Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Bingung harus posting dimana? Silakan letakkan disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

Halo para member SM,

Sudah lama gak bikin thread disini, kali ini izin buat thread lagi untuk minta saran mobil yg saya pakai buat jadi kaki kalo mau kemana mana di kota perantauan.

Kebetulan saya lagi penempatan di jakarta area, dan saya bawa mobil Avanza buat jaga jaga perlu mobil untuk jarak jauh, sekaligus mau urus claim warranty mobil ini yang mulai km 40rb an transmisi sama gardannya dengung.

Sehari-hari motoran aja karena lokasi tinggal sama kerjaan cuma 10 menit motoran. Kebanyakan mobil saya pake pas Sabtu Minggu, pas lagi hujan, sama sebulan sekali keluar kota ke bandung dan tiap lebaran sama tahun baru ke rumah di Malang.

Singkat cerita, mobil ini udh ganti gardan Assy, belah transmisi dan ganti sebagian part sampe akhirnya ganti assy juga karna masih bermasalah. Saya sampe bikin surat pembaca mediakonsumen.com buat "sentil" BERES nya karna mobil gak beres2. Gong terakhirnya, baru ketauan pas mobil ganti gardan, oli yg diisi bengkel resmi ternyata kurang dari referensinya 3.7l, saya tap cuma keluar 2.3l dan ujung2 nya gardan jadi bunyi backlash lagi, ketambahan sekarang kalo gigi 4, lepas gas ada suara kruk2 dari area gardan. Saya masih blm sempet ke bengkel buat cek apa gardannya kena lagi ato malah bearing rodanya yg kena, udah malas lah urusan garansi sama Astra..

Ini mobil udah saya rawat dari baru, oli full Q8 per 5rb ganti, oli transmisi dan gardan ganti tiap 10rb. malah ketambahan sebelum lebaran kemarin, saya abis ganti ban ke Turanza 6 sama aki amaron hi life pro, dan karna sarung jok dealer udah sobek, saya retrim jok microfiber sekalian retrim stir pake genuine leather nappa (malah curcol :big_slap: )

Menurut agan agan disini, dengan kondisi mobil yang riwayat nya begitu, baiknya tetep saya rawat atau dilepas aja. Dan semisal dilepas, dengan kebutuhan seperti itu, baiknya ambil mobil apa, syukur2 bisa 7 seater lagi karna kepake banget kalo lagi butuh dan minimal banget matic, dan enak buat dipake lukot yg jaraknya sekitar 2.5 jam keatas. Saya sempet lirik xl7 Zeta karna simple ato sekalian zenix G yg katanya diskonnya lumayan. Kalau xl7 mungkin bisa saya langsung purchase setelah Avanza ini laku, kalau zenix mungkin nunggu FL1 sampai issue drive shaft jg solved..


Mohon petuah dan saran2 dari rekan-rekan disini. Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 985
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zonepublic »

Tergantung kebutuhan anda ,kalo anda cocok sama avanza itu ya pertahanin aja,xl7 ga akan lebih kuat dari avanza tua anda,kalo penggantian part yang bergilir ya wajar,makannya perlu peremajaan sekalian turun mesin bila perlu biar diberesin smua kalo ada sludge2,kampas kopling matic ganti smua,emang perawatan mobil ga murah tapi menurut saya lebih worthed kalau anda cocok dengan unitnya karena mobil sekarang tidak sekuat mobil anda
Bunyi kruk2 bisa jadi bearing di transmisi sudah aus,anda dulu perbaikan transmisi matic setengah2 itu kurang tuntas
IMG_20250516_162703.jpg
Ini bearing transmisi saya baru ganti 4 biji buat luxio

Tapi kalo anda mau upgrade yang lebih nyaman ya silakan pindah zenix/xl7 konsekwensinya diatas sudah ditulis
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

zonepublic wrote: Mon Jun 02, 2025 12:04 Tergantung kebutuhan anda ,kalo anda cocok sama avanza itu ya pertahanin aja,xl7 ga akan lebih kuat dari avanza tua anda,kalo penggantian part yang bergilir ya wajar,makannya perlu peremajaan sekalian turun mesin bila perlu biar diberesin smua kalo ada sludge2,kampas kopling matic ganti smua,emang perawatan mobil ga murah tapi menurut saya lebih worthed kalau anda cocok dengan unitnya karena mobil sekarang tidak sekuat mobil anda
Bunyi kruk2 bisa jadi bearing di transmisi sudah aus,anda dulu perbaikan transmisi matic setengah2 itu kurang tuntas
IMG_20250516_162703.jpg
Ini bearing transmisi saya baru ganti 4 biji buat luxio

Tapi kalo anda mau upgrade yang lebih nyaman ya silakan pindah zenix/xl7 konsekwensinya diatas sudah ditulis
Halo om,

Boleh dibaca lagi thread nya. Ini Avanza 2021 pemakaian 2022, saya pakai dari baru. Dari facia emang model grand karna ini satu satunya Avanza RWD brand new faktur yang bisa dibeli umum satuan di februari 2022 silam (a.k.a transmover, boleh dicek ke a2k kalau ragu dgn statement saya). Saat ini kilometer masih 55rb an ongoing dan seluruh perbaikan dan penggantian part yang ujung2 nya assy dilakukan di bengkel Toyota resmi.


Untuk zenix dan xl7 saya masih wait n see melihat saran2 dari rekan-rekan disini..

Regards,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by X252 »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 11:34 Halo para member SM,

Sudah lama gak bikin thread disini, kali ini izin buat thread lagi untuk minta saran mobil yg saya pakai buat jadi kaki kalo mau kemana mana di kota perantauan.

Kebetulan saya lagi penempatan di jakarta area, dan saya bawa mobil Avanza buat jaga jaga perlu mobil untuk jarak jauh, sekaligus mau urus claim warranty mobil ini yang mulai km 40rb an transmisi sama gardannya dengung.

Sehari-hari motoran aja karena lokasi tinggal sama kerjaan cuma 10 menit motoran. Kebanyakan mobil saya pake pas Sabtu Minggu, pas lagi hujan, sama sebulan sekali keluar kota ke bandung dan tiap lebaran sama tahun baru ke rumah di Malang.

Singkat cerita, mobil ini udh ganti gardan Assy, belah transmisi dan ganti sebagian part sampe akhirnya ganti assy juga karna masih bermasalah. Saya sampe bikin surat pembaca mediakonsumen.com buat "sentil" BERES nya karna mobil gak beres2. Gong terakhirnya, baru ketauan pas mobil ganti gardan, oli yg diisi bengkel resmi ternyata kurang dari referensinya 3.7l, saya tap cuma keluar 2.3l dan ujung2 nya gardan jadi bunyi backlash lagi, ketambahan sekarang kalo gigi 4, lepas gas ada suara kruk2 dari area gardan. Saya masih blm sempet ke bengkel buat cek apa gardannya kena lagi ato malah bearing rodanya yg kena, udah malas lah urusan garansi sama Astra..

Ini mobil udah saya rawat dari baru, oli full Q8 per 5rb ganti, oli transmisi dan gardan ganti tiap 10rb. malah ketambahan sebelum lebaran kemarin, saya abis ganti ban ke Turanza 6 sama aki amaron hi life pro, dan karna sarung jok dealer udah sobek, saya retrim jok microfiber sekalian retrim stir pake genuine leather nappa (malah curcol :big_slap: )

Menurut agan agan disini, dengan kondisi mobil yang riwayat nya begitu, baiknya tetep saya rawat atau dilepas aja. Dan semisal dilepas, dengan kebutuhan seperti itu, baiknya ambil mobil apa, syukur2 bisa 7 seater lagi karna kepake banget kalo lagi butuh dan minimal banget matic, dan enak buat dipake lukot yg jaraknya sekitar 2.5 jam keatas. Saya sempet lirik xl7 Zeta karna simple ato sekalian zenix G yg katanya diskonnya lumayan. Kalau xl7 mungkin bisa saya langsung purchase setelah Avanza ini laku, kalau zenix mungkin nunggu FL1 sampai issue drive shaft jg solved..


Mohon petuah dan saran2 dari rekan-rekan disini. Terima kasih
Halo om, kalau tidak mengutamakan sistem RWD mungkin bisa dipertimbangan Zenix atau XL7, saya user XL7 dan pernah tes drive Zenix. So far keduanya pilihan aman (all rounder) kalau buat jalan2 di jawa. Tapi pertimbangannya ini kan udah mobil FWD kaki2nya tidak sekuat avanza.

Kalau masih bisa sabar, dikeep dulu avanza nya sampai problemnya selesai.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 985
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zonepublic »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 12:42
Halo om,

Boleh dibaca lagi thread nya. Ini Avanza 2021 pemakaian 2022, saya pakai dari baru. Dari facia emang model grand karna ini satu satunya Avanza RWD brand new faktur yang bisa dibeli umum satuan di februari 2022 silam (a.k.a transmover, boleh dicek ke a2k kalau ragu dgn statement saya). Saat ini kilometer masih 55rb an ongoing dan seluruh perbaikan dan penggantian part yang ujung2 nya assy dilakukan di bengkel Toyota resmi.


Untuk zenix dan xl7 saya masih wait n see melihat saran2 dari rekan-rekan disini..

Regards,
Hmm susah juga,kayanya unitnya cacat produksi
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by t105erd »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 11:34 Halo para member SM,

Sudah lama gak bikin thread disini, kali ini izin buat thread lagi untuk minta saran mobil yg saya pakai buat jadi kaki kalo mau kemana mana di kota perantauan.

Kebetulan saya lagi penempatan di jakarta area, dan saya bawa mobil Avanza buat jaga jaga perlu mobil untuk jarak jauh, sekaligus mau urus claim warranty mobil ini yang mulai km 40rb an transmisi sama gardannya dengung.

Sehari-hari motoran aja karena lokasi tinggal sama kerjaan cuma 10 menit motoran. Kebanyakan mobil saya pake pas Sabtu Minggu, pas lagi hujan, sama sebulan sekali keluar kota ke bandung dan tiap lebaran sama tahun baru ke rumah di Malang.

Singkat cerita, mobil ini udh ganti gardan Assy, belah transmisi dan ganti sebagian part sampe akhirnya ganti assy juga karna masih bermasalah. Saya sampe bikin surat pembaca mediakonsumen.com buat "sentil" BERES nya karna mobil gak beres2. Gong terakhirnya, baru ketauan pas mobil ganti gardan, oli yg diisi bengkel resmi ternyata kurang dari referensinya 3.7l, saya tap cuma keluar 2.3l dan ujung2 nya gardan jadi bunyi backlash lagi, ketambahan sekarang kalo gigi 4, lepas gas ada suara kruk2 dari area gardan. Saya masih blm sempet ke bengkel buat cek apa gardannya kena lagi ato malah bearing rodanya yg kena, udah malas lah urusan garansi sama Astra..

Ini mobil udah saya rawat dari baru, oli full Q8 per 5rb ganti, oli transmisi dan gardan ganti tiap 10rb. malah ketambahan sebelum lebaran kemarin, saya abis ganti ban ke Turanza 6 sama aki amaron hi life pro, dan karna sarung jok dealer udah sobek, saya retrim jok microfiber sekalian retrim stir pake genuine leather nappa (malah curcol :big_slap: )

Menurut agan agan disini, dengan kondisi mobil yang riwayat nya begitu, baiknya tetep saya rawat atau dilepas aja. Dan semisal dilepas, dengan kebutuhan seperti itu, baiknya ambil mobil apa, syukur2 bisa 7 seater lagi karna kepake banget kalo lagi butuh dan minimal banget matic, dan enak buat dipake lukot yg jaraknya sekitar 2.5 jam keatas. Saya sempet lirik xl7 Zeta karna simple ato sekalian zenix G yg katanya diskonnya lumayan. Kalau xl7 mungkin bisa saya langsung purchase setelah Avanza ini laku, kalau zenix mungkin nunggu FL1 sampai issue drive shaft jg solved..


Mohon petuah dan saran2 dari rekan-rekan disini. Terima kasih
tapi sekarang udah di benerin belum om gardan nya?
parah amat kualitas bengkel resmi, isi oli gardan aja ga beres.
tempo lalu saya ganti oli gearbox manual yaris juga SA nya ga paham itu volume mtf nya
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by rakyatwkwkland »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 12:42
zonepublic wrote: Mon Jun 02, 2025 12:04 Tergantung kebutuhan anda ,kalo anda cocok sama avanza itu ya pertahanin aja,xl7 ga akan lebih kuat dari avanza tua anda,kalo penggantian part yang bergilir ya wajar,makannya perlu peremajaan sekalian turun mesin bila perlu biar diberesin smua kalo ada sludge2,kampas kopling matic ganti smua,emang perawatan mobil ga murah tapi menurut saya lebih worthed kalau anda cocok dengan unitnya karena mobil sekarang tidak sekuat mobil anda
Bunyi kruk2 bisa jadi bearing di transmisi sudah aus,anda dulu perbaikan transmisi matic setengah2 itu kurang tuntas
IMG_20250516_162703.jpg
Ini bearing transmisi saya baru ganti 4 biji buat luxio

Tapi kalo anda mau upgrade yang lebih nyaman ya silakan pindah zenix/xl7 konsekwensinya diatas sudah ditulis
Halo om,

Boleh dibaca lagi thread nya. Ini Avanza 2021 pemakaian 2022, saya pakai dari baru. Dari facia emang model grand karna ini satu satunya Avanza RWD brand new faktur yang bisa dibeli umum satuan di februari 2022 silam (a.k.a transmover, boleh dicek ke a2k kalau ragu dgn statement saya). Saat ini kilometer masih 55rb an ongoing dan seluruh perbaikan dan penggantian part yang ujung2 nya assy dilakukan di bengkel Toyota resmi.


Untuk zenix dan xl7 saya masih wait n see melihat saran2 dari rekan-rekan disini..

Regards,
Woww baru 55k km...

Ane user versi tidak berpopoknya XL7, yaitu er3. Kebetulan unit ane jg pernah kena cacat produksi, yaitu mesin rembes di 44k km (yang mana mesin rembes ini memang sempat jd isu masal tp gamau direcall sama sijuki). Cuma, izinkan ane bikin TS (mungkin) jadi sedikit iri, bedanya kalo di case ane klaim garansi sekali tanpa babibu lgsg dikerjain gratis, smp sekarang mesin aman sentosa. Perbaikannya diseal ulang cover timing chainnya krn rembes dr situ.

Yang bilang XL7 gak akan lebih bandel dr apanjah tua TS, yaa yg jelas kl unit ane yg saat ini dah menginjak 111k km sih masih lebih trouble free dr avanzanya TS ya. List jajannya sejauh ini : engine mounting dan vanbelt di 90an rb km, shockbreaker, lower arm, kampas rem dan disc depan di 100 rban km, terus kayanya bntr lagi dah mesti ganti rack steer nih dah mulai bunyi2 soalnya. Yg jelas mesin (selain isu rembes), transmisi, dan main electrical still no issue.

Bonus kl ganti XL7 dapet extra nyaman, extra lega, extra fitur, extra power dikitt juga.

Cuma kalo misalnya TS ada nilai sentimental dgn avanzanya, yaa itu balik lg keputusan pribadi. Tentu resiko juga kalau dijual itu avanzanya bisa jadi bakal ditawar orang agak rendah kalau PR nya masih blm solved, ditambah lagi ini tipe transmover.

Another issue soal perlendiran dan bengkel resmi, emang bengkel resmi ini kadang suka rada2 ya masa kitab manual yg dibikin oleh brand mereka sendiri ga diturutin. Ane di sijuki jg kalo ganti oli sama beresnya suka diisiin 3,5 liter, padahal manual bilang 3,1 liter. Solusinya tiap ganti oli ane selalu wanti2 soal literan oli ini.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3214
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by walid_007 »

jual aja om apalagi mobil kan nyangkut nyawa . klo ada trouble gitu ntr berdampak ke yg lain apalagi saat high speed.
toh juga depresiasi mya juga udah untung dipake selama 4 thn
engine roaring!
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

t105erd wrote: Mon Jun 02, 2025 14:28
tapi sekarang udah di benerin belum om gardan nya?
parah amat kualitas bengkel resmi, isi oli gardan aja ga beres.
tempo lalu saya ganti oli gearbox manual yaris juga SA nya ga paham itu volume mtf nya
Mentok prosesnya om, setelah saya pepet bengkel kenapa bisa isi oli kurang, bengkel cari aman dengan lepas tangan karna saya dianggap tidak ikut servis berkala sesuai bulan, walaupun secara km memenuhi, dan dikait2kan karna tidak pernah pakai oli dari bengkel, saya selalu pake Q8 soalnya dari unit ini baru. malah pake acara bilang harusnya ga dapet warranty segala macam..

malah unit sya yg ga pernah pake Q8 gardan sama transmisinya ga kenapa2.. gimana nih komentarnya sabahat Q8 :big_grin:

disamping garansi saya emang udah abis di bln maret lalu. dan penggantian transmisi assy dilakukan april. kalau berkenan boleh mampir ke surat pembaca saya disini om

https://mediakonsumen.com/2025/03/04/su ... ent-page-2
https://mediakonsumen.com/2025/04/30/su ... salah-lagi
X252 wrote: Mon Jun 02, 2025 13:47
Halo om, kalau tidak mengutamakan sistem RWD mungkin bisa dipertimbangan Zenix atau XL7, saya user XL7 dan pernah tes drive Zenix. So far keduanya pilihan aman (all rounder) kalau buat jalan2 di jawa. Tapi pertimbangannya ini kan udah mobil FWD kaki2nya tidak sekuat avanza.

Kalau masih bisa sabar, dikeep dulu avanza nya sampai problemnya selesai.
Kebetulan saya masih ada unit GNKI 2014 dan Veloz 2021 yang masih RWD di kalimantan um, dan untuk saat ini lirik FWD dengan pertimbangan akan lebih banyak pemakaian di jawa dan toll, namun tetap pertimbangkan geared AT untuk transmisinya, masih belum yakin dengan CVT kalau ketemu kondisi dimana harus kickdown kasar :big_peace:

untuk XL7 nya apa ada catatan khusus yg perlu diperhatikan sebelum beli? saya lihat2 banyak pengguna keluhkan karat di handle pintu sama packing mesin yg gampang rembes, apa kejadian di unit yg dipelihara um?
rakyatwkwkland wrote: Mon Jun 02, 2025 14:59
Woww baru 55k km...

Ane user versi tidak berpopoknya XL7, yaitu er3. Kebetulan unit ane jg pernah kena cacat produksi, yaitu mesin rembes di 44k km (yang mana mesin rembes ini memang sempat jd isu masal tp gamau direcall sama sijuki). Cuma, izinkan ane bikin TS (mungkin) jadi sedikit iri, bedanya kalo di case ane klaim garansi sekali tanpa babibu lgsg dikerjain gratis, smp sekarang mesin aman sentosa. Perbaikannya diseal ulang cover timing chainnya krn rembes dr situ.

Yang bilang XL7 gak akan lebih bandel dr apanjah tua TS, yaa yg jelas kl unit ane yg saat ini dah menginjak 111k km sih masih lebih trouble free dr avanzanya TS ya. List jajannya sejauh ini : engine mounting dan vanbelt di 90an rb km, shockbreaker, lower arm, kampas rem dan disc depan di 100 rban km, terus kayanya bntr lagi dah mesti ganti rack steer nih dah mulai bunyi2 soalnya. Yg jelas mesin (selain isu rembes), transmisi, dan main electrical still no issue.

Bonus kl ganti XL7 dapet extra nyaman, extra lega, extra fitur, extra power dikitt juga.

Cuma kalo misalnya TS ada nilai sentimental dgn avanzanya, yaa itu balik lg keputusan pribadi. Tentu resiko juga kalau dijual itu avanzanya bisa jadi bakal ditawar orang agak rendah kalau PR nya masih blm solved, ditambah lagi ini tipe transmover.

Another issue soal perlendiran dan bengkel resmi, emang bengkel resmi ini kadang suka rada2 ya masa kitab manual yg dibikin oleh brand mereka sendiri ga diturutin. Ane di sijuki jg kalo ganti oli sama beresnya suka diisiin 3,5 liter, padahal manual bilang 3,1 liter. Solusinya tiap ganti oli ane selalu wanti2 soal literan oli ini.
Halo om, salam kenal..

Yup, baru 55rb km, pemakaian full dari baru ahahah.

sofar list claim warranty mobil ini:
- Lower Arm Depan Kiri Kanan 5rb km an
- Lower Arm Belakang Kiri Kanan, km mirip2 lower arm belakang
- Rematching Disc Brake
- Lock pintu bagasi
- Assy Disc Brake Kiri Kanan, 30rb km an
- Blower AC Belakang 30rb km an
- Bearing matahari 45rb km an
- Gardan Assy di 48rb km
- Transmisi Partial yaitu, full bearing, full synchromesh, full gear di 50rb km an
- Transmisi Assy + Kopel Assy di 54rb km

ternyata banyak juga yaa setelah di list hahahha

untuk sentimen, emang ini mobil salah satu yang ada ceritanya sendiri bagi TS, jadi emang agak dirawat dibanding unit lain. tapi kalo bikin pening mau saya tuker aja,

untuk beres, emang harus diperhatiin khusus sih om, kalo ikut manual book ato FSM mereka pun, oli transmisi avanza (75w-80) sama gardan innova (75w-85) pun mreka ga jual kok.. lha tapi mereka "memperbolehkan" pake oli yang ada di mereka, berasa standar ganda..
apalagi masalah isi2 fluida, saya pernah kedapatan nemu 1 beres topup coolant pake air pam dari kran mereka :big_bored:
walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 15:08 jual aja om apalagi mobil kan nyangkut nyawa . klo ada trouble gitu ntr berdampak ke yg lain apalagi saat high speed.
toh juga depresiasi mya juga udah untung dipake selama 4 thn
siapp om, ditampung sarannya
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by doge »

Ooh transmover

Klo biasa naik taxi bb si emg dibanding avanza seri biasa suaranya kedengeran semua sih

Smpe suara kopelnya waktu lepas injek gas jg denger

Klo cape bnerin jual aja om; bukan motuba tp ribet macem motuba ngerawatnya

Klo masih mau lanjut; ikut cara anak audio aja

Pasang peredam sekabin dan audio dibagusin; lalu kencangkan muzik :mky_08:

Transmover ini krn tipe dibawah basetrim; peredamnya diilangin hampir semua

Klo bongkar karpet dasar lsg ktemu kabel bodi paling
:ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1859
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by MSU »

begitulah kualitas beres utk soal kapasitas fluida....pada males buka kitab..
herannya lagi oli gardan & trans manual tu kan biasa diisi sampe luber ya
itulah knp avanza fwd ane ga pernah service di beres...selalu panggil mekanik home service-nya spy bs diliatin
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by t105erd »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 15:41
t105erd wrote: Mon Jun 02, 2025 14:28
tapi sekarang udah di benerin belum om gardan nya?
parah amat kualitas bengkel resmi, isi oli gardan aja ga beres.
tempo lalu saya ganti oli gearbox manual yaris juga SA nya ga paham itu volume mtf nya
Mentok prosesnya om, setelah saya pepet bengkel kenapa bisa isi oli kurang, bengkel cari aman dengan lepas tangan karna saya dianggap tidak ikut servis berkala sesuai bulan, walaupun secara km memenuhi, dan dikait2kan karna tidak pernah pakai oli dari bengkel, saya selalu pake Q8 soalnya dari unit ini baru. malah pake acara bilang harusnya ga dapet warranty segala macam..

malah unit sya yg ga pernah pake Q8 gardan sama transmisinya ga kenapa2.. gimana nih komentarnya sabahat Q8 :big_grin:

disamping garansi saya emang udah abis di bln maret lalu. dan penggantian transmisi assy dilakukan april. kalau berkenan boleh mampir ke surat pembaca saya disini om

https://mediakonsumen.com/2025/03/04/su ... ent-page-2
https://mediakonsumen.com/2025/04/30/su ... salah-lagi
lah padahal mtf dan gear oil pakai oli kuy-et kok malah jebol...
saya waktu ke tunas ganti mtf juga dia kasih shell spirax s2g 80rb an, sempet ditawarin sama sobatnya di sini pakai mtf dia hargana 240rb/l, ogah deh overprice buat saya kalo cuma mtf ga terlalu ngaruh yg bagaimana di mobil, asal spek dan volume sesuai, karena mobil harian bukan heavy duty atau buat endurance race wkwk...

saran saya coba ganti gear oil nya pakai rored hda atau spirax s2a kan kalo volume dia ngikut lubang isinya, kalo dah luber berarti dah pas.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1712
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by lemonadelovers »

jual transmover ganti veloz RWD last edition yg lampunya belah aja om
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by darrelund »

kronologi udah ganti assy girbok sama gardan gimana mbah? mobil relatif muda
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by Kaleng »

sofar list claim warranty mobil ini:
- Lower Arm Depan Kiri Kanan 5rb km an
- Lower Arm Belakang Kiri Kanan, km mirip2 lower arm belakang
- Rematching Disc Brake
- Lock pintu bagasi
- Assy Disc Brake Kiri Kanan, 30rb km an
- Blower AC Belakang 30rb km an
- Bearing matahari 45rb km an
- Gardan Assy di 48rb km
- Transmisi Partial yaitu, full bearing, full synchromesh, full gear di 50rb km an
- Transmisi Assy + Kopel Assy di 54rb km

Menakjubkan listnya om. kok bisa assy disc brake kiri kanan dan blower ac sampai claim di km 30rban.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by satriakarisma »

udah lepas aja Om, sorry to say ini udah dpt cacat unit.
daripada sakit hati dan buang buang waktu, ganti aja ke unit baru lainnya atau kl mau ya cari second hand avanza rwd last gen.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16755
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by ChZ »

kalau nggak keluar duit selama beresin sih jual aja.

mobil yang udah banyak balanya gini dan bengkel resminya kocak gitu bikin capek. gila yah masalah gardan aja gak kelar kelar ini bengkel resmi loh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16755
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Mon Jun 02, 2025 14:59
Another issue soal perlendiran dan bengkel resmi, emang bengkel resmi ini kadang suka rada2 ya masa kitab manual yg dibikin oleh brand mereka sendiri ga diturutin. Ane di sijuki jg kalo ganti oli sama beresnya suka diisiin 3,5 liter, padahal manual bilang 3,1 liter. Solusinya tiap ganti oli ane selalu wanti2 soal literan oli ini.
ane civic / CRV kalo di bengkel resmi, oli mesin dihabisin dong 4 liter.

aslinya padahal 3.7 pake filter, 3.5 tanpa filter.

sebenernya nih TBH avanza durabilitynya overrated. dari pengalaman gak bandel-bandel amat juga kaki kakinya. ya emang murah sih partnya. saya 40 rebu ganti shock semua xenia 2011 dan avanza 2014. prasaan malah lebih sering urusin kaki kaki avanza dibanding H yang terkenal rewel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 0:06 begitulah kualitas beres utk soal kapasitas fluida....pada males buka kitab..
herannya lagi oli gardan & trans manual tu kan biasa diisi sampe luber ya
itulah knp avanza fwd ane ga pernah service di beres...selalu panggil mekanik home service-nya spy bs diliatin
nah itu dia om, pas isi gardan baru yg notabene kering, di bon SPK nya cuma 3liter, padahal referensi penggantian rutin aja 3.7. lah ini isi kering kok ya cuma isi 3liter, mana pake pompa yg biasanya gak semua olinya kepompa, alias ngendap..

avanza fwd gmn impresinya om?
t105erd wrote: Tue Jun 03, 2025 0:11
lah padahal mtf dan gear oil pakai oli kuy-et kok malah jebol...
saya waktu ke tunas ganti mtf juga dia kasih shell spirax s2g 80rb an, sempet ditawarin sama sobatnya di sini pakai mtf dia hargana 240rb/l, ogah deh overprice buat saya kalo cuma mtf ga terlalu ngaruh yg bagaimana di mobil, asal spek dan volume sesuai, karena mobil harian bukan heavy duty atau buat endurance race wkwk...

saran saya coba ganti gear oil nya pakai rored hda atau spirax s2a kan kalo volume dia ngikut lubang isinya, kalo dah luber berarti dah pas.
saya masih ada sisa q8 75w90 gl5, sayang2 di tuang ke unit ini, mungkin mau coba isi sae 140 sebelum dijual ahahah
lemonadelovers wrote: Tue Jun 03, 2025 0:23 jual transmover ganti veloz RWD last edition yg lampunya belah aja om
kebetulan sebelum beli unit ini, sudah ada 1 unit veloz rwd om. Dari unit veloz itu pinginnya 1 unit lagi jaga2 kalo ntar kedepannya rare, cuma saat itu stok nasional avanza RWD sisa unit yg sekarang bermasalah ini...
darrelund wrote: Tue Jun 03, 2025 0:36 kronologi udah ganti assy girbok sama gardan gimana mbah? mobil relatif muda
di km 35rb an udah mulai kerasa bunyi backlash klatak2 di gardan om, bengkel resmi di BPN ga berani bongkar/claim katanya takut makin bermasalah.
saya bawalah mobil ini ke perantauan buat sekalian claim di pusatnya.

abis diganti gardan, malah transmisi saya yg jadi dengung, gardannya sempat senyap beberapa saat setelah ganti assy.
abis itu transmisinya dibelah buat diganti jeroan2 nya karna bengkel bilang bakal aman. nyatanya dengung ga ilang, malah jadi alot. digantilah transmisi gelondongan+kopel setelah surat pembaca pertama keluar.

gak taunya, sebelum ganti transmisi gelondongan, gardan berisik lagi setelah jala 2rb km. sekarang malah klatak2 dari backlash dan ketambahan bunyi krok2 kalo lepas gas di kec aga tinggi.. baru ketauan oli yg diisi kurang, karna saya tap cuma 2.3 liter, dari kapasitas seharusnya yg 3.7l.
bengkel pun ga bisa ngelak setelah sy cari recordnya ke beres kota lain buat liat brp liter oli gardan yg di klaim.

kesimpulannya, tau gini gak saya claim sekalian, langsung jual aja sebelum diobok2
Kaleng wrote: Tue Jun 03, 2025 1:38 sofar list claim warranty mobil ini:
- Lower Arm Depan Kiri Kanan 5rb km an
- Lower Arm Belakang Kiri Kanan, km mirip2 lower arm belakang
- Rematching Disc Brake
- Lock pintu bagasi
- Assy Disc Brake Kiri Kanan, 30rb km an
- Blower AC Belakang 30rb km an
- Bearing matahari 45rb km an
- Gardan Assy di 48rb km
- Transmisi Partial yaitu, full bearing, full synchromesh, full gear di 50rb km an
- Transmisi Assy + Kopel Assy di 54rb km

Menakjubkan listnya om. kok bisa assy disc brake kiri kanan dan blower ac sampai claim di km 30rban.
disc brake kalim karna abis dibubut geter lagi, dan saya email kalo kenapa di jalan saya minta tanggung jawab. digantilah assy, tapi di jakarta sempet 1x mereka bubut lagi karna sempet geter 1x
kalo blower ac belakang diganti karna bunyi krok2 kalo lagi nyala om
satriakarisma wrote: Tue Jun 03, 2025 2:54 udah lepas aja Om, sorry to say ini udah dpt cacat unit.
daripada sakit hati dan buang buang waktu, ganti aja ke unit baru lainnya atau kl mau ya cari second hand avanza rwd last gen.
sepertinya om cacat unit, sampe kapok mau beli unit NOS tahun lama..
kalau 2nd mungkin blm dulu, apalagi kalo penggantinya veloz juga, karna udh ada unitnya
ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:38 kalau nggak keluar duit selama beresin sih jual aja.

mobil yang udah banyak balanya gini dan bengkel resminya kocak gitu bikin capek. gila yah masalah gardan aja gak kelar kelar ini bengkel resmi loh.
keluar duid paling ongkos bolak balik kapal sama oli2 "branded" yang diisi buat ngurangin dampak kerusakannya aja om

tapi waktu sama tenaga sampe bela2in surat pembacanya ituloh yang bikin saya pikir2 mau beli brand ASII.
ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:40
ane civic / CRV kalo di bengkel resmi, oli mesin dihabisin dong 4 liter.

aslinya padahal 3.7 pake filter, 3.5 tanpa filter.

sebenernya nih TBH avanza durabilitynya overrated. dari pengalaman gak bandel-bandel amat juga kaki kakinya. ya emang murah sih partnya. saya 40 rebu ganti shock semua xenia 2011 dan avanza 2014. prasaan malah lebih sering urusin kaki kaki avanza dibanding H yang terkenal rewel.
bener om, partnya gak murah2 amat.. mungkin yg bilang murah kalo beli yg local sourced ato kw nya ya.. tapi kalo beli genuine rasanya mirip2 brand lain
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3084
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by farizfsa »

kl saya sih lepas aja om

om udah ada pikirian mau lepas

mungkin mobilnya kurang cengli buat om, jdlah dia ada aja rusakannya dan blm beres2 bgt.

sy ada jg kok beberapa kali mbl yg katanya badak di saya ada aja rusaknya :big_biglaugh: , ga lama saya jual. masih dipakai sama pemilik selanjutnya dan malah jarang rusak. contohnya honda accord cr, rush gen 1 sama teranno.
Last edited by farizfsa on Tue Jun 03, 2025 6:09, edited 1 time in total.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1859
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by MSU »

zzzprince wrote: Tue Jun 03, 2025 5:41
MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 0:06 begitulah kualitas beres utk soal kapasitas fluida....pada males buka kitab..
herannya lagi oli gardan & trans manual tu kan biasa diisi sampe luber ya
itulah knp avanza fwd ane ga pernah service di beres...selalu panggil mekanik home service-nya spy bs diliatin
nah itu dia om, pas isi gardan baru yg notabene kering, di bon SPK nya cuma 3liter, padahal referensi penggantian rutin aja 3.7. lah ini isi kering kok ya cuma isi 3liter, mana pake pompa yg biasanya gak semua olinya kepompa, alias ngendap..

avanza fwd gmn impresinya om?

hmmm
impresi avanza fwd, saya bagi ke plus minus spy gampang bacanya & saya bukan user fanatik

plus :
- irit, di rute harian saya menurut mid 1:16, kalo itung full to full hampir akurat sih
- ruang kabin lega..terutama di baris kedua-nya
- bangku juga enak didudukin, compare to rush...alasnya rush tu rada kependekan menurut saya sehingga sebagian paha ga ketopang
- power steer enteng
- mesin 1.3-nya sbtlnya cukup powernya sih, lari 100kmh seingat saya 2000rpm

minus :
- cvt-nya rada bloon, terutama pas jalan pelan sktr 20kmh, jadi ndut2an, tapi aneh kl ada penumpang belakang jadi smooth
- body rasa kurang rigid, terasa kalo lewat jalan rada gelombang, itu dari pintu bunyi kriet2 kayak kurang rigid body-nya
- suspensi blkg sedikit kurang keras utk saya pas bawa penumpang 2 orang
- untuk driver tinggi 170cm...posisi nyetir rada kurang pas utk saya, kayak bangku kurang tinggi...tapi di tipe E cuma bisa stel stir naik turun &bangku ga bisa stel ketinggian
- moncong depan rada rendah, gampang gasruk
- pas lewat poldur ada bunyi klutuk dari suspensi depan & blkg -> sy biarin aja, males carinya

sementara begitu om
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3059
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by KielConstantine »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 15:41 untuk XL7 nya apa ada catatan khusus yg perlu diperhatikan sebelum beli?
Jangan beli suzuki yg hybrid2 palsu om. Mild hybrid itu kaga guna sama sekali.

Dy pake system ISG (integrated stater generator) umurnya pendek, rata2 mokad di 50k-60k kilometer. Harga parts assy nya bisa 15 juta. Ngobok banjir kemasukan aer jg rusak, belom lg ada batre hybrid kecilnya jg tuh klo minta replace DC 10 jutaan

Bikin irit enggak, yg ada malah boncos

Suzuki better cari yg pure ICE dicombo matic A/T konvensional dah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27661
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by DOHC »

terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by rakyatwkwkland »

zzzprince wrote: Mon Jun 02, 2025 15:41
Kebetulan saya masih ada unit GNKI 2014 dan Veloz 2021 yang masih RWD di kalimantan um, dan untuk saat ini lirik FWD dengan pertimbangan akan lebih banyak pemakaian di jawa dan toll, namun tetap pertimbangkan geared AT untuk transmisinya, masih belum yakin dengan CVT kalau ketemu kondisi dimana harus kickdown kasar :big_peace:

untuk XL7 nya apa ada catatan khusus yg perlu diperhatikan sebelum beli? saya lihat2 banyak pengguna keluhkan karat di handle pintu sama packing mesin yg gampang rembes, apa kejadian di unit yg dipelihara um?

Nah kl gitu udah bener ituu ganti ke XL7. Kalo ngeresing di toll at least masih jauh lebih manusiawi lah handlingnya daripada apansa lama.

Kalo karat di handle pintu kebetulan unit ane ga kena. Kalo rembes itu dari cover timing chainnya yg ane tahu, dan memang agak boleh dibilang cacat produksi krn banyak yg kena. TS mau ambil unit brand new atau second? Kalau brand new harusnya sekarang udah improve sih sptnya dah ga ada isu itu yah? Kalo second pastiin aja mesin kering2, mudah2an salah satu yg gak rembes atau at least udh pernah diklaim garansi sama owner sebelumnya. Karena kl di unit ane semenjak klaim garansi blm pernah rembes lg sampe sekarang.
tapi waktu sama tenaga sampe bela2in surat pembacanya ituloh yang bikin saya pikir2 mau beli brand ASII
Nah sekalian sekarang sila coba produk brand nya IMAS...

:ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2527
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by ilhami »

Pakai mobil sampai 15 tahun ok aja, mesin rembes dikit itu ngga masalah kok. Malah kalau dijual ribet debat sama pembeli. Tapi kalau sering perjalanan jauh memang perlu waspada terutama radiator.