[ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
Dat510
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

[ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by Dat510 »

Halo Om2 semua,

Mau curhat & tanya, sekarang saya pake motor Honda absolute revo, sekitar 1 tahun yg lalu ganti ban motor di planet ban, ban belakang pake aspira premio sportivo ban depan pake easpira premio terreno, setelah ganti ban dua2 nga mengalami masalah yg sama sejak pertama yaitu bocor samping, dlu saya tanya2 temen katanya mungkin jorok pas masang (ngga di bersihin bibir velg nya) dan memang saat masang ngga dibersihin sama sekali itu bibir velg, bahkan kaya ada karet panjang gitu dibiarin aja sama montir nya dan langsung di press ban baru.

Akhirnya saya ikutin saran teman, ke tukang ban pinggir jalan, minta bersihin dan pasang ulang, biasanya masalah hilang tapi sebulan kemudian muncul lagi bocor2 nya, saya mungkin udah keluar uang lebih dari seratus ribu buat benerin dua ban itu sampe gedeg sendiri.

Saya ngga tau apakah ini kesalahan pemasangan atau dari ban nya, seperti nya si lebih ke ban karena bolak balik ke tukang tambal ban beda orang tetep muncul penyakit nya, sebelum nya saya pakai FDR sampe botak dan di tambel 2 kali ngga pernah ada bocor2 samping begini. Akhir nya saya nyerah dengan solusi bersih2in itu, dari bengkel ban ngasih 2 alternatif, pakai cairan atau ban dalam. Nah kalau cairan ini ada yg punya rekomendasi plus minus nya kah? dan juga kalau banyak plus nya merk apa yg bagus?
Sepupu saya ada yg pake eh malah nyumbat pentil jd ngga bisa di pompa, lalu ada yg bilang bikin karat dan ngerusak velg. Bahkan waktu saya ke bengkel ban mobil si owner nya ngelarang pakai cairan ini karena ngga bisa di balancing & bikin karat velg (kalimat terakhir ini konteks nya mobil). Tapi ada teman juga yg pake katanya semenjak pake dia udah ngga pusing sama bocor2 & ban kempes.

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3225
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by TUFF Stough »

buat mobil emang gak direkomendasikankan.

buat motor mesti pilih merek2 yg terbukti bebas masalah. pengalaman dulu waktu masih semplak motor Shogun pernah pake merek macam2, rupa2 warnanya. ada yg sempat bikin velg karatan sampe harus digerinda sama mekanik langganan biar mulus lagi. terakhir pake yg warna kuning butek (mereknya gak ingat) rekomendasi mekanik langganan. sampe motornya dijual masih nyaman2 aja gak dikuras.

carian penambal ini hanya buat menghambat angin hilang biar gak cepat kempes dibanding tanpa cairan. karena anginnya gak cepat berkurang, seringkali gak ngerasa tertusuk paku.

P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by P47hos »

Pake ban dalam aja klo masih mau dipakai ban nya, pake cairan bisa, tp jgn dibiarkan kelamaan di dalam velg hanya sampai bocornya tertutup ± 2 minggu baru dikeluarkan aja sisanya. Klo dibiarkan terlalu lama nanti lengket di velg Dan kadang nyumbat di pentil ( ini pengalaman di mobil istri )

CikidingTralala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 01 Apr 2008, 15:38

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by CikidingTralala »

bocor berulang di daerah mana?

beberapa kemungkinan penyebab bocor:
1. velg bermasalah (retak/peyang)
2. dinding velg yg bersentuhan dengan ban terdapat banyak bekas cairan ban (mengering dan tidak menutup bibir ban dengan rapat)
3. pentil ban bermasalah (utk yg pake cairan ban harap perhatikan ekstra pentil ban)

saran saya:
coba siapin air sabun + foam/kain, olesin semua bagian ban dan velg, perhatikan bagian mana yg bocor.
1. kalo bocor pada velg, silahkan ganti velg baru atau dipres/dibersihkan
2. kalo bocor pada ban, ganti/tambal ban
3. kalo bocor pada pentil, ganti pentil ban (atau isi pentilnya saja)

User avatar
Dat510
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by Dat510 »

TUFF Stough wrote:
24 Dec 2019, 10:34
buat mobil emang gak direkomendasikankan.

buat motor mesti pilih merek2 yg terbukti bebas masalah. pengalaman dulu waktu masih semplak motor Shogun pernah pake merek macam2, rupa2 warnanya. ada yg sempat bikin velg karatan sampe harus digerinda sama mekanik langganan biar mulus lagi. terakhir pake yg warna kuning butek (mereknya gak ingat) rekomendasi mekanik langganan. sampe motornya dijual masih nyaman2 aja gak dikuras.

carian penambal ini hanya buat menghambat angin hilang biar gak cepat kempes dibanding tanpa cairan. karena anginnya gak cepat berkurang, seringkali gak ngerasa tertusuk paku.
P47hos wrote:
24 Dec 2019, 12:15
Pake ban dalam aja klo masih mau dipakai ban nya, pake cairan bisa, tp jgn dibiarkan kelamaan di dalam velg hanya sampai bocornya tertutup ± 2 minggu baru dikeluarkan aja sisanya. Klo dibiarkan terlalu lama nanti lengket di velg Dan kadang nyumbat di pentil ( ini pengalaman di mobil istri )
Thanks om TUFF dan om P47hos sharing nya, seperti nya lebih banyak efek negative nya ya cairan ini.
CikidingTralala wrote:
24 Dec 2019, 14:43
bocor berulang di daerah mana?

beberapa kemungkinan penyebab bocor:
1. velg bermasalah (retak/peyang)
2. dinding velg yg bersentuhan dengan ban terdapat banyak bekas cairan ban (mengering dan tidak menutup bibir ban dengan rapat)
3. pentil ban bermasalah (utk yg pake cairan ban harap perhatikan ekstra pentil ban)

saran saya:
coba siapin air sabun + foam/kain, olesin semua bagian ban dan velg, perhatikan bagian mana yg bocor.
1. kalo bocor pada velg, silahkan ganti velg baru atau dipres/dibersihkan
2. kalo bocor pada ban, ganti/tambal ban
3. kalo bocor pada pentil, ganti pentil ban (atau isi pentilnya saja)
bocor nya dari samping velg om.. ane curiga si dr ban nya yg jelek, karna sebelum ganti pake ban FDR aman2 aja ngga pernah bocor2.

CikidingTralala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 01 Apr 2008, 15:38

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by CikidingTralala »

ganti ban premium aja om, ga bikin ribet dimasa depan

User avatar
Dat510
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by Dat510 »

CikidingTralala wrote:
25 Dec 2019, 12:57
ganti ban premium aja om, ga bikin ribet dimasa depan
Iya om saya udah ngga mau pake aspira lg.. next ya minimal FDR lah yg agak terjangkau..

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by lonely1999 »

Sy pernah pakai cairan seperti gini di ban motor
waktu awal enak Aman dr bocor
Tapi setelah beberapa bulan bikin mampet pentil jadi ketika ban kempes krn kurang angin susah nambahnya mesti korek lubang pentil.

User avatar
Dat510
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by Dat510 »

lonely1999 wrote:
25 Dec 2019, 16:02
Sy pernah pakai cairan seperti gini di ban motor
waktu awal enak Aman dr bocor
Tapi setelah beberapa bulan bikin mampet pentil jadi ketika ban kempes krn kurang angin susah nambahnya mesti korek lubang pentil.
Nah iya ini juga yg dialamin sama temen saya om, mau isi angin malah mempet lubang pentil nya. Saya akhir nya pake ban dalem aja dr pada beresiko yg aneh2, toh harga ban dalem sama harga cairannya sama.

kharisma21
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 Dec 2019, 09:28
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Blade 2011

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by kharisma21 »

Dat510 wrote:Halo Om2 semua,

Mau curhat & tanya, sekarang saya pake motor Honda absolute revo, sekitar 1 tahun yg lalu ganti ban motor di planet ban, ban belakang pake aspira premio sportivo ban depan pake easpira premio terreno, setelah ganti ban dua2 nga mengalami masalah yg sama sejak pertama yaitu bocor samping, dlu saya tanya2 temen katanya mungkin jorok pas masang (ngga di bersihin bibir velg nya) dan memang saat masang ngga dibersihin sama sekali itu bibir velg, bahkan kaya ada karet panjang gitu dibiarin aja sama montir nya dan langsung di press ban baru.

Akhirnya saya ikutin saran teman, ke tukang ban pinggir jalan, minta bersihin dan pasang ulang, biasanya masalah hilang tapi sebulan kemudian muncul lagi bocor2 nya, saya mungkin udah keluar uang lebih dari seratus ribu buat benerin dua ban itu sampe gedeg sendiri.

Saya ngga tau apakah ini kesalahan pemasangan atau dari ban nya, seperti nya si lebih ke ban karena bolak balik ke tukang tambal ban beda orang tetep muncul penyakit nya, sebelum nya saya pakai FDR sampe botak dan di tambel 2 kali ngga pernah ada bocor2 samping begini. Akhir nya saya nyerah dengan solusi bersih2in itu, dari bengkel ban ngasih 2 alternatif, pakai cairan atau ban dalam. Nah kalau cairan ini ada yg punya rekomendasi plus minus nya kah? dan juga kalau banyak plus nya merk apa yg bagus?
Sepupu saya ada yg pake eh malah nyumbat pentil jd ngga bisa di pompa, lalu ada yg bilang bikin karat dan ngerusak velg. Bahkan waktu saya ke bengkel ban mobil si owner nya ngelarang pakai cairan ini karena ngga bisa di balancing & bikin karat velg (kalimat terakhir ini konteks nya mobil). Tapi ada teman juga yg pake katanya semenjak pake dia udah ngga pusing sama bocor2 & ban kempes.
Kalau pasang ban tubless ke pelek non tubless riskan kena bocor di bibir ban yang masuk ke pelek. Punya ane aja pake ban tubless di pelek non tubless sering kurang angin dan akhirnya kempes, padahal ban termasuk merek yang cukup baik. Akhirnya ane selalu pake ban dalam walau ban tubless, oh ya motor ane Blade 2011

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: Ja - Bo - Ta - Bek
Daily Vehicle: KR150P + 1K1FS

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by vulvy8858 »

cairan ban..

pernah pake di Jupiter Z sama Ninja..

kasus di Jupiter Z, sebelomnya ga perna pake cairan, pas ganti ban di tahun 2019 dikasi cairan, pas kurang angin dan mau diisi angin, pentilnya mampet, saya ganti pentil dan buang cairannya, eh ban sehat kok kok bocor terus dari bibir pelek, pas dicek peleknya korosi, ada serbuk2 putih sisa cairan. akhirnya kasi ban dalem

di Ninja juga begitu, berulang kali ke tukang tambel ban ganti pentil dsb, sampe saya nyerah ganti ban baru, masi bocor juga, ternyata peleknya korosi, kasus sama kayak Jupiter, akhirnya pasang ban dalem.
Daily Warrior:
Yamaha Jupiter Z1 1DY 2015
Maruti Suzuki Baleno A/T 1K1FS 2018

Weekend two-wheeler:
Kawasaki Ninja RR SE KR150P 2012

saturday
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: [ASK] Tentang Cairan Anti Bocor dan Ban Bocor Samping

Post by saturday »

Di Jupiter MX pernah pakai cairan seperti ini. Ujung-ujungnya malah bikin angin keluar terus karena cairannya bikin kerak kering di bibir velg. Sehabis digosok bersih dan dipasang lagi, sudah tidak bocor lagi. Kapok pakai cairan-cairan seperti itu.

Post Reply