Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
gerobak nippon
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by gerobak nippon » 26 May 2018, 14:04

Pertama belajar nyetir sampe lancar sampe punya SIM dan berani putar2 kota sampai keluar kota pake Mitsubishi Jetstar minibus thn 90/91

Simba
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 28 Mar 2018, 11:03
Location: Ciledug
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Simba » 26 May 2018, 14:37

Pertama belajar pake L300 pickup diajarin kakak trus nglancarin pake kijang super

GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Jun 2015, 12:26

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by GriffinMelet » 26 May 2018, 15:28

Awal belajar pake panther 97, ngelancarinya pake avanza 2011 (manual) , kalo matic, pake jazz ge8 2009
Share the driving pleasure :ngacir:

Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 27 Apr 2017, 21:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Ak01382 » 26 May 2018, 15:58

Suzuki amenity tahun 90 or 91.
Langsung lengan berasa fitness karena ga ada power steering.
Mobil penuh kenangan punya ibunda kesayangan
Habis itu ke ULI*A buat makin pede di jalan raya. Ganti2 kijang kapsul dan honda city lama

qushay20019
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by qushay20019 » 26 May 2018, 16:09

Kijang super 4 pintu 1988, trus Kijang Sparta 1995, trus Kijang Kapsul 1998, trus Avanza gen.1 2004.
Sempat juga belajar di kursus nyetir 10 kali pertemuan pake Taruna

User avatar
Harchi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Harchi » 26 May 2018, 16:18

Jadi inget waktu itu (jaman smp) belajar nyetir pake honda nsx....di game gran turismo
If you can't stop thinking about it...buy it!!!

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 950
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Pugman » 26 May 2018, 20:50

Pertama belajar pakai truk Hino Ranger FFseries, kopling berat, steer lumayan berat meskipun pakai PS hydraulic tapi tenaga mesin juga besar jadi ga gampang mati tuh mesin kalau salah lepas kopling. Lebih sulit lagi karena saya tidak tinggi dan setelan maju mundur kursi sudah mati, saya duduknya diganjal.

:mky_03:

Setelah agak lancar dengan truk lalu nyoba pakai Phanter dcab, wah ternyata nyetir mobil kecil jauh lebih mudah dan tidak menguras tenaga.

Oya selama belajar saya mecahin kaca spion truk, 1 buah yang sebelah kanan waktu masukkan truk kedalam workshop.
:mky_05:

User avatar
asepcm
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Jan 2016, 20:26
Location: Serang, BANTEN
Daily Vehicle: ISUZUMUX
Contact:

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by asepcm » 26 May 2018, 21:17

Toyota Kijang Rover tahun 1994, ma versi pick up nya longtrip karena dah punya SIM... Garut - Cilegon modal nekad ma pengalaman sering naik bus buat petunjuk arah.. mayan banyak baret2 nya... yah... namanya juga belajar nyetir...

fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 26 Nov 2015, 19:52

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by fikrirukmanaa » 26 May 2018, 21:54

Pertama kali belajar nyetir itu pas libur UN pake xenia gen 1 fl manual, belajar di bekas terminal Padang yg skrg jadi kantor walikota baru. Belum bisa seimbangin kopling sama gas, jadi mobil loncat2 mulu. Mana bokap ngajarinnya pake urat, bikin stress haha.

User avatar
pradit_d
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 390
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by pradit_d » 26 May 2018, 23:13

Ada yg setipe sama ane ga? Beli mobil dulu baru belajar nyetir pake tuh mobil. Syukurnya waktu itu ga ada sampai bikin mobilnya rusak
:big_peace:

Ingkak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Ingkak » 27 May 2018, 01:13

Kelas 1 smp thn 99 Pake kijang super pick up 95 ceper mampus. Kringetan muter stirnya waktu belajar mundur

CumiDarat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by CumiDarat » 27 May 2018, 09:47

Sy dulu pertama kali belajar nyetir pk twincam corolla liftback, the rare car, wuhuww

iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 02 Oct 2017, 12:43

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by iritpoll » 27 May 2018, 12:58

Fiat 2100 ala mobil batman setir kiri 30thn lalu
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO

nylekamin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 01 Jul 2017, 22:23

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by nylekamin » 27 May 2018, 15:48

Pertama kali belajar usia SMP pake L-300 Bensin, lalu Kijang Jantan..taun pertama belum boleh bawa jauh2, taun kedua baru boleh walopun terbatas hanya dalam provinsi..

Skill yg paling lama dipelajarin adalah parkir paralel wkwkwk..

bembenk95
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by bembenk95 » 27 May 2018, 15:56

hmmm, jd flashback

blajar awal maju mundur di garasi abis bntuin nyuci mobil. FJ40
di area proyek bandara soekarno hatta, pas awal2 di bangun pake kijang minibus.
i am, a sleeper

Wistuwis
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Wistuwis » 27 May 2018, 18:45

Belajar maju mundur pertama kali pakai subaru minibus. Mesinnya ada di belakang dan masih 2-tak. Gak tau itu typenya apa.
Belajar turun ke jalan pakai kijang super pikap.

diodio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 11 Dec 2014, 17:20

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by diodio » 27 May 2018, 20:03

Pertama banget pegang xenia 1.0 nya kursus mengemudi. Kopling enteng, kemudian new city mt, kemudian vios, yg kopling nya membal bikin cape..

Ga kuat manualan, sekarang pake matik, ogah kena manual lg di ibu kota haha

susumilo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 18 Jan 2016, 15:50

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by susumilo » 27 May 2018, 22:46

Belajar nyetir tahun 99-2000 pakai Kijang super, tanpa power steering
Latian parkir, mundur, di lapangan, pakai tongkat kayu buat latian haluan.
Diajarin sama sopir kantor bokap, yg sabar banget.

Inget banget beliau bilang, kalau mau ngebut2an mah gampang itu, yg penting lancar parkir dl

Tau aja jiwa muda bawaannya pengen ngebut2.. Hehehe

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Omnibus » 28 May 2018, 01:36

umur 6 thn maju mundur: starlet kotak 1986 1.3 SE
sd: taft GT 4x4 2.8L diesel jadul, puter2 jogja wonosari. atau kisup 1.5L karoseri superior puter2 pangandaran-psr putih cijulang. dua2nya mobil kaga bisa lari cocoklah buat belajar
smp: punya sim br full di jalan, corona 1989 EX-Salon twincam 1.6L carb.

nomnom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 20 Jan 2017, 20:42

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by nomnom » 28 May 2018, 04:34

Pertama belajar sewaktu masih sma kls 3
Pakai Pickup panter 1998 ex operasional pln
Dipakai armada antar barang toko ortu
Pertama2 disuruh maju mindur di lapangan berumput
Sy ini siatif bikin pagar dengan ranting2 pohon buat maju mundur parkir. Lanjut keliling lapangan selama 2 harian. Setelah itu langsung dilepas disuruh keliling kampung dengan kondisi jalan sepi (pagi2)

Karena dasarnya males, jadi kalau nggak disuruh belajar, atau bawa mobil yaaa saya gak pernah nyetir lagi.
Mobilnya kalau pas sy nyetir sih ganti2, karena waktu otu bokap masih usaha makelaran mobil bekas. Yg sering espass, avanza, xenia, panter, kijang, dkk, pernah jg punya dagangan honda civic nuova 2pintu, saya pakai main ke rumah cewek.. Padahal masih belajaran, Hahaha..

Pernah juga accident pas diauru antar dagangan, grogi mau puter balik di turunan, akirnya mesin mati trus meluncur mundur dari jalan ke pekarangan rumah orang. Untung ada pal (ujung pagar tembok yg besar) mobil berhenti, pal nya ambruk.. Hahaha.. Mobil gak mau nyala karena aki soak.. Hahaha..

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 736
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by Rundeer » 28 May 2018, 07:41

Dulu belajar maju mundur pake ipah manual 2012 di lapangan, abis itu langsung disuruh turun ke jalan sama bokap. Awalnya keringet dingin hahahaha... Hampir nyundul Rush gara" telat ngerem dan hampir nyosor tembok depan rumah gara" kopling kelepas :mky_07:

Sempet juga pas belajar nyobain pake carry pickup ntah tahun berapa punya sodara... Agak aneh aja rasanya nyetir mobil pesek :big_chicken:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:

casabalancas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by casabalancas » 28 May 2018, 08:30

Pake Daihatsu Taruna & Daihatsu Ceria, awalnya muter2 di basement apartemen, baru abis itu lancarin di jalan seringan Pake Daihatsu Ceria. Gampang bgt belajar pake mobil itu, kyk mainan

rotigoreng
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 07 Jul 2017, 13:01

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by rotigoreng » 28 May 2018, 10:55

dulu pertama belajar wktu smp pake great corolla '94, itu jg muter2 komplek doang..heheh

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by evanbngdor » 28 May 2018, 11:13

Pertama banget belajar nyetir itu kelas 5 SD pake starlet EP71, lebih tepatnya belajar teknik&mekanisme sih, kayak misal cara nyalain mesin,pindah gigi, buka kap mesin, ganti ban, dll. Belum sampe belajar parkir, tanjakan, turunan, rintangan, dll.

Kalau mulai jalanin mobilnya sih SMP kelas 1 kalo gak salah, pake Avanza G. itu baru deh belajar parkir, tanjakan, turunan, rintangan, dll.

SMP kelas 2 deh kalo gak salah baru turun ke jalan raya.

joechristable
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Sep 2017, 13:31
Location: indonesia
Daily Vehicle: honda

Re: Mobil apa yang anda gunakan untuk belajar nyetir?

Post by joechristable » 28 May 2018, 21:31

Suzuki Carry Extra Pick up...wah thn berapa ya..sampai lupa. Mungkin sekitar thn 1995...belajar sebentar langsung berani bawa sendiri...asal jgn parkir mundur yg susah2...kalau ada acara mundur yg susah..minta tolong orang sekitar kita..indah nya Indonesia jaman itu

Post Reply

Return to “Public's Lounge”