Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
wawansteed400
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 23, 2008 9:25

Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by wawansteed400 »

Dear All, :big_peace:

bukan bermaksud menggurui, :frm_salut: ini sekedar review mesin Harley Davidson yang kontroversial....

1. V-Twin Asia
Dalam mesin 2 silinder v-twin buatan asia, salah satu piston/seher melakukan kerja pembakaran tiap perputaran kruk as, dan memiliki 2 bagian pin yang terpisah, yang mana posisinya berbeda 180 derajat satu dengan yang lain, posisi interval yang sama (silih berganti)

Image

2. V-Twin Harley Davidson

Yang membedakan mesin harley, kedua seher menuju kruk ask hanya memiliki 1 pin, dan kedua piston rod dihubungkan dengan 1 pin

untuk jelasnya lihat gambar berikut:

Image

Image


Oleh karenanya, pada mesin harley begini proses pengapiannya:

Piston A melakukan pengapian,
Piston B melakukan pengapian pada 315derajat,
jadi ada gap 405derajat,
begitu seterusnya,

jadi suara dentuman mesin harley terdengar seperti helikopter, bum-bum...... bum-bum.... bum-bum…. Begitu seterusnya…. ada sela....

Kalau mesin v-twin asia akan terdengar brummmmmmmm………

Karena perbedaan siklus…..

jadi? mesin v-twin asia nyamain suara HD? ndak mungkin :big_peace:

kalau kita simak dengan seksama, konfigurasi v-twin asia tidak rata 100% (antara blok ke1&2) agak geser sedikit.

ndak percaya? yg punya motor v-twin asia silahkan bongkar belah/turun mesin, kemudian cari bengkel HD yg lagi turun mesin juga, lihat konfigurasinya....

sama??

lalu koq pabrikan asia seperti jepang gak niru? :e-think:

HAK Paten :mrgreen:

CMiiW
:ngacir:
>------<
just me


Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
wawansteed400
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 23, 2008 9:25

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by wawansteed400 »

koreksi:
wawansteed400 wrote: jadi suara dentuman mesin harley terdengar seperti helikopter, bum-bum...... bum-bum.... bum-bum…. Begitu seterusnya…. ada sela....

Kalau mesin v-twin asia akan terdengar brummmmmmmm………

Karena perbedaan siklus…..

jadi suara dentuman mesin harley.
saat RPM rendah: bum-bum...... bum-bum.... bum-bum…. Begitu seterusnya…. ada sela....
saat RPM tinggi seperti helikopter.

Kalau mesin v-twin asia.
saat RPM rendah: bum-bum-bum-bum-bum-bum-bum <= tidak ada sela/gap
saat RPM tinggi: brummmmmmmm

banyak usaha yang dilakukan pabrikan jepang(honda, suzuki, dll), untuk meniru suara ciri khas Harley davidson dengan tidak mencontek posisi konfigurasi stang seher yang bergabung [hak paten HD].

yang hampir mendekati adalah Kawasaki; (Vulcan Mean Streak), namun itupun hanya terdengar mirip (tidak sama) pada RPM rendah.

tapi pada RPM tinggi; paling top hanya terdengar seperti 2(dua) motor yang jalan bersamaan:

brummmmmmmm
brummmmmmmm

:big_peace:

CMiiW
:ngacir:
>------<
just me
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by GTR »

seolah dibikin spt mesin pincang?
bilalsas
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Sep 20, 2008 17:50

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by bilalsas »

:big_peace: bro wawan,
aku nich barusan jln2 n keliling kota (maklum masih libur bro), eeehh ternyata ketemu ama dealer kaisar ruby 250cc (aku di malang bro, msh ingat khan?). wah tuh dealer nyetok banyak bro (itu menurutku lho), yg dipajang aja ada kalo 20an. nah, aku minta utk diidupin, eeehh ternyata suaranya ... wah gak spt yg tak bayangkan lho bro. aluuuuussss bangeeett ... gak ngebroomm sama sekali.
gimana tuh bro wawan, caranya supaya suaranya menggelegar meski gak bisa nyamain suaranya HD.
ato barangkali ada brader2 lainnya (KPK=Kelompok Para Kaisar) punya advis 'tuk menggelegaaaarrkan suara si ruby ini? ... mohon pencerahannya ... :thanks:

best regards,
bill's
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by nescafe »

GTR wrote:seolah dibikin spt mesin pincang?
hmm.. kalau tipikal suara mesin pincang, sepertinya tak hanya di HD saja, muscle car US bukannya jg bgitu yah? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
wawansteed400
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 23, 2008 9:25

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by wawansteed400 »

bilalsas wrote::big_peace: bro wawan,
aku nich barusan jln2 n keliling kota (maklum masih libur bro), eeehh ternyata ketemu ama dealer kaisar ruby 250cc (aku di malang bro, msh ingat khan?). wah tuh dealer nyetok banyak bro (itu menurutku lho), yg dipajang aja ada kalo 20an. nah, aku minta utk diidupin, eeehh ternyata suaranya ... wah gak spt yg tak bayangkan lho bro. aluuuuussss bangeeett ... gak ngebroomm sama sekali.
gimana tuh bro wawan, caranya supaya suaranya menggelegar meski gak bisa nyamain suaranya HD.
ato barangkali ada brader2 lainnya (KPK=Kelompok Para Kaisar) punya advis 'tuk menggelegaaaarrkan suara si ruby ini? ... mohon pencerahannya ... :thanks:

best regards,
bill's
:frm_salut: siap komandan... :frm_salut:

knalpot standar emang begitu, wong Yamaha Diversion 950CC-4silinder Patrolinya isoloP aja suaranya spt iklan panther "Nyaris Tak Terdengar" :big_peace:

bikin ngebroom so pasti sangat bisa, namun jangan bikin Free FLow layaknya HD, karena rata-rata HD yang knalpot begitu hanya Show bike and belum tentu sebulan dipake sekali :frm_salut:

Free Flow knalpot walau karbu dllnya disetel ulang abis, tetep aja ada efek yang bikin motor sengsara, bisa komplikasi macem2, bisa aja pertama seal klep yang kena duluan, gejala pertama saat baru hidup motor mengeluarkan asap hitam tipis (kalau dah panas mulai hilang), bisa sampai begini kalau free flow dibawa turing jauh and geber2 gas:

Image

knalpot Kaisar menyerupai knalpot standard Honda Shadow, Yamaha V-Star, dll (ada pipa kecil penghubung antara tabung knalpot), tapi saya tdk tau apakah dibawah tangki kaisar juga ada tabung plastik spt moge beneran pada umumnya?

ada motor yang mengaplikasikan tekhnologi moge, pernah liat tabung plastik dibawah tangki RX-King? spt itulah tapi beda cara kerja karena King adalah mesin 2 langkah.

settingan knalpot mungkin bisa:
a. usahakan tetap menggunakan glasswoll agar suara knalpot tidak terdengar cempreng/memekak-kan telinga, kalau dana cukup bisa pesen yang setingan komputer, selain merdu&ngebas kita juga tidak jadi incaran polisi (batas suara kebisingan kendaraan bermotor).

b. panjang tabung knalpot pertama dan kedua buatlah salah satu lebih pendek.

c. Pipa knalpot juga sengaja dibuat lebih panjang salah satu.

d. Pertahankan tabung penghubung(berguna untuk membias tendangan balik ke mesin jadi bukan sekedar untuk gaya), biasanya digeser kearah mendekati mesin, lihat gambar:

Image
Image

settingan demikian, kurang lebih akan memberikan efek suara 2(dua) motor berjalan bersamaan.

mendongkrak kinerja mesin tidak perlu bore-up/naik cc abis-abisan, selain buang dana & waktu, lakoni dulu porting jalur pembakaran dari karbu ke mesin & naikan volume ruang bakar itu rasanya sudah cukup.

Suzuki sekarang sudah mulai serius bermain di kelas moge, bisa diliat di web resminya:

http://www.suzuki.co.id/suzuki_motorcyc ... tccode=MC1

disitu tidak diikut sertakan Suzuki Intruder LC250CC yang dulu pernah di lepas ke pasaran beberapa tahun lalu, tapi juga dipasarkan nantinya, karena sekarang masih dalam tahap penggodokkan dengan pihak beacukai, karena dulu, Intruder LC250 cc ini selain kena BeaMasuk 50% juga dikenakan PPnBM 75% (karena dianggap barang mewah).

Padahal kelas moge yang layak dikenakan PPnBM sampai 75% adalah yang termasuk kualifikasi Moge (mulai 400CC).

disinilah timbul kontradiksi antara BeaCukai & Kepolisian.

Disisi Kepolisian, motor 250CC masih dianggap motor biasa / mass productions.

Intruder LC 250CC jadi anak tiri?? entahlah....

tapi jika saya ingin kelas v-twin 250CC, saya akan setia menunggu sampai Suzuki Indomobil mendapat rincian harga baru untuk Intruder LC 250CC ini, perhitungan saya pribadi sih tak akan beda jauh harganya dengan Honda Phantom..

Lumayankan buat bekal nunggang intruder yang kelasnya di atas 250cc.

sekalian kepalang, wong kita numpak intruder 1400cc aja kalau kumpul sama anak HD dibilang PPHD


CMiiW :frm_salut: namanya juga manusia, masih makan nasi

sory kalau ada yg tersinggung, padahal ndak ada maksud apapun sama sekali, hanya bertutur berdasarkan pengalaman.....

dan pengalaman itu juga tidak saya kumpulkan sendirian, tapi bersama dengan rekan-rekan lain sesama pecinta moge, karena menurut kami, berbagi pengalaman dan belajar dari pengalaman orang lain adalah suatu awal dari keberhasilan dan terhindar dari kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain.

mohon maaf, karena mungkin kebiasaan becanda jadi tdk mengukur kemampuan hati orang lain akan mampu menahan beban seperti kita yang layaknya easy going....

mohon maaf lahir bathin bagi yang merayakannya....


wabilahi taufik walidaya

>------<
just me


Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by azizdth »

Ah si bos, huruf gedenya kebawa ampe kemari.... :big_peace:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by r1210g »

nice info dari ahlinya neh.. thx bos..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
NdembiQ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 29, 2008 7:21

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by NdembiQ »

Wah info yang sangat bermanfaat .. btw ada ide ngga kalo yang mo di modif tuh mesin single silinder ... punya ane soalnya cuman satu silinder tapi pengen juga seh dibikin yang rada nge-bass ...

thanks
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by gauss »

nice info bro...
al81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Oct 08, 2008 10:38

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by al81 »

HD = masterpiece :big_peace:
boy's don't cry
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by abrof »

al81 wrote:HD = masterpiece :big_peace:

Masak sih....dia jual brand dan image....teknologi tunggu dulu..klo ducati mah boleh .....
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by roadtrain99 »

kawasaki vulcan mendekati, tp 'napas' idle rpm nya masih sedikit lebih cepat drpd mesin2 bigtwin HD.

honda shadow atau juga steed yg juga v-twin, napas idle nya lebih cepat. Ketika knalpot diganti, suara yg terdengar hanya bok bok bok bok, sperti tiger yg sudah ganti knalpot.

sedangkan HD, seperti pincang, irama nya spt je...deng...je dengg..atau umumnya org bule pake istilah potato potato potato..hampir mirip seperti bunyi mesin v6 atau v8 holden atau pun american muscle car.

valkyrie/goldwing yg v6 1.8ltr pun tidak bersuara spt hd yg hanya vtwin 1.6ltr, klo versi screaming eagle sudah 1.8ltr.

hd knalpot std bunyi nya mirip mesin jahit atau mendekati ducati/cagiva, tidak terlalu berisik. Kalo ganti knalpot, bisa bermacam2 type, seperti Screaming eagle/samson/thunder header bunyi nya sangat keras mengelegar, ada juga knalpot2 yg bersuara jauh lebih kalem.

bunyi trademark hD itu hny tdpt pada bigtwin nya, berbeda dengan v-rod yg suara nya jauh sangat beda, diganti knalpot pun, suara idle nya lebih cepet, krn perbedaan konfigurasi timing.

agak sulit buat motor2 besar jepang >400 utk menyamai suara trademark HD, yg 1.8ltr pun blm bisa. Setau gw goldwing/valkyrie sangat halus, mirip inline 4 cbr900rr.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by roadtrain99 »

wawansteed400 wrote:Padahal kelas moge yang layak dikenakan PPnBM sampai 75% adalah yang termasuk kualifikasi Moge (mulai 400CC).
disinilah timbul kontradiksi antara BeaCukai & Kepolisian.
Disisi Kepolisian, motor 250CC masih dianggap motor biasa / mass productions.

sekalian kepalang, wong kita numpak intruder 1400cc aja kalau kumpul sama anak HD dibilang PPHD
pphd apa ya?

sepertinya tergantung org2 nya jg. Memang rata2 klo ada event HD, yg jumlahnya bisa ratusan motor HD, tentunya moge jepang pasti agak sedikit minder. Bagaimana kalo dibalik? yg pake hd tetep pede walaupun dikelilingin moge2 jepang.
biasanya klo sudah saling kenal walaupun pegang beda brand, ga masalah. Memang sih ada yg bener2 fanatik HD.

menurut imbi, kategory moge yaitu yg kapasitas nya lebih dari >475cc
tapi yg sampe skrg sangat diketahui yaitu >400cc
User avatar
adjokasep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
Location: Jakarta

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by adjokasep »

kalo mau masuk vendetta >600cc kan? (Kecuali mito & RS125)
User avatar
NdembiQ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 29, 2008 7:21

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by NdembiQ »

roadtrain99 wrote:
wawansteed400 wrote:Padahal kelas moge yang layak dikenakan PPnBM sampai 75% adalah yang termasuk kualifikasi Moge (mulai 400CC).
disinilah timbul kontradiksi antara BeaCukai & Kepolisian.
Disisi Kepolisian, motor 250CC masih dianggap motor biasa / mass productions.

sekalian kepalang, wong kita numpak intruder 1400cc aja kalau kumpul sama anak HD dibilang PPHD
pphd apa ya?

sepertinya tergantung org2 nya jg. Memang rata2 klo ada event HD, yg jumlahnya bisa ratusan motor HD, tentunya moge jepang pasti agak sedikit minder. Bagaimana kalo dibalik? yg pake hd tetep pede walaupun dikelilingin moge2 jepang.
biasanya klo sudah saling kenal walaupun pegang beda brand, ga masalah. Memang sih ada yg bener2 fanatik HD.

menurut imbi, kategory moge yaitu yg kapasitas nya lebih dari >475cc
tapi yg sampe skrg sangat diketahui yaitu >400cc
Hi hihi .. jadi teringat beberapa waktu lalu waktu ada even sumpah pemuda bikers di yogyakarta, itu baru kerasa banget mocin cruiser ane (sanex flash) dikelilingi ratusan Harley, secara mereka pada ngumpul di Hotel Saphir dan Mall-nya dimana setiap hari ditempat itu gw nganter jemput nyonya yang emang kerja dimall tersebut dan sebagai biker sejati (setiap hari emang naik motor buat operasional) mau ngga mau ngelewatin kumpulan para boss-boss besar pembesut Harley. Sempet rada keder/minder juga seh .. tapi ternyata mereka juga cuek-cuek aja tuh. Perasaan bahwa entar gw bakal di cap sebagai PPHD gw buang jauh2 secara emang ngga pernah robah asesoris mocin gw dengan sesuatu yang ber-bau "harley".

Gw rasa bagi penunggang mocin/mopan/mopa cruiser ngga perlu khawatir dengan embel2 PPHD, selama tidak berusaha menjadikan motornya itu sebagai duplikat harley dengan penggunaan asesoris atau emblem-emblem dengan inisial harley. Kalo soal model atau cat gw rasa kalo mirip2 ngga masalah seh, banyak kok mobil-motor yang antara satu dengan yang lainnya modelnya hampir sama .. tapi jangan diingkari dan dikamuflasekan dengan menempelkan emblem merek lainnya .. itu artinya pembohongan publik .. :D
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by roadtrain99 »

^
gw nebak2 nih, pphd = pengen punya hd gitu? kalo salah dibenerin ya..asli ga tau.

bener yg dibilang ndembiq, ga perlu mikir negatif atau ga perlu minder. Biasanya jadi minder gara2 pikiran sendiri, tapi tetep jgn norak, santai aja..sopan aja, ga ada ruginya.
Bener juga tuh, klo punyanya *misalnya* tiger ya udah pake lambang honda aja, jgn dipakein harley atau nempel sticker harley banyak2. jadi terlihat lucu. sering tuh gw liat, box2 motor tiger, ada sticker html nya, tapi stiker harley nya lebih besar..hhaihai..
emang sih logo nya hd bagus..
klo pake sanex gitu2, biarkan aja spt itu, jgn sampe ngerubah utk dimirip2in lalu ditempel merk lain apalagi accessories yg keliatan maksa, ntar jadi aneh..
User avatar
ak78
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu May 22, 2008 5:17
Location: www.rubycruiser.net

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by ak78 »

bro wawansteed ini benar2 luar biasa pengetahuannya.. mantap..
Image
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by roadtrain99 »

nescafe wrote:
GTR wrote:seolah dibikin spt mesin pincang?
hmm.. kalau tipikal suara mesin pincang, sepertinya tak hanya di HD saja, muscle car US bukannya jg bgitu yah? :e-think:
us car yg konfigurasi V aja, cuma sepertinya ga semuanya begitu. holden commodore/ford falcon di oz jg seperti itu kalo yg sudah modif exhaust. rata2 v6.
TommyMks
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:56

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by TommyMks »

wawansteed400 wrote:Dear All, :big_peace:

bukan bermaksud menggurui, :frm_salut: ini sekedar review mesin Harley Davidson yang kontroversial....

1. V-Twin Asia
Dalam mesin 2 silinder v-twin buatan asia, salah satu piston/seher melakukan kerja pembakaran tiap perputaran kruk as, dan memiliki 2 bagian pin yang terpisah, yang mana posisinya berbeda 180 derajat satu dengan yang lain, posisi interval yang sama (silih berganti)

Image

2. V-Twin Harley Davidson

Yang membedakan mesin harley, kedua seher menuju kruk ask hanya memiliki 1 pin, dan kedua piston rod dihubungkan dengan 1 pin

untuk jelasnya lihat gambar berikut:

Image

Image


Oleh karenanya, pada mesin harley begini proses pengapiannya:

Piston A melakukan pengapian,
Piston B melakukan pengapian pada 315derajat,
jadi ada gap 405derajat,
begitu seterusnya,

jadi suara dentuman mesin harley terdengar seperti helikopter, bum-bum...... bum-bum.... bum-bum…. Begitu seterusnya…. ada sela....

Kalau mesin v-twin asia akan terdengar brummmmmmmm………

Karena perbedaan siklus…..

jadi? mesin v-twin asia nyamain suara HD? ndak mungkin :big_peace:

kalau kita simak dengan seksama, konfigurasi v-twin asia tidak rata 100% (antara blok ke1&2) agak geser sedikit.

ndak percaya? yg punya motor v-twin asia silahkan bongkar belah/turun mesin, kemudian cari bengkel HD yg lagi turun mesin juga, lihat konfigurasinya....

sama??

lalu koq pabrikan asia seperti jepang gak niru? :e-think:

HAK Paten :mrgreen:

CMiiW
:ngacir:
>------<
just me


Image
Newbie salam kenal.

sebenarnya ini bikin saya penasaran. saya coba nanya ke salah satu blog ttg motor, tapi belum ada jawaban.
akhirnya nemu ttg suara khas HD disini.

Ttg "suara khas HD", ada yg bilang di patenkan, ada yg bilang di trade mark kan. kalau suara, bukannya suara ga bisa dipatenkan, hanya bisa dijadikan trade mark, saya dapat beberapa artikel kalo harley gagal menjadikan suara yg berasal dari V-twin narrow angle, single crank pin menjadi trade marknya. karena 9 competitornya memiliki alasan kuat bahwa type seperti itu sudah pernah dimiliki mesin2 sebelum HD. namun pihak HD tetap mempromosikan produk2nya dalam marketingnya bahwa suara harley khas tidak dapat ditiru merek lain. benarkah kasus ini?

kalau kita lihat, jika HD mesinnya 45 derajat, single crank pin, Yamaha juga mengeluarkan seri Yamaha Road Star dengan konfigurasi mesin sangat berbeda dengan seri V-star cruiser generasi sebelumnya. Road Star series mesinnya 48 derajat (hanya selisih 3 dengan HD), juga single crank pin. juga pakai push rod. saya cek suaranya di youtube, mereka yg pakai knalpot after market seperti freedom true dual, vance and hines II classic, suara khas “potato – potato” yg berasal dari mesinnya juga serupa persis dgn harley yg pakai knalpot mirip. malah beberapa rider amrik yg comment disana bilang, suara khasnya lebih bagus dari HD?"

saya ga pernah dengar langsung suara HD kecuali hanya sekilas lewat. karena gak punya jadi pengen nanya langsung ke bro semua yg punya, benarkah suaranya gak bisa ditiru? kalau Yamaha Road Star itu? :e-doh:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by asudarsono »

nescafe wrote:
GTR wrote:seolah dibikin spt mesin pincang?
hmm.. kalau tipikal suara mesin pincang, sepertinya tak hanya di HD saja, muscle car US bukannya jg bgitu yah? :e-think:
Yah itulah yang mencirikan muscle car sejati. It's an American thing. Susah dijelasin kepada kita yg Euro-minded atau yg ricer. Macam njelasin enaknya naik Vespa kepada penunggang moge, susah.
Ready to Race
TommyMks
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:56

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by TommyMks »

Ini bro videonya, pakai knalpot after market karena suaranya "ketutup" knalpot bawaannya
http://www.youtube.com/watch?v=vut6AmhG ... re=related
dentumannya juga bum-bum........ bum-bum...... sudut mesin 48 derajat (selisih 3 dengan HD) juga pakai satu crank pin (dipakai bersama oleh dua connecting rod).
Image


ini suaranya yg lagi running
Vance & Hines II classic
http://www.youtube.com/watch?v=nPDUg-Y4 ... re=related
True Dual
http://www.youtube.com/watch?v=o0Ar513p ... re=related
Yamaha Road Star, Road Warrior, Wild Star, Road Liner, Stratoliner (1600 - 1900cc) konfigurasi mesinnya:
"The Road Star’s air-cooled, 48-degree, 1,670cc (102 cubic inches) V-twin engine has a single crankpin, and a bore and stroke of 97.0 x 113.0mm. Its long-stroke design indicates that it will deliver a good deal of torque, as indeed it does. It also features four valves per cylinder, and a compression ratio of 8.3:1." sumber ridermagazine.

HAK PATEN HARLEY DAVIDSON??? :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh:
TommyMks
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:56

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by TommyMks »

Nah ini bro suara Yamaha Road Star 1700cc (48 derajat, single crank pin) yang paling jelas dentumannya buat dibandingin ama HD (45 derajat single crank pin)
pakai knalpot cobra

http://www.youtube.com/watch?v=P0cKVM_E ... re=related
dugudug ---- dugudug--- dugudug----- kayak HD

mungkin yg bro maksud itu cruiser-style sport, atau power cruiser yang pakai dual crank pin semacam suzuki boulevard, honda, atau yamaha generasi V star sebelumnya yg sudutnya lebar? yang suaranya... bur-bur-bur-. kalo kenceng .... burrrrrrrrrr......
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by nescafe »

asudarsono wrote:
nescafe wrote:
GTR wrote:seolah dibikin spt mesin pincang?
hmm.. kalau tipikal suara mesin pincang, sepertinya tak hanya di HD saja, muscle car US bukannya jg bgitu yah? :e-think:
Yah itulah yang mencirikan muscle car sejati. It's an American thing. Susah dijelasin kepada kita yg Euro-minded atau yg ricer. Macam njelasin enaknya naik Vespa kepada penunggang moge, susah.
hoo.. iya pak.. mnegerti.. :mrgreen:
roadtrain99 wrote:
nescafe wrote:
GTR wrote:seolah dibikin spt mesin pincang?
hmm.. kalau tipikal suara mesin pincang, sepertinya tak hanya di HD saja, muscle car US bukannya jg bgitu yah? :e-think:
us car yg konfigurasi V aja, cuma sepertinya ga semuanya begitu. holden commodore/ford falcon di oz jg seperti itu kalo yg sudah modif exhaust. rata2 v6.
hmm,, i see.. thx pak.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
TommyMks
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:56

Re: Penjelasan Suara Dentuman Harley tak bisa ditiru

Post by TommyMks »

Jadi klo bro bilang HD begini,
"Oleh karenanya, pada mesin harley begini proses pengapiannya:

Piston A melakukan pengapian,
Piston B melakukan pengapian pada 315derajat,
jadi ada gap 405derajat,
begitu seterusnya,"

Harley davidson (45 derajat Single Crank Pin)

Yamaha Road Star (48 derajat Single Crank Pin),
A Road Star engine has two pistons. The difference in the Road Star engine is that the crankshaft has only one pin, and both pistons are connected to it (the single pin) through their connecting rods.This combined with the Road Star's (unique Degree of the "V") arrangement of the cylinders means that the pistons can't fire at even intervals. Instead of one piston firing every 360 degrees, a Road Star engine does this:

a piston fires (Piston A melakukan pengapian)
the next piston fires at 312 degrees (Piston B melakukan pengapian 312 derajat,)
there is a 408 degree gap (jadi ada gap 408 derajat)
a piston fires
the next piston fires at 312 degrees
there is a 408 degree gap
and so on...
So at idle you can hear the pop-pop sound followed by a pause. So its sound is: pop-pop-----pop-pop-----pop-pop-----pop-pop-----pop-pop.

Jadi? pabrikan jepang sudah membuat (Road Star diproduksi sejak 1999 sampai 2010 sekarang). perbedaan selisih hanya 3 derajat apakah bisa ditangkap telinga manusia normal? malah beberapa rider bilang suara khasnya lebih bagus dari HD. (ini subjektif)

So Tidak benar kalau satu pin dipakai bersama oleh dua piston connecting rod dikatakan hak paten HD.

CMIIW