Page 2 of 2

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 01 Feb 2010, 11:21
by mintblue
@TommyMks
Memang di Amrik hal ini jadi perdebatan. 7 pabrikan motor (H,K,S,Y,dsb termasuk Polaris) menentang klaim H-D sebagai ''pemilik'' patent suara khas tsb. Dan memang tidak bisa dibuktikan (dibedakan) antara suara H-D dan suara V-twin produk pabrikan lain.
artikel lengkapnya agak panjang :
http://www.bc.edu/bc_org/avp/law/st_org ... 01101.html

Dari file yg oom kirim (yamaha roadstar w/ cobra slip-on) sy jg gak bs bedain dgn suara khas H-D. :ungg:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 01 Feb 2010, 11:48
by mintblue
Honda VT1300x (Honda Fury) yg terbaru juga menggunakan konstruksi V-Twin single-pin crankshaft.
bunyinya? hmm... mirip2 H-D juga lah:
http://www.youtube.com/watch?v=vIoe_gbQ ... re=related
Kawasaki Vulcan juga konstruksinya single-pin.

Pernah baca di salah satu website, kerugian single-pin ini menimbulkan getaran berlebih, performa juga tidak semaksimal kalau pakai konstruksi dual-pin.
Tapi memang itulah jagonya H-D membangun merek, teknologi jadul2 justru menjadikan mrk dipuja2 konsumennya :upss:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 04 Feb 2010, 16:39
by TommyMks
@mintblue

iya bener. kayaknya HD emang sangat berhasil membangun image brandnya.

Dan terlepas dari kekurangan konfigurasi mesin tradisional yg memakai single crank pin dan narrow angle (sudut sempit) dibandingkan dengan mesin2 modern yg pakai dual crank pin, konsumen cruiser ternyata lebih memilih suara klasik yg menyerupai suara kuda berlari (horse galloping). Disadari atau tidak, kendaraan alami, hewan bernama kuda yang Tuhan ciptakan untuk manusia kendarai ini memang enak didengar saat berlari. suara ini yg dicoba ditiru oleh mesin2 tradisional. istilahnya suara "potato-potato-potato" yg diucapkan cepat. sejarah amerika yg erat dengan penggunaan kuda yg membuat parbik2 motor disana mendesain motor cruiser yg bentuknya, posisi duduk pengendara, dan suaranya, seperti naik kuda. ada perasaan yg unik kalau naik kendaraan dengan getaran suara khas seperti itu.

saat merek2 lain disana bangkrut dan HD bertahan, tidak heran kalau suara khasnya jadi simbol sejarah amerika. mereka bilang "rasa legenda". jadi pantas saja kalau pabrik2 jepang berhasil membuat suara yg relatif sama seperti yamaha road star, cenderung dibilang imitasi harley. "atau mirip harley" atau "ingin seperti harley". Istilah ini tidak ditemukan di kelas motor sport seperti R1 pura2 CBR, Cagiva imitasi Ducati.. Apalagi sejak gagalnya HD men-Trade Mark suaranya, HD makin gencar dlm marketingnya bahwa suara HD tidak bisa ditiru. sepertinya pihak pabrik dan perkumpulan2 brotherhood HD disana tidak rela jika ditiru pabrikan bukan amerika. meski HD sendiri bukan pabrikan satu2nya disana yg pernah membuat cruiser klasik.

banyak artikel2 di internet, bahkan dikoran2 nasional kita bilang suara HD adalah hak paten. sepertinya ini marketing. HD punya brotherhood yg sangat mencintai merek lebih memudahkan marketing seperti itu. Di seluruh dunia dikenal istilah2 "HD-wannabe" termasuk di Indonesia dikenal istilah PPHD (pura pura harley davidson).

hasilnya, bagaimanapun merek jepang berhasil membuat "suara tradisional" tetap saja dibanding2kan dengan harley.
"Sounds just like a Harley, Not all Star models do?"
"sounds like a Harley but it's not a Harley!"

Sejak Honda bikin Honda Fury terbaru juga menggunakan konstruksi V-Twin single-pin crankshaft, tiba tiba beredar banyak artikel dengan judul "Harley Sells Sound to Honda!". bagaimana bisa suaranya dijual kalau HD gagal men-trademark-kan suaranya. lagi lagi sepertinya ini marketing.

Yamaha Road Star (48 derajat single crank pin) dengan HD (45 derajat single crank pin) meski dari konfigurasinya suara "potato-potato" yg dihasilkan sudah sama, menurut rider di salah satu forum yg punya road star, ada perbedaan Road Star pakai balancer besar untuk mengurangi getaran berlebih. kalau benar artinya disamping "potato-potato", getaran suaranya tidak persis sama bukan karena Yamaha tidak bisa meniru, tapi yamaha sendiri yg tidak mau untuk menghindari getaran berlebih. Yamaha hanya mau suara khas "potato potato"nya saja.

HD berhasil membangun image, " kami punya mistik rasa legenda yg tidak dimiliki merek lain". atau, "ada dua jenis motor didunia, salah satunya HD, dan satunya lagi merek merek lain". dan "simbol status".

CMIIW, bener atau gak, karena saya gak punya dua2nya. cuman punya mesin2 alat berat komatsu disamping rumah. sering utak atik jeroan diesel ama hidrauliknya. cuman sering googling parts mesin lama2 nemu topik2 dan jadi tetarik ngebahas kontroversi mesin sepeda motor jenis cruiser. mungkin besok2 tertarik mau beli tapi dibanding ama bendanya, gak mau bayar harga baru :upss: . mau nyari yg bekas aja. :big_slap:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 06 Feb 2010, 01:49
by roadtrain99
setau gw, suara itu memang sudah trade mark nya hd. sedangkan soal patent nya, denger2 di us sana hd nya lagi proses registering terus..

btw, be it honda shadow vtx1500, k vulcan 1500, yamaha royal star, suzuki volusia yg semuanya berbasis Vtwin, setau gw diganti pipe nya pun blm bisa nyamain bunyi idle nya hd. Kalo yg jap dentuman suaranya lebih cepat ketimbang hd twincam,apalagi kalo dibandingin ke mesin evo hd yg lebih rendah lagi rpm nya.

sewaktu ditarik jg terdengar jelas mana yg hd dan bukan hd. *imo* yg hd terdengar lebih berat, lebih grunt.

mungkin krn hd perubahannya agak pelan/dikit2, jadi nya punya khas sendiri, dan tetep style nya di situ2 saja. sedangkan jap rata2 yg jenis nya cruiser/touring perubahannya lebih pesat dari hd.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 25 Feb 2010, 13:30
by wishmaster
bro roadtrain,
baca penjelasan bro bahwa karakter suara harley itu cuma ada di mesin-2 big twin nya, nah gue mo nanya dong, apa di mesin sportster karakter suara harley itu gak muncul ? soalnya gue minat beli sportster neh.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 03 Mar 2010, 23:20
by roadtrain99
@wishmaster
oo sebenernya maksud gw dentuman vtwin mesin lain beda dgn hd.
kalo sportster seinget gw masih ada karakter bunyi spt bigtwin nya kok.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 03 Mar 2010, 23:22
by roadtrain99
@wishmaster
oo sebenernya maksud gw dentuman vtwin mesin lain beda dgn hd.
kalo sportster seinget gw masih ada karakter bunyi spt bigtwin nya kok.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 01 Aug 2012, 16:27
by dondi003
sory nambahin dikit,dondi mabua lam kenal..

untuk mesin harley yang evolution(thn 99-kebawah) suara mesin mmg terdengan seperti kuda lagi jalan,itu kalo menurut saya adalah disamping karena sudut pengapiannya juga langkah stroke nya yang panjang..namun untuk sekarang2 ini karena mesinnya sudah big twin mulai tc88,96,dan 103,mesin sudah gak ndentum seperti dulu,karena strokenya lebih pendek..ini dibuat untuk mengejar rpm..apalagi ditambah sudah injeksi..jadi suara harley gak kayak dulu.

thanks

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 01 Aug 2012, 16:36
by imsus2c
bakal jadi trid-nya meneer EnGe neh :mky_04:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 02 Aug 2012, 07:21
by Nightster Guy
Ini trid DEJAVU, pernah baca di trid anak Kaisar Ruby kalo gak salah, plus ribut-ribut pula di sana haha....

Teknis banget.. puyeng.. :frm_bang_head: kagak ngerti teori teknis njelimet gini.. :frm_bang_head:

Malah mo tanya ke siapapun yang ngerti. Tolong dengan bahasa teknis yang lebih disederhanakan, kok Harley baru utamanya taun 2000 up yang enjin injeksi Evo lalu TC, kok suaranya makin manis dan langsamnya makin teratur? :frm_bang_head:

Beda banget dengan ngedengerin milik temen yang maen klasikan utamanya Harley bako yang masih klep samping (flathead) gitu, enjin Nightster 1200 kalah jauh sangarnya versus bako.

:big_weee:

Penjelasan temen yang maen klasikan sih, kerasnya suara Harley tua karena konstruksi mesin (kususnya yang flathead klep samping, ntah gimana jabaran teknisnya), PLUS kombinasi dari karbu perlu retuning, paking2 gak presisi lagi, pengapian uda pada miss, plus knalpot home made.

:big_peace:

Suara 1200 EFI versus XL tua 60an yang 900 juga kalah.

:mky_01:

Mungkin bisalah pabrikan manapun niru dentuman Harley. Teknis apa sih yang gak bisa ditiru? Pernah denger Ruby yang ntah gimana settingnya suaranya saat langsam udah 80% mirip.

TAPIIIIIII.... Ntah knapa, bagi nubitol pribadi, ada yang beda yaitu kalo si Harley pergi menjauh atau dari posisi menjauh lalu mendekat ke posisi dengar kita, suaranya kayak baling-baling helikopter.. BLUG-BLUG-BLUG nya membahana IMHO blom bisa ditiru.

PLUSSSSS, AURA nya yang unequal hahahay..

:big_peace:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 02 Aug 2012, 07:35
by Nightster Guy
abrof wrote:
al81 wrote:HD = masterpiece :big_peace:

Masak sih....dia jual brand dan image....teknologi tunggu dulu..klo ducati mah boleh .....
No further comment. Ni merk memang susah dijelasin kok tetep laku wkwkwkwkwkw.......

Liat aja contoh di jalan hehe.. Banyak kan SUV mahal mulai JK, WK, Range Rover, TLC 200 Series, sampe G Klasse dan Cayenne dengan pedenya masang stiker HD ato klub HD, ntah stiker klub beneran ato abalan haha.. (tapi kliatan kok asli apa abal). Juga mobil lain. Juga di dobel kabin utamanya Fod Ranger.

Tujuannya ya pride dan membuat kesan agar orang tau motornya di rumah itu Harley. Ford juga perlu merasa bersusah payah bikin pikap F-150 'Harley-Davidson Edition'.

SEBALIKNYA..

Di motor Harley ane gak pernah liat ada stiker JEEP, RANGE-ROVER, TOYOTA, MERCEDES, PORSCHE, atau merk mobil apapun. Juga pabrik Harley ngerasa gak perlu bikin motor 'Ford Edition'.

:big_weee:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 02 Aug 2012, 10:41
by asudarsono
Suara Harley emang khas banget ya, keren. IMHO yg bikin keren suaranya ngebas, sehingga terkesan gagah gitu.

Mesin BMW boxer antik atau motor Inggris juga khas, tapi gak segagah Harley. Suara Vespa 2 tak juga khas, yang kalau dicopot mufflernya, kita kenal semua sebagai suara bajaj merah warnanya.

Saya gak tahu dunia Harley, tapi kalau Ducati ada yg copot catalic converternya, suaranya jadi lebih "bulat". Kalau cuma injektor mungkin pengaruhnya kecil, krn suara karbu Harley dari dulunya relatif senyap.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 20 Nov 2012, 19:01
by y_anjasrana
ijin nyimak trit bergizi

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 20 Nov 2012, 19:22
by Nightster Guy
apalagi kalo knalpot standarannya diganti merk thunderheader.. dapet 2 benefit..

1) nggak perlu pake klakson lagi

2) lumayan, kl iseng, bleyer gas dikit di deket mobil parkir, jamin bunyi tuh alarm kl pake sensor getar.. :mky_03:

:ngacir: :ngacir:..............

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 20 Nov 2012, 20:46
by nugroho bagor
Nightster Guy wrote:apalagi kalo knalpot standarannya diganti merk thunderheader.. dapet 2 benefit..

1) nggak perlu pake klakson lagi

2) lumayan, kl iseng, bleyer gas dikit di deket mobil parkir, jamin bunyi tuh alarm kl pake sensor getar.. :mky_03:

:ngacir: :ngacir:..............
Jangankan HD kawan saya aja,pake shogun knalpot bobok aja kalo pulang apartement ada x 3 mobil alarm

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 21 Nov 2012, 09:49
by VanzMatic
Menyimak trit bergizi bangkit lagi..... :mky_08: :mky_08:

Bagi ilmunya lagi, om NG...
:mky_01:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 25 Jul 2015, 22:22
by hambawet
Hd kalau yg injeksi kayaknya g bs bunyi potato-potato...

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 16 Jun 2016, 00:57
by ozoy22
kalo lewat cirebon bisa di tilang donk om termasuk polusi suara itu hehe... :peace

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 10 Aug 2016, 13:11
by Modifex
kadang kadang suaranya malah mirip geludung :big_biglaugh:

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 10 Aug 2016, 15:02
by NYoman
Oy, siapa nih demen angkat trit purba? =D

Salah satu yang menyamai Harley ya muscle car Amerika.. Suaranya macam bang yang patah atau tidak harmoni.. Btw suara mesin-mesin motor Inggris jaman dulu juga mirip2 Harley walaupun single piston (Matchles, Norton, BSA dll)

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 20 Sep 2016, 14:42
by Cloud
Ikut angkat,
Mau tiru suara harley pakai mesin inline 2 aja bisa. tinggal perpanjang langkah buat sensasi idle dan low torque yang mirip. kuncinya kan cuma perbedaan firing order 45 derajat aja atau deket2 disitu. katakanlah 43, 44, 46, 47, suaranya sulit dibedakan. secara mekanikal, mesin v twin single pin 45 derajat suaranya bisa dibuat sama persis mesin inline 2 dengan jarak pengapian 45 derajat.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 24 Jan 2017, 12:42
by uhuk2
Itulah ciri khas V twin sebuah harley davidson. Dentuman yg tak bisa ditiru.

Yg mirip ada, Honda vultus, pada rpm rendah mirip suaranya, tapi setelah rpm menengah ke atas, ya seperti motor CC besar biasa.

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 12 May 2019, 22:20
by ahmad88
Gak sabar nunggu hd ane datang, engine milwaukee 114. Mesti ganti muffler biar agak berisik, skrg hd mesinnya juga halus2.

Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Posted: 28 May 2019, 00:50
by BacheTof
Riding a Hog, but not doing that Harley thing

Cracked the 3 stone lost last night. Two stone to go.