Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 12 Apr 2015, 16:01

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by didimmatic »

nugroho bagor wrote:
didimmatic wrote:Tiger ane dulu diminumin banyak merek, ane review satu satu ya

Top one: bagusnya seminggu doang, sisanya biasa aja
Federal racing: mesin dingin, nggak slip kopling, getarannya agak merdu
Repsol: getarannya agak halus tapi biasa aja
Castrol power one: ha ini oli mantapnya, meain dingin, digeber sampe 135 km per jam getarannya masih haluuuussssssss

Sekarang udah dijual, sekarang ganti new vixion lightning, pakai yamalube selama ini, ehehehe
Kenapa gak pakai Castrol Power 1 :mky_01:
NVL ane di km 5690 dah ganti shell ax7 kok om, ntar sekalian servis yg 7000 mau ganti ke castrol, sekaliann bandingkan yg mana yg bagus, selama ini pakai ax7 kelemahannya hanya cepat panas, itu doang, geber same limiter rpm nya aja masih nggak gemeteran :big_okay:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by nugroho bagor »

didimmatic wrote:
nugroho bagor wrote:
didimmatic wrote:Tiger ane dulu diminumin banyak merek, ane review satu satu ya

Top one: bagusnya seminggu doang, sisanya biasa aja
Federal racing: mesin dingin, nggak slip kopling, getarannya agak merdu
Repsol: getarannya agak halus tapi biasa aja
Castrol power one: ha ini oli mantapnya, meain dingin, digeber sampe 135 km per jam getarannya masih haluuuussssssss

Sekarang udah dijual, sekarang ganti new vixion lightning, pakai yamalube selama ini, ehehehe
Kenapa gak pakai Castrol Power 1 :mky_01:
NVL ane di km 5690 dah ganti shell ax7 kok om, ntar sekalian servis yg 7000 mau ganti ke castrol, sekaliann bandingkan yg mana yg bagus, selama ini pakai ax7 kelemahannya hanya cepat panas, itu doang, geber same limiter rpm nya aja masih nggak gemeteran :big_okay:
Di tunggu reviewnya om :thanks:
white11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 15 Nov 2014, 14:41

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by white11 »

ane pake shell helix khusus motor, wehhhh tarikannya jauh lebih enteng ketimbang oli oem ahm. sayangnya oli shell ini klu utk macet2 ria kurang cocok, mesih "lebih" panas ketimbang pake oli oem.
impz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 18 Jul 2014, 12:05
Location: West Batavia
Daily Vehicle: daHon

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by impz »

kalo buat motor sih ane ga terallu rewel, yang penting ane ganti tiap 2000-2500KM sekali. SAE nya cocok, trus pastiin kalo kopling nya nyampur (motor bebek dan motor laki) pake yg JASO MA, trus kalo motor matic pake JASO MB. API sendiri ga terlalu penting karena teknologi mesin motor ga terlalu secanggih2 mobil. biasanya oli motor API nya minimal SJ juga cukup.

Kalo motor matic macam mio dkk malah suka pake oli mobil (konon katanya pake oli mobil malah umur ganti olinya bisa 2x lebih lama)
dr39motorgresik
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 18 Nov 2015, 09:41

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by dr39motorgresik »

Pernah nyoba oli silkolene botol hitam(dagangan sendiri)langsung selip kopling legenda'02 saya
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Jambangan »

Baru dapet honda revo 2015 seken
Abis beli langsung ganti oli pake castrol power 1 10w-40
Btw ganti oli tiap brp bulan sekali ya?
Soalnya ini motor cuma dipake sekitar perumahan bakalan ga nambah2 odometernya
Kalo sebulan sekali gmn om2? :e-think:
Maklum ga ngerti motor :ungg:
byesetiadi
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 21 Dec 2015, 14:06

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by byesetiadi »

Honda matik spacy saya pakein fastron techno 10-40 , enak buat macet2 an , dipake 4000km terus ganti , cek oli pake metode droptest di tisu
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: 02 Sep 2012, 15:34

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by c_adhi_k »

Jambangan wrote:Baru dapet honda revo 2015 seken
Abis beli langsung ganti oli pake castrol power 1 10w-40
Btw ganti oli tiap brp bulan sekali ya?
Soalnya ini motor cuma dipake sekitar perumahan bakalan ga nambah2 odometernya
Kalo sebulan sekali gmn om2? :e-think:
Maklum ga ngerti motor :ungg:
Ebuset sebulan sekali
Gimana kalau seminggu sekali? :big_biglaugh:
2000 kilo atau 6 bulan sekali mungkin yak
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Jambangan »

c_adhi_k wrote:
Jambangan wrote:Baru dapet honda revo 2015 seken
Abis beli langsung ganti oli pake castrol power 1 10w-40
Btw ganti oli tiap brp bulan sekali ya?
Soalnya ini motor cuma dipake sekitar perumahan bakalan ga nambah2 odometernya
Kalo sebulan sekali gmn om2? :e-think:
Maklum ga ngerti motor :ungg:
Ebuset sebulan sekali
Gimana kalau seminggu sekali? :big_biglaugh:
2000 kilo atau 6 bulan sekali mungkin yak
Wkwkwkwkw..
Baru nanya2 di kaskus katanya 3 bulan sekali om :off_lazy:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by nugroho bagor »

c_adhi_k wrote:
Jambangan wrote:Baru dapet honda revo 2015 seken
Abis beli langsung ganti oli pake castrol power 1 10w-40
Btw ganti oli tiap brp bulan sekali ya?
Soalnya ini motor cuma dipake sekitar perumahan bakalan ga nambah2 odometernya
Kalo sebulan sekali gmn om2? :e-think:
Maklum ga ngerti motor :ungg:
Ebuset sebulan sekali
Gimana kalau seminggu sekali? :big_biglaugh:
2000 kilo atau 6 bulan sekali mungkin yak
Hoooiiii mana aja Om :upss:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: 02 Sep 2012, 15:34

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by c_adhi_k »

Hoooiii gimana ipah?
Sudah berapa hp?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Post by benteng »

sjamsul wrote:
KIOS3R wrote: oh ya, sekalian mo nanya dari para master, temen2 ane banyak bgt yg pake oli mobil dimotornya, efek jangka panjangnya apa ya? soalnya dulu pernah baca2 dr majalah kalo oli motor sama mobil tuh "beda", tp lupa beda dimananya
sebetulnya ga masalah klo oli mobil dipakein di spd. motor, tinggal liat aja, apakah specnya sesuai, misalkan sae 20w-50 atau sae 15w-40 dst......yg jadi masalah adalah ukuran kemasannya, klo di mobil kemasan minimal adalah dlm 1 liter (atau mendekati 1 liter ), sedangkan oli buat spd mtr ada yg dikemas sesuai dg kebutuhan, misalkan 800 cc....... nah, klo nt beli yg 1 literan, sisa yg 200 cc harus disimpan dg baik, spy ga kemasukan kotoran, air dll....... makanya dibeda2kan buat mobil n spd mtr..... spy sekali beli langsung habis terpakai........

efek jangka panjangnya ga ada tuh, selama pemakaiannya bener n sesuai dg aturannya, misalkan interval penggantian olinya harus teratur, kmd klo olinya berkurang sebelum waktu ganti oli, mk oli harus ditambahkan sesuai dg ukurannya.......klo ga gitu, dikhawatirkan mesin bisa rusak, krn kekurangan oli........ makanya harus sering2 diperiksa level olienya, apalagi klo mtr dipake dg rute yg jauh setiap harinya.......

smoga bermanfaat..............

ohhh iya lupa nih............. ma kasih yeeeeeeeeeeeeeeeee........................ :upss: ..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: .....
Motornya tipe apa dulu
2T seperti RX atau vespa lama, pelumasan piston dibantu oli samping 2T
4T oli melumasi gigi, kopling, piston silinder, kalau pakai oli mobil yang umum, karena licin, ada kemungkinan kopling slip.
Motor matic, koplingnya diluar, sekalian belt, jadi oli mesin boleh pakai oli mobil. Oli gir pake oli gardan mobil. CMIIW.
Oli motor keluaran sekarang kekentalan buntut SAE 30. :mky_04:
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by benteng »

pernah pake
shell advance 4T : enak dan halus sampai 1500km.
Repsol : lupa tipenya, enak, biasa....
belakangan pakai OEM kawasaki 4T yang standard, botol hijau kualitas cukup memuaskan. SAE buntut 40
Terakhir pakai pertamina enduro : SAE 10-30, putaran mesin enteng, dipilih kekentalan buntut 30 sesuai buku pedoman, dan juga pemakaian hanya jarak dekat.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by DOHC »

br inget perna iseng di motor beat ane... pakein oli honda yg 5-30 sisa di gerasi... hasilnya ?

kapok dahh ga brani lg.... suara mesin kasar beutt... jadi lebi kasar dr oli APM...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kumbanghitam
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 22 Dec 2015, 16:27

Re: Rangking dan Pemilihan Oli Motor

Post by kumbanghitam »

yes dari awal punya motor 2007 lalu, langsung pakai oli shell dan alhamdulillah mesin terawat sampai sekarang
impz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 18 Jul 2014, 12:05
Location: West Batavia
Daily Vehicle: daHon

Re: RE: Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Post by impz »

benteng wrote:
sjamsul wrote:
KIOS3R wrote: oh ya, sekalian mo nanya dari para master, temen2 ane banyak bgt yg pake oli mobil dimotornya, efek jangka panjangnya apa ya? soalnya dulu pernah baca2 dr majalah kalo oli motor sama mobil tuh "beda", tp lupa beda dimananya
sebetulnya ga masalah klo oli mobil dipakein di spd. motor, tinggal liat aja, apakah specnya sesuai, misalkan sae 20w-50 atau sae 15w-40 dst......yg jadi masalah adalah ukuran kemasannya, klo di mobil kemasan minimal adalah dlm 1 liter (atau mendekati 1 liter ), sedangkan oli buat spd mtr ada yg dikemas sesuai dg kebutuhan, misalkan 800 cc....... nah, klo nt beli yg 1 literan, sisa yg 200 cc harus disimpan dg baik, spy ga kemasukan kotoran, air dll....... makanya dibeda2kan buat mobil n spd mtr..... spy sekali beli langsung habis terpakai........

efek jangka panjangnya ga ada tuh, selama pemakaiannya bener n sesuai dg aturannya, misalkan interval penggantian olinya harus teratur, kmd klo olinya berkurang sebelum waktu ganti oli, mk oli harus ditambahkan sesuai dg ukurannya.......klo ga gitu, dikhawatirkan mesin bisa rusak, krn kekurangan oli........ makanya harus sering2 diperiksa level olienya, apalagi klo mtr dipake dg rute yg jauh setiap harinya.......

smoga bermanfaat..............

ohhh iya lupa nih............. ma kasih yeeeeeeeeeeeeeeeee........................ :upss: ..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: .....
Motornya tipe apa dulu
2T seperti RX atau vespa lama, pelumasan piston dibantu oli samping 2T
4T oli melumasi gigi, kopling, piston silinder, kalau pakai oli mobil yang umum, karena licin, ada kemungkinan kopling slip.
Motor matic, koplingnya diluar, sekalian belt, jadi oli mesin boleh pakai oli mobil. Oli gir pake oli gardan mobil. CMIIW.
Oli motor keluaran sekarang kekentalan buntut SAE 30. :mky_04:
Setujuh sama jawaban diatas. Kalo koplingnya pisah sama ruang bakar, aman2 aja. Tp kalo jadi satu kaya motor bebek (underbone)/ motor laki (pake kopling), mending jgn pake oli mobil. Karena utk oli mobil biasanya ditambahin zat yg untuk mengurangi gesekan. Di motor yang kopling basah malah diperluin zat yg "nambahin gesekan" biar kopling nya ga selip. Gitu sih. Makanya kalo motor matic yg koplingnya terpisah masih diperbolehkan pakai oli mesin. Karena dia ga perlu zat anti selip.

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
be responsible and be considerate on the road, folks!
:big_smoking:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by alvin23 »

sekarang buat skywave ane cobain Yamalube super matic (olinya nmax)
klaimnya ganti tiap 4000-5000 km atau 2x oli motor biasa...
spek 10-40 API SL hehe

skrg sih suara mesin halus, gatau deh nanti...
Rocky R ADS CVT 2021
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by anak_singkong »

sy pake Meditran SX gan di motor sy.

banyak pro-kontra sih..tp malah enak tuh larinya.
indrzl
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 22 May 2016, 07:46

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by indrzl »

Ane pake Fastron Techno 10W-40 di motor ane, enak-enak aja tuh, malah lebih enak dari oli sebelumnya ( Yamalube ). Motor ane Yamaha Mio J

Ini ane dapet dari forum sebelah, motor kopling basah boleh pake oli mobil, tapi direkomendasikan yang buntut 40, 50, atau 60, dan haram pakai oli mobil yang ada ILSAC GF-5 atau Dexos nya
User avatar
backfire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 28 Feb 2010, 13:12

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by backfire »

Jaman pake Honda Astrea Grand 96, diisi Top1 performa ok, tapi mesin cepet panas. Pas ganti oli eh malah berkurang, ada sekitar 150 ml. Maklum motor bekas kali ya. Sudah itu, diisi terus Mesran aja. Sekarang pake Honda Beat FI awalnya standar pake MPX, tapi ganti ke SPX sejak ganti oli ke-3. Lumayan buat macet2an and kenceng dikit.
True Power, True Spirit
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Turboman »

Motor yg minta oli JASO MB boleh aja diisi oli mesin mobil dgn syarat :
- Antiwear agent 1300 ppm
- VI tinggi

Why ?

mesin motor :
- High RPM
- Air cooled
- per klep lebih keras krn rentang RPM lebar

Jadi kalo mau pake ya cari oli mobil yg API SG - SJ

atau oli mobil yg high perf - non API certified dimana kadar ZDDP nya bisa 1300 ppm
User avatar
reyhandikag
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 04 Jun 2016, 15:56
Location: Depok - Jakarta - Bogor
Daily Vehicle: Vario 125 esp

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by reyhandikag »

Motor metik dirumah always mpx 2 :upss:

Awal² doang enak, pas udh 200km keatas udah nggak :off_no:

Penasaran mau cobain oli mobil :e-think:
K3-DE G M/T 2005 :frm_tumbleft:
HR15DE SV M/T 2013 :frm_tumbright:
:ngacir:
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 30 Oct 2009, 07:59

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by nis »

permisi gan, gue lagi penasaran nih... sekitar 2 minggu lalu ganti ban di planet ban dan ditawarin oli x-ten namanya. terus karena emang kebeneran udah lama nggak ganti oli, ya udah deh ganti pake x-ten 10w-40 yang buat motor sport. performa nya lumayan, sekarang udah jalan sekitar 400 km lebih dan motor terasa lebih enteng dan halus. cuma yang sedikit bikin deg2 an adalah koq informasi tentang oli ini minim banget di internet yah ? takut kenapa2 aja... ada yang udah pernah pake oli ini juga nggak yah disini ? monggo sharing nya, terima kasih.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by satriakarisma »

Sebelumnya pake AHM MPX1, di revo fi:
-halus cmn ampe 1000 km,
-tarikan boyo
-mesin panas
Sekarang pake castrol power1:
-halus, sekarang udh 1500km
-agak berat dikit
-adeeeeemmmm
MasRB
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 29 Aug 2016, 08:28

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by MasRB »

di vario 125 saya,saya pakai fastron techno 10w-40,di pcx 150 led pakai fastron gold 5w-30,alhamdulillah masuk long drain walau ga signifikan banget
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post