Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Beberapa minggu kemarin kami diundang oleh salah satu dealer Hyundai di Kota Kami untuk menghadiri event promosi Kerjasama Hyundai selaku sponsor Liga 1. Kami ditawari layanan free GCU dan cuci mobil untuk semua merek. Selain program-program promosi kami ditawari untuk test drive beberapa unit kendaraan, ada tiga unit mobil test yang disediakan, Creta N Line, Kona EV, dan Santafe Hybrid. Langsung saja kami book untuk test Santafe…
Unit Santafe yang tersedia kali ini adalah unit Hybrid dengan trim Calligraphy. Di generasi kali ini sudah tidak ada trim Signature, dari Prime langsung loncat ke Calligraphy, entah sudah dihilangkan atau rubah nama saja Signature jadi Calligraphy, who knows…
Eksterior
Mengingat generasi sebelumnya yang cenderung curvy, desain Santafe generasi ini cukup radikal, semua serba kotak-kotak, depan, samping, belakang. Entah kenapa Kesan pertama melihat mobil ini saya teringat dengan file cabinet yang ada di kantor. Secara ukuran mobil ini lebih besar dari segala sisi dari generasi sebelumnya.
Sudah beberapa bulan semenjak peluncuran dan sudah mulai sering lihat di jalan, saya masih belum bisa mencerna desain belakang mobil ini. Desain belakang mobil ini hit or miss, mungkin bukan selera semua orang. Yang jelas desainer mobil ini berusaha sangat keras membuat kesan mobil ini dengan nuansa adventure dan macho... Yang penting gagah walaupun basisnya FWD, monocoque pula. Untuk varian hybrid tidak ada varian velg, hanya ada model ring 20 inch seperti ini dengan ban Kumho ECSTA PS71 ukuran 255/45 suspensi mobil ini punya multi link di bagian belakang dan McPherson Strut di bagian depan, full independent. Interior
Berkat bentuknya yang kotak mobil ini punya interior yang lebih luas dari generasi sebelumnya, paling terasa perbedaannya di shoulder room dan ruang baris ke-3nya. Konsol tengahnya ada dua wireless charger dan dibawahnya ada space untuk menaruh barang. Untuk laci di console bisa dibuka adari dua arah, depan dan belakang. Ada ambient light dan layer full digital yang melengkung mengarah ke driver. Kolom shifter yang dipakai sama dengan yang ada di linup EV mereka. Saya masih belum terbiasa dengan tombol shifter punya Palisade atau Santafe generasi sebelumnya, sekarang mereka Ganti dengan yang lebih aneh, Masih lebih ergonomis shifter punya Mercedes. Saya pribadi lebih suka model shifter tongkat konvensional seperti si Stargazer. Untuk fitur-fitur dan gadget mungkin standar mobil kekinian, dan saya engga akan bahas di sini. Kalau cari mobil gadget pilih mobil cina saja.
Untuk ruang interior ubahannya cukup signifikan dari generasi sebelumnya, mulai dari row depan sampai ke bagasi...
Mesin dan Rasa berkendara
Di generasi sebelumnya Hyundai memberikan opsi mesin 2.4 NA dan 2.2 diesel kemudian facelift diganti mesin Smartstream 2.5L bensin NA dan mesin 2.2L turbo diesel. Untuk generasi ini tidak ada varian diesel, hanya mesin 2.5L NA bensin dan 1.6T Bensin + motor Listrik. Unit yang kami coba adalah varian 1.6T hybrid dengan transmisi 6 speed. Ketika dinyalakan mobil akan mengandalkan motor Listrik seperti pada mobil hybrid lainnya. Motor listriknya halus walaupun tersambung dengan transmisi yang “Cuma” 6-speed AT. Tidak seperti mobil-mobil Honda yang punya fitur Natural Ambience Sound dimana mobil akan mengizinkan suara-suara dari luar seperti rintik air hujan di atap dan suara motor menyalip masuk ke dalam kabin yang memberikan kesan pengemudi menyatu dengan jalan, mobil ini punya kekedapan yang sangat baik, mendekati kekedapan abangnya si Palisade (kalau suara mesin diesel engga dianggep). Awalnya kami kira dengan bentuknya yang mirip file cabinet ini bakal gampang muncul wind noise (pengetesan 80km/jam), ternyata kami salah, mungkin sudah diperhitungkan oleh insinyur Hyundai di sana.
Lalu bagaimana rasa berkendaranya?
Mobil ini makin melar dari generasi sebelumnya dari segala sisi, tapi feelnya sama dengan Palisade, mobil besar tapi tidak terasa besar pas kita setir, mungkin karena posisi duduk yang oke. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa ini mobil lebar, kalau ketemu jalan sempit atau di macet baru kerasa. Tarikan Santafe ini cukup halus di mode Eco dan tenaganya bisa dibilang responsif kalau kita pake di mode Sport. Seperti mobil hybrid pada umumnya, kalau kita bejek gas mesin bensin langsung menyala. Handling mobil ini cukup baik dengan ukuran body dan bobot makin bertambah, tapi menurut saya belum bisa se-nikmat CRV Hybrid. Memang bukan perbandingan yang apple-to-apple, tapi untuk per ulasan ini ditulis CRV hybrid masih jadi benchmark saya untuk SUV hybrid paling fun to drive.
Untuk konsumsi BBM, mobil ini dapat menempuh 16km/l untuk penggunaan dalam kota. Kebetulan waktu untuk tes yang terbatas jadi kami hanya tes di jalan perkotaan saja. Mungkin terkesan biasa saja untuk sebuah mobil hybrid, tapi ingat mobil ini berat, tenaganya besar, dan bentuknya kotak.
Kesimpulan :
Secara keseluruhan mobil ini bisa dibilang lebih baik dari generasi sebelumnya, terutama perihal akomodasi dan kenyamanan. Untuk yang mau cari irit mungkin Hybrid punya Toyota masih nomer satu, tapi kalau mau cari mobil Hybrid yang nyentrik dan fun to drive bisa ambil Santafe Hybrid ini.
Sekian dan Terimagaji... selamat awal bulan
Unit Santafe yang tersedia kali ini adalah unit Hybrid dengan trim Calligraphy. Di generasi kali ini sudah tidak ada trim Signature, dari Prime langsung loncat ke Calligraphy, entah sudah dihilangkan atau rubah nama saja Signature jadi Calligraphy, who knows…
Eksterior
Mengingat generasi sebelumnya yang cenderung curvy, desain Santafe generasi ini cukup radikal, semua serba kotak-kotak, depan, samping, belakang. Entah kenapa Kesan pertama melihat mobil ini saya teringat dengan file cabinet yang ada di kantor. Secara ukuran mobil ini lebih besar dari segala sisi dari generasi sebelumnya.
Sudah beberapa bulan semenjak peluncuran dan sudah mulai sering lihat di jalan, saya masih belum bisa mencerna desain belakang mobil ini. Desain belakang mobil ini hit or miss, mungkin bukan selera semua orang. Yang jelas desainer mobil ini berusaha sangat keras membuat kesan mobil ini dengan nuansa adventure dan macho... Yang penting gagah walaupun basisnya FWD, monocoque pula. Untuk varian hybrid tidak ada varian velg, hanya ada model ring 20 inch seperti ini dengan ban Kumho ECSTA PS71 ukuran 255/45 suspensi mobil ini punya multi link di bagian belakang dan McPherson Strut di bagian depan, full independent. Interior
Berkat bentuknya yang kotak mobil ini punya interior yang lebih luas dari generasi sebelumnya, paling terasa perbedaannya di shoulder room dan ruang baris ke-3nya. Konsol tengahnya ada dua wireless charger dan dibawahnya ada space untuk menaruh barang. Untuk laci di console bisa dibuka adari dua arah, depan dan belakang. Ada ambient light dan layer full digital yang melengkung mengarah ke driver. Kolom shifter yang dipakai sama dengan yang ada di linup EV mereka. Saya masih belum terbiasa dengan tombol shifter punya Palisade atau Santafe generasi sebelumnya, sekarang mereka Ganti dengan yang lebih aneh, Masih lebih ergonomis shifter punya Mercedes. Saya pribadi lebih suka model shifter tongkat konvensional seperti si Stargazer. Untuk fitur-fitur dan gadget mungkin standar mobil kekinian, dan saya engga akan bahas di sini. Kalau cari mobil gadget pilih mobil cina saja.
Untuk ruang interior ubahannya cukup signifikan dari generasi sebelumnya, mulai dari row depan sampai ke bagasi...
Mesin dan Rasa berkendara
Di generasi sebelumnya Hyundai memberikan opsi mesin 2.4 NA dan 2.2 diesel kemudian facelift diganti mesin Smartstream 2.5L bensin NA dan mesin 2.2L turbo diesel. Untuk generasi ini tidak ada varian diesel, hanya mesin 2.5L NA bensin dan 1.6T Bensin + motor Listrik. Unit yang kami coba adalah varian 1.6T hybrid dengan transmisi 6 speed. Ketika dinyalakan mobil akan mengandalkan motor Listrik seperti pada mobil hybrid lainnya. Motor listriknya halus walaupun tersambung dengan transmisi yang “Cuma” 6-speed AT. Tidak seperti mobil-mobil Honda yang punya fitur Natural Ambience Sound dimana mobil akan mengizinkan suara-suara dari luar seperti rintik air hujan di atap dan suara motor menyalip masuk ke dalam kabin yang memberikan kesan pengemudi menyatu dengan jalan, mobil ini punya kekedapan yang sangat baik, mendekati kekedapan abangnya si Palisade (kalau suara mesin diesel engga dianggep). Awalnya kami kira dengan bentuknya yang mirip file cabinet ini bakal gampang muncul wind noise (pengetesan 80km/jam), ternyata kami salah, mungkin sudah diperhitungkan oleh insinyur Hyundai di sana.
Lalu bagaimana rasa berkendaranya?
Mobil ini makin melar dari generasi sebelumnya dari segala sisi, tapi feelnya sama dengan Palisade, mobil besar tapi tidak terasa besar pas kita setir, mungkin karena posisi duduk yang oke. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa ini mobil lebar, kalau ketemu jalan sempit atau di macet baru kerasa. Tarikan Santafe ini cukup halus di mode Eco dan tenaganya bisa dibilang responsif kalau kita pake di mode Sport. Seperti mobil hybrid pada umumnya, kalau kita bejek gas mesin bensin langsung menyala. Handling mobil ini cukup baik dengan ukuran body dan bobot makin bertambah, tapi menurut saya belum bisa se-nikmat CRV Hybrid. Memang bukan perbandingan yang apple-to-apple, tapi untuk per ulasan ini ditulis CRV hybrid masih jadi benchmark saya untuk SUV hybrid paling fun to drive.
Untuk konsumsi BBM, mobil ini dapat menempuh 16km/l untuk penggunaan dalam kota. Kebetulan waktu untuk tes yang terbatas jadi kami hanya tes di jalan perkotaan saja. Mungkin terkesan biasa saja untuk sebuah mobil hybrid, tapi ingat mobil ini berat, tenaganya besar, dan bentuknya kotak.
Kesimpulan :
Secara keseluruhan mobil ini bisa dibilang lebih baik dari generasi sebelumnya, terutama perihal akomodasi dan kenyamanan. Untuk yang mau cari irit mungkin Hybrid punya Toyota masih nomer satu, tapi kalau mau cari mobil Hybrid yang nyentrik dan fun to drive bisa ambil Santafe Hybrid ini.
Sekian dan Terimagaji... selamat awal bulan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Tambahan gambar akomodasi penumpang :
row ke 3 tersisa sekitar 3 jari, lebih baik dari generasi sebelumnya
Untuk perbandingan, row ke 3 CRV gen 6 yang lebih cocok buat hiasan saja
bagasi dengan bukaan lebarrrr thanks to bentuknya yang mirip file cabinet
tinggi saya 170cm, saya set row ke 2 sesuai dengan kursi pengemudi, tersisa sekitar 5 jari...row ke 3 tersisa sekitar 3 jari, lebih baik dari generasi sebelumnya
Untuk perbandingan, row ke 3 CRV gen 6 yang lebih cocok buat hiasan saja
bagasi dengan bukaan lebarrrr thanks to bentuknya yang mirip file cabinet
- Always35
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: 10 Jan 2016, 22:10
- Daily Vehicle: NC1W
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Nice review om.
Jujur sampai saat ini blm bisa terima penempatan lampu belakangnya di bawah. Malah berkesan Carry/L300 jadul garapan karoseri
IMHO Andai saja penempatannya dibawah kaca belakang seperti Almaz, itu masih oke.
Jujur sampai saat ini blm bisa terima penempatan lampu belakangnya di bawah. Malah berkesan Carry/L300 jadul garapan karoseri

---From Moving Forward to Drive your Ambition---
2019 NC1W 4A91 M/T
2019 NC1W 4A91 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: 23 Feb 2018, 15:02
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Natural Ambience Sound dari Honda belum ada lawan ya 
Sebetulnya gw suka desain mobil yg "ngotak" kayak T30/T31, Polo/Tiguan, E30/E36, tapi entah kenapa desain Hyundai baik Palisade maupun SantaFe ini gw kurang suka ya. Kayaknya proporsinya ada yg off aja gitu.

Sebetulnya gw suka desain mobil yg "ngotak" kayak T30/T31, Polo/Tiguan, E30/E36, tapi entah kenapa desain Hyundai baik Palisade maupun SantaFe ini gw kurang suka ya. Kayaknya proporsinya ada yg off aja gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: 21 Feb 2014, 02:08
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Kalau saya lihat santafe hybrid bergaya american meniru cadillac escalade
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5006
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
nice review om, desain exterior bagian depan & interiornya cukup baik, walaupun desain belakangnya, entah knp saya masih lebih suka yg gen sblmnya
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Katanya sales sih buat mengakomodir mekanisme dari bagasinya, jadi agak aneh lampu belakangnyaAlways35 wrote: 01 Jul 2025, 15:07 Nice review om.
Jujur sampai saat ini blm bisa terima penempatan lampu belakangnya di bawah. Malah berkesan Carry/L300 jadul garapan karoseriIMHO Andai saja penempatannya dibawah kaca belakang seperti Almaz, itu masih oke.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Padahal saudaranya si Sorento masih enak diliatRCMN wrote: 01 Jul 2025, 17:33 Natural Ambience Sound dari Honda belum ada lawan ya
Sebetulnya gw suka desain mobil yg "ngotak" kayak T30/T31, Polo/Tiguan, E30/E36, tapi entah kenapa desain Hyundai baik Palisade maupun SantaFe ini gw kurang suka ya. Kayaknya proporsinya ada yg off aja gitu.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Mungkin ngikut selera orang amrik kali ya, pasar mereka cukup gede juga di sanazonepublic wrote: 01 Jul 2025, 17:51 Kalau saya lihat santafe hybrid bergaya american meniru cadillac escalade
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Saya pribadi paling suka desain generasi sebelumnya, yang Grand Santafe, walaupun kalah soal ruang kabin sama generasi sekarang. Belum lagi dieselnya yang yahudPboyz97 wrote: 01 Jul 2025, 21:12 nice review om, desain exterior bagian depan & interiornya cukup baik, walaupun desain belakangnya, entah knp saya masih lebih suka yg gen sblmnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 297
- Joined: 06 Mar 2019, 09:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: Gantian aja sesuai kebutuhan
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Nice review om. Berarti improvement dari gen sebelumnya di powertrain, interior space dan kekedapan ya. Cuman klo ga salah bantingan suspensinya lebih keras dari gen sebelumnya, bener ga itu?faizzz wrote: 02 Jul 2025, 08:23 Saya pribadi paling suka desain generasi sebelumnya, yang Grand Santafe, walaupun kalah soal ruang kabin sama generasi sekarang. Belum lagi dieselnya yang yahud
Current: 2024 DD1 L12B CVT - 2024 Aion Y Plus
In memoriam:
2019 RU1 L15Z CVT
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
In memoriam:
2019 RU1 L15Z CVT
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 451
- Joined: 19 Jul 2018, 12:30
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
desainnya retro modern..cakep sih kyk film kit dulu knight rider
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: 30 Mar 2022, 19:00
- Location: Jakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
support bagasinya gede benerfaizzz wrote: 01 Jul 2025, 14:17 20250420_111501.jpg
bagasi dengan bukaan lebarrrr thanks to bentuknya yang mirip file cabinet


jujur, klo diliat lngsung kliatan gagah, tapi bagian blkgnya bener2 hate it or love it..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16849
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
saya ketemu ini banyakan warna hitam, padahal hitamnya keliatan kusem banget.
terus abis kemaren liat palisade hybrid baru, kok entah kenapa lagi hyundai bisa bikin palisade cakep tapi bikin ini mobil proporsi pantatnya kayak kopaja....
masa nanti julukannya santafe kopaja
terus abis kemaren liat palisade hybrid baru, kok entah kenapa lagi hyundai bisa bikin palisade cakep tapi bikin ini mobil proporsi pantatnya kayak kopaja....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: 22 Aug 2014, 16:41
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Macam kawin silang L300 minibus sama kopaja sih belakangnya ini Santa Fe baru wkwkwk.ChZ wrote: 04 Jul 2025, 10:16 saya ketemu ini banyakan warna hitam, padahal hitamnya keliatan kusem banget.
terus abis kemaren liat palisade hybrid baru, kok entah kenapa lagi hyundai bisa bikin palisade cakep tapi bikin ini mobil proporsi pantatnya kayak kopaja....masa nanti julukannya santafe kopaja
Meanwhile, Palisadenya beneran jd Range Rover knock off, dari gen sebelumnya Suburban kw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Iya Om, lebih keras dari Santafe ataupun Palisade gen sebelumnya... sekelas CRV aja buat saya sih masih tetep nyaman karena biasa pake gerobak sayur, bokong udah kebasHaykelAdityawarman wrote: 04 Jul 2025, 06:39Nice review om. Berarti improvement dari gen sebelumnya di powertrain, interior space dan kekedapan ya. Cuman klo ga salah bantingan suspensinya lebih keras dari gen sebelumnya, bener ga itu?faizzz wrote: 02 Jul 2025, 08:23 Saya pribadi paling suka desain generasi sebelumnya, yang Grand Santafe, walaupun kalah soal ruang kabin sama generasi sekarang. Belum lagi dieselnya yang yahud

Saya jadi penasaran sama Palisade baru, gimana rasanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Kalo liat dari depan sama samping sih saya juga sependapat ... tapi kalo belakang sih...fansdiesel wrote: 04 Jul 2025, 08:59 desainnya retro modern..cakep sih kyk film kit dulu knight rider

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Mendekati ukuran hidrolik mini excavator

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Yang matte apa yang kinclong Om?ChZ wrote: 04 Jul 2025, 10:16 saya ketemu ini banyakan warna hitam, padahal hitamnya keliatan kusem banget.
terus abis kemaren liat palisade hybrid baru, kok entah kenapa lagi hyundai bisa bikin palisade cakep tapi bikin ini mobil proporsi pantatnya kayak kopaja....masa nanti julukannya santafe kopaja
Kalo di sini banyaknya Putih sama yang matte black...
Saya pribadi demen yang putih.
Palisade yang item kayak beda catnya sama Santafe, ga tau apa karena pencahayaan dipajang di dalem
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Santafe karoseriJenson wrote: 04 Jul 2025, 13:48
Macam kawin silang L300 minibus sama kopaja sih belakangnya ini Santa Fe baru wkwkwk.
Meanwhile, Palisadenya beneran jd Range Rover knock off, dari gen sebelumnya Suburban kw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: 27 Aug 2009, 11:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
faizzz wrote: 04 Jul 2025, 16:05 Palisade yang item kayak beda catnya sama Santafe, ga tau apa karena pencahayaan dipajang di dalem
Palisade yang lama atau baru cakep, tiap kali istri lihat komen keren tapi terlalu bongsor.
Sante baru ini bagian belakang benar-benar tampil beda sama yang lain.
Hyundai perasaan designnya antar kelas bisa besar sekali perbedaannya. Bahkan new gen sekelas, contoh santa fe, bisa radikal sekali perubahaannya. Beda sama pabrikan jepang, apalagi duo bmw merc.
Efeknya, untuk orang awam, lihat mobil Hyundai musti lihat logo H miring baru tahu itu mobil hyundai.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3077
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Palisade full CBU korsel ..
Ada tulisannya di sticker kaca samping “Made in Korea”
Santa-fe denger2 ud CKD indon kan ? CMIIW
Ya you know lah kualitas CKD negara third world kek apa.
Makanya ane sih sayang duit buat nebus mobil mahal2 CKD, tp dpt kualitas refinement asal-asalan
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: 13 Sep 2014, 00:00
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
iya, Santa Fe CKD Karawang
Warna item nya yg berseliweran mayoritas item doff. Gw sendiri ambil nya item doff. Tp ternyata cat nya agak ribet kl smp body repair, ga semua bengkel bisa rapi pengerjaan nya
Warna item nya yg berseliweran mayoritas item doff. Gw sendiri ambil nya item doff. Tp ternyata cat nya agak ribet kl smp body repair, ga semua bengkel bisa rapi pengerjaan nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 553
- Joined: 12 Sep 2013, 08:40
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Seumur umur baru kali ini ane nemu mobil mainstream luar nya jelek , interior nya lebih jelek lagi hahaha.
Design depan udah cukup ok, trus jalanin mata ke sampling eh...koq gini ....jalan lagi ke belakang, eh ancur designnya.
Tp abangnya palisade cukup keren sih menurut ane.
Tapi ya soal model selera masing2 sih hehehehe.
Design depan udah cukup ok, trus jalanin mata ke sampling eh...koq gini ....jalan lagi ke belakang, eh ancur designnya.
Tp abangnya palisade cukup keren sih menurut ane.
Tapi ya soal model selera masing2 sih hehehehe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 04 Aug 2019, 16:28
- Location: Yogyakarta
Re: Quick Drive : Hyundai Santafe Hybrid
Palisade yang baru malah lebih bongsor lagi...Kaleng wrote: 04 Jul 2025, 17:24
Palisade yang lama atau baru cakep, tiap kali istri lihat komen keren tapi terlalu bongsor.
Sante baru ini bagian belakang benar-benar tampil beda sama yang lain.
Hyundai perasaan designnya antar kelas bisa besar sekali perbedaannya. Bahkan new gen sekelas, contoh santa fe, bisa radikal sekali perubahaannya. Beda sama pabrikan jepang, apalagi duo bmw merc.
Efeknya, untuk orang awam, lihat mobil Hyundai musti lihat logo H miring baru tahu itu mobil hyundai.
Secara dimensi palisade yang lama ukurannya ga segede CX9 tapi bisa ngasih space interior lebih luas dari CX9, kayaknya generasi sekarang Palisade bakal lebih lega lagi
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 28 Replies
- 9357 Views
-
Last post by evolution21
-
- 21 Replies
- 2897 Views
-
Last post by inobody
-
- 7 Replies
- 696 Views
-
Last post by X252
-
- 85 Replies
- 35654 Views
-
Last post by krniawnhdr
-
- 39 Replies
- 19336 Views
-
Last post by alvin23
-
- 31 Replies
- 16892 Views
-
Last post by sahabatq8
-
- 25 Replies
- 4583 Views
-
Last post by ginting
-
- 40 Replies
- 3936 Views
-
Last post by ilhami
-
- 11 Replies
- 1282 Views
-
Last post by remedusakti
-
- 34 Replies
- 2420 Views
-
Last post by Pboyz97