Buat pengendara motor yang doyan touring

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by BikeRiders »

Hi All balik lagi sama BikeRiders,

ini thread dibikin walaupun mungkin udah ada yang pernah ngebahas soal ini..tapi gk papa saya tetep mau bahas lagi..

karena buat saya masih banyak banget orang orang yang mungkin belum tau..dan mungkin ada orang yang sudah tau tapi cuma sekedar tau..

karena waktu itu ane pernah touring beberapa kali, tapi nyatanya masih ada aja yang suka gak perhatian sama beberapa rules tentang per-touringan :mky_06:
terus terang jadi bingung sendiri :ungg:
soalnya bisa jadi kita bakal jadi penganggu pengguna jalan yang lain
langsung aja deh

ini beberapa peraturan yang harus dan baku untuk dipatuhin selama touring..supaya tetep aman dan tidak begitu menganggu pejalan lain,,
karena memang prinsipnya touring ini akan mengganggu perjalan pengendara lain..

Kelengkapan Kendaraan
1. SPION
2. lampu Sign harus nyala
3.Lampu Depan dan Belakang
4. STNK
5.SIM
6. Plat Nomer motor standard polda
7.MESIN HARUS DALAM KEADAAN SEHAT
Kenapa ane Bold tuh Spion..karena masih banyak orang yang punya spion tapi gak dipake asal langsung masuk aja,..gak usah lagiu touring di jalan aja ane sering ngomel ngomel sendiri motor nyelonong nyelonong aja masuk gk liat spion..ane sendiri pengguna motor :mky_01:
Perlengkapan Untuk Tubuh Kita Sendiri
1. HELM yang standard SNI atau SNELL atau DOT tapi dianjurkan FULL FACE ya
2. Sarung Tangan
3.Sepatu
4.Jaket
5.Jas Hujan
6.Kotak P3K
7.Toolkit
8.Uang Cash (Bukan ATM)
Kenapa Uang Cash di bold?, soalnya kita gak tau kapan musibah dateng contoh ban bocor atau apalah..kalau kita ditengah perdesaan, apa kita berharap dapet nemu ATM kaya di perkotaan?
Demi Kemanyaman Bersama
1.Setiap pengendara wajib mentaati rambu-rambu lalu lintas,
2. Menghormati sesama pengguna jalan (Ingat bahwa perjalanan kita hanya sekedar untuk bersenang-senang. Jangan sampai menggangu orang lain yang mempunyai kebutuhan lebih penting)
3. Setiap pengendara tidak diperkenankan saling mendahului rombongan
4. Setiap pengendara diharuskan menyalakan lampu saat touring
5. Gunakan bunyi-bunyian dengan bijak (Hanya boleh digunakan bila terpaksa oleh kondisi darurat. Bukan untuk menghalau pengendara lain diluar rombongan)
6. Setiap pengendara harus melihat aba-aba dari petugas yang telah ditentukan
7. Mempertimbangkan semua aspek keselamatan dan keamanan bukan hanya terhadap disi sendiri tetapi juga terhadap sesama pengguna jalan lain
8. Berkendaralah sesuai batas kemampuan diri dan kelompok
9. Pengendara tidak diperbolehkan menarik gas kencang-kencang apabila tertinggal oleh pengendara didepannya.karena perinsipnya sudah ada petugas yang bertanggung jawab akan ini.
10. Pengendara harus memberikan signal kepada RC bilamana harus mempercepat kendaraannya untuk alasan emergency dengan lampu dim atau horn (Semua pengendara lain didepannya wajib untuk meneruskan tanda ini sampai RC mengetahui dan melihat tanda itu)
11. Miras dan Narkoba sebelum dan saat berkendara sama sekali tidak dapat ditolerir dan harus dijauhi bila ingin bergabung dalam Touring
12. Setiap pengendara harus dalam keadaaan sehat, bagi yang sakit tidak boleh mengikuti touring
Ini yang saya suka miris sama pengendara touring motor, kebanyakan dari pengendara motor yang suka touring tidak mematuhi peraturan yang sudah ada, malah ada yang sampe mecah mecah karena ketinggalan :mky_04:
Petugas Touring
1. Road Captain = Barisan Pertama
2. Sweeper = Pengontrol Rombongan
3. Blocker = Menutup jalan (tapi ingat ini blocker tidak boleh egois dan dia akan bergerak jika diperlukan)
4. Mechanic
5. Medis ( if possible)[/SPOILER]

Formasi Barisan ]Image

Kode Tangan
Kita harus memperhatikan Kode yang diberikan leader atau para sweeper..atau co-leader yang biasanya ada ditengah tengah barisan

1.
Image
Start Mesin
isyarat ‘Hidupkan Mesin’ dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan. Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari petugas MC yang ada paling belakang. Usai klakson MC tadi, RC memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua anggota, artinya ‘Ready To Go
2.
Image
Belok Kiri
Petugas RC memberikan isyarat ‘Belok Kiri’ dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum ia belok ke kiri
3.
Image
Belok Kanan
Petugas RC memberikan isyarat belok kanan dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapak tangan kiri terbuka mengarah ke kanan. Gerakan diulangi beberapa kali menunjuk kekanan
4.
Image
Bahaya Di Sisi Kiri I
Petugas RC memberikan isyarat ada ‘Bahaya Di Sisi Kiri’ dengan mengangkat tangan kiri, serta menurunkan tangan kirinya ke bawah sambil membuka jari telunjuknya. Menunjuk sesuatu kebawah kiri seperti ada lubang atau jalan rusak

Bahaya Di Sisi Kiri II
Petugas RC bisa juga memberikan isyarat ada ‘Bahaya Disisi Kiri’ sambil mengangkat kaki kiri secukupnya. handle
5.
Image
Bahaya Di Sisi Kanan
Petugas RC jika terpaksa memberikan isyarat ‘Bahaya Disisi Kanan’ dengan cara mengangkat kaki kanan secukupnya.
6.
Image
Tambah Kecepatan
Petugas RC memberikan isyarat ‘Tambah Kecepatan’ dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukkan jari telunjuk kirinya. Isyarat ini bisa juga di lakukan dengan membuka telapak tangan kiri kemudian digerakkan kedepan berulang-ulang. Gerakan tangan yang lain, yaitu tangan kiri diangkat ke atas kemudian didorong kedepan. Isyarat ini harus melihat kondisi jalan, apakah aman serta memungkinkan kecepatan bisa ditambah
7.
Image
Kurangi Kecepatan
Petugas RC memberikan isyarat ‘Kurangi Kecepatan’ dengan cara melepas lengan tangan kiri dengan secukupnya kemudian telapak tangan terbuka dimainkan atau diayunkan dengan perlahan. atau juga RC minta extra perhatian dari pada anggota untuk selalu “Hati-Hati”
8.
Image
Rapatkan Barisan
Petugas RC memberikan isyarat ‘Rapatkan Barisan’ dengan mengangkat tangan kirinya keatas, mengepalkan telapak tangan kiri kemudian diayunkan beberapa kali. Isyarat ini bisa juga diartikan ketika kecepatan mendadak diminta RC agar segera pelan dan kemudian akan berhenti karena ada bahaya
9.
Image
Buat Satu Baris
Petugas RC memberikan isyarat ‘Buat Barisan Jadi Satu’ dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan menempatkan telapak tangan kirinya diatas helm terbuka menghadap ke kanan, kemudian telapak tangan tadi diayunkan seperlunya. Isyarat satu baris ini juga bisa dengan mengangkat tangan kiri kemudian memberikan telunjuk satu kiri
10.
Image
Buat Dua Baris
Petugas RC memberikan isyarat ‘Buat Dua Baris’ dengan cara mengangkat tangan kirinya dengan memberikan kode dua jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini meminta formasi barisan grup menjadi dua dengan syarat kecepatan rendah. Jika kondisi dua baris sudah tidak mungkin lagi, maka secepatnya RC memberikan isyarat satu baris
11.
Image
Stop/Berhenti
Petugas RC memberikan isyarat “Berhenti / Stop” dengan cara melepaskan tangan kirinya kemudian telapak kirinya dibuka ke belakang sambil dimainkan atau digoyang-goyang menandakan harap segera berhenti
dan sisanya adalah peraturan yang sifatnya kurang begitu wajib tapi tetap penting,
seperti
1.Ijin sama pacar
2. SMS sebelum berangkat ke pasangan
3. :mky_07:

nah itulah gan yang ane mau share, tapi sebenernya ada lagi yang paling wajib dan penting

Berdoa dan meminta perlindungan kepada Tuhan kita menurut kepercayaan kita masing masing.

semoga bermanfaat ya


:big_comfort: :big_comfort: :big_comfort:

terimakasih :)

Regards,

BikeRiders
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by jason28 »

Very nice information om :mky_02: :mky_02:
aryaguna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun May 11, 2014 12:16

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by aryaguna »

mantap om...

tp klo ane dulu pake motor, gk turing sih tp cuman jalan jauh doang, klo ada lubang dikanan atau kiri jalan maka kaki kana or kiri kek nendang bola gitu om, utk ngasi tau klo di depan ane kiri or kanan ada lubang, jd teman di belakang bs ngelak
pambudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Apr 08, 2014 13:41

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by pambudi »

sy suka jalan jauh, tp ga nerapin kode2 di atas, coz cuma berdua boncengan sama istri
seringnya cuma pegang dengkul boncenger kalo habis hajar lubang sekedar kasih rasa tenang ke istri, ato sesekali buat ngecheck yg dibelakang ngantuk ato tidak.

untuk helm, sy ga nyaman pake full face krn pandangan terbatas
lebih enak yg half, lihat panel spido/odo, lihat kanan kiri gampang
bahkan kalo pas kondisi agak sulit sering buka kaca biar bisa lihat lebih jelas
untuk ngurangi polusi asap debu pake masker aja
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by y_anjasrana »

Utk helm sebaiknya jgn gunakan kata dianjurkan. Touring waib memakai helm full face. Kecepatan touring khususnya luar kota relatif cukup tinggi. Helm half face idealnya hanya utk kecepatan rendah, di bawah 60km/jam (atau mungkin lebih rendah lagi, ane lupa). Di atas itu wajib full face. Jgn sampai ada yg jatuh tengkurap dr kecepatan 80-100km/jam . Serreemmmmm........
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by sirahngelu »

y_anjasrana wrote:Utk helm sebaiknya jgn gunakan kata dianjurkan. Touring waib memakai helm full face. Kecepatan touring khususnya luar kota relatif cukup tinggi. Helm half face idealnya hanya utk kecepatan rendah, di bawah 60km/jam (atau mungkin lebih rendah lagi, ane lupa). Di atas itu wajib full face. Jgn sampai ada yg jatuh tengkurap dr kecepatan 80-100km/jam . Serreemmmmm........
Nah, untuk motor yang enak untuk touring motor apa?

Code: Select all

opensource enthusiast.

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by VanzMatic »

Yang saya pernah pakai, yg enak turing itu : Tiger 200, Thunder 250 dan 150.

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by F272 »

Saya udah lama sekali berkeinginan suatu hari bisa Touring pake Honda Goldwing...


dg Rute : Bogor - Palembang...

Apakah sudah ada yang pernah ..???

(calon trit panas nih kalo kesampean & dibuat Trit nya...)

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by nugroho bagor »

Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by batumakam »

nugroho bagor wrote:Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
:wkkk: sama om, kadang sampe jengking2 segala kalo sampe kaku ini pantat :wkkk: solusinya sih joknya dikasih sarung yg kayak jaring2 itu lho, yg anti panas & anti air juga. Tapi (maaf) kalo yg badannya agak gendut kurang nyaman pake ini sarung. Kalo motor yg enak buat turing jarak jauh pengalaman ane: Jupiter MX the best lah, empuk tenaga mantap, handling jangan ditanya :mky_03: CBR 250 :big_blushing: ngeri2 sedap kalo bawa ni motor :big_biglaugh: agak ngeri kalo knalpot masih standart gede bener coy,, kalo buat nekuk sana-sini rawan gesrot :upss: paling buruk buat turing: Satria FU :ungg: posisi duduk kurang enak gimana gitu,,, kurang demen sama posisi berkendaranya,, pegel mulu bawaannya :ngacir:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by nugroho bagor »

batumakam wrote:
nugroho bagor wrote:Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
:wkkk: sama om, kadang sampe jengking2 segala kalo sampe kaku ini pantat :wkkk: solusinya sih joknya dikasih sarung yg kayak jaring2 itu lho, yg anti panas & anti air juga. Tapi (maaf) kalo yg badannya agak gendut kurang nyaman pake ini sarung. Kalo motor yg enak buat turing jarak jauh pengalaman ane: Jupiter MX the best lah, empuk tenaga mantap, handling jangan ditanya :mky_03: CBR 250 :big_blushing: ngeri2 sedap kalo bawa ni motor :big_biglaugh: agak ngeri kalo knalpot masih standart gede bener coy,, kalo buat nekuk sana-sini rawan gesrot :upss: paling buruk buat turing: Satria FU :ungg: posisi duduk kurang enak gimana gitu,,, kurang demen sama posisi berkendaranya,, pegel mulu bawaannya :ngacir:
:big_childish: Jaring2 gitu melorot melulu di pake :frm_bang_head: ,nah gw lagi mau bangun custom, ntar saya lebariin , n bentuknya kayak roti, :big_biglaugh: basic scorpio :mrgreen:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by montirangin »

nugroho bagor wrote:Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
yg sulit kalo diparkiran..mesti sirem air dilap kanebo kalo ga aduh
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by nugroho bagor »

montirangin wrote:
nugroho bagor wrote:Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
yg sulit kalo diparkiran..mesti sirem air dilap kanebo kalo ga aduh
Agak lama saya mencerna postingan anda,oh iya ,anda di jakarta ya,saya mah kampung om,bawa kanebo buat ngelap pup burung aja,kan bawah pohon
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by montirangin »

nugroho bagor wrote:
montirangin wrote:
nugroho bagor wrote:Saya pake Motor problemnya cuma satu,bokong suka panas kalau jarak jauh,padahal sudah di tambah busa di jok
yg sulit kalo diparkiran..mesti sirem air dilap kanebo kalo ga aduh
Agak lama saya mencerna postingan anda,oh iya ,anda di jakarta ya,saya mah kampung om,bawa kanebo buat ngelap pup burung aja,kan bawah pohon
:big_grin:
User avatar
bestautocare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sat Mar 21, 2015 15:59
Location: Jakarta Barat

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by bestautocare »

Met kenal aja...ane anak baru disini, belajar pengalaman ma yang suhu2 disini....

Desi
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by evolution21 »

Welcome.. Desi? Betul namanya Desi?

Ehmm
Ferrero
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Mar 18, 2016 8:16

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by Ferrero »

Mantap om infonya. Nubie jg seneng banget touring, dulu tp jamannya blm merit :mky_01: , skrg sih udah jarang, bs dibilang ga pernah lg. Bukan bosen sih, tp lebih ke family time aja apalagi skrg udah ada jagoan yg lg lucu2nya mulai bljr ngoceh :mky_02: , weekend mending ngandang dirumah :big_grin:
Ane pribadi klo lg touring paling manut bgt sm yg namanya aturan :big_blushing: , jd klo rombongan udah mulai ga jelas bw motornya :off_no: ane lebih baik mundur teratur aja paling blkg :big_dunno: , bukan apa2 malu om, mending lonerider aja dah menikmati pemandangan, bw motor santai sambil lirik kiri kanan siapa tau ada nonik2 unyu :big_grin: :big_slap:
kumbanghitam
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Dec 22, 2015 9:27

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by kumbanghitam »

Wah, membantu bgt neh gan
Kebetulan akhir bulan ini mau touring motoran ma bini ke puncak

Makasih yah gan
uhuk2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Mon Jan 23, 2017 8:20

Re: Buat pengendara motor yang doyan touring

Post by uhuk2 »

Yang paling membantu menurut saya klu touring pake motor:
1. Motornya, klu bisa min. Dua slinder dan 500cc keatas
2. Helm full face, jaket, sarung tangan, celana jeans, sepatu khusus riding, tas rangsel.
3. Badan harus sehat
4. GPS on board yg di stang motor (seharusnya klu moge sudah disediakan.
5. uang cash
6. Kardu kredit dan debit berbagai bank. Min. 2 bank berbeda.
7. Pelajari daerh yg hendak dilewati sblm berangkat
8. Mantel hujan
9. Peta wilayah setempat.
10. Nomor penting.
11 berdoa sebelum berangkat, laksanakan ibadah klu bisa tepat waktu.
12. Istrahat yg cukup