Car Detailing Lounge - PART 07

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by iwing »

jangan sampai kena matahari karena bisa langsung rusak. saya klo cuci biasanya setelah digunakan, langsung saya kucek di air mengalir tanpa detergen. gpp lah kotor dikit karena pemakaian. yang penting aman (gak rusak)
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by nimoo »

Disini ada yg udah pernah coba purewax detailer ? Soalnya ditawarin pas lagi isi bensin
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by supergiant »

Hallo suhu2,
salam kenal nih dari newbie nih.
mau minta info nih.....lg bingung bgt soalnya soal per kilauan mobil

kebetulan ada rejeki sedikit 3 bln lalu bisa tebus innova model lama 2014, warna putih, setelah biasanya handle mobil warna silver.
Nah pas beli punya teman itu kelihatan warna agak menguning di bbrp panel (cat ori) dan ada beberapa bercak abu2 yg meluas gitu kaya
bekas air menggenang.
nah akhirnya saya masukin salon mobil deh, jadi cling putih merata dan berkilau lagi.

Cuman sayangnya setelah 3 bulan ini muncul:
1. Ada tetesan entah getah atau apa gt di pintu, yg ga bisa hilang dgn cuci shampo, plus wax kit gold series+detailer
2. kemarin abis liburan kena hujan dan ngga ada kesempatan cuci selama 3-4 hari, hasilnya di kap mesin ada bercak luas seperti bekas genangan air warna abu2, walau samar tapi cukup membuat kepuasan punya mobil putih berkurang.
3. ada panel yang mulai kembali menguning.

selama 3 bulan ini perawatan yg saya lakukan:
1. Cuci mobil tiap minggu pakai sabun kit wax orange + semprot detailer lumobrite 111 yg bikin kinclong maksimum
2. sempat 1x dikasih wax kit gold series spray + timpuk detailer 111
3. cuci di bengkel cuci yang hasilnya kurang memuaskan

Pertanyaannya:
1. Apakah memang kalau tiap minggu cuci itu harus pakai sabun ya? kalau ngga pakai takut resiko baret2 halus ya, kalau pakai apakah sebaiknya pakai sabun biasa atau sabun wax? saya suka kasih detailer sih setelahnya spy kilau max
2. aplikasi wax gitu sebaiknya pakai mesin poles, atau hand wax aja ya
3. apa rekan2 yg punya mobil sering masukin ke salon mobil/ detailer itu ya, berapa lama ya untuk mobil putih

Mohon pencerahan ya rekan2, terimakasih.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

Saya nubie juga mau coba sharing

1. Wajib pake sabun. Mending beli sabun yang agak mahalan. Mothers, Meguiars, Sonax dll. Cuci langkah pertama yg bisa bikin mobil baret2, jadi cuci mobil yg "benar" ini wajib. Cuci metode 2 ember, peralatan tempur juga wajib diperhatikan.
2. Kalau wax, pake mesin atau tangan sama aja. Tp kalau compound atau poles ya biar hasil max. pake mesin. Mungkin om bisa cobain Sonax Instant detailer (ada yg jual eceran di toko ijo). obat ini efek hydrophobic nya menurut saya bagus.
3. blm pernah detailing mobil, kalau saya duitnya mending buat beli jamu2an sendiri, dikerjakan sendiri. walau hasilnya mungkin tidak semaksimal detailing di salon tp jauh lebih puas. Cuci juga nggak pernah di tempat cucian mobil, semales apapun, max dua minggu baru saya cuci sendiri.

cmiiw. sekian dari nubie, suhu lainnya bisa menambahkan.
supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 1:37 Hallo suhu2,
salam kenal nih dari newbie nih.
mau minta info nih.....lg bingung bgt soalnya soal per kilauan mobil

kebetulan ada rejeki sedikit 3 bln lalu bisa tebus innova model lama 2014, warna putih, setelah biasanya handle mobil warna silver.
Nah pas beli punya teman itu kelihatan warna agak menguning di bbrp panel (cat ori) dan ada beberapa bercak abu2 yg meluas gitu kaya
bekas air menggenang.
nah akhirnya saya masukin salon mobil deh, jadi cling putih merata dan berkilau lagi.

Cuman sayangnya setelah 3 bulan ini muncul:
1. Ada tetesan entah getah atau apa gt di pintu, yg ga bisa hilang dgn cuci shampo, plus wax kit gold series+detailer
2. kemarin abis liburan kena hujan dan ngga ada kesempatan cuci selama 3-4 hari, hasilnya di kap mesin ada bercak luas seperti bekas genangan air warna abu2, walau samar tapi cukup membuat kepuasan punya mobil putih berkurang.
3. ada panel yang mulai kembali menguning.

selama 3 bulan ini perawatan yg saya lakukan:
1. Cuci mobil tiap minggu pakai sabun kit wax orange + semprot detailer lumobrite 111 yg bikin kinclong maksimum
2. sempat 1x dikasih wax kit gold series spray + timpuk detailer 111
3. cuci di bengkel cuci yang hasilnya kurang memuaskan

Pertanyaannya:
1. Apakah memang kalau tiap minggu cuci itu harus pakai sabun ya? kalau ngga pakai takut resiko baret2 halus ya, kalau pakai apakah sebaiknya pakai sabun biasa atau sabun wax? saya suka kasih detailer sih setelahnya spy kilau max
2. aplikasi wax gitu sebaiknya pakai mesin poles, atau hand wax aja ya
3. apa rekan2 yg punya mobil sering masukin ke salon mobil/ detailer itu ya, berapa lama ya untuk mobil putih

Mohon pencerahan ya rekan2, terimakasih.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kunaskun »

supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 1:37 Pertanyaannya:
1. Apakah memang kalau tiap minggu cuci itu harus pakai sabun ya? kalau ngga pakai takut resiko baret2 halus ya, kalau pakai apakah sebaiknya pakai sabun biasa atau sabun wax? saya suka kasih detailer sih setelahnya spy kilau max
2. aplikasi wax gitu sebaiknya pakai mesin poles, atau hand wax aja ya
3. apa rekan2 yg punya mobil sering masukin ke salon mobil/ detailer itu ya, berapa lama ya untuk mobil putih

Mohon pencerahan ya rekan2, terimakasih.
1. ya boleh si ga pakai car wash shampoo. tapi apakah bersih. seperti orang saja, cuci tangan ga pakai sabun apapun apa iya bersih. soal car wash shampoo ya sesuaikan budget, saya kenal dan tahu beberapa orang ada yg sudah puas dan memang maunya pake rinso ya silahkan, daripada ga sama sekali. tapi kalau saya ya, ini kalau saya ya, karena sudah cobain macam2 car wash shampoo dan cocok serta puas banget ya saya sarankan meguiar's gold class. entah d kalau ada yang lebih baru dan lebih bagus lagi.

detailer spray sebenernya si untuk booster wax, itu kalau wax masih nempel di cat mobil.

2. untuk wax ya tergantung produk itu sendiri. ada yang hand wax only, ada yang machine only. ada yang bisa dua2nya.

3. tidak paham.
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by supergiant »

terimakasih suhu indeskey dan kunaskus,
sementara kesimpulan:
1. wajib pakai sabun ya.....tapi cari yg mahalan kaya meguiars, sonax
2. wax, suka2 aja ya.... btw jenis wax untuk mobil putih, untuk menghilangkan noda genangan air (bukan water spot ya) kira2 pakai apa ya gan? kalau meguiars white wax itu bisa ngga ya? kepingin cari masukan dulu, soalnya mahal euy hehe....

kalau ada yg punya mobil putih, please share dong perawatan cat nya yg efektif biar awet putih dan kilau

thank you
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kunaskun »

supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 5:09 2. wax, suka2 aja ya.... btw jenis wax untuk mobil putih, untuk menghilangkan noda genangan air (bukan water spot ya) kira2 pakai apa ya gan? kalau meguiars white wax itu bisa ngga ya? kepingin cari masukan dulu, soalnya mahal euy hehe....
thank you
saran saya, coba ke detailer dulu, tampaknya butuh koreksi lebih dalam lagi. ga bisa sekedar ditutup dengan wax for white paint seperti itu. sebenernya wax untuk cat putih itu mirip dengan wax untuk mobil gelap, biasa ada sedikit colorant agar kasih kesan lebih "bersih"
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 5:09 terimakasih suhu indeskey dan kunaskus,
sementara kesimpulan:
1. wajib pakai sabun ya.....tapi cari yg mahalan kaya meguiars, sonax
2. wax, suka2 aja ya.... btw jenis wax untuk mobil putih, untuk menghilangkan noda genangan air (bukan water spot ya) kira2 pakai apa ya gan? kalau meguiars white wax itu bisa ngga ya? kepingin cari masukan dulu, soalnya mahal euy hehe....

kalau ada yg punya mobil putih, please share dong perawatan cat nya yg efektif biar awet putih dan kilau

thank you
Use cleaner wax/sealant kalau sekedar mau ilangin noda, bisa pake Meguiars/Mothers/MenzernaPP Ultra/3M.

Masalah nomor 3, itu berapa lama proses pengerjaan? Itu sangat2 tergantung sih. Kalau cuman buat babat pake compound (semisal ga parah) timpa wax/sealant bisa sih 4-5 jam (asumsi kerjain sendiri). Kalau pake acara finishing polish dulu sbelom wax, bisa lebi lama lg.
Image
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by supergiant »

josomba wrote: Thu Jan 02, 2020 5:18 Use cleaner wax/sealant kalau sekedar mau ilangin noda, bisa pake Meguiars/Mothers/MenzernaPP Ultra/3M.

Masalah nomor 3, itu berapa lama proses pengerjaan? Itu sangat2 tergantung sih. Kalau cuman buat babat pake compound (semisal ga parah) timpa wax/sealant bisa sih 4-5 jam (asumsi kerjain sendiri). Kalau pake acara finishing polish dulu sbelom wax, bisa lebi lama lg.
terimakasih om josomba.
btw finishing polish itu pakai apa ya biasanya?
wow jadi untuk peratawan itu ngga cukup wax+detailer ya.

compound ane ga berani ah, pernah coba hand compound mobil kantor pakai kit kaleng kuning, malah jadinya banyak swirl, harus serahkan ke salon untuk kembalikan.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 5:23
terimakasih om josomba.
btw finishing polish itu pakai apa ya biasanya?
wow jadi untuk peratawan itu ngga cukup wax+detailer ya.

compound ane ga berani ah, pernah coba hand compound mobil kantor pakai kit kaleng kuning, malah jadinya banyak swirl, harus serahkan ke salon untuk kembalikan.
Wax tidak akan menghilangkan noda soalnya, dia sifatnya menutup saja. Cleaner wax, sesuai namanya ada cleaner, biasa sih bisa buat ilangin noda2 kuning di mobil putih atau getah/bird poop yg belum etching (belum beberapa hari/minggu dibiarkan).

Perihal finishing polish, karena saya pengguna merk Menzerna, jadi saya pake diagram dia saja untuk menjelaskan ya

Image

Kit kaleng kuning kalau berdasarkan pengalaman coba2 10 tahun lalu sih setara menzerna seri 1000, yg mana perlu finishing polish supaya bener2 swirl free. Jadi si kit kuning ini heavy compound saja (untuk ilangin baret2 yg keliatan lgsg).

Beberapa merk contohnya menzerna ini punya special product seperti seri-400 itu bisa sebagai compound berat, bisa juga sebagai medium cut tergantung pad dipake. Biasanya sih kalau saya pake seri-400 dah 60-80% swirl free ya kalau di mobil warna gelap, kalau warna putih malah bisa 90-100% swirl free secara visual. Nah untuk mobil warna gelap dan apalagi soft paint, biasa butuh tambahan finishing polish sebelum naik ke wax/sealant tadi sekalipun dah pake seri-400 ini.

Jadi compound itu butiran molekulnya ibarat kasar2 (coarse) > medium cut (sesuai namanya, medium) > dan terakhir yg alus itu finishing/jeweling polish (kalau di diagram si super finish and the gang).

Balik ke kasus kit kuning, mungkin tahapan selanjutnya pake yg kit orange (orange ini seinget saya light/medium cut polish), terus terakhir better seal dengan kit gold/kit biru.

Contoh aja ini dulu detailing xtrail item temen - soft and sticky paint, pake -400 masih sedikit bercak swirl (body samping), begitu kena finishing polish macem seri -3800 lgsg hilang (engine hood).
Screenshot_20200102-131702_Drive.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by supergiant »

wah jadi jelas banget om josomba
inget kalau dulu prakarya pas sd, pakai amplas kasar dulu, abis itu difinish pakai amplas super halus waterproof
sebelum di cat.

makasih banyak ya
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

saya sangat suka sama Menzerna Power Lock...

om Josomba, power lock ini kalau mau ditandem pake apa ya om bagusnya.
josomba wrote: Thu Jan 02, 2020 6:25
supergiant wrote: Thu Jan 02, 2020 5:23
terimakasih om josomba.
btw finishing polish itu pakai apa ya biasanya?
wow jadi untuk peratawan itu ngga cukup wax+detailer ya.

compound ane ga berani ah, pernah coba hand compound mobil kantor pakai kit kaleng kuning, malah jadinya banyak swirl, harus serahkan ke salon untuk kembalikan.
Wax tidak akan menghilangkan noda soalnya, dia sifatnya menutup saja. Cleaner wax, sesuai namanya ada cleaner, biasa sih bisa buat ilangin noda2 kuning di mobil putih atau getah/bird poop yg belum etching (belum beberapa hari/minggu dibiarkan).

Perihal finishing polish, karena saya pengguna merk Menzerna, jadi saya pake diagram dia saja untuk menjelaskan ya

Image

Kit kaleng kuning kalau berdasarkan pengalaman coba2 10 tahun lalu sih setara menzerna seri 1000, yg mana perlu finishing polish supaya bener2 swirl free. Jadi si kit kuning ini heavy compound saja (untuk ilangin baret2 yg keliatan lgsg).

Beberapa merk contohnya menzerna ini punya special product seperti seri-400 itu bisa sebagai compound berat, bisa juga sebagai medium cut tergantung pad dipake. Biasanya sih kalau saya pake seri-400 dah 60-80% swirl free ya kalau di mobil warna gelap, kalau warna putih malah bisa 90-100% swirl free secara visual. Nah untuk mobil warna gelap dan apalagi soft paint, biasa butuh tambahan finishing polish sebelum naik ke wax/sealant tadi sekalipun dah pake seri-400 ini.

Jadi compound itu butiran molekulnya ibarat kasar2 (coarse) > medium cut (sesuai namanya, medium) > dan terakhir yg alus itu finishing/jeweling polish (kalau di diagram si super finish and the gang).

Balik ke kasus kit kuning, mungkin tahapan selanjutnya pake yg kit orange (orange ini seinget saya light/medium cut polish), terus terakhir better seal dengan kit gold/kit biru.

Contoh aja ini dulu detailing xtrail item temen - soft and sticky paint, pake -400 masih sedikit bercak swirl (body samping), begitu kena finishing polish macem seri -3800 lgsg hilang (engine hood).
Screenshot_20200102-131702_Drive.jpg
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

indeskey wrote: Thu Jan 02, 2020 9:44 saya sangat suka sama Menzerna Power Lock...

om Josomba, power lock ini kalau mau ditandem pake apa ya om bagusnya.

Umm, om mau tandem maksudnya timpa dengan wax? Saya dah lama ga main wax, kalau main wax dulu biasa Megs M26, DP Max Wax (sekarang keknya jadi Trade Mckee's wax), atau Blackfire Midnight Sun.


Sekarang main Menz Powerlock (timpa 2x tiap kali lg pake) atau pake HD Poxy (ini sealant + sedikit montan wax). Kalau lg kemarau, saya pake HD Poxy aja dah ada effect darken n super wetlook.
Image
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

Iya om di timpa. Kalau power lock applikasi ke2 nunggu berapa lama om dari yg pertama.

Btw kalau om Josomba dengan kondisi indonesia applikasi powerlock 2x ini dilakukan tiap berapa lama? Dan untuk maintenance mingguan/habis cucinya pake apa?

Makasih om
josomba wrote:
indeskey wrote: Thu Jan 02, 2020 9:44 saya sangat suka sama Menzerna Power Lock...

om Josomba, power lock ini kalau mau ditandem pake apa ya om bagusnya.

Umm, om mau tandem maksudnya timpa dengan wax? Saya dah lama ga main wax, kalau main wax dulu biasa Megs M26, DP Max Wax (sekarang keknya jadi Trade Mckee's wax), atau Blackfire Midnight Sun.


Sekarang main Menz Powerlock (timpa 2x tiap kali lg pake) atau pake HD Poxy (ini sealant + sedikit montan wax). Kalau lg kemarau, saya pake HD Poxy aja dah ada effect darken n super wetlook.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 0:57 Iya om di timpa. Kalau power lock applikasi ke2 nunggu berapa lama om dari yg pertama.

Btw kalau om Josomba dengan kondisi indonesia applikasi powerlock 2x ini dilakukan tiap berapa lama? Dan untuk maintenance mingguan/habis cucinya pake apa?
Saya biasa apply yg kedua besoknya (kalau di autogeekonline atau autopia biasa pada nunggu >=8 jam). Karena emang demen apply wax/sealant, jd ga tentu kadang bisa 2 bulan sekali kadang bisa sebulan sekali. Kalau weekly basis, ga ada semprot detailer/quick wax, hanya cuci mobil biasa pake megs nxt/sonax/mothers 2x seminggu.

Pernah test poles mobil temen, Powerlock kalau apply 2x gini biasa tahan lah 3-6 bulan (perawatannya mirip yg biasa saya lakukan). Musim hujan biasa waterbeads cuman 1-2 bulan, kalau lg rutin terus tol tiap hari sheet and beads (nyeplak) pas bulan 3. Kalau lg kemarau beading bisa 3+ bulan, air bener2 nyeplak (ga ada sheeting/beads sama sekali) biasa bulan ke-4 atau 5 sih.
20191215_212541.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

juaraaaaa.... mantabs om hasilnya. :emo-big_love:

mobil item emang juara ya.

detailing musuhnya cuma satu "males" hehehe...

thanks om sharingnya.
josomba wrote: Fri Jan 03, 2020 1:11
indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 0:57 Iya om di timpa. Kalau power lock applikasi ke2 nunggu berapa lama om dari yg pertama.

Btw kalau om Josomba dengan kondisi indonesia applikasi powerlock 2x ini dilakukan tiap berapa lama? Dan untuk maintenance mingguan/habis cucinya pake apa?
Saya biasa apply yg kedua besoknya (kalau di autogeekonline atau autopia biasa pada nunggu >=8 jam). Karena emang demen apply wax/sealant, jd ga tentu kadang bisa 2 bulan sekali kadang bisa sebulan sekali. Kalau weekly basis, ga ada semprot detailer/quick wax, hanya cuci mobil biasa pake megs nxt/sonax/mothers 2x seminggu.

Pernah test poles mobil temen, Powerlock kalau apply 2x gini biasa tahan lah 3-6 bulan (perawatannya mirip yg biasa saya lakukan). Musim hujan biasa waterbeads cuman 1-2 bulan, kalau lg rutin terus tol tiap hari sheet and beads (nyeplak) pas bulan 3. Kalau lg kemarau beading bisa 3+ bulan, air bener2 nyeplak (ga ada sheeting/beads sama sekali) biasa bulan ke-4 atau 5 sih.

20191215_212541.jpg
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 1:28 juaraaaaa.... mantabs om hasilnya. :emo-big_love:

mobil item emang juara ya.

detailing musuhnya cuma satu "males" hehehe...

thanks om sharingnya.

Yoi, oiya saya sebelum apply menz powerlock, apply Menz SF3800 dulu biar crystal clear.
Image
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

siyap om. SF3800 mestinya mirip2 ya sama M205. punyanya M205 hehehe

kalau HD Poxy sama juga kah om applikasi nya kayak powerlock? pro cons nya di banding powerlock apa?

thanks maning :big_deal:
josomba wrote: Fri Jan 03, 2020 2:01
indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 1:28 juaraaaaa.... mantabs om hasilnya. :emo-big_love:

mobil item emang juara ya.

detailing musuhnya cuma satu "males" hehehe...

thanks om sharingnya.

Yoi, oiya saya sebelum apply menz powerlock, apply Menz SF3800 dulu biar crystal clear.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 3:46 siyap om. SF3800 mestinya mirip2 ya sama M205. punyanya M205 hehehe

kalau HD Poxy sama juga kah om applikasi nya kayak powerlock? pro cons nya di banding powerlock apa?

thanks maning :big_deal:
Bisa, M205 pake soft pad hasilnya sama aja ama sf3800.

HD Poxy, cons-nya aja ya. Drying timenya lama (45 menit setelah apply baru bisa hapus) dan cenderung streaky. Baru keliatan gloss n clearnya setelah cuci mobil 1x biar streaks-nya ilang. Sama dalem botol saya kasih bola bandul 2 biji, biar tiap mau pake bisa dikocok dulu n nyampur. Itu separasi-nya lumayan parah sih.
Image
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by indeskey »

noted... noted makasih om. :big_deal:

kalau yg model streaky ini rada males, soalnya saya ada carlack 68, ampun2an buat buff nya walau sudah dibantu QD, sampe ngerasa ini malah ngebaretin mobil hehehe.

kalau powerlock kan enak banget nge buffnya.
josomba wrote: Fri Jan 03, 2020 4:00
indeskey wrote: Fri Jan 03, 2020 3:46 siyap om. SF3800 mestinya mirip2 ya sama M205. punyanya M205 hehehe

kalau HD Poxy sama juga kah om applikasi nya kayak powerlock? pro cons nya di banding powerlock apa?

thanks maning :big_deal:
Bisa, M205 pake soft pad hasilnya sama aja ama sf3800.

HD Poxy, cons-nya aja ya. Drying timenya lama (45 menit setelah apply baru bisa hapus) dan cenderung streaky. Baru keliatan gloss n clearnya setelah cuci mobil 1x biar streaks-nya ilang. Sama dalem botol saya kasih bola bandul 2 biji, biar tiap mau pake bisa dikocok dulu n nyampur. Itu separasi-nya lumayan parah sih.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by iwing »

josomba wrote: Thu Jan 02, 2020 6:25
Contoh aja ini dulu detailing xtrail item temen - soft and sticky paint, pake -400 masih sedikit bercak swirl (body samping), begitu kena finishing polish macem seri -3800 lgsg hilang (engine hood).
Screenshot_20200102-131702_Drive.jpg
om finishing polish ini apakah sama dengan polishing compound atau swirl remover..??

oya diatas disinggung soal powerlock. apakah bisa diaplikasikan secara manual..??
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

iwing wrote: Mon Jan 06, 2020 10:07
om finishing polish ini apakah sama dengan polishing compound atau swirl remover..??

oya diatas disinggung soal powerlock. apakah bisa diaplikasikan secara manual..??
Bisa dibilang sama...

Ini lengkapnya
http://www.auto-geek.net/charts/wax-cut ... master.htm
Image
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by pilotgaruda »

Nanya dong suhi, foam lance mjjc bko rekomend ga? Utk nilfisk c100
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by nescafe »

josomba wrote: Fri Jan 03, 2020 1:11Saya biasa apply yg kedua besoknya (kalau di autogeekonline atau autopia biasa pada nunggu >=8 jam). Karena emang demen apply wax/sealant, jd ga tentu kadang bisa 2 bulan sekali kadang bisa sebulan sekali. Kalau weekly basis, ga ada semprot detailer/quick wax, hanya cuci mobil biasa pake megs nxt/sonax/mothers 2x seminggu.

Pernah test poles mobil temen, Powerlock kalau apply 2x gini biasa tahan lah 3-6 bulan (perawatannya mirip yg biasa saya lakukan). Musim hujan biasa waterbeads cuman 1-2 bulan, kalau lg rutin terus tol tiap hari sheet and beads (nyeplak) pas bulan 3. Kalau lg kemarau beading bisa 3+ bulan, air bener2 nyeplak (ga ada sheeting/beads sama sekali) biasa bulan ke-4 atau 5 sih.

20191215_212541.jpg
wiiiiiiwww cakep oom :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by nescafe »

Weekend kemarin iseng2 bebersih avanza bokap :mky_01:

Preparationnya hanya dicuci saja menggunakan shampoo mobil + iron remover

untuk koreksinya menggunakan rupes wool polishing pad + rupes Uno (all in one) dengan mesin flex vrg 3401

sedangkan pada kaca saya menggunakan zegen glass compund + glass polishing block serta repellent carlack

berikut hasilnya :ungg: :ungg: :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Permisii :ungg: ............................. :ngacir: