Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Suka desain interior atau aksesori kendaraan? Silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Post Reply
carl
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by carl » 23 Sep 2016, 18:53

Malam SMers

Beberapa Minggu yang lalu, saya ngangkat sebuah mobkas. Keliatannya sih bersih, ternyata setelah beberapa hari dipakai, tiba2 ada banyak semut di mobil tersebut yang keluarnya dari bawah konsol tengah mobil tsb

Kemudian saya bongkar konsol tengah mobilnya, namun saya gak bisa nemuin sarang semut nya. Lanjut cerita, saya bongkar dek bawah bagasi mobil (tempat ban serep). Ternyata di sana byk kecoa

Alhasil, kami yang awam mencoba memakai semprotan nyamuk ke dek bagasi sama konsol tengah.

Kemudian, hari ini tiba2 semut tersebut nongol lagi, dan kami cek lagi deknya ada 1 kecoa kecil.

Kira2 SMers ada yang punya pengalaman seperti di atas? Silahkan dishare pengalamannya, dan cara membasmi koloni2 semut dan kecoa. Trims SMers!
Last edited by carl on 23 Sep 2016, 18:54, edited 1 time in total.

cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 18 Nov 2015, 22:55

Re: Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by cresentmoon » 23 Sep 2016, 18:54

Bawa ke salon aja. Dulu juga kena serangga gituan. Kena 800k

Sent from my SM-N900 using Tapatalk

elrae
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by elrae » 23 Sep 2016, 19:06

Coba pake kemut om. Merk "kemut". Sorry ga di sensor ya

QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 417
Joined: 07 Apr 2008, 15:35

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by QnetiC » 23 Sep 2016, 19:23

semprotannya coba yang model 'one push' merknya terserah (hit, vape, dll). semprot di 2-3 area, trus ditinggal semalaman.

User avatar
daftar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1242
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by daftar » 23 Sep 2016, 19:36

dulu pernah juga mobil jadi sarang semut habis parkir dibawah pohon, si kawanan semut ternyata bikin kerajaan di bawah jok sama bagian dalam body mobil.
yang di bawah jok tinggal dibuka n disemprot bay*on. yang susah yang di bagian dalam celah body mobil, akhirnya pakai kapur semut dioles ke setiap lubang2 yang ada, termasuk kaki2 dan ban mobil, karena semut pasti lapar & cari makan. setelah beberapa hari udah ga ada lagi semut merambat di mobil.


boleh coba juga kemut, itu semacam umpan semut, biasa dijual di toko pertanian

User avatar
mangujo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 16 Mar 2014, 02:21

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by mangujo » 24 Sep 2016, 00:50

daftar wrote:dulu pernah juga mobil jadi sarang semut habis parkir dibawah pohon, si kawanan semut ternyata bikin kerajaan di bawah jok sama bagian dalam body mobil.
yang di bawah jok tinggal dibuka n disemprot bay*on. yang susah yang di bagian dalam celah body mobil, akhirnya pakai kapur semut dioles ke setiap lubang2 yang ada, termasuk kaki2 dan ban mobil, karena semut pasti lapar & cari makan. setelah beberapa hari udah ga ada lagi semut merambat di mobil.


boleh coba juga kemut, itu semacam umpan semut, biasa dijual di toko pertanian
Ebusettt om... Sama nich...
Kalo pulang malem dan harus berangkat pagi besoknya, saya suka naro mobil depan rumah. Tapi betenya tuh ada pohon sukun, daunnya rontok ke mobil terus, dan membawa puluhan semut...
Udah dibersihin tapi ada terus aja tuh semut, ternyata nginep di celah body mobil, yg di atap2 sama dkt kaca depan..
Jadi itu di sela2nya tinggal dikapur barusin aja ya?
Kalo di kaki2 dan ban mobil dikapurin sebelah mana detailnya om?

Dan satu lagi, di langit2 carport itu juga jadi jalan semut nyambung ke pohon. Jd mobil yg di carport jg suka kejatuhan semut2 terus... Sama aja nyarang jg di mobil.. Huff

User avatar
michaelgiri93
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 537
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by michaelgiri93 » 24 Sep 2016, 01:47

wah repot juga ya om
kalo semut sama kecoa masi muncul terus, coba di cek di daerah trim2 terus panel2 om, mungkin nyarang di situ om...
setuju sama suhu2 di sini coba pake kemut sama kapur ajaib (kapur anti serangga)
:angel:

Majira
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 07 Dec 2015, 14:11

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by Majira » 24 Sep 2016, 06:36

Pernah kg ngalamin gini, waktu beli mobkas captiva, awalnya ga knp2 tp lama2 kok pas masuk mobil pagi2kok kyk ada kecoa kecil lewat satu dua biji, lama2 sy gerah juga krn ada anak bayi sy takut kecoa2nya lewat2 di carseat, akhirnya malem2sy semprot hit didalem mobil mulai dr dibawah jok, kisi2 AC, pokoknya disemprot keliling hehe, besok pagi waktu dibuka bergelimpangan semua tu kecoanya, mulai dari yg besar ampe yg paling kecil, trus tinggal pembersihan aja pake vacum cleaner dibersihin ampe sudut2nya..

cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 18 Nov 2015, 22:55

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by cresentmoon » 24 Sep 2016, 09:31

Tapi kalau pake hit n kapur begitu takutnya partikel kecil2nya kehirup sama kita kalo nyalain ac. Dulu sy juga suka pake gituan sblm org yg nyervis ac negur. Akhirnya bawa ke salon bongkar kursi sama karpet. Aman smpe skrg. :)

Sent from my SM-N900 using Tapatalk

Majira
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 07 Dec 2015, 14:11

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by Majira » 24 Sep 2016, 10:02

cresentmoon wrote:Tapi kalau pake hit n kapur begitu takutnya partikel kecil2nya kehirup sama kita kalo nyalain ac. Dulu sy juga suka pake gituan sblm org yg nyervis ac negur. Akhirnya bawa ke salon bongkar kursi sama karpet. Aman smpe skrg. :)

Sent from my SM-N900 using Tapatalk
Iya sih memang, makanya cuma sekali aja sy buat abis itu servis ac dibersihin salurannya biar bersih..

irfan135
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 17 Aug 2015, 16:37

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by irfan135 » 24 Sep 2016, 11:16

cresentmoon wrote:Tapi kalau pake hit n kapur begitu takutnya partikel kecil2nya kehirup sama kita kalo nyalain ac. Dulu sy juga suka pake gituan sblm org yg nyervis ac negur. Akhirnya bawa ke salon bongkar kursi sama karpet. Aman smpe skrg. :)

Sent from my SM-N900 using Tapatalk
setuju sama om ini.
pake jenis semprot semprotan pembasmi hama gitu akan terhirup oleh kita kalo acnya dinyalakan.
dibawa ke salon mobil aja om. mudah.
mpv bapak saya beberapa waktu lalu juga dibawa ke salon bersih.

User avatar
daftar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1242
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by daftar » 24 Sep 2016, 13:00

mangujo wrote: Ebusettt om... Sama nich...
Kalo pulang malem dan harus berangkat pagi besoknya, saya suka naro mobil depan rumah. Tapi betenya tuh ada pohon sukun, daunnya rontok ke mobil terus, dan membawa puluhan semut...
Udah dibersihin tapi ada terus aja tuh semut, ternyata nginep di celah body mobil, yg di atap2 sama dkt kaca depan..
Jadi itu di sela2nya tinggal dikapur barusin aja ya?
Kalo di kaki2 dan ban mobil dikapurin sebelah mana detailnya om?

Dan satu lagi, di langit2 carport itu juga jadi jalan semut nyambung ke pohon. Jd mobil yg di carport jg suka kejatuhan semut2 terus... Sama aja nyarang jg di mobil.. Huff
bukan kapur barus om tapi kapur semut.
intinya nutup jalan semut keluar masuk mobil pake kapur semut itu sih. karena semut yg bersarang di mobil pasti akan cari makan, jadi pertamakali interior mobil harus dibersihkan dari makanan semut seperti sisa2 makanan minuman & sampah. karena lapar semut akan cari makan diluar mobil dan jalurnya pasti akan lewat ban mobil
jadi oleskan saja kapur semut di kaki2 mobil, shock, per dan yg penting bagian ban melingkar sisi luar & dalem jangan sampe putus, cuek aja kalo dilihatin orang ban banyak coretan kapurnya :mky_01:
ini butuh beberapa hari sampai semut habis, kalo kapur semut udah luntur coret2 lagi sampe semut benar2 ilang. lebih bagus kalo mobil sambil dijemur karena semut pasti gak betah kalo tinggal di tempat yg panas., kalo atap panas semutnya akan sembunyi di bawah karpet atau jok, jd lebih gampang carinya.
berikutnya tinggal jaga kebersihan interior mobil dari sisa makanan & minuman, kalo parkir di bawah pohon juga jangan lama2

amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 03 Jun 2010, 10:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by amd » 24 Sep 2016, 13:29

carl wrote:Malam SMers
Beberapa Minggu yang lalu, saya ngangkat sebuah mobkas. Keliatannya sih bersih, ternyata setelah beberapa hari dipakai, tiba2 ada banyak semut di mobil tersebut yang keluarnya dari bawah konsol tengah mobil tsb

Kemudian saya bongkar konsol tengah mobilnya, namun saya gak bisa nemuin sarang semut nya. Lanjut cerita, saya bongkar dek bawah bagasi mobil (tempat ban serep). Ternyata di sana byk kecoa

Alhasil, kami yang awam mencoba memakai semprotan nyamuk ke dek bagasi sama konsol tengah.
Kemudian, hari ini tiba2 semut tersebut nongol lagi, dan kami cek lagi deknya ada 1 kecoa kecil.

Kira2 SMers ada yang punya pengalaman seperti di atas? Silahkan dishare pengalamannya, dan cara membasmi koloni2 semut dan kecoa. Trims SMers!
NGAPAIN CAPE2 PAKE BONGKAR KONSOL/JOK, PAKAI UMPAN RACUN KECOA AJA..... BELI ONLINE DI TOKO**DIA, 1 SACHETNYA CUMA 6REBU RUPIAH.

octafiantos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1127
Joined: 11 Nov 2005, 11:10

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by octafiantos » 24 Sep 2016, 20:40

^Mas, keyboardnya rusak?

Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.

paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 663
Joined: 05 Jan 2016, 07:58

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by paidjho » 24 Sep 2016, 21:32

Jempol nya kali Om...

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1304
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by coklatMetalik » 25 Sep 2016, 05:32

Jadi inget jaman pake Nokia 8250 dulu. Saya pake sampe 2012, ketika HP temen2 SMP udh pada canggih & berkamera. Temen2 udh pada hafal ciri SMS dari saya; Hurupnya gede semua, krn HP Nokia jadul secara default hurupnya gede, kalo mau jd kecil hrs pencet2 tombol #

Loh kok malah bahas Nokia...

Kalo ide saya, pake obat nyamuk elektrik yg isinya cair itu loh, cuma belasan ribu harganya. Nyalain aja di dlm mobil semaleman. (Saya pake cara ini buat ilangin semut di kamar kos)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

User avatar
rechtmasta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 11 Jan 2010, 17:50

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by rechtmasta » 25 Sep 2016, 13:59

Ahahaha...ada juga yg buka trit kyk gini. Ini mah udah mahfum bgt dah di mobil saya... hiks...ada anak 2 yah pasti banyak remah makanan sama tumpahan minum di mobil. Walhasil tuh kecoa kecil2 adem ayem aja nyebrang2 di plafon ato jendela depan...ahahaha.

Akhirnya nyoba pake semprotan serangga biasa...diemin semalem. Besok pagi tuh bergelimpangan ada kali sampe 50 biji. Terus mobil dibuka semua pintunya nyalain ac barang 15-30 menit. Alhamdulillah ga kecium ato kerasa partikel semprotannya (kalo ada pasti saya udah bengek langsung...soalnya ada asma )

Sent from my Lenovo A7010a48 using Seraya Motor mobile app

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by Mozawa » 25 Sep 2016, 18:27

kapur semut....pasti...lebih ampuh dari baygon dan teman2nya........yang hanya bertahan harian sd mingguan....

kapur semut bertahan bulanan sd tahunan....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: 01 Feb 2014, 22:04

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by stevenanthony » 25 Sep 2016, 18:48

mungkin ada teman kecoa nya wasalam.. jadi dikerumunin semut2... bawa salon mobil aja oom, kasih tau problemnya...
2015 Honda HR-V E CVT

amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 03 Jun 2010, 10:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by amd » 25 Sep 2016, 21:51

octafiantos wrote:^Mas, keyboardnya rusak?
Sent from my m2 using Tapatalk
apologize bro, soalnya saking antusias, bulan kemaren teman kantor juga mobilnya banyak kecoa gara2 anaknya sering ngemil dimobil dan lupa dibersihkan dan lambat laun mobilnya banyak kecoanya. pernah dibongkar karpet dasar dan disemprot baygon dsb tetap ada lagi tuh kecoanya. karena kecoa bisa aja bersarang dibawah jok, doortrim dan karpet dasar. trus dia coba pakai umpan racun kecoa yang sachetan (merknya bertulisan mandarin), bubuknya ditaruh diwadah kecil (beberapa tutup botol minuman ringan) di bawah jok selama 1 malam dan berhasil mobilnya terbebas dari kecoa2 itu. jika masih tersisa tuh umpannya bisa dibuktikan untuk kecoa2 di kamar mandi, dapur atau tempat sampah. proved.

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by newrubble » 26 Sep 2016, 00:13

dulu di bogor mobil mobil yg sy simpan di garasi sering engine compartment byk semut merah (sy ada tiga pohon duren di halaman blakang n semut merah dateng dr situ)

cabin aman krn sy cari cari tdk nemu

sy gantung kapur barus sj n abis itu semut menghilang

User avatar
mangujo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 16 Mar 2014, 02:21

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by mangujo » 26 Sep 2016, 05:57

daftar wrote:
mangujo wrote: Ebusettt om... Sama nich...
Kalo pulang malem dan harus berangkat pagi besoknya, saya suka naro mobil depan rumah. Tapi betenya tuh ada pohon sukun, daunnya rontok ke mobil terus, dan membawa puluhan semut...
Udah dibersihin tapi ada terus aja tuh semut, ternyata nginep di celah body mobil, yg di atap2 sama dkt kaca depan..
Jadi itu di sela2nya tinggal dikapur barusin aja ya?
Kalo di kaki2 dan ban mobil dikapurin sebelah mana detailnya om?

Dan satu lagi, di langit2 carport itu juga jadi jalan semut nyambung ke pohon. Jd mobil yg di carport jg suka kejatuhan semut2 terus... Sama aja nyarang jg di mobil.. Huff
bukan kapur barus om tapi kapur semut.
intinya nutup jalan semut keluar masuk mobil pake kapur semut itu sih. karena semut yg bersarang di mobil pasti akan cari makan, jadi pertamakali interior mobil harus dibersihkan dari makanan semut seperti sisa2 makanan minuman & sampah. karena lapar semut akan cari makan diluar mobil dan jalurnya pasti akan lewat ban mobil
jadi oleskan saja kapur semut di kaki2 mobil, shock, per dan yg penting bagian ban melingkar sisi luar & dalem jangan sampe putus, cuek aja kalo dilihatin orang ban banyak coretan kapurnya :mky_01:
ini butuh beberapa hari sampai semut habis, kalo kapur semut udah luntur coret2 lagi sampe semut benar2 ilang. lebih bagus kalo mobil sambil dijemur karena semut pasti gak betah kalo tinggal di tempat yg panas., kalo atap panas semutnya akan sembunyi di bawah karpet atau jok, jd lebih gampang carinya.
berikutnya tinggal jaga kebersihan interior mobil dari sisa makanan & minuman, kalo parkir di bawah pohon juga jangan lama2
Lohh beda ya?
Saya pakenya kapus yg merek bagus itu, buat semut jg kan? Wkwk
Di dalem mobil sih aman selama ini om, cuman diluar doang... Nah udah dikapurin di tiap sela2 nih dan ditungguin semaleman bener akhirnya ilang om
Kebetulan di roda dan sekitaran kaki2 sih gak ada
Nanti besok mau coba dibersihin kapurnya apa bakal balik lg itu semutnya atau engga

sdtv
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 02 Aug 2017, 14:06

Re: Cara Membasmi Kecoa dan Semut dari Mobil

Post by sdtv » 07 Aug 2017, 15:39

mangujo wrote:
26 Sep 2016, 05:57
daftar wrote:
mangujo wrote: Ebusettt om... Sama nich...
Kalo pulang malem dan harus berangkat pagi besoknya, saya suka naro mobil depan rumah. Tapi betenya tuh ada pohon sukun, daunnya rontok ke mobil terus, dan membawa puluhan semut...
Udah dibersihin tapi ada terus aja tuh semut, ternyata nginep di celah body mobil, yg di atap2 sama dkt kaca depan..
Jadi itu di sela2nya tinggal dikapur barusin aja ya?
Kalo di kaki2 dan ban mobil dikapurin sebelah mana detailnya om?

Dan satu lagi, di langit2 carport itu juga jadi jalan semut nyambung ke pohon. Jd mobil yg di carport jg suka kejatuhan semut2 terus... Sama aja nyarang jg di mobil.. Huff
bukan kapur barus om tapi kapur semut.
intinya nutup jalan semut keluar masuk mobil pake kapur semut itu sih. karena semut yg bersarang di mobil pasti akan cari makan, jadi pertamakali interior mobil harus dibersihkan dari makanan semut seperti sisa2 makanan minuman & sampah. karena lapar semut akan cari makan diluar mobil dan jalurnya pasti akan lewat ban mobil
jadi oleskan saja kapur semut di kaki2 mobil, shock, per dan yg penting bagian ban melingkar sisi luar & dalem jangan sampe putus, cuek aja kalo dilihatin orang ban banyak coretan kapurnya :mky_01:
ini butuh beberapa hari sampai semut habis, kalo kapur semut udah luntur coret2 lagi sampe semut benar2 ilang. lebih bagus kalo mobil sambil dijemur karena semut pasti gak betah kalo tinggal di tempat yg panas., kalo atap panas semutnya akan sembunyi di bawah karpet atau jok, jd lebih gampang carinya.
berikutnya tinggal jaga kebersihan interior mobil dari sisa makanan & minuman, kalo parkir di bawah pohon juga jangan lama2
Lohh beda ya?
Saya pakenya kapus yg merek bagus itu, buat semut jg kan? Wkwk
Di dalem mobil sih aman selama ini om, cuman diluar doang... Nah udah dikapurin di tiap sela2 nih dan ditungguin semaleman bener akhirnya ilang om
Kebetulan di roda dan sekitaran kaki2 sih gak ada
Nanti besok mau coba dibersihin kapurnya apa bakal balik lg itu semutnya atau engga
Kapur barus berbahaya bagi kesehatan jangan taro di kabin difungsikan sebagai pewangi ruangan, mengusir semua dan kecoa pakai kapur anti semut/kecoa ampuh koq. kalau di interior bisa dibuat jebakan kasih remah2an di tengah kotak, sekeling2 nya coret2 dengan kapur semut, biarkan semalaman, besoka nya tinggal di buang kotaknya.
Kapur semut/kecoa juga beracun jadi bersihkan dulu sebelum kita lama di mobil apalagi menggunakan AC.

Post Reply

Return to “Interior Design and Accessories”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest