Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting
- liat2aja
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1071
- Joined: 31 Dec 2004, 02:23
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.
Air Asia itu kalau ga salah kejadiannya 28 Desember ya? Saya kebetulan posisinya waktu itu sedang liburan di Singapore, jadwal pulang Jakarta tgl 29 Desember. Saat merencanakan liburan sama istri, rencana awal naik Air Asia karena tahun sebelumnya juga ke Singapore dengan Air Asia. Tiket kalau ga salah beli bulan Sept/Okt. Tapi berhubung masih terngiang kejadian MH370 dan MH17 saya wanti-wanti bini mau naik Garuda saja. Selain itu karena perjalanan sebelumnya kami kena delay hingga 1 jam lebih. Dan kebetulan ga tau kenapa saat membandingkan harga tiket, hari tersebut harga tiket Garuda dan Air Asia (CGK-SIN-CGK) hampir sama (aneh, karena tahun sebelumnya harga tiket total kami bertiga dengan anak selisih sampai 2 juta rupiah - Air Asia lebih murah dibandingkan Garuda)
Cuaca di Singapore saat itu memang gila, akhirnya rencana trip jadi kacau, karena hujan terus menerus hampir tiap hari sehingga main-main outdoornya berkurang. Saat baca berita mengenai hilangnya Air Asia tgl 28 Desember pagi sampai merinding, ya lah, cuaca Singapore saat itu kurang bersahabat, dan kami akan naik pesawat keesokan harinya. Apalagi beberapa hari kemudian masih naik pesawat dari Jakarta ke kampung saya dgn pesawat Citilink yg juga pakai Airbus 320 seperti Air Asia (kurang tahu serinya sama ga)
Udah dulu ah ceritanya...
Air Asia itu kalau ga salah kejadiannya 28 Desember ya? Saya kebetulan posisinya waktu itu sedang liburan di Singapore, jadwal pulang Jakarta tgl 29 Desember. Saat merencanakan liburan sama istri, rencana awal naik Air Asia karena tahun sebelumnya juga ke Singapore dengan Air Asia. Tiket kalau ga salah beli bulan Sept/Okt. Tapi berhubung masih terngiang kejadian MH370 dan MH17 saya wanti-wanti bini mau naik Garuda saja. Selain itu karena perjalanan sebelumnya kami kena delay hingga 1 jam lebih. Dan kebetulan ga tau kenapa saat membandingkan harga tiket, hari tersebut harga tiket Garuda dan Air Asia (CGK-SIN-CGK) hampir sama (aneh, karena tahun sebelumnya harga tiket total kami bertiga dengan anak selisih sampai 2 juta rupiah - Air Asia lebih murah dibandingkan Garuda)
Cuaca di Singapore saat itu memang gila, akhirnya rencana trip jadi kacau, karena hujan terus menerus hampir tiap hari sehingga main-main outdoornya berkurang. Saat baca berita mengenai hilangnya Air Asia tgl 28 Desember pagi sampai merinding, ya lah, cuaca Singapore saat itu kurang bersahabat, dan kami akan naik pesawat keesokan harinya. Apalagi beberapa hari kemudian masih naik pesawat dari Jakarta ke kampung saya dgn pesawat Citilink yg juga pakai Airbus 320 seperti Air Asia (kurang tahu serinya sama ga)
Udah dulu ah ceritanya...
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 10479
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
hahaha ane malah ketagihan oom nontonnya.... nggak tau kenapa padahal ane kadang agak parnoan naik pesawat. semakin nonton, semakin sadar kalo pilot dan teknisi juga manusia dan enggak lepas dari human error....liat2aja wrote:makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.
wa sih serem liat accidentnya, tapi tertarik ama investigasinya krn sangat mendalam, jadi yo wis ditonton terus aja, lumayan bermanfaat dapet ilmu dan dikit-dikit ngerti systemnya pesawat gegara sering liat....

tertarik jadi investigator? yes. tapi nggak tertarik jadi pilot, wong jadi passenger aja masih kadang agak parnoan

wa jarang pake pesawat, biasanya cuma flight ga sampe sejam SUB-SRG dan sebaliknya antara pake Lion atau Sriwijaya. tergantung dapet yang mana yang murah dan waktunya pas. Sekalinya kemaren ke Jepang flight 8 jam pake Garuda ya pastinya parno dan deg-deg serrr.... apalagi tu ane ke Jepang setelah kejadian MH-17 dirudal... dan jenis pesawatnya sama-sama Boeing 777.
Agak serem karena anything can happen di rentang 8 jam itu dan Puji Tuhan sih selamet sampe tujuan....

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 20923
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Belum lama terjadi :

ketimpa ?

ketimpa ?
- haristk7
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: 18 Nov 2012, 17:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
kena sayapnya itu...not a good week for ATR..2x sudah TAA kehilangan ATR mereka..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: 16 Jun 2013, 22:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
tontonan paporit ane waktu masih di lombok ini air crash investigation.ChZ wrote:hahaha ane malah ketagihan oom nontonnya.... nggak tau kenapa padahal ane kadang agak parnoan naik pesawat. semakin nonton, semakin sadar kalo pilot dan teknisi juga manusia dan enggak lepas dari human error....liat2aja wrote:makin dibaca dan tonton mengenai air crash investigation makin deg-degan saja.
wa sih serem liat accidentnya, tapi tertarik ama investigasinya krn sangat mendalam, jadi yo wis ditonton terus aja, lumayan bermanfaat dapet ilmu dan dikit-dikit ngerti systemnya pesawat gegara sering liat....
tertarik jadi investigator? yes. tapi nggak tertarik jadi pilot, wong jadi passenger aja masih kadang agak parnoan![]()
wa jarang pake pesawat, biasanya cuma flight ga sampe sejam SUB-SRG dan sebaliknya antara pake Lion atau Sriwijaya. tergantung dapet yang mana yang murah dan waktunya pas. Sekalinya kemaren ke Jepang flight 8 jam pake Garuda ya pastinya parno dan deg-deg serrr.... apalagi tu ane ke Jepang setelah kejadian MH-17 dirudal... dan jenis pesawatnya sama-sama Boeing 777.
Agak serem karena anything can happen di rentang 8 jam itu dan Puji Tuhan sih selamet sampe tujuan....
kalo sekarang boro2 liat. tipi dikuasai ponakan kecil2 channel pilem kartun

yang masih keinget itu sesi pesawat terbakar di angkasa dimulai dari ruang penumpang. bodi pesawat meleleh dan kursi penumpang (beserta penumpangnya yg duduk) berjatuhan satu-satu dari langit. ada juga ya kejadian seperti itu

sesi lost contact adam air juga pernah liat. pemeran awak kabinnya kliatannya orang malay, n percakapan berbahasa inggris
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 20265
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
dl awal2 bolak balik naek lion atau sriwijaya air rute CKG-PLW atau UPG... yg namanya turbulensi ampe kekocok2 heboh sehh uda sering... tp gegara kebanyakan ntn plane crash investigation... lmayan keinget terus jadi nya...
mudah2an cepet tengah taon dehh... biar selsai nehh masa dinas ane...


mudah2an cepet tengah taon dehh... biar selsai nehh masa dinas ane...
numpang lewat aja....


- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 10479
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
uwkwkwkwkw tu air crash investigation makin ditonton makin bikin paranoid.... tapi penasaran jugaDOHC wrote:dl awal2 bolak balik naek lion atau sriwijaya air rute CKG-PLW atau UPG... yg namanya turbulensi ampe kekocok2 heboh sehh uda sering... tp gegara kebanyakan ntn plane crash investigation... lmayan keinget terus jadi nya...![]()
![]()
mudah2an cepet tengah taon dehh... biar selsai nehh masa dinas ane...

wa kemaren bulan July waktu dari Osaka ke Jakarta pake Airbus A330 Garuda juga goyang-goyang melulu selama 8 jam flight karena cuaca.... bikin serem ae

beberapa kali tanda sabuk pengaman nyala sampe wa abaikan karena udah kebelet pipis woiiii

kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas. Kalau di runway setidaknya survival chance masih cukup besar untuk orang-orang yang duduk di seat tertentu (konon katanya sih bagian belakang dan business class paling safe).djia wrote:
tontonan paporit ane waktu masih di lombok ini air crash investigation.
kalo sekarang boro2 liat. tipi dikuasai ponakan kecil2 channel pilem kartun![]()
yang masih keinget itu sesi pesawat terbakar di angkasa dimulai dari ruang penumpang. bodi pesawat meleleh dan kursi penumpang (beserta penumpangnya yg duduk) berjatuhan satu-satu dari langit. ada juga ya kejadian seperti itu![]()
sesi lost contact adam air juga pernah liat. pemeran awak kabinnya kliatannya orang malay, n percakapan berbahasa inggris
yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- haristk7
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: 18 Nov 2012, 17:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
nggak 0% loh hehehe, believe it or not ada bbrp kejadian yang pecah di udara tapi ada yang selamat hehehe..salah satunya kasus tabrakan Antonov 24 vs Tupolev 16, ada orang yang di AN24 selamat..kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas
yang di NGC itu cuma kulitnya doang loh hehehe...you don't wanna know and shouldn't know what the hell is going on inside..yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: 16 Jun 2013, 22:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ChZ wrote:
kalau liat yang pesawat ancur kebelah di angkasa langsung itu paling ngeri, gak bisa bayangin. Survival chance 0% jelas. Kalau di runway setidaknya survival chance masih cukup besar untuk orang-orang yang duduk di seat tertentu (konon katanya sih bagian belakang dan business class paling safe).
yang Adam Air beuhhh parah banget... ironis denger ceritanya. Mulai dari pihak AdamAir yang malah menghambat investigasi sendiri karena nggak mau membiayai, IRS rusak karena improper maintenance, dan pilot yang nggak di-train buat emergency case (Frans Weenas sampe penasaran dateng ke HQnya AdamAir).
seingat saya kalo baca2 kasus lion air yg bablas runway di solo thn 2004 memang yg selamat banyak yg di bagian belakang, sedangkan business class krn letaknya di depan meninggal semua. cmiiw
Last edited by djia on 05 Feb 2015, 08:53, edited 1 time in total.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 10479
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
fell from 35k ft and still alive? D*mn a very lucky person indeed.... soalnya yang terbang rendah dan matek semua aja ada.... Air Moorea itu, enggak seberapa kenceng, terbang juga cuma berapa ft, jatoh di laut ya matek semua jugaharistk7 wrote: nggak 0% loh hehehe, believe it or not ada bbrp kejadian yang pecah di udara tapi ada yang selamat hehehe..salah satunya kasus tabrakan Antonov 24 vs Tupolev 16, ada orang yang di AN24 selamat..
yang di NGC itu cuma kulitnya doang loh hehehe...you don't wanna know and shouldn't know what the hell is going on inside..

cuma kulitnya aja? so how horrible is that AdamAir... kulitnya aja udah keliatan bobroknya

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- haristk7
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: 18 Nov 2012, 17:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...
adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana..
adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana..

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
- maskopat
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14351
- Joined: 06 Nov 2008, 16:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.haristk7 wrote:sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...
adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana..
mau aman, ya gak usah move on...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: 16 Jun 2013, 22:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Gak move on pun, masih bisa kejatuhan pesawatmaskopat wrote:yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.haristk7 wrote:sebenernya gak ada istilah "kursi paling aman" itu dimana, soalnya, in worst case scenario kalo impact dilihat dulu point of impactnya dimana..kalo impact di depan ya kursi depan gak aman, kalo impact di belakang ya yang belakang gak aman, etc...
adanya cuma "kursi yang nyaman" itu dimana..
mau aman, ya gak usah move on...
#pray4transasia
- maskopat
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14351
- Joined: 06 Nov 2008, 16:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 10479
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
gak move on juga banyak kemungkinan gak amannya oom... tiba-tiba ada batu nyasar kena kepala, dilemparin molotov, kompor meleduk, sampe kejatohan pesawat kayak kejadian di US...maskopat wrote: yang namanya moda transportasi, pasti ada aja yang gak aman.
mau aman, ya gak usah move on...

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- evolution21
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5738
- Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Adam Air yg diobok obok di air crash investigation
tp itu masi kulitnya aja ya, ngeri bener standar keselamatannya
bener2 arisan nyawa di udara
mulai sekarang ane kalo naik pesawat selalu cari SQ terus, kecuali selisihnya jauh banget / ga ada piluhan lain
baru beralih ke pesawat bintang 4, tp kalo pilihan cuman ada pesawat bintang 3 (kebanyakan diisi oleh lcc) ane puilih ga pergi
tp itu masi kulitnya aja ya, ngeri bener standar keselamatannya
bener2 arisan nyawa di udara
mulai sekarang ane kalo naik pesawat selalu cari SQ terus, kecuali selisihnya jauh banget / ga ada piluhan lain
baru beralih ke pesawat bintang 4, tp kalo pilihan cuman ada pesawat bintang 3 (kebanyakan diisi oleh lcc) ane puilih ga pergi
- grandis_GT
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1546
- Joined: 26 Aug 2012, 19:36
- Location: Riau
- Contact:
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Mobil vw yg kena sayap pesawat transasia tu ngeri juga , sampe hancur gitu bagian depannya , untung gak nyamber kepala drivernya
. Pasti shock berat tuh

The Art of Luxury
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: 16 Jun 2013, 22:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Update QZ8501 dibuatkan page khusus di web Airasiamaskopat wrote:eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
http://qz8501.airasia.com/idid/index.html
- maskopat
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14351
- Joined: 06 Nov 2008, 16:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
penelitian black box sudah selesai belum ya?djia wrote:Update QZ8501 dibuatkan page khusus di web Airasiamaskopat wrote:eh btw, ada kabar terbaru dari investigasi QZ8501?
http://qz8501.airasia.com/idid/index.html
apakah bb perlu di bawa ke eropa? atau cukup orang airbus ke indonesia?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: 06 Nov 2014, 13:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ini maksudnya apa? Bintang 5 ala-ala skytrax itu? G ada hubungannya kali antara safety dan bintang2 itu.. bintang2 itu bukan dilevel safety, tp pelayanan dan kenyamanan. Mau lcc/fullservice standar safety yg harus dipenuhi adalah sama!evolution21 wrote:Adam Air yg diobok obok di air crash investigation
tp itu masi kulitnya aja ya, ngeri bener standar keselamatannya
bener2 arisan nyawa di udara
mulai sekarang ane kalo naik pesawat selalu cari SQ terus, kecuali selisihnya jauh banget / ga ada piluhan lain
baru beralih ke pesawat bintang 4, tp kalo pilihan cuman ada pesawat bintang 3 (kebanyakan diisi oleh lcc) ane puilih ga pergi
- evolution21
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5738
- Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
safety rate um maksudnya
bukan product rate
fyi
macam british airways , singapore airlines itu safety rate-nya 7
maskapai indo banyak yg di bawah 4...
www.airlineratings.com
bukan product rate
fyi
macam british airways , singapore airlines itu safety rate-nya 7
maskapai indo banyak yg di bawah 4...
www.airlineratings.com
- VanzMatic
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11081
- Joined: 27 Nov 2010, 08:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Best among the worst. Saat ini transport udara sedang mbuh piye karepe... jadi pakai kereta saja atau bus.
Dulu jaman kereta sedang babak belur kecelakaan mlulu, ya naik pesawat atau bus.
Dulu jaman apanjah siniah ngetop karena berturut turut penyebab kecelakaan, pada ngindar naik panjah.
Santai aja.
Saat ini mending kepinginan naik pesawat dibuang dulu jauh jauh.. kalo perlu.. naik kapal...
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Dulu jaman kereta sedang babak belur kecelakaan mlulu, ya naik pesawat atau bus.
Dulu jaman apanjah siniah ngetop karena berturut turut penyebab kecelakaan, pada ngindar naik panjah.
Santai aja.
Saat ini mending kepinginan naik pesawat dibuang dulu jauh jauh.. kalo perlu.. naik kapal...



Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: 11 Nov 2005, 11:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
belum dinyatakan selesai sampai keluar rilis final dari knkt.maskopat wrote:penelitian black box sudah selesai belum ya?
apakah bb perlu di bawa ke eropa? atau cukup orang airbus ke indonesia?
rilisnya dipublikasikan resmi dan ditaro di website kemenhub. soal media aware dan masih pada inget buat beritain soal lain, soalnya bisa sampai setahun

Kavling kosong, bisa dikridit.
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 20923
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ratingnya itu aneh ahevolution21 wrote:
http://www.airlineratings.com
http://www.airlineratings.com/ratings/3 ... ia-airways
Transasia rating di atas GA, tapi rekor keselamatan / kecelakaan dlm 10 tahun terakhir ??
Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?
wah wah wah
- haristk7
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: 18 Nov 2012, 17:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Jetstar butut darimana ya ?Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?

airfleets.net
SQ ? hehehe *devil wink*
belom pernah denger ya cerita airlines yang ambil pesawat ex SQ walaupun umur pesawatnya masih seumur jagung ? ask one of the victim, Cathay Pacific, why...

yoii, SQ aja yang bintang 5 pernah hull loss di TPE dengan 744 nya...Air France yang di Eropa juga udah 3x hull loss di tahun 2000an..Ini maksudnya apa? Bintang 5 ala-ala skytrax itu? G ada hubungannya kali antara safety dan bintang2 itu.. bintang2 itu bukan dilevel safety, tp pelayanan dan kenyamanan. Mau lcc/fullservice standar safety yg harus dipenuhi adalah sama!
jujur Skytrax itu agak bias...ask Etihad kenapa mereka gak mau di rate ama Skytrax... *devil wink*
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"