Koleksi hand tools [Part 13]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15
marmut wrote: Sun May 18, 2025 16:07
azu wrote: Sun May 18, 2025 15:27

Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnya :mky_01: berarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning :mky_01:

makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning :ungg:


Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios :mky_01:

di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya :mky_01:


toyota, sepengalaman saya selama ini, biasa rpm nyangkut diatas 1200.
solusinya, lepas negatif aki, tunggu beberapa menit, pasang lg, tunggu beberapa menit lalu nyalakan kontak (koeo alias key on engine off), injak pedal gas sampai mentok perlahan lalu lepas perlahan, start mesin.

ada yg berhasil, ada yg musti beberapa kali proses, ada juga yg ga berhasil.

honda, reset manualnya juga musti lepas kabel negatif dan tunggu bbrp menit lalu pasang lagi.
setelah itu kontak, pastikan ac radio lampu² mati, start mesin dan tahan rpm di 2500 sampai kipas radiator nyala.
kalau sudah nyala, tahan dulu rpm beberapa menit lalu lepas pedal gas, biarin idle sampe kipas radiator nyala lagi.
ada yg langsung berhasil. ada yg musti ulang.

nissan, saya nggak inget dan nggak mau inget krn kombinasi antara on-off kontak dengan injek² pedal gas.

honda sama toyota untung²an pak. ada yg musti relearn tb, ada juga yg ngga perlu relearn.
kalo di FSM Yaris Lele yg pakai 1NZ juga malah ada itu prosedur initialization TB

Initialization TB Yaris Lele.jpg
Malah setelah cabut dan pasang aki gaboleh injek dulu pedal gas :mky_01:


untuk Nav1 karena akses GSICnya udah ga ada paling saya liat punya Rav4 yang sama2 pakai 3ZR-FAE aja
Initialization TB 3ZR.jpg
dan sama juga ternyata habis cabut fuse tidak boleh injak pedal gas


untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C :mky_01:
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 7:38

kl 2gd mah aing tau cara workaround nya. idle aja ga usah digas bisa ngeboost utk diagnostic mode.


gimana caranya? colok scanner?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 7:38

kl 2gd mah aing tau cara workaround nya. idle aja ga usah digas bisa ngeboost utk diagnostic mode.


gimana caranya? colok scanner?
ngga perlu.

japri aja ya. ntar ada yg ngatain sotoy. :ungg:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15
untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C :mky_01:
koreksi mbah. yg jazz GE (ataupun GK) ga bisa tanpa scanner. itu kan di step no sekian ada tulisan connect HDS (scanner) dan reset ecm. nah pas prosedur ini itu value nya dihapus (reset ecm menghapus value). tanpa step ini ga akan masuk mode idle learning krn msh ada data value yg lama.

sy tau dr mana. dr pas habis reset ecm (pake menu di scanner) trus lihat di live data bagian idle relearn tulisannya berubah dr "completed" menjadi "not learned" artinya value kosong.
abis ini baru bisa learning ketika sdh suhu kerja normal.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27658
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49

Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya
semua mobil

tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1636
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by t105erd »

DOHC wrote: Mon May 19, 2025 11:54
azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49

Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya
semua mobil

tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
khusus yg sudah TBW atau yg masih pakai kabel juga?
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

saturday wrote: Mon May 19, 2025 7:49
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
IMG_20250519_144624.jpg

💀🥀 selang box filter udara ke throttle body.

IMG_20250519_144654.jpg

Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.

Eh selang udaranya putus.

Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ? :big_think:

Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek. :big_think:

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
aku dulu pakai kunci setir buat nahan pedal, enaknya dia bisa teleskopik dan ada stoppernya di tiap2 titik, pas mau lepas tinggal puter kuncinya.
Tapi ini aku pakai buat pedal rem ama pedal kopling dulu waktu kuras minyak sendirian, setelah punya alat vacuum udah ga pernah lakukan ini lagi.
Kalau pedal gas, aku pakai paving blok ama pemberat dipas2kan biar dia nahan di rpm tertentu. tp kelamaan sih ini soalnya susah2 juga ngepas2in dan biar ga jatuh pemberatnya. mungkin pakai GTS bisa
DOHC wrote: Mon May 19, 2025 11:54
azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49

Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya
semua mobil

tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.

regards,
singachu
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12
saturday wrote: Mon May 19, 2025 7:49
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
IMG_20250519_144624.jpg

💀🥀 selang box filter udara ke throttle body.

IMG_20250519_144654.jpg

Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.

Eh selang udaranya putus.

Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ? :big_think:

Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek. :big_think:

regards,
singachu
Sepertinya emang cuma buat mencegah pembekuan di negara2 4 musim.
Di indonesia keliatannya ga guna (kecuali di tempat2 tertentu macem dieng)

Saya juga ga apa2in seh ini, uda aja biarin as is bawaan pabrik.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:21
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
aku dulu pakai kunci setir buat nahan pedal, enaknya dia bisa teleskopik dan ada stoppernya di tiap2 titik, pas mau lepas tinggal puter kuncinya.
Tapi ini aku pakai buat pedal rem ama pedal kopling dulu waktu kuras minyak sendirian, setelah punya alat vacuum udah ga pernah lakukan ini lagi.
Kalau pedal gas, aku pakai paving blok ama pemberat dipas2kan biar dia nahan di rpm tertentu. tp kelamaan sih ini soalnya susah2 juga ngepas2in dan biar ga jatuh pemberatnya. mungkin pakai GTS bisa
DOHC wrote: Mon May 19, 2025 11:54
azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49

Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya
semua mobil

tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.

regards,
singachu
Kunci stir yg model klik ya. Tapi ttp lebih pas kalau pakai jok elektrik seh :big_biglaugh:
Dulu pas kuras rem biasa saya ttp dua orang seh. Satu injek2 pedal, satu lg buang angin di kaliper. Paling cepet padat pakai cara ini.
Sekarang pakai vacuum biar bisa kerja sendiri. Tapi berasa ga sepadat pakai cara injek2 pedal seh.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by saturday »

singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12 nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ? :big_think:

Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek. :big_think:

regards,
singachu
Saya belum bisa merasakan efek positif hasil modifikasinya. Kebetulan rute kombinasi saya kebanyakan jalan tol, kalaupun macet ya tidak separah full dalam kota. Yang lebih efek positif langsung terasa itu grounding throttle body.

Selang coolant TB Honda K20 saya diameter dalam 8mm, jadi saya gunakan nepel sambung selang 5/16 yang memiliki diameter luar 9an mm dan diameter dalam 5an mm.

Sejauh ini aman dari bocor, penyempitan jalur coolant (dari selang 8mm ke nepel sambung 5an mm) tidak membuat suhu coolant naik, Intake Air Temperature tidak bisa dipantau secara angka karena sensor MAF/IAT nya ada di box filter (sebelum throttle body). Kalaupun nanti bocor ya saya rasa lebih ke umur selangnya.

Mengenai fungsi coolant line di throttle body, sudah saya cari tahu kemana-mana hanya untuk mencegah throttle body macet karena pembentukan es di suhu dingin ekstrim sehingga aman untuk dilakukan di iklim Indonesia.

Berhubung modifikasi ini modalnya kecil dan risiko juga kecil, mungkin boleh anda coba terutama kalau anda punya rute stop and go traffic dan sensitif dengan feeling heat soak. Menurut saya tidak ada ruginya.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 9:01
Biasa saya ganjel pakai kayu trus kursinya dimajuin biar bisa 3000 rpm diem seh. Lebih enak klo joknya ud elektrik, jadi bisa lebih pas ngejar 3000 rpmnya. Biar jok ga rusak biasa saya kasi baju bekas ujung kayunya.
ah iya juga bisa diganjel ya, cuma fine tuning biar ganjelnya pas di 3000rpm itu yg bakal lama :big_biglaugh:
Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 10:18
azu wrote: Mon May 19, 2025 8:15
untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C :mky_01:
koreksi mbah. yg jazz GE (ataupun GK) ga bisa tanpa scanner. itu kan di step no sekian ada tulisan connect HDS (scanner) dan reset ecm. nah pas prosedur ini itu value nya dihapus (reset ecm menghapus value). tanpa step ini ga akan masuk mode idle learning krn msh ada data value yg lama.

sy tau dr mana. dr pas habis reset ecm (pake menu di scanner) trus lihat di live data bagian idle relearn tulisannya berubah dr "completed" menjadi "not learned" artinya value kosong.
abis ini baru bisa learning ketika sdh suhu kerja normal.
iya mbah, itu baru kebaca sama saya pas lihat prosedut TB cleaningnya :mky_01:

untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?

DOHC wrote: Mon May 19, 2025 11:54
semua mobil

tapi yg paling bahlul, batu makam (era si mr bean, dan sblom kongsie bareng mitsu)
batu makam malah saya lihat di utub pakai OBD HP gitu bisa setting manual langsamnya di Livina L10 :mky_01:

singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:12

nah nanya nih soal bypass hose coolant ke TB, seberapa ngefek sih ?
Aku dulu pernah kepikir buat bypass di aerio, cuman kalau bypassnya di sisi TB, ada bbrp kasus yang failed di hose nya jadi bocor coolant ga ketahuan. tp paling gampang jangkau ya di deket TB itu.
Pernah aku bongkar TB buat liat isi dalamnya ternyata cuman ruang coolant gitu aja.
Pernah dulu cari2 tau fungsinya coolant dimasukin ke TB, yang aku dapat kesimpulan sepertinya hanya untuk mencegah stuck karena ES saat musin dingin, berarti di Indonesia ga terlalu kepake. Apa fungsinya cuman itu aja ya ? :big_think:

Cuman mau bypass pertama cari barb buat bypassnya yang kecil blom nemu, dan terakhir males ngerjain jadi aku lupakan, mikirnya kok sepertinya ga banyak efek. :big_think:

regards,
singachu
kayanya sih ga masalah mbah dibypass.. Di Ertiga Gen 1 yg awal keluar ada hose coolant ke TB, tapi di FL1 jadi ga ada itu jalur coolant ke TB.. malah di Nav1 saya itu hose coolant ke TB susah banget dilepasnya, akhirnya pas bersihin TB biarin aja kepasang yg penting bisa bersih2 bagian dalam throttlenya :big_biglaugh:

kalau di FSM Jazz GE sih tulisannya gini mbah

The lower portion of the throttle valve is heated by engine coolant from the cylinder head to prevent icing of the throttle plate.

Jadi kalau di Indo yg iklimnya relatif hangat harusnya ngga begitu kepakai ya.


singachu wrote: Tue May 20, 2025 1:21

Mungkin dicek dulu saat diem diinjek pedal throttle bisa kebuka di atas 60% apa ga seperti yang di post itu kali ya ?
Aku di 2NRVE avanza, sudah siap2 idle rpm ngaco setelah bersihkan TB, buka TB, ganti aki, tp so far ga pernah kejadian sampai relearning TB.

regards,
singachu
Pengalaman bersihin TB Toyota sih yg hampir pasti learning TB kejadiannya di 1NZ-FE ya mbah. dan emang udah terkenal sih ini tiap abis ganti aki aja harus learning TB dulu kalau ngga itu stasionernya bakal rendah banget.

saya lihat di FSM Avanza F65 mesin NR, malah ga ada itu prosedur initialization setelah pemasangan TB. dia hanya ada prosedur pengecekan aja, kalau throttle diinjak full di scanner untuk Main throttle position dan Sub throttle position kurang dari 60% maka TB harus direplace :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

cybrid wrote: Tue May 20, 2025 1:52 Sekarang pakai vacuum biar bisa kerja sendiri. Tapi berasa ga sepadat pakai cara injek2 pedal seh.
o aku ga kerasa beda sih
azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
saya lihat di FSM Avanza F65 mesin NR, malah ga ada itu prosedur initialization setelah pemasangan TB. dia hanya ada prosedur pengecekan aja, kalau throttle diinjak full di scanner untuk Main throttle position dan Sub throttle position kurang dari 60% maka TB harus direplace :mky_01:
o berarti ga ada ya
saturday wrote: Tue May 20, 2025 2:10 Berhubung modifikasi ini modalnya kecil dan risiko juga kecil, mungkin boleh anda coba terutama kalau anda punya rute stop and go traffic dan sensitif dengan feeling heat soak. Menurut saya tidak ada ruginya.
aku ga ada keluhan heat soak atau feeling lainnya.
Justru aku merasa kok sepertinya ga ada beda dan faedahnya makanya malas lakukan

regards,
singachu
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
ah iya juga bisa diganjel ya, cuma fine tuning biar ganjelnya pas di 3000rpm itu yg bakal lama :big_biglaugh:
Kalau pake jok elektrik seh relatif mudah, soalnya dia geraknya pelan2 kn. Jadi bisa dipas ke 3000 rpm. Klo kurang masi kurang pas bisa pake kaos bekas buat ganjel +/-nya
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Tue May 20, 2025 4:31
o aku ga kerasa beda sih
Mungkin saya yg lom biasa pakenya :big_biglaugh:
Tapi ya saya jarang pake juga, baru 2x pake seumur2 beli.

BTW ini vacuumnya yg pake kompresor atau pompa tangan ya ?
Saya terakhir pake yg pompa tangan.
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

cybrid wrote: Tue May 20, 2025 4:41
singachu wrote: Tue May 20, 2025 4:31
o aku ga kerasa beda sih
Mungkin saya yg lom biasa pakenya :big_biglaugh:
Tapi ya saya jarang pake juga, baru 2x pake seumur2 beli.

BTW ini vacuumnya yg pake kompresor atau pompa tangan ya ?
Saya terakhir pake yg pompa tangan.
pakai yang tangan
ya paling pastikan aja jangan sampai bablas keenakan vacuum sampe kemasukan udara

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?

hrs yg bidirectional mbah
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

Omnibus wrote: Tue May 20, 2025 6:22
azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?

hrs yg bidirectional mbah
mayan juga tuh scantool bi-directional :ungg:

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan :big_biglaugh:

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2089
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by alvin23 »

azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
Omnibus wrote: Tue May 20, 2025 6:22
azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?

hrs yg bidirectional mbah
mayan juga tuh scantool bi-directional :ungg:

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan :big_biglaugh:

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB :mky_01:
Freed bisa Learning manual, tp yang ribet harus ada step cabut aki dan nunggu sampai arus apalah itu bener2 habis, gabisa sekedar cabut aki
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
Omnibus wrote: Tue May 20, 2025 6:22
azu wrote: Tue May 20, 2025 4:10
untuk reset ECM itu di Honda bisa pakai Scanner OBD generic yg ELM atau harus scanner yg ada feature Bi-Directional ya mbah?

hrs yg bidirectional mbah
mayan juga tuh scantool bi-directional :ungg:

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan :big_biglaugh:

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB :mky_01:
yg kaya mbah marmut itu bidirectional. udah lebih murah skrg.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

alvin23 wrote: Tue May 20, 2025 8:26

Freed bisa Learning manual, tp yang ribet harus ada step cabut aki dan nunggu sampai arus apalah itu bener2 habis, gabisa sekedar cabut aki


semua bisa tapi repot dan untung²an pak. kalo langsung berhasil ya sudah... tp kalo musti ngulang proses dari awal ya males juga.......
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Tue May 20, 2025 5:58
cybrid wrote: Tue May 20, 2025 4:41
singachu wrote: Tue May 20, 2025 4:31
o aku ga kerasa beda sih
Mungkin saya yg lom biasa pakenya :big_biglaugh:
Tapi ya saya jarang pake juga, baru 2x pake seumur2 beli.

BTW ini vacuumnya yg pake kompresor atau pompa tangan ya ?
Saya terakhir pake yg pompa tangan.
pakai yang tangan
ya paling pastikan aja jangan sampai bablas keenakan vacuum sampe kemasukan udara

regards,
singachu
Ga seh, lebih sering si pompanya yg kemasukan cairan rem. Jadi harus dibersihkan dulu.
Makanya saya terakhir beli lg yg pake kompresor. Cuma lom sempet dicoba. :big_bored:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
mayan juga tuh scantool bi-directional :ungg:

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan :big_biglaugh:

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB :mky_01:

Emg toyota isinya kosongan ya hasil bacaan OBDnya? Saya kira scanner saya yg buluk.
Pas dicek actuation testnya aja cuma seadanya.
Saya coba di alphard gen 1 - Ini bener2 gersang buang mobil mahal pada masanya
Avanza gen 2 - ini juga ga banyak yg bisa diliat
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

cybrid wrote: Thu May 22, 2025 4:09
azu wrote: Tue May 20, 2025 8:02
mayan juga tuh scantool bi-directional :ungg:

suka pengen punya itu scantool bi-directional, cuma di mobil yg di rumah adanya Toyota yg customizable itemsnya juga dikit jadinya kaya mubazir juga mana harganya lumayan :big_biglaugh:

kalau punya mobil honda kayanya wajib punya sih biar bisa reset ECM dan idle learning kalau habis bersihkan TB :mky_01:

Emg toyota isinya kosongan ya hasil bacaan OBDnya? Saya kira scanner saya yg buluk.
Pas dicek actuation testnya aja cuma seadanya.
Saya coba di alphard gen 1 - Ini bener2 gersang buang mobil mahal pada masanya
Avanza gen 2 - ini juga ga banyak yg bisa diliat
Toyota ya rilisnya sebelum 2010 itu setahu saya sedikit customizationnya om. baru mulai canggih dan banyak yg bisa dicustomize itu setelah 2014/2015 seingat saya tapi ya tidak seperti mobil eropa yg banyak yg bisa dicoding :mky_01:

kalau Vios Gen2 pernah lihat yg pakai scanner gitu paling actuation testnya matiin/nyalain injector, fuel pump gitu. saya juga gatau itu bisa actuate pompa ABS atau ngga :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

azu wrote: Thu May 22, 2025 4:39
Toyota ya rilisnya sebelum 2010 itu setahu saya sedikit customizationnya om. baru mulai canggih dan banyak yg bisa dicustomize itu setelah 2014/2015 seingat saya tapi ya tidak seperti mobil eropa yg banyak yg bisa dicoding :mky_01:

kalau Vios Gen2 pernah lihat yg pakai scanner gitu paling actuation testnya matiin/nyalain injector, fuel pump gitu. saya juga gatau itu bisa actuate pompa ABS atau ngga :mky_01:
Saya pas ada odyssey rb1 juga pas waktu itu. Actuation testnya lebih banyak. Modul2 yg kebaca juga lebih banyak.

Nah mirip vios itu. nyala matiin injektor paling testnya. beneran ga adaan menu2nya.

paling puas seh colok ke mobil eropa. Menunya banyak.....(DTC nya juga biasa lebih rame walaupun mobilnya runs n drive.......)