gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by qushay20019 »

Langsung aja nih suhu2 & mastah SM,

Jadi ane selama ini nyetir mobil dengan gaya yang spesifik:
- Tanpa alas kaki (paling pakai kaos kaki, itupun kalo males buka) --> biar kaki lebih sensitif
- Duduk deket banget ke setir supaya lutut bisa disangkutin/ disandarin ke dashboard bawah --> biar kalo harus macet2an, betis kiri gak cepet pegel main kopling
- Ganti gigi di rpm rendah: Escudo 1.6 di 1800an rpm, SX4 2010 di 1300-1500 rpm, BRV di 1200-1500 rpm. Kalo kondisi lalu lintas memungkinkan, sedapat mungkin ane injek kopling pol/ pindahin ke netral sekalian. Kalo mobil depan rada rapet, ane kontrol dengan mainin rem. Kalo ane udah terlalu pelan baru ane gas lagi dikit2 (khusus mobil MT; matic gak ane giniin kok) --> buat fuel conserve

Nah, ane mau minta pendapat om2 & sis2 di sini, apakah ada yg kurang tepat dari kebiasaan2 tersebut, khususnya yg memengaruhi keawetan mobil. Soalnya terus terang ane bawa mobil hibahan semua, bukan beli sendiri, jadi mau minta pendapat supaya menghindari bahaya & kerusakan (alias biaya perbaikan) yg bisa dicegah.

Kalo ada SMers yg mo sharing gaya nyetir spesifik masing2 di sini juga silahkan aja. All input all appreciated :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by Turboman »

posisi duduk jangan kelewat dekat dgn setir / dasbor om

utk keselamatan anda sendiri

utk alas kaki banyak sepatu / sandal gg sol bawahnya tipis2
semutkcl
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Mon Apr 11, 2016 8:43

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by semutkcl »

Ikutan nanya om,
1. klo lagi macet merayap sebaiknya gimana biar kopling lebih awet g cepet habis..? (Mobil MT).
2. Apakah klo mulai awal start wajib pake gigi 1..?ato bisa lsg gigi 2+gas dikit..? soalnya gigi 1 rasionya pendek bgt, bru bbrp meter udah harus upshift.
Thanx
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by coklatMetalik »

Sy jg posisi duduk cukup maju. Dengkul jaraknya hanya 2-3 cm ke dashboard. Tp dipikir2 bahaya jg. Kalo terjadi benturan/tabrakan, dengkul bs langsung remuk.....

Pernah baca upshift sebaiknya di RPM torsi maksimal mesin. Kebetulan 7K-E ada di RPM 2800, jd sy biasa upshift di RPM segitu. CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by dieselman228 »

Nah posisi duduk yg pasti pinggul saya bersandar dan tumpuan ada di paha. Biar ga pegel.
Pada saat neken pedal kopling, kaki saya ga 100% lurus, krn kalau lurus banget, posisi duduk berubah dan jadinya capek apalagi kalaau keluar kota.

Untuk macet"an, saya biasa pasrah dalam arti nginjek dan release santai dan ga nyodok". Macet berenti uga selalu posisi netral, jika merayap, saya masuk gigi 1 dan biarkan dia ngerayap.

Ga pernah setengah" kopling..apalagi tanjakan. Pake heel n toe sangat membantu.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by ardhrizk »

Tergantung mobilnya banget sih kalo saya om.

Ini sharing saya aja sih, utk mobil march 1.5 m/t. Egk tau deh bener apa egk. Hehe.

Saya sih posisi duduk, diusahain seselonjor mungkin, kursi paling rendah, tilt steer ke paling rendah.

Kalo macet, stop n go, tumit kaki kiri letak di lantai, jadi telapak kaki doang yg geser maju mundur buat mainin kopling.
Terus karena di march pedal rem dan gasnya deket. Kaki kanan bisa nyender di rem dan gas sekaligus, biting point di rem juga pas, jadi kalo macet, saya cuman masukin gigi 1, telapak kaki kiri mainin kopling tanpa ngangkat paha. Kaki kanan kalau mau ngerem di miringin ke kiri, kalo mau ngegas dikit yaa miringin ke kanan. Hehe.

Kalo jalan lancar atau di tol sih yaa biasa, masing masing kaki cuman neken 1. Kecuali lagi downshift ngeheel and toe jika diperlukan.

Untuk soal ganti gigi kapan,
Kalo lagi eco driving sih ganti gigi yaa kalo mesin udah diam di rpm tertentu sesuai dgn injakan gas. Neken gas cuman sekedar kaki nyender, di teken dikit, paling 10-15 derajat. Intinya sih ngusahain gigi setinggi mungkin, rpm serendah mungkin, tanpa lugging/ngebebanin mesin.

Kalo lagi ngebut yaaa seperlunya aja, egk mikirin rpm atau neken gas seberapa dalam. Asal jangan kena redline dan lugging/ngebebanin mesin aja.

Lugging is any combination of things that result in too low an RPM and too much throttle. Usually the culprit is being in too high a gear for the speed then coming under load such as climbing a hill or trying to rapidly accelerate.
qushay20019 wrote: Sun Jun 18, 2017 5:07 ... Escudo 1.6 di 1800an rpm, SX4 2010 di 1300-1500 rpm, BRV di 1200-1500 rpm. Kalo kondisi lalu lintas memungkinkan, sedapat mungkin ane injek kopling pol/ pindahin ke netral sekalian. Kalo mobil depan rada rapet, ane kontrol dengan mainin rem. Kalo ane udah terlalu pelan baru ane gas lagi dikit2 (khusus mobil MT; matic gak ane giniin kok) --> buat fuel conserve
Owh iya, saya egk pernah biarin mobil jalan/coasting di netral/kopling pol kecuali di bawah kecepatan 10km/h. Baca di artikel katanya bahaya kalo netral, misal butuh manuver tiba tiba menggunakan gas kita egk siap. Apalagi kalo di turunan, wajib dibantu engine brake, kalo egk tugas menjaga kecepatan full dibebankan ke pengereman. Nanti kanvas rem dan disc nya overheat, bikin pengereman berkurang bahkan hilang total, temen pernah tuh kebakar rem depan avanza nya karena turun gunung di netralin dgn kondisi penumpang full, padahal santai.

Dan seharusnya malah lebih boros sih di netralin/kopling pol, setau saya mobil modern kalo lagi engine brake supply bensin itu di stop ECU, egk masuk ke ruang bakar sama sekali. Sedangkan kalo di netral berarti mesin harus bakar bensin supaya bisa tetep hidup di posisi idle.

Segitu aja sih kalau dari saya om. Mungkin kalau ada yg salah bisa dikoreksi, biar sama sama nambah ilmunya.
:ngacir:
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by ardhrizk »

semutkcl wrote: Sun Jun 18, 2017 5:45 Ikutan nanya om,
1. klo lagi macet merayap sebaiknya gimana biar kopling lebih awet g cepet habis..? (Mobil MT).
2. Apakah klo mulai awal start wajib pake gigi 1..?ato bisa lsg gigi 2+gas dikit..? soalnya gigi 1 rasionya pendek bgt, bru bbrp meter udah harus upshift.
Thanx
1. Yg jelas semakin dikit gesekan di kopling yaa semakin awet koplingnya om. Berarti kalo di macet yaa usahain rpm nya seperlunya aja waktu lepas kopling, supaya gesekan kopling egk berlebihan, jangan kebanyakan nge gasnya. Dan kalo egk perlu jangan kelamaan setengah kopling sambil neken gas. Terus kalau yaa heel and toe waktu nurunin gigi, supaya rev match, egk membebani gesekan ke kopling utk nyamain speed antara engine dgn transmisi (nama inggrisnya sih clutch braking).

2. Bagus dari 1 aja sih om, supaya koplingnya awet, dan egk ngebebanin mesin.
Soal beberapa meter harus upshift yaa hehehe, mau gimana lagi om. Tapi kalo saya sih di kemacetan kalau memang jalannya cuman dikit dikit, jalan sekian meter berhenti jalan sekian meter berhenti, dibiarin aja mobilnya gerak pelan di gigi satu walau gap sama mobil depan melebar, egk ngejar atau ngikutin speed mobil depan. Toh entar sama sama berhenti juga kok. Mau di salip orang juga kalo memang dia sopan saya egk peduli, egk ngaruh banget juga, sama aja nyampenya, macet.
:ngacir:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by geofreyap »

Gaya / posisi nyetir MT itu sangat bervariatif, tergantung selera dan kondisi. Tapi ada anjuran yg disarankan supaya lebih aman & nyaman. Cari aja di google soal safety driving position.

Soal shifting, itupun bervariasi, tergantung kondisi & situasi.
Tapi shifting point optimum ada di sekitar peak torque mesin.

Untuk mesin gasoline NA yg bukan special tuned, biasanya peak torque ada di range 3500 - 4500 rpm.

Lalu kalo gliding itu jangan di N, bahaya, dan cenderung lebih boros juga, karena kalo di N justru injector masih semprot bensin biar mesin bisa idle.
Kalau masuk gear, engine bisa tetap nyala karena putaran dari crank.

1 lagi, jangan lupa sekali - sekali gas pol sampai kena redline.
Selain fun, hal itu juga bisa bersihin kerak. Hehehe.. :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by michaelgiri93 »

Idem,
Saya sekalian sharing
Kalau angkatan ketika macet dll saya sebisa mungkin ngurangin gas besar sama setengah kopling, biarin mobil nggelinding di gigi 1 tanpa perlu setengah kopling
Soal shifting poin saya tergantung sikon, kalau jalan kampung shifting di 1500 an
Kalau jalan besar (agak ramai shifting di 2000-3000, agak lancar shifting di 3000-4000)
Kalau lagi pengen nge gas ya shifting di 6500-7000, (6a13 limiter di 7100rpm, don't ask how i know :ngacir: )
Oiya upshift kalau santai saya pake tekhnik granny shifting, bisa halus upshiftnya (cmiiw)
Down shift kalau rada ngebut pake heel and toe bisa halus
Kalau santai malah gak halus pake heel and toe, entah knp
Mungkin master2 driving sm bisa ngasih tips :mky_01:
Anyway, itu kalau saya, kalau salah mohon dikoreksi ya :big_peace:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by Wistuwis »

Kalau masih baru tahap kenalan dengan mobil (belajar) memang kita lebih pede pakai cara nyeker. Tapi kalau sudah terbiasa dgn pedal kopling, saya rasakan memakai sepatu gunung atau sepatu boot tentara ternyata membantu meringankan daya injak pedal. Berdasarkan pengalaman, nyetir tanpa alas kaki untuk jarak jauh itu ternyata lebih capek di pergelangan kakinya.
Kalau ada pilihan nyeker, sandal, sepatu kulit, sport, atau boot, saya malah pilih sepatu boot buat nyetir om. Hehe...
Masalah feel itu nanti bisa diperoleh dari respon mesin bukan dari pedalnya.
Oiya... Hindari nyetir tanpa alas kaki karena biasanya sepatu/sandal akan kita taruh di bawah kaki kita. Itu yg berbahaya kalau sepatu/sandal tsb tergeser dan mengganjal salah satu pedal :e-naughty:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by qushay20019 »

ardhrizk wrote: Sun Jun 18, 2017 8:20 Owh iya, saya egk pernah biarin mobil jalan/coasting di netral/kopling pol kecuali di bawah kecepatan 10km/h. Baca di artikel katanya bahaya kalo netral, misal butuh manuver tiba tiba menggunakan gas kita egk siap. Apalagi kalo di turunan, wajib dibantu engine brake, kalo egk tugas menjaga kecepatan full dibebankan ke pengereman. Nanti kanvas rem dan disc nya overheat, bikin pengereman berkurang bahkan hilang total, temen pernah tuh kebakar rem depan avanza nya karena turun gunung di netralin dgn kondisi penumpang full, padahal santai.

Dan seharusnya malah lebih boros sih di netralin/kopling pol, setau saya mobil modern kalo lagi engine brake supply bensin itu di stop ECU, egk masuk ke ruang bakar sama sekali. Sedangkan kalo di netral berarti mesin harus bakar bensin supaya bisa tetep hidup di posisi idle.

Segitu aja sih kalau dari saya om. Mungkin kalau ada yg salah bisa dikoreksi, biar sama sama nambah ilmunya.
Makasih banyak penjelasannya om. Ane baru nih jaman skarang mobil MT justru lebih boros kalo coasting daripada kalo engine brake aja, sip sip sip,
Turboman wrote: Sun Jun 18, 2017 5:31 posisi duduk jangan kelewat dekat dgn setir / dasbor om

utk keselamatan anda sendiri

utk alas kaki banyak sepatu / sandal gg sol bawahnya tipis2
makasih om Turbo, iya nih jadi inget ane pernah kecelakaan gara2 ketiduran pas mau lampu merah. Akibatnya ane nabrak mobil depan ane & hasilnya engine block ane mundur, mobil depan ganti pintu belakang & lutut ane nyeri ampe seminggu
dieselman228 wrote: Sun Jun 18, 2017 6:14 Ga pernah setengah" kopling..apalagi tanjakan. Pake heel n toe sangat membantu.
boleh lebih spesifik om pake heel & toe itu membantu dalam hal apa?
Wistuwis wrote: Mon Jun 19, 2017 21:30 Oiya... Hindari nyetir tanpa alas kaki karena biasanya sepatu/sandal akan kita taruh di bawah kaki kita. Itu yg berbahaya kalau sepatu/sandal tsb tergeser dan mengganjal salah satu pedal :e-naughty:
Iya sih om, ane kalo ke luar kota kerasa banget nyeri di tumit kanan kalo udah nyampe di tujuan

Thanks ya semua buat inputnya :thanks: :thanks: :thanks:
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by ardhrizk »

qushay20019 wrote: Tue Jun 20, 2017 1:54 boleh lebih spesifik om pake heel & toe itu membantu dalam hal apa?
Heel & toe itu digunain utk rev match om.

Rev match = menyesuaikan kecepatan mesin dgn kecepatan ban di gigi yg lebih rendah. Cth: kalo kita cruising di tol lagi gigi 5 kan rpm 2rb utk kecepan 90km/h misalnya, terus mau nyalip, jadi butuh turun gigi ke gigi 4. Nah, gigi 4 itu kan rpmnya lebih tinggi di kecepatan 90km/h , misal rpmnya 3rb. Waktu kita nurunin gigi dari gigi 5 ke gigi 4, mesin di gas dikit supaya naik rpmnya ke 3rb baru dilepas koplingnya, jadi putaran mesin dan ban langsung klop.

Gunanya:
Utk reability: Mesin, kopling dan komponen drivetrain nya egk tiba tiba dihentak dan dipaksa nerima dan menyesuaikan perbedaan antara kecepatan mesin dan putaran ban.
Utk kenyamanan-: yaa enak aja di dalem, egk ada hentakan mesin, halus tuker giginya.
Utk keamanan: jadi egk ada hentakan tiba tiba ke ban. Kalo di high performance driving (racing) atau lagi ngebut, terus ngerem sambil nikung dan perlu nurunin gigi, grip ban mobil ke aspal kan udah dikasih beban nikung dan beban ngerem sekaligus, kalau misalnya dikasih hentakan turunin gigi tanpa rev match, bisa aja ban yg udah deket limit grip tadi jadi kehilangan grip, akhirnya terpeleset. Kalau di fwd efeknya jadi understeer (bayangin aja ban depan dipaksa utk ngehandle nikung, rem, dan hentakan mesin sekaligus), di rwd bisa jadi oversteer.

Heel and toe ini metode rev match, jadi sambil ngerem biasa pake ujung telapak kaki, tapi tumit dimiringin buat nge"blip" neken pedal gas sambil ngelepas kopling waktu turun gigi. Jadi semua pedal digunain dalam waktu bersamaan om.
Contoh mau masuk tikungan, selagi ngerem diturunin giginya. Ketemu turunan panjang, mau nurunin gigi supaya engine brakingnya lebih sesuai. Atau sekedar ngerem buat nyesuain kecepatan sama kendaraan yg lebih lambat di depan juga bisa pake heel n toe.

Hehe. Segitu sih penjelasan dari saya om. Egk tau tambah jelas atau tambah bingung.

Utk lebih jelasnya mungkin baca ini aja om
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Heel-and-toe

https://www.edmunds.com/how-to/heel-and ... shift.html

Atau tonton video ini

https://m.youtube.com/watch?v=MhuLnE6iJSc
:ngacir:
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by loadeddiapers »

Nyetir nyeker manual bukannya kaki kiri kasian om?? hehehe Saya jaman pake MT dulu selalu sepatu, apalagi kl jalan jauh. Maximal kl males pake sepatu ya paling sandal gunung aja. Setelah pake AT baru berani pake sendal jepit karena ga pake injek kopling lg. Kl nyeker saya ga bisa bayangin gimana pegelnya apalagi kl kena macet harus sering2 pindah gigi hehehe

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app

Image
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by dieselman228 »

Yup betul yg sudah dijelaskan diatas.

tapi heel n toe sy gunakan juga di tanjakan, jd ga perlu setengah kopling n rem tangan fungsinya sudah menurun atau lagi nanggung
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
alqaddar
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jun 29, 2017 0:15
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Carry_Bagong_84

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by alqaddar »

ane juga baru blajar nyetir om. pertama dlu memang lepas alas kaki supaya nyaman. tapi lama kelamaan malah jadi susah. apalagi kalo pedal gas nya agak seret. telapak kaki kan empuk. jadi dipijak hati2 gk segera maju, agak ditekan mobil langsung loncat. sekarang lebih fun pake alas kaki. apalagi pake spatu, enak nan :D.kalo yg lagi blajar nyetir, yang penting hindari sendal yang alasnya tebel dan terlalu kegedean. sendal akan ketekuk dan alas akan nyentuh gas pedal duluan daripada tlapak kaki kita ke sendal. dan itu sangah HOROR karena mobil tiba2 melaju sendiri .hehe .pngalaman pribadi sih.enakan pake alaskaki yg ukurane pas dg kaki kita.oiye. ane pake carry bagong butut th 84 :D
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by alexdonovan »

qushay20019 wrote: Sun Jun 18, 2017 5:07 Langsung aja nih suhu2 & mastah SM,

Jadi ane selama ini nyetir mobil dengan gaya yang spesifik:
- Tanpa alas kaki (paling pakai kaos kaki, itupun kalo males buka) --> biar kaki lebih sensitif
- Duduk deket banget ke setir supaya lutut bisa disangkutin/ disandarin ke dashboard bawah --> biar kalo harus macet2an, betis kiri gak cepet pegel main kopling
- Ganti gigi di rpm rendah: Escudo 1.6 di 1800an rpm, SX4 2010 di 1300-1500 rpm, BRV di 1200-1500 rpm. Kalo kondisi lalu lintas memungkinkan, sedapat mungkin ane injek kopling pol/ pindahin ke netral sekalian. Kalo mobil depan rada rapet, ane kontrol dengan mainin rem. Kalo ane udah terlalu pelan baru ane gas lagi dikit2 (khusus mobil MT; matic gak ane giniin kok) --> buat fuel conserve

Nah, ane mau minta pendapat om2 & sis2 di sini, apakah ada yg kurang tepat dari kebiasaan2 tersebut, khususnya yg memengaruhi keawetan mobil. Soalnya terus terang ane bawa mobil hibahan semua, bukan beli sendiri, jadi mau minta pendapat supaya menghindari bahaya & kerusakan (alias biaya perbaikan) yg bisa dicegah.

Kalo ada SMers yg mo sharing gaya nyetir spesifik masing2 di sini juga silahkan aja. All input all appreciated :frm_salut: :frm_salut:
- Biasakan pakai sepatu. Kaki kena pedal terus bisa jadi kasar :)
- duduk dalam posisi yang ergonomis, alert. Jangan bersandar kebawah dashboard depan
- Ganti gigi di optimum torque. Ganti di rpm terlalu rendah bisa lugging --> knocking.
- Kondisi stop n go, jangan taruh kaki diatas pedal kopling. kontrol pakai gas dan engine brake

Yang terutama adalah point terakhir. kopling Livina saya dipinjem orang 1 hari, pulang pulang kanvasnya udah habis
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by maskopat »

feeling ane gak dapet heel-n-toe.... biasanya rem dulu, down shift, pertahankan kecepatan di tikungan, baru bejek lagi...
mau belajar heel-n-toe, yang manual lg ngejogrog di garasi...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by maskopat »

qushay20019 wrote: Sun Jun 18, 2017 5:07 Langsung aja nih suhu2 & mastah SM,

Jadi ane selama ini nyetir mobil dengan gaya yang spesifik:
- Tanpa alas kaki (paling pakai kaos kaki, itupun kalo males buka) --> biar kaki lebih sensitif
- Duduk deket banget ke setir supaya lutut bisa disangkutin/ disandarin ke dashboard bawah --> biar kalo harus macet2an, betis kiri gak cepet pegel main kopling
- Ganti gigi di rpm rendah: Escudo 1.6 di 1800an rpm, SX4 2010 di 1300-1500 rpm, BRV di 1200-1500 rpm. Kalo kondisi lalu lintas memungkinkan, sedapat mungkin ane injek kopling pol/ pindahin ke netral sekalian. Kalo mobil depan rada rapet, ane kontrol dengan mainin rem. Kalo ane udah terlalu pelan baru ane gas lagi dikit2 (khusus mobil MT; matic gak ane giniin kok) --> buat fuel conserve

Nah, ane mau minta pendapat om2 & sis2 di sini, apakah ada yg kurang tepat dari kebiasaan2 tersebut, khususnya yg memengaruhi keawetan mobil. Soalnya terus terang ane bawa mobil hibahan semua, bukan beli sendiri, jadi mau minta pendapat supaya menghindari bahaya & kerusakan (alias biaya perbaikan) yg bisa dicegah.

Kalo ada SMers yg mo sharing gaya nyetir spesifik masing2 di sini juga silahkan aja. All input all appreciated :frm_salut: :frm_salut:
kalo untuk hemat dan awet, pointnya:
rpm harus pas, jangan bejeg gas, naikin rpm secara perlahan, hindari injek kopling kecuali ganti gigi.

kalo untuk ngebut:
high rev (di putaran torsi maksimum same red line), setengah kopling kalo start dari berhenti, late braking (jadi bejeg rem dalem), kalo mesin karbu, kocok gas untuk akselerasi saat pelan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by ZEXELGRIFONE »

maskopat wrote: Tue Jul 04, 2017 9:50 feeling ane gak dapet heel-n-toe.... biasanya rem dulu, down shift, pertahankan kecepatan di tikungan, baru bejek lagi...
mau belajar heel-n-toe, yang manual lg ngejogrog di garasi...
Saya blum bisa jg heel n toe..
Tiap praktek pasti ada yg salah.. entah rem nya yg berlebihan (atau malah kurang), atau pedal gas nya yg ga ke injek :big_slap:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by qushay20019 »

apa mungkin emang heel-&-toe cuma bisa di mobil yang pedal gasnya dari dasar lantai, bukan yang ngegantung dari atas?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by maskopat »

qushay20019 wrote: Wed Jul 05, 2017 10:20 apa mungkin emang heel-&-toe cuma bisa di mobil yang pedal gasnya dari dasar lantai, bukan yang ngegantung dari atas?
gak sih. tapi biasanya yang pedal gas dan rem sebelahan dan sama tinggi, lebih gampang...
beberapa mobil beda tingginya jauh antara pedal rem dan gas...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by Izark »

maskopat wrote: Tue Jul 04, 2017 9:55 ... hindari injek kopling kecuali ganti gigi...
tapi kalo saya sering injek kopling malah om, biar kerasa lebih mulus pada saat ngerem dan deselarasi sebelum pindah gigi. Ada efek ke konsumsi bensin kah? Btw saya biasa shift di < 2500 dan demen pulse n glide..
mau nulis apa ya...
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by ZEXELGRIFONE »

qushay20019 wrote: Wed Jul 05, 2017 10:20 apa mungkin emang heel-&-toe cuma bisa di mobil yang pedal gasnya dari dasar lantai, bukan yang ngegantung dari atas?
Pedal gas model organ gitu ya? Ya kayaknya ga juga sih.. Tapi sepertinya klo pedal gas model organ lebih mudah lakuin heel n toe
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: gaya menyetir transmisi manual - mohon input & koreksi

Post by maskopat »

Izark wrote: Thu Jul 06, 2017 2:22
maskopat wrote: Tue Jul 04, 2017 9:55 ... hindari injek kopling kecuali ganti gigi...
tapi kalo saya sering injek kopling malah om, biar kerasa lebih mulus pada saat ngerem dan deselarasi sebelum pindah gigi. Ada efek ke konsumsi bensin kah? Btw saya biasa shift di < 2500 dan demen pulse n glide..
style begini bikin cepet kampas kupling abis.
saat ngerem perlu injek kopling kalo mau berhenti aja. sebelum berhenti gak usah injek kupling. kecuali emang cari mulus ya. lagian, pengereman dibantu dengan engine break juga kalo gak injek kupling.

shifting tergantung mobil, idealnya di mana torsi mulai terasa saat akselerasi. saat deselerasi saat mesin gak knocking dan ndut2an karena kopling harus diinjek...
tapi kadang ane kalo emang mau berhenti, injek rem, sesaat mau berhenti, geser gigi ke netral tanpa injek kupling... :big_grin:
males injeknya... apa lagi mobil sekarang, keras beud kupling. SL ane empuk kek nginjek angin...

ane dah lebih 7 tahun gak bawa mobil manual setelah hampir 23 tahun manual mulu. sesekali ada bawa manual.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green