Page 1 of 2

DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Thu Jul 13, 2006 2:36
by p4nd4
Mesin rotari bikin motor lebih yahud & hemat bahan bakar

Perkembangan teknologi mesin bakar motor memang termasuk lambat dibandingkan mobil. Alasannya, dimensi motor menuntut mesin yang kompak dan ringan. Makanya, teknologi motor tak terlalu banyak berkembang.

Salah satu teknologi mobil yang mungkin bisa diaplikasikan pada motor adalah mesin rotari ciptaan Felix Wankel asal Jerman yang digunakan oleh mobil sport Mazda, yang terkenal dengan bentuknya yang kompak dan efisien.

Mesin berkapasitas 1.300 cc Mazda RX-8 hanya mengonsumsi seliter bensin untuk perjalanan delapan kilometer dengan tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin konvensional berkapasitas 3.500 cc V6.

Wankel adalah insinyur yang bekerja di produsen sepeda motor Jerman, NSU pada 1950-an. Saat NSU meluncurkan produknya pada akhir 1959, mesin unik itu jadi rebutan seratus perusahaan mobil di dunia, termasuk Mazda.

Sayangnya, mesin rotari NSU atau Ro80 itu gagal karena haus oli serta bahan bakar dan lenyap karena NSU bangkrut.

Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.

Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.

Berkapasitas kecil

Menurut Manajer Direktur RCV Engines Ltd Eric Hill, dengan menggunakan teknologi ini bisa diperoleh motor dengan mesin berkapasitas kecil, tapi bertenaga besar, sehingga hemat bahan bakar.

Bersama timnya, Eric telah membuat simulasi mesin rotari 125 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 12,5 tenaga kuda. Bandingkan dengan mesin konvensional berkapasitas sama yang hanya bisa menghasilkan 9 tenaga kuda.

Melihat hal tersebut, RCV Engines Ltd lantas mengembangkan mesin berkapasitas 49 cc yang dipergunakan untuk skuter dan 100 hingga 110 cc untuk motor bebek yang merupakan pangsa pasar terbesar di Asia dan Eropa.

Selain itu, RCV Engines Ltd juga telah mendesain teknologi katup silinder tertutup untuk menghindari percampuran minyak pelumas ke sistem pembakaran cylinder valve sealing system (CVSS).

SVCC menggunakan tiga ring penutup yaitu penutup aktif, geser, dan statis yang masing-masing berbeda ketebalannya, namun tahan terhadap tekanan dan kompresi pembakaran.

Sayangnya, RCV Engines tidak berhasil mencari solusi terhadap rendahnya engine brake yang dihasilkan mesinnya. Kita tahu engine brake bermanfaat untuk mengurangi laju kendaraan dengan menurunkan transmisi.

Rendahnya engine brake terjadi karena mesin rotari bekerja dengan gerak putar. Akibatnya, pengemudi harus sepenuhnya mengandalkan kinerja rem.

Menurut rencana, dalam waktu dekat mesin yang dirancang RCV Engines Ltd akan diproduksi secara massal oleh produsen motor asal Taiwan, Motive Power Industry (MPI). (Algooth Putranto)

http://www.bisnis.com/servlet/page?_pag ... _id=452598

Posted: Thu Jul 13, 2006 2:45
by p4nd4
Image

Image

ini gambar yang 49cc

Posted: Thu Jul 13, 2006 2:51
by p4nd4
Image

ini penempatan mesin di scooter...

info laen bisa di lihat di RCV Engines Motorcycle

cuman gw bingung liat mesin yang 125 cc kok bentuknya mirip dengan yang sekarang yahh...

truss emang kalo rotary masih pake cylinder nga ?

Posted: Thu Jul 13, 2006 3:00
by Turboman
Mesin rotary wankel tidak menggunakan piston, melainkan rotor berbentuk segitiga melengkung serta chamber yg berbentuk seperti angka 8.

Sekarang ada 1 persh. independent yang mendisain mesin rotary spt wankel, tapi agak berbeda :


http://www.quasiturbine.com/ETheoryQTVersusWankel.htm

http://www.quasiturbine.com/

Posted: Thu Jul 13, 2006 3:01
by TUFF Stough
Ngomongin rotary engine, kayanya kurang afdol kalo nggak memasukkan gambar rotary engine-nya Mazda RX-8.

Image

Prinsip kerjanya seperti mainan gambar anak-anak yang kalo diputar menghasilkan gambar seperti bintang. :P

Posted: Thu Jul 13, 2006 3:13
by p4nd4
http://www.rcvengines.com/pdf_files/pr/ ... -jan06.pdf

dapat cara kerjanya nihh cuman gw ga ngerti mesin hehehe :P

Posted: Thu Jul 13, 2006 8:46
by dado
SOHC aja orang indonesia mah ribet apalagi Rotary.

Posted: Thu Jul 13, 2006 10:18
by budzaemon
nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???

Posted: Thu Jul 13, 2006 10:47
by TUFF Stough
Cara kerja rotary engine-nya RX-8 bisa dilihat di sini: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine.htm

Dan flash-nya bisa dilihat di halaman berikutnya: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine1.htm

Posted: Thu Jul 13, 2006 13:45
by anak_singkong
budzaemon wrote:nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???


bukannya semua motor di Indonesia udah pake SOHC?

Posted: Fri Jul 14, 2006 1:14
by zepprut
RCV yang dimaksud P4nd4 beda dengan mesin Rotary pada Mazda.

RCV = Rotary Cylinder Valve
Silinder/klep berputar buat buka/nutup port Hisap/buang, piston tetep bergerak naik/turun

Rotary pada mazda bikinan Bro Wankel = cuman piston yg berbentuk segitiga aja yang berputar

Posted: Fri Jul 14, 2006 1:36
by budzaemon
anak_singkong wrote:
budzaemon wrote:nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???


bukannya semua motor di Indonesia udah pake SOHC?
iya Bro, karena itu maksud ane bli motor biasa aja empot2an, boro2 bli DOHC apalagi Rotary he3x...

Posted: Fri Jul 14, 2006 3:43
by p4nd4
nahh yoi yang bro zepprut bilang bener yang RCV ini masih pake piston...kalo pake piston emang masih disebut mesin rotary ?

trus dari gambar di atas yang 49cc kayanya ga pake piston toh ?
Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.

Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.
nah kalo perkembangan dari mesin RX-8 seharusnya ga pake piston lagi...makin bingung nih gw..

Posted: Mon Jul 17, 2006 18:38
by jihad koplo
mesin rotari lebih irit dari mesin piston? dan lebih bertenaga? torsinya??? dgn cara gerak yg berputar gitu...menurut saya lho, huhuhu torsinya kuat gak??
bgmn dgn mesin turbin,bukannya itu jg sdh diaplikasi di motor Y2K, dan terbukti powerfull bgt tp kok gak terus yaa????

Posted: Wed Jul 19, 2006 8:17
by dado
klo menurut gw mesin rotary di indonesia masih merupakan barang asing, soalnya mobilnya aja masih harus impor alias mobil2 CBU, tp mesin rotary ini gw menurut gw pribadi sih sangat2 bagus cuman ngga tau deh bisa pake kapan???

Posted: Thu Aug 10, 2006 12:25
by yoyoyo
salah satu mesin yg gw kagumi.
andai populasinya cukup tinggi dan banyak yg bisa servis, .. :(

*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*

Posted: Fri Aug 11, 2006 3:02
by p4nd4
yoyoyo wrote:*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*
same in here bro.... :shake-hand:

emang harganya kira-kira berapaan bro ?

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Sun May 29, 2011 0:25
by ak4ng
hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Sun May 29, 2011 11:06
by jalu
hooo...ini bahas ttg mesin ya......kirain bahas ttg momod chiong (DOHC) :upss:

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Sun May 29, 2011 15:10
by DOHC
ehemm.... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:


yg pasti yg paling banyak dipake yahhh yg DOHC dibanding yg rotaryy... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Mon May 30, 2011 14:04
by imsus2c
ak4ng wrote:hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
prinsip mudahnya gini,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Wed Jun 01, 2011 1:59
by ak4ng
jarang bgt aplikasi mesin rotary ini ya?????

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Wed Jun 01, 2011 2:02
by henz155
emank jarang kang,yg ane taw cm di mazda rx series

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Wed Jun 01, 2011 5:53
by VanzMatic
imsus2c wrote:
ak4ng wrote:hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
prinsip mudahnya gini,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin
Silaken liat link ini..! Ini cara memahami enjin Rotary secara animated..
http://www.youtube.com/watch?v=6BCgl2uumlI

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Posted: Thu Jun 02, 2011 4:51
by y_anjasrana
mobil bermesin rotary = mobil bermesin 2 tak... boros....
kalu motor... no comment dah...