COMPARE MATIC: MIO vs VARIO vs SPIN vs KYMCO

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

COMPARE MATIC: MIO vs VARIO vs SPIN vs KYMCO

Post by Mixer »

Buat yg pernah nyoba langsung ke-3 tipe matic diatas tolong kasi masukannya dr berbagai segi bisa aja di compare: dari Harga, model, posisi duduk, kenyamanan, spare part modif, tarikan, konsumsi bahan bakar etc.

Sengaja hanya 3 model ini krn menggunakan pelek yg sama. sedang kymco peleknya lbh kecik 2 inch jd tdk dimasukkan, tp boleh aja kalo ada yg mau compare. :e-dance: :e-dance: :e-dance:
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

ada tanggapan ?...perasaan udah sering diulas baik di milis maupun di media cetak tentang komparasi semuanya...yg test ride malah bukan sekeder asal pake motor tp emang yg udah ngerti motor. dari semuanya hasilnya bervariasi dan sifatnya relatif...sebenernya sih bukan mencari siapa yg lebih baik, tp ini masalah selera dan merek minded aja koq...kalo yg udah loyal pake honda pasti pilih vario, kalo udah maniac yamaha pilihannya mio, kalo yg udah sayang suzuki pilih spin, kalo terlanjur cinta kymco yah mungkin pilih free lx...

gimana bro, apalagi yg perlu dibandingin....? spec, harga, model, konsumsi bensin semuanya udah jelas, menurut ane sih kaga ada yg perlu di banding2in lagi... 8)

paling ujung2nya bukan compare motor tertentu, tp compare merek, atpm dll yg bersifat non tehnis....

maaf lho bro mixer, kaga ada maksud utk menyelah topik. tp mungkin bro yg lain punya tanggapan yg berbeda? kita sharing aja mungkin, bukan comparing....

to bro semua, mumpung suasana lebaran masih anget ane mo ngucapin met lebaran bg yg merayakan dan mohon maaf lahir bathin atas semua kata2 sy yg kurang berkenan dan posting2 ane yg ga bermutu....
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

gw sih br ambil vario, klo sama mio kynya vario lebih boros deh, klo buat jarak-jarak kompleks aja, gw udah ngukur bensinnya sekitar 1:35an, tapi tariakn yahuddd, cuman suara mesin lebih kasar trus ada radiatornya lohhh.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

Post by Mixer »

Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

Mixer wrote:Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
ama mio lah masa ama Tiger
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

Mixer wrote:Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
Kalo saya pikir sih review dari media baik TV or tabloid n internet udah cukup utk dijadikan referensi. kalo diliat dari keunggulan, baik fitur maupun performa, jelas matic2 terbaru udah pasti lebih unggul dibanding matic lama/mio, kymco. krn pasar matic kan udah lama dikuasai mio yg kita semua udah tau bagus jeleknya, nah kompetitor pasti pengen lebih menguasai, ya dgn jalan perbaikan sana sini...

dari situ kita bisa lihat kira2 siapa yg lebih unggul. tp kalo dicari siapa yg paling bagus, masih relatif, tinggal masalah selera aja...

saya udah 2 taun make mio edisi pertama, masih ok2 aja mesinnya, padahal udah 2 kali got accident yg cukup parah. tarikannya juga masih bagus, tp masih lom bisa ngejar ninja nih...:P

cuman pengalaman make mio, dulu sering tiba2 mati mesinnya, dan begitu di stater ama di selah ga mo idup. tp setelah kebengkel, katanya sih kualitas bensin penyebabnya. trus aga susah kalo belok tajam di puteran yg sempit, krn sikut pasti nyenggol dengkul. nah katanya, riding position tsb udah di perbaiki di vario, entah kalo spin...cuman kalo denger2 sih katanya spin boros banget. tp kayanya wajar deh, CC lebih gede dan matic gitu loch...mio aja rata2 1:35 km, kl vario klaim lebih irit dari keduanya...

intinya sih, jangan kuatir make merk apapun, semua pasti ada lebih dan kurangnya. gitu loh bro...sori yah kalo jawabannya kurang berkenan...biar yg lebih ahli yg nanti njawab...:)
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

spin kan ada yang komplen di kompas, katanya irit, gak taunya cuma 1:20 max.
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

spin konsumsi BBmnya 1:20 uda max? mirip traktor ?
no one's perfect
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

kakak gw punya mio dan nouvo.
katanya mio sedikit lebih spontan,
tapi nouvo jauuh lebih irit.
padahal lubang venturi karbu nouvo 1mm lebih gede.
fyi, kondisi kedua2nya standar abiss.
pitbull wrote:spin kan ada yang komplen di kompas, katanya irit, gak taunya cuma 1:20 max.
yang ini ya bro?
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0610 ... 029079.htm

tadinya gw mau jawab, ternyata udah ada sama bro sebelah
yang ini
dan yang ini
ditambah lagi faktor bahwa bro Indra (pemilik spin) tersebut bilang
...Putaran gas kurang dari setengah tarikan gas, saya pun putar-putar kompleks dengan kecepatan di bawah 50 kilometer per jam.....
seberapa boros sistem CVT kalau diperlakukan begini dibanding nanti setelah lewat masa break-in (inreyen), sptnya cukup lumayan juga.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

menurut saya sih klo mo beli nunggu aja dulu setahun, nanti kan sdh komplet kekurangan dan kelebihannya yg nyata tanpa ditambah tambahin ato dikurangi,kayak spin yg katanya kuenceng tapi irit...[cencored] bgt,vario yg....,dll
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
aguslay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15

Post by aguslay »

Duh spin 1:20... terus terang saya pakai spin125 buat padalarang bandung majalaya, dengan 2 liter bensin odometer bertambah 90 km toh hitung2 1:45, dan itu keadaan standard tidak pakai irit2an dll, kec rata2 40-60kpj (emang bisa ngebut aman dengan lalin macet sekarang...?).. kalo mio saya juga pernah pake dengan rute kurang lebih sama, jelas 1:35 , dipake pelan (alon2 banget) gimanapun mio tetap 1:35-38 an, kalo vario No Comment (blon pake...) :-)
User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

Post by Mixer »

nah...ternyata memang ada 2 pendapat yg satu mengatakan Spin boros sedang Bro Agus lay mengatakan lbh hemat dibanding Mio pdh cc lbh besar. tentunya pendapat Bro Agus lay cukup mewakili krn ybs pernah nypba Mio & Spin. kapan2 coba Vario jg bro!..pinjem punya temen or teman ktr mgkn hehehhehe....tp kalo bisa di review jgn hanya konsumsi bensinx tp jg posisi duduk apa cukup nyaman kalo belok? tarikan bawah-menengahx bgm?
aguslay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15

Post by aguslay »

Ok...
Mio : handling buat belok2 tajam ala pembalap dalam kota enak banget, ban belakang seperti nempel di aspal, soalnya sepertinya titik berat motor kayaknya lebih bawah ketimbang spin, tarikan awal enak juga, saya coba start di lampu merah kagak ada yang nyusul (untuk pesaing bebek 4 tak 110-125) sampai kecepatan +/1 50 kpj mio ada di depan, sampe bebek2 pada bengek mau nyusul... cuman untuk kecepatan 60-80 kpj agak berat tercapai.. apalagi 100 kpj...

Spin: handling buat belok2 tajam kayak mio agak menakutkan, soalnya jadi agak understeer nya mobil gitu loh, jadi banyak makan jalan orang nih, untuk tikungan yang sama dengan mio motor spin mesti lebih rebah ketanah supaya tetap dijalur, suspensi blk terlalu empuk kesan nya melayang jadi kurang kontrol kalo belok kecepatan tinggi, tarikan awal jelas kalah ama mio, (ini mungkin yang bikin irit), untuk kecepatan 60-80 kpj tercapai lebih cepat sedikit ketimbang mio, blon pernah diatas itu (80 kpj) maklum masih inreyen lho... :-)

Vario : Ada yang bisa kasih info ...? :wink:
blackjadi2an
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Nov 07, 2006 10:10

Post by blackjadi2an »

Tambahin :
1. Selera
2. Harga

Yang namanya matic hampir ngga ada yg seirit bebek :lol:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

blackjadi2an wrote:Tambahin :
1. Selera
2. Harga

Yang namanya matic hampir ngga ada yg seirit bebek :lol:
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek :D
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
blackjadi2an
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Nov 07, 2006 10:10

Post by blackjadi2an »

yoyoyo wrote: http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek :D
Dengan karakteristik penggunaan yang sama dengan Bebek ?
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

di motorplus terbaru yg terbit hari ini ada komparasi skutik : vario vs spin vs kymco(lx?) vs mio.
kalo gak salah sih paling boros mio baik jalan slow maupun kebut.
vario stabil. kymco kenceng malah irit. gitu deh..
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

blackjadi2an wrote:
yoyoyo wrote: http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek :D
Dengan karakteristik penggunaan yang sama dengan Bebek ?
coba dilihat lagi postingnya bro aguslay diatas,
juga info dari bro jojo (he said Mplus 388) http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=8824
Nah, berdasarkan 2 tadi, jd menurut bro gimana karakteristiknya?

Btw, poin gw bukannya matic seirit bebek in general, tapi kebetulan ada new vega-r (bebek) yang lebih minum dari rivalnya yg sama-sama 110cc,
dan ada spin yg lebih tahan haus dari rivalnya yg 100cc. Ketemu deh di kisaran 1:45 . Hence the emoticon in my reply.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

sorry, ikutan nimbrung di sini.....

saya juga berminat dgn skutik2 ini(nouvo,mio,vario,spin)....simple...
btw menurut bro2 sekalian, mending beli baru atau bekas yah?
trus harganya masing2 berapa(baru&bekas)?
jujur aja, kalo dari model, saya suka nouvo....tapi kalo perhatikan pwr/weight ratio, paling bgs itu mio y?

buat saya, model bukan yg utama....tapi spek lebih diutamakan...

sekali lagi sorry....karena saya awam sekali soal motor....

thx berat buat tanggapannya,

ween
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

klo u emang spek lebih di utamakan ya mending lebih pilih ke Spin 125..
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

klo liat spek gw jadi jatuh hati ke vario gara2 iritnya di M+ terbaru (padahal gw biasanya gedeg bgt ama Honda he3x..ahh jgn2 gara2 bokapnya si eneng org AHM halah... ga nyambung) atw spin karena tenaganya...
tapi klo buat modif2 tetep mio no 1 deh.. udah byk aksesoris bolt-on-nya
katanya demam retro bakal jadi virus tahun 2007 nah klo vario kayaknya rada susah klo diretro (bentuknya rada futuristik), klo mio,spin,free LX masih bisa lah he3x..
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

ahardo wrote:klo u emang spek lebih di utamakan ya mending lebih pilih ke Spin 125..
Lho? bukannya Vario?
karena:
1. Rasio kompresi paling tinggi, tapi bisa pakai premium
2. Pakai Radiator, peredaman panas lebih stabil, sepertinya hal ini yang membuat bisa pakai premium walaupun kompresi diatas 1:10
3. Warna lebih beragam
4. pakai catalic converter (CMIIW)
5. AutoChoke, Rem Tangan (seperti di mobil), dan Side Stand Switch untuk mencegah mesin menyala bila standar samping masih aktif,
6. Mereknya honda dan faktor agnes monica hehehehe
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

kalo liat di speknya....keliatannya yang tarikannya paling kuat itu spin y?
sayang, di spek ini ga di tulis, power max & torque max masing ada d rpm brp?

trus kalo ambil skutik 2nd, kira2 deprisiasinya brp % y?
berhubung rata2 umurnya masih muda....
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

setelah coba2 & test.....
ternyata saya lebih suka head lamp di tameng depan.....
rasanya lebih mantap aja kalo malem krn rasanya lebih terang....
(apa karena dua headlamp y?)
jadi pilihannya sudah menyempit......
antara vario Vs nouvo
menurut rekan2 lebih worthed mana y?
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

ween wrote:setelah coba2 & test.....
ternyata saya lebih suka head lamp di tameng depan.....
rasanya lebih mantap aja kalo malem krn rasanya lebih terang....
(apa karena dua headlamp y?)
jadi pilihannya sudah menyempit......
antara vario Vs nouvo
menurut rekan2 lebih worthed mana y?
gw pilih variooo hehhehehe, soalnya vario bodynya lebih ramping, dan yahudd
Turbo Hayabusa

Image