Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by ginting »

Pugman wrote:
adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41
Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 6:14 Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.

:big_deal:
Kebetulan ditempat saya kerja masih 1 departemen tapi beda section itu menangani motor listrik dari ukuran kecil sampai ukuran Mega Watt (MW), bahkan ada jenis motor sangat langka ditempat saya, namanya Cyclo Converter Ring Motor power 6,7MW.
motor kecil berbagai jenis kami rewinding sendiri, motor besar medium dan high voltage kami serahkan perbaikan ke Vendor (lokal)
Baik motor AC/DC, brush/brushless Yang membedakan desain motor listrik adalah IP rating, Explosion Proof atau tidak dan cooling system, untuk perusahaan saya motor di atas 5kw masih worth untuk di rewinding.
Motor listrik untuk mobil saat ini biasanya ada di kisaran tenaga 60kw-200kw umumnya di sistem 60/72V.
IP rating untuk motor listrik di mobil umumnya cukup tinggi mengingat lingkungan yang akan dilalui.
Hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rewinding adalah saat assembly yaitu mempertahankan IP rating agar setara saat seperti keluar pabrikan.
Motor 3 fasa untuk Industri dengan power 75kW saja sekitar 50jt, kebayangkan kalau ga bisa di gulung ulang. Untuk Tesla mungkin mereka memang memakai motor listrik kualitas tinggi sehingga bisa bertahan puluhan tahun.
Oya teknologi motor listrik dari tahun 70-an sampai saat ini tidak banyak berubah, yang berkembang adalah teknologi untuk kontrol motor seperti VVVF
Betul oom..
Technologi motor sih dari dulu itu itu aja partnya :
Rotor
Stator
Insulation
Exciter
Core

Sedikit OOT, sy ingat ada alternator yg pernah harus gulung ulang. Itu merk SKODA, mau gulung ulang, susah pisan cari kawat tembaga buat lilitan krn bentuk penampangnya kotak bukan kawat bulat.

henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by henbob »

Jadi inget ini
Gw jg ga abis pikir napa perusahaaan jerman ini masih setengah2 utk urusan mobil listrik.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue Jan 14, 2020 7:01 Kalo liat2

ibarat game ini skg memulai stage baru lagi

Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan

- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll

juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar

akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya

Any opinion ?
Ntah kenapa, karena melihat bbrp case, bahwa batre lithium ini rentan dgn panas dan ada bbrp case batre gadget meleduk,
saya jadi khawatir (if i were rich), untuk beli mobil listrik.

klo dilihat spec batre lithium ini, in general, operating temp nya kan di 5 - 45 C.

Sehingga walaupun dgn radiator system yg mumpuni, tetap aja ambience temp di indonesia klo lg siang terik bisa di 39-40 C & bahkan jika macet2an bisa > 45 C.

Jika dipake di suhu dingin kisaran < 5 C, batre tsb gak optimal kapasitas cell nya (ini spt nya masih ok ya).

nah ketika dipakai di suhu tropis, resiko meleduk or hamil.

yg paling pas, emang ketika dipakai di negara kelahirannya, masuk banget dlm range optimum operating temp :mrgreen:

resiko & ribet klo dipake di indonesia :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Wed Jan 15, 2020 23:10
Turboman wrote: Tue Jan 14, 2020 7:01 Kalo liat2

ibarat game ini skg memulai stage baru lagi

Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan

- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll

juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar

akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya

Any opinion ?
Ntah kenapa, karena melihat bbrp case, bahwa batre lithium ini rentan dgn panas dan ada bbrp case batre gadget meleduk,
saya jadi khawatir (if i were rich), untuk beli mobil listrik.

klo dilihat spec batre lithium ini, in general, operating temp nya kan di 5 - 45 C.

Sehingga walaupun dgn radiator system yg mumpuni, tetap aja ambience temp di indonesia klo lg siang terik bisa di 39-40 C & bahkan jika macet2an bisa > 45 C.

Jika dipake di suhu dingin kisaran < 5 C, batre tsb gak optimal kapasitas cell nya (ini spt nya masih ok ya).

nah ketika dipakai di suhu tropis, resiko meleduk or hamil.

yg paling pas, emang ketika dipakai di negara kelahirannya, masuk banget dlm range optimum operating temp :mrgreen:

resiko & ribet klo dipake di indonesia :ngacir:
mknya beli lah merk toyota...

biar garansi 5 taun n klaim mudah...

5 taun menjelang habis sisa 1 bulan sudah mau habis garansi temuin SA N TL minta gantiin batere....
tinggal gaspol 5 taun lagi dah....trs bawa ke besi madura....



punya mobil aja udah susahin....ngapain dibikin tambah susah...


gak dicari aja nanti datang sendiri susahnya...

urusan sama toyota gak ada yang resiko ribet...

apalg LEXUS....

makin bikin senang liat bidadari macam model artis aja di sowrom....


:ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Suryaputra »

kompresorz wrote: Wed Jan 15, 2020 23:32
Suryaputra wrote: Wed Jan 15, 2020 23:10
Turboman wrote: Tue Jan 14, 2020 7:01 Kalo liat2

ibarat game ini skg memulai stage baru lagi

Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan

- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll

juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar

akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya

Any opinion ?
Ntah kenapa, karena melihat bbrp case, bahwa batre lithium ini rentan dgn panas dan ada bbrp case batre gadget meleduk,
saya jadi khawatir (if i were rich), untuk beli mobil listrik.

klo dilihat spec batre lithium ini, in general, operating temp nya kan di 5 - 45 C.

Sehingga walaupun dgn radiator system yg mumpuni, tetap aja ambience temp di indonesia klo lg siang terik bisa di 39-40 C & bahkan jika macet2an bisa > 45 C.

Jika dipake di suhu dingin kisaran < 5 C, batre tsb gak optimal kapasitas cell nya (ini spt nya masih ok ya).

nah ketika dipakai di suhu tropis, resiko meleduk or hamil.

yg paling pas, emang ketika dipakai di negara kelahirannya, masuk banget dlm range optimum operating temp :mrgreen:

resiko & ribet klo dipake di indonesia :ngacir:
mknya beli lah merk toyota...

biar garansi 5 taun n klaim mudah...

5 taun menjelang habis sisa 1 bulan sudah mau habis garansi temuin SA N TL minta gantiin batere....
tinggal gaspol 5 taun lagi dah....trs bawa ke besi madura....



punya mobil aja udah susahin....ngapain dibikin tambah susah...


gak dicari aja nanti datang sendiri susahnya...

urusan sama toyota gak ada yang resiko ribet...

apalg LEXUS....

makin bikin senang liat bidadari macam model artis aja di sowrom....


:ngacir:
:big_peace: :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by cengki308 »

ginting wrote: Wed Jan 15, 2020 11:54
Pugman wrote:
adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41

IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.

:big_deal:
Kebetulan ditempat saya kerja masih 1 departemen tapi beda section itu menangani motor listrik dari ukuran kecil sampai ukuran Mega Watt (MW), bahkan ada jenis motor sangat langka ditempat saya, namanya Cyclo Converter Ring Motor power 6,7MW.
motor kecil berbagai jenis kami rewinding sendiri, motor besar medium dan high voltage kami serahkan perbaikan ke Vendor (lokal)
Baik motor AC/DC, brush/brushless Yang membedakan desain motor listrik adalah IP rating, Explosion Proof atau tidak dan cooling system, untuk perusahaan saya motor di atas 5kw masih worth untuk di rewinding.
Motor listrik untuk mobil saat ini biasanya ada di kisaran tenaga 60kw-200kw umumnya di sistem 60/72V.
IP rating untuk motor listrik di mobil umumnya cukup tinggi mengingat lingkungan yang akan dilalui.
Hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rewinding adalah saat assembly yaitu mempertahankan IP rating agar setara saat seperti keluar pabrikan.
Motor 3 fasa untuk Industri dengan power 75kW saja sekitar 50jt, kebayangkan kalau ga bisa di gulung ulang. Untuk Tesla mungkin mereka memang memakai motor listrik kualitas tinggi sehingga bisa bertahan puluhan tahun.
Oya teknologi motor listrik dari tahun 70-an sampai saat ini tidak banyak berubah, yang berkembang adalah teknologi untuk kontrol motor seperti VVVF
Betul oom..
Technologi motor sih dari dulu itu itu aja partnya :
Rotor
Stator
Insulation
Exciter
Core

Sedikit OOT, sy ingat ada alternator yg pernah harus gulung ulang. Itu merk SKODA, mau gulung ulang, susah pisan cari kawat tembaga buat lilitan krn bentuk penampangnya kotak bukan kawat bulat.
Jadi ingat belajar gulung dinamo tamiya waktu sd, tahun 89 90 an lah wkwk, dinamo favorit sih hyperdast
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Tue Jan 14, 2020 7:01 Kalo liat2

ibarat game ini skg memulai stage baru lagi

Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan

- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll

juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar

akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya

Any opinion ?
Ntah kenapa, karena melihat bbrp case, bahwa batre lithium ini rentan dgn panas dan ada bbrp case batre gadget meleduk,
saya jadi khawatir (if i were rich), untuk beli mobil listrik.

klo dilihat spec batre lithium ini, in general, operating temp nya kan di 5 - 45 C.

Sehingga walaupun dgn radiator system yg mumpuni, tetap aja ambience temp di indonesia klo lg siang terik bisa di 39-40 C & bahkan jika macet2an bisa > 45 C.

Jika dipake di suhu dingin kisaran < 5 C, batre tsb gak optimal kapasitas cell nya (ini spt nya masih ok ya).

nah ketika dipakai di suhu tropis, resiko meleduk or hamil.

yg paling pas, emang ketika dipakai di negara kelahirannya, masuk banget dlm range optimum operating temp :mrgreen:

resiko & ribet klo dipake di indonesia :ngacir:
Di mobil listrik rata2 ada sistem pendingin batere, yang bagus ya yang Liquid cooled

kalo bicara tantangan ya ICE cars pun di awal3 pengembangan dulu tentu juga banyak tantangan.........maka pabrikan2 yang terus berinovasi lah yang akan keluar sebagai pemenang



kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Jan 15, 2020 23:10 Ntah kenapa, karena melihat bbrp case, bahwa batre lithium ini rentan dgn panas dan ada bbrp case batre gadget meleduk,
saya jadi khawatir (if i were rich), untuk beli mobil listrik.
inilah kenapa yoyota masih setengah hati pindah lithium, bela2in pake NIMH yang jauh lebih tertinggal sebetulnya. makanya juga yoyota bela2in develop hybrid demi range. karena yoyota tau usernya dia nyarinya robustness, durability, sisanya bonus.

batere li-ion itu less likely meleduk sendiri, mirip pesawat kombinasi berbagai faktor maka kecelakaan. makanya tesla tetap develop, dan jadi leader di canggih2an lithium battery


klo dilihat spec batre lithium ini, in general, operating temp nya kan di 5 - 45 C.

Sehingga walaupun dgn radiator system yg mumpuni, tetap aja ambience temp di indonesia klo lg siang terik bisa di 39-40 C & bahkan jika macet2an bisa > 45 C.

Jika dipake di suhu dingin kisaran < 5 C, batre tsb gak optimal kapasitas cell nya (ini spt nya masih ok ya).

nah ketika dipakai di suhu tropis, resiko meleduk or hamil.

yg paling pas, emang ketika dipakai di negara kelahirannya, masuk banget dlm range optimum operating temp :mrgreen:

resiko & ribet klo dipake di indonesia :ngacir:
lihtium tambah ribet di cooling system, tapi masih mendingan panas, yang repot kalau dingin apalagi suhu minus. lithium ga bisa retain power sesuai spek, jadi batere drop padahal masih penuh, ketika di charge mesti dihangatkan dulu. makanya di EV itu cooling system jalan sendiri untuk warming up battery kalau baca suhu drop di bawah temperature kerja, ngabis2in daya lagi untuk heater dan sirkulasi cooler, bikin ketar ketir pas winter, terutama north american yg deket canada. dan terus2an gini, otomatis life cycle batere nambah = umur pakai berkurang itu yg pernah saya baca.

beda dengan nickel. lebih tahan perubahan suhu. tapi power density rendah, berat pula. jadi ya lebih kurang. itulah kenapa Prius tetep ga bisa jadi pemimpin selain merek saja.
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by pcx »

dsign1990 wrote: Wed Jan 15, 2020 9:03
pcx wrote: Wed Jan 15, 2020 6:47
dsign1990 wrote: Tue Jan 14, 2020 10:34 dari kubu eropa cuma vw yang keliatannya bisa sukses di dunia mobil listrik e tron udah terbentuk imagenya , udah enak didenger dan sekarang range id nampaknya punya masa depan yang cerah
kemarin2 ada kabar penjualan mercy eqc anjlok bmw jg keliatannya kurang menggeliat
dari jepang Honda sama toyota malah sibuk sama platform hybrid dan f cell padahal terawangan sotoy saya model powertrain kyk gitu makin lama makin gak seksi lagi... Mazda juga bikin suv listrik speknya basa basi gitu apalagi suzuki , daihatsu masih tradisional 2 ja
nissan yg geliat nya lebih dulu daritesla dg leaf nya juga lecutannya lambat
dari amerika baru ford yang punya produk serius pdahal gm udah ada mass product ev di awal milenium silam
20-30 th lagi kayaknya bakal kegulung mereka
Indeed um@dsign90 :mrgreen:

Perasaan nubie kurang enak pd masa depan mereka2 semua. palage kalo ga bisa ninggalin zona nyamanna selama ini

Yg sangat disayangkan tu ya kemelut di Nissan wong sebenerna ini merek Jepun yg paling siap pada era EV dengan Leaf yg EV terlaris dunia. Malah lebih laris dari Tesla palage VW

:drinking:
nah iya kecuali VW saya rasa satu2nya pabrikan kolot yang bisa ikut lari2an sama merk2 start up mobil listrik yg dilist sama om turbo
keliatan dari desain aja lineup2 id ini, id itu ...gak kehilangan identitas ala VW nya juga buat ev premiumnya macam e Tron dan taycan ... gak kayak bmw i yang aneh dan nampak setengah2 urusan powertrainnya dan mercy eq yang rata2 terkesan plain buat seekor mercy meski fake exhaust di taycan juga bener2 kayak lelucon
ford juga kayaknya susah payah sampai harus bawa roh mustang segala itu juga masih mending dibanding pabrikan lain yg kayaknya bingung urusan mobil setrum
nissan cuma ngubek2 di leaf padahal seharusnya lineup real mobil listrik dia seenggaknya udah harus sebanyak tesla karena pemain besar tertua yang serius di dunia mass ev
Couldn't agree more, Um

Mereka terlihat masih gamang dengan EV dan saat ini masih tahap eksperimen doank. Titik berat mereka tetap pada hybrid dan PHEV.

BMW bahkan akan suntik mati i3 dan i8 yg brarti buang duit dan waktu percuma aza. Proyek yg gagal total dan mereka skarang terlihat kebingungan menentukan langkah selanjutna

Mercedes jg baru ada 1 line up EV yg berbentuk Van sehingga ga menarik terkesan sperti ambulance :e-wall:
Next gen C class W206 yg dijanjikan akan ada EV ternyata juga pepesan kosong. enjin baru EQ Boost masih mild hybrid :off_no:

Untuk merk Jepun yg laen ini jg warning bagi mereka bahwa waktu dan air pasang ga akan menunggu kesiapan mereka :e-snooty:

Jgn sampe waktu mendatang kehilangan muka karna dipermalukan merk2 boil yg mreka anggap cecere...... wkwkwkwk :mrgreen:

Khusus untuk Leaf kan udah generasi ke 2 saat ini wong bahkan renault nyaris bangkrut dan alami krisis keuangan karena pengembangan Leaf dari awalna memakan biaya yg sangat2 besar.
tapi skarang manis di akhir karena jadi EV terlaris dunia :frm_salut:

Utk penambahan line up EV nissan jg udah direncanakan oleh Ghosn seblom terkudeta saat ini

:drinking:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by dsign1990 »

pcx wrote: Thu Jan 16, 2020 6:11
dsign1990 wrote: Wed Jan 15, 2020 9:03
pcx wrote: Wed Jan 15, 2020 6:47

Indeed um@dsign90 :mrgreen:

Perasaan nubie kurang enak pd masa depan mereka2 semua. palage kalo ga bisa ninggalin zona nyamanna selama ini

Yg sangat disayangkan tu ya kemelut di Nissan wong sebenerna ini merek Jepun yg paling siap pada era EV dengan Leaf yg EV terlaris dunia. Malah lebih laris dari Tesla palage VW

:drinking:
nah iya kecuali VW saya rasa satu2nya pabrikan kolot yang bisa ikut lari2an sama merk2 start up mobil listrik yg dilist sama om turbo
keliatan dari desain aja lineup2 id ini, id itu ...gak kehilangan identitas ala VW nya juga buat ev premiumnya macam e Tron dan taycan ... gak kayak bmw i yang aneh dan nampak setengah2 urusan powertrainnya dan mercy eq yang rata2 terkesan plain buat seekor mercy meski fake exhaust di taycan juga bener2 kayak lelucon
ford juga kayaknya susah payah sampai harus bawa roh mustang segala itu juga masih mending dibanding pabrikan lain yg kayaknya bingung urusan mobil setrum
nissan cuma ngubek2 di leaf padahal seharusnya lineup real mobil listrik dia seenggaknya udah harus sebanyak tesla karena pemain besar tertua yang serius di dunia mass ev
Couldn't agree more, Um

Mereka terlihat masih gamang dengan EV dan saat ini masih tahap eksperimen doank. Titik berat mereka tetap pada hybrid dan PHEV.

BMW bahkan akan suntik mati i3 dan i8 yg brarti buang duit dan waktu percuma aza. Proyek yg gagal total dan mereka skarang terlihat kebingungan menentukan langkah selanjutna

Mercedes jg baru ada 1 line up EV yg berbentuk Van sehingga ga menarik terkesan sperti ambulance :e-wall:
Next gen C class W206 yg dijanjikan akan ada EV ternyata juga pepesan kosong. enjin baru EQ Boost masih mild hybrid :off_no:

Untuk merk Jepun yg laen ini jg warning bagi mereka bahwa waktu dan air pasang ga akan menunggu kesiapan mereka :e-snooty:

Jgn sampe waktu mendatang kehilangan muka karna dipermalukan merk2 boil yg mreka anggap cecere...... wkwkwkwk :mrgreen:

Khusus untuk Leaf kan udah generasi ke 2 saat ini wong bahkan renault nyaris bangkrut dan alami krisis keuangan karena pengembangan Leaf dari awalna memakan biaya yg sangat2 besar.
tapi skarang manis di akhir karena jadi EV terlaris dunia :frm_salut:

Utk penambahan line up EV nissan jg udah direncanakan oleh Ghosn seblom terkudeta saat ini

:drinking:
baru tahu kalai i3dan i8 mau discontinue padahal dekade2 yang akan datang masing2 negara eropa mau larang mobil2 ICE murni ronanya suram kalau gini BMW
mercy ada eqc sebenarnya cuma ya gitu tampilanya kayak glc modif gak bikin menarik calon konsumen
nissan di saat tesla lagi ngmbangin lineup selain model S dia malah berkutat sama datsun yang ujungnya berakhir kegagalan
senjata merk2 baru tersebut ada di gimmick ya g menarik seperti byton dg layar segede lapang basket , tesla yg serba frameless - pintu gullwing elektrik-akselerasi gokil , belum lagi merk2 lain yang kalau lagi launching bikin penasaran ubek2 infonya meski cuma liat2 doang gak seperti pabrikan2 lama yg segitu2nya ( cuma ganti ICE ke listirk kesannya)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by dsign1990 »

pcx wrote: Thu Jan 16, 2020 6:11
dsign1990 wrote: Wed Jan 15, 2020 9:03
pcx wrote: Wed Jan 15, 2020 6:47

Indeed um@dsign90 :mrgreen:

Perasaan nubie kurang enak pd masa depan mereka2 semua. palage kalo ga bisa ninggalin zona nyamanna selama ini

Yg sangat disayangkan tu ya kemelut di Nissan wong sebenerna ini merek Jepun yg paling siap pada era EV dengan Leaf yg EV terlaris dunia. Malah lebih laris dari Tesla palage VW

:drinking:
nah iya kecuali VW saya rasa satu2nya pabrikan kolot yang bisa ikut lari2an sama merk2 start up mobil listrik yg dilist sama om turbo
keliatan dari desain aja lineup2 id ini, id itu ...gak kehilangan identitas ala VW nya juga buat ev premiumnya macam e Tron dan taycan ... gak kayak bmw i yang aneh dan nampak setengah2 urusan powertrainnya dan mercy eq yang rata2 terkesan plain buat seekor mercy meski fake exhaust di taycan juga bener2 kayak lelucon
ford juga kayaknya susah payah sampai harus bawa roh mustang segala itu juga masih mending dibanding pabrikan lain yg kayaknya bingung urusan mobil setrum
nissan cuma ngubek2 di leaf padahal seharusnya lineup real mobil listrik dia seenggaknya udah harus sebanyak tesla karena pemain besar tertua yang serius di dunia mass ev
Couldn't agree more, Um

Mereka terlihat masih gamang dengan EV dan saat ini masih tahap eksperimen doank. Titik berat mereka tetap pada hybrid dan PHEV.

BMW bahkan akan suntik mati i3 dan i8 yg brarti buang duit dan waktu percuma aza. Proyek yg gagal total dan mereka skarang terlihat kebingungan menentukan langkah selanjutna

Mercedes jg baru ada 1 line up EV yg berbentuk Van sehingga ga menarik terkesan sperti ambulance :e-wall:
Next gen C class W206 yg dijanjikan akan ada EV ternyata juga pepesan kosong. enjin baru EQ Boost masih mild hybrid :off_no:

Untuk merk Jepun yg laen ini jg warning bagi mereka bahwa waktu dan air pasang ga akan menunggu kesiapan mereka :e-snooty:

Jgn sampe waktu mendatang kehilangan muka karna dipermalukan merk2 boil yg mreka anggap cecere...... wkwkwkwk :mrgreen:

Khusus untuk Leaf kan udah generasi ke 2 saat ini wong bahkan renault nyaris bangkrut dan alami krisis keuangan karena pengembangan Leaf dari awalna memakan biaya yg sangat2 besar.
tapi skarang manis di akhir karena jadi EV terlaris dunia :frm_salut:

Utk penambahan line up EV nissan jg udah direncanakan oleh Ghosn seblom terkudeta saat ini

:drinking:
baru tahu kalai i3dan i8 mau discontinue padahal dekade2 yang akan datang masing2 negara eropa mau larang mobil2 ICE murni ronanya suram kalau gini BMW
mercy ada eqc sebenarnya cuma ya gitu tampilanya kayak glc modif gak bikin menarik calon konsumen
nissan di saat tesla lagi ngmbangin lineup selain model S dia malah berkutat sama datsun yang ujungnya berakhir kegagalan
senjata merk2 baru tersebut ada di gimmick ya g menarik seperti byton dg layar segede lapang basket , tesla yg serba frameless - pintu gullwing elektrik-akselerasi gokil , belum lagi merk2 lain yang kalau lagi launching bikin penasaran ubek2 infonya meski cuma liat2 doang gak seperti pabrikan2 lama yg segitu2nya ( cuma ganti ICE ke listirk kesannya)
emang sih dunia akhir2 ini ( mulai dekade 2010) rasanya banyak banget kejutan mulai dari beli hp pake setahun langsung terasa kuno, banyaknya alat di film fiksi yg teralisasi, radikalisasi ekonomi, sampai fenomena ceblong-kampret wkwkwkwk
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by adityabp »

Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 11:24
adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41
Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 6:14 Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.

:big_deal:
Kebetulan ditempat saya kerja masih 1 departemen tapi beda section itu menangani motor listrik dari ukuran kecil sampai ukuran Mega Watt (MW), bahkan ada jenis motor sangat langka ditempat saya, namanya Cyclo Converter Ring Motor power 6,7MW.
motor kecil berbagai jenis kami rewinding sendiri, motor besar medium dan high voltage kami serahkan perbaikan ke Vendor (lokal)
Baik motor AC/DC, brush/brushless Yang membedakan desain motor listrik adalah IP rating, Explosion Proof atau tidak dan cooling system, untuk perusahaan saya motor di atas 5kw masih worth untuk di rewinding.
Motor listrik untuk mobil saat ini biasanya ada di kisaran tenaga 60kw-200kw umumnya di sistem 60/72V.
IP rating untuk motor listrik di mobil umumnya cukup tinggi mengingat lingkungan yang akan dilalui.
Hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rewinding adalah saat assembly yaitu mempertahankan IP rating agar setara saat seperti keluar pabrikan.
Motor 3 fasa untuk Industri dengan power 75kW saja sekitar 50jt, kebayangkan kalau ga bisa di gulung ulang. Untuk Tesla mungkin mereka memang memakai motor listrik kualitas tinggi sehingga bisa bertahan puluhan tahun.
Oya teknologi motor listrik dari tahun 70-an sampai saat ini tidak banyak berubah, yang berkembang adalah teknologi untuk kontrol motor seperti VVVF
Bayangan saya kalo motor EV direwinding itu ibarat mesin ICE yg stang pistonnya patah trus dilas doank.
Ngeri2x sedap lah..
:mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by adityabp »

kunaskun wrote: Wed Jan 15, 2020 9:25
adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41\
IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.

:big_deal:
udah banyak setahu saya di USA. terutama untuk exchange Tesla. mulai dari skala rebuilt, sampe DIY at home. dan motor listrik kayanya jangankan rewinding untuk dipake saja sudah kateegori luar biasa tangguh. malah pernah nonton di youtube ada yg blg: tesla itu boleh banyak konyol dan anehnya, tapi urusan motor masuk kategori indestructible.
Semoga aja banyak pabrikan batere masuk ke sini.

:big_deal:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kunaskun »

adityabp wrote: Fri Jan 17, 2020 7:03 Semoga aja banyak pabrikan batere masuk ke sini.

:big_deal:
makanya govt, kekeuh bikin roadmap, future EV, cari2 cara buat bikin pabrik batere di indo. karena masa depan ya ada di batere dan tentu bahan bakunya cobalt nickel copper lithium cs, walau bisa jadi di indo sendiri ga kepake, bisa jadi banyak dipake brand China. karena mereka yang paling agresif urusan EV dan solar cell tentunya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kunaskun »

dsign1990 wrote: Thu Jan 16, 2020 8:07 baru tahu kalai i3dan i8 mau discontinue padahal dekade2 yang akan datang masing2 negara eropa mau larang mobil2 ICE murni ronanya suram kalau gini BMW
karena ga untung akibat ga laku2 amat. ya iyalah harga segitu [emo-yesno]
mercy ada eqc sebenarnya cuma ya gitu tampilanya kayak glc modif gak bikin menarik calon konsumen
nissan di saat tesla lagi ngmbangin lineup selain model S dia malah berkutat sama datsun yang ujungnya berakhir kegagalan
ceritanya si Datsun si bagus, extend market di negara berkembang, yg ada gagal karena faktor internal juga. walau ada sedikit romantisme merek Datsun dulunya.
senjata merk2 baru tersebut ada di gimmick ya g menarik seperti byton dg layar segede lapang basket , tesla yg serba frameless - pintu gullwing elektrik-akselerasi gokil , belum lagi merk2 lain yang kalau lagi launching bikin penasaran ubek2 infonya meski cuma liat2 doang gak seperti pabrikan2 lama yg segitu2nya ( cuma ganti ICE ke listirk kesannya)
emang sih dunia akhir2 ini ( mulai dekade 2010) rasanya banyak banget kejutan mulai dari beli hp pake setahun langsung terasa kuno, banyaknya alat di film fiksi yg teralisasi, radikalisasi ekonomi, sampai fenomena ceblong-kampret wkwkwkwk
Tesla si burn money. tipikal startup. terus PR Stunt CEO-nya si Mr Elon Musk manjur2 semua. sampe disebut real life Tony Stark :mky_07: padahal itu kompani udah bleeding kaya apa tau d, kalau di Mega corp lain yakinlah dia udah ditendang [emo-yesno]
tapi bagusnya ya itu ga ada Tesla, pabrikan gila mana lagi yang mau maju ikutan jadi pionir? Chevy Volt didukung Mr. Obama aja failed.

di indo mah sudahlah cukup ribut2 soal fitur2 macem ac digital, airbag 6 biji, audio integrated mevvah, speedo TFT, ABS EBD BA, arm rest, tampilan mevvah. walau ujung2nya mending daitoyo. :mky_07: :mky_07:
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Shonen »

sebenernya banyak yang kepentingannya terganggu sih dengan adanya mobil listrik ini terutama sih perusahaan minyak pastinya..gue sendiri termasuk menunggu kebijakan mobil listrik di dalem negeri mau dibawa kemana mau serius atau ngga...disini ribut2 mo beralih ke mobil listrik tapi infranya kagak dibangun lah ntar siape yang mau beli...kalaupun beli nanti susah dibawa kemana mana...pdhl enak banget si baru nyoba tesla kemaren kemaren gila tenaganya naujubile...cuman belakangnya si agak kasian untuk kelas mobil miliaran..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Turboman »

Shonen wrote:sebenernya banyak yang kepentingannya terganggu sih dengan adanya mobil listrik ini terutama sih perusahaan minyak pastinya..gue sendiri termasuk menunggu kebijakan mobil listrik di dalem negeri mau dibawa kemana mau serius atau ngga...disini ribut2 mo beralih ke mobil listrik tapi infranya kagak dibangun lah ntar siape yang mau beli...kalaupun beli nanti susah dibawa kemana mana...pdhl enak banget si baru nyoba tesla kemaren kemaren gila tenaganya naujubile...cuman belakangnya si agak kasian untuk kelas mobil miliaran..
Abis TD dikejar2 suru SPK nda

wkwkwkwk
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by dsign1990 »

kunaskun wrote: Fri Jan 17, 2020 11:29
dsign1990 wrote: Thu Jan 16, 2020 8:07 baru tahu kalai i3dan i8 mau discontinue padahal dekade2 yang akan datang masing2 negara eropa mau larang mobil2 ICE murni ronanya suram kalau gini BMW
karena ga untung akibat ga laku2 amat. ya iyalah harga segitu [emo-yesno]
mercy ada eqc sebenarnya cuma ya gitu tampilanya kayak glc modif gak bikin menarik calon konsumen
nissan di saat tesla lagi ngmbangin lineup selain model S dia malah berkutat sama datsun yang ujungnya berakhir kegagalan
ceritanya si Datsun si bagus, extend market di negara berkembang, yg ada gagal karena faktor internal juga. walau ada sedikit romantisme merek Datsun dulunya.
senjata merk2 baru tersebut ada di gimmick ya g menarik seperti byton dg layar segede lapang basket , tesla yg serba frameless - pintu gullwing elektrik-akselerasi gokil , belum lagi merk2 lain yang kalau lagi launching bikin penasaran ubek2 infonya meski cuma liat2 doang gak seperti pabrikan2 lama yg segitu2nya ( cuma ganti ICE ke listirk kesannya)
emang sih dunia akhir2 ini ( mulai dekade 2010) rasanya banyak banget kejutan mulai dari beli hp pake setahun langsung terasa kuno, banyaknya alat di film fiksi yg teralisasi, radikalisasi ekonomi, sampai fenomena ceblong-kampret wkwkwkwk
Tesla si burn money. tipikal startup. terus PR Stunt CEO-nya si Mr Elon Musk manjur2 semua. sampe disebut real life Tony Stark :mky_07: padahal itu kompani udah bleeding kaya apa tau d, kalau di Mega corp lain yakinlah dia udah ditendang [emo-yesno]
tapi bagusnya ya itu ga ada Tesla, pabrikan gila mana lagi yang mau maju ikutan jadi pionir? Chevy Volt didukung Mr. Obama aja failed.

di indo mah sudahlah cukup ribut2 soal fitur2 macem ac digital, airbag 6 biji, audio integrated mevvah, speedo TFT, ABS EBD BA, arm rest, tampilan mevvah. walau ujung2nya mending daitoyo. :mky_07: :mky_07:
abis liat video carwow ngetes mobil.listrik sampai 0%
surprisingly EV kelas sejuta umat klaim dan realnya berdekatan nissan leaf 87% dan bahkan kia niro 90% dan ngalahi. jarak tempuh ev2 premium
yang lain macam jag , tesla , eqc cuma 70an % lebih
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Shonen »

Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 1:23
Shonen wrote:sebenernya banyak yang kepentingannya terganggu sih dengan adanya mobil listrik ini terutama sih perusahaan minyak pastinya..gue sendiri termasuk menunggu kebijakan mobil listrik di dalem negeri mau dibawa kemana mau serius atau ngga...disini ribut2 mo beralih ke mobil listrik tapi infranya kagak dibangun lah ntar siape yang mau beli...kalaupun beli nanti susah dibawa kemana mana...pdhl enak banget si baru nyoba tesla kemaren kemaren gila tenaganya naujubile...cuman belakangnya si agak kasian untuk kelas mobil miliaran..
Abis TD dikejar2 suru SPK nda

wkwkwkwk
kgak test drive buat beli mod kebetulan baru pulang dr us...sewa tesla model s disana...sekalian road trip ya ga jauh2 amat jg...ngeriii sih torsinya biasa bawa gerobak sayur dikasi mobil listrik ya beda jauh hehehe...malah jadi norakk karena terlalu canggih buat saya pribadi..
erwin95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by erwin95 »

Kalau menurut saya era full EV masih lama sih, mungkin sekitar 10-20 thn lagi. Tantangan paling besar ada di baterai, jadi selama teknologi baterai masih gitu-gitu aja ya prospek EV masih gak begitu bagus. Soal lain-lainnya (dinamo, controller, dll) saya rasa gampanglah itu..

Menurut saya yg sudah di depan mata itu hybrid vehicle, sebagai masa transisi ICE ke EV. Raksasa otomotif saya kira tahu bener soal ini, makanya masih pada fokus disana.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Turboman »

Shonen wrote:
Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 1:23
Shonen wrote:sebenernya banyak yang kepentingannya terganggu sih dengan adanya mobil listrik ini terutama sih perusahaan minyak pastinya..gue sendiri termasuk menunggu kebijakan mobil listrik di dalem negeri mau dibawa kemana mau serius atau ngga...disini ribut2 mo beralih ke mobil listrik tapi infranya kagak dibangun lah ntar siape yang mau beli...kalaupun beli nanti susah dibawa kemana mana...pdhl enak banget si baru nyoba tesla kemaren kemaren gila tenaganya naujubile...cuman belakangnya si agak kasian untuk kelas mobil miliaran..
Abis TD dikejar2 suru SPK nda

wkwkwkwk
kgak test drive buat beli mod kebetulan baru pulang dr us...sewa tesla model s disana...sekalian road trip ya ga jauh2 amat jg...ngeriii sih torsinya biasa bawa gerobak sayur dikasi mobil listrik ya beda jauh hehehe...malah jadi norakk karena terlalu canggih buat saya pribadi..
wiw mantapp

Btw barusan di Tol papasan ama seri 3

larinya gesit kayak Tuyul......wuzz wazzz wuzzz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 18:27 wiw mantapp

Btw barusan di Tol papasan ama seri 3

larinya gesit kayak Tuyul......wuzz wazzz wuzzz
apalg ayla swap mesin GD n pasang monmax....


berasa tuyul mabok lem aibon.....ngesot melintir trs kakinya...gak kuat napak kaki.

lebih hemat dr seri 3....


wuzz wazzzz wuzzz.....



:ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Turboman »

seri 3 = Tesla model 3
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by Herman7103 »

Angin segar untuk Electric Vehicle dan
industri baterai EV di masa depan,
dimana Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020 hari Kamis silam menyebutkan bahwa Ibukota Baru di Kalimantan nantinya akan menjadi zona yang eksklusif untuk mobil listrik dan mobil otonom.
Pernyataan ini senada dengan konsep Ibukota Baru yang merupakan Green City, Smart City, Compact, dan Autonomous.
Presiden Jokowi menyebutkan bahwa selain mobil listrik dan mobil otonom, tidak boleh ada kendaraan yang berlalu – lalang di Ibukota Baru tersebut.

Mudah mudahan benar benar terealisasi sebagai kota pelopor Green City di Indonesia yg semoga nantinya ditiru oleh kota kota besar lainnya di Indonesia agar di masa depan tingkat polusi udara di kota kota besar di seluruh Indonesia jauh berkurang. Zero Carbon Emmision, Fuel Efficient, Fresh Air, Good Health .

https://autonetmagz.com/jokowi-ibukota- ... nom/83862/
:glodak:
HR15DE 2014
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Mon Jan 20, 2020 3:11 seri 3 = Tesla model 3
iya yang harganya 2 M lebih kan.... yg tampangnya ky posce gak jadi...:big_weee:

bikin jiwa kisminku gemetar pegang pulpen nulis angka bayarnya... :frm_bang_head:


coba ayla swap mesin 2 GD sekalian datangin 2 GD 2800 Cc bekas thailan n pasang MONMAX....


jadi tuyul nyengser nanti overdosis lem aibon....versi hemat...


WUZZ WAZZZ WUZZZ.....

SETRONGZZZ


:ngacir: