Koleksi hand tools [Part 04]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Sat Apr 17, 2021 9:38
Asyik bikinin dong mbaah masas :mky_04: :e-dance:
6 sks yg berharga ini mah :mky_02:
Kalo kuliah mbayar, kalo kuliah sm mbah masas gratis, bayarannya semoga dpt pahala setimpal dari tuhan krn membantu sesama.. ayey.. :e-dance:
amin aminnn ..... semoga secuil pengetahuan yg dibagikan juga bisa bermanfaat bagi yg membacanya ya. kecuali yg bacanya skim read .... wkwkwk, kita doakan spy ybs kembali ke jalan yg benar :mky_03:
yanuarra wrote: Sat Apr 17, 2021 9:40
Ga cari pacar lagi mbah?

...... :ngacir:
ga nyari. yg mau sih banyak ..... ik tolak2in semua ..... itu yg ketemu di kolam cetek pada mau dihak milik semua. ik yg kabur :big_smoking:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 9:07 Catet 93Nm, kayaknya bautnya gedhe tp lbh kecil dari locknut ban ini.

Nubi susah saya membayangkannya mbah suhu, kalau kemaren tukangnya ya pasang baut asal udah pas aja yg bawah dan depan. Dan semuanya keadaan lepas ban dll.
belum mengerti ya mbah maksud saya? wah bisa panjang ini kuliah 6 sks mbah. kl memang belum ngerti sy bikinin tutorialnya. beneran belum ngerti yg namanya prosedur preload?

mumpung malming nganggur maklum udah ga punya pacar.
Boleh mbah, karena melihat lebih baik daripada membaca ya wkwkwk...

Kebetulan mobil temen kemaren sekalian ganti drive shaft boot. Daerah kaki banyak yg di copotin

Kalau prosedur nya ban napak jadi semuanya dipasang semua untuk control arm dipasang tapi bautnya blm dilock ya mbah?

Kalau ahond brv kan rendah tuh nggak bisa kalau mobil napak, jadi harus diukur dulu jarak sebelum karet diganti nanti ban nya di dongkrak sampai jarak yg sblm diganti karet.

Kalau misal kemaren sudah terlanjur dipasang tanpa ada preload gimana tuh mbah? Di loose lagi baru kita kencengin lagi kah. Kemaren sih sudah bengkel saranin di spooring. Apakah spooring termasuk pengecekan baut ini.

Maaf panjang, biar lulus ujian haha
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Apr 17, 2021 9:13
ini di save di notes HP jij. banyak itu yg bisa pake ceklek2 jij.


Torque Specs Honda Jazz GK5

- Lug Nuts: 108 Nm

- Oil Drain Plug: 39 Nm

- CVT Oil Drain Plug (3/8 sq.): 49 Nm

- CVT Filter Housing: 27 Nm

- Throttle Body: 22 Nm

- Intake Manifold: 22 Nm

- Fuel Rail Mounting Bolt: 12 Nm

- EGR Valve: 22 Nm
EGR gasket P/N 18715-5XH-K01

- O2 Sensor: 45 Nm

- PCV Valve: 45 Nm (not applicable to L15z)

- Engine block coolant drain plug: 78 Nm (P/N gasket: 90401-PR4-000)

- Ignition Coil Bolt: 10 Nm

- Spark Plug: 25 Nm

- Valve Adj. Lock Nuts: 14 Nm (10 lb-ft)
- Intake: .15 - .19 mm
- Exhaust: .26 - .30 mm

- Serpentine Belt Tensioner Bolt: 22 Nm

- Axle Spindle Nut: 182 Nm (head hex 32 mm)

- Strut top mount: 44 Nm
- Strut lower mount: 90 Nm
- Brake hose mount: 22 Nm
- Strut top to spring: 34 Nm

- Inner Tie Rod: 88 Nm

- Outer Tie Rod: 54 Nm

- Control arm ball joint castle nut: 64-74 Nm

- Control arm to body: 93 Nm

- Stabilizer Link: To shock absorber 29 Nm; to stabilizer bar 38 Nm

- Fuel Pump Amperage: Priming 270 mV (2.7A); Idle KOEO 15-20 mV (.15 - .20A)

- Brake Bleeder Nipple: Fr Disc 8.5 Nm; Rr Drum 6.9 Nm

- Front Brake Banjo Bolt: 34 Nm

- Front Brake Slider Pin Bolt: 23 Nm; Brake Hose Mounting Bolt: 22 Nm

-Front Brake Caliper Carrier to Knuckle: 108 Nm
Wah... Langsung copy ke google keep, sebelumnya cuma yg umum2 torque spec nya. Mirip lah ya sama gerobak saya brv.

Makasih mbah suhu.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

nubie ijin mulai tutorial sok2an 6 sks padahal ga ada apa2nya. maafken kl dlm paparan tutorial juga banyak ditemukan foto2 yg berkesan pamer tools, sebetulnya itu hanya sebuah ......... KESENGAJAAN. :mky_03:


pertama, mobil itu kan posisi aslinya begini kl berjalan. kl lewat jalan gelombang roda akan naik turun tp centerline nya ya posisi itu. kita sebut saja posisi EQUILIBRIUM.
IMG_20210417_165043~2.jpg

jd intinya semua baut suspensi seharusnya ditorsi ketika mobil dlm posisi itu. nah krn sebagian besar dr kita, termasuk saya, ga punya pit ataupun four post lift, jd kita pake cara ala asemregez tp yg berkelas. :big_grin:

pit itu ini
Image


four post lift itu ini
Image

source: gugel pastinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Omnibus on Sat Apr 17, 2021 13:01, edited 1 time in total.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:nubie ijin mulai tutorial sok2an 6 sks padahal ga ada apa2nya. maafken kl dlm paparan tutorial juga banyak ditemukan foto2 yg berkesan pamer tools, sebetulnya itu hanya sebuah ......... KESENGAJAAN. :mky_03:


pertama, mobil itu kan posisi aslinya begini kl berjalan. kl lewat jalan gelombang roda akan naik turun tp centerline nya ya posisi itu.
IMG_20210417_165043~2.jpg

jd intinya semua baut suspensi seharusnya ditorsi ketika mobil dlm posisi itu. krn sebagian besar dr kita, termasuk saya, ga punya pit ataupun four post lift, jd kita pake cara ala asemregez tp yg berkelas. :big_grin:

pit itu ini
Image


four post lift itu ini
Image

source: gugel pastinya
Ijin nyimax kuliahnya mbah dosen...

Tp keknya gambar bawah itu bakalan nongol di garasi ya mbah. Min kayak yg diberes aka mirip punya garasi ericthercarguy
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

sebelum mobil dipermak, kita hrs ukur dulu jarak hub ke bibir fender. nah kl kondisi karet support shock udah gepeng, dan kl rencana mau diganti juga, harus diperhitungkan dlm pengukuran jarak ini.

JANGAN ngambil titik ukur dr bibir velg karena nanti roda akan dilepas, percuma brow. memang biasa kl nyeperin atau ninggiin mobil ngukurnya dr situ.
IMG_20210417_165120~2.jpg

ngambilnya dr bagian bawah hub. jarak ungu itulah yg perlu kita tahu. di mobil sy dapatnya 38.3cm
IMG_20210417_165147~3.jpg

tepatnya di bawah dop tengah. jd kl dibalik velg pas disitu.
IMG_20210417_170053~2.jpg

setelah itu baru kita siapkan dongkraks. kl ga punya 2 ya pakai jack stand nanti spy dongkraknya bisa dipake utk ngangkat lower control arm.
IMG_20210417_165337~4.jpg

para dongkraks ik udah dikasih rubber pad jd ga akan bikin bocel2 yg tdk diinginkan.
IMG_20210417_165404~2.jpg

ehem ..... made in nihon.
IMG_20210417_165421~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 9:42
DOHC wrote: Sat Apr 17, 2021 9:13
ini di save di notes HP jij. banyak itu yg bisa pake ceklek2 jij.


Torque Specs Honda Jazz GK5

- Lug Nuts: 108 Nm

- Oil Drain Plug: 39 Nm

- CVT Oil Drain Plug (3/8 sq.): 49 Nm

- CVT Filter Housing: 27 Nm

- Throttle Body: 22 Nm

- Intake Manifold: 22 Nm

- Fuel Rail Mounting Bolt: 12 Nm

- EGR Valve: 22 Nm
EGR gasket P/N 18715-5XH-K01

- O2 Sensor: 45 Nm

- PCV Valve: 45 Nm (not applicable to L15z)

- Engine block coolant drain plug: 78 Nm (P/N gasket: 90401-PR4-000)

- Ignition Coil Bolt: 10 Nm

- Spark Plug: 25 Nm

- Valve Adj. Lock Nuts: 14 Nm (10 lb-ft)
- Intake: .15 - .19 mm
- Exhaust: .26 - .30 mm

- Serpentine Belt Tensioner Bolt: 22 Nm

- Axle Spindle Nut: 182 Nm (head hex 32 mm)

- Strut top mount: 44 Nm
- Strut lower mount: 90 Nm
- Brake hose mount: 22 Nm
- Strut top to spring: 34 Nm

- Inner Tie Rod: 88 Nm

- Outer Tie Rod: 54 Nm

- Control arm ball joint castle nut: 64-74 Nm

- Control arm to body: 93 Nm

- Stabilizer Link: To shock absorber 29 Nm; to stabilizer bar 38 Nm

- Fuel Pump Amperage: Priming 270 mV (2.7A); Idle KOEO 15-20 mV (.15 - .20A)

- Brake Bleeder Nipple: Fr Disc 8.5 Nm; Rr Drum 6.9 Nm

- Front Brake Banjo Bolt: 34 Nm

- Front Brake Slider Pin Bolt: 23 Nm; Brake Hose Mounting Bolt: 22 Nm

-Front Brake Caliper Carrier to Knuckle: 108 Nm
kamsia mbah

btw

itu masi ada beberapa yg ga bsa

kan manoskop jij yg ik beli cuman range 20 -100 Nm (pasti ntar ada yg ngeracunin lg nehh suru nambah lg yg 730D, atau 730N/20 ama 30 )

jd yg kl yg dbawah 10 ama yg d atas 100, ik ga bsa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3923
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by yanuarra »

Nubi ijin nyimak suhu :frm_salut:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 11:43

ehem ..... made in nihon.

IMG_20210417_165421~2.jpg
UDAH SAYA DUGA INI


WAKTU ITU AMPE NYEREMPET2 MASADA LAH, NAGASAKI LAH
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 10:40
yanuarra wrote: Sat Apr 17, 2021 9:38
Asyik bikinin dong mbaah masas :mky_04: :e-dance:
6 sks yg berharga ini mah :mky_02:
Kalo kuliah mbayar, kalo kuliah sm mbah masas gratis, bayarannya semoga dpt pahala setimpal dari tuhan krn membantu sesama.. ayey.. :e-dance:
amin aminnn ..... semoga secuil pengetahuan yg dibagikan juga bisa bermanfaat bagi yg membacanya ya. kecuali yg bacanya skim read .... wkwkwk, kita doakan spy ybs kembali ke jalan yg benar :mky_03:

kl ini beneran ta catet mbah

kaga di skim read

kapan lg dapet ilmu gratis


emg nya kaya yg itu tuh, dtanya malah dicuekin, giliran dia yg nanya dicuekin, ngambek ampe ari ini merajuk ngacak2 sampah kaya abg cewe ditolak beliin boba tea
:ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Sat Apr 17, 2021 9:32
DOHC wrote: Sat Apr 17, 2021 9:20
Nih mbah 93 lho


IMG_20210417_163116.jpg



....... :ngacir:
pamer terroossssssss :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:


ga bakall saya beli barang digital gtuann.. biar kata dipaksa ama 10 renata dan 11 anya geraldine pake hotpants dan tank top doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

kl sdh diangkat pake dongrak dan roda menggantung, jarak yg tadinya 38.3cm menjadi 49cm. posisi bushing control arm skrg dlm posisi terpuntir dibandingkan saat posisi equilibrium tadi sebelum didongkrak. bisa dibayangkan kl kita mentorsi dlm posisi begini, nanti pas posisi equilibrium bushing control arm malah jd dlm posisi terpuntir yg seharusnya tidak boleh. selain ride quality jd ga enak (mental mentul), umur bushing jg jadi pendek krn cepat pecah.

IMG_20210417_165731~2.jpg

roda dilepas
IMG_20210417_170237~2.jpg

skrg kita ukurnya dr hub bagian bawah, sama dgn dop velg bagian bawah.
IMG_20210417_170419~2.jpg

tuh 49cm
IMG_20210417_170352~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

ketika control arm baru (atau bushing sdh diganti) sudah diinstall ke subframe mobil, cukup kencangkan baut secukupnya aja. lalu naikan control arm pakai dongkrak sampai jarak yg tadi mula2 sdh kita ukur.
IMG_20210417_170705~2.jpg

dongkrak control armnya (dlm case ini sampai jarak 38.3cm). nah ini namanya posisi preloaded, siap utk ditorsi. ini mensimulasikan kondisi equilibrium seolah2 mobil berdiri di roda dgn bebannya sendiri.
IMG_20210417_170749~3.jpg
edit: wajahku keliatan rek. :mky_01:


ambil ceklek2 (manoskop 730N/10) set ke 93Nm utk jazz.
IMG_20210417_171223~2.jpg
IMG_20210417_171323~2.jpg

torsi yg bawah duluan
IMG_20210417_171441~2.jpg

baru yg depan
IMG_20210417_171624~2.jpg

kl dlm posisi equilibrium, si CV shaft jg posisinya lurus
IMG_20210417_171713~2.jpg

ini letak dongkrak pada control arm
IMG_20210417_172056~2.jpg

di bawah ball joint, tp krn ada rubber pad jd tdk merusak apapun
IMG_20210417_172023~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 12:24 ketika control arm baru (atau bushing sdh diganti) sudah diinstall ke subframe mobil, cukup kencangkan baut secukupnya aja. lalu naikan control arm pakai dongkrak sampai jarak yg tadi mula2 sdh kita ukur.

IMG_20210417_170705~2.jpg


dongkrak control armnya (dlm case ini sampai jarak 38.3cm). nah ini namanya posisi preloaded, siap utk ditorsi. ini mensimulasikan kondisi equilibrium seolah2 mobil berdiri di roda dgn bebannya sendiri.

IMG_20210417_170749~3.jpg
edit: wajahku keliatan rek. :mky_01:


ambil ceklek2 (manoskop 730N/10) set ke 93Nm utk jazz.

IMG_20210417_171223~2.jpg


IMG_20210417_171323~2.jpg


torsi yg bawah duluan
IMG_20210417_171441~2.jpg


baru yg depan
IMG_20210417_171624~2.jpg


kl dlm posisi equilibrium, si CV shaft jg posisinya lurus
IMG_20210417_171713~2.jpg


ini letak dongkrak pada control arm
IMG_20210417_172056~2.jpg


di bawah ball joint, tp krn ada rubber pad jd tdk merusak apapun
IMG_20210417_172023~2.jpg
mbah

nubie mo nanya donk

kl hrv kan ground clearance nya lebi tinggi, tadi barusan ud ta coba ngolong lgs tanpa di dongkrak dan ternjata muat badan nubie

nah kl seandainya lgs nubie hajar kencengin , kira2 bole ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

setelahnya pasangkan roda dan murnya, kencangkan seperlunya, tight tp jangan tight banget.

turunkan mobilnya, ambil ceklek2 (manoskop 730N/20) set ke 108Nm utk jazz.
IMG_20210417_172712~3.jpg
IMG_20210417_172806~2.jpg

kencangkan sampai DEKKK (suara manoskop)
IMG_20210417_172951~2.jpg

berikut tools yg diperlukan. kl realnya sy pakai laser meter digital krn lbh akurat.
besi panjang itu SST bikinan sendiri (dr bekas jepitan shock) fungsinya colokan utk neken pin ngeluarin impact socket dr impact gun.
IMG_20210417_180700~3.jpg

memory recall
IMG_20210417_180846~2.jpg

common mistake: sy pernah waktu itu ga diukur tp main naikin aja dongkrak control arm sampai mobilnya sedikit terangkat dr jack stand. sy pikir itulah kondisi equilibriumnya. ternyata sy salah, itu posisi lebih tinggi dr equilibrium jd seperti strut terkompresi. jadinya gimana? ya mentul2 juga, damping ketika strut kompresi jd lbh lemah dan akibatnya ada bunyi2 juga. the proper way is diukur.

ok sekian n terima kasih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Apr 17, 2021 12:42
mbah

nubie mo nanya donk

kl hrv kan ground clearance nya lebi tinggi, tadi barusan ud ta coba ngolong lgs tanpa di dongkrak dan ternjata muat badan nubie

nah kl seandainya lgs nubie hajar kencengin , kira2 bole ga ?
nubie ..... pembohongan publik lho, kena pasal mbah garasi 69.

kl GC tinggi bisa langsung. tp kl tadinya baut kenceng musti dikendorin dulu as always.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 11:23 nubie ijin mulai tutorial sok2an 6 sks padahal ga ada apa2nya. maafken kl dlm paparan tutorial juga banyak ditemukan foto2 yg berkesan pamer tools, sebetulnya itu hanya sebuah ......... KESENGAJAAN. :mky_03:

sudah saya laporken ke BNN mengenai pembohongan publik.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 11:07 Boleh mbah, karena melihat lebih baik daripada membaca ya wkwkwk...

Kebetulan mobil temen kemaren sekalian ganti drive shaft boot. Daerah kaki banyak yg di copotin

Kalau prosedur nya ban napak jadi semuanya dipasang semua untuk control arm dipasang tapi bautnya blm dilock ya mbah?

Kalau ahond brv kan rendah tuh nggak bisa kalau mobil napak, jadi harus diukur dulu jarak sebelum karet diganti nanti ban nya di dongkrak sampai jarak yg sblm diganti karet.

Kalau misal kemaren sudah terlanjur dipasang tanpa ada preload gimana tuh mbah? Di loose lagi baru kita kencengin lagi kah. Kemaren sih sudah bengkel saranin di spooring. Apakah spooring termasuk pengecekan baut ini.

Maaf panjang, biar lulus ujian haha
terlanjur kepasang? kl belom lama dipake masih bisa di loose lagi n retorque. kl belom lewat let's say 500km atau sebelom pecah bushingnya :upss:

spooring? ga akan itu baut dicek2 lagi. kecuali om special request n mekaniknya ngerti jij ngomong apa. kebanyakan sih cuma akan planga plongo.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

:big_exellent:

Mantul saluto mbah suhu. Kita berasa ikutan disana merasakan ceklek2nya lhoh...

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 12:46 setelahnya pasangkan roda dan murnya, kencangkan seperlunya, tight tp jangan tight banget.

turunkan mobilnya, ambil ceklek2 (manoskop 730N/20) set ke 108Nm utk jazz.

IMG_20210417_172712~3.jpg


IMG_20210417_172806~2.jpg


kencangkan sampai DEKKK (suara manoskop)
IMG_20210417_172951~2.jpg


berikut tools yg diperlukan. kl realnya sy pakai laser meter digital krn lbh akurat.
besi panjang itu SST bikinan sendiri (dr bekas jepitan shock) fungsinya colokan utk neken pin ngeluarin impact socket dr impact gun.

IMG_20210417_180700~3.jpg


memory recall
IMG_20210417_180846~2.jpg


common mistake: sy pernah waktu itu ga diukur tp main naikin aja dongkrak control arm sampai mobilnya sedikit terangkat dr jack stand. sy pikir itulah kondisi equilibriumnya. ternyata sy salah, itu posisi lebih tinggi dr equilibrium jd seperti strut terkompresi. jadinya gimana? ya mentul2 juga, damping ketika strut kompresi jd lbh lemah dan akibatnya ada bunyi2 juga. the proper way is diukur.

ok sekian n terima kasih.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 11:23

four post lift itu ini
Image

source: gugel pastinya

kalo ga salah inget, di garasi rumah om POSVETT ada....

:big_bored:

sebel....
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

Iyes sudah kepasang mbah dan tanpa preload sesuai sebelumnya.

Oh ya mbah, td sempet dimention kalau karet support ganti itu selisihnya misal yg baru kan lebih tinggi itu gimana mbah ke jarak yg ke fender tadi?

Pelajaran si mbah kalau kita jelaskan juga blm tentu mau ngelakuin.

Kayaknya bushing yg belakang yg bakal kena stress duluan dan pecah lbh cepet. Penasaran itu pabrik gini juga nggak waktu assembly.
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 11:07 Boleh mbah, karena melihat lebih baik daripada membaca ya wkwkwk...

Kebetulan mobil temen kemaren sekalian ganti drive shaft boot. Daerah kaki banyak yg di copotin

Kalau prosedur nya ban napak jadi semuanya dipasang semua untuk control arm dipasang tapi bautnya blm dilock ya mbah?

Kalau ahond brv kan rendah tuh nggak bisa kalau mobil napak, jadi harus diukur dulu jarak sebelum karet diganti nanti ban nya di dongkrak sampai jarak yg sblm diganti karet.

Kalau misal kemaren sudah terlanjur dipasang tanpa ada preload gimana tuh mbah? Di loose lagi baru kita kencengin lagi kah. Kemaren sih sudah bengkel saranin di spooring. Apakah spooring termasuk pengecekan baut ini.

Maaf panjang, biar lulus ujian haha
terlanjur kepasang? kl belom lama dipake masih bisa di loose lagi n retorque. kl belom lewat let's say 500km atau sebelom pecah bushingnya :upss:

spooring? ga akan itu baut dicek2 lagi. kecuali om special request n mekaniknya ngerti jij ngomong apa. kebanyakan sih cuma akan planga plongo.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Apr 17, 2021 12:57
Omnibus wrote: Sat Apr 17, 2021 11:23

four post lift itu ini
Image

source: gugel pastinya

kalo ga salah inget, di garasi rumah om POSVETT ada....

:big_bored:

sebel....
ga perlu sebel. itu tandanya kita hrs lebih giat lagi atau lebih smart lagi dlm mencari wang. spy suatu saat kita jg bisa beli spt om posvett. :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 13:03 Iyes sudah kepasang mbah dan tanpa preload sesuai sebelumnya.

Oh ya mbah, td sempet dimention kalau karet support ganti itu selisihnya misal yg baru kan lebih tinggi itu gimana mbah ke jarak yg ke fender tadi?

Pelajaran si mbah kalau kita jelaskan juga blm tentu mau ngelakuin.

Kayaknya bushing yg belakang yg bakal kena stress duluan dan pecah lbh cepet. Penasaran itu pabrik gini juga nggak waktu assembly.
selisihnya tebel shock support ya ditambahin ke jaraknya tadi secara mobil kan lbh tinggi seharusnya.

pabrik? SOP nya pasti preload dong. pabrik gitu lho. :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3923
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by yanuarra »

Standing applause dlu dong pemirsaah
:e-clap:

Keren banget mbah masas.. terima kasih banyak atas pelajarannya :big_exellent:

Sehingga ane mahasiswa abadi bisa tercerahkan :mky_02:

Btw bikin materi gitu apa udah makan malam mbah shifu? Kalo belom ayo kita traktir cuanki semangkok :off_team:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 04]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sat Apr 17, 2021 13:03 Iyes sudah kepasang mbah dan tanpa preload sesuai sebelumnya.

Oh ya mbah, td sempet dimention kalau karet support ganti itu selisihnya misal yg baru kan lebih tinggi itu gimana mbah ke jarak yg ke fender tadi?

Pelajaran si mbah kalau kita jelaskan juga blm tentu mau ngelakuin.

Kayaknya bushing yg belakang yg bakal kena stress duluan dan pecah lbh cepet. Penasaran itu pabrik gini juga nggak waktu assembly.
selisihnya tebel shock support ya ditambahin ke jaraknya tadi secara mobil kan lbh tinggi seharusnya.

pabrik? SOP nya pasti preload dong. pabrik gitu lho. :big_grin:
Siyap mbah... [emoji106]
yanuarra wrote:Standing applause dlu dong pemirsaah
:e-clap:

Keren banget mbah masas.. terima kasih banyak atas pelajarannya :big_exellent:

Sehingga ane mahasiswa abadi bisa tercerahkan :mky_02:

Btw bikin materi gitu apa udah makan malam mbah shifu? Kalo belom ayo kita traktir cuanki semangkok :off_team:
Saya udah nggak standing lagi mbah, sudah sambil salim koprol ini...

Mudah2an ada sks2 berikutnya hehe