Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

Post Reply
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by liat2aja »

makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.

Air Asia itu kalau ga salah kejadiannya 28 Desember ya? Saya kebetulan posisinya waktu itu sedang liburan di Singapore, jadwal pulang Jakarta tgl 29 Desember. Saat merencanakan liburan sama istri, rencana awal naik Air Asia karena tahun sebelumnya juga ke Singapore dengan Air Asia. Tiket kalau ga salah beli bulan Sept/Okt. Tapi berhubung masih terngiang kejadian MH370 dan MH17 saya wanti-wanti bini mau naik Garuda saja. Selain itu karena perjalanan sebelumnya kami kena delay hingga 1 jam lebih. Dan kebetulan ga tau kenapa saat membandingkan harga tiket, hari tersebut harga tiket Garuda dan Air Asia (CGK-SIN-CGK) hampir sama (aneh, karena tahun sebelumnya harga tiket total kami bertiga dengan anak selisih sampai 2 juta rupiah - Air Asia lebih murah dibandingkan Garuda)

Cuaca di Singapore saat itu memang gila, akhirnya rencana trip jadi kacau, karena hujan terus menerus hampir tiap hari sehingga main-main outdoornya berkurang. Saat baca berita mengenai hilangnya Air Asia tgl 28 Desember pagi sampai merinding, ya lah, cuaca Singapore saat itu kurang bersahabat, dan kami akan naik pesawat keesokan harinya. Apalagi beberapa hari kemudian masih naik pesawat dari Jakarta ke kampung saya dgn pesawat Citilink yg juga pakai Airbus 320 seperti Air Asia (kurang tahu serinya sama ga)

Udah dulu ah ceritanya...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10479
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

liat2aja wrote:makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.
hahaha ane malah ketagihan oom nontonnya.... nggak tau kenapa padahal ane kadang agak parnoan naik pesawat. semakin nonton, semakin sadar kalo pilot dan teknisi juga manusia dan enggak lepas dari human error....

wa sih serem liat accidentnya, tapi tertarik ama investigasinya krn sangat mendalam, jadi yo wis ditonton terus aja, lumayan bermanfaat dapet ilmu dan dikit-dikit ngerti systemnya pesawat gegara sering liat.... :mrgreen:

tertarik jadi investigator? yes. tapi nggak tertarik jadi pilot, wong jadi passenger aja masih kadang agak parnoan :big_slap:

wa jarang pake pesawat, biasanya cuma flight ga sampe sejam SUB-SRG dan sebaliknya antara pake Lion atau Sriwijaya. tergantung dapet yang mana yang murah dan waktunya pas. Sekalinya kemaren ke Jepang flight 8 jam pake Garuda ya pastinya parno dan deg-deg serrr.... apalagi tu ane ke Jepang setelah kejadian MH-17 dirudal... dan jenis pesawatnya sama-sama Boeing 777.

Agak serem karena anything can happen di rentang 8 jam itu dan Puji Tuhan sih selamet sampe tujuan.... :mrgreen:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20923
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Belum lama terjadi :



Image
ketimpa ?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

kena sayapnya itu...not a good week for ATR..2x sudah TAA kehilangan ATR mereka..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 16 Jun 2013, 22:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

ChZ wrote:
liat2aja wrote:makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.
hahaha ane malah ketagihan oom nontonnya.... nggak tau kenapa padahal ane kadang agak parnoan naik pesawat. semakin nonton, semakin sadar kalo pilot dan teknisi juga manusia dan enggak lepas dari human error....

wa sih serem liat accidentnya, tapi tertarik ama investigasinya krn sangat mendalam, jadi yo wis ditonton terus aja, lumayan bermanfaat dapet ilmu dan dikit-dikit ngerti systemnya pesawat gegara sering liat.... :mrgreen:

tertarik jadi investigator? yes. tapi nggak tertarik jadi pilot, wong jadi passenger aja masih kadang agak parnoan :big_slap:

wa jarang pake pesawat, biasanya cuma flight ga sampe sejam SUB-SRG dan sebaliknya antara pake Lion atau Sriwijaya. tergantung dapet yang mana yang murah dan waktunya pas. Sekalinya kemaren ke Jepang flight 8 jam pake Garuda ya pastinya parno dan deg-deg serrr.... apalagi tu ane ke Jepang setelah kejadian MH-17 dirudal... dan jenis pesawatnya sama-sama Boeing 777.

Agak serem karena anything can happen di rentang 8 jam itu dan Puji Tuhan sih selamet sampe tujuan.... :mrgreen:
tontonan paporit ane waktu masih di lombok ini air crash investigation.
kalo sekarang boro2 liat. tipi dikuasai ponakan kecil2 channel pilem kartun :e-doh:

yang masih keinget itu sesi pesawat terbakar di angkasa dimulai dari ruang penumpang. bodi pesawat meleleh dan kursi penumpang (beserta penumpangnya yg duduk) berjatuhan satu-satu dari langit. ada juga ya kejadian seperti itu :cry:

sesi lost contact adam air juga pernah liat. pemeran awak kabinnya kliatannya orang malay, n percakapan berbahasa inggris
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20265
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by DOHC »

dl awal2 bolak balik naek lion atau sriwijaya air rute CKG-PLW atau UPG... yg namanya turbulensi ampe kekocok2 heboh sehh uda sering... tp gegara kebanyakan ntn plane crash investigation... lmayan keinget terus jadi nya... :big_childish: :big_childish:

mudah2an cepet tengah taon dehh... biar selsai nehh masa dinas ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10479
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

DOHC wrote:dl awal2 bolak balik naek lion atau sriwijaya air rute CKG-PLW atau UPG... yg namanya turbulensi ampe kekocok2 heboh sehh uda sering... tp gegara kebanyakan ntn plane crash investigation... lmayan keinget terus jadi nya... :big_childish: :big_childish:

mudah2an cepet tengah taon dehh... biar selsai nehh masa dinas ane...
uwkwkwkwkw tu air crash investigation makin ditonton makin bikin paranoid.... tapi penasaran juga :big_biglaugh:

wa kemaren bulan July waktu dari Osaka ke Jakarta pake Airbus A330 Garuda juga goyang-goyang melulu selama 8 jam flight karena cuaca.... bikin serem ae :frm_bang_head:

beberapa kali tanda sabuk pengaman nyala sampe wa abaikan karena udah kebelet pipis woiiii :frm_bang_head:
djia wrote:
tontonan paporit ane waktu masih di lombok ini air crash investigation.
kalo sekarang boro2 liat. tipi dikuasai ponakan kecil2 channel pilem kartun :e-doh:

yang masih keinget itu sesi pesawat terbakar di angkasa dimulai dari ruang penumpang. bodi pesawat meleleh dan kursi penumpang (beserta penumpangnya yg duduk) berjatuhan satu-satu dari langit. ada juga ya kejadian seperti itu :cry:

sesi lost contact adam air juga pernah liat. pemeran awak kabinnya kliatannya orang malay, n percakapan berbahasa inggris
kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas. Kalau di runway setidaknya survival chance masih cukup besar untuk orang-orang yang duduk di seat tertentu (konon katanya sih bagian belakang dan business class paling safe).

yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas
nggak 0% loh hehehe, believe it or not ada bbrp kejadian yang pecah di udara tapi ada yang selamat hehehe..salah satunya kasus tabrakan Antonov 24 vs Tupolev 16, ada orang yang di AN24 selamat..
yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).
yang di NGC itu cuma kulitnya doang loh hehehe...you don't wanna know and shouldn't know what the hell is going on inside..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 16 Jun 2013, 22:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

ChZ wrote:
kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas. Kalau di runway setidaknya survival chance masih cukup besar untuk orang-orang yang duduk di seat tertentu (konon katanya sih bagian belakang dan business class paling safe).

yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).

seingat saya kalo baca2 kasus lion air yg bablas runway di solo thn 2004 memang yg selamat banyak yg di bagian belakang, sedangkan business class krn letaknya di depan meninggal semua. cmiiw
Last edited by djia on 05 Feb 2015, 08:53, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10479
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

haristk7 wrote: nggak 0% loh hehehe, believe it or not ada bbrp kejadian yang pecah di udara tapi ada yang selamat hehehe..salah satunya kasus tabrakan Antonov 24 vs Tupolev 16, ada orang yang di AN24 selamat..

yang di NGC itu cuma kulitnya doang loh hehehe...you don't wanna know and shouldn't know what the hell is going on inside..
fell from 35k ft and still alive? D*mn a very lucky person indeed.... soalnya yang terbang rendah dan matek semua aja ada.... Air Moorea itu, enggak seberapa kenceng, terbang juga cuma berapa ft, jatoh di laut ya matek semua juga :frm_bang_head:

cuma kulitnya aja? so how horrible is that AdamAir... kulitnya aja udah keliatan bobroknya :e-snooty:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...

adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana.. :big_grin:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14351
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by maskopat »

haristk7 wrote:sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...

adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana.. :big_grin:
yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.
mau aman, ya gak usah move on... :big_grin:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 16 Jun 2013, 22:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

maskopat wrote:
haristk7 wrote:sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...

adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana.. :big_grin:
yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.
mau aman, ya gak usah move on... :big_grin:
Gak move on pun, masih bisa kejatuhan pesawat

#pray4transasia
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14351
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by maskopat »

eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10479
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

maskopat wrote: yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.
mau aman, ya gak usah move on... :big_grin:
gak move on juga banyak kemungkinan gak amannya oom... tiba-tiba ada batu nyasar kena kepala, dilemparin molotov, kompor meleduk, sampe kejatohan pesawat kayak kejadian di US... :big_slap:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5738
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

Adam Air yg diobok obok di air crash investigation
tp itu masi kulitnya aja ya, ngeri bener standar keselamatannya
bener2 arisan nyawa di udara

mulai sekarang ane kalo naik pesawat selalu cari SQ terus, kecuali selisihnya jauh banget / ga ada piluhan lain
baru beralih ke pesawat bintang 4, tp kalo pilihan cuman ada pesawat bintang 3 (kebanyakan diisi oleh lcc) ane puilih ga pergi
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by grandis_GT »

Mobil vw yg kena sayap pesawat transasia tu ngeri juga , sampe hancur gitu bagian depannya , untung gak nyamber kepala drivernya :ungg: . Pasti shock berat tuh
The Art of Luxury
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 16 Jun 2013, 22:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

maskopat wrote:eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
Update QZ8501 dibuatkan page khusus di web Airasia

http://qz8501.airasia.com/idid/index.html
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14351
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by maskopat »

djia wrote:
maskopat wrote:eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
Update QZ8501 dibuatkan page khusus di web Airasia

http://qz8501.airasia.com/idid/index.html
penelitian black box sudah selesai belum ya?
apakah bb perlu di bawa ke eropa? atau cukup orang airbus ke indonesia?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
darkcocoa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 06 Nov 2014, 13:11

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by darkcocoa »

evolution21 wrote:Adam Air yg diobok obok di air crash investigation
tp itu masi kulitnya aja ya, ngeri bener standar keselamatannya
bener2 arisan nyawa di udara

mulai sekarang ane kalo naik pesawat selalu cari SQ terus, kecuali selisihnya jauh banget / ga ada piluhan lain
baru beralih ke pesawat bintang 4, tp kalo pilihan cuman ada pesawat bintang 3 (kebanyakan diisi oleh lcc) ane puilih ga pergi
Ini maksudnya apa? Bintang 5 ala-ala skytrax itu? G ada hubungannya kali antara safety dan bintang2 itu.. bintang2 itu bukan dilevel safety, tp pelayanan dan kenyamanan. Mau lcc/fullservice standar safety yg harus dipenuhi adalah sama!
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5738
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

safety rate um maksudnya

bukan product rate

fyi
macam british airways , singapore airlines itu safety rate-nya 7

maskapai indo banyak yg di bawah 4...

www.airlineratings.com
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11081
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by VanzMatic »

Best among the worst. Saat ini transport udara sedang mbuh piye karepe... jadi pakai kereta saja atau bus.

Dulu jaman kereta sedang babak belur kecelakaan mlulu, ya naik pesawat atau bus.

Dulu jaman apanjah siniah ngetop karena berturut turut penyebab kecelakaan, pada ngindar naik panjah.

Santai aja.

Saat ini mending kepinginan naik pesawat dibuang dulu jauh jauh.. kalo perlu.. naik kapal...


Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

maskopat wrote:penelitian black box sudah selesai belum ya?
apakah bb perlu di bawa ke eropa? atau cukup orang airbus ke indonesia?
belum dinyatakan selesai sampai keluar rilis final dari knkt.
rilisnya dipublikasikan resmi dan ditaro di website kemenhub. soal media aware dan masih pada inget buat beritain soal lain, soalnya bisa sampai setahun :D black box di jakarta, nggak dibawa keluar negeri. didonlod di sini dan diolah di sini. preliminary reportnya udah disampaikan terus kok via konferensi pers.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20923
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Ratingnya itu aneh ah

http://www.airlineratings.com/ratings/3 ... ia-airways

Transasia rating di atas GA, tapi rekor keselamatan / kecelakaan dlm 10 tahun terakhir ??

Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?

wah wah wah
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?
Jetstar butut darimana ya ?

Image
airfleets.net

SQ ? hehehe *devil wink*

belom pernah denger ya cerita airlines yang ambil pesawat ex SQ walaupun umur pesawatnya masih seumur jagung ? ask one of the victim, Cathay Pacific, why... :ngacir: *not a rumour, a fact from field itself*
Ini maksudnya apa? Bintang 5 ala-ala skytrax itu? G ada hubungannya kali antara safety dan bintang2 itu.. bintang2 itu bukan dilevel safety, tp pelayanan dan kenyamanan. Mau lcc/fullservice standar safety yg harus dipenuhi adalah sama!
yoii, SQ aja yang bintang 5 pernah hull loss di TPE dengan 744 nya...Air France yang di Eropa juga udah 3x hull loss di tahun 2000an..

jujur Skytrax itu agak bias...ask Etihad kenapa mereka gak mau di rate ama Skytrax... *devil wink*
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Post Reply