Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 678
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by hackers11 »

R32GTR wrote:
hackers11 wrote:Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
Beat dan mio akan kurang kuat untuk di tanjakan om, ini jalan jelek plus tanjakan panjang. Maksudnya Nmax ga di desain untuk jalan jelek lebih ke keras atau kaki cepet rusak? Kl mesin sy percaya kuat sih krn sempet punya aerox 155.
Kalo saya lebih ke kenyamanannya.
Yg kalah di jalan rusak bisa diganti kalo bermasalah(shock, bearing dll).

Tp kalo pantat beuh, kasian om
R32GTR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Sep 2023, 20:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

hotoriii wrote:ambil saja apapun yg om suka hehe, matic apapun yg penting kalau lewat jalan rusak jangan terlalu ngebut & in case ada lubang besar yg gak bisa dihindari jangan rem mendadak (impactnya ke badan & motor malah lebih parah kalau rem mendadak), selama cara ridingnya diperhatikan sy kira aman2 saja kok untuk long term

sy experience sehari2 pakai scoopy, medan campuran 1/3 aspal rusak, 1/3 makadam rusak, 1/3 aspal halus, medan mostly tanjakan, usia motor ~4 tahun dengan odo ~50k km, pemakaian mirip2 om campuran sendiri / kadang bonceng / yg agak abusive kalau pas bonceng ditambah sekalian bawa barang belanjaan sekitar 20 - 30 kg di dek
kemarin2 memang ganti shock tp saya ganti bukan karena rusak tp karena info mekanik langganan bagusnya diganti karena sudah usia
Terima kasih infonya om, iya kepengen sih yg sesuai selera cuma kasian motornya kl memang ternyata kurang tahan banting. Bagusnya memang motor trail ya om tapi apa daya belum lancar motor kopling, kenyamanan boncengers kurang dan tidak ada bagasi.
R32GTR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Sep 2023, 20:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

zonepublic wrote:
R32GTR wrote: 19 Nov 2023, 10:17
zonepublic wrote: Kalo dr pilihan motor matik diatas soal kaki ya tgl ganti shockbreker klo rusak
Screenshot_2023-11-15-23-45-16-055_org.mozilla.firefox.jpg
Adv 150 lebih tinggi 40mm drpd nmex
Screenshot_2023-11-15-23-45-02-915_org.mozilla.firefox.jpg
Takutnya lebih dari sekadar ganti shock om, kl dari pendapat om sepertinya lebih kr adv150 ya?
Ya klo bisa dpt unit adv 150 2nd bagus,yg pasti jangan mesin 160cc honda lah,salah desain itu
Ntar klo ambil adv 150 roller sama per centrinya diganti yg 14-18 gram punya vario 125/150 aja,biar buat tanjakan kuat,krn roller bawaan beratnya 20gram buat ngejar top speed tp berat di tarikan awal
Terima kasih sarannya om, dipertimbangkan.
R32GTR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Sep 2023, 20:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

vincewonk wrote:
R32GTR wrote: 19 Nov 2023, 08:14
vincewonk wrote: Saya punya kymco like noodoe. Jujur travel suspensinya sih pendek bgt pak. Ini jd masalah di jalan bumpy. Motornya luar biasa enak. Dan belum lagi sparepartnya yg agak susah. Kalau udah biasa sih, ga masalah. Saya udah maklum aj.

Yg jd issue motor matic ini travel suspensinya pendek2, ini dia yg bikin motornya ga enak di jalan rusak. Kalau mentok sih pinggang kita jd sokbrekernya. Disini enaknya adv, travelnya panjang.
Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
jujur kalo kymco ga bs expect kita spt punya honda yamaha, bahkan suzuki pun masih jauh lebih gampang drpd kymco.
suzuki ini bs pesan lsg dr indomobil, jd masih ketolong. yamaha honda bs cari di kebon jeruk.

kymco jujur saya stok sendiri fast movingnya. seburuk itu? ya begitulah. kalau kayak lampu body part? ya tutup mata aj, saya py agility EV lampu pecah sampai skrg nyari ga dapet2. kacau banget. saya handcarry dr luar negeri pas dinas akhirnya. belom lagi sakit hati di sundul emak2 lampu saya pecah dan bilangnya mocin mah murah, sini saya gantiin. ketika saya kasi liat harga satu set lampunya di tokopedia, komentarnya saya orang susah ga ada duit segitu. kalau gtu jgn main WA trus saya lagi berhenti lampu merah anda sundul.
Sayang banget ya om kl sparepartsnya susah, saya tau Kymco itu motor bagus. Saya sempet pelihara SYM GTS 250i, enak banget itu motor. Kymco pun pasti mirip2. Tadinya sempet kepikiran KXCT bekas tapi harus mundur kayaknya setelah tau dari om sparepartsnya susah.
R32GTR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Sep 2023, 20:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

Ryan Steele wrote:
R32GTR wrote: 15 Nov 2023, 19:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas [emoji28]

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
Jupiter MX 150cc om? Saya kurang hafal soal motor bebek. Suspensinya lebih empuk mana dibandingkan dengan New Nmax? Krn sy jalurnya asli bikin sakit pinggang kl motor suspensinya keras.
R32GTR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Sep 2023, 20:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

hackers11 wrote:
R32GTR wrote:
hackers11 wrote:Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
Beat dan mio akan kurang kuat untuk di tanjakan om, ini jalan jelek plus tanjakan panjang. Maksudnya Nmax ga di desain untuk jalan jelek lebih ke keras atau kaki cepet rusak? Kl mesin sy percaya kuat sih krn sempet punya aerox 155.
Kalo saya lebih ke kenyamanannya.
Yg kalah di jalan rusak bisa diganti kalo bermasalah(shock, bearing dll).

Tp kalo pantat beuh, kasian om
Siap om terima kasih untuk sarannya.
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ibet »

Saya mau nyoba saranin Vespa modern yg second hand unit om,
saya pakai Vespa Sprint i-Get dari 2016, sampai sekarang ..

Unitnya sendiri sih ga nyusahin, penyakitnya ya cuman gredek dari housing clutch aja yg biasanya kalah duluan ..
Spareparts nya sendiri sekarang juga udah banyak, yg orisinil Vespa memang mahal, tapi ada Danmotor yg jauh lebih murah.

Ini travel suspensi belakang panjang, depan juga sama, depannya udah menganut coilover jg sama kaya belakang.
tapi velg kecil di 12", cuman bannya lebar.

Cobain aja om, cuman emang pasaran sekennya masih tinggi.

====
Misal harus baru,

dari list yg ada, menurut saya daripada FreeGo 125 (basic Mio series) apakah ga lebih baik Lexi aja om?
velg sama 14", tapi ada swing arm belakang, FreeGo setau saya belum ada tambahan swing arm di sisi knalpot nya.

Ini juga lumayan empuk setau saya .. mesin 125cc nya juga mantap buat naik gunung, power / torque figure nya mirip Vespa saya di 150cc haha.
Beberapa temen bahkan dengan mudahnya upgrade power pake piston / block set dari kakaknya Aerox, tangki nya juga ada versi nya yg 6 liter.

Not bad ini, dari FreeGo 125 juga nambahnya ga banyak.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 603
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by vincewonk »

R32GTR wrote: 20 Nov 2023, 07:57
vincewonk wrote:
R32GTR wrote: 19 Nov 2023, 08:14 Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
jujur kalo kymco ga bs expect kita spt punya honda yamaha, bahkan suzuki pun masih jauh lebih gampang drpd kymco.
suzuki ini bs pesan lsg dr indomobil, jd masih ketolong. yamaha honda bs cari di kebon jeruk.

kymco jujur saya stok sendiri fast movingnya. seburuk itu? ya begitulah. kalau kayak lampu body part? ya tutup mata aj, saya py agility EV lampu pecah sampai skrg nyari ga dapet2. kacau banget. saya handcarry dr luar negeri pas dinas akhirnya. belom lagi sakit hati di sundul emak2 lampu saya pecah dan bilangnya mocin mah murah, sini saya gantiin. ketika saya kasi liat harga satu set lampunya di tokopedia, komentarnya saya orang susah ga ada duit segitu. kalau gtu jgn main WA trus saya lagi berhenti lampu merah anda sundul.
Sayang banget ya om kl sparepartsnya susah, saya tau Kymco itu motor bagus. Saya sempet pelihara SYM GTS 250i, enak banget itu motor. Kymco pun pasti mirip2. Tadinya sempet kepikiran KXCT bekas tapi harus mundur kayaknya setelah tau dari om sparepartsnya susah.
Kayaknya kalo udah pernah piara sym 250, mirip2 deh. Go ahead aj om.
Saya masi ada joyride 200, tp baru jalan 3000km wkwkwk. Kymco lebih sporty feelnya om, mirip yamaha dia. Mesinnya lebih happy buat digas. Setup suspensinya jg kaku. Sym lebih comfy.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 406
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by fl4b1e »

kalau mau yg menurut saya hindari matic 125 Cc deh Om.

malah sebenernya saya mau sarannya TVS Ronin 225 Cc. motor laki, bensin bisa 14 liter, konsumsi bbm kalau mnrt otomotifntv sih di 1:40, cuma kalau mnrt saya sih mungkin di 1:38 yaa.. harganya masuk akal soalnya di 37-38?juta..

motornya nyaman krn posisi berkendaranya serta jok cukup lebar tuk boncengan.
kalau mnrt saya sih, kalau motor India biasanya keuji dalam hal panas serta macet yaa.. asalkan di kota TS sda dealer TVzs ada dealer TVS, harusnya bisa dicoba tuh...
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by satriakarisma »

R32GTR wrote: 19 Nov 2023, 10:22
satriakarisma wrote:bebek aja om kl kopling belum lancar.

hehehe.
enak tinggal naik turunin gigi.
tanjakan turunan sih anteng ya, turunan apalagi ada engine break.
Bagasinya om ga ada, kl beli box duit lagi. Btw bebek 150cc rekomendasi apa?
suprax 125 itu bagasinya lumayan ada lah.
kalau bebek 150 cc sih udah pasti gk ada bagasinya om, pakai kopling pula.
supra gtr, sonic 150, satria FU, mx king
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 640
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Dogies »

fl4b1e wrote: 20 Nov 2023, 13:26 kalau mau yg menurut saya hindari matic 125 Cc deh Om.

malah sebenernya saya mau sarannya TVS Ronin 225 Cc. motor laki, bensin bisa 14 liter, konsumsi bbm kalau mnrt otomotifntv sih di 1:40, cuma kalau mnrt saya sih mungkin di 1:38 yaa.. harganya masuk akal soalnya di 37-38?juta..

motornya nyaman krn posisi berkendaranya serta jok cukup lebar tuk boncengan.
kalau mnrt saya sih, kalau motor India biasanya keuji dalam hal panas serta macet yaa.. asalkan di kota TS sda dealer TVzs ada dealer TVS, harusnya bisa dicoba tuh...
Namanye ngeri tuh TVS :-)
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4403
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

R32GTR wrote: 20 Nov 2023, 08:00
Jupiter MX 150cc om? Saya kurang hafal soal motor bebek. Suspensinya lebih empuk mana dibandingkan dengan New Nmax? Krn sy jalurnya asli bikin sakit pinggang kl motor suspensinya keras.
Punya saya yang 135 cc, om. Suspensi udah saya ganti pake kayaba zeto, dibikin lebih keras dari standarnya. Tapi tetap kalah keras sama nmax klo sendirian. 😁

Motor bebek 150cc koplingan semua.
Bebek gak koplingan baru cuma sisa honda (supra125, revo), yamaha (jupiter z1, vega), sym sport

Honda & yamaha masih ada bagasi, walaupun mini. Paling bwt jas hujan sama tool kit standar udah penuh.
Beli bracket & box gak sampe sejuta kok, tergantung kapasitas box ya
no signature
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4403
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

Ibet wrote: 20 Nov 2023, 08:33 Saya mau nyoba saranin Vespa modern yg second hand unit om,
saya pakai Vespa Sprint i-Get dari 2016, sampai sekarang ..

Unitnya sendiri sih ga nyusahin, penyakitnya ya cuman gredek dari housing clutch aja yg biasanya kalah duluan ..
Spareparts nya sendiri sekarang juga udah banyak, yg orisinil Vespa memang mahal, tapi ada Danmotor yg jauh lebih murah.

Ini travel suspensi belakang panjang, depan juga sama, depannya udah menganut coilover jg sama kaya belakang.
tapi velg kecil di 12", cuman bannya lebar.

Cobain aja om, cuman emang pasaran sekennya masih tinggi.

====
Misal harus baru,

dari list yg ada, menurut saya daripada FreeGo 125 (basic Mio series) apakah ga lebih baik Lexi aja om?
velg sama 14", tapi ada swing arm belakang, FreeGo setau saya belum ada tambahan swing arm di sisi knalpot nya.

Ini juga lumayan empuk setau saya .. mesin 125cc nya juga mantap buat naik gunung, power / torque figure nya mirip Vespa saya di 150cc haha.
Beberapa temen bahkan dengan mudahnya upgrade power pake piston / block set dari kakaknya Aerox, tangki nya juga ada versi nya yg 6 liter.

Not bad ini, dari FreeGo 125 juga nambahnya ga banyak.
Freego velg 12, om. Bukan 14
Dan ada yang jual modifan lexi jadi double shock
no signature
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post