all bout oli samping...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

all bout oli samping...

Post by electrofuq »

berdasarkan apa sih kalian memilih oli samping?

kalian yang memakai motor satria dan ninja pada pake oli apa?

jujur kebingunan saya memuncak pada saat saya ke bengkel resmi suzuki pada saat servis satria..
sang mekanik bilang udah de.. mending pake mesran aja olinya.. soalnya satria ga cocok ma oli mahal....

mengapa itu bisa terjadi?
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

jujur kebingunan saya memuncak pada saat saya ke bengkel resmi suzuki pada saat servis satria..
sang mekanik bilang udah de.. mending pake mesran aja olinya.. soalnya satria ga cocok ma oli mahal....
Kalo oli samping itu mendingan yg bagus sekalian.Kalo aku yg nyaranin gak bisa tergantung selera bing electrofuq.Tapi cobalah pake merk yg sudah terkenal jng pake yg abal-abal apalagi palsu.
Mekaniknya itu bilang pake mesran kelihatannya di oli transmisi ya?Kalo 2 tak oli transmisinya jng pake API service yg ketinggian kaya SJ/SL cukup pake SF atau SG.
Speed is a game??!!
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Just info, saya masih menemukan oli samping merk castrol yg palsu di rumah matahari, padahal saya sudah komplain sama mereka.
Saya perhatiin dari bedanya label dan tdk adanya label castrol pada tutup alumuniumnya, saya nggak tau dengan merek yg lainnya.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kalo info dari nongkrong2 ama anak balapliar rxking sih katanya paling bagus motul,tapi jangan kebeli yg palsu ...
saya rasa mekanik ngomong begitu gak salah salah amat deh.. semua speda motor yg masuk sini kan memang sudah dirancang untuk bisa menggunakan BBM dan OLI yg paling murah karena mayoritas pengguna speda motor kan pakenya cuma bensin premium dan oli mesran karena paling murah ,gak semua orang mo beli shell atau motul,atau pake pertamax plus,mesrania 2 T mungkin tidak sebagus oli luar tapi sudah cukup untuk motor standar.....
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Memang bisa sih nenggak oli mesraniaa 2T.Tapi apa bisa bertahan lama performa mesin itu.Menurutku mendingan pake oli bagus soalnya walaupun mahalan dikit tapi nanti service jd gak begitu berat trus umur mesinnya lbh panjang.

Masalh oli palsu dulu pernah dapat MESRAN (lagi).Olinya warnanya agak kehitaman trus baunya agak sangit.Pernah bingung juga dng Shell Advance, yg satu ada barcodenya dan tutup oli berhologram yg satunya gak ada sama sekali.Tapi baunya tetap sama dan gak ada apa2 sama mesinnya.Takutnya sih oli palsu.
Speed is a game??!!
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Re: all bout oli samping...

Post by fadly »

electrofuq wrote:berdasarkan apa sih kalian memilih oli samping?

kalian yang memakai motor satria dan ninja pada pake oli apa?

jujur kebingunan saya memuncak pada saat saya ke bengkel resmi suzuki pada saat servis satria..
sang mekanik bilang udah de.. mending pake mesran aja olinya.. soalnya satria ga cocok ma oli mahal....

mengapa itu bisa terjadi?
motor saya sendiri make oli motul 510, itu juga saran dari mekanik...
kalu masalah oli mahal apa ngga, menurut saya sih kerak yang ditinggalkan dari hasil pembakarannya, biasanya makin murah makin banyak kerak yang ditinggal...
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

ya.. mesran yang disarankan ma si teknisi nya bukannya hanya oli mesin, oli samping pun disuruh pake mesran..
kata teknisi suzuki disini, klo satria pake shell.. kemungkinan saking kentelnya si shell itu bisa ngebuat lengket piston.. katanya gitu..
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

kalu shell yang umum ngga lah seperti shell advence sx, dulu saya juga pake shell buat satria, ngga ada masalah tuh...
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

electrofuq wrote:ya.. mesran yang disarankan ma si teknisi nya bukannya hanya oli mesin, oli samping pun disuruh pake mesran..
kata teknisi suzuki disini, klo satria pake shell.. kemungkinan saking kentelnya si shell itu bisa ngebuat lengket piston.. katanya gitu..
Lengket gimana,lha wong selama ini pake Shell Advance SX dibuat main geber-geberan sampai limit saja gak ada masalah.Shell itu memang lebih kentel dr castrol tp dng kekentalannya itu menyebabkan kalo mesin sdh panas tenaga mesinnya gak cepet drop.Kalo pake shell Advane VSX malah lbh bagus.
Nyatanya pake shell, kerak dan asapnya gak tebal.
Speed is a game??!!
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

hmm ya ya.. bagaimana kalo motul?
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Bung elect setahu saya motul tuh karakternya tuh agak kental di banding oli samping lain, asap jadi lebih banyak dan suara mesin agak lebih halus karena motul tuh agak sedikit lengket dan yg pasti mahal enggak semua daerah punya stok oli ini.
Tapi sebenernya apapun oli samping yg kita pake baik merek bagus atau tidak sebaiknya kita test dahulu dengan di bakar diatas sendok makan apabila timbul gelembung udara cukup banyak seperti memask air ber arti oli itu kualitasnya jelek dan waktu habis dasar sendok menjadi agak hitam tetapi bila gelembung hanya sedikit atau sama sekali tidak ada dan malahan oli tersebut mudah menguap, mudah terbakar dan tidak meninggalkan warna hitam pada dasar sendok itu baru bisa di sebut termasuk oli samping yg bagus...semoga informasi ini cukup bermanfaat.
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Kalo menurutku motul 510 tuh malah agak encer dibanding shell.Dulu pernah coba motul 510 campur dng oli racing motul R800.Satrianya jd enak sekali,kaya dinding silindernya tuh dr es,LICIN.
Speed is a game??!!
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

ninja saya pake Total yang Grand Prix, biar smokeless tapi asepnya tetep ada, tapi lebih bagus daripada shell (karena sempet pake shell 3 bulan awal)
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Emang.lha wong lebih mahal
Speed is a game??!!
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

humm..
bagaimana kalo yg bermerk mobil ?

dikarena kan saya pemula.. apakah semua oli sintetik pada saat mesin panas.. menjadi lem pagi piston? yaa seperti lengket gitu deh.. tetapi kalo pake oli semacam mesran ky nya masalah ky gitu minim deh.. apakah benar ini kekurangan oli sintetik?
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

ivanov wrote:Emang.lha wong lebih mahal
wahh saya lupa hehe, soalnya saya beli patungan sama temen, dia beli 24 botol jadi lebih murah satuannya
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Wah enak ya.Total Grandprix dulu pernah pake emang lebih enak dr total racing yg bungkusnya merah.
Speed is a game??!!
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: all bout oli samping...

Post by LekSupi »

Wah, pingin numpang tanya di topik ini.
Begini, saya punya Suzuki ST20 buatan tahun 1983. karena pake mesin 2 tak, tentunya pelumasan seluruh mesin hanya mengandalkan oli samping. Sejauh ini saya masih bertanya-tanya harus pake oli apa kira-kira yang paling tepat.
Saya pernah coba pakai castrol low smoke, lalu produknya Pertamina, penzoil dan evalube (oli baru). sejauh ini sih tidak ada kelebihan dan kekurangan dari setiap merk oli yang pernah saya coba (kecuali hanya dari harganya hehehe.....)
Tetapi untuk jangka panjang saya tidak tahu efeknya. Saya hanya berpikir dengan hanya sedikit volume oli yang tersemprot ketika mesin harus berputar kencang dan membawa beban yang cukup berat, pastinya harus didukung dengan oli yang memiliki kualitas lebih baik. Mohon pencerahan dari rekan-rekan semua.

Salam,
Edi warsito

ngapuntene bapake edi . . . saya pindahke di sini . . .
lha kalo saya pake castrol low smoke biasane tak ada keluhan . . .
pernah sekali pake enviro pertam asape masih agak tebel . . .
pernah nyoba juga oli top, starterane cek jreng tapi ketukane mesin terasa agak kasar sama stationere kurang nyaman . . .
sampean pernah make shell smokeless belum, saya masih penasaran mau nyoba . . .
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: all bout oli samping...

Post by anak_singkong »

dulu waktu msh pake King sy pake oli sampingnya Mesran ENVIRO tp skrg kyanya udh ga ada ENVIRO ya?

kemarenan wktu punya King lg sy pakenya Shell SX 2t low smoke dn emang ga ada asepnya.. aromanya jg wangi dn ga bikin pedes mata.

sy paling benci klo dibelakang motor 2t yg asep knalpotnya pedes bgt sampe ke mata..rasanya pengen negor tuh pengendara aja.

biasanya klo gtu pke oli samping apaan ya mrk? apa pake sambel terasi kli ya? :big_weee:
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: all bout oli samping...

Post by LekSupi »

anak_singkong wrote: kemarenan wktu punya King lg sy pakenya Shell SX 2t low smoke dn emang ga ada asepnya.. aromanya jg wangi dn ga bikin pedes mata.
:big_weee:
masih ada koq itu Mesran ENVIRO, saya mbelinya di POM bensin, tapi masih ngasep;
nah itu . . . yang Shell SX 2t low smoke saya mau coba apakah bener asepe berkurange banyak . . .

kita pengguna 2 tak sebenere juga tahu diri koq . . kasihan yang dibelakange . . . ya setidaknya dah diupayakan dikurangi lah itu asep dengan oli samping low smoke . . .
User avatar
superpower
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 06, 2008 4:46

Re: all bout oli samping...

Post by superpower »

kalo gw dulu punya crystal, and udah gw buat jadi kelinci percobaan 15 jenis oli samping beda, yang paling sip tetep...SHELL,
harga ga mahal2 banget, tapi performance sip n kerak jadi dikit.
kalo yang merk mobil1 yaa.. ga brani nyoba tuh.harga mematikan cuma utk dibakar doang,hehe
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: all bout oli samping...

Post by r1210g »

@leksupi
kalo emang pejuang sejati cari oli samping buat motor boat yang masih FB..
tapi kalo agak males sih pake yang FC juga ok.. FC sih lebih baik sih..

wah di satria ogud shell keraknya tebel banget di kepala pistonnya..
ga kuat keroknya.. dulu pake castrol mendingan..
kalo asepnya antara castrol ama shell sih tipis..

ada temen pake repsol di RR katanya sih keraknya tipis tapi pake yang competicion..
60rb sebotol.. wedew..

@superpower
mobil1 juga pernah liat tuh... mahal bener
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: all bout oli samping...

Post by sjamsul »

Ada yg tau ngak ya apakah smokeless n low smoke itu sama ato beda sih?. :e-think: :e-think:
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: all bout oli samping...

Post by LekSupi »

superpower wrote:kalo gw dulu punya crystal, and udah gw buat jadi kelinci percobaan 15 jenis oli samping beda, yang paling sip tetep...SHELL,
:frm_salut: suwun inponya . . .
r1210g wrote:@leksupi
kalo emang pejuang sejati cari oli samping buat motor boat yang masih FB..
tapi kalo agak males sih pake yang FC juga ok.. FC sih lebih baik sih..

wah di satria ogud shell keraknya tebel banget di kepala pistonnya..
ga kuat keroknya.. dulu pake castrol mendingan..
kalo asepnya antara castrol ama shell sih tipis..
:e-doh: he. . . he . . mikir2 juga kalo harus sering2 ngerok kerak . . . kalo amannya barangkali castrol cukup yahh . . .
sekalian nanya dong, bolehkah ganti2 merk oli ataw nyampur oli samping beda merk ?
suwun . . .
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: all bout oli samping...

Post by LekSupi »

sjamsul wrote:Ada yg tau ngak ya apakah smokeless n low smoke itu sama ato beda sih?. :e-think: :e-think:
bukane sama ssajjaa . . .? smokeless = smoke/asepe less/dikit, low smoke = smoke/asepe low/rendah . . .
kalo katane bengkele t4e sy beli oli sih sama
mungkin hanya beda istilah, castrol sama top 1 setahu sy pake istilah low smoke, kalo shell pake istilah smokeless . . .
begitu . . . ? barangkali sih . . .