Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15kalo di FSM Yaris Lele yg pakai 1NZ juga malah ada itu prosedur initialization TBmarmut wrote: Sun May 18, 2025 16:07azu wrote: Sun May 18, 2025 15:27
Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnyaberarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning
![]()
makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning![]()
Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios![]()
di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya![]()
toyota, sepengalaman saya selama ini, biasa rpm nyangkut diatas 1200.
solusinya, lepas negatif aki, tunggu beberapa menit, pasang lg, tunggu beberapa menit lalu nyalakan kontak (koeo alias key on engine off), injak pedal gas sampai mentok perlahan lalu lepas perlahan, start mesin.
ada yg berhasil, ada yg musti beberapa kali proses, ada juga yg ga berhasil.
honda, reset manualnya juga musti lepas kabel negatif dan tunggu bbrp menit lalu pasang lagi.
setelah itu kontak, pastikan ac radio lampu² mati, start mesin dan tahan rpm di 2500 sampai kipas radiator nyala.
kalau sudah nyala, tahan dulu rpm beberapa menit lalu lepas pedal gas, biarin idle sampe kipas radiator nyala lagi.
ada yg langsung berhasil. ada yg musti ulang.
nissan, saya nggak inget dan nggak mau inget krn kombinasi antara on-off kontak dengan injek² pedal gas.
honda sama toyota untung²an pak. ada yg musti relearn tb, ada juga yg ngga perlu relearn.
Initialization TB Yaris Lele.jpg
Malah setelah cabut dan pasang aki gaboleh injek dulu pedal gas
untuk Nav1 karena akses GSICnya udah ga ada paling saya liat punya Rav4 yang sama2 pakai 3ZR-FAE aja
Initialization TB 3ZR.jpg
dan sama juga ternyata habis cabut fuse tidak boleh injak pedal gas
untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C![]()
Koleksi hand tools [Part 13]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11904
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 7:38
kl 2gd mah aing tau cara workaround nya. idle aja ga usah digas bisa ngeboost utk diagnostic mode.
gimana caranya? colok scanner?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11819
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11819
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
koreksi mbah. yg jazz GE (ataupun GK) ga bisa tanpa scanner. itu kan di step no sekian ada tulisan connect HDS (scanner) dan reset ecm. nah pas prosedur ini itu value nya dihapus (reset ecm menghapus value). tanpa step ini ga akan masuk mode idle learning krn msh ada data value yg lama.azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15
untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C![]()
sy tau dr mana. dr pas habis reset ecm (pake menu di scanner) trus lihat di live data bagian idle relearn tulisannya berubah dr "completed" menjadi "not learned" artinya value kosong.
abis ini baru bisa learning ketika sdh suhu kerja normal.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27658
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
semua mobilazu wrote: Sun May 18, 2025 9:49
Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya
tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
khusus yg sudah TBW atau yg masih pakai kabel juga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?saturday wrote: Mon May 19, 2025 7:49IMG_20250519_144624.jpgcybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
selang box filter udara ke throttle body.
IMG_20250519_144654.jpg
Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.
Eh selang udaranya putus.
Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ?

Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek.

regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
aku dulu pakai kunci setir buat nahan pedal, enaknya dia bisa teleskopik dan ada stoppernya di tiap2 titik, pas mau lepas tinggal puter kuncinya.cybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
Tapi ini aku pakai buat pedal rem ama pedal kopling dulu waktu kuras minyak sendirian, setelah punya alat vacuum udah ga pernah lakukan ini lagi.
Kalau pedal gas, aku pakai paving blok ama pemberat dipas2kan biar dia nahan di rpm tertentu. tp kelamaan sih ini soalnya susah2 juga ngepas2in dan biar ga jatuh pemberatnya. mungkin pakai GTS bisa
Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.
regards,
singachu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Sepertinya emang cuma buat mencegah pembekuan di negara2 4 musim.singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?saturday wrote: Mon May 19, 2025 7:49IMG_20250519_144624.jpgcybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
selang box filter udara ke throttle body.
IMG_20250519_144654.jpg
Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.
Eh selang udaranya putus.
Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ?![]()
Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek.![]()
regards,
singachu
Di indonesia keliatannya ga guna (kecuali di tempat2 tertentu macem dieng)
Saya juga ga apa2in seh ini, uda aja biarin as is bawaan pabrik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Kunci stir yg model klik ya. Tapi ttp lebih pas kalau pakai jok elektrik sehsingachu wrote: Tue May 20, 2025 1:21aku dulu pakai kunci setir buat nahan pedal, enaknya dia bisa teleskopik dan ada stoppernya di tiap2 titik, pas mau lepas tinggal puter kuncinya.cybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
Tapi ini aku pakai buat pedal rem ama pedal kopling dulu waktu kuras minyak sendirian, setelah punya alat vacuum udah ga pernah lakukan ini lagi.
Kalau pedal gas, aku pakai paving blok ama pemberat dipas2kan biar dia nahan di rpm tertentu. tp kelamaan sih ini soalnya susah2 juga ngepas2in dan biar ga jatuh pemberatnya. mungkin pakai GTS bisa
Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.
regards,
singachu

Dulu pas kuras rem biasa saya ttp dua orang seh. Satu injek2 pedal, satu lg buang angin di kaliper. Paling cepet padat pakai cara ini.
Sekarang pakai vacuum biar bisa kerja sendiri. Tapi berasa ga sepadat pakai cara injek2 pedal seh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 733
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Saya belum bisa merasakan efek positif hasil modifikasinya. Kebetulan rute kombinasi saya kebanyakan jalan tol, kalaupun macet ya tidak separah full dalam kota. Yang lebih efek positif langsung terasa itu grounding throttle body.singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12 nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ?![]()
Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek.![]()
regards,
singachu
Selang coolant TB Honda K20 saya diameter dalam 8mm, jadi saya gunakan nepel sambung selang 5/16 yang memiliki diameter luar 9an mm dan diameter dalam 5an mm.
Sejauh ini aman dari bocor, penyempitan jalur coolant (dari selang 8mm ke nepel sambung 5an mm) tidak membuat suhu coolant naik, Intake Air Temperature tidak bisa dipantau secara angka karena sensor MAF/IAT nya ada di box filter (sebelum throttle body). Kalaupun nanti bocor ya saya rasa lebih ke umur selangnya.
Mengenai fungsi coolant line di throttle body, sudah saya cari tahu kemana-mana hanya untuk mencegah throttle body macet karena pembentukan es di suhu dingin ekstrim sehingga aman untuk dilakukan di iklim Indonesia.
Berhubung modifikasi ini modalnya kecil dan risiko juga kecil, mungkin boleh anda coba terutama kalau anda punya rute stop and go traffic dan sensitif dengan feeling heat soak. Menurut saya tidak ada ruginya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1117
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
ah iya juga bisa diganjel ya, cuma fine tuning biar ganjelnya pas di 3000rpm itu yg bakal lamacybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.

iya mbah, itu baru kebaca sama saya pas lihat prosedut TB cleaningnyaOmnibus wrote: Mon May 19, 2025 10:18koreksi mbah. yg jazz GE (ataupun GK) ga bisa tanpa scanner. itu kan di step no sekian ada tulisan connect HDS (scanner) dan reset ecm. nah pas prosedur ini itu value nya dihapus (reset ecm menghapus value). tanpa step ini ga akan masuk mode idle learning krn msh ada data value yg lama.azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15
untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C![]()
sy tau dr mana. dr pas habis reset ecm (pake menu di scanner) trus lihat di live data bagian idle relearn tulisannya berubah dr "completed" menjadi "not learned" artinya value kosong.
abis ini baru bisa learning ketika sdh suhu kerja normal.

untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?
batu makam malah saya lihat di utub pakai OBD HP gitu bisa setting manual langsamnya di Livina L10DOHC wrote: Mon May 19, 2025 11:54
semua mobil
tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)

kayanya sih ga masalah mbah dibypass.. Di Ertiga Gen 1 yg awal keluar ada hose coolant ke TB, tapi di FL1 jadi ga ada itu jalur coolant ke TB.. malah di Nav1 saya itu hose coolant ke TB susah banget dilepasnya, akhirnya pas bersihin TB biarin aja kepasang yg penting bisa bersih2 bagian dalam throttlenyasingachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12
nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ?![]()
Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek.![]()
regards,
singachu

kalau di FSM Jazz GE sih tulisannya gini mbah
The lower portion of the throttle valve is heated by engine coolant from the cylinder head to prevent icing of the throttle plate.
Jadi kalau di Indo yg iklimnya relatif hangat harusnya ngga begitu kepakai ya.
Pengalaman bersihin TB Toyota sih yg hampir pasti learning TB kejadiannya di 1NZ-FE ya mbah. dan emang udah terkenal sih ini tiap abis ganti aki aja harus learning TB dulu kalau ngga itu stasionernya bakal rendah banget.singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:21
Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.
regards,
singachu
saya lihat di FSM Avanza F65 mesin NR, malah ga ada itu prosedur initialization setelah pemasangan TB. dia hanya ada prosedur pengecekan aja, kalau throttle diinjak full di scanner untuk Main throttle position dan Sub throttle position kurang dari 60% maka TB harus direplace

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
o aku ga kerasa beda sihcybrid wrote: Tue May 20, 2025 1:52 Sekarang pakai vacuum biar bisa kerja sendiri. Tapi berasa ga sepadat pakai cara injek2 pedal seh.
o berarti ga ada yaazu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
saya lihat di FSM Avanza F65 mesin NR, malah ga ada itu prosedur initialization setelah pemasangan TB. dia hanya ada prosedur pengecekan aja, kalau throttle diinjak full di scanner untuk Main throttle position dan Sub throttle position kurang dari 60% maka TB harus direplace![]()
aku ga ada keluhan heat soak atau feeling lainnya.saturday wrote: Tue May 20, 2025 2:10 Berhubung modifikasi ini modalnya kecil dan risiko juga kecil, mungkin boleh anda coba terutama kalau anda punya rute stop and go traffic dan sensitif dengan feeling heat soak. Menurut saya tidak ada ruginya.
Justru aku merasa kok sepertinya ga ada beda dan faedahnya makanya malas lakukan
regards,
singachu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Kalau pake jok elektrik seh relatif mudah, soalnya dia geraknya pelan2 kn. Jadi bisa dipas ke 3000 rpm. Klo kurang masi kurang pas bisa pake kaos bekas buat ganjel +/-nyaazu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
ah iya juga bisa diganjel ya, cuma fine tuning biar ganjelnya pas di 3000rpm itu yg bakal lama![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Mungkin saya yg lom biasa pakenya

Tapi ya saya jarang pake juga, baru 2x pake seumur2 beli.
BTW ini vacuumnya yg pake kompresor atau pompa tangan ya ?
Saya terakhir pake yg pompa tangan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
pakai yang tangan
ya paling pastikan aja jangan sampai bablas keenakan vacuum sampe kemasukan udara
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11819
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
hrs yg bidirectional mbahazu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1117
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
mayan juga tuh scantool bi-directional

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2089
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Freed bisa Learning manual, tp yang ribet harus ada step cabut aki dan nunggu sampai arus apalah itu bener2 habis, gabisa sekedar cabut akiazu wrote: Tue May 20, 2025 8:02mayan juga tuh scantool bi-directional![]()
suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan![]()
kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB![]()
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11819
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
yg kaya mbah marmut itu bidirectional. udah lebih murah skrg.azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02mayan juga tuh scantool bi-directional![]()
suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan![]()
kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11904
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
alvin23 wrote: Tue May 20, 2025 8:26
Freed bisa Learning manual, tp yang ribet harus ada step cabut aki dan nunggu sampai arus apalah itu bener2 habis, gabisa sekedar cabut aki
semua bisa tapi repot dan untung²an pak. kalo langsung berhasil ya sudah... tp kalo musti ngulang proses dari awal ya males juga.......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Ga seh, lebih sering si pompanya yg kemasukan cairan rem. Jadi harus dibersihkan dulu.singachu wrote: Tue May 20, 2025 5:58pakai yang tangan
ya paling pastikan aja jangan sampai bablas keenakan vacuum sampe kemasukan udara
regards,
singachu
Makanya saya terakhir beli lg yg pake kompresor. Cuma lom sempet dicoba.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
mayan juga tuh scantool bi-directional![]()
suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan![]()
kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB![]()
Emg toyota isinya kosongan ya hasil bacaan OBDnya? Saya kira scanner saya yg buluk.
Pas dicek actuation testnya aja cuma seadanya.
Saya coba di alphard gen 1 - Ini bener2 gersang buang mobil mahal pada masanya
Avanza gen 2 - ini juga ga banyak yg bisa diliat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1117
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Toyota ya rilisnya sebelum 2010 itu setahu saya sedikit customizationnya om. baru mulai canggih dan banyak yg bisa dicustomize itu setelah 2014/2015 seingat saya tapi ya tidak seperti mobil eropa yg banyak yg bisa dicodingcybrid wrote: Thu May 22, 2025 4:09azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
mayan juga tuh scantool bi-directional![]()
suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan![]()
kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB![]()
Emg toyota isinya kosongan ya hasil bacaan OBDnya? Saya kira scanner saya yg buluk.
Pas dicek actuation testnya aja cuma seadanya.
Saya coba di alphard gen 1 - Ini bener2 gersang buang mobil mahal pada masanya
Avanza gen 2 - ini juga ga banyak yg bisa diliat

kalau Vios Gen2 pernah lihat yg pakai scanner gitu paling actuation testnya matiin/nyalain injector, fuel pump gitu. saya juga gatau itu bisa actuate pompa ABS atau ngga

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Koleksi hand tools [Part 13]
Saya pas ada odyssey rb1 juga pas waktu itu. Actuation testnya lebih banyak. Modul2 yg kebaca juga lebih banyak.azu wrote: Thu May 22, 2025 4:39
Toyota ya rilisnya sebelum 2010 itu setahu saya sedikit customizationnya om. baru mulai canggih dan banyak yg bisa dicustomize itu setelah 2014/2015 seingat saya tapi ya tidak seperti mobil eropa yg banyak yg bisa dicoding![]()
kalau Vios Gen2 pernah lihat yg pakai scanner gitu paling actuation testnya matiin/nyalain injector, fuel pump gitu. saya juga gatau itu bisa actuate pompa ABS atau ngga![]()
Nah mirip vios itu. nyala matiin injektor paling testnya. beneran ga adaan menu2nya.
paling puas seh colok ke mobil eropa. Menunya banyak.....(DTC nya juga biasa lebih rame walaupun mobilnya runs n drive.......)