[ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: [ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Post by Fertille »

rotary wrote: Mon Apr 15, 2019 9:56 Sebelumnya saya pake oli mesin 10w40, jadwal penggantiannya sekitar 6000km sekali, banyak sekali gram gram di oli bekasnya :frm_bang_head: , saya sedsng coba pake castrol GL-5, rasanya sih sama aja, cuma pengen tau oli yang "khusus untuk gir" ini gram di oli bekasnya lebih sedikit dibanding oli mesin 10w40
Wah, ini saya pernah dapat info nya om. Tapi saya sendiri belum lihat secara kasat mata langsung. Menurut beberapa sumber, oli gardan yang tidak membuat gram itu pakai MTF untuk mobil. Rekomendasi merk dari Castrol atau Pertamina Rored. Nah berhubung Castrol ada kemasan 120ml, maka saya pilih itu.
aipiesblue wrote: Mon Apr 15, 2019 14:01 terakhir ganti oli gardan di mio '08 setelah 2x ganti oli mesin, ternyata oli gardannya masih bening. jadi gak usah juga sering2 ganti oli gardan.
Saya juga nih om, setiap tap oli gardan masih bening.
Tennoheika wrote: Mon Apr 15, 2019 17:26 IMHO, a little bit tricky here..
Setau saya, gardan motor matic ada 2 set gear. 1 set dari as cvt ke gear perantara yg menurut saya bisa dipertimbangkan sebagai high speed gear karena drive gearnya hampir sama dengan putaran mesin (di rpm mesin mentok saya liat drive pulley dan driven pulley rasionya sekitar 1 banding 1). Dan 1 set lagi dari roda gigi perantara ke as roda belakang yg bisa dipertimbangkan sebagai low speed gear karena drive gearnya udah direduksi oleh high speed gear dan driven gearnya "hanya" secepat putaran roda yg menurut hitungan kasar saya untuk velg 14" dan ban ukuran 90/90-14 di kecepatan 100 kph itu di 1.028 rpm.

Setau saya, high speed gear butuh viskositas rendah, low speed gear butuh viskositas tinggi , teorinya lupa tapi feeling saya, klo oli SAE 80 dimasukin ke mesin motor bebek ya mesinnya jadi berat, dan gardan mobil klo dimasukin oli SAE 10 koq ya rasanya bakal rusak tuh gearnya hehe..

Kesimpulan saya berdasarkan teori ngasal di atas, oli gardan matic itu viskositasnya sekitar SAE 30 an lah.. macam oli mesin motor bebek yg ada high speed gearnya (primary gear di kruk as yg ketemu secondary gear rumah kopling) dan ada low speed gearnya (di rasio transmisi gigi paling tinggi, gigi 4 misalnya).

Menurut pendapat saya yg mungkin saja salah ya...
Menurut pandangan awam saya masuk akal sih om. Cuma memang banyak argumen di dunia maya ini mengenai oli gardan. Terutama yang concern ada nya gram setelah tap oli gardan. Memang menurut feeling saya (sangat subjektif) oli gardan ini ga terlalu terasa mengenai impresi nya. Maka dari itu banyak saya dapat info juga, oli gardan ya oli mesin juga. IMHO ya. Btw, di forum ini jarang sekali bahas oli khusus nya untuk motor ya. :mky_01:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Post by MSU »

Tennoheika wrote: Mon Apr 15, 2019 17:26 IMHO, a little bit tricky here..
Setau saya, gardan motor matic ada 2 set gear. 1 set dari as cvt ke gear perantara yg menurut saya bisa dipertimbangkan sebagai high speed gear karena drive gearnya hampir sama dengan putaran mesin (di rpm mesin mentok saya liat drive pulley dan driven pulley rasionya sekitar 1 banding 1). Dan 1 set lagi dari roda gigi perantara ke as roda belakang yg bisa dipertimbangkan sebagai low speed gear karena drive gearnya udah direduksi oleh high speed gear dan driven gearnya "hanya" secepat putaran roda yg menurut hitungan kasar saya untuk velg 14" dan ban ukuran 90/90-14 di kecepatan 100 kph itu di 1.028 rpm.

Setau saya, high speed gear butuh viskositas rendah, low speed gear butuh viskositas tinggi , teorinya lupa tapi feeling saya, klo oli SAE 80 dimasukin ke mesin motor bebek ya mesinnya jadi berat, dan gardan mobil klo dimasukin oli SAE 10 koq ya rasanya bakal rusak tuh gearnya hehe..

Kesimpulan saya berdasarkan teori ngasal di atas, oli gardan matic itu viskositasnya sekitar SAE 30 an lah.. macam oli mesin motor bebek yg ada high speed gearnya (primary gear di kruk as yg ketemu secondary gear rumah kopling) dan ada low speed gearnya (di rasio transmisi gigi paling tinggi, gigi 4 misalnya).

Menurut pendapat saya yg mungkin saja salah ya...
hehe makanya kl urusan beginian saya balik ke manual book pembuatnya aja...
kalo disuruhnya pake oli encer ya masukin oli encer...disuruh oli kental ya masukin oli kental..
sama aja kayak di panther...transmisi suruh isi pake oli mesin..ada yg diisi pake oli SAE90...ya silahkan2 aja..toh resiko tanggung masing2
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: [ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Post by Fertille »

MSU wrote: Tue Apr 16, 2019 2:05
Tennoheika wrote: Mon Apr 15, 2019 17:26 IMHO, a little bit tricky here..
Setau saya, gardan motor matic ada 2 set gear. 1 set dari as cvt ke gear perantara yg menurut saya bisa dipertimbangkan sebagai high speed gear karena drive gearnya hampir sama dengan putaran mesin (di rpm mesin mentok saya liat drive pulley dan driven pulley rasionya sekitar 1 banding 1). Dan 1 set lagi dari roda gigi perantara ke as roda belakang yg bisa dipertimbangkan sebagai low speed gear karena drive gearnya udah direduksi oleh high speed gear dan driven gearnya "hanya" secepat putaran roda yg menurut hitungan kasar saya untuk velg 14" dan ban ukuran 90/90-14 di kecepatan 100 kph itu di 1.028 rpm.

Setau saya, high speed gear butuh viskositas rendah, low speed gear butuh viskositas tinggi , teorinya lupa tapi feeling saya, klo oli SAE 80 dimasukin ke mesin motor bebek ya mesinnya jadi berat, dan gardan mobil klo dimasukin oli SAE 10 koq ya rasanya bakal rusak tuh gearnya hehe..

Kesimpulan saya berdasarkan teori ngasal di atas, oli gardan matic itu viskositasnya sekitar SAE 30 an lah.. macam oli mesin motor bebek yg ada high speed gearnya (primary gear di kruk as yg ketemu secondary gear rumah kopling) dan ada low speed gearnya (di rasio transmisi gigi paling tinggi, gigi 4 misalnya).

Menurut pendapat saya yg mungkin saja salah ya...
hehe makanya kl urusan beginian saya balik ke manual book pembuatnya aja...
kalo disuruhnya pake oli encer ya masukin oli encer...disuruh oli kental ya masukin oli kental..
sama aja kayak di panther...transmisi suruh isi pake oli mesin..ada yg diisi pake oli SAE90...ya silahkan2 aja..toh resiko tanggung masing2
Betul sekali om, walaupun saat ini saya pakai oli aftermarket, untuk oli mesin pakai standar viskositas dari pabrikan. Kecuali untuk oli gardan ya. :mky_01:
aw21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Nov 24, 2018 17:29
Location: Semarang
Daily Vehicle: Toyota All New Rush

Re: [ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Post by aw21 »

:big_smile] Kalo saya sih dr lepas garansi motor, oli selalu pake oli mobil sae 10w-40. Belinya 1 liter, 800 ml masuk ke mesin, 100ml something masuk ke maticnya, sisanya lari ke engsel pintu sama rel pager. CMIIW ya Om
nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: [ASK] - Oli Gardan Motor Matic

Post by nizamuddinaulia »

Pake api GL-4 or GL-5 oke
SAE 75w-90, 80w-90, SAE90 oke
Soalnya motor matic konstruksi nya kan mirip transmisi manual mobil
Asal jangan pake aliran beres geblek aje. Oli mesin dipake buat oli gear
Yang pastinya beda:
Viscosity indexnya beda
Aditif extreme pressure ada di oli gear
Kalo pernah ketemu gram agak banyak di oli gear berarti oli anda nggak cocok