Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Pugman »

haristk7 wrote: 22 May 2013, 08:52
VanzMatic wrote:
madcat015 wrote:@om VM: ane cuman nubitol lontong aja om... :ungg:

Untuk kelebihan sayap bisa di geset ke belakang adalah, pesawat akan lebih cepat climbing nya, karena daya angkat atau lift berada di belakang fuselage. Anggap aja RWD nya pesawat. :mrgreen:

Untuk pesawat dengan mesin di tengah, kenapa ga bs digeser2. Terkait dengan urusan perut alias tangki bbm. Seperti di Airbus, pangkal sayap di fuselage ada punuknya, tangki bbm paling gambot di sana. Kalau di pindah ke belakang, titik gravitas ga seimbang, pesawat akan sulit take off karena drag ban dan air drag underbody terlalu berlebihan.

Itu menurut nubitol ini... :ungg:

-cut-
Wow, cara penjelasan yang mantap bener, sampai bisa menganalogikan sebagai RWD nya pesawat..! :e-clap: :e-clap:

Hmm.. iya, kalau sepengamatan ane, kalau mesin di sayap, tangkinya ada di body pesawat bawah, pas di pangkal sayap.
Nah, kalau mesin di body kayak Fokker, DC-9 gitu, atau pesawat "pensil" yang baru dibeli Garuda, tangki bbm nya dimana yah om?
:e-think: :e-think:

Sumfe ngga ngerti, pengen tau bangeet.
:ungg:
untuk tanki bensin, Fokker 28/70/100, DC-9, MD80 Series, dan CRJ (pensil) ada di sayap pesawat om..sebenernya semua pesawat sebagian besar fuel tank ada di sayap, Boeing 737, Airbus A320..mereka juga fuel tank ada di sayap

tapi kalo pesawat besar macam Boeing 767 dan Boeing 747, mereka ada center fuel tank (bagian bawah body pesawat)..bahkan di bbrp pesawat seperti Airbus A330, mereka ada tambahan tanki fuel di bagian belakang pesawat, tepatnya di horizontal stabilizer (2 sayap kecil di belakang), known as "Trim Tank"

(untuk info tambahan aja) nah untuk pesawat besar, kan biasanya mereka terbang jarak jauh..seiring berjalannya waktu terbang, akan terjadi ketidak seimbangan antara fuel tank yang satu dengan yang lain, nah di fuel tank ada yang namanya sistem "Crossfeed Valve", sistem ini akan membantu menyeimbangkan jumlah fuel yang ada di suatu tank dengan tank yang lain. Sistem ini digunakan agar Center of Gravity si pesawat terjaga dan pesawat tetap stabil terbangnya

biasanya "Crossfeed Valve" lebih banyak digunakan untuk menjaga keseimbangan antara left wing fuel tank dengan right wing fuel tank

contoh gambar Overhead Panel bagian Fuel System di Boeing 757 dan Boeing 767, ada tombol pengaktif Crossfeed Valve dan indikator jumlah bahan bakar
Image

:)
Kalau lihat gambar HMI gitu saya jadi ingat dulu teman saya orang Siemens Cerita, kalau untuk Boeing mereka
gunakan CPU redundant Allen-Bradley untuk Automation Controllnya sedang Air Bus lebih memilih pakai Siemens.

Ini CPU Controller biasa ditaruh dimana ya? kalau ga salah di depan ya? area sekitar bawah Cockpit?
yang saya masih penasaran, menganai AC untuk semua kabin, ya kalau di mobil kan tahu penggerak dari mesin
lalu panas dibuang dari air intake di depan. Untuk pesawat besar macam A380 perlu berapa PK ya?
Terus kalau AC pesawat ini penggeraknya pakai apa ya?
kan kalau pesawat parkir dan mesin mati nyatanya AC tetap hidup, lalu pertukaran panas di kondensornya
gimana ya? secara Body ketutup semua gitu kecuali air intake mesin jet, apa dibuat ducting ya?

:mky_01:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by octafiantos »

NYoman wrote: 23 Oct 2017, 08:16 Antonov lebih banyak dipakai karena comercial flight, sedangkan Beluga maupun Dreamlifter hanya di gunakan oleh masing2 produsen untuk keperluan pabrik.. Antonov punya jasa besar buat Boeing, gak ada pesawat kargo yg mampu "nelan" GE90 nya 777 utuh selain AN124 kalau darurat2 perlu new engine..

Airbus Super Guppy juga punya andil besar dalam proyek A330 dan A340..
Selain pake An, bisa pake 5th pod kalo di 747.
747 kadang bawa spare engine dicantolin di sayap. Jadi kaya punya 5 mesin :D
Kavling kosong, bisa dikridit.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adityabp »

Pugman wrote: 23 Oct 2017, 13:12 Kalau lihat gambar HMI gitu saya jadi ingat dulu teman saya orang Siemens Cerita, kalau untuk Boeing mereka
gunakan CPU redundant Allen-Bradley untuk Automation Controllnya sedang Air Bus lebih memilih pakai Siemens.

Ini CPU Controller biasa ditaruh dimana ya? kalau ga salah di depan ya? area sekitar bawah Cockpit?
yang saya masih penasaran, menganai AC untuk semua kabin, ya kalau di mobil kan tahu penggerak dari mesin
lalu panas dibuang dari air intake di depan. Untuk pesawat besar macam A380 perlu berapa PK ya?
Terus kalau AC pesawat ini penggeraknya pakai apa ya?
kan kalau pesawat parkir dan mesin mati nyatanya AC tetap hidup, lalu pertukaran panas di kondensornya
gimana ya? secara Body ketutup semua gitu kecuali air intake mesin jet, apa dibuat ducting ya?

:mky_01:
Di tiap pesawat jet pasti ada mesin yg disebut APU (Auxillary Power Unit).
APU ini sejatinya mesin jet kecil. Ditaruh persis di ujung ekor pesawat.
Fungsi utama APU sbg kompresor utk cranking mesin jet ketika dinyalakan.
Setelah mesin jet nyala, tugas APU adalah memutar generator utk menyediakan listrik buat pesawat.
Nah, listrik inilah yg salah satunya dipakai utk menjalankan AC. :mky_01:
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Dekyarov »

Ini Lookheed Constellation cakep juga.

Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by josomba »

Pugman wrote: 23 Oct 2017, 13:12
haristk7 wrote: 22 May 2013, 08:52
VanzMatic wrote:
Wow, cara penjelasan yang mantap bener, sampai bisa menganalogikan sebagai RWD nya pesawat..! :e-clap: :e-clap:

Hmm.. iya, kalau sepengamatan ane, kalau mesin di sayap, tangkinya ada di body pesawat bawah, pas di pangkal sayap.
Nah, kalau mesin di body kayak Fokker, DC-9 gitu, atau pesawat "pensil" yang baru dibeli Garuda, tangki bbm nya dimana yah om?
:e-think: :e-think:

Sumfe ngga ngerti, pengen tau bangeet.
:ungg:
untuk tanki bensin, Fokker 28/70/100, DC-9, MD80 Series, dan CRJ (pensil) ada di sayap pesawat om..sebenernya semua pesawat sebagian besar fuel tank ada di sayap, Boeing 737, Airbus A320..mereka juga fuel tank ada di sayap

tapi kalo pesawat besar macam Boeing 767 dan Boeing 747, mereka ada center fuel tank (bagian bawah body pesawat)..bahkan di bbrp pesawat seperti Airbus A330, mereka ada tambahan tanki fuel di bagian belakang pesawat, tepatnya di horizontal stabilizer (2 sayap kecil di belakang), known as "Trim Tank"

(untuk info tambahan aja) nah untuk pesawat besar, kan biasanya mereka terbang jarak jauh..seiring berjalannya waktu terbang, akan terjadi ketidak seimbangan antara fuel tank yang satu dengan yang lain, nah di fuel tank ada yang namanya sistem "Crossfeed Valve", sistem ini akan membantu menyeimbangkan jumlah fuel yang ada di suatu tank dengan tank yang lain. Sistem ini digunakan agar Center of Gravity si pesawat terjaga dan pesawat tetap stabil terbangnya

biasanya "Crossfeed Valve" lebih banyak digunakan untuk menjaga keseimbangan antara left wing fuel tank dengan right wing fuel tank

contoh gambar Overhead Panel bagian Fuel System di Boeing 757 dan Boeing 767, ada tombol pengaktif Crossfeed Valve dan indikator jumlah bahan bakar
Image

:)
Kalau lihat gambar HMI gitu saya jadi ingat dulu teman saya orang Siemens Cerita, kalau untuk Boeing mereka
gunakan CPU redundant Allen-Bradley untuk Automation Controllnya sedang Air Bus lebih memilih pakai Siemens.

Ini CPU Controller biasa ditaruh dimana ya? kalau ga salah di depan ya? area sekitar bawah Cockpit?
yang saya masih penasaran, menganai AC untuk semua kabin, ya kalau di mobil kan tahu penggerak dari mesin
lalu panas dibuang dari air intake di depan. Untuk pesawat besar macam A380 perlu berapa PK ya?
Terus kalau AC pesawat ini penggeraknya pakai apa ya?
kan kalau pesawat parkir dan mesin mati nyatanya AC tetap hidup, lalu pertukaran panas di kondensornya
gimana ya? secara Body ketutup semua gitu kecuali air intake mesin jet, apa dibuat ducting ya?

:mky_01:
Wah melihat thread ini jadi mengingatkan saya ke kuliah Aeronautics jaman dulu.....walaupun sekarang bidang kerjanya udah jauh dari bidang aviasi.

Untuk simpelnya proses AC pesawat adalah mekanisme Three Wheel Bootstrap namanya. Untuk penjelasan detailnya googling aja om, saya udah melupakan mata kuliah sistem pesawat udara. :mky_01:

Tapi kurang lebih diagramnya seperti ini:

Image

Intinya udara dari main engine masuk (bleed air) dan bisa juga dari RAM air turbine (semacem ventilasi bolong undercarriage fuselage) terus pastinya heat exchanger dulu (h.e) nah saya agak lupa pressurized system itu di compressor atau bukan. Nah kalo di darat yang bisa suck-in air ya dari main engine, ram air gak ada. Biasanya kita lihat mesinnya kek nyala ada yg muter dalemnya, tapi dikasih rubber cone orange di depannya ga kesedot makanya.

Perlu diingat three wheel bootstrap ini mekanisme sederhana saja sih. Yang bener2 pake three wheel bootsrap sih Fokker-100, dulu kampus dapet copy resmi AMM (Aircraft maintenance manual) hanya Fokker dan B732. Yang B732 udah jauh lebih kompleks dari three wheel bootstrap-nya fokker tapi prinsip dasarnya mirip.

Mengenai supply listriknya betul pake APU kalau di darat, bisa juga kalo pesawat2 yang ga ada APU pake GPU (Ground Power Unit). Dulu waktu magang engineer di GMF, kalo pesawat lagi dalam hangar sih biasanya pake GPU (bukan balsem ya) hehehehe.
Image
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

octafiantos wrote: 23 Oct 2017, 13:33
NYoman wrote: 23 Oct 2017, 08:16 Antonov lebih banyak dipakai karena comercial flight, sedangkan Beluga maupun Dreamlifter hanya di gunakan oleh masing2 produsen untuk keperluan pabrik.. Antonov punya jasa besar buat Boeing, gak ada pesawat kargo yg mampu "nelan" GE90 nya 777 utuh selain AN124 kalau darurat2 perlu new engine..

Airbus Super Guppy juga punya andil besar dalam proyek A330 dan A340..
Selain pake An, bisa pake 5th pod kalo di 747.
747 kadang bawa spare engine dicantolin di sayap. Jadi kaya punya 5 mesin :D
Gak akan bisa dipasang di external pod, GE90 itu jauh lebih besar dair mesin 747 original, bahkan lebih besar dari mesin 747-8..
Image

Kalau mesin lain masih bisa~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

adityabp wrote: 23 Oct 2017, 15:22
Pugman wrote: 23 Oct 2017, 13:12 Kalau lihat gambar HMI gitu saya jadi ingat dulu teman saya orang Siemens Cerita, kalau untuk Boeing mereka
gunakan CPU redundant Allen-Bradley untuk Automation Controllnya sedang Air Bus lebih memilih pakai Siemens.

Ini CPU Controller biasa ditaruh dimana ya? kalau ga salah di depan ya? area sekitar bawah Cockpit?
yang saya masih penasaran, menganai AC untuk semua kabin, ya kalau di mobil kan tahu penggerak dari mesin
lalu panas dibuang dari air intake di depan. Untuk pesawat besar macam A380 perlu berapa PK ya?
Terus kalau AC pesawat ini penggeraknya pakai apa ya?
kan kalau pesawat parkir dan mesin mati nyatanya AC tetap hidup, lalu pertukaran panas di kondensornya
gimana ya? secara Body ketutup semua gitu kecuali air intake mesin jet, apa dibuat ducting ya?

:mky_01:
Di tiap pesawat jet pasti ada mesin yg disebut APU (Auxillary Power Unit).
APU ini sejatinya mesin jet kecil. Ditaruh persis di ujung ekor pesawat.
Fungsi utama APU sbg kompresor utk cranking mesin jet ketika dinyalakan.
Setelah mesin jet nyala, tugas APU adalah memutar generator utk menyediakan listrik buat pesawat.
Nah, listrik inilah yg salah satunya dipakai utk menjalankan AC. :mky_01:
Untuk pesawat2 tipe baru seperti A350, 747-8 dan 787 (saya kurang tua kalau A330Neo) tidak pakai bleed air lagi untuk start mesin.. Sudah pakai electric starter..
Kalau model lama, AC nyala dari APU atau GPU (biasanya GPU kalau di darat) sebelum nyala cross airbleed di tutup supaya pressure kuat untuk mutar turbin yang besar makanya kadang bau avtur masuk ke kabin "sedikit".. Untuk ac saya kurang tau berapa PK yang jelas sama persis seperti ducting central ac..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adityabp »

NYoman wrote: 23 Oct 2017, 17:16
adityabp wrote: 23 Oct 2017, 15:22
Pugman wrote: 23 Oct 2017, 13:12 Kalau lihat gambar HMI gitu saya jadi ingat dulu teman saya orang Siemens Cerita, kalau untuk Boeing mereka
gunakan CPU redundant Allen-Bradley untuk Automation Controllnya sedang Air Bus lebih memilih pakai Siemens.

Ini CPU Controller biasa ditaruh dimana ya? kalau ga salah di depan ya? area sekitar bawah Cockpit?
yang saya masih penasaran, menganai AC untuk semua kabin, ya kalau di mobil kan tahu penggerak dari mesin
lalu panas dibuang dari air intake di depan. Untuk pesawat besar macam A380 perlu berapa PK ya?
Terus kalau AC pesawat ini penggeraknya pakai apa ya?
kan kalau pesawat parkir dan mesin mati nyatanya AC tetap hidup, lalu pertukaran panas di kondensornya
gimana ya? secara Body ketutup semua gitu kecuali air intake mesin jet, apa dibuat ducting ya?

:mky_01:
Di tiap pesawat jet pasti ada mesin yg disebut APU (Auxillary Power Unit).
APU ini sejatinya mesin jet kecil. Ditaruh persis di ujung ekor pesawat.
Fungsi utama APU sbg kompresor utk cranking mesin jet ketika dinyalakan.
Setelah mesin jet nyala, tugas APU adalah memutar generator utk menyediakan listrik buat pesawat.
Nah, listrik inilah yg salah satunya dipakai utk menjalankan AC. :mky_01:
Untuk pesawat2 tipe baru seperti A350, 747-8 dan 787 (saya kurang tua kalau A330Neo) tidak pakai bleed air lagi untuk start mesin.. Sudah pakai electric starter..
Kalau model lama, AC nyala dari APU atau GPU (biasanya GPU kalau di darat) sebelum nyala cross airbleed di tutup supaya pressure kuat untuk mutar turbin yang besar makanya kadang bau avtur masuk ke kabin "sedikit".. Untuk ac saya kurang tau berapa PK yang jelas sama persis seperti ducting central ac..
Wow.. sdh electric starter toh? Berarti di bagian dalam poros turbin kompresor ada koil armature+stator donk. :mky_02:
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 01 Jul 2017, 22:23

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by nylekamin »

Pugman wrote:Jadi dengan korea ya.. Bukan dengan RRT. Tapi yang dulu J10 itu jadi beli ga ya?
Setau saya TNI AU ga pernah naksir J-10..
Trennya skrg pespur kelas berat cenderung ke Russia, medium buat patroli ke US, trainer sampe menengah pake korea, lalu buat coin pake brazil punya..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by josomba »

Salah satu benda sejarah yang disimpen di Bandung, sayang kalau masuk ke gedung ini harus pake Finger Print, dulu sih masuk2 aja.

Image

Image

Image

Di Era-nya dulu MiG-21 sih primadona banget ya.
Image
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: 30 Oct 2012, 15:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by merkapa »

Tni mana mungkin tertarik ama j 10 apa ga puyeng itu sucadnya ?

Saat ini tni au handle 5 jenis fighter dengan jumlah sedikit
F16 a dengam mesin pratt n whitney
F16 52 id dengan mesin general electric
Sukjoi 27/30 demgam mesin lyulka saturn alf 31
Hawk 100/ 200 mesin rolls royce
T 50 dengan mesin general elecrtic
Masih ditambah mesinturboprop tucano apa ga puyenggg nambah 1 lagi alf 31 fn heheheh
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Pugman »

Ah mantap sekali suhu-suhu disini, banyak hal-hal mendasar yang saya belum tahu bisa dijawab.
:mky_02:
:big_exellent:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Pugman »

images (15).jpg
images (15).jpg (20.03 KiB) Viewed 145 times
images (13).jpg
images (13).jpg (12.94 KiB) Viewed 145 times
images (14).jpg
images (14).jpg (19.55 KiB) Viewed 145 times
images (12).jpg
images (12).jpg (13.25 KiB) Viewed 145 times
Virgin Galactic ini sekarang bagaimana nasibnya ya? Terakhir dengar kabar crashnya saja.

Kenapa seperti pakai mesin jet biasa ya?

Lalu kalau mesin jet tanpa after burner paling tinggi bisa berapa kaki terbangnya?
Sama mau tanya beda prinsip kerja roket dan jet dengan afterburner, karena saya ga lihat ada airintake di roket?
Oya adakah pesawat jet afterburner yang sudah sampai ruang angkasa dan menembus atmosfer bumi pesawat apa ya?
Tentu saja kalau buminya bulat ya, kalau bumi datar kan katanya atmosfer ga bisa ditembus
Hihihi..
:big_peace:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by josomba »

Pugman wrote: 24 Oct 2017, 10:56 images (15).jpg
images (13).jpg
images (14).jpg
images (12).jpg

Virgin Galactic ini sekarang bagaimana nasibnya ya? Terakhir dengar kabar crashnya saja.

Kenapa seperti pakai mesin jet biasa ya?

Lalu kalau mesin jet tanpa after burner paling tinggi bisa berapa kaki terbangnya?
Sama mau tanya beda prinsip kerja roket dan jet dengan afterburner, karena saya ga lihat ada airintake di roket?
Oya adakah pesawat jet afterburner yang sudah sampai ruang angkasa dan menembus atmosfer bumi pesawat apa ya?
Tentu saja kalau buminya bulat ya, kalau bumi datar kan katanya atmosfer ga bisa ditembus
Hihihi..
:big_peace:
Kalo ga salah dia pake mesin Rocket Motor 2, sejenis hybrid propellant. Jadi bahan bakar rocketnya satu solid fuel satu lagi bisa gas atau pun liquid. Sepengetahuan saya namanya rocket sih ga ada intake, karena dia bakar fuelnya langsung buat jadi thrust.

Nah kalo Jet yang bisa tinggi banget Ramjet atau ada yang bilang Turborocket sih om, dipakai ama SR-71 Blackbird salah satunya. Bukan berarti dia menembus atmosfer terluar sih, cuman service ceilingnya melebihi ketinggian pesawat pada umumnya dan udah bisa mulai liat bumi membulat...kalo ga salah juga maximum altitude sr71 antara 80-90 ribu feet deh alias bisa main di stratosfer.

Image

Kali2 ada yang minat baca sistem navigasi pesawat, saya ada e-booknya juga berikut linknya https://drive.google.com/open?id=0Bz9qL ... GhkamJkZUk
Image
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Yap, betul.. Turbo rocket, yang pakai cuma SR71 dan U2 makanya mereka bisa terbang lebih dari 50rb feet umumnya 80rb itupun sudah terlihat biru tua atmosfer yang lebih atas, cuma ngelewatin terluar nggak bisa.. Yang jadi masalah bbm ini khusus, kalau tidak dibawa pada ketinggian tertentu bakal bleeding kemana-mana alias bocor kalau di landasan ditambah biaya operasional yang sangat mahal makanya pensiun (kecuali U2 masih jalan sampai sekarang)

Untuk afterburner, mesinya sama kok turbojet (bukan turbofan) cuma didalam knalpot (diffuser) ada nozle (adjustable) yang menyemprotkan bahan bakar lebih dan ada semacam pemantik api juga.. Panas yang terkumpul membuat tekanan besar di dalam difusser dan keluar lewat "kanlpot" (disebut blow, dengar2 kalau afterburner jalan ada bunyi "DOP BRRRRR") menambah thrust ini disebut juga dengan running wet.. Turbojet sekarang cuma dipakai di pesawat militer, dulu pesawat biasa juga pakai tapi non afterburner saja karena kurang efisien ditinggalah turbojet untuk keperluan komersial.. (satu2 nya pesawat komersial dengan afterburner adalah Concorde dan Tu-114 kembar)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by josomba »

NYoman wrote: 24 Oct 2017, 21:33 Yap, betul.. Turbo rocket, yang pakai cuma SR71 dan U2 makanya mereka bisa terbang lebih dari 50rb feet umumnya 80rb itupun sudah terlihat biru tua atmosfer yang lebih atas, cuma ngelewatin terluar nggak bisa.. Yang jadi masalah bbm ini khusus, kalau tidak dibawa pada ketinggian tertentu bakal bleeding kemana-mana alias bocor kalau di landasan ditambah biaya operasional yang sangat mahal makanya pensiun (kecuali U2 masih jalan sampai sekarang)

Untuk afterburner, mesinya sama kok turbojet (bukan turbofan) cuma didalam knalpot (diffuser) ada nozle (adjustable) yang menyemprotkan bahan bakar lebih dan ada semacam pemantik api juga.. Panas yang terkumpul membuat tekanan besar di dalam difusser dan keluar lewat "kanlpot" (disebut blow, dengar2 kalau afterburner jalan ada bunyi "DOP BRRRRR") menambah thrust ini disebut juga dengan running wet.. Turbojet sekarang cuma dipakai di pesawat militer, dulu pesawat biasa juga pakai tapi non afterburner saja karena kurang efisien ditinggalah turbojet untuk keperluan komersial.. (satu2 nya pesawat komersial dengan afterburner adalah Concorde dan Tu-114 kembar)
Wah pantesan ya kalo liat di film2 dokumentasi natgeo gitu, si SR-71 harus nyusu dulu ke KC-135 tiap kali abis takeoff. BBM-nya khusus toh ya buat high altitudenya. Baru tau nih kalo bbmnya ga sekedar jetfuel. Thank you om pencerahannya.
Image
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adityabp »

U2 pake turbo rocket? Gak salah tuh?
Setau saya, kecepatan U2 sama dgn pesawat sipil komersil. Jadi gak cepet2x amat. Dia bisa terbang tinggi krn sayapnya yg super panjang dan lebar.
Beda dgn SR-71 yg memang butuh bisa ngacir sampe mach 3++ krn harus bisa kabur dari kejaran mig-25 foxbat.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Pugman »

Kalau lihat gambar diagram rocket itu tidak ada air intake tapi proses pembakaran kan tetap perlu oksigen dan disitu juga ada jalur Oksigen dan Hidrogen, ini berarti rocket bawa oksigen sendiri dalam tabung ya? Oya untuk rasio AFR mesin jet/rocket ini apakah sama seperti mesin mobil 1:14?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

adityabp wrote: 25 Oct 2017, 09:34 U2 pake turbo rocket? Gak salah tuh?
Setau saya, kecepatan U2 sama dgn pesawat sipil komersil. Jadi gak cepet2x amat. Dia bisa terbang tinggi krn sayapnya yg super panjang dan lebar.
Beda dgn SR-71 yg memang butuh bisa ngacir sampe mach 3++ krn harus bisa kabur dari kejaran mig-25 foxbat.
Ah sorry, thks koreksinya..
Mesin U2 masih saudara dengan mesin F14-16 series.. (GE F110 series)
Turbojet tanpa afterburner..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Pugman »

adityabp wrote: 25 Oct 2017, 09:34 U2 pake turbo rocket? Gak salah tuh?
Setau saya, kecepatan U2 sama dgn pesawat sipil komersil. Jadi gak cepet2x amat. Dia bisa terbang tinggi krn sayapnya yg super panjang dan lebar.
Beda dgn SR-71 yg memang butuh bisa ngacir sampe mach 3++ krn harus bisa kabur dari kejaran mig-25 foxbat.
Jadi sebenarnya yang lebih berperan untuk membuat pesawat bisa terbang lebih tinggi itu desain sayap atau power dari engine?

Katakanlah saya punya pesawat yang memiliki 2 engine dari 2 produsen berbeda dengan perbedaan power 10-20% diantara keduanya apakah ketinggian jelajah akan lebih rendah? Atau ketinggian tetap sama hanya waktu climbing yang lebih lama pada mesin yang powernya lebih kecil?
Kalau dari yang pernah saya baca, lebar sayap memberikan gaya angkat lebih besar tapi drag juga besar sehingga akan lebih boros bahan bakar lalu di pesawat modern menggunakan flap untuk memberikan gaya angkat saat akan lepas landas dan melipat flap kedalam saat sudah berada di atas? Seperti yang saya lihat kalau lagi dapat tempat duduk dekat sayap.
Tolong pencerahannya??
:big_smile] :big_blushing:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adityabp »

Pugman wrote: 25 Oct 2017, 13:10
adityabp wrote: 25 Oct 2017, 09:34 U2 pake turbo rocket? Gak salah tuh?
Setau saya, kecepatan U2 sama dgn pesawat sipil komersil. Jadi gak cepet2x amat. Dia bisa terbang tinggi krn sayapnya yg super panjang dan lebar.
Beda dgn SR-71 yg memang butuh bisa ngacir sampe mach 3++ krn harus bisa kabur dari kejaran mig-25 foxbat.
Jadi sebenarnya yang lebih berperan untuk membuat pesawat bisa terbang lebih tinggi itu desain sayap atau power dari engine?

Katakanlah saya punya pesawat yang memiliki 2 engine dari 2 produsen berbeda dengan perbedaan power 10-20% diantara keduanya apakah ketinggian jelajah akan lebih rendah? Atau ketinggian tetap sama hanya waktu climbing yang lebih lama pada mesin yang powernya lebih kecil?
Kalau dari yang pernah saya baca, lebar sayap memberikan gaya angkat lebih besar tapi drag juga besar sehingga akan lebih boros bahan bakar lalu di pesawat modern menggunakan flap untuk memberikan gaya angkat saat akan lepas landas dan melipat flap kedalam saat sudah berada di atas? Seperti yang saya lihat kalau lagi dapat tempat duduk dekat sayap.
Tolong pencerahannya??
:big_smile] :big_blushing:
Tergantung kebutuhan om.
Kalo butuhnya hanya sekali terbang sampai ketinggian maksimum, yess anda butuh jet yg super powerfull.
Tapi kalo butuhnya daya jelajah yg jauh utk satu kali terbang, sudah pasti butuh sayap yg panjang dan lebar supaya bisa melayang dgn dorongan jet yg minimum. Dorongan jet yg minimum berarti bahan bakar yg dibawa tidak perlu banyak2x.
U2 didesain supaya bisa melayang seperti glider tapi bisa sampai ketinggian maksimum yg tdk terjangkau mayoritas interceptor, makanya sayapnya dibuat extra panjang dan lebar. Konsekuensinya, bodi pesawat (fuselage) tidak bisa besar. Krn fuselage tdk besar, mesin yg dipake juga tidak bisa yg besar dimensinya.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adityabp »

BTW, mau tanya soal pemakaian flap.
Apakah diijinkan menggunakan flap ketika mesin pesawat tiba2x kehilangan daya dorong yg cukup besar, dgn tujuan mempertahankan daya angkat pesawat supaya setidaknya bisa melayang turun perlahan?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Jadi gini, itu teorinya benar sekali.. Kasus untuk U2 (bukan U2 nya bono), sayapnya sangat lebar namun sangat tipis untuk mengurangi drag (jauh lebih tipis dari pesawat umum nya) maka dari itu roda pendaratan tidak bisa lagi disimpan di bawah sayap sehingga U2 sangat sulit untuk di daratikan karena hanya memiliki 2 roda pendaratan (sejajar di badan) sedangkan roda bantu kiri kanan (mirip roda sepeda) di sayap sifatnya tidak permanen bisa dilepas sesaat setelah lepas landas sehingga butuh kru unuk ngejar si pesawat ketika landing untuk bantu supaya pesawat tetap steady kalau tidak U2 akan bersender di salah satu sayap alias oleng macam sepeda motor..

tergantung dimana pesawat tersebut terbang, kalau dalam posisi ketinggian jelajah biasanya pesawat akan tetap menggunakan mesin tanpa menurunkan flap karena flap sendiri gak akan terpakai di ketingian tertentu semakin tinggi maka semakin tipis udaranya.. Selama pesawat masih bisa terbang dengan mesin biasanya perlahan turun ketinggian tertentu baru keluarkan flap.. Tapi sekali lagi biasanya justru tidak pakai flap sama sekali karena justru menambah beban mesin yang sudah kehilangan boost..
Untuk kasus melayang tanpa mesin sudah pernah ada contohnya, saya lupa A330 atau 767 gitu kehabisan bbm karena bocor di mesin nya.. Glide dan mendarat tanpa flap..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by josomba »

om @aditya, nah kalau lagi emergency mesin mati semua tapi lagi high altitude ya flap jangan dikeluarin karena mempercepat laju penurunan. Asal kontrol semua normal (electricity/hydraulic normal) dan jarak ke runway udah diperhitungkan, prosedur deploy flap tetap normal sesuai standarnya. Lain cerita seperti om @nyoman bilang kejadiannya Gimli Glider (Air Canada B767), nah kalo dia itu sampe keluarin RAT (Ram Air Turbine) buat ngidupin vital parts yang ngontrol gerakan pesawat semacem rudder, aileron, dan elevator. Semakin rendah speednya, electricity yang dihasilkan RAT juga akan berkurang jadi hemat2 deh ga akan keluarin flap pas landing. (CMIIW)

flap-less landing berarti landingnya akan high speed karena gabisa landing dengan speed "normal" di pilot checklist. Ambil contoh B737-800, landing speed kalo ga salah 130-150 KIAS saat 30-40 deg flap (Koreksi bila salah), nah mungkin dengan tanpa flap kebuka bisa jadi dia harus landing di 180-190 KIAS. Selama runway memadai sih bisa aja landing seperti itu.
Image
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by arfs »


NYoman wrote: Untuk kasus melayang tanpa mesin sudah pernah ada contohnya, saya lupa A330 atau 767 gitu kehabisan bbm karena bocor di mesin nya.. Glide dan mendarat tanpa flap..
Air Transat A330.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post