Page 53 of 99

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Thu Sep 12, 2019 8:01
by saturday
josomba wrote: Mon Sep 09, 2019 10:37
htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya

si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..

si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..

kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..

ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
Mobil A most likely akan Wet and deep gloss bebas orange peel.

Mobil B mostly high swirls, orange peel everywhere (khususnya karena klaim asuransi), keliatannya cerah tapi buat yg matanya aware tetap akan terlihat dull. Sering foam pad sudah kotor dan lap2 ngasal saja, obat yg dipakai juga seringnya cuman ivory tanpa ditimpa wax karena mobil abis repaint memang tidak boleh diberi wax dulu.

CMIIW. Ini berdasarkan pengalaman nubie poles mobil orang ya, yg biasa dateng ke saya karena abis bawa ke body repair....selesai body repair, biasa malah kusam dan banyak excess paint jadi kulit jeruk-kasar.
Ini pengalaman saya juga. Mobil saya setelah body repair & "dibantu poles" dibengkel klaim asuransi malah keluar dari bengkel catnya berhologram semua (micro-marring). Sempat komplain dan dikerjakan ulang tapi sama aja hasilnya.
IMG-20190712-WA0024.jpg
IMG-20190712-WA0025.jpg

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 0:52
by josomba
indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 7:49 om, yuri multipurpose cleaner ini penampakannya gimana ya? ini merk yuri yg biasa buat rumah tanggak?
P102732562-1.jpg
Biasa yg itu owe pake sih um....yg penting non-ammonia soalnya buat kaca film. Ini juga saya pake buat bersihin laptop dan hape juga.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 0:56
by indeskey
Noted makasih om.
josomba wrote:
indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 7:49 om, yuri multipurpose cleaner ini penampakannya gimana ya? ini merk yuri yg biasa buat rumah tanggak?
P102732562-1.jpg
Biasa yg itu owe pake sih um....yg penting non-ammonia soalnya buat kaca film. Ini juga saya pake buat bersihin laptop dan hape juga.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:30
by MSU
saturday wrote: Thu Sep 12, 2019 8:01
josomba wrote: Mon Sep 09, 2019 10:37
htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya

si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..

si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..

kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..

ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
Mobil A most likely akan Wet and deep gloss bebas orange peel.

Mobil B mostly high swirls, orange peel everywhere (khususnya karena klaim asuransi), keliatannya cerah tapi buat yg matanya aware tetap akan terlihat dull. Sering foam pad sudah kotor dan lap2 ngasal saja, obat yg dipakai juga seringnya cuman ivory tanpa ditimpa wax karena mobil abis repaint memang tidak boleh diberi wax dulu.

CMIIW. Ini berdasarkan pengalaman nubie poles mobil orang ya, yg biasa dateng ke saya karena abis bawa ke body repair....selesai body repair, biasa malah kusam dan banyak excess paint jadi kulit jeruk-kasar.
Ini pengalaman saya juga. Mobil saya setelah body repair & "dibantu poles" dibengkel klaim asuransi malah keluar dari bengkel catnya berhologram semua (micro-marring). Sempat komplain dan dikerjakan ulang tapi sama aja hasilnya.

IMG-20190712-WA0024.jpg
IMG-20190712-WA0025.jpg
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:40
by evanbngdor
MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.

Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:31
by josomba
evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.

Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:
Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).

Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:37
by marmut
josomba wrote: Fri Sep 13, 2019 3:31
evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.

Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:
Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).

Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.

pernah dapet info, bisanya jadi kulit jeruk karena tekanan angin terlalu tinggi.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:46
by josomba
marmut wrote: Fri Sep 13, 2019 3:37
pernah dapet info, bisanya jadi kulit jeruk karena tekanan angin terlalu tinggi.
Kalau karena ditempelin kulit jeruk beneran, ada mbah? :twisted: :twisted:

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:53
by kunaskun
MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30 kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
tapi balik lagi ke mata yang lihat. kalau umum saya rasa ga berasa, paling yg bawel saja = tidak banyak. karena ini banyak pedege hobi kok "siram" mobil :mky_02: modal 2 jutaan jadi kinclong :emo-big_love:

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 3:56
by saturday
MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30 di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
Yep, tepat sekali. Tariffnya 350 ribu/panel 😂

Itu pad yang buat mesin poles dah item busuk. Kemarin pas bawa repair karena komplain, saya melotot pas dia ngebuff wax yang kering dengan kain kotor dan bekas serbuk-serbuk hasil poles belum diseka bersih.
evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40 Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:
Mertua saya beli Venturer baru, pas datang juga mobilnya catnya kulit jeruk semua. Bonus kali dikasih jeruk biar manis bayar cicilannya 🍊

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 4:11
by ericksip
htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya

si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..

si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..

kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..

ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
Si A
melakukan hal yang semestinya dgn membeli membayar untuk mendapatkan sesuatu

Si B
melakukan hal yang tidak semestinya (melanggar hak etika dan moralnya bobrok) karena membeli asuransi adalah untuk kejadian tidak sengaja dan diluar dugaan

dalam kehidupan ini moral dan etika tergerus karena manusia terpengaruh lingkungan
manusia bisa menipu/membohongi orang2 dan dirinya sendiri tapi dia tidak bisa menipu/membohongi alam
A dan B akan menabur apa yang mereka tuai suatu hari nanti melalui kesehatan ketenangan keturunan dsb (tidak hanya melalui pemiskinan uang melalui bisnis ditipu mandek dsb)

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 7:20
by marmut
josomba wrote: Fri Sep 13, 2019 3:46

Kalau karena ditempelin kulit jeruk beneran, ada mbah? :twisted: :twisted:

belon pernah liat.
tapi kalo nyuci mobil pake minyak tanah / solar, owe dah liat langsung. katanya biar air kalis sama kotoran ga gampang nempel.
formulanya : air seember + minyak tanah / solar seliter.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 7:29
by evanbngdor
josomba wrote: Fri Sep 13, 2019 3:31
evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.

Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:
Kulit jeruk itu sebenernya natural dalam proses repainting, sesudah repainting ada wetsand dulu ini yg kadang bodyshop suka buru2 (yah namanya juga body repair, wajar sih butuh perputaran mobil lebih cepat).

Biasa kalau owe mau ngurangin kulit jeruk (ga 100% hilang ya, paling berkurang 50%) sih pake denim pad + rotary. Wetsand malas, jadi kotor n lama. hehe.
Nah tp kayaknya tekstur kulit jeruk toyota memang agak banyak ya, saya cb bandingin sama panel2 yg belom repaint sih bisa dibilang sama. Atau tergantung mobil apa ya

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 7:59
by MSU
evanbngdor wrote: Fri Sep 13, 2019 2:40
MSU wrote: Fri Sep 13, 2019 2:30
kalo di bengkel asuransi dengan tarif asuransi ya ga heran om...2012 terakhir saya kerja di bengkel body repair yg melayani asuransi cuma dibayar 350rb per panel, itu pun udah bertahun segitu rate-nya..ya bayangin aja gimana mau pake bahan2 yg bagus..
moles body paling umum ya pake rubbing compound putih yang bau minyak tanah itu, abis itu di wax.
nyuci mobil juga untung kalo dikasi shampoo...banyak yang pake sabun colek
kalo masalah kulit jeruk...pengalaman saya itu dari tukang cat-nya, kemungkinan stelan angin vs cat/vernis yg disemprot ga imbang..memang butuh jam terbang
Wah 350rb ya berat itu buat jasa&material repair per panel ya.

Kalau saya pernah repaint panel itu di bengkel resmi auto2000 sih per panel udah 1 jutaan lebih. Cuma entah kenapa tekstur kulit jeruknya keliatan udah berkali2 repaint, ganti bumper baru tetep aja kulit jeruk.

Apa mungkin standar nya toyota kayak gitu ya?
:mky_01:
350rb itu juga kebanyakan asuransi adalah jasa flat om..jadi penyok lmyn parah vs penyok dent ya 350rb itu
jaman dulu masih keuber pake cat & vernis kelas spies hecker, sikkens, dupont...lama2 ya mana keuber
kalo body repair resmi, memang tarifnya beda...seolah2 krn B2B
kalo tekstur kulit jeruk...yg saya blg tadi om..butuh jam terbang, nyetel antara angin vs bukaannya..kl mau bagus tukang cat mesti berani main "basah" yg kalo ga ati2 malah jadinya meler.
untuk ngalusin tekstur kulit jeruknya..biasa pas moles diamplas dl pake amplas 1500..

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 13, 2019 8:12
by kunaskun
orange peel itu kadang dibutuhkan kok, untuk refracating light, jadi kesannya permukannya agak doff cocok untuk warna2 yang agak gelap atau yang kadar metalik rendah. detailer zaman dulu si benci banget, karena nyusahin ketika selesai LSP hasilnya ga bisa glossy = mirror finish = flawless. makanya di-sanding saja, juga kerjaan detailer jadi cepet, karena sanding segala imperfection juga kekikis.

karena itulah orange peel dianggap jelek, padahal kata temen yang punya usaha detailer, pabrikan si pasti hasilnya orange peel, karena memang gitu. hanya bedanya orange peel pabrik itu rata satu panel ga ada gelombang sambungan dsb jadi enak dilihat dan di mobil yang sekian banyak panel mirip semua. jadi kalau orange peel dihilangkan sebenernya konsumen rugi banyak: rugi clear coat dibuang sekian mikron, rugi perawatan jadi mesti ekstra karena ada flaw sedikit akan jelas terlihat, rugi resiko sanding hasilnya akan beda2 antar panel.

sedangkan kalau orange peel body repair si ya resiko repaint di bengkel body repair rekanan asuransi, yg mana menurut saya itu bukan orange peel tapi kerjaan sejadinya :mky_01:

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Sat Sep 14, 2019 2:55
by saturday
IMG_20190914_094158_compress64.jpg
IMG_20190914_094147__01_compress74.jpg
IMG_20190914_093131_compress28.jpg
IMG_20190914_093106_compress24.jpg
Kemarin cuci pakai shampoo mobil Astonish Wash and Wax. Cukup murah 60 ribu untuk 1 liter. Hasilnya bagus, tapi kurang banyak busa, tidak terlalu licin dan kalau waktu cuci mobil ada matahari langsung, jadi cepat kering dan berbintik putih kerak sabun.

Lalu di top dengan Turtle Ice Paste Wax. Hasil jadinya saya suka tapi kenapa orange peelnya jadi kelihatan juga yah? 🤔

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Sat Sep 14, 2019 4:37
by k1493nk
Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.
20190914_113456.jpg
20190914_113433.jpg

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Sun Sep 15, 2019 7:43
by saturday
k1493nk wrote: Sat Sep 14, 2019 4:37 Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.20190914_113456.jpg20190914_113433.jpg
Durabilitynya oke Megs Quick Wax? Itu 3M gallon beli dimana om?

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Sun Sep 15, 2019 8:03
by k1493nk
saturday wrote:
k1493nk wrote: Sat Sep 14, 2019 4:37 Cuci pake samphoo 3M yg galonan trus pake Quick Waxnya Meguaires... Hasilnya lumayanlah.20190914_113456.jpg20190914_113433.jpg
Durabilitynya oke Megs Quick Wax? Itu 3M gallon beli dimana om?
Dulu beli shampoo 3m online di web 3m... Sekarang kayaknya 3m ada official storenya di toko ijo. Quick wax hanya untuk maintenance setelah di poles. Bisa digunakan setiap hbs cuci mbl. Oh ya tu mbl terakhir dipoles kurleb 8bln yg lalu.

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Sat Sep 21, 2019 10:25
by xenin3
htk wrote: Mon Sep 09, 2019 8:30 mau tanya,
contoh kasus, dengan 2 orang yang berbeda ya

si A : mobil nya coating beserta perawatannya, habis nya jutaan, anggap 5 juta..

si B : tiap tahun claim asuransi cat ulang seluruh body mobil, bayar OR saja, anggap 2 juta ..

kalo di hitung2, lebih hemat si B dengan hasil yang sama..

ada yang bisa jelasin ke saya ?
trimakasih
pengalaman pribadi:

si A: mobil coating beserta perawatan: 3,5 juta
si B: asuransi all risk: 4 juta plus biaya klaim cat ulang body: 350ribu per kejadian

kalo diitung2, tetap lebih hemat si A
terima kasih

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 27, 2019 9:06
by irdna
josomba wrote: Thu Sep 12, 2019 2:35
Angelpesek wrote: Thu Sep 12, 2019 1:28
irdna wrote: Thu Sep 12, 2019 1:48 mau tanya ya ada yg coating mobil
tp setelah 1 taun an kok coatingnya ilang smua ya?

sya merasa ilang karena udah ga ada efek daun talas nya lagi
Sering parkir bawah pohon? Rutin maintenance 6 bulanannya kah?


ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya

rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 27, 2019 9:50
by indeskey
apa coatingnya terkikis karena pas perawatan di poles atau di compon lagi ya.
irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
josomba wrote: Thu Sep 12, 2019 2:35
Angelpesek wrote: Thu Sep 12, 2019 1:28
irdna wrote: Thu Sep 12, 2019 1:48 mau tanya ya ada yg coating mobil
tp setelah 1 taun an kok coatingnya ilang smua ya?

sya merasa ilang karena udah ga ada efek daun talas nya lagi
Sering parkir bawah pohon? Rutin maintenance 6 bulanannya kah?


ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya

rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Fri Sep 27, 2019 9:58
by josomba
irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya

rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Mon Sep 30, 2019 1:28
by irdna
josomba wrote: Fri Sep 27, 2019 9:58
irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya

rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?
bukan di sc**o

yg sya mau tnya apa member2 sini yg coating bisa tahan lebih dari 1 thn?
krena pengalaman saya krg bagus dan dengan harga coating yg lumayan mahal jd ga worth it heheh

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Posted: Mon Sep 30, 2019 1:58
by sh00t
irdna wrote: Mon Sep 30, 2019 1:28
josomba wrote: Fri Sep 27, 2019 9:58
irdna wrote: Fri Sep 27, 2019 9:06
ga pernah parkir di bawah pohon
parkir di kantor selalu ada kanopi
emg ga ketutup full si biasanya bagian bagasi ga ketutup soalnya kanopi parkiran kantor ga sepanjang mobil nya

rutin om maintenance 6 bln tp cmn 2 x
karena pas maintenance awal udah ngerasa kyk ilang
pas maintenance ke 2 bener2 ngerasa ilang coatingnya
cmn emg si abis di maintenance ada lagi efek daun talasnya
cmn sejak itu ngerasa kyk ga worth it karena ilang2 trus
Pertanyaan terakhir, coatingnya dimana? S***o kah?
bukan di sc**o

yg sya mau tnya apa member2 sini yg coating bisa tahan lebih dari 1 thn?
krena pengalaman saya krg bagus dan dengan harga coating yg lumayan mahal jd ga worth it heheh
Kalo saya daripada coating mendingan setiap bulan cuci + wax trus setiap tahun dimasukin ke salon aja. Kayaknya lebih murah yah dibandingkan dengan coating + perawatan. :big_grin: