lajur kiri, sampai alarm yg duduk di jok kiri saya teriak.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Near Death Experience ( while driving ) ?

Post by setsuka09 »

Mamang555 wrote:
carlzeiss wrote:oot dikit nih ...
kalo pas tanjakan panjang macem tol cipularang tuh cara jaga torsinya gimana ya ?
saya pake freed, ge8 dan hrv selalu ngos ngosan, padahal pedal gas udh mentok tp tetep ga bisa dapet speednya, jadinya pindah jalur deh ke kiri
Kuncinya di putaran mesin aja.
Kita harus tau torsi mobil kita keluar dikisaran RPM berapa

Justru kesalahan besar kalo mentokin pedal gas dalam2 saat sudah dalam kondisi nanjak


CMIIW
Betul kata kang Mamang, sy kl di tanjakan cipularang blm pernah sampai gaspol, tp di urut main & jaga gas, spy rpm tetep di atas 3000 & selama ini justru lebih banyak nyusul di tanjakan pakai cara ini, FYI sy pakai GM2 AT.


Sent from my iPhone using Tapatalk