Yang saya rasain awal2 pake 2gd ada rasa senang campur penyesalan, krn secara model dan mesin jelas 2gd lebih ganteng dan baru, namun yang bikin menyesal adalah driving qualitynya menyedihkan di banding 2kd, mesin reborn meski lebih baru dan kencang tp respon gas bawahnya ngga instan, delaynya parah dan mesinnya terlalu halus jadi kesannya malas, yang nyetir jadi ikut malasss
dan bantingannya meski dapat meredam dengan halus dijalanan rusak tp goyangannya kaya kapal di tengah badai, dan nose divenya membuat saya jadi males ngerem, karena kalo uda nose dive semua penumpang jadi mual, bahaya banget kan kl lagi ngebut males ngerem wkwkw
Akhirnya pas service 1000km di beres saya sekalian minta tolong SAnya untuk gantiin downpipe merek BRD (bawa sendiri), awalnya SAnya bilang kalo ganti downpipe bisa void garansi loh mas, tp setelah saya tanya lagi ke kepala bengkelnya dan jawabannya "oh ini efeknya emisinya jadi lebih kotor aja kok pak, justru bagus buat sirkulasi udara dr turbo ke knalpot" dan akhirnya kabengnya bilang "garansi mesin tetep on ya mas". Dalem hati "YESS" hati tenang. Btw jasa ganti downpipe di beres 380rb.
Besokannya saya memberanikan diri untuk remap smokeless + delete egr di bengkel rekomendasi teman, tunernya janjiin bisa ngasih revisi remap sampe 2x kl saya belum puas dengan remap yang pertama, jadi saya pikir GASS Lahh kapan lagi bisa remap buy one get one..
Setelah Remap pertama jujur saya masih belum puass karena tarikan bawahnya masih belum seenak tarikan bawahnya 2kd (remap) ane dulu, jadi saya minta di tune ulang supaya tarikan bawahnya dibuat lebih enak lagi, and the tuner said yess, dia bakal setting lagi boost turbonya, debit solar dan throttlenya (tp ttp masih dibatas aman). Baru deh setelah remap kedua saya ngerasain nikmatnya torsi bawah 2gd seperti di 2kd saya yg dulu, meski respon gas tetep ga bisa seinstann 2kd saya yang dulu, masih sedikit delay, tapi uda 85% mendekati lahh, kata tunernya "kalo mau seinstan 2kd mesti pake throttle control mas, tp nanti kelamaan alatnya bisa error", tp kalo tarikan atas mah jangan ditanya ya uda pasti 2gd lebih enak dan menang jauhh.
Abis remap langsung saya berangkat ke SND untuk praktekin racikan suspensi 2kd saya dulu di 2gd, yaitu depan ganti shock kayaba excell g dan belakang pake kayaba XR (silver). Dalem hati semogaa bantingannya jadi mirip kaya 2kd saya dulu yang kl lewat jalanan rusak feelnya kijang bgt tetep empuk "blep2" gitu tp mobil tetep stabil and nyaman ga bikin mual.
Dan setelah selesai pasang saya tes di jalan dalkot bener saja racikan shock yang saya pilih ternyata sangat cocok dengan but-o-meter saya, bantingan reborn diesel menjadi lebih firmm namun masih bisa dibilang empuk, mirip mobil monokok, macet2an dan lewat jalan rusak tidak mengayun lagi seperti kapal, nose dive berkurang 90%, jauhh lebih stabil, namun tetap tidak membuat kabin daarr darrr saat melewati jalanan rusak, kl di rasa2 kok feel bantingannya jadi mirip zenix mobil kantor yah
dan inilah momen pembuktian yang saya nanti2kan.. antri masuk gerbang tol, tap emoney and lgss pedal to kampret dan cuuzzz suara siulan turbo yang indah terdengar dalam kabin mobil melesat dengan sigap dari putaran bawah sampai 180km/jam dengan sangat mudah + suara turbo yang indah with a little bit wind noice from driver window membuat adrenalin saya terpacu untuk manuver membelah kemacetan tol jor, dengan settingan suspensi yang lebih firm membuat setir 2gd serasa lebih direct dan nempel ke aspal enak bangett deh buat selap selip
Akhirnya dengan sedikit modifikasi budget friendly ini saya bisa ngerasain the true power of 2gd with more proper suspension..

Hopefully saya bisa pelan2 melupakan kenangan bersama dengan 2kd saya dl.
-salam 2kd-