Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 29 Jul 2012, 14:57

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by joehart »

sempati air bangkrut bukannya kena dampak krismon 1998 bukan? punyanya om tommy ya kan?

indonesian airlines juga bagus, tapi juga bangkrut.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by madcat015 »

Nubie nimbrung,

Antonov AN-255 Mriya...

Atau

B-52 Stratofortress...

:mrgreen:

Heavy lifters of the skies...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 29 Jul 2012, 14:57

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by joehart »

Airbus Beluga juga diitung heavy lifter ga ya? :e-think:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:gak ada pertamaxxx doong, kan ВВМ nya avtur nii :big_wee:





Nah, mantap, mantap tu pesawat2 kegemarannya msg2 itu

........


Ini jg mengagumkan buat ane, spt misalnya: Antonov 225 Mriya ini.
Pesawat cargo terbesar di dunia. Pegang 240 jenis rekor di guiness book.
Cm dibikin satu biji siih.
Sempet dibikin pesawat kedua, tp baru 60%-an trus brenti krn duitnya gak ada. Klo ada yg mau mendanai 300 jt dolar sih bs lanjut.
Kebetulan, kakaknya (An-124) belum lama ini mendarat di Lanud Hasanuddin Makassar, ngantar pesenan...
Antonov antar Sukhoi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

wih asik, ada trid tentang pesawat :mky_02:

buat gw, pesawat paling mengagumkan adalah McDonnell Douglas MD11, 3 mesin (2 di sayap, 1 di ekor) dengan pilihan antara General Electric CF6-80C2D1F atau Pratt & Whitney PW4460..gw lebih suka yang pake mesin GE karena dengungan khas mesin GE yang enak didengar di telinga :mky_01:

gw suka banget ngeliat kokpit MD11, 6 CRT display ditambah Triple FMC system itu menarik sekali dilihat, nggak bosen2 gw ngeliat begituan selama berjam2..ngelihat airspeed indicator, altitude indicator, N1 indicator, FF indicator, flight path, weather radar..apalagi di MD11 batch terakhir backup flight instrumentnya udah canggih banget..

gw suka banget dengan GPWS dan Warning Soundnya yang bersuara khas, bunyi Altitude Indicator pas Final Approach, Decision Height, dll enak banget di denger, bener2 beda dari suara GPWS Boeing dan Airbus..GPWS khas MD itu enak di denger di telinga gw..

kalo boleh dibilang, MD11 merupakan pesawat yang canggih di zamannya..hanya sayang pas lahir dia nggak bisa memenuhi spek yang dijanjikan pabrikan (range dan fuel nggak dapet). Ketika pabrikan mengeluarkan PIP (Performance Improvement Package, yaa kayak facelift gitulah) udah keburu telat, Airlines pada lari ke Boeing 777 ama Airbus A340 yang lebih hemat bahan bakar dan biaya perawatan nggak semahal MD11 (mesin no 2 yang di ekor mahal ongkos perawatannya)

riwayatnya di banyak airline tidak begitu bagus gara2 tingkat keenomisannya rendah, Garuda sendiri pernah mengoperasikan bbrp unit, termasuk 3 unit MD11ER yang boleh dibilang jenis MD11 yang langka. JAL membeli MD11 dengan maksud menggantikan DC10 mereka...eh ujung2nya MD11 mereka yang keluar duluan, SQ hampir teken kontrak beli MD11..begitu tau performa aslinya, mereka langsung batalin dan pesen A340 sebagai gantinya..ooh GIK, GIL, dan GIM...kalau saja kalian bertiga masih ada di Garuda sekarang..kalian akan sangat terlihat cantik dengan baju baru Garuda..

gw suka banget ngeliat MD11 pas take off, climbing like a rocket..mungkin ini alasan knp KLM mempertahankan MD11 begitu lama, untuk rute2 "Hot and High Airport". Gw suka banget ngeliat proses mendarat MD11 yang suka masuk kategori "High Speed Approach", dengan kecepatan cukup tinggi dan nose pitch yang sedikit lebih tinggi dari pesawat lainnya..apalagi kalau sedang berdansa melawan angin, proses Approach dan Landing MD11 memang selalu menarik untuk dilihat..

gw punya kenalan di Lufthansa dan Garuda, kebetulan keduanya eks penerbang MD11..mereka bilang kalau MD11 itu pesawat paling nggak mau kalem pas approach, gerakan yang sedikit rada liar di control column dibanding pesawat lain ini bener2 menjadi challenge untuk setiap pilotnya..high speed approach menjadi salah satu metode buat si pesawat agar dia tetep kalem pas proses pendaratan..perangainya jauh berbeda dibanding kakaknya, DC10, yang jauh lebih kalem di setiap fase penerbangan..

waktu itu pernah baca di forum penerbangan global, banyak pilot2 di US yang suka ngeledek pesawat yang landingnya kasar kalo anginnya sedikit rada kenceng..tapi begitu mereka melihat MD11 sukses mendarat di kondisi cuaca yang sama, hampir mereka semua berkata yang sama "d*mn, those guys infront are good"..bukan berarti MD11 nggak aman, buktinya dia lolos tes layak terbang FAA :big_smoking:

tapi yah itu, gara2 reputasinya kalo ada accident pas landing hampir selalu berakhir dengan kebalik (atau nggak bagian belakang airframenya patah gara2 hard landing)..ia menjadi bahan ejekan dan cercaan banyak orang di dunia penerbangan :mky_01:

MD11 memang bernasib sial di Airline Penumpang..tapi gara2 struktur floor nya sangat kuat, ia menjadi favorit sebagai pesawat kargo, well, at least sisa hidup mereka tidak berakhir langsung di padang gurun mojave..

MD11 days on passangers service are numbered..but at least, these old but still beautiful lady can find a new life as a freighter..i remembered when i was just a little kid..flying on MD11 and stare at that Winglet with "The Blue Bird of Happiness" logo..it was a beautiful sight and i still remembered it to this day..

itulah pesawat yang menjadi favorit saya.. :)

Swiss MD11 on "Wet" Take Off Roll
Image

"Positive Rate ! Gears Up !" KLM MD11
Image

"okay..a little bit to the left..eehh left rudder..left..left rudder, put her down gently, ok nice"
http://www.youtube.com/watch?v=v9n-DnDKSaA
Last edited by haristk7 on 20 May 2013, 23:22, edited 1 time in total.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: 11 May 2013, 09:07

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by dubz »

Sepertinya era Trijet di pesawat komersil penumpang udah lewat..padahal cantik2,

McDonnell Douglas DC10/MD-11/MD-10
Lockheed L-1011 TriStar
Boeing 727 (kalo ini sukses besar penjualannya)
??
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

3 engines yaa..

masih ada Tupolev 154 (flying tank) dan Yak-42 (mirip 727-100) bertebaran di Russia

L1011 Tristar sendiri termasuk pesawat paling canggih di zamannya, saking canggihnya..nggak begitu laku *ironis*..udah ada fitur Full Auto Land CAT III Capable yang termasuk sangat canggih di zamannya..zaman2 masih analog tapi fitur udah canggih = sistem kompleks = perawatan mahal = nggak laku deh (less than 300 units were built)..apalagi mesin RB211 yang jadi sumber tenaganya dirudung masalah pada saat pengembangannya..pukulan telak untuk Lockheed..too bad..

Delta Airlines termasuk salah satu pengguna terbesar Tristar, dan sekarang digantikan oleh Boeing 767-400ER..Cathay Pacific dan Dragon Air dari Hongkong juga menggunakan pesawat ini di era 1980-1990an..dan sekarang digantikan oleh Airbus A330 yang jauh lebih canggih dan irit bahan bakar..cuma pernah ngeliat Tristar bbrp kali seumur hidup, yaitu di Frankfurt..zaman2 Delta doyan bener terbang kesana..armada Boeing 767, L1011 Tristar, dan MD11 mereka banyak bener di Terminal bandara Frankfurt..

gawat juga nih trid...gw jadi pengen cerita terus menerus tentang pesawat2 yang mengagumkan buat gw :mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: 11 May 2013, 09:07

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by dubz »

Boeing 777-300ER pertama Garuda

Image

Ini bukan hanya pesawat baru, tapi memperkenalkan produk First Class Garuda (skrg cuman ada Business/Executive class).
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by maskopat »

apa sih kelebihan dan kekurangan mesin dekat dengan body jika dibandingkan dengan yang jauh dari body?
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by maskopat »

dubz wrote:Hercules dan segala perwujudannya. Ini pesawat banyak banget versinya...dr angkut obat2an sampe jadi gunship. Umur sudah jadoel, masih dipake sampe skrg.

Image
ini kira2 kyk elsapek di mobil kali ya... :upss:

enhancement dari versi awal dan terakhir apa aja ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

haristk7 wrote:3 engines yaa..

masih ada Tupolev 154 (flying tank) dan Yak-42 (mirip 727-100) bertebaran di Russia

L1011 Tristar sendiri termasuk pesawat paling canggih di zamannya, saking canggihnya..nggak begitu laku *ironis*..udah ada fitur Full Auto Land CAT III Capable yang termasuk sangat canggih di zamannya..zaman2 masih analog tapi fitur udah canggih = sistem kompleks = perawatan mahal = nggak laku deh (less than 300 units were built)..apalagi mesin RB211 yang jadi sumber tenaganya dirudung masalah pada saat pengembangannya..pukulan telak untuk Lockheed..too bad..

Delta Airlines termasuk salah satu pengguna terbesar Tristar, dan sekarang digantikan oleh Boeing 767-400ER..Cathay Pacific dan Dragon Air dari Hongkong juga menggunakan pesawat ini di era 1980-1990an..dan sekarang digantikan oleh Airbus A330 yang jauh lebih canggih dan irit bahan bakar..cuma pernah ngeliat Tristar bbrp kali seumur hidup, yaitu di Frankfurt..zaman2 Delta doyan bener terbang kesana..armada Boeing 767, L1011 Tristar, dan MD11 mereka banyak bener di Terminal bandara Frankfurt..

gawat juga nih trid...gw jadi pengen cerita terus menerus tentang pesawat2 yang mengagumkan buat gw :mky_01:
Saya dulu jaman SD, banyak banget memakai imajinasi liar saya untuk menggambar model pesawat baru, di atas kertas strimin ukuran A3.
Yah, sekedar buat melampiaskan ide ide bentuk pesawat..
And...you know, model yg lebih banyak ane gambar adalah model Triple Engines ini..
:mky_01:

Bro ayo sharing lagi bro...seperti pertanyaan momod Kopat diatas,
1. Apa beda engine yang nempel di body dengan yg digantung di sayap?
Kenapa ada pemilihan desain engine seperti itu?
2. Apa keuntungan dan kerugian dari perletakan mesin di ekor seperti berikut? (pertanyaan ini ngga pernah kejawab dari SD sampai tua begini)
Image
Image
3. Kenapa biaya perawatan mesin di ekor ini mahal sekali?

Mohon pencerahannya...Trims..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by madcat015 »

Nubie mencoba menjawab...

Keuntungan tail engine adalah, sayap bisa digeser jauh ke belakang fuselage. Jadi pintu2 di kumpulkan di depan dan tengah untuk embarkasi penumpang lebih cepat.

Keuntungan lainnya, parts untuk menahan / pylon mesin bisa ditiadakan. Menghindari fatigue dan resiko lepas mesin.

Selain itu, efisiensi lebih baik dari 4 engines. Pesawat baru sekarang kyk dreamliner malah balik ke twin engine... :mrgreen:

Kerugiannya, maintenance bakal sulit karena tidak seperti mesin di bawah sayap, access hatch gampang di akses. Lainnya adalah ducting udara dan bahan bakar lebih kompleks. Berikutnya, apabila terjadi internal malfunction, dekat sekali dengan tail fin dan elevator fin, resiko besar dead up in the air alias hilang kendali.

Itu aja yg nubie tau, masih cetek pengetahuannya. :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Turboman »

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:Nubie mencoba menjawab...

Keuntungan tail engine adalah, sayap bisa digeser jauh ke belakang fuselage. Jadi pintu2 di kumpulkan di depan dan tengah untuk embarkasi penumpang lebih cepat.

Keuntungan lainnya, parts untuk menahan / pylon mesin bisa ditiadakan. Menghindari fatigue dan resiko lepas mesin.

Selain itu, efisiensi lebih baik dari 4 engines. Pesawat baru sekarang kyk dreamliner malah balik ke twin engine... :mrgreen:

Kerugiannya, maintenance bakal sulit karena tidak seperti mesin di bawah sayap, access hatch gampang di akses. Lainnya adalah ducting udara dan bahan bakar lebih kompleks. Berikutnya, apabila terjadi internal malfunction, dekat sekali dengan tail fin dan elevator fin, resiko besar dead up in the air alias hilang kendali.

Itu aja yg nubie tau, masih cetek pengetahuannya. :mrgreen:
Wuih....bos Honda Tuban ternyata melahap juga ilmu ilmu kedirgantaraan.... :frm_salut:
Lha nubie yang sotoy ini macam mana lagi levelnya disini? :ungg:

Yang ane lihat, memang posisi sayap bisa digeser ke belakang.
Pertanyaannya,:
1. Apa benefit sayap yang bisa digeser ke belakang?
2. Kenapa kalau mesin di sayap, sayapnya ngga bisa digeser ke belakang?

Jadi pengen tau terus...
:ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:Monggo mampir yak di TR ane :mrgreen:

http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=651067
Wuih....berrryyy loooong journey, om...! :frm_salut: :frm_salut:
Terusin dooong...
:mky_02:

Oia, upperdeck di bis tingkat, masih economy class juga tho? Kirain mantep banget dah di business class di upperdeck.. :mky_01:

Eh iya, jetlag itu rasanya gimana ya?
Selama ini naik pesawat paling lama hanya 7 jam. Waktu itu masih smp, jadi engga ngeh en ga inget giman itu jetlag.
Adanya, kaki pegel ama punggung minta di kretek kreetek mlulu, sama ngantuk karena bobo yang putus nyambung..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: 04 Aug 2007, 18:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by ibar78 »

ga ada yang secanggih dan sedahsyat pesawat ini....ga ada duanya...buroksnya nabi.... :mky_03: .....bisa leluasa masuk neraka, surga, ma langit.... :mky_03:
:popcorn:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

salah satu keuntungan mesin nempel di bodi bagian belakang, kalo terpaksa ditching nggak menjadi gaya hambatan yang berlebihan untuk si sayap..pesawat2 tail engine juga ada pintu belakang, MD80 dan MD90 punya 1 pintu di bagian belakang yang bisa diturunkan, dan begitu diturunkan langsung transformasi jadi tangga :D

sisanya kurang lebih udah dijelaskan ama om madcat :)

suara di kabin bagian depan juga lebih senyap, kabin bagian depan kan suka jadi bagian kelas bisnis..

wogh, om Turboman ternyata juga IFers ya ? hehehe salam kenal om, ane udah lama banget nggak ngepost disitu :mky_01:

jetlag itu jam biologis tubuh berantakan..harusnya tubuh merasa ngantuk kalau udah malem hari, ini malah kebalikannya..malem masih seger..siang2 udah pengen tidur lelap..

enhancement dari versi awal dan terakhir apa aja ya?
mesin, avionik, kalo versi C130J-30 penambahan panjang airframe
Keuntungan tail engine adalah, sayap bisa digeser jauh ke belakang fuselage. Jadi pintu2 di kumpulkan di depan dan tengah untuk embarkasi penumpang lebih cepat.

kayaknya kali ini tergantung tipe pesawat deh, di Amsterdam jetwaynya bisa lompatin sayap pesawat dan nempel di pintu2 belakang, jadi penumpang di belakang cepet juga keluarnya..

let's dance with Airbus A330..carefull with pitch and throttle correction :mky_03:
http://www.youtube.com/watch?v=S2uaeFCpt-8

whooppsss..Go Around ! better safe than sorry :mky_03:
http://www.youtube.com/watch?v=hEbcEMlPiBk
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 04 Sep 2008, 08:43

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by mintblue »

VanzMatic wrote:
Eh iya, jetlag itu rasanya gimana ya?
Selama ini naik pesawat paling lama hanya 7 jam. Waktu itu masih smp, jadi engga ngeh en ga inget giman itu jetlag.
Adanya, kaki pegel ama punggung minta di kretek kreetek mlulu, sama ngantuk karena bobo yang putus nyambung..
:mky_01:
jetlag itu : kalau orang lain di sekitar waktunya tidur, kita malah melek selebar2nya. kalau yg di sekitar melek, kita malah pengen tidur. :upss:
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 04 Sep 2008, 08:43

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by mintblue »

"tukang seruduk" dari Amrik, A-10 thunderbolt.
seraamm...
:2gunfire:

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

haristk7 wrote:salah satu keuntungan mesin nempel di bodi bagian belakang, kalo terpaksa ditching nggak menjadi gaya hambatan yang berlebihan untuk si sayap..pesawat2 tail engine juga ada pintu belakang, MD80 dan MD90 punya 1 pintu di bagian belakang yang bisa diturunkan, dan begitu diturunkan langsung transformasi jadi tangga :D

sisanya kurang lebih udah dijelaskan ama om madcat :)

suara di kabin bagian depan juga lebih senyap, kabin bagian depan kan suka jadi bagian kelas bisnis..

wogh, om Turboman ternyata juga IFers ya ? hehehe salam kenal om, ane udah lama banget nggak ngepost disitu :mky_01:

jetlag itu jam biologis tubuh berantakan..harusnya tubuh merasa ngantuk kalau udah malem hari, ini malah kebalikannya..malem masih seger..siang2 udah pengen tidur lelap..

enhancement dari versi awal dan terakhir apa aja ya?
mesin, avionik, kalo versi C130J-30 penambahan panjang airframe
Keuntungan tail engine adalah, sayap bisa digeser jauh ke belakang fuselage. Jadi pintu2 di kumpulkan di depan dan tengah untuk embarkasi penumpang lebih cepat.

kayaknya kali ini tergantung tipe pesawat deh, di Amsterdam jetwaynya bisa lompatin sayap pesawat dan nempel di pintu2 belakang, jadi penumpang di belakang cepet juga keluarnya..

let's dance with Airbus A330..carefull with pitch and throttle correction :mky_03:
http://www.youtube.com/watch?v=S2uaeFCpt-8

whooppsss..Go Around ! better safe than sorry :mky_03:
http://www.youtube.com/watch?v=hEbcEMlPiBk
mintblue wrote:
VanzMatic wrote:
Eh iya, jetlag itu rasanya gimana ya?
Selama ini naik pesawat paling lama hanya 7 jam. Waktu itu masih smp, jadi engga ngeh en ga inget giman itu jetlag.
Adanya, kaki pegel ama punggung minta di kretek kreetek mlulu, sama ngantuk karena bobo yang putus nyambung..
:mky_01:
jetlag itu : kalau orang lain di sekitar waktunya tidur, kita malah melek selebar2nya. kalau yg di sekitar melek, kita malah pengen tidur. :upss:
よーし, ありがとう..! :mky_01:

*しまった, gara2 habis nonton 名探偵 コナン の ドラマ rehat tadi, jadi kebawa bawa ngetik nya..hahasseem... :big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 04 Sep 2008, 08:43

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by mintblue »

VanzMatic wrote: よーし, ありがとう..! :mky_01:

*しまった, gara2 habis nonton 名探偵 コナン の ドラマ rehat tadi, jadi kebawa bawa ngetik nya..hahasseem... :big_slap:
どういたしまして :big_peace:

*habis nongton JAV...* :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

mintblue wrote:
VanzMatic wrote: よーし, ありがとう..! :mky_01:

*しまった, gara2 habis nonton 名探偵 コナン の ドラマ rehat tadi, jadi kebawa bawa ngetik nya..hahasseem... :big_slap:
どういたしまして :big_peace:

*habis nongton JAV...* :ngacir:
何?同じではありません... :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by madcat015 »

@om VM: ane cuman nubitol lontong aja om... :ungg:

Untuk kelebihan sayap bisa di geset ke belakang adalah, pesawat akan lebih cepat climbing nya, karena daya angkat atau lift berada di belakang fuselage. Anggap aja RWD nya pesawat. :mrgreen:

Untuk pesawat dengan mesin di tengah, kenapa ga bs digeser2. Terkait dengan urusan perut alias tangki bbm. Seperti di Airbus, pangkal sayap di fuselage ada punuknya, tangki bbm paling gambot di sana. Kalau di pindah ke belakang, titik gravitas ga seimbang, pesawat akan sulit take off karena drag ban dan air drag underbody terlalu berlebihan.

Itu menurut nubitol ini... :ungg:

Ahhh, A10 thunderbolt. Tank killers beneran. Senjata utamanya GAU-8 Gatling. Ukurannya aja segede VW Beetle dengan peluru segambot botol coca-cola 1.5 liter. Ujung depleted uranium utk menembus lapisan baja tebal. 3-4 biji cukup utk membunuh tank. Sadisss... :frm_salut:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by JESKONENG »

jetlag itu biasa dialami oleh sebagian orang pas bulan puasa, walau enggak terbang ... di siang hari bawaannya ngantuk aja... di malam hari susah merem ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 29 Jul 2012, 14:57

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by joehart »

madcat015 wrote:@om VM: ane cuman nubitol lontong aja om... :ungg:

Untuk kelebihan sayap bisa di geset ke belakang adalah, pesawat akan lebih cepat climbing nya, karena daya angkat atau lift berada di belakang fuselage. Anggap aja RWD nya pesawat. :mrgreen:

Untuk pesawat dengan mesin di tengah, kenapa ga bs digeser2. Terkait dengan urusan perut alias tangki bbm. Seperti di Airbus, pangkal sayap di fuselage ada punuknya, tangki bbm paling gambot di sana. Kalau di pindah ke belakang, titik gravitas ga seimbang, pesawat akan sulit take off karena drag ban dan air drag underbody terlalu berlebihan.

Itu menurut nubitol ini... :ungg:

Ahhh, A10 thunderbolt. Tank killers beneran. Senjata utamanya GAU-8 Gatling. Ukurannya aja segede VW Beetle dengan peluru segambot botol coca-cola 1.5 liter. Ujung depleted uranium utk menembus lapisan baja tebal. 3-4 biji cukup utk membunuh tank. Sadisss... :frm_salut:

weleh, madcat ini seperti manusia google ya, tahu semua info :off_good_job:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post